kab/kota: Batang

  • Bahaya Rokok Mentol Lebih Besar Ketimbang Rokok Biasa, Cek Dampak yang Ditimbulkannya

    Bahaya Rokok Mentol Lebih Besar Ketimbang Rokok Biasa, Cek Dampak yang Ditimbulkannya

    YOGYAKARTA – Kebiasaan merokok telah terbukti dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, seperti stroke, penyakit jantung, hingga kanker. Risiko kesehatan ini akan meningkat pada individu yang mengisap rokok mentol. Lantas, mengapa rokok mentol lebih berbahaya? Apa saja bahaya rokok mentol bagi kesehatan? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

    Mengapa Bahaya Rokok Mentol Lebih Besar?

    Seperti yang kita tahu, penambahan perisa mentol dalam tembakau rokok dapat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan saat dihisap. Senyawa kimia ini juga dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh rokok.

    Dikutip dari laman MD Anderson Cancer Center, berikut beberapa alasan mengapa bahaya rokok mentol lebih besar ketimbang rokok biasa:

    Meningkatkan Konsumsi Rokok

    Sensasi dingin dan segar dari mentol membuat rasa keras rokok tertutupi, sehingga lebih mudah ditoleransi. Akibatnya, perokok akan menghirup asap lebih dalam dan mengonsumsi lebih banyak batang rokok. Sepanjang masa merokok, mereka pun menyerap lebih banyak zat kimia beracun dan tar dari rokok.

    Penelitian FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) dan Komite Penasihat Ilmiah Produk Tembakau menunjukkan bahwa perokok mentol lebih rentan mengalami ketergantungan dan lebih sulit berhenti merokok.

    Efek ini dikaitkan dengan penambahan perisa mentol yang membuat rokok terasa lebih mudah untuk dihisap, serta peningkatan efek adiktif nikotin di otak.

    Menarik Minat Perokok Muda

    Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa anak muda yang mulai merokok dengan rokok mentol lebih berisiko kecanduan dan cenderung menjadi perokok harian jangka panjang. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko kesehatan yang mengancam jiwa.

    Apa Saja Bahaya Rokok Mentol Bagi Kesehatan?

    Menurut penelitian, penambahan perisa mentol pada rokok dapat memperparah peradangan pada saluran napas dan memicu komplikasi penyakit jantung.

    Berikut penjelasan lebih detail mengenai bahaya rokok mentol bagi kesehatan:

    Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

    Sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menyebutkan bahwa rokok mentol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

    Kandungan mentol dapat memicu inflamasi (peradangan) dan disfungsi endotel, yang merupakan lapisan dalam pembuluh darah. Kondisi ini bisa menimbulkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), serangan jantung, dan stroke.

    Meningkatkan Risiko Kerusakan Paru-Paru

    Paparan asap rokok mentol dapat menimbulkan inflamasi yang lebih parah pada paru-paru. Mentol bisa meningkatkan penetrasi zat-zat berbahaya dalam asap rokok ke dalam jaringan paru-paru sehingga membuat perokok lebih berpotensi terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Emfisema, dan kanker paru-paru.

    Peningkatan Adiksi Nikotin

    Dikutip dari laman CDC (Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat), kandungan mentol dalam rokok dapat memperkuat efek adiktif nikotin di otak. Hal ini membuat remaja dan orang dewasa lebih rentan untuk mencoba rokok, serta lebih besar kemungkinannya untuk merokok secara terus menerus setelah mulai menghisap rokok mentol.

    Demikian informasi tentang bahaya rokok mentol bagi kesehatan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.

  • Honda Step Wgn Hybrid Masih CBU Jepang, Mau Dibuat ‘Made in Indonesia’?

    Honda Step Wgn Hybrid Masih CBU Jepang, Mau Dibuat ‘Made in Indonesia’?

    Batang

    Honda mendatangkan MPV Step Wgn Hybrid langsung dari Negeri Sakura. Akankah Step Wgn Hybrid itu diproduksi lokal?

    Ada lima lini produk mobil hybrid Honda di Indonesia. Paling anyar diramaikan dengan kehadiran Step Wgn Hybrid. MPV pintu geser ini disajikan Honda untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. Terlebih, Step Wgn Hybrid itu menawarkan kabin yang lega dan juga irit bahan bakar. Honda mendatangkan langsung Step Wgn Hybrid dari negara asalnya, Jepang. Akankah Step Wgn Hybrid itu diproduksi dalam negeri? Mengingat saat ini Honda memiliki fasilitas produksi dan telah melahirkan ragam model di Indonesia.

    “Dilihat marketnya ya, kalau sekarang kan segmen UMPV kan memang masih segmented, niche meskipun growing ya. Tapi ya nanti dilihat lah kalau memang trennya ke arah sana kan selalu dipertimbangkan, kalau kita mau produksi lokal kan ada ambang skala produksinya,” ungkap Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di sela-sela Electrify Your Journey Media Trip di Batang, Jawa Tengah, Selasa (26/8/2025).

