kab/kota: Batang

  • Mudik ke Jawa? Jelajahi Rest Area Instagramable di Tol Jawa yang Bikin Betah, Pernah Dapat Rekor Muri

    Mudik ke Jawa? Jelajahi Rest Area Instagramable di Tol Jawa yang Bikin Betah, Pernah Dapat Rekor Muri

    PIKIRAN RAKYAT – Mudik ke Jawa? Jangan lupa untuk mampir di beberapa rest area paling bagus di tol Jawa ini. Selain menjadi tempat rehat, di rest area ini Sobat PR bisa sambil berswafoto, dan wisata kuliner.

    Perjalanan jauh yang ditempuh dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan adanya rest area yang nyaman dan lengkap di sepanjang jalan tol Jawa.

    Rest area ini tidak hanya menyediakan fasilitas dasar seperti toilet dan tempat istirahat, tetapi juga menawarkan berbagai layanan dan fasilitas lainnya.

    Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan. Yuk! jelajahi beberapa rest area paling bagus di tol Jawa ini, ada apa saja? Simak ulasannya!

    1. Rest Area 456

    Rest area ini terletak di jalur Tol Bawen – Salatiga Semarang, Jawa Tengah. Rest area 456 termasuk paling megah. Sangat cocok untuk rehat sejenak di sela aktivitas mudik.

    Bagaimana tidak, rest area ini tergolong keren dan bersih seperti mall yang terletak di tol trans Jawa. Ditambah dengan view keren yang menyejukkan mata. Dan sky bridge yang menghubungkan rest area kanan dan kiri.

    2. Rest Area 260B

    Rest area ini terletak di Pemalang – Pejagan. Tepatnya berada di lokasi bekas pabrik gula dan dikenal dengan nama Rest Area Heritage Banjaratma.

    Ketika berada di rest area ini, Sobat PR seakan sedang berjalan – jalan di sekitar pabrik gula yang vintage dan estetik. Jangan lupa untuk foto-foto karena banyak spot cantik.

    3. Rest Area 360B

    Rest area KM 360B berlokasi di jalan Tol Semarang – Batang, dan satu-satunya rest area yang memperoleh penghargaan dari Muri sebagai rest area dengan fasilitas paling lengkap.

    4. Rest Area 429

    Rest area ini memiliki panorama Gunung Ungaran. Tentunya pemandangan hijau sejauh mata memandang ini akan menyejukkan mata di tengah penatnya perjalanan mudik.

    Selain itu rest area ini banyak memiliki tenant kuliner dengan beragam makanan khas daerah yang tentunya akan menggoyang lidah.

    5. Rest Area 487

    Terletak di Tol Semarang – Solo, rest Area KM 487 nyaman untuk rehat sejenak dari penatnya perjalanan mudik. Karena disana memiliki rooftop khusus untuk beristirahat.

    Memiliki konsep teras di atas membuat rest area ini jadi tambah keren. Pastinya Sobat PR bisa beristirahat sambil melihat pemandangan jalan tol dari ketinggian.

    Dengan adanya rest area paling bagus di tol Jawa, perjalanan Sobat PR akan menjadi lebih menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk singgah dan beristirahat di rest area-rest area ini saat melakukan perjalanan di Jawa. Jaga kesehatan dan utamakan keselamatan, ya!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kendaraan listrik semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk untuk perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Salah satu pemudik, Sandi, berbagi pengalamannya mudik menggunakan mobil listrik pada momen Lebaran 2024 lalu dengan rute Jakarta-Bali pulang pergi (PP).

    Menurut Sandi, ia tahun ini memilih kembali mudik menggunakan mobil listrik karena merasakan iritnya biaya transportasi pada Lebaran tahun lalu.

    “Tahun lalu kita udah coba mobil listrik, dan hemat,” ungkap Sandi saat mengisi daya di rest area 487 Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2025).

    Dilansir Tribun Solo, Sandi mengungkapkan bahwa perjalanan mudiknya tahun lalu dari BSD, Jakarta Selatan, menuju Bali, lalu ke Yogyakarta, dan kembali lagi ke Jakarta hanya menghabiskan biaya kurang dari Rp 950 ribu.

    Pengeluaran ini jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

    “Nah kita lanjutan lagi seperti tahun lalu,” tambahnya.

