kab/kota: Batang

  • Jadwal Terbaru Kereta Api dari Stasiun Pasar Senen per 1 Februari 2025 – Page 3

    Jadwal Terbaru Kereta Api dari Stasiun Pasar Senen per 1 Februari 2025 – Page 3

    PT KAI (Persero) melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel di sepanjang 2024, demi menjaga pelayanan dan kelanjutan operasional kereta api Indonesia.

    Selama 2024, KAI telah mengganti rel baru sepanjang 495.562 meter, atau sekitar 495,5 km. Selain itu ada juga penggantian 61.008 meter merupakan penggantian rel cascading, 24.007 batang bantalan sintetis juga telah dipasang untuk memperkuat infrastruktur rel.

    Tambahan balas sebanyak 251.565 m³ turut melengkapi upaya KAI dalam meningkatkan stabilitas dan daya tahan jalur rel kereta api.

    Penggantian Wesel

    Tak hanya itu, KAI juga melakukan penggantian 210 unit wesel baru dan 24 unit wesel cascading. Adapun wesel merupakan komponen penting yang memungkinkan kereta api berpindah jalur dengan aman.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan, penggantian material pada prasarana jalan rel merupakan langkah strategis KAI untuk memastikan perjalanan kereta api yang lebih aman, efisien, dan andal.

    “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Anne, Selasa (14/1/2025).

     

  • Komisi XI DPR Soroti Potensi Suburnya Rokok Ilegal Jika Regulasi Penyeragaman Kemasan Diterapkan – Halaman all

    Komisi XI DPR Soroti Potensi Suburnya Rokok Ilegal Jika Regulasi Penyeragaman Kemasan Diterapkan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Golkar, Puteri Komarudin mengingatkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengkaji ulang rencana penyeragaman kemasan rokok, yang berpotensi memasifkan peredaran produk tembakau ilegal. 

    Sebab jika produk ilegal bermunculan dan membanjiri pasar, maka akan berdampak pada kerugian sosial ekonomi.

    Apalagi penerapan penyeragaman kemasan akan menyulitkan membedakan mana rokok ilegal dengan rokok membayar cukai. 

    “Hal ini tentu berisiko terhadap peredaran rokok ilegal yang sulit dikendalikan dan diawasi. Makanya, rencana ini perlu ditinjau kembali secara komprehensif,” kata Puteri kepada wartawan, Minggu (19/1/2025).

    Selain itu pemerintah juga bisa merugi atas besarnya peredaran rokok ilegal di pasaran.

    Mengingat, cukai dari Industri Hasil Tembakau (IHT) mencapai Rp216,9 triliun atau 95 persen dari total penerimaan cukai pada 2024. 

    Adapun pada tahun 2023, jumlah rokok ilegal yang berhasil ditindak sebanyak 253,7 juta batang. Sementara tahun 2024, jumlahnya meningkat tajam menjadi 710 juta batang.

    Berkenaan dengan data ini, Puteri meminta pemerintah meninjau kembali efektivitas kebijakan untuk Rancangan Permenkes ini.

    “Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah juga perlu menggencarkan upaya penindakan dan penegakan hukum terhadap peredaran rokok ilegal,” ungkapnya.

    Pemerintah juga dipandang perlu membuat peta jalan (roadnap) pengembangan IHT untuk memberi kejelasan bagi petani, pekerja sektor tembakau dan industri terkait arah pengembangan sektor IHT.

    Adapun pada 2022, permintaan ini sudah didorong ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

    Puteri sendiri mengakui menerima banyak aspirasi soal nasib IHT di dapilnya, yakni Jawa Barat VII, utamanya dari pekerja di pabrik rokok yang berada di sektor Sigaret Kretek Tangan (SKT), di mana mayoritas pekerjanya adalah perempuan.

    Pemerintah perlu mencari titik temu yang menyeimbangkan antara alasan kesehatan untuk pengendalian konsumsi rokok dengan dampak negatif secara ekonomi.

    “Saya berpesan agar kementerian/lembaga bisa saling koordinasi dalam merumuskan rencana ini dengan melibatkan aspirasi dari masyarakat, pekerja, petani, dan pelaku industri,” pungkas Puteri.