    Soal penjualan, Honda menyebut Step Wgn Hybrid itu sudah sesuai dengan target yang dicanangkan. Pun distribusi ke garasi konsumen juga sudah mulai dilakukan sejak Agustus. Rencananya pengiriman akan berlanjut di bulan Oktober 2025.

    “Sudah sekitar 50 ya delivery ya. Sejauh ini bagus, target kan sekitar 2.000 unit lah setahun,” jelasnya lagi.

    Step Wgn Hybrid menjadi asa baru Honda untuk mengincar banyak keluarga di Tanah Air. Sebagai pemikat, Honda Step Wgn Hybrid dibekali dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSING. Mengusung sistem hybrid efisien khas Honda, model ini menawarkan performa bertenaga namun tetap hemat bahan bakar, serta pengalaman berkendara fun to drive ala Honda. Kombinasi unggulan ini menjadikan STEP WGN e:HEV pilihan ideal bagi keluarga modern yang mencari kendaraan serbaguna, nyaman, dan ramah lingkungan.

    Ditenagai oleh mesin 2.0L Atkinson Cycle yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga, Step Wgn Hybrid mengusung sistem hybrid electric first yang mengutamakan motor listrik sebagai penggerak utama, menghasilkan akselerasi halus dan efisiensi tinggi dalam berbagai kondisi berkendara.

    (dry/rgr)

  • Perhatian! Pekan Depan Ada Pembatasan Kendaraan

    Perhatian! Pekan Depan Ada Pembatasan Kendaraan

    Jakarta

    Pekan depan ada libur panjang. Pemerintah akan menerapkan pembatasan kendaraan.

    Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan perjalanan selama masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2025 pekan depan. Salah satu strateginya adalah dengan membatasi kendaraan angkutan barang.

    Ditjen Hubdat bersama Ditjen Bina Marga Kementerian PU serta Korlantas Polri telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor KP-DRJD 3760, Kep/143/VIII/2025, 62/KPTS/Db/2025 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Libur Panjang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2025.

    “Pemerintah akan melakukan pengaturan lalu lintas jalan. Ini komitmen kami dalam menjamin keselamatan hingga kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan, juga untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas di ruas jalan nasional,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Aan Suhanan dalam keterangan tertulisnya.

    Menurut Aan, pengaturan lalu lintas selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad dilakukan terhadap angkutan barang dan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas. Pengaturan lalu lintas ini akan diterapkan di sejumlah ruas jalan nasional tol, mulai tanggal 4 hingga 7 September 2025.

    “Kami telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang diatur di dalam SKB, di antaranya melalui pembatasan operasional angkutan barang dan sistem jalur/lajur pasang atau tidal flow (contra flow),” jelas Aan.

    Pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan dengan kereta gandeng. Begitu juga untuk mobil barang yang mengangkut hasil galian (tanah, pasir, dan/atau batu), hasil tambang, dan bahan bangunan.

    Pengaturan tersebut dilakukan pada sejumlah ruas jalan tol di kedua arahnya yakni jalan tol JORR 1, tol Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang, dan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Kemudian di jalan tol di wilayah Semarang yaitu Krapyak-Jatingaleh, Jatingaleh-Srondol, Jatingaleh-Muktiharjo, dan jalan tol Semarang-Solo.

    Adapun hari dan waktu pengaturan lalu lintas berupa pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai:

    1. Kamis, 4 September 2025 pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat;
    2. Jumat, 5 September 2025 pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat;
    3. Minggu, 7 September 2025 pukul 06.00 hingga 22.00 waktu setempat.

    Pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut BBM, hantaran uang, keperluan penanganan bencana, hewan ternak, pakan ternak, pupuk. Pembatasan juga tidak berlaku pada angkutan barang pangan atau kebutuhan pokok (beras, tepung, jagung, gula, sayur, buah, daging, ikan, daging unggas, minyak goreng dan mentega, susu, telur, kedelai, bawang, dan cabai).

    “Angkutan barang yang diperbolehkan melintas tetap harus mematuhi ketentuan untuk keamanan dan keselamatan di jalan. Tidak menggunakan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan, ini harus dibuktikan dengan dokumen perjanjian antara pemilik barang dengan pengusaha angkutan,” katanya.

    Selain itu, harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan yang berisi keterangan jenis barang yang diangkut; tujuan pengiriman barang; dan nama dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    (rgr/din)

  • Dinas ESDM Jambi pastikan seluruh desa teraliri listrik 2025

    Dinas ESDM Jambi pastikan seluruh desa teraliri listrik 2025

    Kota Jambi (ANTARA) – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi optimistis seluruh desa di wilayah ini teraliri listrik hingga akhir 2025, melalui program listrik pedesaan yang digagas kementerian.