    Meskipun mobil listrik bergantung pada daya listrik yang tersimpan, Sandi tidak khawatir karena sepanjang rutenya sudah tersedia banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), baik di rest area maupun di SPBU.

    “Kalau tahun lalu di SPKLU ini tidak ada petugas. Tapi ini sudah ada. Jadi kalau ada trobel-trobel bisa langsung ditangani,” ujarnya.

    Hingga tiba di rest area 487 Boyolali, Sandi telah menghabiskan sekitar Rp 200 ribu untuk mengisi daya mobil listriknya sebanyak empat kali.

    “Sudah 4 kali ngisi daya. Harga KWH-nya masih murah Rp 4.467,” ujarnya.

    Menurutnya, mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

    “Biaya BBM untuk pulang pergi Rp 2 jutaan. Itu ke Jogja. Kalau saya kan ke Bali cuma habis Rp 900 ribuan,” tambahnya.

    Namun, meskipun lebih irit, mobil listrik memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan.

    “Lebih dari itu langsung dilimit sama komputernya. Memang lama sampai, tapi insyaallah lebih aman,” pungkasnya.

    Sementara itu pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir.

    Pemudik yang melintas di jalan Tol Trans Jawa dapat beristirahat di rest area selama perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Lantas di mana saja titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025?

    Selengkapnya simak titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025 dan lokasi SPKLU mengutip dari Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc.

    Berikut adalah daftar 53 SPKLU di sepanjang ruas jalan tol:

    Ruas Jabodetabek

    Jagorawi: Rest Area KM 10A, DC 60 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 21B, DC 50 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 45A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 13A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 14B, AC & DC 82,5 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 6B, AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kw
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19A, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19B, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 39A, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 42B, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 57A, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 KW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 62B, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    Ruas Cipularang dan Padaleunyi

    Cipularang: Rest Area KM 72A, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area KM 72B, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88A, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88B, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area KM 97B DC 60 kW
    Cipularang: Rest Area KM 125B DC 120 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 147A DC 50 kW& DC 200 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 149B DC 50 kW& DC 24 kW

    Ruas Palikanci dan Batang-Semarang

    Palikanci: Rest Area Travoy KM 207A AC 24 kW, DC 24kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW
    Palikanci: Rest Area KM 208B, DC 50 kW, DC 24kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 360B, DC 50 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 379A, AC 74 kWAC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 389B, DC 50 kW, AC 7,4 kW. DC 100 kW, AC 22 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM, 391A DC 50 kW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo

    Semarang Seksi A,B,C: Rest Area KM 424B, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 429A, DC 50 KW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 439A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 444B, DC 50 kW& DC 200 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 456B, AC 7,4 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487B, DC 50 kW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519A, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519B, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 538A, DC 50 kW& DC 22 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 538B, DC 50 kW& DC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575A, DC 100 kW, AC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575B, DC 100 kW, AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597A, DC 50 kWDC 22 kWDC 100 kW& AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597B, DC 50 kW& DC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626A, AC 22 kW& DC 200 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626B, AC 22 kW& DC 200 kW

    Ruas Surabaya-Mojoketo, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    Surabaya-Mojokerto: Rest Area Travoy KM 725A, DC 50 kW, DC 100 kW& AC 22 kW
    Surabaya-Mojokerto: Rest Area KM 726B, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 7538, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 754A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66B, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 84A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area KM 848, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792A, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792B, DC 50 kW

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Cerita Pemudik Melintas di Boyolali, Pakai Mobil Listrik Habis Rp950 Ribu PP Jakarta-Bali.

    (Tribunnews.com/Gilang Putranto, Widya) (TribunSolo.com/Tri Widodo)

  • Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Maret 2025 – 21:11 WIB

    Elshinta.com – Memasuki cuti bersama libur lebaran yang diprediksikan menjadi puncak arus mudik Idul Fitri 1446 H, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat konsumen masih memilih bahan bakar berkualitas Pertamax dan Dex Series. Selama periode 17 Maret – 26 Maret, bila dibandingkan dengan konsumsi normal bulan Januari-Februari 194 kl/hari. Rata-rata konsumsi Pertamax di Jalur Pantura mengalami kenaikan rata-rata konsumsi sebesar 8,8 persen. Untuk Jalur Pansela mengalami kenaikan 0,3% karena pergerakan pemudik mayoritas dari arah utara melalui ruas tol Pantura.

