kab/kota: Banyuwangi

  • Jajal Kereta Api Panoramic di KA Mutiara Timur Saat Mudik Lebaran, Nikmati Panorama Alam Sepanjang Perjalanan

    Jajal Kereta Api Panoramic di KA Mutiara Timur Saat Mudik Lebaran, Nikmati Panorama Alam Sepanjang Perjalanan

    Liputan6.com, Jember – PT Kereta Api Indonesia kembali menghadirkan pengalaman perjalanan yang unik dengan mengoperasikan kembali Kereta Panoramic dalam rangkaian KA Mutiara Timur Tambahan. Layanan eksklusif ini akan tersedia mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, bertepatan dengan momen Angkutan Lebaran. Kereta ini melayani sejumlah stasiun utama di jalur Ketapang-Surabaya Gubeng PP, yaitu Stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Temuguruh, Kalisetail, Kalibaru, Jember, Rambipuji, Tanggul, Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, dan Sidoarjo.

    Hadirnya Kereta Panoramic di jalur ini tidak hanya memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, tetapi juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata di daerah yang dilaluinya. Dengan fasilitas eksklusif dan kenyamanan lebih, diharapkan kunjungan wisatawan ke destinasi unggulan seperti Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, serta wisata budaya dan kuliner di Jember dan Probolinggo akan meningkat. Selain itu, sektor UMKM lokal juga dapat merasakan manfaat dari meningkatnya mobilitas penumpang di sepanjang jalur tersebut.

    Dengan jendela lebar yang memungkinkan penumpang menikmati panorama alam sepanjang perjalanan, Kereta Panoramic memberikan pengalaman berbeda yang sulit ditemukan pada moda transportasi lainnya. Rute yang dilayani adalah Ketapang-Surabaya Gubeng PP, dengan keberangkatan dari Stasiun Ketapang pukul 08.40 WIB dan dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 21.50 WIB.

    Sebelumnya, Kereta Panoramic telah dioperasikan selama 13 hari pada periode 24 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Respons masyarakat sangat positif, dengan okupansi penumpang mencapai 198 orang untuk perjalanan Ketapang-Surabaya Pasar Turi, dan bahkan melonjak hingga 129% dengan okupansi 635 orang untuk relasi sebaliknya, Surabaya Pasar Turi-Ketapang.

  • Mengenal Tradisi Kebo-keboan dari Banyuwangi

    Mengenal Tradisi Kebo-keboan dari Banyuwangi

    Liputan6.com, Banyuwangi – Tradisi kebo-keboan merupakan salah satu upacara adat unik yang berasal dari Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ritual ini dilaksanakan oleh masyarakat suku Using.

    Suku ini adalah suku asli yang mendiami wilayah Banyuwangi. Kebo-keboan telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat setempat sejak abad ke-18 dan terus dilestarikan hingga kini.

    Mengutip dari berbagai sumber, upacara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah serta sebagai upaya tolak bala untuk menghindarkan desa dari marabahaya, wabah penyakit, dan kegagalan panen. Tradisi kebo-keboan berakar dari kisah masa lalu ketika Alasmalang dilanda wabah penyakit yang tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga merusak tanaman para petani.

    Akibatnya, terjadi gagal panen secara berkala. Konon, sesepuh desa yang bernama Karti mendapatkan wangsit untuk mengadakan selamatan bersih desa dengan cara mengarak para petani yang berdandan dan berperilaku seperti kerbau.

    Ritual ini ditujukan untuk memohon keselamatan dan kemakmuran kepada Dewi Sri, simbol kesuburan dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Setelah upacara tersebut digelar, wabah pun perlahan menghilang, dan hasil panen kembali melimpah.

    Sejak saat itu, tradisi Kebo-keboan dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk syukur dan pelestarian budaya. Pelaksanaan upacara kebo-keboan dilakukan setiap tahun pada bulan Muharram, tepatnya pada hari Minggu pertama.