    “Berdasarkan informasi dari PLN tahun ini (2025) program listrik desa di Jambi tuntas. Tahun ini tinggal dua desa, sedang dikerjakan,” kata Kabid Ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Jambi Berlian Putra, di Jambi, Rabu.

    Menurutnya, Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan, Perusahaan Listrik Negara ( UP2K PLN) tengah melakukan pembangunan jaringan di Desa Air Liki dan Air Liki Baru, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin.

    Apabila dua desa tersebut tersambung, maka rasio desa yang teraliri listrik di Jambi angkanya bisa 100 persen.

    Selanjutnya, pemerintah tinggal memikirkan pemasangan jaringan dusun atau wilayah terpencil.

    Menurut Berlian, di Jambi masih ada dusun atau cakupan rukun tetangga (RT) yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN.

    Untuk mengejar capaian itu, pemerintah daerah setiap tahun mengusulkan program penambahan jaringan listrik hingga ke dusun (pelosok).

    Tahun ini, kata dia lagi, ada delapan dusun yang tersentuh program listrik menggapai dusun. Sebarannya ada di empat kabupaten, meliputi Kabupaten Bungo (tiga lokasi), Batang Hari (dua lokasi), Tanjung Jabung Barat (dua lokasi) dan Kabupaten Tebo (satu lokasi).

    Sementara itu, tahun 2026 Kementerian ESDM ada 11 dusun baru di Jambi yang mendapat program jaringan listrik baru. Meliputi Kabupaten Bungo (dua lokasi) Muaro Jambi (satu lokasi), Tanjung Jabung Barat (lima lokasi) dan Kabupaten Tebo (tiga lokasi).

    Berdasarkan data sambungan rumah tangga (rasio elektrifikasi) kelistrikan di Jambi sudah menyentuh angka 99,91 persen. Sementara itu, untuk rasio pemasangan hingga ke desa-desa telah mencapai 99,87 persen.

    “Program ini amanat langsung dari Presiden, jika dua desa di atas tersambung, maka rasio listrik desa di Jambi dipastikan seratus persen,” katanya pula.

    Pewarta: Agus Suprayitno
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Pengambilan sumpah pengangkatan 1.742 PPPK Kabupaten Batang Hari

    Pengambilan sumpah pengangkatan 1.742 PPPK Kabupaten Batang Hari

    Sabtu, 23 Agustus 2025 11:59 WIB

    Foto udara sejumlah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Sama (PPPK) mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pengangkatan PPPK di Alun-Alun Batang Hari, Jambi, Jumat (22/8/2025). Pemerintah Kabupaten Batang Hari melantik sebanyak 1.742 orang PPPK Tahap II Tahun Anggaran 2024 dengan rincian formasi tenaga teknis sebanyak 1.469 orang dan tenaga kesehatan 273 orang. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa.

    Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Sama (PPPK) menyalakan lampu usai seremonial pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pengangkatan PPPK di Alun-Alun Batang Hari, Jambi, Jumat (22/8/2025). Pemerintah Kabupaten Batang Hari melantik sebanyak 1.742 orang PPPK Tahap II Tahun Anggaran 2024 dengan rincian formasi tenaga teknis sebanyak 1.469 orang dan tenaga kesehatan 273 orang. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa.

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Kemenhub batasi angkutan barang selama libur panjang Maulid

    Kemenhub batasi angkutan barang selama libur panjang Maulid

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan angkutan barang bakal dibatasi guna mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat selama masa libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada 4-7 September 2025.

    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Aan Suhanan di Jakarta, Selasa, menjelaskan pengaturan lalu lintas selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad, dilakukan terhadap angkutan barang dan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas.

    “Pengaturan lalu lintas ini akan diterapkan di sejumlah ruas jalan nasional dan tol, mulai 4 hingga 7 September 2025,” kata Aan.

    Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan bersama Ditjen Bina Marga Kementerian PU serta Korlantas Polri telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor KP-DRJD 3760, Kep/143/VIII/2025, 62/KPTS/Db/2025 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Libur Panjang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2025.

    Dia menyampaikan pemerintah akan melakukan pengaturan lalu lintas jalan. Hal itu sebagai komitmen pemerintah dalam menjamin keselamatan hingga kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan, juga untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas di ruas jalan nasional.

    “Kami telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang diatur di dalam SKB, di antaranya melalui pembatasan operasional angkutan barang dan sistem jalur/lajur pasang atau tidal flow (contra flow),” jelas Aan.

    Disebutkan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan dengan kereta gandeng. Serta mobil barang yang mengangkut hasil galian (tanah, pasir, dan/atau batu), hasil tambang, dan bahan bangunan.

    Pengaturan tersebut dilakukan pada sejumlah ruas jalan tol di kedua arahnya yakni Jalan Tol JORR 1, Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang, dan Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Kemudian di jalan tol di wilayah Semarang yaitu Krapyak-Jatingaleh, Jatingaleh-Srondol, Jatingaleh Muktiharjo, dan Semarang-Solo.