  • 5 Terowongan Terpanjang yang Dilalui kereta api Indonsia

    5 Terowongan Terpanjang yang Dilalui kereta api Indonsia

    Jakarta: Perjalanan kereta api di Indonesia tak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga menyugukan berbagai pengalaman. Salah satunya terowongan-terowongan yang dilalui oleh kereta.
     
    Mengutip siaran pers, Minggu, 19 Desember 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki 16 terowongan. Dari jumlah tersebut, ada lima terowongan terpanjang yang tidak hanya penting secara operasional, tetapi juga menjadi saksi bisu sejarah perkeretaapian di Tanah Air.
     
    Setiap terowongan ini memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi panjang, lokasi, hingga fungsi. Misalnya, Terowongan Sasaksaat di Daop 2 Bandung yang menjadi terowongan terpanjang dengan panjang mencapai 950 meter. 

    Tak hanya sebagai jalur strategis, terowongan-terowongan ini juga dirawat dengan baik untuk memastikan keselamatan dan efisiensi perjalanan kereta api. 
     

    Berikut daftar lima terowongan terpanjang milik KAI:

    Terowongan Sasaksaat (950 meter) di Daop 2 Bandung.
    Terowongan Karangkates 2 (892 meter) di Daop 8 Surabaya.
    Terowongan Lubuk Kalam (828 meter) di Divre II Sumatera Barat.
    Terowongan Mrawan (690 meter) di Daop 9 Jember.
    Terowongan Lampegan (680 meter) di Daop 2 Bandung.

    Selain lima terowongan itu, KAI juga memiliki 11 terowongan lainnya seperti Notog, Kebasen 1, Kebasen 2, Ijo di Daop 5 Purwokerto; Kadipiro 1 dan Kadipiro 2 di Daop 6 Yogyakarta; Karangkates 1 di Daop 8 Surabaya; Garahan di Daop 9 Jember; serta Gunung Gajah, Tebing Tinggi di Divre III Palembang, dan Pidada di Divre IV Tanjungkarang.
     
    “Selain menjaga infastruktur terowongan, KAI juga terus berupaya meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
     
    Hingga akhir tahun, KAI melakukan penggantian rel baru sepanjang 495.562 meter, memasang 24.007 batang bantalan sintetis untuk memperkuat infrastruktur rel, serta menambah balas sebanyak 251.565 m³ dan mengganti 210 unit wesel baru.
     
    KAI terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini dilakukan sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 
     
    “Program perawatan dan peningkatan keandalan prasarana dilakukan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji. Langkah ini mendukung upaya KAI meningkatkan frekuensi perjalanan, percepatan kecepatan kereta api, serta on-time performance,” jelas Anne.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Kemenhub komitmen ciptakan keselamatan transportasi jalan saat Lebaran

    Kemenhub komitmen ciptakan keselamatan transportasi jalan saat Lebaran

    Ilustrasi – Sejumlah kendaraan antre memasuki rest area 379A Tol Batang-Semarang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

    Kemenhub komitmen ciptakan keselamatan transportasi jalan saat Lebaran
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 19 Januari 2025 – 15:57 WIB

    Elshinta.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkuat kolaborasi dan sinergi unit kerja di bidang sarana transportasi jalan sebagai komitmen menciptakan keselamatan dan keamanan perjalanan menjelang angkutan Lebaran 2025.

    Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Tatan Rustandi mengatakan bahwa angkutan Lebaran 2025 adalah tahun yang penuh tantangan, sehingga diperlukan sinergi yang kuat antarunit kerja di bidang sarana transportasi jalan.

    “Keselamatan dan kenyamanan masyarakat merupakan prioritas utama kita, utamanya ini mendekati waktu Lebaran. Momentum mudik lebaran merupakan peristiwa tahunan yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat,” kata Tatan dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

    Dia menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Direktorat Sarana Transportasi Jalan, telah menggelar Rapat Koordinasi Pemantapan Program Kerja Tahun 2025 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

    Hal itu dilakukan dalam rangka memperkuat kolaborasi dan sinergi unit kerja di bidang sarana transportasi jalan demi menciptakan keselamatan dan keamanan perjalanan masyarakat khususnya menjelang Angkutan Lebaran Tahun 2025. Ia menekankan perlu adanya pengecekan secara menyeluruh mulai dari standardisasi kendaraan bermotor dan juga Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK PAU).