    Prosesi ini melibatkan puluhan peserta yang berdandan seperti kerbau. Tubuh mereka dilumuri oli hingga menghitam, dilengkapi dengan tanduk, rambut palsu, dan sebagian membawa bajak sebagai atribut pendukung. Para peserta kemudian diarak keliling desa sambil berguling di lumpur dan mencipratkan lumpur ke segala arah.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36 Persen di Lintasan Merak-Bakauheni – Halaman all

    Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36 Persen di Lintasan Merak-Bakauheni – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperpanjang diskon tarif kendaraan penumpang hingga 36 persen atau tarif satu harga pada layanan express lintasan Merak-Bakauheni.

    Diskon tarif tersebut akan diterapkan mulai Senin (24/3/2025) atau H-7 hingga Minggu (30/3/2025) atau H-1 Lebaran. 

    Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya ASDP untuk memberikan layanan yang lebih terjangkau sekaligus mengoptimalkan kelancaran arus mudik Lebaran 2025.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan melakukan reservasi tiket melalui Ferizy minimal H-1 sebelum keberangkatan. 

    “Kami mengingatkan pengguna jasa untuk membeli tiket secara online sebelum tiba di pelabuhan serta datang sesuai jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Dengan perpanjangan diskon tarif ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan ekonomis,” ujarnya.

    Penerapan diskon tarif berlaku untuk seluruh golongan yang dilayani di Pelabuhan Merak pada periode tersebut (Pejalan Kaki, Gol IVA, Gol IVB, Gol VA, Gol VIA), dengan besaran diskon tarif untuk kendaraan penumpang berkisar 21-36 persen.

    ASDP juga telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran lalu lintas, salah satunya dengan berkoordinasi bersama pemangku kepentingan terkait guna mengatur pengalihan kendaraan di titik-titik krusial. 

    “Kami telah menyusun pola pengalihan kendaraan dan pola operasi sebelum posko mudik dimulai, serta memastikan pembatasan kendaraan truk berjalan disiplin sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah ditetapkan,” ujar Shelvy menambahkan.

    Sebagai bagian dari pengaturan arus mudik Jawa-Sumatera, ASDP telah menetapkan skema pengalihan kendaraan di beberapa titik strategis. Kendaraan mobil pribadi, bus, dan truk akan dialihkan melalui exit tol Cilegon Timur menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ.

    Sementara itu, exit tol Merak akan difokuskan bagi mobil dan bus yang telah memiliki tiket, sedangkan kendaraan yang belum waktunya check-in akan diarahkan ke rest area terdekat. Pengalihan kendaraan roda dua dan truk juga akan dilakukan di pertigaan Cilegon Timur menuju Pelabuhan Ciwandan.

    Demi menjaga keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas, ASDP akan menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang sesuai dengan SKB yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Ditjen Bina Marga. Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan/gandengan, serta kendaraan yang mengangkut hasil galian, tambang, dan bahan bangunan. 

    Pembatasan ini diberlakukan di jalan tol dan non-tol di berbagai wilayah, termasuk Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Tengah.

    Namun demikian, kendaraan yang mengangkut logistik esensial seperti BBM/BBG, uang tunai, hewan dan pakan ternak, pupuk, serta barang kebutuhan pokok, tetap diperbolehkan melintas dengan syarat memiliki surat muatan jenis barang. Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menegaskan bahwa distribusi logistik tetap menjadi prioritas agar pasokan barang tidak terganggu selama periode pembatasan ini.

    Selain itu, guna mengurai potensi kepadatan lalu lintas, akan diterapkan rekayasa lalu lintas seperti sistem satu arah (one way), contra flow, serta ganjil-genap. Untuk lintasan Jawa-Bali, ASDP telah berkoordinasi dengan Polresta Banyuwangi agar kendaraan penumpang mendapat prioritas saat puncak arus mudik. 

    “Kakorlantas Polri juga telah menyiapkan strategi contraflow, one way, buffer zone, serta sistem penundaan (delayed system) untuk diterapkan secara situasional jika terjadi kepadatan ekstrem,” tutur Shelvy lagi.

    Sementara itu, berkaitan dengan perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 29 Maret 2025, Pelabuhan Ketapang akan ditutup sementara mulai 28 Maret pukul 17.00 WIB hingga 30 Maret pukul 06.00 WIB. Pelabuhan Gilimanuk juga akan ditutup pada 29 Maret pukul 05.00 WITA hingga 30 Maret pukul 06.00 WITA.

