kab/kota: bandung

  • 8
                    
                        PT Yihong Berencana Kembali Pekerjakan 1.126 Buruh yang Kena PHK 
                        Bandung

    8 PT Yihong Berencana Kembali Pekerjakan 1.126 Buruh yang Kena PHK Bandung

    PT Yihong Buka Kembali Peluang Kerja bagi Eks Buruh yang Kena PHK
    Tim Redaksi
    CIREBON, KOMPAS.com – 
    PT Yihong Novatex
    Indonesia di Cirebon membuka
    peluang kerja
    bagi 1.126 mantan pekerja yang sebelumnya terkena
    pemutusan hubungan kerja
    (PHK).
    Langkah ini diambil setelah polemik yang berlangsung sejak awal Maret 2025 mulai menemui titik terang dan diselesaikan bersama oleh semua pihak terkait.
    Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto, menyampaikan bahwa peluang kerja tersebut merupakan hasil kesepakatan dalam pertemuan antara Dinas Tenaga Kerja, kuasa hukum PT Yihong Novatex, dan sejumlah perwakilan
    eks pekerja
    .
    “Satu hari sebelum cuti Idul Fitri, Selasa 26 Maret 2025, kami terakhir kali memfasilitasi antara pihak manajemen melalui kuasa hukumnya dengan serikat pekerja. Hasilnya, PT Yihong akan kembali beroperasi dan masih ada peluang bagi eks pekerja untuk kembali bekerja,” kata Novi saat ditemui
    Kompas.com
    di kantornya, Selasa (8/4/2025).
    Selain membuka kembali peluang kerja, pertemuan tersebut juga membawa sejumlah kabar baik lainnya.
    Kuasa hukum PT Yihong Novatex menyatakan bahwa manajemen perusahaan saat ini tengah membenahi internal perusahaan, merespons poin-poin yang tercantum dalam nota hasil pemeriksaan UPTD Wasnaker Wilayah 3 Provinsi Jawa Barat.
    Meski demikian, Novi mengaku tidak mengetahui secara detail isi nota pemeriksaan tersebut.
    Hal itu hanya menjadi komunikasi langsung antara tim pengawas tenaga kerja dan pihak manajemen.
    Dalam pertemuan itu juga disepakati bahwa manajemen perusahaan akan kembali melakukan pertemuan dengan perwakilan eks pekerja, yang dijadwalkan berlangsung beberapa hari setelah Idul Fitri 2025.
    Namun, hingga Selasa siang, menurut Novi, belum ada kabar mengenai kelanjutan pertemuan tersebut.
    Oleh karena itu, Dinas Tenaga Kerja berencana mengirimkan kembali surat undangan kepada kedua belah pihak untuk duduk bersama dan melanjutkan penyelesaian masalah.
    “Dari manajemen sedang diperbaiki, dan kami sampaikan sama-sama introspeksi teman-teman serikat. Kita jaga kondusivitas agar kesempatan kerja yang disampaikan pihak manajemen untuk operasional kembali segera terlaksana. Kami akan undang untuk fasilitasi secepatnya,” ujar Novi.
    Ia menilai bahwa polemik PHK massal yang terjadi di PT Yihong Novatex disebabkan oleh miskomunikasi antara manajemen dan pekerja.
    Masalah komunikasi yang tersumbat ini diakui oleh kedua belah pihak, baik kuasa hukum perusahaan maupun serikat pekerja.
    Dalam pertemuan terakhir pada 25 Maret 2025, sebelum libur Idul Fitri, semua pihak menangkap sinyal positif dari niat manajemen untuk kembali menjalankan operasional perusahaan.
    Adapun teknis pembukaan peluang kerja ke depan akan dikoordinasikan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan berkonsultasi pada pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat.
    Novi menambahkan bahwa proses rekrutmen ke depan akan menggunakan pola satu data agar lebih terkoordinasi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 3 Cara Pinjam Uang di Bank BCA, Begini Simulasi Cicilannya

    3 Cara Pinjam Uang di Bank BCA, Begini Simulasi Cicilannya

    PIKIRAN RAKYAT – Meminjam uang dari bank menjadi salah satu solusi keuangan yang kerap dipilih saat kamu membutuhkan dana tambahan. Entah itu untuk kebutuhan darurat, modal usaha, atau keperluan pribadi lainnya, mengajukan pinjaman di lembaga keuangan yang terpercaya seperti Bank BCA tentu memberikan rasa aman. Bank ini dikenal memiliki beragam produk pinjaman dengan proses yang relatif mudah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial penggunanya.