    “Lakukan inspeksi berkala terhadap kendaraan umum dan barang, pastikan kelayakan operasional, beri sanksi tegas bagi pelanggar, laksanakan _rampcheck_, dan kita terus lakukan sosialisasi keselamatan kepada masyarakat,” imbuh Tatan.

    Selain itu, pentingnya mengevaluasi capaian program kerja yang telah kita laksanakan serta kendala dan tantangan yang dihadapi di direktorat teknis dan di masing-masing Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Sejalan dengan itu, Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub Amirulloh menegaskan, upaya untuk mensinkronisasi program kerja di bidang Sarana Transportasi Jalan.

    “Diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan keselamatan jalan, sekaligus sebagai momentum untuk mengingatkan kita semua dalam membangun dan mewujudkan Budaya Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Amirulloh.

    Sumber : Antara

  • Video Pembongkaran Pagar Laut ‘Misterius’ di Tangerang, TNI AL Kerahkan 600 Prajurit – Halaman all

    Video Pembongkaran Pagar Laut ‘Misterius’ di Tangerang, TNI AL Kerahkan 600 Prajurit – Halaman all

    TNI Angkatan Laut (AL) membongkar pagar laut ‘misterius’ yang membentang di perairan Tanjung Pasir, Tangerang, Banten pada Sabtu (18/1/2025),

    Tayang: Minggu, 19 Januari 2025 11:50 WIB

    TRIBUNNEWS.COM – TNI Angkatan Laut (AL) membongkar pagar laut ‘misterius’ sepanjang 30 KM yang membentang di perairan Tanjung Pasir, Tangerang, Banten pada Sabtu (18/1/2025),

    Pihak TNI AL mengerahkan 600 prajurit untuk membongkar pagar laut tersebut.

    Komandan Lantamal III, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Harry Indarto mengatakan proses pembongkaran dilakukan sejak pagi tadi.

    Para prajurit TNI dikerahkan untuk membongkar pagar laut berbahan batang bambu tersebut.

     

    (*)

    Berita selengkapnya simak video di atas.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’2′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • 2
                    
                        Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang: Dikerjakan 600 Prajurit TNI AL, Atas Perintah Prabowo
                        Megapolitan

    2 Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang: Dikerjakan 600 Prajurit TNI AL, Atas Perintah Prabowo Megapolitan

    Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang: Dikerjakan 600 Prajurit TNI AL, Atas Perintah Prabowo
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Fenomena kemunculan
    pagar laut
    dibeberapa wilayah membuat banyak masyarakat Indonesia geger. Salah satunya, pagar laut sepanjang 30 kilometer di perairan Tangerang.
    Pagar laut
    di Tangerang yang pertama kali ditemukan dan membuat pagar laut lain seperti di Bekasi, dan seberang Pulau C Jakarta Utara ikut terkuak.
    Namun, kini
    pagar laut di Tangerang
    sudah mulai dibongkar.
    Pembongkaran pagar laut
    itu merupakan perintah langsung dari Presiden
    Prabowo
    Subianto.
    “Perintah secara langsung Presiden melalui Kepala Staf Angkatan Laut yang utama,” kata Komandan Pangkalan Utama
    TNI AL
    (Lantamal) Ill Jakarta Brigadir Jenderal (Mar) Harry Indarto di Tangerang, Sabtu (18/1/2025).
    Prabowo juga memerintahkan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang membongkar pagar laut di kawasan Tangerang.
    Ada sekitar 600 anggota TNI AL yang dikerahkan untuk membongkar pagar laut tersebut pada Sabtu (18/1/2025).
    “Pagi ini kami bersinergi bersama warga sekitar akan melaksanakan
    pembongkaran pagar laut
    yang selama ini mungkin sudah viral,” ujar Harry.
    Sebanyak 600 personel yang dilibatkan berasal dari tiga pasukan khusus TNI AL.
    Tiga pasukan khusus itu di antaranya, Komando Pasukan Katak (Kopaska), Marinir, dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair).
    Harry mengungkapkan, dilibatkannya pasukan Dislambair berguna untuk mengukur kedalaman patok pagar bambu.
    “Kami perlu mengetahui, patok-patok yang sudah tertanam dan sudah berapa lama,” kata Harry.
    Selain pasukan khusus, TNI AL juga mengerahkan personel dari Dinas Kesehatan dan Polisi Militer Angkatan Laut untuk membongkar pagar laut di Tangerang.
    Tak hanya itu, pembongkaran pagar laut ini juga melibatkan warga.
    Dalam pembongkaran perdana tersebut, baru dua kilometer pagar laut yang baru berhasil dibongkar.
    Menurut Harry, membongkar pagar laut bukan merupakan hal yang mudah.
    “Kesulitan kita, lebih mudah menanam daripada mencabut. Apalagi yang ditanam ini sudah jangka waktu sampai berbulan-bulan, itu akan lebih menyulitkan kita untuk pencabutan,” ucaujarp Harry.
    TNI AL pun menargetkan pembongkaran pagar laut di perairan Tangeran itu akan rampung dalam waktu 10 hari.
    “Targetnya itu paling cepat 10 hari. 10 hari, bukan dua bulan,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady kepada wartawan, Sabtu.
    Menurut dia, pembongkaran pagar laut ini akan terus dilakukan setiap harinya secara bertahap.
    Wira Hadi juga mengungkapkan, cepat atau lambatnya proses pembongkaran pagar laut sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca.
    “Kalau cuacanya masih seperti ini, bergelombang, kami menyesuaikan waktunya,” katanya.
    Dia juga mengakui bahwa pembongkaran pagar laut menghadapi berbagai kendala teknis. Misalnya, ditemukan beberapa pagar bambu yang terpancang sudah cukup lama.
    Hal ini membuat batang bambu tertancap di dasar perairan. Selain itu, beberapa beberapa batang bambu juga ditemukan tertancap di kedalaman hingga mencapai dua meter.
    Dalam pembongkaran ini, TNI AL siap pasang badan apabila ada pihak yang keberatan.
    “Apa pun itu, kalau kepentingan rakyat Angkatan Laut, TNI khususnya, kami akan tampil ke depan,” kata Harry.
    Pembongkaran pagar laut, menurut Harry, akan lebih mudah jika tidak ada pihak yang mengaku sebagai pemiliknya.
    “Lebih mudah kita melaksanakan kalau tidak ada yang mengakui, daripada ada yang mengakui, kita perlu koordinasi-koordinasi lebih lanjut,” ujarnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5 Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia

    5 Terowongan Kereta Terpanjang di Indonesia

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero tercatat memiliki 16 terowongan bersejarah. Terowongan tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan panjang yang bervariasi.

    Dari 16 itu, 5 terowongan masuk daftar terpanjang. Salah satunya Terowongan kereta Sasaksaat yang berlokasi di Bandung Barat.

    Berikut 5 terowongan terpanjang milik KAI:

    1. Terowongan Sasaksaat (950 meter) di Daop 2 Bandung.

    2. Terowongan Karangkates 2 (892 meter) di Daop 8 Surabaya.

    3. Terowongan Lubuk Kalam (828 meter) di Divre II Sumatera Barat.

    4. Terowongan Mrawan (690 meter) di Daop 9 Jember.

    5. Terowongan Lampegan (680 meter) di Daop 2 Bandung.

    Selain 5 di atas, KAI juga memiliki 11 terowongan lainnya seperti Notog, Kebasen 1, Kebasen 2, Ijo di Daop 5 Purwokerto; Kadipiro 1 dan Kadipiro 2 di Daop 6 Yogyakarta; Karangkates 1 di Daop 8 Surabaya; Garahan di Daop 9 Jember; serta Gunung Gajah, Tebing Tinggi di Divre III Palembang, dan Pidada di Divre IV Tanjungkarang.

    “Selain menjaga infastruktur terowongan, KAI juga terus berupaya meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024,” kata kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/1/2025).