    Pengguna jasa yang telah melakukan reservasi tiket di periode tersebut berhak mendapatkan pengembalian dana penuh (full refund) di luar biaya layanan dan administrasi.

     

  • Daop 8 catat jumlah tempat duduk naik 7 persen Angkutan Lebaran 2025

    Daop 8 catat jumlah tempat duduk naik 7 persen Angkutan Lebaran 2025

    Surabaya (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat jumlah tempat duduk kereta api (KA) jarak jauh naik tujuh persen pada masa Angkutan Lebaran 2025 dengan total 601.612 tempat duduk atau naik dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 563.924.

    Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan adanya peningkatan kapasitas tersebut bertujuan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama periode Angkutan Lebaran pada 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Penambahan jumlah tempat duduk untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat,” ucap Luqman kepada ANTARA, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

    Sedangkan jumlah penumpang yang diprogramkan pada angkutan Lebaran 2025, kata Luqman, sebanyak 505.119 atau meningkat lima persen dibanding realisasi tahun sebelumnya, yakni 482.265 penumpang.

    Luqman menjelaskan, masa angkutan Lebaran 2025 berlangsung selama 22 hari dan mengoperasikan 58 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) setiap harinya.

    Dari 58 perjalanan KA tersebut, lanjutnya, terdiri atas 49 perjalanan reguler dan sembilan perjalanan tambahan, dengan total 25.966 tempat duduk per hari.

    Selain itu, KAI Daop 8 juga menjalankan KA Mutiara Timur Tambahan relasi Surabaya Gubeng–Ketapang pada masa Angkutan Lebaran 2025.

    Kereta tersebut berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 21.50 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 03.40 WIB.

    Sedangkan dari Ketapang, lanjutnya, KA Mutiara Timur tambahan berangkat pukul 08.40 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 14.38 WIB.

    “KA Mutiara Timur Tambahan memiliki kapasitas 300 tempat duduk kelas eksekutif dan dioperasikan untuk memberikan pilihan jadwal perjalanan bagi masyarakat yang ingin menuju Jember dan Banyuwangi,” kata Luqman.

    Sebagai tambahan, KA ini juga menyertakan Kereta Panoramic dengan kapasitas 38 tempat duduk, yang menawarkan pengalaman perjalanan eksklusif dengan jendela luas, sunroof, layanan minuman tanpa batas, serta hidangan berkualitas.

    Selain itu, pihaknya juga menghadirkan Livery Tematik Idul Fitri 1446 H pada beberapa kereta api unggulan untuk menyemarakkan suasana Ramadan dan Lebaran.

    Livery tematik tersebut, dipasang pada KA Bima, KA Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga dan KA Gajayana yang berangkat dari Daop 8 Surabaya.

    “Livery ini menampilkan desain yang lebih menarik dengan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik Lebaran menggunakan kereta api. Kami berharap desain ini bisa menghadirkan keceriaan bagi para pelanggan,” ujarnya.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

  • AirNav siaga layani pesawat lintas Bali saat Nyepi

    AirNav siaga layani pesawat lintas Bali saat Nyepi

    Di approach control melayani yang overflying terbang, misalnya dari Banyuwangi ke Lombok, atau Surabaya ke Lombok itu tetap masuk kontak kami, kami siaga selama Nyepi,

    Badung (ANTARA) – BUMN bidang penyediaan jasa pelayanan navigasi penerbangan AirNav Indonesia cabang Denpasar pada momentum Hari Suci Nyepi tahun ini tetap menurunkan personel.

    General Manager Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) Cabang Denpasar Suryadi Joko Wiratmo di Kabupaten Badung, Jumat mengatakan, personel yang diturunkan salah satunya untuk bersiaga jika terjadi overflying atau penerbangan yang melintasi Bali.

    “Di approach control melayani yang overflying terbang, misalnya dari Banyuwangi ke Lombok, atau Surabaya ke Lombok itu tetap masuk kontak kami, kami siaga selama Nyepi,” kata dia.

