kab/kota: Batang

  • Wajib Waspada! Ini 5 Jalan Tol Paling Rawan Kecelakaan di Indonesia

    Wajib Waspada! Ini 5 Jalan Tol Paling Rawan Kecelakaan di Indonesia

    Jakarta: Banyaknya berita kecelakaan yang terjadi di jalan tol di Indonesia membuat masyarakat harus mengetahui ruas-ruas tol mana saja yang sering mengalami insiden tersebut dan harus lebih berhati-hati ketika melintasinya.

    Banyak dari masyarakat bahkan memberikan nama-nama khusus pada jalan tol yang terkenal rawan kecelakaan, sebagai bentuk pengingat dan ciri khas dari jalan tol tersebut.
    Dalam artikel kali ini, Medcom.id akan membahas tentang faktor-faktor penyebab kecelakaan dan juga ruas-ruas jalan tol berbahaya yang ada di Indonesia agar keselamatan berkendara dapat terjaga dengan baik.

    Mengapa Kecelakaan Terjadi?

    Tingginya angka kecelakaan di jalan tol ini tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan merupakan hasil interaksi dari berbagai elemen. Faktor utama yang sering menjadi penyebab kecelakaan adalah kondisi pengemudi, seperti kelelahan, kurang fokus, dan bahkan pengaruh obat-obatan.

    Kelelahan akibat perjalanan jauh dapat menyebabkan pengemudi mengalami microsleep, sebuah kondisi di mana pengemudi tertidur sejenak tanpa disadari, yang sangat berbahaya saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

    Selain itu, kondisi kendaraan juga berperan penting dalam keselamatan berkendara. Masalah seperti pecah ban atau rem yang tidak berfungsi dapat memicu kecelakaan fatal. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin terhadap kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Selain itu, faktor lingkungan jalan juga tidak kalah pentingnya. Beberapa ruas jalan tol mungkin memiliki kondisi jalan yang kurang baik, seperti berlubang atau tidak terawat, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

    Cuaca buruk, seperti hujan atau kabut, juga dapat mengganggu visibilitas dan kontrol kendaraan, sehingga pengemudi harus lebih berhati-hati.

    Daftar Jalan Tol yang Paling Berbahaya di Indonesia

    1. Tol Cipularang

    Tol ini menghubungkan Jakarta dan Bandung, dan terkenal dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi, termasuk kecelakaan tragis yang melibatkan selebriti. Cerita mistis di sekitar tol ini mencakup penampakan sosok wanita berbaju putih dan kejadian aneh yang dialami para pekerja saat pembangunan. Kecelakaan di Tol Cipularang sering terjadi di kilometer 90-97, dengan satu insiden pada 2011 yang merenggut nyawa istri penyanyi Saipul Jamil

    2. Tol Jagorawi

    Ilustrasi: Dok MTVN

    Tol Jagorawi, atau Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, adalah jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1971 dan diresmikan pada 9 Maret 1978 oleh Presiden Soeharto. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 59 kilometer dan menghubungkan Jakarta, Bogor dan Ciawi, melintasi wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

    Sebagai jalan tol pertama di Indonesia, Jagorawi juga dianggap angker dan banyak pengemudi melaporkan melihat mobil tanpa pengemudi dan mengalami kecelakaan di area tertentu. 

    3. Tol Cipali (Cikopo-Palimanan)

    ANTARA FOTO/Dedhez Anggara. (Ahmad Rofahan)

    Tol Cipali, atau Jalan Tol Cikopo-Palimanan, adalah jalur tol yang membentang sepanjang 116 kilometer, menghubungkan Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon, Jawa Barat. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa, yang menghubungkan Merak di Banten hingga Banyuwangi di Jawa Timur.

    Diresmikan pada 13 Juni 2015, Tol Cipali dirancang untuk memperpendek waktu tempuh perjalanan, mengurangi sekitar 1,5 hingga 2 jam dibandingkan jalur Pantura

    Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dikenal sebagai salah satu jalur paling mematikan di Indonesia bahkan di dunia. Dengan tingkat fatalitas yang tinggi, setiap kilometer seolah menyimpan risiko. Pengemudi diingatkan untuk ekstra hati-hati saat melintasi ruas tol ini.

    4. Tol Batang-Semarang

    Jalan Tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas tol penting yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun, ruas tol ini juga dikenal memiliki beberapa titik rawan kecelakaan yang perlu mendapat perhatian khusus dari pengguna jalan.

    Berdasarkan catatan Indonesia Toll Road Watch (ITRW), ada dua titik di Tol Batang-Semarang yang dinilai sangat rawan, yaitu Km 355 dan Km 358. Titik-titik ini dianggap berbahaya karena desain jalan yang kurang aman dan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, selain itu di ruas jalan tol tersebut juga minim penerangan jalan.

