kab/kota: bandung

  • Ini 3 Jawara Honda Modif Contest 2025

    Ini 3 Jawara Honda Modif Contest 2025

    Jakarta

    Puncak pesta Honda Modif Contest (HMC) 2025 ditutup dengan hamparan puluhan modifikasi sepeda motor Honda. Ada tiga pemenang HMC diumumkan dalam gelaran Honda Bikers Day di Yonif 303 SSM Cibuluh, Garut, Jawa Barat pada 15 November 2025.

    Dalam ajang ini, dipamerkan 81 karya terbaik modifikator dari berbagai daerah untuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Berdasarkan penilaian para juri profesional.

    Pertama Juara Nasional diberikan kepada Nur Samsul Alam Hasan Basri pada kategori Matic & Cub bersama hasil modifikasi sepeda motor Honda Vario 160 bergaya MotoGP.

    “Konsepnya Vario 160 ala MotoGP, pengerjaan kurang lebih enam bulan,” kata Hasan saat ditemui di Garut, Jawa Barat, Sabtu (15/11/2025).

    Selanjutnya, modifikator Moh. Fakhrudin As’ad berhasil meraih gelar Juara Nasional kategori Sport dengan melalui karya modifikasi CBR250RR. Kini CBR 250 RR itu tampil gambot ala motor gede (moge).

    “Dari dulu sudah suka sama CBR 250 RR,” kata Ashad.

    Honda Modification Contest 2025 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Terakhir, Wory Ransindustrianto dengan kreasinya modifikasi Honda Tiger bergaya Classic Futuristic berhasil mengantarkannya sebagai pemenang Juara Nasional dari kategori Ultimate.

    “Bentuknya klasik denhan aksen modern body full aliminium. Kita di full aluminium meminimalisir pengelasan,” kata Wory.

    Honda Modification Contest 2025, basis Honda Tiger 1999 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Para pemenang Juara Nasional HMC 2025 berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan berkesempatan menjadi modifikator dalam Honda Dream Ride Project yang didampingi langsung oleh mentor modifikator ulung Indonesia.

    Honda Modification Contest 2025, basis Honda Vario 160 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan ajang ini menjadi salah satu wadah dalam mengekspresikan diri melalui karya modifikasi sepeda motor Honda secara konsisten hadir di tengah-tengah para pecinta sepeda motor di Indonesia.

    “Komitmen AHM dalam memberikan ruang kreativitas dan ekspresi diharapkan menginspirasi lahirnya karya-karya baru yang menjadi identitas modifikasi khas Indonesia. Kami akan terus mendampingi modifikator Tanah Air dalam mengkreasikan sepeda motor Honda sesuai mimpi mereka,” ujar Andy.

    Perjalanan HMC 2025, berbagai karya modifikasi terbaik ditentukan dari pelaksanaan HMC seri regional yang digelar di 9 kota besar yakni Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Samarinda, Solo, Denpasar dan ditutup di Kota Garut, Jawa Barat. Penentuan pemenang di seluruh rangkaian HMC melibatkan juri-juri kompeten yang berpengalaman di bidang modifikasi yakni Hendra Cahyono dari PapNMam Modified, Agus Ficdiyanto dari Alpha Sierra Custom dan Haris Fatchurahman dari Manasi Ride.

    HMC 2025 membuka 9 kelas yang dilombakan dan menghadirkan wadah baru yakni Showcase Arena bagi para pecinta modifikasi. Menariknya, Showcase Arena dapat dimanfaatkan bagi modifikator yang ingin menampilkan hasil karya modifikasinya dan mengikuti ajang HMC dalam satu hari. Kompetisi yang dilombakan pada HMC 2025 yakni All stock & Advance untuk kategori sepeda motor produksi di bawah tahun 2006, serta juga dibuka kategori Matic & Cub Stock/Bolt On, Matic & Cub Advance, Matic & Cub Community Touring, Sport Community Touring, All Sport (Naked & Fairing) dan kelas Show Off untuk kategori sepeda motor dengan produksi di atas tahun 2006.

    Melengkapi 7 kelas lainnya, untuk kategori semua tahun produksi akan hadir dalam dua yakni Racing Style yang mendapatkan antusias tinggi sejak tahun lalu dan dilengkapi oleh kelas Free For All untuk semua kategori skutik, cub, dan sport Honda. Para jawara terbaik dari setiap kelas akan dipertemukan dalam persaingan gelaran putaran final HMC 2025 untuk merebutkan gelar 3 modifikator terbaik untuk kategori National Champion Matic & Cub, National Champion Sport, dan National Champion Free For All. Para 3 modifikator terbaik pada gelaran HMC 2025 berkesempatan mengikuti Honda Dream Ride Project.

    Selain 9 kelas utama, terdapat pula kategori special achievement di tahun ini yang mengeksplorasi Matic Honda yaitu Honda Scoopy, Honda Stylo160, Honda PCX160, Honda ADV160 dan Honda Vario 160. Melengkapi kelas-kelas special achievement, HMC 2025 hadir dengan achievement lainnya seperti Best Fun Community, Best Media Pick dan Best Regional Class.