    Namun sebelum mengajukan pinjaman, penting bagi kamu untuk memahami syarat dan ketentuannya. Lantas, apakah BCA bisa pinjam uang tanpa jaminan? Untungnya, BCA menyediakan pilihan pinjaman yang fleksibel, termasuk opsi tanpa jaminan yang bisa diajukan oleh nasabah tertentu dengan kriteria khusus.

    Meski begitu, pengajuan pinjaman tetap membutuhkan pertimbangan matang. Kamu perlu memperhatikan faktor seperti suku bunga, tenor, hingga kemampuan membayar cicilan setiap bulan. Memahami produk pinjaman dengan baik akan membantumu menghindari risiko keuangan di masa depan.

    Di artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan tentang cara mengajukan pinjaman uang di Bank BCA, dilengkapi syarat dan simulasi cicilan.

    Pinjam Uang di BCA Syaratnya Apa?

    Simak syarat dan ketentuan untuk meminjam uang di Bank BCA:

    Pinjaman ini hanya bisa diajukan oleh WNI yang tinggal di wilayah tertentu, yaitu Jabodetabek, Pulau Jawa, Medan, Batam, Tanjung Pinang, Palembang, Denpasar, Cakranegara, dan Makassar. Kamu harus berusia minimal 21 tahun saat mengajukan pinjaman. Usia maksimal saat pinjaman berakhir adalah 55 tahun. Penghasilan per bulan harus memenuhi batas minimum, yaitu Rp2.500.000 untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam. Sementara untuk wilayah lain, batas minimumnya adalah Rp2.000.000. Untuk karyawan, kamu harus merupakan bagian dari perusahaan yang menggunakan layanan Payroll BCA atau sudah menjadi pemegang Kartu Kredit BCA minimal selama satu tahun. Jika kamu seorang karyawan tetap, maka masa kerja minimal harus sudah satu tahun. Sedangkan untuk wiraswasta dan profesional, kamu perlu menjalankan usaha atau profesi yang sama selama minimal dua tahun. Bagi pemohon yang merupakan wiraswasta atau profesional, kamu wajib memiliki Kartu Kredit BCA dengan masa keanggotaan paling tidak satu tahun. Semua pemohon, baik karyawan, wiraswasta, maupun profesional, wajib melengkapi formulir pengajuan pinjaman dalam bentuk asli. Identitas diri berupa e-KTP harus disertakan sebagai fotokopi, tanpa terkecuali bagi seluruh jenis pekerjaan. Untuk pemohon yang berprofesi sebagai wiraswasta atau profesional, kamu mungkin diminta melampirkan izin usaha atau surat izin praktik. Ini akan diminta tergantung pada kebutuhan proses verifikasi.  Untuk karyawan yang tidak terdaftar dalam layanan Payroll BCA, kamu wajib menyertakan slip gaji atau surat keterangan penghasilan. Sedangkan bagi wiraswasta dan profesional, kamu harus melampirkan rekening koran utama dari bank lain selama tiga bulan terakhir. Bukti kepemilikan NPWP perlu disertakan. Namun, jika pinjaman yang diajukan tidak melebihi Rp50 juta dan kamu belum memiliki NPWP, maka kamu bisa menggantinya dengan surat pernyataan belum memiliki NPWP.

    Perlu kamu ketahui bahwa semua dokumen yang sudah dikirimkan tidak akan dikembalikan, jadi pastikan semua salinan yang kamu lampirkan sudah benar dan sesuai.

    Dengan memenuhi seluruh persyaratan dan dokumen di atas, proses pengajuan pinjaman di Bank BCA akan berjalan lebih lancar. Pastikan semua poin terpenuhi agar kamu bisa segera menikmati manfaat dari pinjaman ini.

    3 Cara Pinjam Uang di Bank BCA

    Lewat Halo BCA

    Jika kamu ingin mengajukan pinjaman tanpa harus datang langsung ke kantor cabang, kamu bisa memanfaatkan layanan Halo BCA. Prosesnya cukup praktis dan bisa dilakukan hanya dengan panggilan telepon, berikut caranya:

    Langkah pertama, telepon layanan Halo BCA di nomor 1500888. Setelah tersambung, kamu akan diarahkan oleh petugas untuk melanjutkan proses pengajuan pinjaman. Setelah terhubung dengan petugas, kamu akan dibimbing untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman. Pastikan kamu mengikuti semua arahan dengan benar. Kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen penting seperti e-KTP, slip gaji terbaru, NPWP, dan dokumen pendukung lainnya sesuai status pekerjaanmu. Setelah dokumen dan formulir selesai, petugas akan memproses permohonanmu. Proses ini termasuk pemeriksaan data dan verifikasi kelayakan kredit. Jika pengajuanmu disetujui, kamu akan diminta untuk menandatangani perjanjian kredit. Setelah itu, dana akan langsung ditransfer ke rekening BCA milikmu.