    5. Tol Solo-Ngawi dan Jombang-Mojokerto

    Gerbang tol Solo-Ngawi, Medcom.id – Pythag

    Tol Solo-Ngawi adalah jalan tol yang menghubungkan Kota Surakarta di Jawa Tengah dengan Ngawi di Jawa Timur, dengan panjang sekitar 90,43 kilometer. Tol ini merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa dan dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas serta efisiensi transportasi di wilayah tersebut. 

    Jalan tol ini resmi beroperasi penuh pada 16 Juli 2018 dan dilengkapi dengan delapan gerbang tol, termasuk GT Colomadu, GT Bandara Adi Soemarmo, dan GT Ngemplak

    Ruas tol Solo-Ngawi dan Jombang-Mojokerto juga termasuk dalam daftar jalur berbahaya. Kedua ruas ini sering mencatatkan insiden kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan, sehingga pengemudi diminta untuk tetap waspada. (Angel Rinella)

    Jakarta: Banyaknya berita kecelakaan yang terjadi di jalan tol di Indonesia membuat masyarakat harus mengetahui ruas-ruas tol mana saja yang sering mengalami insiden tersebut dan harus lebih berhati-hati ketika melintasinya.
     
    Banyak dari masyarakat bahkan memberikan nama-nama khusus pada jalan tol yang terkenal rawan kecelakaan, sebagai bentuk pengingat dan ciri khas dari jalan tol tersebut.

    Dalam artikel kali ini, Medcom.id akan membahas tentang faktor-faktor penyebab kecelakaan dan juga ruas-ruas jalan tol berbahaya yang ada di Indonesia agar keselamatan berkendara dapat terjaga dengan baik.

    Mengapa Kecelakaan Terjadi?

    Tingginya angka kecelakaan di jalan tol ini tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan merupakan hasil interaksi dari berbagai elemen. Faktor utama yang sering menjadi penyebab kecelakaan adalah kondisi pengemudi, seperti kelelahan, kurang fokus, dan bahkan pengaruh obat-obatan.
     
    Kelelahan akibat perjalanan jauh dapat menyebabkan pengemudi mengalami microsleep, sebuah kondisi di mana pengemudi tertidur sejenak tanpa disadari, yang sangat berbahaya saat berkendara dengan kecepatan tinggi.
    Selain itu, kondisi kendaraan juga berperan penting dalam keselamatan berkendara. Masalah seperti pecah ban atau rem yang tidak berfungsi dapat memicu kecelakaan fatal. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin terhadap kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Selain itu, faktor lingkungan jalan juga tidak kalah pentingnya. Beberapa ruas jalan tol mungkin memiliki kondisi jalan yang kurang baik, seperti berlubang atau tidak terawat, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.
     
    Cuaca buruk, seperti hujan atau kabut, juga dapat mengganggu visibilitas dan kontrol kendaraan, sehingga pengemudi harus lebih berhati-hati.

    Daftar Jalan Tol yang Paling Berbahaya di Indonesia

    1. Tol Cipularang

    Tol ini menghubungkan Jakarta dan Bandung, dan terkenal dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi, termasuk kecelakaan tragis yang melibatkan selebriti. Cerita mistis di sekitar tol ini mencakup penampakan sosok wanita berbaju putih dan kejadian aneh yang dialami para pekerja saat pembangunan. Kecelakaan di Tol Cipularang sering terjadi di kilometer 90-97, dengan satu insiden pada 2011 yang merenggut nyawa istri penyanyi Saipul Jamil

    2. Tol Jagorawi

    Ilustrasi: Dok MTVN
     
    Tol Jagorawi, atau Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, adalah jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1971 dan diresmikan pada 9 Maret 1978 oleh Presiden Soeharto. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 59 kilometer dan menghubungkan Jakarta, Bogor dan Ciawi, melintasi wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

    Sebagai jalan tol pertama di Indonesia, Jagorawi juga dianggap angker dan banyak pengemudi melaporkan melihat mobil tanpa pengemudi dan mengalami kecelakaan di area tertentu. 

    3. Tol Cipali (Cikopo-Palimanan)

    ANTARA FOTO/Dedhez Anggara. (Ahmad Rofahan)

    Tol Cipali, atau Jalan Tol Cikopo-Palimanan, adalah jalur tol yang membentang sepanjang 116 kilometer, menghubungkan Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon, Jawa Barat. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa, yang menghubungkan Merak di Banten hingga Banyuwangi di Jawa Timur.
     
    Diresmikan pada 13 Juni 2015, Tol Cipali dirancang untuk memperpendek waktu tempuh perjalanan, mengurangi sekitar 1,5 hingga 2 jam dibandingkan jalur Pantura

    Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dikenal sebagai salah satu jalur paling mematikan di Indonesia bahkan di dunia. Dengan tingkat fatalitas yang tinggi, setiap kilometer seolah menyimpan risiko. Pengemudi diingatkan untuk ekstra hati-hati saat melintasi ruas tol ini.