    “Hingga akhir tahun, KAI melakukan penggantian rel baru sepanjang 495.562 meter, memasang 24.007 batang bantalan sintetis untuk memperkuat infrastruktur rel, serta menambah balas sebanyak 251.565 m³ dan mengganti 210 unit wesel baru,” sambung Anne

    Ia menambahkan, KAI terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini dilakukan sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    “Program perawatan dan peningkatan keandalan prasarana dilakukan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji. Langkah ini mendukung upaya KAI meningkatkan frekuensi perjalanan, percepatan kecepatan kereta api, serta on-time performance,” jelas Anne.

    Tidak hanya dari prasarana, dari segi sarana KAI juga melakukan investasi strategis untuk menghadirkan layanan modern. KAI bekerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 612 kereta baru Stainless Steel New Generation (SSNG) yang dilakukan secara bertahap hingga tahun 2027. Setiap unit kereta baru ini melalui serangkaian uji coba dan evaluasi menyeluruh sebelum melayani penumpang.

    “Uji coba ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa seluruh sarana yang baru datang memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan tinggi. Ini adalah bagian dari sejarah penting KAI dalam investasi terbesar untuk menggantikan sarana lama dengan yang baru,” ujarnya.

    KAI senantiasa berkomitmen menjaga dan meningkatkan keandalan prasarana serta sarana untuk menghadirkan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat bagi masyarakat.

    “Melalui program perawatan berkala dan penggantian material infrastruktur yang berstandar tinggi, KAI memastikan bahwa setiap perjalanan kereta api berlangsung lancar dan sesuai dengan prinsip keselamatan. Langkah ini merupakan upaya KAI untuk mendukung transportasi berkelanjutan yang menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tutup Anne.

    (ily/hns)

  • Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang Ditargetkan Selesai 10 Hari 
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        18 Januari 2025

    Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang Ditargetkan Selesai 10 Hari Megapolitan 18 Januari 2025

    Pembongkaran Pagar Laut di Tangerang Ditargetkan Selesai 10 Hari
    Tim Redaksi
     
    TANGERANG, KOMPAS.com
    – TNI Angkatan Laut (AL) menargetkan,
    pembongkaran pagar laut
    sepanjang 30 kilometer di perairan Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten, selesai dalam 10 hari.
    “Targetnya itu paling cepat 10 hari. 10 hari, bukan dua bulan,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady kepada wartawan, Sabtu (18/1/2025).
    Pembongkaran pagar laut
    di Tangerang dilakukan secara bertahap setiap harinya.
    Cepat atau lambatnya pembongkaran pagar laut juga tergantung kondisi cuaca di sekitar lokasi.
    “Kalau cuacanya masih seperti ini, bergelombang, kami menyesuaikan waktunya,” ujar dia.
    Wira mengakui pembongkaran menghadapi kendala teknis. Misalnya, ditemukannya beberapa batang bambu yang terpancang sudah cukup lama.
    Hal ini membuat batang bambu tertancap kuat di dasar perairan. Selain itu, beberapa batang bambu juga ditemukan tertancap di kedalaman hingga mencapai 2 meter.
    “Untuk tiang-tiang ini 1,5 meter sampai mau 2 meter nancep. Ada kesulitan. Satu, yang kedua dangkal. Jadi sarana penariknya juga tidak bisa yang penarik besar,” imbuh dia.
    Sebelumnya diberitakan, sebanyak 600 prajurit TNI AL dikerahkan dalam pembongkaran pagar laut di Kabupaten Tangerang.
    Sejumlah warga juga turut serta membongkar pagar berbahan batang bambu itu.
    Akan tetapi, pagar laut tidak dibongkar total pada hari ini. Pembongkaran akan dilakukan secara bertahap.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pengakuan Pemilik Pagar Laut Beri Kompensasi ke Nelayan, Sebut Pembangunan Legal, Tak Terima Disegel

    Pengakuan Pemilik Pagar Laut Beri Kompensasi ke Nelayan, Sebut Pembangunan Legal, Tak Terima Disegel

    TRIBUNJATIM.COM – Polemik pagar laut di perairan Kampung Paljaya, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi kini berlanjut.

    PT Tunas Ruang Pelabuhan Nusantara (TRPN), pemilik pagar laut itu mengeklaim telah memberikan kompensasi kepada nelayan yang terdampak oleh pembangunan pagar laut tersebut.