    Adapun hari dan waktu pengaturan lalu lintas berupa pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai Kamis, 4 September 2025, pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat.

    Kedua, Jumat, 5 September 2025 pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat, ketiga Minggu, 7 September 2025 pukul 06.00 hingga 22.00 waktu setempat.

    Ia melanjutkan pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut BBM, pengantaran uang, keperluan penanganan bencana, hewan ternak, pakan ternak, dan pupuk.

    Pembatasan juga tidak berlaku pada angkutan barang pangan atau kebutuhan pokok seperti beras, tepung, jagung, gula, sayur, buah, daging, ikan, daging unggas, minyak goreng dan mentega, susu, telur, kedelai, bawang, dan cabai.

    Kendati diperbolehkan, angkutan barang yang melintas tetap harus mematuhi ketentuan untuk keamanan dan keselamatan di jalan.

    “Tidak menggunakan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan, ini harus dibuktikan dengan dokumen perjanjian antara pemilik barang dengan pengusaha angkutan,” katanya.

    Selain itu, harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan yang berisi keterangan jenis barang yang diangkut, tujuan pengiriman barang, dan nama dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    Lebih lanjut, Dirjen Aan mengatakan pemerintah juga akan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas berupa sistem jalur/lajur pasang surut/tidal flow (contra flow) yang akan diberlakukan pada dua ruas jalan tol yakni Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Bogor-Ciawi.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • ​Mengenal Kamilus Tupen, Sosok yang Rela Lepas Jabatan Manager Demi Membangun Pertanian Desa

    ​Mengenal Kamilus Tupen, Sosok yang Rela Lepas Jabatan Manager Demi Membangun Pertanian Desa

    Jakarta: PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama Metro TV kembali menggelar Svarna Bhumi Award 2025. Penghargaan ini diberikan kepada para sosok pahlawan pangan.

    Pada tahun ini Svarna Bhumi Award 2025 memberi Special Achievement kepada Kamilus Tupen, seorang petani pangan asal Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tupen yang kini berusia 61 ini tumbuh dari keluarga petani dan menganggap ladang sebagai laboratorium hidupnya.

    Sebelum terjun ke dunia pertanian ternyata Tupen pernah menjadi guru SMP. Saat itu ia mengajar mata pelajaran Fisika.

    Tupen juga sempat merantau ke Malaysia. Di sana ia berhasil mencapai karier sebagai manager ekspedisi ekspor dan impor selama 10 tahun.

    Namun di tengah pencapaian tersebut Tupen justru melepas jabatannya dan pulang kampung. Pada tahun 2000 ia kembali ke kampungnya untuk menjadi petani. Sejak 2004, dia mengolah lahan tandus di Desa Honihama, Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur.

    (Kamilus Tupen menerima trofi Special Achievement Svarna Bhumi Award 2025. Foto: Pupuk Indonesia)

    Pria lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) itu berhasil membuat tanah kembali subur menggunakan batang jagung musim panen sebelumnya sebagai humus. Ia menerapkan 
    pertanian ramah lingkungan dengan tidak menggunakan metode bakar.

    Berkat kegigihan dan pendekatan yang ramah lingkungan Kamilus berhasil menyulap semua lahan tidur menjadi lahan jagung yang produktif.  Namun, setelah semua lahan tidur sudah tergarap menjadi lahan jagung, sempat ada masalah yang muncul, over produksi jagung.

    Tak hanya sampai di situ, Kamilus terus berinovasi dengan mendirikan mal ladang jagung pertama di Indonesia pada 2017. Ide mendirikan mal ladang jagung muncul saat sekelompok anak muda memetik jagung sendiri dan menikmati prosesnya.

    Lagi-lagi tujuan Kamilus mendirikan mal jagung ini bukan untuk keuntungan dirinya sendiri. Mal jagung Bayolewun ini ia dirikan untuk untuk meningkatkan pendapatan petani dari hasil penjualan dan menarik generasi muda.

    Kamilus melihat banyak orang merantau karena biaya hidupnya tidak tercukupi dari hasil ladang. Menurut dia, hal itu karena hasil ladang tidak simpan dan dihitung dengan benar. 

    Setelah pola pikir masyarakat dan petani diubah, hasil ladang lebih menjanjikan. Harga jualnya sudah disepakati oleh semua petani peserta mal, yaitu Rp10 ribu untuk 3 tongkol jagung. Setiap petani menjualnya sendiri melalui satu pintu.
     

    Sistemnya, pengunjung diberi keranjang anyaman lontar sebagai wadah penampung jagung yang dipetik. Pengunjung bebas memilih jumlah dan ukuran yang diinginkan. Setelah selesai, selayaknya swalayan, mereka membayar di meja kasir.

    Pembayaran yang terpusat dan tanpa perantara bertujuan untuk memutus rantai distribusi. Selain itu, tersedia penjualan online dengan jasa ojek lokal. 