    4. Tol Batang-Semarang

    Jalan Tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas tol penting yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun, ruas tol ini juga dikenal memiliki beberapa titik rawan kecelakaan yang perlu mendapat perhatian khusus dari pengguna jalan.

    Berdasarkan catatan Indonesia Toll Road Watch (ITRW), ada dua titik di Tol Batang-Semarang yang dinilai sangat rawan, yaitu Km 355 dan Km 358. Titik-titik ini dianggap berbahaya karena desain jalan yang kurang aman dan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, selain itu di ruas jalan tol tersebut juga minim penerangan jalan.

    5. Tol Solo-Ngawi dan Jombang-Mojokerto

    Gerbang tol Solo-Ngawi, Medcom.id – Pythag

    Tol Solo-Ngawi adalah jalan tol yang menghubungkan Kota Surakarta di Jawa Tengah dengan Ngawi di Jawa Timur, dengan panjang sekitar 90,43 kilometer. Tol ini merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa dan dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas serta efisiensi transportasi di wilayah tersebut. 

    Jalan tol ini resmi beroperasi penuh pada 16 Juli 2018 dan dilengkapi dengan delapan gerbang tol, termasuk GT Colomadu, GT Bandara Adi Soemarmo, dan GT Ngemplak

    Ruas tol Solo-Ngawi dan Jombang-Mojokerto juga termasuk dalam daftar jalur berbahaya. Kedua ruas ini sering mencatatkan insiden kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan, sehingga pengemudi diminta untuk tetap waspada. (Angel Rinella)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SUR)

  • Buset! Orang China Merokok Sampai 2,44 Triliun Batang Setahun

    Buset! Orang China Merokok Sampai 2,44 Triliun Batang Setahun

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan rokok eceran di China selama 4 tahun terakhir dilaporkan terus melesat hingga menjadi 2,44 triliun batang di tahun 2023. Angka ini diprediksi terus naik hingga menyentuh 2,48 triliun batang pada tahun 2028 nanti.

    Disebutkan, ada sekitar 300 juta orang perokok di China. Jumlah ini hampir sepertiga dari total perokok di dunia.

    Hal ini terjadi di tengah kebijakan Beijing yang menekan prevalensi merokok. Tampaknya, hal itu tak berdampak signifikan terhadap penjualan produk tembakau di negara tersebut.

    Demikian data Euromonitor yang dilansir CNBC International. Disebutkan, tren ini terjadi seiring dengan semakin populernya rokok “ramping”.

    Menyusul tren pasar yang terus naik, industri tembakau China, yang dikuasai oleh perusahaan milik negara, China Tobacco, memperoleh pendapatan sekitar 1,5 triliun yuan (US$210 miliar) pada tahun fiskal 2023.

    Pencapaian ini melonjak 4,3% dari tahun sebelumnya, dan enam kali lipat pendapatan bersih Philip Morris International, perusahaan tembakau terbesar kedua di dunia.

    Kondisi ini berbalik dengan penurunan penjualan rokok secara global. Euromonitor mencatat, pada tahun 2019 dan 2023, penjualan rokok tahunan di seluruh dunia turun sekitar 2,7% menjadi 5,18 triliun batang.

    China Tobacco sendiri berdiri 1982. Tugasnya bukan hanya sebagai perusahaan, namun pengatur pasar tembakau dalam negeri.

    “Menggunakan pengaruhnya pada pemerintahan secara efektif memblokir penerapan kebijakan pengendalian tembakau,” jelas Quan, STMA China, dikutip dari CNBC International, Selasa (12/11/2024).

    Selama bertahun-tahun, China Tobacco tumbuh menjadi raksasa di negara tersebut. Pada 2014, tercatat adalah lebih dari setengah juta karyawan, mengendalikan 33 biro pengawas tembakau provinsi, 57 perusahaan roko, dan lebih dari 1.000 bisnis komersial kecil.

    Bahkan pendapatannya juga berdampak pada ekonomi China. Universitas Bath mencatat perusahaan menyumbang 12% pada pendapatan pajak China.

    (dce)

  • Review Xiaomi Truclean W20, Vacuum Cleaner 3 In One Palugada

    Review Xiaomi Truclean W20, Vacuum Cleaner 3 In One Palugada

    Jakarta

    Xiaomi belum lama ini meluncurkan Truclean W20, vacuum cleaner yang punya tiga fungsi. Ia dapat membersihkan kotoran, mengepel, dan kemudian dapat membersihkan diri secara otomatis. Pendek kata palugada, apa yang lu mau gua ada. Seperti apa kemampuannya? Simak dalam review berikut

    Desain

    Perangkat Xiaomi Truclean W20 terdiri dari 3 bagian, yaitu gagang pada bagian atas, bagian tengah yang dilengkapi dengan tabung air bersih dan air kotor, dan bagian bawah untuk menyedot debu dan mengepel dengan sikat roller.

    Desainnya secara keseluruhan tampak modern dengan perpaduan warna hitam dan putih, serta material dari plastik dan metal. Di bagian gagang, terdapat tiga buah tombol.

