kab/kota: Ancol

  • Daftar Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Terbaru, Ada Kenaikan

    Daftar Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Terbaru, Ada Kenaikan

    Jakarta

    Keberadaan jalan tol dalam kota Jakarta atau Jakarta Inner Ring Road (JIRR) sangat membantu masyarakat untuk mempercepat mobilitas antar wilayah. Seperti jalan tol pada umumnya, pengguna jalan yang masuk tol dikenakan biaya.

    Adapun yang dimaksud jalan tol dalam kota adalah ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dan ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit. Berapa tarif tol dalam kota yang terbaru?

    Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Terbaru

    Tarif Tol Dalam Kota Jakarta ini ditetapkan sama untuk setiap kali masuk dan keluar tanpa memperhatikan jarak tempuhnya. Berikut ini daftar tarif Tol Dalam Kota Jakarta (JIRR) yang terbaru:

    Golongan I: Rp 11.000 (tarif semula Rp 10.500)Golongan II: Rp 16.500 (tarif semula Rp 15.500)Golongan III: Rp 16.500 (tarif semula Rp 15.500)Golongan IV: Rp 19.000 (tarif semula Rp 17.500)Golongan V: Rp 19.000 (tarif semula Rp 17.500)

    Besar tarif tol dalam Kota Jakarta tersebut telah mengalami kenaikan sejak September 2024. Kenaikan ini diatur lewat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 2130/KPTS/M/2024.

    Aturan dibuat berdasarkan Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan terakhir pada PP Nomor 17 Tahun 2021. Kenaikan tarif ini merupakan hasil evaluasi dan penyesuaian tarif tol tiap dua tahun sekali berdasarkan laju inflasi.

    “Penyesuaian tarif ini juga diperlukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol sesuai Business Plan, membangun dan menjaga iklim investasi Jalan Tol di Indonesia yang kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level of services jalan tol,” kata Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan persnya.

    Keterangan Golongan Kendaraan Jalan Tol

    Buat detikers yang belum tahu jenis atau golongan kendaraan kamu, berikut penjelasannya:

    Golongan I: sedan, jip, pikap/truk kecil, dan busGolongan II: truk dengan 2 (dua) gandarGolongan III: truk dengan 3 (tiga) gandarGolongan IV: truk dengan 4 (empat) gandarGolongan V: truk dengan 5 (lima) gandar

    Nah, jika detikers pengguna mobil pribadi, maka kamu dikenakan tarif Golongan I. Tarif Tol Dalam Kota Jakarta yang dikenakan adalah Rp 11 ribu.

    (bai/row)

  • Dampak Opsen Pajak ke Sepeda Motor Bisa Ditolong Insentif

    Dampak Opsen Pajak ke Sepeda Motor Bisa Ditolong Insentif

    Jakarta

    Industri otomotif tahun ini menghadapi tantangan. Salah satunya terkait kebijakan opsen pajak, meski pemerintah daerah sedang memberi relaksasi, namun sifatnya masih sementara.

    Pungutan opsen pajak sudah diatur berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Dalam undang-undang itu dijelaskan, opsen adalah pungutan tambahan pajak menurut persentase tertentu.

    Kementerian Perindustrian menyebut sudah ada 25 provinsi yang memberikan keringanan opsen pajak. Namun hal ini sifatnya sementara alias tidak permanen, insentif itu ada yang berlaku tiga bulan hingga 12 bulan.

    Hal ini menyusul Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang menerbitkan Surat Edaran Nomor 900.1.13.1/6764/SJ pada 20 Desember 2024. Beleid itu meminta gubernur memberikan keringanan atau pengurangan dasar pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Opsen PKB, dan Opsen BBNKB.

    Menanggapi hal tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut hadirnya insentif dari masing-masing pemerintah daerah, bisa meredam dampak kenaikan harga dari opsen pajak.

    “Opsen itu pertama tidak semua Pemprov yang memberlakukan, salah satunya DKI,” kata Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Coorporate Communication PT AHM di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (6/2/2025).

    “Yang memberlakukan itu membarengi dengan insentif untuk konsumen. Sehingga kalau opsen itu diberlakukan tidak berdampak ke harga. Kalau dilihat di STNK terbaru itu, kalau dihitung selisihnya tidak banyak,” jelas dia.

    “Bagaimana dampaknya? market ini tidak hanya dipengaruhi oleh opsen, banyak faktor. Daya serap masyarakat terhadap produk baru tidak hanya dikarenakan harga,” tambahnya lagi.