    Selama 24 jam di Hari Suci Nyepi 29 Maret nanti dipastikan penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai tidak beroperasi, sehingga petugas AirNav yang diterjunkan hanya sekitar 30 orang.

    “Saat Nyepi sekitar 30-an personel terbagi di operasional maupun teknik, untuk Nyepi ini Bandara I Gusti Ngurah Rai tutup tapi personel kami tetap bersiaga di dua unit kerja yaitu tower dan approach control,” ujar Suryadi Joko.

    Pada momentum yang sama, AirNav Indonesia Cabang Denpasar juga harus bersiaga arus mudik Lebaran 2025, dimana posko angkutan di bandara sudah dibuka hingga 11 April 2025.

    Jika khusus Hari Suci Nyepi dilakukan pengurangan personel, AirNav justru melakukan penebalan lima persen petugas kecuali saat Nyepi sebagai bentuk kesiapan Lebaran 2025.

    “Jadi kalau dari sisi AirNav kami memang dari hari normal pun selalu siap sumber daya manusia lalu fasilitas, kemudian prosedur, selain prosedur normal situasi juga saat terjadi sesuatu hal maka kami akan gunakan prosedur abnormal,” ujar Suryadi.

    Selama 22 hari ke depan ia mencatat potensi lonjakan penerbangan dilihat dari pengajuan penerbangan ekstra sejumlah maskapai.

    “Untuk peningkatan rata-rata kalau penerbangan normalnya 360 per hari itu bertambah 18-20 penerbangan ekstra atau dua persenan, pengajuan penerbangan ekstra di kami tanggal 27 dan 28 Maret, lalu 4 dan 5 April, dan naik lagi tanggal 11 April,” ujarnya.

    Saat ini dalam momentum Lebaran 2025 dan Nyepi yang menjadi pantauannya adalah kondisi cuaca di langit Bali, menurut Suryadi belakangan cuaca menjadi tantangan di Pulau Dewata sebab beberapa kali kerap dilakukan pembatalan atau kendala dalam pendaratan yang terjadi akibat cuaca.

    Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Operasi Truk Dibatasi Saat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya

    Operasi Truk Dibatasi Saat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya

    Jakarta

    Pemerintah resmi melakukan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 2025. Aturan tersebut dibuat agar perjalanan lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan dengan tetap menjaga stabilitas pasokan barang kebutuhan pokok.

    Pengaturan tersebut tertuang berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Marga tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2025/1446 Hijriah.

    Dikutip dari unggahan akun Instagram @kemenhub151 Jumat (21/3/2025), terdapat sejumlah angkutan barang barang yang dibatasi, di antaranya mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan kereta gandengan dan mobil barang yang mengangkut hasil galian, tambang, dan bahan bangunan. Pembatasan tersebut berlaku mulai Senin, 24 Maret 2025 pukul 00.00 WIB hingga Selasa, 8 April 2025 pukul 24.00 WIB.

    Sementara angkutan barang yang tidak dibatasi ialah, angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau Bahan Bakar Gas (BBG), angkutan barang yang mengangkut sepeda motor mudik gratis, angkutan barang yang mengangkut hantaran uang, keperluan penanganan bencana alam.

    Kemudian, angkutan barang yang mengangkut hewan ternak, pupuk, pakan ternak dan angkutan barang yang mengangkut barang pokok. Pada angkutan barang yang tidak dibatasi tersebut harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan berisi keterangan jenis barang, tujuan, nama dan alamat pemilik barang. Surat tersebut harus ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    Berikut ruas jalan tol yang diberlakukan pembatasan angkutan barang:

    Lampung dan Sumatera Selatan: Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

    DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Merak.

    DKI Jakarta:
    a. Prof. DR. Ir. Sedyatmo
    b. Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan
    c. Dalam Kota Jakarta.

    DKI Jakarta dan Jawa Barat:
    a. Jakarta – Bogor – Ciawi – Cigombong – Cibadak
    b. Bekasi – Cawang – Kampung Melayu dan
    c. Jakarta – Cikampek.