    (riar/lua)

  • Viral Video Kemacetan di Gunung Mas Puncak Bogor, Begini Penjelasan Polisi
                
                    
                        
                            Bandung
                        
                        16 November 2025

    Viral Video Kemacetan di Gunung Mas Puncak Bogor, Begini Penjelasan Polisi Bandung 16 November 2025

    Viral Video Kemacetan di Gunung Mas Puncak Bogor, Begini Penjelasan Polisi
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Video kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial pada Minggu (16/11/2025) sore.
    Dalam video tersebut, tampak sejumlah kendaraan menumpuk dan mengular di sekitar kebun teh, tepatnya di depan pintu keluar
    Gunung Mas
    .
    Kepala Bagian Operasional (KBO) Sat Lantas Polres Bogor, Iptu Ardian, menjelaskan bahwa kemacetan terjadi di titik Gunung Mas, yang tidak dilengkapi dengan kamera CCTV.
    Oleh karena itu, informasi awal mengenai kemacetan tersebut diperoleh langsung dari petugas di lapangan.
    “Tadi sekitar jam 15.00 WIB, itu lokasinya di Gunung Mas dan tidak ada kamera CCTV di situ,” ujar Ardian saat dikonfirmasi oleh Kompas.com.
    Ia menambahkan bahwa saat itu arus lalu lintas di Puncak sedang diberlakukan sistem satu arah (one way) ke bawah menuju Jakarta.

    Namun, sebuah
    ambulans
    yang merupakan kendaraan prioritas harus diberi kesempatan untuk naik ke arah Cianjur.
    “Ada ambulans yang sebagai kendaraan prioritas harus diberikan jalan untuk naik. Namun, di belakang ambulans itu motor-motor ikut mengantre sehingga menghambat arus one way ke bawah di Gunung Mas,” jelas Ardian.
    “Ditambah lagi karena penyempitan jalan atau bottleneck di rest area Gunung Mas itu,” imbuhnya.
    Meskipun sempat menimbulkan antrean dan terekam dalam video viral tersebut, Ardian mengonfirmasi bahwa kondisi lalu lintas kini telah kembali normal.
    Ambulans tersebut telah melintasi perbatasan Cianjur, dan arus one way kini sudah lancar kembali.
    “Untuk saat ini, ambulans sudah tembus perbatasan Cianjur dan arus one way kembali normal,” tegas Ardian.
    Ia juga menegaskan bahwa kemacetan yang terekam dalam video tersebut sudah terurai, dan saat ini arus kendaraan sudah dapat melintas dengan lancar.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
    Fitur Apresiasi Spesial dari pembaca untuk berkontribusi langsung untuk Jurnalisme Jernih KOMPAS.com
    melalui donasi.
    Pesan apresiasi dari kamu akan dipublikasikan di dalam kolom komentar bersama jumlah donasi atas nama
    akun kamu.

  • SPPG Cibodas 3 Punya Dapur Mirip Kastil, Terapkan Standar Higienis Super Ketat

    SPPG Cibodas 3 Punya Dapur Mirip Kastil, Terapkan Standar Higienis Super Ketat

    Bandung Barat: Kawasan Lembang yang berlokasi di Bandung Barat, tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang memesona. Di kawasan ini berdiri fasilitas Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) Cibodas 3 yang mencuri perhatian. 

    SPPG Cibodas 3 memiliki keunikan dengan bangunan dapur yang dirancang menyerupai sebuah kastil yang mirip wahana wisata tematik. Di fasilitas ini, SPPG Cibodas 3 mengelola kebutuhan gizi ribuan penerima manfaat.

    Di balik desain uniknya, SPPG Cibodas 3 dikenal memiliki standar higienis yang sangat ketat. Seluruh proses pengelolaan makanan di sini telah mengantongi sertifikasi Badan Gizi Nasional (BGN), mulai dari perencanaan menu, pengadaan bahan baku pangan, proses pengolahan,hingga distribusi makanan.

    “Dapur kami selalu mengutamakan higienitas. Dalam pengolahan, kami memiliki relawan sebanyak 47 orang ditambah perwakilan BGN 3 orang. Untuk menu kami bervariatif tentunya dengan berdiskusi dengan ahli gizi sesuai dengan kadar gizi yang diperlukan. Setiap penerima manfaat pasti akan bervariasi setiap harinya,” ujar Kepala SPPG Cibodas, Ahmad Hikami dikutip dari Metro TV, Minggu, 16 November 2025. 
     

    Setiap petugas diwajibkan menggunakan perlengkapan higienis, area dapur dibagi menjadi zona-zona khusus, dan seluruh tahapan produksi diawasi secara ketat guna memastikan kualitas makanan tetap terjaga.

    SPPG Cibodas 3 tidak hanya unggul dalam produksi, tetapi juga dalam manajemen distribusi. Tercatat 3.634 penerima manfaat mendapatkan layanan gizi dari fasilitas ini, mulai dari balita, anak PAUD, siswa SD, hingga tingkat SMA.