    Lewat Kantor Cabang BCA

    Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan seluruh dokumen yang menjadi syarat pengajuan pinjaman, sesuai dengan ketentuan dari pihak BCA. Setelah dokumen siap, kunjungi kantor cabang BCA yang paling dekat dengan lokasimu. Temui petugas bank dan utarakan niat kamu untuk mengajukan pinjaman. Nantinya, kamu akan menjalani sesi wawancara singkat mengenai tujuan peminjaman dan kondisi keuangan secara umum. Jika permohonanmu memenuhi syarat dan mendapat lampu hijau, petugas akan memberikan formulir aplikasi pinjaman untuk kamu isi. Setelah pengisian formulir selesai, kamu akan diminta untuk menandatangani dokumen perjanjian kredit sebagai bentuk persetujuan resmi. Proses terakhir adalah pencairan dana. Jika semua tahapan sudah dilalui, dana pinjaman akan ditransfer langsung ke rekening BCA milikmu sesuai jumlah yang diajukan.

    Lewat eBranch

    Langkah pertama, unduh aplikasi eBranch BCA melalui App Store (untuk pengguna iOS) atau Google Play Store (untuk pengguna Android). Setelah itu, lakukan registrasi dengan mengisi data seperti nama lengkap, alamat email, dan membuat PIN untuk akun eBranch. Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan menerima email berisi tautan untuk aktivasi akun. Klik link tersebut agar akun eBranch kamu aktif dan bisa digunakan. Gunakan akun yang sudah kamu buat sebelumnya untuk login ke aplikasi. Setelah berhasil masuk, temukan dan pilih opsi pinjaman atau “Personal Loan” yang tersedia di halaman utama aplikasi. Isi formulir permohonan sesuai dengan data diri dan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen yang diminta, seperti KTP, slip gaji, dan surat keterangan kerja jika dibutuhkan. Ikuti semua instruksi yang ditampilkan hingga pengajuan kamu berhasil dikirim. Setelah itu, kamu tinggal menunggu proses verifikasi dari pihak bank. Apabila pinjamanmu disetujui, dana akan segera ditransfer ke rekening BCA yang telah kamu daftarkan. Tabel Simulasi Cicilan, Pinjam 20 Juta Cicilan Berapa?

    Jika kamu berencana mengambil pinjaman melalui BCA Personal Loan, berikut ini adalah gambaran estimasi cicilan bulanan berdasarkan jumlah pinjaman (plafon) dan jangka waktu (tenor). Suku bunga yang berlaku bervariasi tergantung lama tenor, yaitu:

    1% per bulan untuk tenor 12 bulan 1,03% per bulan untuk tenor 24 bulan 1,07% per bulan untuk tenor 36 bulan

    Estimasi Cicilan Berdasarkan Jumlah Pinjaman

    Pinjaman Rp5 juta

    Cicilan per bulan: Sekitar Rp466 ribu untuk 1 tahun Sekitar Rp259 ribu untuk 2 tahun Sekitar Rp192 ribu untuk 3 tahun

    Pinjaman Rp10 juta

    Cicilan bulanan: Rp933 ribu untuk 1 tahun Rp519 ribu untuk 2 tahun Rp384 ribu untuk 3 tahun

    Pinjaman Rp20 juta

    Per bulan: Rp1,86 juta (tenor 1 tahun) Rp1,03 juta (tenor 2 tahun) Rp769 ribu (tenor 3 tahun)

    Pinjaman Rp25 juta

    Estimasi cicilan: Rp2,33 juta per bulan selama 1 tahun Rp1,29 juta per bulan untuk 2 tahun Rp961 ribu per bulan jika diangsur 3 tahun

    Pinjaman Rp30 juta

    Cicilan: Rp2,8 juta (1 tahun) Rp1,55 juta (2 tahun) Rp1,15 juta (3 tahun)

    Pinjaman Rp40 juta

    Angsuran bulanan: Rp3,73 juta (1 tahun) Rp2,07 juta (2 tahun) Rp1,53 juta (3 tahun)

    Pinjaman Rp50 juta

    Pembayaran bulanan: Sekitar Rp4,66 juta untuk tenor 1 tahun Rp2,59 juta jika mengambil 2 tahun Rp1,92 juta selama 3 tahun