    Jawa Barat:
    a. Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi
    b. Cileunyi – Cimalaka – Dawuan
    c. Cikampek – Palimanan – Kanci
    d. Jakarta – Cikampek II Selatan segmen Sadang -Bojongbaru
    e. Bogor Ring Road (BORR).

    Jawa Barat – Jawa Tengah: Kanci – Pejagan

    Jawa Tengah:

    a. Pejagan – Pemalang – Batang – Semarang
    b. Krapyak – Jatingaleh, (Semarang)
    c. Jatingaleh – Srondol, (Semarang)
    d. Jatingaleh – Muktiharjo, (Semarang)
    e. Semarang – Solo – Ngawi
    f. Semarang – Demak
    g. Yogyakarta – Solo segmen Kartasura – Klaten, dan
    h. Yogyakarta – Solo segmen Klaten – Prambanan -Taman Martani (Fungsional).

    Jawa Timur:

    a. Ngawi – Kertosono – Mojokerto – Surabaya – Gempol –
    b. Pasuruan – Probolinggo
    c. Surabaya – Gresik
    d. Gempol – Pandaan – Malang, dan
    e. Probolinggo – Banyuwangi segmen SS Gending -Paiton (Fungsional).

    Ruas Jalan Non Tol Yang Diberlakukan

    Sumatera Utara

    a. Bts. Frovinsi Aceh – Tanjung Pura – Stabat – Binjai -Medan Lumbuk Pakam – Sei
    b. Sei Rampah – Tebing Tinggi – Lima Puluh – Kisaran – Aek Kanopan – Rantauprapat – Kota Pinang – Bts Riau
    c. Medan – Berastagi, dan
    d. Pematang Siantar – Parapat Simalungun – Porsea.

    Jambi dan Sumatera Barat

    a. Jambi – Sarolangun Padang
    b. Jambi – Tebo – Padang
    c. Jambi Sengeti – Padang, dan
    d. Padang – Bukit Tinggi

    Jambi – Sumatera Selatan – Lampung: Jambi -Palembang – Lampung

    DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Serang -Cilegon – Merak.

    Ruas Jalan Non Tol Yang Diberlakukan

    Banten
    a. Cilegon – Lingkar Selatan Cilegon – Anyer -Labuhan
    b. Jalan Raya Merdeka – Jalan Raya Gatot Subroto dan
    c. Serang – Pandeglang – Labuhan.

    DKI Jakarta – Jawa Barat: Jakarta Bekasi Cikampek -Pamanukan – Cirebon.

    Jawa Barat

    a. Bandung – Nagreg – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar
    b. Nagreg – Kadungora – Leles – Garut
    c. Bandung – Sumedang – Majalengka – Cirebon
    d. Bogor – Ciawi – Sukabumi – Cianjur – Bandung
    e. Padalarang – Gadog Bangkong – Cimahi
    f. Karawang – Subang – Indramayu – Cirebon
    g. Sukabumi – pelabuhan ratu Jampang – Cianjur -Garut – Tasikmalaya – Pangandaran – Banjar dan
    h. Subang – Lembang – Bandung.

    Jawa Barat Jawa Tengah: Cirebon – Brebes.

    Jawa Tengah

    a. Solo – Klaten – Yogyakarta
    b. Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batan -Kendal – Semarang – Demak
    c. Semarang – Salatiga – Doyolali – Dawen Magelang-Yogyakarta dan
    d. Pejagan – Tegal – Purwakerto.

    Jawa Tengah – Jawa Timur: Solo – Ngawi.

    Yogyakarta

    a. Jogja – Wates
    b. Jogia – Sleman – Magelang
    c. Jogja – Wonosari dan
    d. Jalur Jalan Lintas Selatan (jalan Daendeles).

    Jawa Timur
    a. Pandaan – Malang
    b. Probolinggo – Lumajang
    c. Madiun – Caruban Jombang dan
    d. Banyuwangi – Jember

    Bali
    a. Denpasar – Gilimanuk

    Kalimantan Tengah

    a. Palangka Raya – Pulang Pisau – Kapuas Bts. Kalimantan Selatan
    b. Palangka Raya – Sampit Pangkalan Bun
    c. Buntok – Palangka Raya
    d. Tamiyang Layang – Bts. Kalimantan Selatan dan
    e. Sei Hanyo – Kuala Kurun – Bawan – Bukit Liti -Palangka Raya.