    “Tapi juga daya beli mereka, itu juga mempengaruhi juga,” ungkap Muhib.

    “Closing di akhir Januari ini, mudah-mudahan bagus,” kata Muhib.

    Dia berharap pasar sepeda motor bisa terus bertumbuh dari tahun lalu.

    Opsen pajak atau pungutan tambahan menjadi salah satu instrumen baru yang bisa membuat harga motor naik signifikan pada awal 2025. Untungnya, ada sejumlah wilayah yang menunda penerapan opsen.

    “Poinnya kita harapkan tahun ini kita bisa tumbuh at least sama dengan tahun lalu. Kalau AISI kemarin mematok di angka 6,4 sampai 6,7 juta unit, kita berharap itu bisa kita capai market sebesar itu, tapi kita tetap pantau 3 bulan pertama ini seperti apa,” ungkap Muhib.

    “Ada transisi perubahan harga, baik harga produknya maupun harga barang konsumsi di luar itu sangat mempengaruhi daya beli. Secara umum ekonomi cukup struggling. Kita lihat 3 bulan ini seperti apa, nanti kita lihat 6,4-6,7 (juta unit) seperti apa, masih relevan atau tidak,” kata dia.

    Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, kehadiran opsen bisa membuat harga motor baru naik signifikan.

    Tarif opsen PKB (pajak kendaraan bermotor) ditetapkan sebesar 66% yang dihitung dari besaran pajak terutang. Sementara itu, tarif opsen BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor) juga ditetapkan sebesar 66% yang dihitung dari besaran pajak terutang.

    Kata Sigit, dalam simulasi perhitungan AISI, akan timbul kenaikan harga sepeda motor baru sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 2 juta, tergantung jenis motor. Kenaikan ini setara kenaikan harga on the road sepeda motor baru sebesar 5%-7%, atau dua hingga tiga kali lebih besar dari inflasi. Kenaikan harga ini akan semakin membebankan konsumen.

    “Konsumen sepeda motor sangat sensitif terhadap kenaikan harga. Opsen pajak bisa menaikkan harga motor di segmen entry level lebih dari Rp 800 ribu. Segmen mid high bisa naik hingga Rp 2 juta. Inilah yang akan menekan permintaan, padahal sepeda motor ini alat transportasi produktif yang paling dibutuhkan masyarakat di tengah daya beli yang sedang melemah,” ujar Sigit dalam keterangan resmi yang diterima detikOto belum lama ini.

    (riar/din)

  • Banjir Rob Akibat Bulan Purnama hingga 28 Februari, Ini Daftar Daerah Terdampak

    Banjir Rob Akibat Bulan Purnama hingga 28 Februari, Ini Daftar Daerah Terdampak

    loading…

    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob akibat fenomena Bulan Purnama periode 6-28 Februari 2025. Foto/Dok.SindoNews

    JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob akibat fenomena Bulan Purnama periode 6-28 Februari 2025.

    “Adanya fenomena Bulan Purnama pada tanggal 12 Februari 2025 berpotensi meningkatkan ketinggian air laut maksimum,” ujar Direktur Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Jumat (7/2/2025).

    Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

    Sejumlah wilayah pesisir yang berpotensi mengalami banjir rob diantaranya di Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Kepulauan Bangka Belitung, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Banten.

    Selanjutnya di Pesisir Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Selatan, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Maluku Utara, dan Pesisir Papua Selatan.

    Eko mengatakan potensi banjir pesisir yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

    “Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” imbaunya.

    Daerah Terdampak Banjir Rob 6 hingga 28 Februari 2025

    1. Pesisir Kepulauan Riau

    Pesisir Batam 12 – 16 Februari 2025
    Pesisir Dabo Singkep 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Karimun 11 – 16 Februari 2025
    Pesisir Bintan 14 – 15 Februari 2025
    Pesisir Tanjung Pinang 12 – 14 Februari 2025

    2. Pesisir Kepulauan Bangka Belitung

    Pesisir Kota Pangkalpinang, Mentok, Pesisir Timur Belitung 09 – 14 Februari 2025

    3. Pesisir Sumatera Barat
    Pesisir Kota Padang 12 dan 28 Februari 2025
    Pesisir Padang Pariaman, Pantai Pariaman, Padang, Painan 12 dan 28 Februari 2025

    4. Pesisir Banten

    Perairan Utara Tangerang 06 – 12 Februari 2025
    Selat Sunda Bagian Utara 28 Februari 2025
    Perairan Selatan Pandeglang 07, 10 – 14, dan 27 – 28
    Februari 2025
    Perairan Selatan Lebak 07, 10 – 14, dan 27 – 28 Februari 2025