    Terdapat tujuh varietas jagung manis yang dibagi menjadi tiga lantai berdasarkan ketinggian lahan. Selain mengajak generasi muda bertani, mal ladang jagung Bayolewun mengajak generasi muda merawat budaya leluhur melalui semangat gotong royong – disebut gemohing oleh penduduk setempat – dalam sistem koperasi, yakni Koperasi Tani Lewowerang.

    Dalam kelompok gemohing, setiap anggota membantu anggota lain dengan tenaga secara bergilir untuk mengelola lahan pertanian, salah satunya ladang jagung. Koperasi tersebut bukan koperasi simpan pinjam uang, melainkan tenaga kerja.

    Setiap anggota kelompok wajib memiliki kebun. Upahnya bagi mandor sebesar Rp6.000/jam, sedangkan buruh sebesar Rp5.000/jam. Kelompok tani itu sekaligus menjadi usaha simpan pinjam dengan modal awal Rp7 juta yang berasal dari urunan anggota
    Tuan kebun yang tidak memiliki uang untuk membayar upah bisa meminjam dana koperasi. Awalnya anggota koperasi hanya 70 orang, dan saat ini mencapai 300 orang.

    Kegiatan koperasi tersebut sempat terhenti karena sepi peminat. Namun, pada 2010 hidup kembali. Pada 2013, koperasi ini tersebar di beberapa tempat di Kabupaten Flores Timur.
    Pada 2014, koperasi tersebut mati dengan sendirinya. Alasannya, semua anggota telah mandiri dan memiliki uang untuk menggarap lahan mereka sendiri. Kini, petani menanam varietas jagung dari luar Kumala, Bonanza, Paramita, Aumba, Lorenza, Jutawan, Jantan, dan Rasanya.

    Berkat dedikasinya yang luar biasa di pertanian serta berdampak ke masyarakat luas Kamilus diganjar special achievement atau spesial penghargaan Svarna Bhumi Award 2025. 

    Jakarta: PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama Metro TV kembali menggelar Svarna Bhumi Award 2025. Penghargaan ini diberikan kepada para sosok pahlawan pangan.
     
    Pada tahun ini Svarna Bhumi Award 2025 memberi Special Achievement kepada Kamilus Tupen, seorang petani pangan asal Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tupen yang kini berusia 61 ini tumbuh dari keluarga petani dan menganggap ladang sebagai laboratorium hidupnya.
     
    Sebelum terjun ke dunia pertanian ternyata Tupen pernah menjadi guru SMP. Saat itu ia mengajar mata pelajaran Fisika.

    Tupen juga sempat merantau ke Malaysia. Di sana ia berhasil mencapai karier sebagai manager ekspedisi ekspor dan impor selama 10 tahun.
     
    Namun di tengah pencapaian tersebut Tupen justru melepas jabatannya dan pulang kampung. Pada tahun 2000 ia kembali ke kampungnya untuk menjadi petani. Sejak 2004, dia mengolah lahan tandus di Desa Honihama, Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur.
     

    (Kamilus Tupen menerima trofi Special Achievement Svarna Bhumi Award 2025. Foto: Pupuk Indonesia)
     
    Pria lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) itu berhasil membuat tanah kembali subur menggunakan batang jagung musim panen sebelumnya sebagai humus. Ia menerapkan 
    pertanian ramah lingkungan dengan tidak menggunakan metode bakar.
     
    Berkat kegigihan dan pendekatan yang ramah lingkungan Kamilus berhasil menyulap semua lahan tidur menjadi lahan jagung yang produktif.  Namun, setelah semua lahan tidur sudah tergarap menjadi lahan jagung, sempat ada masalah yang muncul, over produksi jagung.
     
    Tak hanya sampai di situ, Kamilus terus berinovasi dengan mendirikan mal ladang jagung pertama di Indonesia pada 2017. Ide mendirikan mal ladang jagung muncul saat sekelompok anak muda memetik jagung sendiri dan menikmati prosesnya.
     
    Lagi-lagi tujuan Kamilus mendirikan mal jagung ini bukan untuk keuntungan dirinya sendiri. Mal jagung Bayolewun ini ia dirikan untuk untuk meningkatkan pendapatan petani dari hasil penjualan dan menarik generasi muda.
     
    Kamilus melihat banyak orang merantau karena biaya hidupnya tidak tercukupi dari hasil ladang. Menurut dia, hal itu karena hasil ladang tidak simpan dan dihitung dengan benar. 
     
    Setelah pola pikir masyarakat dan petani diubah, hasil ladang lebih menjanjikan. Harga jualnya sudah disepakati oleh semua petani peserta mal, yaitu Rp10 ribu untuk 3 tongkol jagung. Setiap petani menjualnya sendiri melalui satu pintu.
     

     
    Sistemnya, pengunjung diberi keranjang anyaman lontar sebagai wadah penampung jagung yang dipetik. Pengunjung bebas memilih jumlah dan ukuran yang diinginkan. Setelah selesai, selayaknya swalayan, mereka membayar di meja kasir.
     