    Sedangkan untuk Pertamax Turbo naik 210 persen di Pantura dan naik 127 persen di Pansela. Dex Series sendiri naik 53 persen di semua Jalur Pantura, Pansela dan Jalur Wisata dari Normal Harian 45 kl/hari.

    Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Taufiq Kurniawan mengapresiasi pilihan konsumen akan bahan bakar berkualitas. “Ternyata pilihan pemudik tetap pada Pertamax Series yang membuktikan mereka tidak terpengaruh akan isu belakangan,” ujarnya, Jumat (28/3).

    Taufiq menambahkan, psikologis masyarakat ketika melakukan perjalanan jauh juga berpengaruh. “Rata-rata respon konsumen pemilih Pertamax adalah mereka tidak mau menemui kendala pada mesin saat perjalanan jauh, sehingga memilih bahan bakar berkualitas. Kami optimis akan tetap naik dibanding normal harian,” imbuh Taufiq.

    Khusus untuk SPBU Portable (Modular) di KM 19 ruas tol baru yang dibuka fungsional yakni ruas Solo-Jogja konsumsi rata-rata BBM nya 528 liter/hari yang menunjukkan animo masyarakat di ruas tol tersebut. 

    “Karena animo diprediksi naik di ruas tol Solo-Jogja, kami menambah layanan motorist delivery service untuk antisipasi kemacetan di exit tol Tamanmartani. Tinggal telepon Call Center 135 nanti Motorist akan mengisi bbm dimana pemudik kehabisan BBM yang tersedia di 19 titik se Jateng DIY. Kami juga mengimbau masyarakat untuk mengisi BBM secara penuh di awal perjalanan dan menggunakan metode pembayaran cashless guna mempercepat proses antrian. Mari kita saling mendukung sesama pemudik agar dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu,” pungkas Taufiq seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Jumat (28/3).

    Salah satu pemudik, Rudi yang melakukan perjalanan dari Kota Bogor ke Solo menggunakan Pertamax karena dari dulu sudah menjadi pelanggan setia dan mobilnya hingga saat ini tetap aman untuk melakukan perjalanan.

    “Saya yakin menggunakan Pertamax karena menurut saya kualitasnya terjamin sehingga mobil saya ngga akan bermasalah,” ujar Rudi ditemui di Rest Area 439 A Semarang – Solo.

    Senada dengan Rudi, Thomas pemudik dari Tangerang menuju Bali juga setia menggunakan Pertamax. Saat ditemui di Serambi MyPertamina Rest Area KM 379 A Batang, Thomas mengaku selalu pakai Pertamax karena ingin mobil awet dengan menggunakan BBM berkualitas.

    “Saya mau mobil saya secara mesin bersih, awet, dan gak ngelitik ketika injak gas tidak bermasalah apalagi saat mudik,” ujarnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Puncak mudik, BPH Migas pantau depo lokomotif dan SPBU di Jateng

    Puncak mudik, BPH Migas pantau depo lokomotif dan SPBU di Jateng

    Pemerintah berkomitmen penuh untuk melayani masyarakat pada arus mudik Lebaran ini, khususnya di sektor energi untuk para pemudik area Jawa Tengah dan sekitarnya

    Jakarta (ANTARA) – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pemantauan depo lokomotif KA dan sejumlah SPBU di wilayah Jawa Tengah saat puncak arus mudik pada Jumat atau H-3 Lebaran 2025.

    Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan, BPH Migas terus bergerak memantau sejumlah infrastruktur energi di seluruh wilayah tanah air guna menjaga ketahanan stok dan kelancaran pendistribusian bahan bakar minyak (BBM).

    “Pemerintah berkomitmen penuh untuk melayani masyarakat pada arus mudik Lebaran ini, khususnya di sektor energi untuk para pemudik area Jawa Tengah dan sekitarnya,” ujarnya saat mengunjungi Depo Lokomotif KA Semarang Poncol di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (26/3).

    Iwan menambahkan, pasokan BBM untuk kereta api yang melintasi wilayah Semarang tidak mengalami kendala dan mencukupi.

    Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) 4 Semarang juga berlangsung lancar dan normal.