    Sementara itu, distribusi dilakukan secara terjadwal, memastikan setiap kelompok usia menerima makanan sesuai standar gizi yang ditetapkan.

    “Distribusi kami lancar sejauh ini. Kemudian untuk perencanaan menu juga kami memberikan experience berbeda-beda untuk penerima manfaat dengan kualitas makanan yang baik dan bagus. Kita mengutamakan kualitas makanan tersebut dengan gizi yang terpenuhi sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan ahli gizi,” terang Suratman, Mitra Dapur SPPG Cibodas 3. 

    Tak cukup itu saja, SPPG Cibodas 3 juga mengembangkan aplikasi internal bernama RENMENU. Aplikasi ini berfungsi untuk mengintegrasikan pekerjaan antar-divisi, sehingga proses perencanaan hingga pemantauan operasional bisa dilakukan lebih efisien dan akurat.

    Inovasi SPPG Cibodas 3 disambut baik oleh masyarakat khususnya penerima manfaat. “Harapannya mudah-mudahan jadi bagus, anak-anak jadi lebih sehat lagi,” kata Dewi, penerima manfaat ibu hamil. 

    Perpaduan antara desain arsitektur yang unik dan penerapan standar higienis bertaraf nasional menjadikan SPPG Cibodas 3 sebagai salah satu model fasilitas pengelolaan gizi yang inovatif di Indonesia dan layak jadi percontohan di daerah-daerah lain. Fasilitas ini bukan hanya memberikan layanan, tetapi juga memperlihatkan bagaimana pelayanan publik hadir dengan rancangan mewah, modern, kreatif, dan tetap mengutamakan kualitas.

    Bandung Barat: Kawasan Lembang yang berlokasi di Bandung Barat, tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang memesona. Di kawasan ini berdiri fasilitas Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) Cibodas 3 yang mencuri perhatian. 
     
    SPPG Cibodas 3 memiliki keunikan dengan bangunan dapur yang dirancang menyerupai sebuah kastil yang mirip wahana wisata tematik. Di fasilitas ini, SPPG Cibodas 3 mengelola kebutuhan gizi ribuan penerima manfaat.
     
    Di balik desain uniknya, SPPG Cibodas 3 dikenal memiliki standar higienis yang sangat ketat. Seluruh proses pengelolaan makanan di sini telah mengantongi sertifikasi Badan Gizi Nasional (BGN), mulai dari perencanaan menu, pengadaan bahan baku pangan, proses pengolahan,hingga distribusi makanan.

    “Dapur kami selalu mengutamakan higienitas. Dalam pengolahan, kami memiliki relawan sebanyak 47 orang ditambah perwakilan BGN 3 orang. Untuk menu kami bervariatif tentunya dengan berdiskusi dengan ahli gizi sesuai dengan kadar gizi yang diperlukan. Setiap penerima manfaat pasti akan bervariasi setiap harinya,” ujar Kepala SPPG Cibodas, Ahmad Hikami dikutip dari Metro TV, Minggu, 16 November 2025. 
     

     
    Setiap petugas diwajibkan menggunakan perlengkapan higienis, area dapur dibagi menjadi zona-zona khusus, dan seluruh tahapan produksi diawasi secara ketat guna memastikan kualitas makanan tetap terjaga.
     
    SPPG Cibodas 3 tidak hanya unggul dalam produksi, tetapi juga dalam manajemen distribusi. Tercatat 3.634 penerima manfaat mendapatkan layanan gizi dari fasilitas ini, mulai dari balita, anak PAUD, siswa SD, hingga tingkat SMA.
     
    Sementara itu, distribusi dilakukan secara terjadwal, memastikan setiap kelompok usia menerima makanan sesuai standar gizi yang ditetapkan.
     
    “Distribusi kami lancar sejauh ini. Kemudian untuk perencanaan menu juga kami memberikan experience berbeda-beda untuk penerima manfaat dengan kualitas makanan yang baik dan bagus. Kita mengutamakan kualitas makanan tersebut dengan gizi yang terpenuhi sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan ahli gizi,” terang Suratman, Mitra Dapur SPPG Cibodas 3. 
     

     
    Tak cukup itu saja, SPPG Cibodas 3 juga mengembangkan aplikasi internal bernama RENMENU. Aplikasi ini berfungsi untuk mengintegrasikan pekerjaan antar-divisi, sehingga proses perencanaan hingga pemantauan operasional bisa dilakukan lebih efisien dan akurat.
     
    Inovasi SPPG Cibodas 3 disambut baik oleh masyarakat khususnya penerima manfaat. “Harapannya mudah-mudahan jadi bagus, anak-anak jadi lebih sehat lagi,” kata Dewi, penerima manfaat ibu hamil. 
     