    Xiaomi Truclean W20. Foto: Fyk/detikinet

    Di gagang sebelah depan terdapat tombol power dan tombol untuk berganti mode menyedot kotoran kering atau basah dan atau membuat hisapan vacuum lebih kuat. Di belakang gagang, ada tombol self cleaning atau membersihkan perangkat secara otomatis saat ditekan.

    Xiaomi Truclean W20. Foto: Fyk/detikinet

    Bagian gagangnya yang berwarna hitam terbuat dari metal. Di bagian belakang tengah, ada tangki untuk menampung air berkapasitas 780 ml. Sementara di bagian depan, ada tangki lain untuk wadah air kotor sisa pembersihan dengan kapasitas 550 ml.

    Beralih ke bagian bawah, ada perangkat roller di bagian depan dan dua buah roda di bagian belakang. Di paket pembelian, juga ada dock untuk meletakkan dan mengisi ulang baterai vacuum cleaner ini, serta sikat untuk membantu membersihkan bagian dalam tabung air yang kotor.

    Xiaomi Truclean W20 Foto: Fyk/detikinet

    Kemampuan lengkap

    Xiaomi Truclean W20 bisa digunakan untuk menyedot debu yang kering maupun basah, sekaligus langsung mengepelnya dengan air yang keluar dari bagian bawah perangkat sehingga membasahi sikat roller.

    Adapun daya isap vacuum cleaner ini mencapai maksimum 15.000 pa. Sedangkan baterainya berkapasitas 2.500 mAh yang menurut Xiaomi dapat digunakan sampai sekitar 30 menit.

    Xiaomi Truclean W20 Foto: Fyk/detikinet

    Perangkat ini menyedot debu dan mengepel dengan kecepatan 500 rpm. Air bersih akan terus mengalir untuk membersihkan sikat roller selama pengepelan lantai berlangsung, sehingga roller tetap bersih dan kotoran terangkat di lantai.

    Terdapat bagian pengikis dengan gerigi yang rapat, di mana gunanya adalah untuk mengikis dan menghilangkan kotoran dan rambut dari batang sikat rol untuk mengurangi belitan rambut.

    Operasional

    Sebelum mengoperasikan, ikuti petunjuk di buku panduan untuk merakit Xiaomi Truclean W20 dari kemasan. Tempatkan vacuum di atas dock itu dan setelahnya, isi baterainya dengan cara mencolokkan listrik ke dock vacuum cleaner ini. Dari keadaan kosong, baterainya bisa terisi penuh dalam waktu kurang lebih 4,5 jam.

    Untuk mengoperasikannya mudah saja. Pertama-tama, ambil tabung air bersih di bagian belakang yang bisa gampang diangkat dengan menekan tombolnya. Isi dengan air bersih secukupnya dan jangan terlalu penuh agar saat vacuum cleaner dipakai, airnya tidak sampai tumpah. Patut dicatat pula, gunakan air biasa karena jika ditambah cairan pembersih, berpotensi merusak alat.

    Xiaomi Truclean W20 Foto: Fyk/detikinet

    Pasang kembali tabung itu ke Xiaomi TruculeanW20 dan kemudian, ambil vacuum cleaner, lalu tahan bagian bawahnya dengan kaki. Setelah itu, miringkan gagangnya dengan tangan dan setelah siap, tekan tombol power untuk menghidupkannya.

    Vacuum cleaner ini cukup berat saat diangkat, tapi tidak begitu terasa saat sudah dioperasikan. Pasalnya, roda di vacuum akan berputar otomatis ke arah depan untuk memudahkan pengguna. Setelahnya, tinggal diarahkan ke bagian-bagian lantai yang kotor untuk disedot debunya dan dipel secara simultan.

    Perangkat ini cukup kompak untuk menjangkau sampai ke sudut-sudut sempit. Kotoran kering pun dapat disedot tanpa kesulitan, bahkan yang berukuran cukup besar, misalnya sisa makanan yang berjatuhan di lantai. Demikian pula dengan noda-noda atau bercak-bercak ringan, bisa langsung bersih.

    Xiaomi Truclean W20 Foto: Fyk/detikinet

    Namun untuk noda yang agak tebal, perlu dipel beberapa kali sampai benar-benar bersih. Dengan keawetan baterai sampai sekitar setengah jam, vacuum cleaner ini bisa membersihkan ruangan yang cukup besar sampai tuntas.

    Setelah pembersihan selesai dilakukan, pasang kembali alat ini ke dock-nya. Kemudian, tekan tombol untuk self cleaning atau pembersihan otomatis. Xiaomi Truclean W20 akan membersihkan perangkat sendiri selama sekitar 2 menit.

    Setelah proses pembersihan selesai, tangki penampung air kotor yang berada di depan harus dilepas dan dibuang isinya. Jika masih ada kotoran yang tertinggal, bisa dibersihkan dengan sikat yang sudah disediakan.