    (acd/acd)

  • Kementan Siapkan Pemberdayaan Petani untuk Hilirisasi dan MBG

    Kementan Siapkan Pemberdayaan Petani untuk Hilirisasi dan MBG

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Pertanian (Kementan) tengah menyiapkan program pemberdayaan petani untuk mendukung hilirisasi industri serta pasokan bahan baku program makan bergizi gratis (MBG). Program ini bersifat proyek percontohan (pilot project) dan akan menggandeng Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan (BP Taskin) sebagai bagian dari upaya menekan angka kemiskinan di Indonesia.

    Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjelaskan program ini akan diterapkan di daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi dan potensi pertanian yang kuat.

    Program pemberdayaan petani akan difokuskan pada budi daya komoditas strategis di 15 provinsi, termasuk beberapa wilayah di Pulau Jawa, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

    Untuk mendukung program ini, Kementan menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan BP Taskin. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Kepala BP Taskin Budiman Sudjatmiko di kantor Kementan, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/3/2025).

    “Kita punya pengalaman di Banyuwangi yang berhasil menurunkan tingkat kemiskinan dari 38% menjadi 8%. Pola ini akan kita terapkan di 15 provinsi berbasis pertanian,” ujar Amran.

    Amran menegaskan para petani di 15 provinsi tersebut akan diberdayakan untuk mengembangkan komoditas pertanian yang sesuai dengan keunggulan daerah masing-masing. Program ini juga bertujuan untuk memenuhi pasokan industri hilirisasi dalam negeri serta mendukung penyediaan bahan baku untuk program makan bergizi gratis.

    “Program ini tidak hanya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, tetapi juga memastikan pasokan bahan baku untuk pangan bergizi,” tambah Amran.

    Setiap daerah akan dikembangkan berdasarkan keunggulan komparatif produksi pertaniannya. Keunggulan ini mengacu pada komoditas unggulan yang sesuai dengan potensi dan karakteristik wilayah masing-masing, guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta daya saing sektor pertanian.

    Sebagai contoh, Brebes memiliki keunggulan dalam budi daya bawang merah. Kementan berencana membangun cold storage agar harga tetap stabil, baik saat panen raya maupun di luar musim. Sementara itu, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan difokuskan pada peternakan sapi dan kambing, sedangkan Sulawesi Selatan mengembangkan jagung sebagai komoditas utama.

    “Kita melihat keunggulan komparatif suatu daerah berdasarkan agroklimat dan kulturnya,” jelas Amran.

    Kepala BP Taskin, Budiman Sudjatmiko, menekankan sinergisitas antara BP Taskin dan Kementan diharapkan membawa dampak positif berkelanjutan, baik dalam peningkatan produksi pertanian maupun pengentasan kemiskinan.

    “Kementan fokus mendorong swasembada pangan melalui budi daya dan hilirisasi, yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 8%. BP Taskin ingin memastikan pertumbuhan ini berdampak pada penurunan kemiskinan hingga 0% atau minimal menghapus kemiskinan ekstrem,” ungkap Budiman terkait program pemberdayaan petani Kementan.

  • KMP Nusa Makmur Kandas di Perairan Gilimanuk, Seluruh Penumpang Selamat

    KMP Nusa Makmur Kandas di Perairan Gilimanuk, Seluruh Penumpang Selamat

    Liputan6.com, Banyuwangi – Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Makmur mengalami kandas di perairan Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, pada koordinat 8°7’34.06″S-114°26’6.30″E, Kamis (20/3/2025) sekitar pukul 02.00 Wita.

    Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk ini mengangkut 90 orang, terdiri dari 77 penumpang dan 13 awak kapal.

    Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menerima laporan permintaan bantuan evakuasi dari TNI AL Gilimanuk pada pukul 06.30 Wita. Tim SAR gabungan yang terdiri dari 9 personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana segera dikerahkan ke lokasi kejadian.

    Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 08.15 Wita dengan menggunakan 1 unit rigid inflatable boat, 1 unit sea rider, dan 1 unit rubber boat.

    “Kami melaksanakan evakuasi bersama. Dari pukul 08.15 hingga sekitar pukul 11.00 Wita, kami berhasil mengevakuasi 46 penumpang ke Gilimanuk dan 2 penumpang ke Tanjung Wangi,” jelas Dewa Putu Hendri Gunawan, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana, Kamis (20/3/2025).

    Sebanyak 29 penumpang dan 13 awak kapal KMP Nusa Makmur tetap berada di atas kapal sambil menunggu air laut pasang. Setelah air laut pasang, KMP Nusa Makmur berhasil ditarik oleh KMP Nusa Penida menuju Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 11.20 Wita dan sandar di dermaga 3 sekitar pukul 12.05 Wita.

    Proses evakuasi melibatkan berbagai unsur SAR, termasuk Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana, TNI AL Pos Gilimanuk, Batalyon C Pelopor Sat Brimob Gilimanuk, Polair Polres Jembrana, Polsek Pelabuhan Gilimanuk, KSOP Pelabuhan Gilimanuk, PMI Jembrana, KUPP (Syahbandar) Gilimanuk, BBKK Gilimanuk, dan Potensi SAR 115 Jembrana.

    “Seluruh penumpang dan awak kapal selamat dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkasnya.

  • Banyuwangi Perbaiki 1.200 Titik Jalan Berlubang Jelang Mudik, Warga Lega
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        20 Maret 2025

    Banyuwangi Perbaiki 1.200 Titik Jalan Berlubang Jelang Mudik, Warga Lega Surabaya 20 Maret 2025

    Banyuwangi Perbaiki 1.200 Titik Jalan Berlubang Jelang Mudik, Warga Lega
    Tim Redaksi
    BANYUWANGI, KOMPAS.com
    – Pemerintah Kabupaten
    Banyuwangi
    mempercepat perbaikan
    jalan berlubang
    menjelang musim liburan Hari Raya Idul Fitri 2025.
    Terdapat sekitar 1.200 titik jalan berlubang di 45 ruas jalan yang sudah selesai dilakukan pemeliharaan.
    Bupati Banyuwangi, Ipul Fiestiandani, menargetkan perbaikan dapat diselesaikan sebelum H-3 Lebaran, dengan harapan mencapai 5.000 hingga 6.000 titik jalan yang diperbaiki.
    “Kami terus memperbaiki jalan dengan memanfaatkan APBD. Ini bagian dari perawatan rutin agar masyarakat lebih nyaman dan lancar menjalani Lebaran,” ujar Ipuk saat meninjau proses penambalan jalan di sejumlah lokasi.
    Peninjauan itu termasuk Jalan Sayu Wiwit, Kelurahan Temenggungan, dan Jalan Kamboja di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri.
    Ipuk menjelaskan bahwa pemeliharaan rutin dilakukan dengan menambal jalan berlubang menggunakan hotmix agar dapat langsung dilalui kendaraan.
    Fokus perbaikan ditujukan pada jalan kabupaten yang menjadi jalur utama dan alternatif bagi warga.
    Jika anggaran memungkinkan, overlay juga akan dilakukan.
    Menyinggung soal efisiensi anggaran, Ipuk menekankan bahwa pihaknya memprioritaskan jalur padat dan alternatif agar pemudik bisa berkendara dengan aman dan nyaman selama libur Lebaran.
    “Namun karena adanya efisiensi anggaran, maka pembangunan akan dilakukan dengan skala prioritas,” ucapnya.
    Plt Sekretaris Dinas PU CKPP Banyuwangi, Ebta Arisandi, menambahkan bahwa hingga kini sudah 1.148 lubang jalan di 45 ruas berhasil ditambal.
    Pengerjaan pemeliharaan jalan dilaksanakan oleh empat unit pelaksana teknis (UPTD) Satgas
    Jalan Berlubang
    di empat kecamatan, yaitu UPTD Banyuwangi, Bangorejo, Rogojampi, dan Genteng.
    “Setiap UPTD meng-cover beberapa wilayah kecamatan sekitarnya. Pada hari ini, setiap UPTD menerjunkan dua tim yang berkeliling untuk melakukan penambalan,” tutur Ebta.
    Perbaikan jalan
    ini disambut baik oleh warga.
    Musriah, seorang warga Jalan Surati, mengaku lega karena tidak lagi was-was akan terjadi kecelakaan akibat pengendara yang menghindari lubang.
    “Sering terjadi kecelakaan. Paling parah dibawa ke rumah sakit dan dioperasi karena patah tulang,” ungkap wanita berusia 70 tahun tersebut.
    Hal senada disampaikan Farida, warga setempat. Ia menyatakan bahwa kecelakaan di wilayah tersebut sering terjadi saat sore hingga malam hari.
    Penerangan yang kurang akibat pohon rindang yang menutupi cahaya lampu menjadi salah satu penyebab.
    “Alhamdulillah baik, lega saya. Semoga tidak ada kecelakaan lagi di sekitar sini,” harapnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • TNI AL lantik 320 prajurit menjadi personel Marinir