    Perpaduan antara desain arsitektur yang unik dan penerapan standar higienis bertaraf nasional menjadikan SPPG Cibodas 3 sebagai salah satu model fasilitas pengelolaan gizi yang inovatif di Indonesia dan layak jadi percontohan di daerah-daerah lain. Fasilitas ini bukan hanya memberikan layanan, tetapi juga memperlihatkan bagaimana pelayanan publik hadir dengan rancangan mewah, modern, kreatif, dan tetap mengutamakan kualitas.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Produksi Migas Medco Diproyeksi Tembus 160 Mboepd, Didongkrak Akuisisi PI Corridor

    Produksi Migas Medco Diproyeksi Tembus 160 Mboepd, Didongkrak Akuisisi PI Corridor

    Bisnis.com, BANDUNG — PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) pede produksi minyak dan gas bumi (migas) mencapai 160 million barrels of oil equivalent per day (mboepd) pada akhir 2025.

    Target tersebut lebih tinggi dari realisasi produksi migas emiten energi keluarga Panigoro itu yang sebesar 150 mboepd per kuartal III/2025.

    Amri Siahaan, Direktur & Chief Administrative Officer Medco Energi optimistis bisa meningkatkan produksi migas usai mengakuisisi 24% Participating Interest (PI) di Corridor PSC dari Repsol E&P S.à r.l.

    Di samping itu, MEDC juga baru saja mengambil alih 45% PI sekaligus hak pengelolaan (operating interest) di Sakakemang PSC. 

    “Akhir tahun kita expect itu antara 155-160 karena kita sudah mengambil PI dari Repsol yang ada di corridor itu ada 24%. Jadi kita sekarang di Corridor itu 70% Medco, yang 30% milik Pertamina,” ucap Amri dalam acara Media Briefing di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Sabtu (15/11/2025).

    Tak hanya itu, Amri juga menuturkan pada tahun ini pihaknya mencatat sejumlah capaian penting lain. Capaian itu seperti keberhasilan pengembangan lapangan migas Forel dan Terubuk di South Natuna Sea Block B.

    Di sisi lain, Medco E&P berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca lebih dari 1,5 juta ton CO2e dibandingkan base year 2019, hasil dari efisiensi operasi dan program dekarbonisasi berkelanjutan. 

    “Kami memperkuat portofolio migas nasional dengan proyek bernilai tinggi dan sekaligus mempercepat pengembangan energi rendah karbon,” ucap Amri.

    Berdasarkan rapor keuangan perusahaan semester I/2025, Medco membukukan laba periode berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih sebesar US$37,36 juta. Laba bersih itu anjlok 81,52% year-on-year (YoY) dari US$202,27 juta pada semester I/2024.  

    Penurunan itu sejalan dengan penjualan yang turun tipis, yakni sebesar US$1,13 miliar dibanding US$1,16 miliar pada periode semester I/2024.  

    Dalam kesempatan terpisah, Amri mengatakan bahwa strategi perseroan untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan ke depan adalah dengan banyak mengandalkan akuisisi-akuisisi.

    “Dan ini tidak pernah berhenti. Jadi kami rutin selalu mempelajari dan mengevaluasi setiap kesempatan yang ada. Selama ini juga kami punya rekam jejak akuisisi yang baik termasuk kemarin mengakuisisi Repsol di Corridor,” katanya beberapa waktu lalu.

  • Makin Kompak, Komunitas Pengguna Mitsubishi Xforce Rayakan Ulang Tahun ke-1

    Makin Kompak, Komunitas Pengguna Mitsubishi Xforce Rayakan Ulang Tahun ke-1

    Jakarta

    Komunitas pengguna Mitsubishi Xforce di Indonesia makin menunjukkan kekompakannya. Memasuki usia satu tahun, Xforce Owner Club (XFOC) Indonesia merayakan hari jadinya lewat acara bertajuk 1st Anniversary Celebration XFOC Indonesia dengan tema ‘Together We are Happier’. Perayaan digelar di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Sabtu (15/11/2025), dan dihadiri lebih dari 50 anggota beserta keluarga, mencerminkan kuatnya rasa kebersamaan para pemilik compact SUV tersebut.

    XFOC Indonesia lahir dari interaksi sederhana di grup Facebook dan WhatsApp, sebelum akhirnya menggelar kopdar perdana tanggal 22 Juni 2024 di Kota Wisata, Cibubur. Pertemuan itu menjadi tonggak awal berdirinya komunitas, yang kemudian diresmikan lewat Musyawarah Nasional pertama pada 10 November 2024 di Bekasi.

    Kini, jumlah anggotanya telah menembus 130 orang yang tersebar di 31 kota dan 13 provinsi, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Lampung, Riau, Aceh, hingga Kalimantan Selatan dan Timur. XFOC juga menaungi tujuh chapter resmi, termasuk Jakarta Raya, Parahyangan, hingga Jatim-Bali.

    Xforce Owner Club (XFOC) Indonesia rayakan ulang tahun ke-1 Foto: Dok. XFOC Indonesia

    Misi komunitas ini sederhana: menjadi wadah silaturahmi sekaligus tempat bertukar pengalaman soal bengkel, perawatan, modifikasi hingga aspirasi terkait dunia otomotif.