    “Pada puncak arus mudik, tim KAI DAOP 4 Semarang telah menambah jumlah kereta penumpang selama masa Satgas Lebaran pada 17 Maret hingga 12 April 2025. Dipastikan pasokan BBM cukup dan aman untuk seluruh penumpang,” imbuhnya.

    Saat memantau ketersediaan BBM di SPBU 44.59504 Demak dan SPBU 44.59315 Kudus, Iwan mengatakan berdasarkan hasil pemantauan didapati pasokan BBM bagi masyarakat dan yang melintas di Jawa Tengah, dalam kondisi terjaga.

    “Baru saja kami cek SPBU yang berada di jalur lintas pantai utara Jawa dan ketahanan stok BBM dalam kondisi aman. Pelayanan kepada masyarakat juga berlangsung lancar dan normal,” tuturnya.

    Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Iwan Prasetya Adhi (kanan depan) saat mengunjungi salah satu SPBU di Jawa Tengah, Kamis (26/3/2025). ANTARA/HO-BPH Migas

    Lebih lanjut, ia mengimbau pengelola SPBU untuk dapat menjaga ketahanan stok selama masa Ramadhan dan Idul Fitri 2025.

    “Karena terletak di jalur padat mudik, diharapkan badan usaha dan pengelola SPBU dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemudik yang melintasi area ini,” ucapnya.

    Setelah mengunjungi Semarang, Kudus, dan Demak, pada Kamis (27/3), Iwan melanjutkan pemantauan pasokan BBM di wilayah Batang dan Kendal, Jawa Tengah.

    Ia pun mengapresiasi badan usaha dan pengelola SPBU atas layanan Serambi MyPertamina, yang menjadi tempat singgah dan istirahat bagi pemudik.

    “Selain kesiapsiagaan SPBU untuk melayani kebutuhan bahan bakar pada momen Lebaran, layanan Serambi MyPertamina ini juga menjadi nilai tambah bagi pengelola untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat,” ujar Iwan saat berada di SPBU 41.512.03 Rest Area Km 379A Batang.

    Iwan menegaskan, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pemudik menjadi prioritas pemerintah.

    Pemerintah juga menjamin ketersediaan energi selama periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri.

    “Sekali lagi, kami pastikan kondisi ketahanan BBM utamanya di area Jawa Tengah dalam kondisi cukup, sehingga masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir untuk mudik ke kampung halaman,” katanya.

    Turut hadir dalam kunjungan antara lain Kepala Depo Lokomotif Semarang Poncol Hariyono, Sales Branch Manager (SBM) Fuel IV Semarang PT Pertamina Patra Niaga Occa Nur Fitriany, dan SBM Fuel II Semarang PT Pertamina Patra Niaga Halina Pandurattri.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jalur Kereta Api Lintas Utara Jawa Banjir, Jalur Selatan Tergerus Longsor, Bagaimana Nasib Pemudik? – Halaman all

    Jalur Kereta Api Lintas Utara Jawa Banjir, Jalur Selatan Tergerus Longsor, Bagaimana Nasib Pemudik? – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Arus mudik Lebaran tahun 2025 di Pulau Jawa yang mulai memasuki puncak arus mudik justru kini menghadapi hambatan serius. 

     

    Dua jalur vital kereta api, baik lintas utara maupun lintas selatan Pulau Jawa, mengalami gangguan besar akibat cuaca ekstrem.

     

    Di jalur utara, rel kereta api di petak Plabuan-Krengseng, Kabupaten Batang, Jawa Tengah terendam banjir. Sementara, di jalur selatan, amblesan tanah terjadi di antara Stasiun Manonjaya dan Ciamis, Jawa Barat.

     

    PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan ini dan mengimbau penumpang untuk terus memantau perkembangan situasi.

     

    “Saat ini, kendala tersebut masih dalam pantauan petugas di lapangan. Kami memohon maaf atas kelambatan perjalanan kereta api atas kondisi ini. Update tentang kondisi di lapangan, akan disampaikan di kesempatan berikutnya. Terima kasih,” tulis akun resmi KAI.