    Pinjaman Rp70 juta

    Cicilan: Sekitar Rp6,53 juta (1 tahun) Rp3,63 juta (2 tahun) Rp2,69 juta (3 tahun)

    Pinjaman Rp100 juta

    Bayar sekitar Rp9,33 juta per bulan jika tenor 1 tahun Rp5,19 juta per bulan untuk 2 tahun Rp3,84 juta per bulan untuk 3 tahun

    Jumlah cicilan ini bersifat estimasi dan dapat berubah sesuai kebijakan BCA. Pastikan kamu mempertimbangkan tenor dan nominal pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansialmu sebelum mengajukan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Arus Mudik Melandai, Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

    Arus Mudik Melandai, Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

    JAKARTA – Seiring dengan kondisi arus mudik yang mulai berangsur normal, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) menginformasikan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan. Kebijakan ini diambil atas diskresi Kepolisian setelah kondisi lalu lintas terpantau kembali lancar.

    “Mulai pukul 21.35 WIB, rekayasa contraflow dari KM 70 hingga KM 47 arah Jakarta dihentikan berdasarkan evaluasi Kepolisian. Situasi lalu lintas dinilai telah kembali normal,” ungkap Vice President Corporate Secretary and Legal PT JTT, Ria Marlinda Paallo, di Jakarta, seperti dikutip ANTARA.

    Dengan berakhirnya contraflow, lalu lintas di kedua arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek kini berjalan seperti biasa tanpa hambatan berarti.

    Ria juga mengingatkan seluruh pengguna jalan tol untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam perjalanan. “Pastikan kondisi fisik dan kendaraan dalam keadaan prima. Siapkan juga kebutuhan perjalanan seperti bahan bakar, saldo uang elektronik yang cukup, dan patuhi seluruh rambu serta arahan petugas di lapangan,” tambahnya.

    Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan bahwa selama periode arus balik Lebaran 2025, dari H1 hingga H+5 atau tanggal 31 Maret hingga 6 April, sebanyak 1.454.010 kendaraan tercatat kembali menuju wilayah Jabotabek.

    Data tersebut merupakan akumulasi dari empat gerbang tol utama, yaitu GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), GT Kalihurip Utama dan GT Fungsional Japek II Selatan (arah Bandung), GT Cikupa (arah Merak), serta GT Ciawi (arah Puncak).

    Volume kendaraan yang kembali ke Jabotabek ini mengalami peningkatan sebesar 50,1 persen dibandingkan dengan rata-rata harian normal yang berjumlah 968.414 kendaraan.

    Dilihat dari distribusi arah, mayoritas kendaraan berasal dari timur (Trans Jawa dan Bandung) sebanyak 831.107 unit atau 57,2 persen, disusul dari arah barat (Merak) sebanyak 330.759 kendaraan (22,7 persen), dan dari selatan (Puncak) sebanyak 292.144 kendaraan (20,1 persen).

    Khusus dari arah Trans Jawa yang masuk melalui GT Cikampek Utama, tercatat 507.229 kendaraan melintas, atau meningkat drastis sebesar 168,9 persen dibandingkan kondisi normal.

  • Akses Jalan Menuju Kantor Kelurahan Jatihandap Bandung Longsor, Tak Ada Korban Jiwa

    Akses Jalan Menuju Kantor Kelurahan Jatihandap Bandung Longsor, Tak Ada Korban Jiwa

    Liputan6.com, Bandung – Akses jalan menuju Kantor Kelurahan Jatihandap, Kota Bandung, Jawa Barat longsor akibat hujan lebat pada Senin, 7 April 2025 lalu.

    Terkait itu, Wakil Wali Kota Bandung, Erwin memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Meski demikian, terdapat dua aliran air menuju sungai yang perlu diperbaiki. Pasalnya, aliran tersebut menuju akses jalan ke Kantor Kelurahan Jatihandap.

    “Ini adalah akses jalan ke kantor kelurahan, saya pastikan peruntukan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” kata Erwin dalam keterangannya pada Selasa, 8 April 2025.

    Menurut Erwin, gedung pelayanan publik harus berjalan dengan baik. Oleh karena itu, perbaikan jalan hingga gorong-gorong yang mempengaruhi akses masyarakat harus dilakukan secepatnya.

    “Secepatnya pak lurah dengan dinas terkait untuk diperbaiki. Buatkan gorong-gorong dan jalan yang baik untuk dilalui masyarakat,” imbuh Erwin.

    Adapun terkait dana, Erwin mengaku akan berkoordinasi dengan Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan untuk mempercepat penanganan tersebut.