    “Kami mendirikan XFOC Indonesia sebagai wadah bagi pecinta otomotif, terutama para pemilik Mitsubishi Xforce. Kami berkomitmen buat menjaga solidaritas, integritas, dan profesionalisme dalam komunitas ini,” ujar Ketua Umum XFOC Indonesia, Johan Chaniago, dalam keterangannya.

    Perayaan ulang tahun pertama dibuka dengan Rolling Thunder mengelilingi kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kemudian dilanjut gala dinner hingga puncak acara di ballroom Hotel Mercure Ancol. Sejumlah tamu undangan hadir, antara lain perwakilan MMKSI, komunitas mobil Mitsubishi lain, serta para sponsor. Ketua panitia, Adi Kamer Putra, mengapresiasi antusiasme anggota. “Semoga acara ini semakin mempererat silaturahmi para anggota,” ujarnya.

    Kemeriahan ulang tahun komunitas ini juga tak lepas dari popularitas Mitsubishi Xforce sendiri. Compact SUV 5-seater yang diluncurkan di GIIAS 2023 ini diproduksi di Bekasi dan dipasarkan ke banyak negara mulai ASEAN, Asia Selatan, hingga Amerika Latin dan Afrika. Xforce dikembangkan khusus untuk kebutuhan konsumen di wilayah ASEAN, mengusung karakter stylish dan robust lewat desain SUV autentik. Berbekal bodi kompak, handling mumpuni, interior lapang, serta banyak ruang penyimpanan, Xforce menawarkan rasa aman di berbagai kondisi cuaca dan jalan, sekaligus menghadirkan kesenangan berkendara sehari-hari.

    Di GJAW 2024, Mitsubishi turut memperkenalkan varian Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS), yang membawa teknologi keselamatan terintegrasi lebih lengkap. Varian ini melengkapi line-up Xforce Ultimate dan Exceed yang sudah hadir sebelumnya-menegaskan komitmen Mitsubishi selama hampir 55 tahun di Indonesia untuk menghadirkan kendaraan yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

    (lua/riar)

  • 8
                    
                        Jokowi Janji Menangkan PSI, Pengamat: Tinggal Diuji, 2029 Nanti Masih Sakti atau Sebaliknya
                        Nasional

    8 Jokowi Janji Menangkan PSI, Pengamat: Tinggal Diuji, 2029 Nanti Masih Sakti atau Sebaliknya Nasional

    Jokowi Janji Menangkan PSI, Pengamat: Tinggal Diuji, 2029 Nanti Masih Sakti atau Sebaliknya
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, mengatakan, Jokowi effect akan diuji dalam Pemilu 2029 untuk memenangkan Partai Solidaritas Indonesia. 
    Terlebih, mantan Presiden Jokowi sudah berjanji mau turun langsung untuk memenangkan PSI. 
    “Tinggal diuji apakah di
    Pemilu 2029
    nanti Jokowi masih sakti atau justru sebaliknya. Waktu yang akan menjawab,” ujar Adi kepada Kompas.com, Minggu (16/11/2025).
    Adi menjelaskan, PSI kini memiliki cita rasa baru dengan kehadiran Jokowi tersebut.
    Ia meyakini, ke depannya, Jokowi akan menjadi brand ambassador PSI.
    “Dua kali pemilu, yakni 2014 dan 2019, Jokowi bersama PDI-P. Tapi di 2029, Jokowi bersama PSI. Jadi, ke depan brand ambassador PSI itu Jokowi. Sepertinya PSI sangat yakin bahwa yang bisa menyelamatkan PSI hanyalah Jokowi,” jelasnya.
    Kini, kata Adi, tidak heran jika publik menganggap PSI adalah partainya Jokowi.
    Menurutnya, dengan berjanji akan membantu perjuangan PSI, artinya Jokowi bakal total dalam membesarkan partai berlambang gajah tersebut.
    “Ini semakin menegaskan bahwa Jokowi akan total untuk membesarkan PSI. Tak heran jika publik menyebut PSI itu partainya Jokowi. Apalagi selama ini PSI selalu mengatakan tegak lurus ke Jokowi,” kata dia.
    Sebelumnya, Ketua Harian PSI, Ahmad Ali, mengatakan, Jokowi telah berjanji akan berjuang memenangkan PSI di Pemilu 2029.
    Ali menyebut, Jokowi akan turun ke lapangan dan ikut bertempur bersama PSI.
    Hal tersebut Ali sampaikan saat Pra Rakerwil Seluruh Kader PSI Se-Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/11/2025) malam.
    “Pak Jokowi sudah berjanji pada saya, insyaallah beliau akan totalitas berjuang bersama-sama, akan tempur, turun ke lapangan, berjuang bersama-sama membersamai kita untuk memenangkan PSI,” ujar Ali.
    Hanya saja, Ali menyebut PSI meminta Jokowi untuk lebih banyak beristirahat saat ini.
    PSI, kata Ali, ingin Jokowi memulihkan kondisi kesehatannya agar prima 100 persen terlebih dahulu.
    “Hari ini beliau kami minta untuk lebih banyak istirahat, memulihkan supaya kondisinya fit 100 persen. Sehingga nanti 2027 beliau kembali prima seperti biasa. Dan beliau, saya mewakili, betul efek Jokowi itu masih sangat kuat di Indonesia,” jelasnya.
    Selanjutnya, Ali mengungkit PSI yang menjadikan Jokowi sebagai patron.
    Ali menegaskan, PSI memilih Jokowi sebagai patron bukan karena ayah Kaesang Pangarep itu merupakan mantan Presiden.
    Menurutnya, Jokowi hanyalah orang yang berasal dari kampung, yang juga bukan keturunan raja.
    “Kalau kemudian kita perhatikan tagline PSI, partai super terbuka, dan kemudian menjadikan Pak Jokowi sebagai patron, bukan karena dia presiden, bukan karena beliau mantan presiden,” jelas Ali.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
    Fitur Apresiasi Spesial dari pembaca untuk berkontribusi langsung untuk Jurnalisme Jernih KOMPAS.com
    melalui donasi.
    Pesan apresiasi dari kamu akan dipublikasikan di dalam kolom komentar bersama jumlah donasi atas nama
    akun kamu.