     

     
    Jalur Utara Terganggu Banjir

    Banjir yang melanda rel kereta api di petak Plabuan-Krengseng menyebabkan sejumlah perjalanan terhambat. Beberapa kereta api mengalami keterlambatan signifikan, antara lain:

    Kereta Api Kamandaka (196) di Stasiun Plabuan terlambat ± 24 menit.
    Kereta Api Kaligung (215) di Stasiun Krengseng terlambat ± 16 menit.
    Kereta Api Airlangga (271) di Stasiun Weleri terlambat ± 7 menit.
    Kereta Api Brantas (7016A) di Stasiun Plabuan terlambat ± 19 menit.

     

    Longsor di Jalur Selatan Menghambat Perjalanan

    REL KERETA API LONGSOR – Tanah bantalan rel kereta api di Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, longsor akibat hujan deras mengguyur menyebabkan dua kereta tertahan dan jadwal kereta terganggu bagi pemudik pada Jumat (28/3/2025). (Kompas.com/Irwan Nugraha)

     

    Di jalur selatan, kereta api mengalami gangguan yang lebih serius. 

     

    Di petak antara Stasiun Manonjaya dan Ciamis, tanah longsor dan ambles membuat rel kereta api sedikit menggantung. Kondisi ini membuat jalur tersebut tidak bisa dilalui.

     

    Hal itu berdampak pada Kereta Api Pangandaran (128) yang tertahan di Stasiun Manonjaya, mengalami keterlambatan lebih dari 60 menit.

     

     
    Imbauan untuk Pemudik

    Gangguan di dua jalur kereta api ini jelas berimbas pada arus mudik yang tengah sibuk. Kendati penanganan masih terus dilakukan, pemudik diimbau untuk selalu memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api mereka agar tidak terlambat.

     

    Dengan puncaknya arus mudik, diharapkan para pemudik tetap tenang dan mempersiapkan diri dengan baik, memastikan perjalanan kembali ke kampung halaman tetap lancar meskipun ada hambatan di jalur vital kereta api.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  • Cerita Ikhsan Terjebak di Kereta Akibat Banjir: Sudah 30 Menit Berhenti di Semarang
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        28 Maret 2025

    Cerita Ikhsan Terjebak di Kereta Akibat Banjir: Sudah 30 Menit Berhenti di Semarang Regional 28 Maret 2025

    Cerita Ikhsan Terjebak di Kereta Akibat Banjir: Sudah 30 Menit Berhenti di Semarang
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com –
    Perjalanan mudik Ikhsan (25) terpaksa terhenti karena luapan air yang menggenangi jalur kereta api di petak jalan antara Stasiun Plabuan dan Stasiun Krengseng, Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Jumat (28/3/2025) malam.
    “Sudah lebih dari 30 menit berhenti ini kereta yang saya tumpangi,” kata Ikhsan saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat.
    Sampai saat ini, kereta yang dia tumpangi masih tertahan di petak jalan kereta Jrakah, Kota Semarang.
    “Saya naik Gumarang relasi Surabaya-Jakarta,” ucap dia.
    Infomasi yang dia dapatkan, kereta yang dua naiki terpaksa berhenti karena terkendala banjir.
    “Iya katanya banjir,” ungkapnya.
    Sementara itu, Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo membenarkan bahwa ada petak jalan yang terganggu genangan.
    Luapan air terjadi di KM 50+3 sepanjang 10 meter sejak pukul 17.30 WIB.
    “Satu jalur yaitu jalur hulu sudah bisa dilalui KA dengan kecepatan terbatas pukul 19.25 WIB. Satu jalur lagi yaitu jalur hilir masih tunggu perbaikan,” katanya.
    Sebagai langkah mitigasi, KAI Daop 4 Semarang langsung menutup sementara jalur tersebut hingga air surut demi keselamatan perjalanan kereta api.
    “Untuk mempercepat penanganan luapan air, puluhan petugas tanggap darurat dari unit prasarana telah dikerahkan ke lokasi. Kami juga telah menyiapkan alat material seperti batu kricak, pasir batu dalam karung, serta material lainnya untuk memperkuat jalur yang terdampak,” ungkap Franoto, Jumat.
    Akibat kejadian ini, perjalanan kereta api no 196 Kamandaka dan kereta api no 215 Kaligung mengalami keterlambatan sementara.
    KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat gangguan operasional ini.
    “Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak akibat luapan air ini. KAI akan memberikan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bentuk kompensasi atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ucap Franoto.
     