    Dia menjelaskan, dana yang digunakan dapat berasal dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) maupun pergeseran anggaran. Dia menilai, BTT memiliki sifat tidak biasa dan atau tidak diharapkan berulang, seperti halnya penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang tak diperkirakan sebelumnya.

    “Kita upayakan anggaran yang tersedia, harus cari solusi. Bisa memanfaatkan BTT atau pergeseran (anggaran) saya akan koordinasikan dengan PakWali,” dia menandaskan.

  • Kapan Bansos BPNT April 2025 Cair, Simak Cara Cek Penerimanya

    Kapan Bansos BPNT April 2025 Cair, Simak Cara Cek Penerimanya

    Liputan6.com, Bandung – Bantuan sosial atau bansos merupakan salah satu program yang biasanya dibuat oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan mulai dari masyarakat miskin, rentan, hingga tidak mampu.

    Selain itu, jenis bansos bisa berbeda-beda mulai dari bansos uang tunai, barang, hingga jasa. Adapun pada bulan April 2025 Pemerintah Indonesia menyalurkan beberapa jenis bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

    Bantuan tersebut di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Khusus untuk Lansia, hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

    Sebagai informasi, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan salah satu bantuan yang bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya. Bantuan ini diberikan kepada penerima yang terdaftar dengan nominal Rp200 ribu per bulan.

    Kemudian bantuannya diberikan setiap tiga bulan sekali sehingga total bantuan yang diterima dalam tiga bulan adalah sekitar Rp600 ribu. Para penerima yang mendapatkan bantuan ini biasanya bisa membeli bahan pangan di e-warung yang telah disediakan.

    Jadwal pencairan BPNT dilakukan secara bertahap dengan tahapan 1 pada bulan Januari-Maret, tahap 2 pada April-Juni, dan Tahap 3 pada bulan Juli-September. Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin memeriksa apakah termasuk penerima BPNT bisa dilakukan secara online.

  • Layanan Transfer di ATM Bank DKI Mulai Pulih – Page 3

    Layanan Transfer di ATM Bank DKI Mulai Pulih – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi nasabah Bank DKI. Setelah melalui proses pemeliharaan sistem, layanan transaksi antarbank melalui jaringan ATM Bank DKI kini kembali beroperasi secara penuh dan normal.

    Nasabah dapat kembali menikmati fitur tarik tunai, cek saldo, transfer antarbank (off us), hingga pembayaran berbagai tagihan melalui ATM Bank DKI.

    Pemulihan layanan ini merupakan bagian dari komitmen Bank DKI dalam meningkatkan kualitas layanan digital dan memperkuat sistem keamanan transaksi perbankan.

    Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang sempat terjadi dan mengapresiasi kesabaran para nasabah selama proses pemeliharaan berlangsung.

    “Kami memahami adanya ketidaknyamanan, namun langkah ini penting demi meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keandalan sistem layanan kami,” ujar Agus dalam keterangannya, Selasa (8/4/2025).

    Dana Nasabah Aman

    Agus juga memastikan bahwa selama proses pemeliharaan, keamanan data dan dana nasabah tetap menjadi prioritas utama. Setiap kendala yang muncul telah ditangani dan diselesaikan secara optimal oleh tim teknis Bank DKI.

    Bank DKI saat ini mengoperasikan lebih dari 750 ATM yang tersebar di berbagai lokasi strategis, termasuk kantor kelurahan, kecamatan, pusat perbelanjaan, terminal, dan stasiun di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

    Selain itu, jaringan ATM Bank DKI juga hadir di beberapa kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang, Solo, Gresik, Sidoarjo, dan Lampung.

     

  • 10
                    
                        Dedi Mulyadi Bebaskan Biaya Mutasi Kendaraan dari Luar Jabar, Plus Gratis Pajak Tahun Ini
                        Bandung