  • Pesepeda 1000 KM Ride for Palestine 2025 Surabaya Tiba di Kemenlu RI

    Pesepeda 1000 KM Ride for Palestine 2025 Surabaya Tiba di Kemenlu RI

    Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menempuh perjalanan panjang sejauh seribu kilometer dari Surabaya selama tujuh hari, rombongan 1000 KM Ride for Palestine 2025 akhirnya tiba di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Sabtu (15/11/2025). Kedatangan mereka disambut langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Anis Matta, yang mengaku terharu melihat perjuangan para pesepeda yang membawa pesan kemanusiaan untuk Palestina.

    Sebanyak 16 pesepeda utama yang mewakili berbagai komunitas ini datang dengan membawa semangat solidaritas. Mereka telah melewati Surabaya, Madiun, Yogyakarta, Semarang, Brebes, Bandung, dan Bekasi, serta didampingi ratusan pesepeda lain di setiap etape. Dukungan komunitas menjadi wajah paling kuat dari Ride for Palestine tahun ini, menjadikannya aksi kemanusiaan berbasis komunitas terbesar sejak kegiatan ini dimulai.

    Begitu rombongan memasuki halaman Kemenlu, Wamenlu Anis Matta langsung menyambut dan memberikan apresiasi mendalam. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa perjuangan para pesepeda ini sangat menyentuh.

    “Saya merasa terharu sekali bisa ikut menyambut kedatangan saudara-saudara semuanya yang telah menunjukkan semangat mendukung kemerdekaan Palestina. Walaupun tidak pergi ke Gaza, tetapi mengayuh sepeda dari Surabaya ke Jakarta. Kira-kira kita bisa mendapatkan rasanya perjuangan saudara-saudara kita di Gaza. Perjalanan peserta ini saya rasa tidak mudah,” ujarnya.

    Anis menilai perjalanan 1000 kilometer ini adalah bentuk empati yang tidak bisa dianggap biasa. Menurutnya, apa yang dilakukan para pesepeda adalah simbol bahwa rakyat Indonesia tidak pernah berhenti berdiri bersama Palestina.

    Dukungan komunitas sepeda dari berbagai daerah menjadi faktor besar keberhasilan kegiatan ini. Puluhan komunitas dari kota-kota yang dilalui turun langsung menyambut, mengawal, dan mengiringi peserta. Salah satu jaringan terbesar yang terlibat adalah Bike to Work (B2W) Indonesia, yang anggotanya tersebar di hampir seluruh kabupaten/kota dan turut serta dalam berbagai segmen perjalanan.

    Humas 1000 KM Ride for Palestine, Wirawan Dwi, mengatakan bahwa Ride for Palestine 2025 adalah momentum persatuan pesepeda Indonesia.

    “Ride for Palestine kedua ini didukung banyak komunitas. Penggagasnya dari GXid Gerbangkertosusila, tetapi semuanya terlibat. Komunitas di Surabaya, di tujuh etape pemberhentian, komunitas di sepanjang kota-kota yang kami lewati, sampai yang menyambut di Jakarta, semua bergerak bersama,” ujarnya.

    Wirawan menambahkan bahwa dukungan terbesar datang dari antusiasme komunitas. “Banyak komunitas gowes membersamai kami hingga perbatasan kota. Bahkan ada yang mengikuti sampai ke Kantor Kementerian Luar Negeri. Mereka datang membawa semangat yang sama: menyuarakan kemerdekaan Palestina,” katanya.

    Menurutnya, perjalanan ini bukan hanya soal ketahanan fisik. “Ini aksi bersama kami, para pesepeda. Ini pesan kami, pesepeda Indonesia, untuk dunia: bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Di Palestina, kejahatan perang sedang berlangsung. Genosida terjadi. Wanita dan anak-anak menjadi korban. Setiap kayuhan kami adalah doa dan solidaritas,” tegasnya.