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 3
                    
                        Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak
                        Bandung

    3 Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak Bandung

    Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak
    Editor
    KOMPAS.com –
    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi meminta maaf usai memarahi sejumlah mantan pegawai Hibisc Puncak Bogor, Kamis (27/3/2025).
    Permintaan maaf itu disampaikan Dedi Mulyadi lewat akun Instagramnya @dedimulyadi71.
    “Maafkan agak nge-gass, tapi yakinklah saya sangat sayang kepada kalian semua,”
    ujar Dedi dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (28/3/2025).
    Adapun awal mula kemarahan Dedi terjadi saat dia didatangi sejumlah mantan pegawai Hibisc Fantasy di Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis.
    Saat itu, Dedi bersama tim konten video hendak pulang seusai melihat kondisi bangunan Hibisc Fantasy yang telah dibongkar.
     
    Puluhan eks pegawai yang nasibnya terluntang-lantung itu kemudian datang hendak menagih janji kompensasi yang bakal diberikan Dedi Mulyadi.
    Namun, Dedi Mulyadi menegur mereka karena hal tersebut.
    “Saya kasih bantuan kepada Anda asal mau bantu menanam pohon,” ucap Dedi dengan nada tinggi.
    Salah satu mantan pegawai Hibisc menanggapi pernyataan Dedi. Eks pegawai yang memakai kerudung menagih janji Dedi Mulyadi yang disampaikan dalam video beberapa waktu lalu.
    Pada video itu, diketahui Dedi menyebut akan memberi kompensasi bagi pekerja yang terdampak pembongkaran Hibisc.
    Dedi lalu menegaskan bahwa ini bukan perkara apa yang disampaikan di dalam video. Saat itu pula Dedi langsung terlihat kesal dan marah.
    “Dengerin dulu, bukan urusan videonya. Saya membantu kompensasi Anda yang nganggur di sini, tetapi saya minta tanggung jawab moral Anda,” ucap Dedi dengan wajah yang memerah serta nada tinggi.
     
    Dalam perbincangan dengan Kompas.com, Dedi mengatakan alasan utama kemarahan tersebut bukan sekadar soal uang, melainkan sikap dan empati yang dinilainya kurang dari mereka.
    Dedi tidak menyukai orang yang bersikap elitis dan kurang memiliki empati.
    Dedi menjelaskan, insiden bermula ketika ia menawarkan kompensasi kepada para mantan pegawai Hibisc dengan syarat mereka menanam pohon.
    Namun, respons yang diterima justru membuat dirinya geram.
    “Saya tidak suka orang yang tidak punya empati, seolah-olah dia adalah kelas elite. Waktu saya bilang saya transfer, nanti kamu tanam pohon satu batang saja, dia malah mengatakan tidak ada permintaan menanam pohon di lokasi bekas Hibisc,” ujar Dedi.
    Menurutnya, permasalahan utama bukanlah uang, melainkan rasa kepedulian terhadap sesama.
    Dedi menyoroti bagaimana pekerja lain rela menanam pohon demi mendapatkan kompensasi, sementara mantan pegawai Hibisc justru meminta hak tanpa usaha.
    “Saya paling nggak suka orang yang berlagak luar biasa. Ini bukan perkara uang, tapi ingin melihat empati. Masak yang lain bekerja dan akhirnya dapat uang, sementara ada yang ongkang-ongkang dan tetap minta THR?” tambahnya.
    Dedi menyesalkan bahwa ada orang-orang yang tidak menunjukkan kepedulian terhadap rekan-rekannya yang bekerja keras.
    Ia membandingkan dengan pekerja lain yang tetap mau bekerja meskipun memiliki latar belakang pendidikan rendah.
    “Maksud saya, kok kamu itu nggak punya empati? Orang lain menanam pohon karena pendidikan rendah, tapi mereka tetap bekerja. Ini ada orang yang hanya berpangku tangan dan tiba-tiba minta THR,” ungkapnya.
    Meski kesal, Dedi tetap akan memberikan kompensasi kepada mantan pegawai tersebut dengan meminta nomor rekening mereka.
    Namun, ia berharap mereka menyadari bahwa pemberian tersebut seharusnya diimbangi dengan sikap peduli terhadap sesama.
    “Walau saya marah, tetap saya minta nomor rekening. Saya tuh pengennya dia punya empati ke rekannya yang menanam pohon. Saya marah bukan karena ditagih uang, bukan perkara uang, tapi soal apakah dia punya empati atau tidak,” ujar Dedi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jalur Kereta Api Lintas Utara Jawa Banjir, Jalur Selatan Tergerus Longsor, Bagaimana Nasib Pemudik? – Halaman all