    Xiaomi Truclean W20 Foto: Fyk/detikinet

    Opini detikINET

    Xiaomi Truclean W20 adalah perangkat pembersihan yang praktis dan mampu melakukan semua fungsi yang dijanjikan dengan baik. Karena tidak sebatas untuk menyedot debu tapi juga mengepel, lantai bisa menjadi lebih bersih. Pengoperasiannya pun mudah walaupun cukup berat.

    Wujudnya pun modern dan terkesan mahal, menyatu dengan baik di ruangan. Akan semakin sempurna jika bisa membersihkan noda tebal di lantai sekali jalan atau baterainya lebih tahan lama. Namun demikian, perangkat seharga sekitar Rp 2,6 juta ini adalah vacuum cleaner three in one yang andal untuk membuat lantai tetap kinclong dan mengurangi kerepotan dengan fungsi menyedot, mengepel, sekaligus dapat membersihkan diri secara otomatis.

    (fyk/fyk)

  • Sering Menghela Napas Bikin Jantung-Pencernaan Lebih Sehat, Kok Bisa? Ini Temuan Riset

    Sering Menghela Napas Bikin Jantung-Pencernaan Lebih Sehat, Kok Bisa? Ini Temuan Riset

    Jakarta

    Sebuah riset menunjukkan manfaat ‘sigh’ atau menghela napas pada organ tubuh. Kebiasaan ini diyakini berdampak pada kesehatan jantung lebih baik, tekanan darah stabil, dan pencernaan lancar.

    Rupanya, hal itu berkaitan dengan medula oblongata di otak, yakni pusat pernapasan yang membuat seseorang bernapas secara otomatis.

    “Menara kontrol yang terletak di bagian terendah otak dan batang otak, mengatur laju pernapasan seseorang dan merespons masukan dari sensor di berbagai area tubuh,” kata dr Steve Yang, dokter spesialis pernapasan dan perawatan intensif di Rumah Sakit Mount Elizabeth.

    “Sensor-sensor ini memberitahu pusat pernapasan tentang perubahan kadar karbon dioksida dalam darah, kadar oksigen, dan kadar pH,” jelasnya.

    Pusat pernapasan kemudian menyesuaikan laju pernapasan seseorang dengan mengirimkan impuls ke otot-otot sistem pernapasan untuk menyesuaikan kedalaman dan laju pernapasan.

    Jaclyn Chow Kepala Fisioterapis di Heart & Lung Physio membeberkan alasan mengapa menghela napas baik bagi tubuh.

    “Menghirup napas dalam-dalam dan mengembuskan napas lebih lama dari biasanya meningkatkan luas permukaan paru-paru, dan meningkatkan pertukaran gas untuk membuang kelebihan karbon dioksida secara lebih efisien dari tubuh,” kata Chow.

    “Oleh karena itu, menghela napas berperan penting dalam mencegah kolapsnya alveoli (kantung udara kecil berbentuk balon di paru-paru), dan memulihkan kelenturan paru-paru (kemampuan paru-paru untuk mengembang). Ia juga membantu memulihkan kadar oksigen dan karbon dioksida saat kadarnya menjadi terlalu rendah atau tinggi,” katanya, dikutip dari CNA.

    Tanpa disadari, seseorang menghela napas lebih sering atau lebih banyak dari yang diperkirakan.

    “Rata-rata orang tanpa sadar menghela napas sekali setiap lima menit, yang berarti 12 kali per jam saat kita terjaga,” kata Chow.

    Lebih jauh, kebiasaan ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan dapat memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki pencernaan, demikian tegas dr Yang.

    Sistem saraf parasimpatis bekerja seperti mode autopilot tubuh. Ia mengendalikan semua fungsi tubuh yang tidak perlu diperintahkan secara sadar untuk dilakukan agar tetap hidup.

    Seperti berkedip, mencerna, mengeluarkan urine, berkeringat, membuat jantung berdetak pada kecepatan tertentu, dan tentu saja, bernapas. Tubuh tampaknya lebih suka beroperasi dalam mode pernapasan dalam yang lambat ini.

    “Rem bekerja lebih sehat daripada akselerator di sini,” kata Profesor David Spiegel, direktur Pusat Stres dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford.

    “Seseorang bisa langsung berada di fase tenang dengan cara yang agak cepat.”

    (naf/suc)

  • Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Surabaya, Polisi Selamatkan Negara Rugi Rp 20 Miliar

    Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Surabaya, Polisi Selamatkan Negara Rugi Rp 20 Miliar

    Surabaya (beritajatim.com) – Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggagalkan 7.677.400 batang rokok ilegal periode September sampai November 2024. Berkat penggagalan itu, polisi menyelamatkan kerugian negara hingga Rp 20 Milliar.

    Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP William Cornelis Tannasale mengatakan, penggagalan peredaran rokok tanpa merek dan pita cukai itu dilakukan di sejumlah titik masuk kota Surabaya. Seperti di Jembatan Suramadu, Pelabuhan Tanjung Perak dan beberapa ruas jalan di Surabaya. Dari kasus ini, polisi mengamankan 6 kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan rokok ilegal itu.

    “Kami berhasil mengamankan 644 karton berisi 43.645 slop rokok ilegal.  Kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal ini ditaksir mencapai hingga Rp 20 miliar,” ujar William, Senin (11/11/2024).

    Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan 8 tersangka berinisial AA (28), SM (47), AE (44), TH (42), AM (49), YS (32), MK (23) dan MH (28). Kedelapan tersangka ini diamankan dari jembatan Suramadu, Depo Tanto V, Jalan Kedung Cowek, dan Jalan Tambak Wedi Baru. William menyebut, bahwa penyelundupan rokok ilegal paling banyak berada di Jembatan Suramadu arah ke Surabaya.

    “Rokok ini hendak dikirim ke luar kota bahkan ada yang mau dikirim ke luar pulau,” imbuh William.

    Sementara Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo Rudy Hery Kurniawan, mengapresiasi kinerja Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polda Jatim. Ia berharap sinergi ini tidak hanya dari penegakkan hukum saja.

    “Kami mohon tidak hanya petugas gabungan saja namun, masyarakatnya juga turut bekerja sama memberantas barang ilegal baik rokok maupun barang kena cukai lainnya,” pungkasnya.

    Dari pengungkapan ini, polisi menyita barang bukti berupa 1 unit box kontainer, 2 truk box, 3 minibus, hingga 316 karton yang berisi 7.677.400 batang rokok ilegal berbagai merek atau jenis.

    Atas perbuatannya, kedelapan tersangka dijerat dengan dijerat dengan Pasal 54 Jo Pasal 29 Ayat (A) dan atau Pasal 56 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai. Mereka terancam hukuman penjara paling lama empat tahun dan denda maksimal 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayarkan. (ang/ted)

  • Jurus Polisi di Bandar Lampung Dukung Program Ketahanan Pangan, Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Cabai

    Jurus Polisi di Bandar Lampung Dukung Program Ketahanan Pangan, Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Cabai

    Liputan6.com, Lampung – Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Teluk Betung Selatan (TBS), Kota Bandar Lampung memanfaatkan lahan di area polsek setempat untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. 

    Untuk kesiapan lahan, personel polsek melakukannya dengan cara gotong royong bersama masyarakat setempat untuk membersihkan terlebih dahulu tanah terbuka tersebut, pada Sabtu pagi (9/11/2024).

    Kapolsek Teluk Betung Selatan, Kompol Enrico Donald Sidauruk mengatakan bahwa jenis tanaman yang dibudidaya itu adalah bibit cabai sebanyak 100 batang. 

    “Kegiatan ini dilakukan dengan personil Polsek Teluk Betung Selatan bersama warga setempat di lahan yang dinamakan Pekarangan Ketahanan Pangan Aspol Polsek TBS, yang terletak di Jalan Slamet Riyadi II, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung,” kata Kompol Sidauruk kepada Liputan6.com, Sabtu (9/11/2024).

    Dia menerangkan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung ketahanan pangan lokal serta memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan untuk pertanian skala kecil. 

    “Ada sebanyak 100 batang bibit cabai ditanam di lahan yang telah disiapkan, rencananya akan ada sayuran jenis lain juga yang ditanam nantinya, ini merupakan bagian dari program pemerintah pusat soal ketahanan pangan di lahan tersebut,” jelas dia.

    Selain itu, kata dia, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penggemburan lahan baru yang direncanakan untuk penanaman sayuran lainnya, seperti terong dan pakcoy.

    Sidauruk bersama petugasnya juga memberikan penyuluhan kepada warga yang bertanggung jawab atas pengelolaan lahan, agar mereka dapat lebih optimal dalam mengelola dan mengembangkan tanaman yang ada.

    “Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan, sekaligus memperkuat sinergi antara Polsek Teluk Betung Selatan dan masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

     

     

    Detik-Detik Evakuasi Jenazah Bocah Tenggelam di Pantai Bedahan Cilacap

  • Restoran piza asal Malaysia tambah 30 gerai penjualan di Indonesia 

    Restoran piza asal Malaysia tambah 30 gerai penjualan di Indonesia 

    Kami berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk peningkatan arus investasi ke dalam negeri dengan menjadi marketing…

    Kuala Lumpur (ANTARA) – Restoran piza asal Malaysia menandatangani pernyataan investasi (Investment Announcement) untuk menambah 30 gerai penjualan di Indonesia dengan nilai investasi mencapai hingga Rp36,7 miliar.

    Penandatanganan pernyataan investasi tersebut, menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Penang Wanton Saragih, dalam keterangannya diterima di Kuala Lumpur, Senin, terjadi pada pelaksanaan Indonesia Investment Forum 2024 yang diadakan di Kedah, Malaysia, awal pekan lalu.