    Pembayaran yang terpusat dan tanpa perantara bertujuan untuk memutus rantai distribusi. Selain itu, tersedia penjualan online dengan jasa ojek lokal. 
     
    Terdapat tujuh varietas jagung manis yang dibagi menjadi tiga lantai berdasarkan ketinggian lahan. Selain mengajak generasi muda bertani, mal ladang jagung Bayolewun mengajak generasi muda merawat budaya leluhur melalui semangat gotong royong – disebut gemohing oleh penduduk setempat – dalam sistem koperasi, yakni Koperasi Tani Lewowerang.
     
    Dalam kelompok gemohing, setiap anggota membantu anggota lain dengan tenaga secara bergilir untuk mengelola lahan pertanian, salah satunya ladang jagung. Koperasi tersebut bukan koperasi simpan pinjam uang, melainkan tenaga kerja.
     
    Setiap anggota kelompok wajib memiliki kebun. Upahnya bagi mandor sebesar Rp6.000/jam, sedangkan buruh sebesar Rp5.000/jam. Kelompok tani itu sekaligus menjadi usaha simpan pinjam dengan modal awal Rp7 juta yang berasal dari urunan anggota
    Tuan kebun yang tidak memiliki uang untuk membayar upah bisa meminjam dana koperasi. Awalnya anggota koperasi hanya 70 orang, dan saat ini mencapai 300 orang.
     
    Kegiatan koperasi tersebut sempat terhenti karena sepi peminat. Namun, pada 2010 hidup kembali. Pada 2013, koperasi ini tersebar di beberapa tempat di Kabupaten Flores Timur.
    Pada 2014, koperasi tersebut mati dengan sendirinya. Alasannya, semua anggota telah mandiri dan memiliki uang untuk menggarap lahan mereka sendiri. Kini, petani menanam varietas jagung dari luar Kumala, Bonanza, Paramita, Aumba, Lorenza, Jutawan, Jantan, dan Rasanya.
     
    Berkat dedikasinya yang luar biasa di pertanian serta berdampak ke masyarakat luas Kamilus diganjar special achievement atau spesial penghargaan Svarna Bhumi Award 2025. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (RUL)

  • Kemenhub Bakal Batasi Operasional Angkutan Barang Sambut Libur Maulid Nabi 2025

    Kemenhub Bakal Batasi Operasional Angkutan Barang Sambut Libur Maulid Nabi 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Aan Suhanan memastikan pemerintah telah siap mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat selama masa libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2025 dan melakukan pembatasan operasional angkutan barang. 

    Di mana libur Maulid akan jatuh pada hari Jumat (5/9/2025). Sehingga akan dilakukan pengaturan lalu lintas ini akan diterapkan di sejumlah ruas jalan nasional Tol, mulai tanggal 4 hingga 7 September 2025.

    “Kami telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang diatur di dalam SKB [Surat Keputusan Bersama], di antaranya melalui pembatasan operasional angkutan barang dan sistem jalur/lajur pasang atau tidal flow [contra flow],” jelas Aan dalam keterangan resmi, Selasa (26/8/2025). 

    Adapun, Ditjen Hubdat bersama Ditjen Bina Marga Kementerian PU serta Korlantas Polri telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor KP-DRJD 3760, Kep/143/VIII/2025, 62/KPTS/Db/2025 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Libur Panjang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2025.

    Aan mengatakan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan dengan kereta gandeng. Serta mobil barang yang mengangkut hasil galian (tanah, pasir, dan/atau batu), hasil tambang, dan bahan bangunan.

    Pengaturan tersebut dilakukan pada sejumlah ruas jalan tol di kedua arahnya yakni jalan tol JORR 1, tol Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang, dan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Kemudian di jalan tol di wilayah Semarang yaitu Krapyak-Jatingaleh, Jatingaleh-Srondol, Jatingaleh-Muktiharjo, dan jalan tol Semarang-Solo.

    Adapun hari dan waktu pengaturan lalu lintas berupa pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai Kamis (4/9/2025) pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat, Jumat (5/9/2025) pukul 06.00 hingga 18.00, dan Minggu (7/9/2025) pukul 06.00 hingga 22.00. 

    Dirinya melanjutkan pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut BBM, hantaran uang, keperluan penanganan bencana, hewan ternak, pakan ternak, pupuk. 

    Pembatasan juga tidak berlaku pada angkutan barang pangan atau kebutuhan pokok (beras, tepung, jagung, gula, sayur, buah, daging, ikan, daging unggas, minyak goreng dan mentega, susu, telur, kedelai, bawang, dan cabai).

    “Angkutan barang yang diperbolehkan melintas tetap harus mematuhi ketentuan untuk keamanan dan keselamatan di jalan. Tidak menggunakan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan, ini harus dibuktikan dengan dokumen perjanjian antara pemilik barang dengan pengusaha angkutan,” katanya.