    TNI AL lantik 320 prajurit menjadi personel Marinir

    Jakarta (ANTARA) – Korps Marinir TNI AL melantik 320 prajurit yang terdiri dari siswa taruna, bintara hingga tamtama menjadi anggota Marinir di Pantai Baruna Kondang Iwak, Kabupaten Malang. Selasa (18/3).

    Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I Made Wira Hady Arsanta dalam siaran pers yang disiarkan di Jakarta, Rabu mengatakan, prajurit yang dilantik terdiri dari 44 Personel Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan LXXII, 90 personel Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) XLIV/1 , dan 186 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) XLIV/1.

    Wira menjelaskan, para prajurit itu telah melewati ragam pelatihan yang berkaitan dengan penguatan fisik hingga mental.

    “Lima tahapan latihan menjadi gerbang utama bagi mereka untuk membuktikan ketangguhan fisik, mental, dan semangat juang yang tak tergoyahkan,” kata Wira.

    Dia melanjutkan latihan dasar dimulai dengan pengenalan dasar komando yang berfungsi untuk membentuk disiplin, keberanian, dan ketahanan fisik.

    Selanjutnya, kata Wira, mereka diuji di bidang kemampuan dan ketahanan di laut. Latihan tersebut menuntut prajurit harus bertahan dalam kondisi ekstrim dan harus menguasai teknik bertempur di perairan.

    “Setelah itu, tahap pertempuran hutan menuntut mereka untuk memahami seluk-beluk medan, bertahan di lingkungan yang sulit, dan mengasah kemampuan survival di tengah rimba yang penuh tantangan,” kata Wira.

    Wira melanjutkan pada tahap keempat, prajurit dididik soal teknik dan taktik perang gerilya. Teknik ini membantu prajurit menguasai seni bertempur dengan strategi cerdas dan taktik yang efektif.

    Di tahapan kelima, para prajurit harus melakoni perjalanan dari Banyuwangi menuju Pantai Baruna Kondang Iwak.

    Wira mengatakan ujian terakhir itu tidak hanya menguji fisik prajurit, tetapi juga memperkokoh jiwa korsa dan solidaritas antaranggota.

    “Hanya yang mampu melewati seluruh tahapan inilah yang akhirnya layak mengenakan baret ungu, simbol kehormatan dan kebanggaan seorang prajurit Korps Marinir TNI AL sejati,” tambah Wira.

    Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal, Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar dalam sambutan ketika acara pemberian baret Marinir mengapresiasi perjuangan para prajurit selama latihan.

    Fajar meminta pemberian baret Marinir ini bisa menjadi awal dari perjuangan prajurit untuk terus berlatih dan mengemban tugas mempertahankan negara.

    “Perjalanan kalian baru saja dimulai. Jadikan kebanggaan ini sebagai motivasi untuk terus berlatih dan mengabdi dengan penuh dedikasi,” kata Fajar.

    Pewarta: Walda Marison
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025