    Ia mengatakan penandatanganan komitmen investasi itu menjadi salah satu hasil dari upaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang selaku Perwakilan RI di luar negeri untuk membantu peningkatan arus investasi asing ke dalam negeri.

    “Kami berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk peningkatan arus investasi ke dalam negeri dengan menjadi marketing di antaranya mempromosikan potensi ekonomi Indonesia ke depan kepada kalangan dunia usaha di Wilayah Kerja KJRI Penang, yakni Penang, Kedah dan Perlis,” ujar dia.

    Sementara itu, Direktur US Pizza Steven Phang mengatakan perusahaannya melakukan ekspansi bisnis di Indonesia dengan mengalokasikan dana sebesar 10 juta ringgit Malaysia (RM) atau sekitar RP36,7 miliar untuk membuka kurang lebih 30 gerai penjualan baru di Indonesia.

    Sebelumnya, menurut dia, restoran cepat saji piza terbesar ke-3 di Malaysia itu memang telah memiliki gerai di beberapa kota besar di Indonesia, tersebar di kota Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bandung dan Surabaya.

    Indonesia Investment Forum 2024 merupakan sebuah forum yang dibuat oleh KJRI Penang bersama Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM dengan tujuan mempromosikan berbagai potensi dan peluang investasi di Indonesia kepada para pengusaha Malaysia.

    Pada pelaksanaannya kemarin, menurut Wanton, dihadiri asosiasi pengusaha Malaysia dari Penang dan Kedah, serta para pemangku kepentingan dari berbagai sektor di Indonesia, yakni perwakilan dari Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), serta Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Singapura dan Atase Keuangan KBRI di Singapura.

    Pewarta: Virna P Setyorini
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Solopos Hari Ini : Butuh Aturan Lindungi Produsen Susu – Espos.id

    Solopos Hari Ini : Butuh Aturan Lindungi Produsen Susu – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Koran Solopos edisi Senin (11/11/2024).

    Esposin, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (11/11/2024), mengangkat headline tentang terbatasnya penyerapan susu produksi lokal oleh industri pengolahan susu (IPS) memicu aksi buang susu oleh produsen susu di sejumlah daerah. Sejumlah pakar dan pihak pun melontarkan aneka saran untuk mengatasi masalah ini.

    Diberitakan Solopos hari ini, pakar peternakan Universitas Diponegoro (Undip), Dian Wahyu Harjanti, menyebut pe­me­rintah perlu menetapkan regulasi terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan penyerapan susu lokal oleh IPS. Dian Wahyu Harjanti yang juga Direktur Inovasi dan Kerja Sama Indus­tri Undip, me­nyarankan agar pe­merintah segera mengevaluasi dan memperbaiki regulasi kuo­ta susu yang di­terapkan di bebera­pa pabrik pengolahan susu.

    Promosi
    Pulihkan Hutan Bekas Tambang, Kelompok Tani Selamatkan Lingkungan Bersama BRI

    Ia menilai bahwa regulasi TKDN perlu diperkuat agar industri pengolahan susu wajib menyerap lebih banyak susu lokal untuk produk susu cair, terutama di daerah-daerah penghasil susu seperti Boyolali, yang terkenal de­­ngan peternakan sapi perahnya.

    ”Diperlukan regulasi yang lebih jelas tentang kuota susu lokal di industri pengolahan susu. Kami sangat prihatin dengan kondisi peternak yang susu ha­sil perahannya tidak terserap dengan baik,” ujar Dian melalui aplikasi perpesanan kepada Espos, Sabtu (9/11/2024).

    Dian menambah­kan jika masalah ini ti­dak segera ditangani, produk susu lokal akan terbuang sia-sia, bahkan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Hal ini terjadi akibat pembatasan kuota susu yang diterapkan oleh beberapa industri pengolahan susu.

    Debat Pilgub Jateng, Bersaing Mengenal Rakyat

    SEMARANG—Debat kedua para pasangan calon (paslon) peserta Pe­milihan Gubernur dan Wakil Gu­bernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 diwarnai aksi saling bersaing me­ngutip nama rakyat. Misalkan saja pasangan nomor urut 2, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen, dalam pernyataan pembukanya mengutip sejumlah nama anggota masyarakat.

    “Ketika saya ketemu Rozikin, orang Batang, dia menginginkan kehadiran pemerintah untuk mengatasi petani sejahtera. Kemudian saya ketemu Sukamto, nelayan di Kebumen. Dia menginginkan solar dan pemecah ombak,” ucap cagub Ahmad Luthfi.

    ”Yang membuat saya semakin yakin bahwa sebagai pemimpin kita harus sungguh-sungguh Ngopeni. Jadi ngopeni memerlukan keteladanan pemimpin. Saat ini saya memakai baju batik yang dibuat oleh Markonah asal Salatiga, sepatu saya buatan Demak. Ini adalah salah satu bentuk kami ngopeni UMKM,” kata Luthfi.