    BREAKING NEWS: Banjir Rendam Rel Kereta Api di Batang, Arus Mudik Jalur Utara Terganggu – Halaman all

    Banjir yang melanda pada Jumat (28/3/2025) pukul 18.10 WIB menyebabkan genangan air di kilometer 50+3, mengakibatkan sejumlah kereta api terhambat.

    Tayang: Jumat, 28 Maret 2025 20:25 WIB |
    Diperbarui: Jumat, 28 Maret 2025 20:30 WIB

    KAI/Krisbiyantoro

    BANJIR RENDAM REL KERETA API – Kondisi beberapa rel kereta api terendam banjir di Batang, Jawa Tengah, pada Minggu (27/1/2019). Terkini, banjir kembali merendam rel kereta api di kilometer 50+3 jalur hulu hilir petak jalan Plabuan-Krengseng, Kabupaten Batang, Jawa tengah pada arus mudik Lebaran 2025, Jumat (28/3/2025).   

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perjalanan kereta api di jalur utara Jawa Tengah terganggu setelah rel di petak Plabuan-Krengseng, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terendam banjir.

    Banjir yang melanda pada Jumat (28/3/2025) pukul 18.10 WIB menyebabkan genangan air di kilometer 50+3, mengakibatkan sejumlah kereta api terhambat.

    “Diinformasikan terdapat genangan air di kilometer 50+3 jalur hulu hilir petak jalan Plabuan-Krengseng, Kabupaten Batang pada Jumat, 28 Maret 2025 pukul 18.10 WIB. Saat ini jalur tersebut belum dapat dilalui kereta api dan masih dalam penanganan petugas,” tulis akun resmi KAI di X(twitter), dikutip Jumat(28/3/2025).

    Dampak banjir ini mulai terasa dengan adanya keterlambatan beberapa perjalanan kereta api, antara lain:

    Kereta Api Kamandaka (196) di Stasiun Plabuan terlambat ± 24 menit.
    Kereta Api Kaligung (215) di Stasiun Krengseng terlambat ± 16 menit.
    Kereta Api Airlangga (271) di Stasiun Weleri terlambat ± 7 menit.
    Kereta Api Brantas (7016A) di Stasiun Plabuan terlambat ± 19 menit.

    PT KAI melalui akun resminya di X (Twitter) memberikan informasi bahwa jalur tersebut saat ini belum dapat dilalui oleh kereta api dan sedang dalam penanganan petugas.

    Mereka juga mengimbau para pemudik untuk bersabar dan memberikan pembaruan lebih lanjut terkait situasi di lapangan.

    “Kami memohon maaf atas kelambatan perjalanan kereta api atas kondisi ini. Update tentang kondisi di lapangan, akan disampaikan di kesempatan berikutnya. Terima kasih,” tulis PT KAI.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’9′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • 1,1 juta lebih kendaraan keluar Jabotabek H-10 hingga H-4 Lebaran 2025

    1,1 juta lebih kendaraan keluar Jabotabek H-10 hingga H-4 Lebaran 2025

    Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama

    Jakarta (ANTARA) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.179.997 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 hingga H-4 Idul Fitri 1446H/Lebaran 2025 atau pada periode 21-27 Maret 2025.

    “Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa), GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung), GT Cikupa (menuju arah Merak), dan GT Ciawi (menuju arah Puncak),” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Jakarta, Jumat.

    Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 20,3 persen jika dibandingkan dengan lalin normal (980.802 kendaraan).

    Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 609.295 kendaraan (51,6 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 331.920 kendaraan (28,1 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 238.782 kendaraan (20,2 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

    Untuk lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 385.110 kendaraan, meningkat sebesar 101,5 persen dari lalin normal.

    Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 224.185 kendaraan, meningkat 2,0 persen dari lalin normal.

    Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 609.295 kendaraan, meningkat sebesar 48,3 persen dari lalin normal.