    10 Dedi Mulyadi Bebaskan Biaya Mutasi Kendaraan dari Luar Jabar, Plus Gratis Pajak Tahun Ini Bandung

    Dedi Mulyadi Bebaskan Biaya Mutasi Kendaraan dari Luar Jabar, Plus Gratis Pajak Tahun Ini
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Dinas Pendapatan Pemprov Jawa Barat membebaskan biaya mutasi, biaya balik nama dan pajak kendaraan tahun 2025 bagi kendaraan luar provinsi yang mutasi ke Jawa Barat.
    Program ini berlaku untuk kendaraan perorangan, perusahaan swasta, maupun pemerintah.
    “Hari ini ada kabar gembira bagi warga Jabar, bagi yang mutasi kita bebaskan pajak kendaraan bermotornya (tahun 2025) dan biaya balik nama kendaraan (BBN),” kata Gubernur Jawa Barat,
    Dedi Mulyadi
    melalui unggahan di akun media sosialnya dan dikonfirmasi
    Kompas.co
    m, Selasa (8/4/2025) pagi.
    Dia meminta perorangan maupun perusahaan yang mobilnya beroperasi di Jabar, tapi nomornya masih luar Jabar, untuk segera mutasi kendaraannya.
    “Pajaknya dibebaskan, tapi kalau biaya (penerbitan) BPKB dan STNK nya tetap bayar karena itu bukan ranahnya pemprov,” jelas Dedi.
    Dia meminta pihak terkait memanfaatkan kesempatan ini.
    Jangan sampai, kata Dedi, kendaraan beroperasi di Jabar, bahkan merusak jalan di Jabar tapi bayar pajaknya di provinsi lain.
    “Pokoknya tanggal 9 April sampai 30 Juni 2025 mutasi, pajaknya dibebaskan selama setahun 2025,” kata Dedi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cara Cek NIK KTP Secara Online, Mudah Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    Cara Cek NIK KTP Secara Online, Mudah Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap warga negara Indonesia pasti punya Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang biasanya tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

    NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

    Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 1 poin 12 UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

    NIK diberikan oleh pemerintah dan diterbitkan oleh instansi pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK yang didapatkan berlaku seumur hidup. Namun terkadang, NIK seseorang tidak tercatat di Dukcapil Nasional.

    Untuk itu, Cek NIK KTP secara online diperlukan untuk mengetahui status NIK tersebut, apakah valid atau tidak. Jika NIK ternyata tidak valid, Anda bisa langsung mengurus dan melaporkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

    Cek NIK KTP secara online juga biasanya dibutuhkan sebelum mengurus beberapa hal. Seperti pembukaan rekening bank, pendaftaran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, saat ingin mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), hingga mengikuti Pemilu.

    NIK terdiri dari 16 digit kode. Penyusunannya terdiri dari 6 digit pertama yaitu kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, 6 digit kedua yaitu tanggal, bulan, tahun kelahiran, dan 4 digit terakhir yaitu nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

    Namun terkadang, nomor NIK tidak tercatat di Disdukcapil. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui status valid atau tidaknya nomor yang tertera pada KTP agar tidak menjadi hambatan saat berurusan dengan hal-hal yang bersifat administratif di kemudian hari.

    Cara Cek NIK KTP Secara Online

    Anda bisa melakukan cek NIK KTP secara online, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil. Cara mengeceknya mudah dan sederhana, berikut ini langkah-langkahnya:

    1. Cek NIK KTP Secara Online Via Situs Disdukcapil Kota/Kabupaten

    Pertama, cek NIK KTP secara online bisa dilakukan melalui laman resmi Dukcapil masing-masing Kabupaten/Kota domisili Anda. Misalnya Dukcapil DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Solo, dan lainnya.

    Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil yang disertai dengan kota domisili Anda sesuai KTP. Setelah itu, kunjungi situs Dukcapil Kota/Kabupaten. Lalu masukkan NIK serta data lainnya lalu ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan.

    Akses laman https://kemendagri.lapor.go.id/
    Klik menu “Sampaikan Laporan Anda”
    Setelah itu, klik “Permintaan Informasi”
    Tuliskan pengajuan informasi pada kolom “Permintaan Informasi”
    Ketik kota dan domisili asal
    Pilih kategori laporan atau permintaan informasi dan klik “Kependudukan”
    Langkah selanjutnya adalah klik “Lapor”.

    2. Cek NIK KTP Secara Online Via Media Sosial Dukcapil

    Selanjutnya, cara cek NIK KTP secara online yang bisa Anda pilih yaitu melalui media sosial resmi Dukcapil di platform X dan Facebook adalah:

    X: twitter.com/ccdukcapil atau https://x.com/ccdukcapil
    Facebook: facebook.com/cc.dukcapil
    Anda juga bisa menghubungi akun resmi sosial media Dukcapil di tiap masing-masing daerah baik Facebook, Instagram, maupun Twitter.
    Anda pun dapat menghubungi mereka melalui personal chat dengan format : #NIK#Nama_lengkap#nomor_KK#nomor_telepon#keluhan

    3. Cek NIK KTP Secara Online Via Call Center

    Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center Halo Dukcapil ke nomor 1500-537. Namun, untuk melakukan cek NIK KTP lewat call center ini memang diperlukan pulsa telepon yang cukup.