    Defisit Rp309 Triliun APBN

    JAKARTA—Kementerian Keuangan mencatat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 mengalami defisit sebesar Rp309,2 triliun atau 1,37% terhadap produk domestik bruto (PDB) per Oktober.

    “Defisit ini masih lebih kecil dari yang ditetapkan bersama DPR pada UU APBN, yakni sebesar 2,29%. Ini artinya, defisit Oktober lebih kecil dibandingkan UU,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers APBN KiTa Edisi November 2024 di Jakarta, Jumat (8/11/2024), seperti dilansir Antara.

    Defisit muncul lantaran belanja negara lebih tinggi dibandingkan pendapatan negara. Belanja negara tercatat Rp2.556,7 triliun atau 76,9% dari pagu, tumbuh 14,1% secara tahunan (year-on-year/yoy). Sementara itu, pendapatan negara tercatat Rp2.247,5 triliun atau 80,2% dari target, tumbuh 0,3% yoy. Secara terperinci, realisasi belanja negara terdiri atas belanja pemerintah pusat (BPP) senilai Rp1.834,5 triliun dan transfer ke daerah (TKD) Rp722,2 triliun.

    Profesor Kehormatan Sebaiknya Ditiadakan

    SOLO – Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum mengkritik pemberian gelar guru besar kehormatan atau profesor kehormatan yang diberikan secara cuma-cuma kepada bukan akademikus.

    Suara yang mengemuka di Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum adalah tuntutan menghapus atau meniadakan gelar profesor kehormatan atau guru besar kehormatan.

    Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia, Harkristuti Harkrisnowo, mengatakan akhir-akhir ini banyak gelar profesor kehormatan yang diberikan cuma-cuma, terutama kepada para pejabat negara atau politikus yang jelas bukan akademikus.

    Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (11/11/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

    Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • KPU Batang gelar simulasi pungut dan hitung suara Pilkada 2024

    KPU Batang gelar simulasi pungut dan hitung suara Pilkada 2024

    ANTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah melakukan simulasi pemungutan suara dan penghitungan surat suara. Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Batang, Ida Susanti saat memantau jalannya kegiatan pada , Sabtu (9/11) mengatakan, simulasi diikuti oleh ratusan warga sekitar dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan untuk mengukur kesiapan penyelenggaraan pemilu di tingkat bawah. (Yusup Fatoni/Sandy Arizona/Amita Putri Caesaria)

  • Peneliti Ungkap Organisme Ini Bisa Hidup di Planet Mars

    Peneliti Ungkap Organisme Ini Bisa Hidup di Planet Mars

    Jakarta, CNBC Indonesia – Para peneliti melakukan simulasi terhadap organisme yang diperkirakan dapat hidup di Planet Mars. Simulasi tersebut dilakukan di dua tempat, yakni di The Mars Desert Research Station di Utah, Amerika Serikat (AS) dan di Nunavut, Kanada.

    Kedua ‘stasiun’ penelitian merupakan habitat simulasi Mars yang dioperasikan oleh The Mars Society, tempat para kru latihan untuk eksplorasi Mars berawak.

    Simulasi yang dilakukan berfokus pada keanekaragaman lumut kerak di Mars dan membantu pemahaman manusia tentang organisme ini baik di Bumi maupun di luar angkasa.

    Lumut kerak adalah organisme yang sangat tangguh yang dapat bertahan hidup di berbagai permukaan, mulai dari bebatuan dan pohon hingga tanah kosong dan bangunan.

    Organisme komposit ini ditemukan di setiap benua dan hampir pasti setiap daratan di planet Bumi, beberapa spesies bahkan selamat dari paparan bagian luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

    Sifat kuat lumut kerak telah lama menarik minat para peneliti untuk mempelajari makhluk seperti apa yang dapat bertahan hidup di Mars.

    Mengutip Science Tech Daily, misi tersebut diberi nama Mars 160.

    Para ilmuwan melakukan survei keanekaragaman hayati lumut lengkap menggunakan pakaian antariksa untuk mengamati berbagai habitat di kedua stasiun.

    Mereka mengumpulkan lebih dari 150 spesimen, sampel-sampel ini kemudian “dikembalikan ke Bumi” dan diidentifikasi di Herbarium Nasional Kanada di Museum Alam Kanada.

    Melalui pemeriksaan morfologi, investigasi anatomi dan kimia internal, dan kode batang DNA, “Mission Support” mengidentifikasi 35 spesies lumut kerak dari Stasiun Penelitian Gurun Mars dan 13 spesies dari Stasiun Penelitian Arktik Mars Flashline.

    Spesies-spesies ini, beserta foto-foto dan sinopsis karakteristik pengenalnya, dirangkum dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di Check List.

    Penelitian seperti ini dapat berguna bagi misi di masa depan di kedua stasiun penelitian analog sekaligus membantu para ahli lichenologi Bumi untuk lebih memahami distribusi organisme.

    (hsy/hsy)