    Koordinator Ride for Palestine, Suryo Guritno, menyebutkan bahwa kegiatan tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah pelaksanaannya. Dimulai tahun 2023 sebagai gowes keliling Surabaya, Ride for Palestine berkembang menjadi ekspedisi jarak jauh pada 2024, dan tahun ini menjadi aksi kolaboratif yang melibatkan lebih banyak komunitas di banyak daerah.

    Salah satu peserta yang menjadi sorotan adalah Opa Sugai, pesepeda berusia 65 tahun yang menjadi peserta tertua. Setelah finish di Jakarta, Opa Sugai berencana melanjutkan perjalanan spiritual menuju Mekkah untuk mendoakan Palestina langsung di depan Kabah.

    Selain perjalanan fisik, Ride for Palestine juga membuka partisipasi publik melalui Virtual Ride. Aksi kemanusiaan ini disertai penggalangan donasi yang akan disalurkan melalui LAZNAS Lembaga Manajemen Infaq (LMI).

    “Setiap kayuhan adalah doa,” ujar Guritno, menutup sambutan bersama di halaman Kemenlu, tempat para pesepeda disambut dengan pelukan, air mata, dan kebanggaan setelah perjalanan panjang membawa misi kemanusiaan dari Surabaya ke pusat diplomasi Indonesia. [tok/aje]

  • Medco Pamer Capaian 45 Tahun, Perkuat Portofolio Migas dan Energi Bersih

    Medco Pamer Capaian 45 Tahun, Perkuat Portofolio Migas dan Energi Bersih

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) pamer peran mendukung ketersediaan energi dan transisi energi rendah karbon selama 45 tahun beroperasi di Indonesia. 

    Direktur & Chief Administrative Officer MedcoEnergi Amri Siahaan mengatakan, bersama SKK Migas, Medco E&P menjalankan peran strategis dalam memastikan pasokan energi yang andal bagi industri dan masyarakat.

    Menurutnya, sejak berdiri pada 1980, MedcoEnergi telah berevolusi dari perusahaan pengeboran migas nasional menjadi pelaku energi terintegrasi yang mencakup sektor migas, energi terbarukan, serta pertambangan tembaga dan emas. 

    “Kami bersyukur dan bangga dapat berkiprah selama 45 tahun dan terus berkontribusi bagi kemandirian energi Indonesia. Penguatan portofolio migas dan ketenagalistrikan menjadi pondasi bagi pertumbuhan energi yang berkelanjutan,” ujar Amri dalam acara Media Briefing di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Sabtu (15/11/2025).

    Dia menyebut, 2025 menjadi momentum penting Perseroan untuk memperkuat portofolio di bidang energi baik hulu migas maupun ketenagalistrikan. 

    Sepanjang 2025, Medco E&P mencatat sejumlah capaian penting, antara lain keberhasilan pengembangan lapangan migas Forel dan Terubuk di South Natuna Sea Block B, penyelesaian akuisisi 24% Participating Interest (PI) di Corridor PSC dari Repsol E&P S.à r.l., serta pengambilalihan 45% PI sekaligus hak pengelolaan (operating interest) di Sakakemang PSC. 

    Amri mengatakan, langkah strategis ini memperluas portofolio migas Perseroan di wilayah Sumatera bagian selatan yang sebelumnya telah mencakup blok Rimau, South Sumatra, Lematang, dan Corridor.

    Transisi Energi dan Pengembangan Energi Bersih

    Di sisi keberlanjutan, Medco E&P berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca lebih dari 1,5 juta ton CO2e dibandingkan base year 2019, hasil dari efisiensi operasi dan program dekarbonisasi berkelanjutan.

    “Kami memperkuat portofolio migas nasional dengan proyek bernilai tinggi dan sekaligus mempercepat pengembangan energi rendah karbon. Arah ini memperkokoh posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan Indonesia yang kompetitif di tingkat regional,” ucap Amri.

    Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan bahwa melalui anak perusahaannya, PT Medco Power Indonesia, perseroan juga mencatat kemajuan dalam pengembangan energi bersih. 

    Dia mengatakan, tahun ini Medco Power berhasil menyelesaikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya East Bali berkapasitas 25 MWp di Bali, serta Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ijen Tahap I berkapasitas 35 MW yang mulai beroperasi di kuartal I 2025. 

    Kedua proyek ini diresmikan Presiden RI dan merupakan komitmen MedcoEnergi memperluas bauran energi rendah karbon nasional. Medco Power juga menambah kapasitas listrik sistem Batam–Bintan sebesar 39 MW lewat pengoperasian Pembangkit Listrik Combined Cycle (CCPP) Add-On di Tanjung Uncang, pada November 2025.

    “Potensi energi bersih Indonesia sangat besar. Kami percaya kolaborasi lintas sektor merupakan kunci. Melalui inovasi dan kemitraan strategis, kami terus menghadirkan energi hijau, efisien, inklusif — mendukung pertumbuhan ekonomi rendah karbon berkelanjutan.” ujar Eka.

    Dalam kesempatan yang sama, Heru Setyadi, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, menegaskan pentingnya kolaborasi antara regulator, pelaku industri, dan media dalam menjaga kepercayaan publik terhadap sektor energi. 