    Melalui call center, Anda bisa mengemukakan permasalahan yang dialami dan menanyakan beberapa hal terkait yang diperlukan. Petugas Halo Dukcapil akan merespons cepat dan membantu sinkronisasi data NIK jika ditemukan nomor KTP tersebut tidak terdaftar

    Jangan lupa untuk menyiapkan nomor NIK dan Kartu Keluarga (KK) untuk keperluan informasi dan verifikasi.

    4. Cek NIK KTP Secara Online Via WhatsApp dan SMS

    Cara selanjutnya untuk cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui WhatsApp. Caranya cukup mudah, yaitu Anda mengirim pesan dengan format nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota, lalu kirim ke nomor 0813-2691-2479.

    Contohnya: Nia Salsabila/317123456780001/Palmerah/Palmerah/Jakarta Barat.

    Jika tidak ingin menggunakan WhatsApp, Anda bisa mengeceknya melalui SMS atau pesan singkat. pastikan terlebih dahulu pulsa sudah terisi cukup untuk mengirim pesan singkat.

    Kirim SMS ke nomor Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999 dengan format sebagai berikut:

    Cek#KTP#NIK

    5. Cek NIK KTP Secara Online Via Email

    Cara cek NIK KTP secara online yang terakhir yaitu dapat dilakukan melalui email. Anda bisa mengirim email ke [email protected]

    Gunakan format berikut untuk mengisi badan email:

    #NIK#Nama_lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_telepon#keluhan. Setelah itu kirim email.

    Jika Anda tidak terburu-buru, Anda bisa memakai cara ini sebagai opsi, karena cara cek NIK ini membutuhkan waktu setidaknya 1×24 jam.

    Itu dia 5 cara cek NIK KTP secara online, mudah dan praktis. Cara cek NIK KTP secara online ini diperlukan untuk mengetahui apakah NIK sudah terdaftar di Dukcapil Nasional atau belum.

    Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data penduduk, verifikasi NIK melalui layanan daring wajib melewati proses validasi yang ketat dan dilakukan oleh petugas yang telah terlatih dengan baik. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak mengungkapkan NIK serta data pribadi lainnya kepada akun atau pihak yang tidak merupakan kanal resmi Dukcapil.

    (dem/dem)

  • 7
                    
                        Dedi Mulyadi: Bukan Dishub, KKSU yang Potong Uang Kompensasi Sopir Angkot
                        Bandung

    7 Dedi Mulyadi: Bukan Dishub, KKSU yang Potong Uang Kompensasi Sopir Angkot Bandung

    Dedi Mulyadi: Bukan Dishub, KKSU yang Potong Uang Kompensasi Sopir Angkot
    Editor
    KOMPAS.com –
    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menegaskan bahwa Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor tidak terlibat dalam pemotongan dana kompensasi untuk sopir angkot.
    Penegasan ini disampaikan Dedi usai mempertemukan langsung Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih, dan seorang sopir angkot bernama Emen yang sebelumnya menuding adanya pemotongan dana.
    Konfrontasi tersebut terjadi dalam sebuah video yang diunggah Dedi melalui akun Instagram pribadinya @dedimulyadi71, Senin (7/4/2025).
    Dalam video itu, Dedi mengklarifikasi secara terbuka peran masing-masing pihak terkait penyaluran dana kompensasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada para sopir angkot.
    Sebelumnya, Pemprov Jabar menyalurkan uang Rp 1 juta sebagai kompensasi sopir angkot untuk tidak beroperasi selama arus mudik.
    “Pungutan liar yang dilakukan Dishub Bogor tidak pernah ada. Yang ada adalah pungutan yang dilakukan oleh KKSU dan uangnya dinikmati oleh mereka,” ujar Dedi menegaskan.
    Emen, yang sempat menyebut ada potongan sebesar Rp 200.000 dari dana kompensasi, mengakui bahwa pemotongan bukan dilakukan oleh Dishub, melainkan oleh Kelompok Kerja Sub Unit (KKSU) yang merupakan wadah bagi sopir dan pemilik angkot.
    Uang kompensasi sebesar Rp 4 juta, menurut Emen, diserahkan kepada Ketua KKSU bernama Nandar di basecamp.
    “Pak Dadang itu ikut menikmati atau tidak?” tanya Dedi.
    “Tidak, Pak,” jawab Emen.
    “Yang benar adalah?”
    “KKSU,” lanjut Emen.
    Dadang juga membenarkan bahwa pihaknya tidak dilibatkan dalam proses penyerahan dana, dan hanya hadir secara simbolis saat penyaluran bantuan dilakukan oleh Dishub Provinsi di Polres Bogor.
    “Waktu penyerahan, Dishub Bogor tidak dilibatkan. Hanya Dishub Provinsi. Kita hanya menyaksikan simbolis di Polres,” kata Dadang.
    Dalam penjelasannya, Dedi juga mengungkap adanya dugaan pungutan lain di jalur Cibedug sebesar Rp 250.000 oleh KKSU yang disebut sebagai “jaminan” agar sopir tetap bisa beroperasi meski seharusnya diliburkan.
    Dedi meminta Polres Bogor untuk menindaklanjuti temuan tersebut dan menyebut praktik pungli bisa jadi terjadi di wilayah lain.
    “Ini kita tidak merekayasa. Ini fakta. Kalau benar katakan benar, kalau tidak, katakan tidak,” tegasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DPR Apresiasi Penurunan Kecelakaan Saat Arus Mudik Lebaran 2025