    Kuasa hukum PT TRPN Deolipa Yumara mengungkapkan, kompensasi tersebut disalurkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat.

    Deolipa menambahkan, nelayan setempat juga telah mendapatkan sosialisasi terkait pembangunan pagar laut serta penataan kawasan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paljaya.

    “Nelayan ini kan sudah kami sosialisikan. Yang sosialisikan bukan kami, tapi DKP sendiri sudah mensosialisikan dan sudah ada bayar-membayarnya,” ujar Deolipa dalam konferensi pers di Bekasi, Kamis (16/1/2025), melansir dari Kompas.com.

    Deolipa juga menyoroti adanya penolakan dari sejumlah nelayan terhadap keberadaan pagar laut yang akan berfungsi sebagai alur pelabuhan.

    Ia menuding bahwa pihak yang menolak bukanlah nelayan asli Kampung Paljaya, melainkan nelayan dari daratan Jakarta.

    “Nah, nelayan di Bekasi ini sudah dibayarkan semua. Sudah rapi. Tiba-tiba ada nelayan dari wilayah Cilincing, Jakarta, komplain. Kenapa ada begini-begini? Kan jadi komplain semua nelayan dari kota Jakarta, bukan dari Bekasi. Itu persoalannya,” ucap dia.

    Sebelumnya, PT TRPN dan DKP Jawa Barat telah menjalin kerjasama untuk penataan ulang kawasan PPI Paljaya seluas 7,4 hektar pada tahun 2023.

    Penataan ini mencakup pembangunan alur pelabuhan yang membentang sepanjang lima kilometer dengan lebar 70 meter dan kedalaman lima meter.

    Keberadaan alur pelabuhan ditandai dengan pemasangan ribuan batang bambu di perairan Kampung Paljaya.

    Namun, nelayan setempat menolak pembangunan pagar laut tersebut dengan alasan bahwa keberadaannya menyebabkan penurunan drastis dalam hasil tangkapan mereka.

    Selain itu, nelayan juga mengeluhkan kerusakan pada kapal mereka akibat tersangkut bambu yang dipasang sebagai tanda alur pelabuhan.

    Saat ini, alur pelabuhan tersebut telah disegel oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena tidak memiliki izin Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL).

    Di sisi lain, PT Tunas Ruang Pelabuhan Nusantara akan melancarkan serangan balik usai aset pagar lautnya KKP.

    Perlawanan ditempuh PT TRPN karena mereka mengeklaim pembangunan pagar laut itu legal, sehingga langkah penyegelan oleh KKP dianggap sebagai keputusan yang gegabah.

    Pihak perusahaan mengeklaim pembangunan pagar laut legal dengan merujuk adanya perjanjian kerja sama dan surat perintah kerja yang dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat pada 2023.

    Karena itu, pihak perusahaan menganggap pembangunan pagar laut sah, sekalipun belum mengantongi izin Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) dari KKP.

    PT TRPN juga akan mengadukan KKP ke DPR RI karena penyegelan pagar laut dianggap sebagai langkah yang gegabah.

    “Ya enggak apa-apa disegel. Tapi nanti ini kita akan perdebatkan. Mungkin ini bisa jadi sampai ke wilayah DPR untuk merapatkan ini,” ujar Deolipa Yumara.

    Deolipa menjelaskan, PT TRPN tidak asal memasang pagar laut yang menjadi bagian dari pembangunan alur pelabuhan di perairan Kampung Paljaya itu.

    Pada 2022, PT TRPN telah mengajukan izin PKKPRL ke KKP.

    Setelah ditelaah, perizinan yang dimohonkan oleh PT TRPN ternyata tak memenuhi persyaratan.

    Selanjutnya, KKP pun memberikan sejumlah catatan.

    Salah satunya, PT TRPN diminta berkoordinasi dengan DKP Jawa Barat.

    Sebab, lokasi pembangunan alur pelabuhan berada di wilayah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paljaya yang notabene aset milik DKP Jawa Barat.

    Atas dasar permintaan tersebut, Deolipa mengatakan, PT TRPN langsung berkoordinasi dengan DKP Jawa Barat untuk membahas rencana pembangunan alur pelabuhan.

    Usai koordinasi, DKP Jawa Barat pun setuju.