    Selain itu, harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan yang berisi keterangan jenis barang yang diangkut; tujuan pengiriman barang; dan nama dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    Sistem Rekayasa Lalu Lintas

    Aan menuturkan pemerintah pun akan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas berupa contra flow yang akan diberlakukan pada dua ruas jalan tol.

    Pembatasan operasional angkutan barang dan rekayasa lalu lintas di jalan tol selama libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad dapat dievaluasi waktu pemberlakuannya. 

    “Penyesuaian dapat dilakukan oleh pihak kepolisian dengan melihat kondisi kepadatan lalu lintas pada masing-masing ruas jalan tol,” pungkasnya.

    Berikut rincian rekayasa lalu lintas:

    1. Tol Jakarta-Cikampek

    a. arah Cikampek mulai KM 47 hingga KM 70, berlaku mulai Jumat, 5 September 2025, pukul 06.00 sampai 15.00 waktu setempat;

    b. arah Jakarta mulai KM 70 hingga KM 47, berlaku mulai Minggu, 7 September 2025, pukul 15.00 sampai 24.00 waktu setempat

     

    2. Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, arah Jakarta mulai dari KM 21 hingga KM 8, dengan waktu pemberlakuan:

    a. Sabtu, 6 September 2025 pada pukul 12.00 sampai 19.00 waktu setempat;

    b. Minggu, 7 September 2025 pukul 12.00 sampai 19.00 waktu setempat 

  • Anggota DPR Minta Pemerintah Usut Tambang Ilegal di Manokwari

    Anggota DPR Minta Pemerintah Usut Tambang Ilegal di Manokwari

    Jakarta

    Penambangan emas ilegal ditemukan di sepanjang aliran Sungai Wariori dan Wasirawi di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Anggota DPR RI Dapil Papua Yan Permenas Mandenas.

    Anggota Komisi XIII meninjau langsung lokasi tambang bersama Bupati Manokwari Hermus Indou. Keduanya menemukan kerusakan lingkungan yang semakin parah dan mendesak pemerintah pusat segera turun tangan.

    Paling jelas, Yan Mandenas mengungkapkan kondisi Sungai Wariori sudah berubah drastis akibat pengerukan tambang. Bentuk sungai menurutnya sudah berubah menjadi kolam-kolam besar, sebagian hanya ditinggalkan tanpa diurus.

    “Yang terjadi di Distrik Wasirawi, khususnya di sepanjang batang air dari Kali Wariori atau Sungai Wariori, bentuk daripada sungai ini sudah berubah total, menjadi kolam-kolam besar yang ditinggalkan oleh aktivitas pertambangan emas ilegal,” papar Yan dalam keterangannya, Selasa (26/8/2025).

    Aliran Sungai Wariori yang biasanya deras kini hanya menyisakan lubang-lubang besar berisi air keruh kehijauan. Di salah satu sisi, ekskavator masih beroperasi mengeruk badan sungai, sementara dua pekerja tampak menyemprotkan air ke bebatuan untuk mencari butiran emas. Jejak merkuri sebagai bahan kimia pemisah emas diduga kuat mencemari air, mengancam ribuan warga yang bergantung pada sungai tersebut.

    Suasana di lokasi juga memperlihatkan upaya pekerja tambang untuk menutupi aktivitasnya. Rombongan DPR dan Bupati sempat dihadang batang pohon besar yang ditebang di tengah jalan menuju Wasirawi, seolah sengaja dijatuhkan untuk memperlambat laju kendaraan. Sesampainya di area tambang, banyak pekerja memilih bersembunyi di balik bedeng begitu melihat rombongan tiba.

    Air deras dari hulu ini mengular dengan menghindari lubang-lubang raksasa yang dihalangi benteng pasir. Di beberapa sisi sungai tampak bedeng dengan atap terpal yang menjadi tempat tinggal sementara para buruh tambang.

    Sebagian besar pekerja ternyata bukan berasal dari Papua, melainkan didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sulawesi, Jawa, hingga Sumatera. Mereka direkrut langsung oleh pengusaha tambang yang berhubungan dengan kepala suku sebagai pemilik tanah ulayat.

    Yan menilai lambannya penertiban tidak lepas dari adanya oknum yang membekingi tambang ilegal tersebut. Dia bilang dirinya sudah mengingatkan kepada Menteri ESDM Bahlil Lahadalia soal hal ini sejak 3 tahun lalu, namun sampai kini belum ada langkah tegas yang diambil.

    “Kalau tidak ada pejabat yang bermain, mustahil tambang sebesar ini bisa berjalan terus. Peringatan sudah kami sampaikan kepada Menteri ESDM sejak tiga tahun lalu, tetapi hingga kini belum ada langkah tegas. Pemerintah pusat jangan tutup mata,” ujar Yan.

    Hermus Indou, Bupati Manokwari, menekankan dampak serius yang dirasakan masyarakat akibat aktivitas ilegal ini. Dia bilang air sungai yang seharusnya bisa digunakan masyarakat, kini tercemar.