    Sedangkan lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 331.920 kendaraan, lebih rendah 0,9 persen dari lalin normal.

    Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 238.782 kendaraan, meningkat 1,7 persen dari lalin normal.

    Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan pada H-4 libur Idul Fitri 1446H/2025 (Kamis, 27 Maret 2025) lalu lintas meninggalkan Jabotabek di empat gerbang tol utama tercatat mencapai 224.074 kendaraan atau meningkat 66,2 persen dari lalin normal (134.804 kendaraan).

    “Jasa Marga juga mencatat arus lalu lintas menuju wilayah Timur khususnya arus lalu lintas ke arah Trans Jawa dan arah Bandung pada hari Kamis (27/3) adanya peningkatan lalu lintas kendaraan cukup tinggi, pada GT Cikampek Utama dengan total 102.116 kendaraan atau naik 283,4 persen dari lalu lintas normal (26.632 kendaraan),” ujar Lisye.

    Sedangkan untuk GT Kalihurip Utama, lanjutnya, tercatat total 37.417 kendaraan atau naik 30,5 persen dari lalu lintas normal (28.679 kendaraan)

    Lisye juga kembali mengingatkan puncak arus mudik Idul Fitri 1446H/2025 diprediksi terjadi pada hari ini Jumat, 28 Maret 2025 dan pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way nasional dari KM 70 ruas tol Jakarta-Cikampek s.d KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sudah dilakukan pagi ini pukul 09.45 WIB.

    Ia mengimbau pengguna jalan untuk menghindari perjalanan di waktu puncak serta menghindari perjalanan di waktu favorit seperti pada pagi hari dan malam hari untuk menghadapi penumpukan kendaraan.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Tehyan, Alat Musik Gesek Khas Betawi yang Lahir dari Akulturasi

    Tehyan, Alat Musik Gesek Khas Betawi yang Lahir dari Akulturasi

    Liputan6.com, Jakarta – Tehyan adalah alat musik gesek khas Betawi. Alat musik ini lahir dari akulturasi budaya Betawi-Tionghoa.

    Secara tampilan, tehyan mirip dengan alat musik erhu yang berkembang di China. Konon, erhu menjadi cikal bakal lahirnya tehyan.

    Mengutip dari bebagai sumber, tehyan merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kayu. Alat musik ini memiliki tabung resonansi berbahan batok kelapa dan dilengkapi senar.

    Tehyan dirangkai dengan bahan-bahan alam asli, seperti kayu, bambu, dan tempurung kelapa. Fungsi batok kelapa adalah sebagai ruang resonansi.

    Adapun jenis tempurung kelapa yang digunakan pada tehyan adalah kelapa puyuh. Ukuran kecil dan lonjong dengan batang pohon yang tidak terlalu tinggi.

    Untuk pemilihan kayu, tehyan umumnya menggunakan kayu jati, sonokeling, ulin, meranti, rengas merah, kamper, dan maple. Kayu digunakan untuk bahan membuat uliran, kuda-kuda, dan badan tehyan (body).

    Selanjutnya, tehyan membutuhkan bambu sebagai alat penggesek. Bambu dipilih karena memiliki tingkat kelenturan yang tinggi, sehingga dapat digunakan dan dilengkungkan dengan mudah tanpa takut patah.

    Tehyan mampu menghasilkan nada-nada tinggi dengan menggunakan tangga nada diatonis. Tangga nada tersebut memungkinkan sebuah alat musik memiliki tujuh nada berbeda dalam satu oktaf dengan interval tertentu.

    Tehyan juga memiliki jenis lain, yakni sukong dan kongahyan. Sukong memiliki ukuran paling besar dengan nada dasar G (rendah) dan berperan sebagai bass.

    Adapun kongahyan berukuran paling kecil dengan nada dasar D (tinggi) yang berperan sebagai melodi dalam sebuah pertunjukkan kesenian. Sementara tehyan menjadi alat musik dengan ukuran standar yang menghasilkan nada dasar A (sedang) dan berperan sebagai ritme.

    Tehyan kerap dimainkan pada pesta pernikahan dan acara pemakaman pada abad ke-18. Alat musik Betawi ini juga biasa dimainkan dalam kesenian gambang kromong, tanjidor, lenong, dan ondel-ondel.

    Penulis: Resla