    Namun, DKP Jawa Barat meminta PT TRPN menata ulang kawasan PPI Paljaya terlebih dahulu sebagai syarat untuk membangun alur pelabuhan.

    Penataan ini berupa pembangunan sarana dan prasarana di lingkungan PPI Paljaya seluas 7,4 hektar.

    Total luas ini sudah termasuk luas alur pelabuhan yang akan dikerjakan oleh PT TRPN sekitar 3,5 hektar.

    Adapun permintaan penataan PPI Paljaya mencakup pembangunan pertokoan, perbaikan jalan, termasuk pendirian kantor UPTD Pelabuhan Perikanan Muara Ciasem.

    Setelah permintaan tersebut terpenuhi, PT TRPN kemudian mulai mengerjakan alur pelabuhan pada 2023 yang membentang sepanjang lima kilometer, dengan kedalaman 5 meter dan lebar 70 meter.

    Namun demikian, baru enam bulan berjalan, KKP tiba-tiba mengeluarkan surat perintah penghentian sementara pada Desember 2024.

    Puncaknya, KKP menyegel obyek pembangunan alur pelabuhan milik PT TRPN pada Rabu (15/1/2025).

    “Jadi ada permintaan penghentian sementara. Alasannya adalah PKKRPL belum jadi,” ungkap Deolipa.

    Atas dasar itu, Deolipa menilai KKP gegabah karena menyegel pagar laut. KKP pun dianggap perlu bertanggung jawab atas keputusan ini.

    “Kita akan bawa ke DPR juga. Untuk kita minta pertanggungjawaban bagaimana sih pola-pola yang pas seperti ini. Satu hal mereka bilang dari KKP,” tegas dia.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Yuk Kunjungi BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dan Temukan 1.000 Produk UMKM BRI Kualitas Terbaik! – Page 3

    Yuk Kunjungi BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dan Temukan 1.000 Produk UMKM BRI Kualitas Terbaik! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta BRI UMKM EXPO(RT) 2025 siap hadir untuk masyarakat Indonesia! Yup, ajang yang dihadirkan BRI dan menjadi wadah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan dihelat pada 30 Januari-2 Februari 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

    Sebanyak 1.000 produk UMKM BRI dari seluruh Indonesia siap tampil di BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Produk UMKM BRI tersebut seluruhnya telah lolos proses kurasi yang dilakukan oleh BRI.

    Selama proses kurasi tersebut, terhitung jumlah pendaftar BRI UMKM EXPO(RT) 2025 sebanyak 3.006 UMKM. Ribuan UMKM itu terdiri dari home decor & craft (505 UMKM), food & beverage (1433 UMKM), accessories & beauty (207 UMKM), fashion & wastra (757 UMKM), serta healthcare & wellness (104 UMKM).

    3.006 UMKM itu mengikuti tahapan kurasi agar bisa tampil di BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Ya, terdapat tiga tahapan kurasi yang dilalui oleh pelaku UMKM seperti seleksi administrasi (penyesuaian produk dengan kategori produk UMKM dan seleksi legalitas usaha atau sertifikasi halal dan BPOM), kurasi oleh kurator  (penilaian produk berdasar desain, inovasi, dampak sosial dan lingkungan, kemampuan ekspor).

    Tak lupa ada juga kurasi sampel produk (kriteria penilaian desain, inovasi, eksplorasi material, fungsi, durabilitas, rasa dan kelengkapan materi pada kemasan).

    Dari proses kurasi tersebut, sebanyak 1000 UMKM akan tampil di BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dengan jumlah home decor & craft (153 UMKM), food & beverage (358 UMKM), accessories & beauty (181 UMKM), fashion & wastra (273 UMKM), dan healthcare & wellness (35 UMKM).

    Intip Beragam UMKM Kreatif yang Akan Tampil di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Buat kamu yang penasaran produk BRI UMKM EXPO(RT) 2025. dari berbagai kategori yang lolos proses kurasi, intip daftarnya di bawah ini, ya!