    DPR Apresiasi Penurunan Kecelakaan Saat Arus Mudik Lebaran 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Pelaksanaan arus mudik Lebaran 2025 dinilai yang paling baik dalam lima tahun terakhir. Wakil Ketua DPR Adies Kadir memberikan apresiasi khusus terhadap rendahnya angka kecelakaan lalu lintas selama periode arus mudik Lebaran 2025. 

    “Arus mudik tahun ini bisa dikatakan yang terbaik dalam lima tahun terakhir. Tingkat kecelakaannya sangat rendah,” ujar Adies dalam keterangannya pada Selasa (8/5/2025).

    Data dari Operasi Ketupat 2025 menunjukkan penurunan jumlah kecelakaan hingga 30% dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, terdapat 2.637 kasus kecelakaan lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2025. Angka ini menurun drastis dari 3.728 kasus pada periode yang sama pada 2024.

    Penurunan ini dipandang sebagai hasil nyata dari penerapan strategi lalu lintas yang lebih efisien dan penanganan keamanan yang sigap.

    Adies pun memuji kinerja cepat dan responsif dari Polri, Kementerian Perhubungan, dan seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran arus mudik tahun ini.

    “Saya apresiasi langkah cepat, cerdas, dan sigap dari Polri, Kemenhub, dan seluruh stakeholder terkait,” tambahnya.

    Menurut Adies, keberhasilan ini tidak lepas dari koordinasi dan sinergi yang kuat antarlembaga terkait. Ia juga menekankan bahwa keberhasilan penyelenggaraan mudik 2025 menunjukkan negara hadir untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

    “Ini bukti negara hadir memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama mudik Lebaran,” tegasnya.

    Dari sisi lalu lintas, Jasa Marga melaporkan bahwa selama periode mudik 21 Maret–1 April 2025, sebanyak 2,16 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek. Angka ini meningkat 28,1% dari kondisi normal dan sedikit lebih tinggi (0,6%) dibandingkan musim mudik tahun lalu.

    Sementara itu, per 7 April 2025, lebih dari satu juta kendaraan roda empat telah kembali ke Jakarta pasca-Idulfitri 1446 H yang jatuh pada 31 Maret. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.194.225 kendaraan masuk ke wilayah Jabodetabek selama 31 Maret–5 April 2025. Data ini dihimpun dari empat gerbang tol utama, yakni GT Cikampek Utama (Trans Jawa), GT Kalihurip Utama dan GT Fungsional Japek II Selatan (dari arah Bandung), GT Cikupa (dari arah Merak), dan GT Ciawi (dari arah Puncak).

    Sementara itu, dalam angkutan laut Lebaran 2025 yang berlangsung dari 16 Maret hingga 6 April, PT Pelni mengoperasikan 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis dengan total kapasitas angkut mencapai 60.212 kursi. Selama periode tersebut, jumlah penumpang kapal laut tercatat mencapai 416.370 orang.

    Hanya pada Minggu (6/4/2025) saja, tercatat sebanyak 22.247 orang menggunakan layanan transportasi laut, mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi ini.

    Pelabuhan Makassar menjadi yang paling padat dengan 42.257 penumpang, disusul oleh Balikpapan, Pulau Batam, dan Ambon. Rute dengan volume penumpang tertinggi antara lain Batam–Belawan, Balikpapan–Surabaya, dan Kumai–Semarang, menandakan pentingnya transportasi laut dalam mendukung mobilitas antarpulau di berbagai wilayah Indonesia terutama pada periode arus mudik Lebaran.