    “Investasi hulu migas Indonesia pada semester I 2025 mencapai sekitar US$7,2 miliar, meningkat hampir 29 persen year-on-year. Capaian ini menunjukkan Indonesia tetap menjadi tujuan utama investasi energi, dan sinergi antara SKK Migas, KKKS, dan media sangat penting untuk memastikan tercapainya ketahanan energi nasional,” ujarnya. 

  • Terkait Keracunan MBG, Kepala BGN Bilang karena Petani Berlebihan Menggunakan Nitrogen

    Terkait Keracunan MBG, Kepala BGN Bilang karena Petani Berlebihan Menggunakan Nitrogen

    Fajar.co.id, Jakarta — Kepala Badan Gizi Nasional (BGN) Dadan Hindayana menyampaikan penyebab utama maraknya kasus keracunan pada program Makan Bergizi Gratis (MBG) di Jawa Barat.

    Dia mengatakan, berdasarkan kajian tim BGN, wilayah seperti Garut, Cianjur, Bandung Barat, dan Sleman termasuk daerah endemik dengan kadar nitrit tinggi dalam bahan pangan akibat praktik pertanian yang berlebihan menggunakan nitrogen.

    “Masalah lebih banyak di Jawa Barat, Garut, Cianjur, Bandung Barat dan Sleman. Itu daerah endemik karena kadar nitritnya cukup tinggi. Kemungkinan disebabkan praktik budidaya petani yang terlalu banyak memberikan nitrogen sehingga kandungan nitrit di tanaman juga tinggi,” ujar Dadan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2025).

    Dadan menjelaskan bahwa kadar nitrit yang tinggi tak hanya ditemukan dalam air, tetapi juga dalam buah dan sayuran hasil panen.

    Di Bandung Barat, misalnya, tiga anak dilaporkan mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi melon yang diduga mengandung nitrit berlebih. Kasus serupa juga terjadi pada konsumsi sayuran segar yang dipasok dari wilayah pertanian sekitar.

    “Di Bandung Barat itu bahkan ada tiga anak yang mengalami gangguan pencernaan hanya karena makan melon. Jadi kemungkinan memang ada kandungan nitrit di melon tersebut, termasuk juga pada sayuran,” urainya.

    Menurut Dadan, tingginya kadar nitrit tersebut menjadi perhatian serius karena wilayah Jawa Barat merupakan salah satu lumbung bahan baku bagi program MBG. Karena itu, BGN kini tengah melakukan konsolidasi di daerah-daerah endemik guna mencegah kasus serupa terulang.

  • Kurangi Beban Operasional, Pemerintah Bisa Subsidi Biaya Persinyalan hingga Listrik Whoosh

    Kurangi Beban Operasional, Pemerintah Bisa Subsidi Biaya Persinyalan hingga Listrik Whoosh

    Liputan6.com, Jakarta – Skema pengurangan beban utang jumbo proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh masih terus dibahas. Ada opsi penggunaan kas negara untuk meringankan beban PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

    Ketua Forum Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Aditya Dwi Laksana menilai ada skema yang bisa dilakukan soal penggunaan APBN ke operasional Whoosh.

    “Bisa dengan skema subsidi beban KCIC, misalnya penggunaan pita suara GSM, atau tenaga listrik dibantu APBN agar KCIC di masa awal operasi sampai tahun tertentu mendapatkan harga khusus yang lebih rendah,” kata Aditya saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (16/11/2025).

    Pada dasarnya, kata dia, ada dua peran subsidi. Pertama, menambah penumpang jika subsidi diarahkan pada harga tiket. Kedua, mengurangi beban biaya operasional perusahaan. “Ini supaya cash flow KCIC meningkat, jadi lebih ada kemampuan membayar utang,” katanya.

    Dia melihat beberapa aspek yang bisa ditanggung APBN. Misalnya, beban biaya persinyalan pita suara GSM hingga penggunaan listrik. Pemerintah juga bisa membantu negosiasi tenggat wakru utang, tingkat bunga, hingga pengadaan lahan jika ada pengembangan.

    “Yang terakhir ya penambahan penyertaan ke pemegang saham (BUMN) untuk memperkuat cash flow KCIC, atau pemisahan sarana prasarana kereta cepat, prasarana jadi milik negara, KCIC fokus ke operasional dan sarana saja,” beber dia.

    Bukan Subsidi Harga Tiket

    Sebelumnya, Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara) membuka peluang adanya skema public service obligation (PSO) ke Kereta Cepat Whoosh. Namun, dipastikan kalau PSO itu bukan untuk subsidi operasional apalagi harga tiket.

    Managing Director Stakeholders Management and Communication Danantara, Rohan Hafas menegaskan tidak ada rencana subsidi PSO ke operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh.

    “Kurang lebih (PSO) infrastrukturnya ya. Bukan pengoperasian misalkan kereta-keretanya, infrastrukturnya. Yang tarif enggak ada, enggak ada,” kata Rohan ditemui di Wisma Danantara, Jakarta, dikutip Sabtu, 15 November 2025.