    “Air yang seharusnya digunakan warga untuk bertani kini tercemar bahan kimia berbahaya. Pertanian stagnan dan warga gagal panen,” ujar Hermus.

    Selain pencemaran, Hermus menyoroti banjir yang berulang kali melanda wilayah hilir. Sedimentasi akibat galian tambang membuat aliran Sungai Wariori menyempit dan meluap ke permukiman.

    Hermus menambahkan, kendala lain yang dihadapi pemerintah daerah adalah keterbatasan kewenangan. Pihaknya hanya bisa koordinasi dengan aparat penegak hukum agar dilakukan penertiban. Pihaknya mengusulkan apabila tambang ingin dikelola harus dibuat tata kelola khusus melalui koperasi masyarakat.

    Kembali ke Yan Mandenas, dia mengingatkan bahwa Presiden Prabowo Subianto sudah menegaskan penertiban tambang ilegal dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2025, yang menyoroti 1.068 titik tambang ilegal dengan potensi kerugian negara Rp 300 triliun.

    “Kami dari Partai Gerindra ingin mengawal semangat Presiden. Menteri ESDM, apalagi putra Papua, mendapatkan jabatan strategis, seharusnya lebih berani. Sudah waktunya dia bicara,” tegas Yan.

    Tonton juga video “Komisi XII Soal Prabowo Peringatkan Jenderal Terlibat Tambang Ilegal” di sini:

    (acd/acd)

  • Muncul Tren Operasi Potong Tulang Kaki di Turki Agar Tubuh Terlihat Pendek

    Muncul Tren Operasi Potong Tulang Kaki di Turki Agar Tubuh Terlihat Pendek

    Jakarta

    Tidak hanya untuk transplantasi rambut, kini banyak klinik di Turki menawarkan prosedur pemendekan tulang kaki agar tubuh terlihat lebih pendek. Prosedur ini banyak dilakukan oleh wanita yang merasa insecure dengan tinggi badan yang berlebihan.

    Ada juga yang karena untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan pasangan, ada juga yang tujuannya untuk mengatasi perbedaan panjang kaki.

    Dikutip dari Daily Mail, prosedur ini dilakukan dengan pemotongan tulang kaki untuk mengangkat sebagian tulang paha. Tulang yang dipotong kemudian kembali disambungkan dan dipasang dengan batang logam, yang nantinya akan dilepas setelah tulang menyatu.

    Prosedur ini sangat berat. Pasien dapat mengalami nyeri luar biasa hingga memerlukan kursi roda setelahnya. Mereka juga harus melalui pemulihan fisioterapi selama berbulan-bulan.

    Meski berisiko, prosedur ini semakin populer. Beberapa klinik di Turki bahkan menyertakan paket operasinya dengan tur kota, makan di restoran, hingga perjalanan di kapal pesiar.

    Sebuah klinik di Istanbul mengatakan sudah melakukan 10 operasi pemendekan kaki sejak 2023. Prosedur height reduction tersebut mengklaim bisa memendekkan tulang paha hingga 5,5 cm dan tulang betis hingga 3 cm.

    Klinik tersebut merekomendasikan waktu pemulihan paling lama hingga 6 bulan jika ingin melakukan prosedur ini.

    Setelah operasi, pasien biasanya dirawat inap selama 3-5 hari sebelum dipulangkan dengan kursi roda atau alat bantu jalan selama sebulan pertama. Klinik memperkirakan pasien berjalan tanpa bantuan setelah 6 minggu, dengan tulang butuh waktu 3-4 bulan untuk benar-benar pulih.

    Fisioterapi juga sangat disarankan dengan 4-5 sesi per minggu pada 3 bulan pertama.

    “Sebelum operasi klinik mewajibkan pasien menjalani psikologis untuk memastikan mereka memiliki ekspektasi yang realistis terhadap hasilnya. Pasien mungkin akan mengalami psikologis selama pemulihan, itulah sebabnya kami memberikan dukungan ini,” ucap pihak klinik itu.

    Terakhir pada Juli 2024 seorang wanita dari Amerika Serikat menjalani prosedur pemendekan kaki di klinik tersebut. Wanita yang tak disebutkan namanya itu diklaim klinik berhasil menurunkan tinggi badan hingga 4,1 cm dari 172 cm ke 167,9 cm.

    Prosedur ini tidak lepas dari risiko dan efek samping. Risiko operasi pemendekan kaki antara lain kelemahan otot atau kehilangan kekuatan otot. Berapa risiko lain yang dapat muncul seperti dislokasi sendi hingga penggumpalan darah.

    Berat badan menjadi faktor penting dalam operasi pemendekan kaki. Ini dikarenakan logam tulang memiliki batas beban. Klinik merekomendasikan pasien memiliki berat badan maksimal 70-75 kg.

    Halaman 2 dari 2

    (avk/kna)