    Gelap Ruang Jiwa  (Accessories & Beauty)

    Perbesar

    Gelap Ruang Jiwa hadirkan produk UMKM BRI yang kreatif… Selengkapnya

    Gelap Ruang Jiwa adalah proyek kreatif dari Bandung yang mengubah limbah seperti botol sampo bekas menjadi seni abstrak penuh makna. Proses pembuatan dilakukan dengan tangan, menghasilkan karya unik yang organis dan bertekstur. Inisiatif ini bekerja sama dengan pengrajin lokal, menciptakan dampak positif bagi komunitas sekitar. Gelap Ruang Jiwa menginspirasi bahwa kreativitas dan keberlanjutan dapat berjalan beriringan.

    Cabaco  (Home Decor & Craft)

    Perbesar

    Cabaco, produk UMKM BRI kategori Home Decor & Craft… Selengkapnya

    Cabaco menghasilkan produk berbahan dasar  kulit asli yang dibuat  handmade oleh pengrajin handal mulai dari proses pemotongan, menjahit dengan teknik hand stich dan ukir hingga tahap akhir. Cabaco telah berhasil meraih penghargaan Good Design Indonesia 2022, Dekranas Award 2023 Karya Kriya Terbaik III  dan UMKM Award Juara 1 Kategori Craft  Menembus Batas. 

    Krakakoa (Food & Beverage)

    Perbesar

    Krakakoa, produk UMKM BRI kategori Food & Beverage… Selengkapnya

    Krakakoa merupakan UMKM yang mengolah biji kakao organik yang bersumber dari perkebunan kakao kecil dengan menerapkan metode pertanian berkelanjutan. UMKM asal Lampung tersebut berusaha menggabungkan citarasa Indonesia ke dalam produknya seperti coklat batang dengan cabai merah dan rangkaian coklat single origin dari Bali, Sumatra, dan Sulawesi.

    Boolao (Fashion & Wastra)

    Perbesar

    Boolao, produk UMKM BRI kategori Fashion & Wastra… Selengkapnya

    Boolao bergerak di tekstil dan menghasilkan koleksi busana dari beragam jenis biru dengan aneka ragam corak, teknik, dan motif tradisional Indonesia. Mereka pun melibatkan perajin dari Bandung dalam mendesain, menganyam, dan mewarnai koleksi buatan tangan Boolao.

    Selain itu, Boolao juga membawa konsep berkelanjutan. Bahkan, Boolao pun sempat berhasil mengikuti New York Fashion Week, lho!

    Imago Raw Honey  (Healthcare & Wellness)

    Perbesar

    Imago Raw Honey, produk UMKM BRI kategori Healthcare & Wellness… Selengkapnya

    Produk ini tanpa bahan pengawet dan gula tambahan, menggunakan teknologi inovatif yang telah dipatenkan. Dengan pendekatan sustainable harvesting, produk ini diproduksi dengan melibatkan petani mitra. Kini, produk ini telah diekspor ke Korea Selatan, Thailand, Brunei Darussalam, dan UEA.

    Ini Baru 5 Produk UMKM BRI, Masih Ada 995 Produk Lain yang Bisa Kamu Jelajahi di BRI UMKM EXPO(RT) 2025! Jangan Sampai Kehabisan!

    So, langsung aja kunjungi BRI UMKM EXPO(RT) 2025 untuk menjelajahi produk berkualitas dari UMKM terbaik di seluruh Indonesia! Mulai dari kerajinan tangan, fashion, makanan, hingga healthcare & wellness, semuanya dipamerkan dengan apik dan siap memukau pengunjung.

    Tidak hanya menemukan produk unggulan, kamu juga bisa menikmati promo menarik. Dapatkan cashback saat belanja menggunakan BRImo dan voucher belanja untuk transaksi dengan Kartu Kredit BRI. Hemat sekaligus seru, kan?

    Yang lebih seru lagi, acara ini menghadirkan beragam kegiatan menarik seperti Business Matching, kompetisi kopi kelas dunia seperti Indonesia Barista Championship by SCAI dan Indonesia Brewers Cup by SCAI, Nusantara Culinary, Fashion Show, hingga Music Performance yang akan memeriahkan suasana.

    Jangan sampai kamu lewatkan BRI UMKM EXPO(RT) 2025, ya. Dijamin menyesal deh kalau tak datang langsung ke sana!  Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi landing page resmi di BRI UMKM Export.