    5. Pesisir Jakarta

    Pesisir Kamal Muara, Kapuk Muara,
    Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing,
    Tanjung Priok dan Kalibaru (Jakarta
    Utara) 07 – 13 Februari 2025
    Peisir Muara Angke, Penjaringan 07 – 13 Februari 2025

    6. Pesisir Jawa Barat

    Pesisir Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu 07 – 13 Februari 2025

    Pesisir Cirebon 06 – 08 Februari 2025

    7. Pesisir Jawa Tengah

    Kota Semarang, Kab. Demak, Kab. Pekalongan 09 – 12 Februari 2025
    Kab Brebes, Kota Tegal 08 – 13 Februari 2025
    Kab Tegal, Kab Pemalang 08 – 13 Februari 2025

    8. Pesisir Nusa Tenggara Timur

    Pesisir Utara P. Flores 07 – 13 Februari 2025
    Pesisir Selatan P. Flores 07 – 13 Februari 2025
    Pesisir P. Sumba 07 – 13 Februari 2025
    Pesisir P. Sabu – Raijua 07 – 14 Februari 2025
    Pesisir P. Timor – Rote 07 – 13 Februari 2025
    Pesisir utara P. Flores 07 – 13 Februari 2025

    9. Pesisir Kalimantan Selatan

    Perairan Muara Sungai Barito dan Perairan Kotabaru 08 – 15 Februari 2025

    10. Pesisir Sulawesi Utara

    Pesisir Utara Sulawesi Utara 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Bitung 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Likupang 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Utara Kepulauan Sangihe 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Timur Kepulauan Sangihe 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Utara Kepulauan Talaud 10 – 14 Februari 2025
    Pesisir Timur Kepulauan Talaud 10 – 14 Februari 2025

    11. Pesisir Maluku Utara

    Pesisir Loloda, Pesisir Morotai, Pesisir Tobelo, Ternate, Pesisir Taliabu 11 – 15 Februari 2025

    12. Pesisir Papua Selatan

    Pesisir Merauke 14 – 18 Februari 2025
    Pesisir Selat Muli 11 – 15 Februari 2025

    (shf)

  • 7
                    
                        Terjepit Aturan Baru Ancol, Pedagang Menjerit: Gerobak Dibagi Berdua, Penghasilan Anjlok
                        Megapolitan

    7 Terjepit Aturan Baru Ancol, Pedagang Menjerit: Gerobak Dibagi Berdua, Penghasilan Anjlok Megapolitan

    Terjepit Aturan Baru Ancol, Pedagang Menjerit: Gerobak Dibagi Berdua, Penghasilan Anjlok
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Puluhan pedagang asongan di
    Ancol
    masih menolak untuk mengikuti program penataan yang diusulkan oleh
    PT Taman Impian Jaya Ancol
    .
    Program aturan satu gerobak diisi dua orang itu disebut sudah dicanangkan sejak setahun lalu.
    Namun, hingga saat ini, belum semua pedagang bersedia mengikuti ketentuan tersebut.
    “Ceritanya kami disuruh ikut program. Bukan kami enggak mau ditata. Kami mau. Cuma Ancol mengadakan program satu gerobak dua orang,” ungkap
    Yanti
    (72), seorang pedagang saat ditemui, Kamis.
    Penolakan ini muncul karena banyak pedagang merasa bahwa program dari Ancol merugikan mereka.
    Dalam aturan baru, para pedagang yang biasanya bisa leluasa berdagang sendiri, kini harus berbagi gerobak dengan orang lain.
    Selain itu, mereka diwajibkan untuk mengambil barang dagangan langsung dari pihak Ancol, alih-alih mengambil dari koperasi yang selama ini mereka kelola sendiri.
    Walaupun dengan program baru ini para pedagang bisa berjualan tanpa modal, tetap saja sistem pembagian hasil dianggap tidak adil.
    “Hasilnya dibagi dua. Misal kami dapat Rp 100 ribu, 60 persen kami setor ke Ancol, 40 persen lagi kami harus bagi dua dengan teman segerobak,” jelas Yanti.
    Akibat penolakan tersebut, banyak pedagang yang kini tidak diizinkan untuk berjualan di area timur Pantai Lagoon, Ancol.
    Pihak Ancol sebelumnya telah mensosialisasikan sterilisasi kawasan tersebut melalui surat edaran yang diberikan kepada pedagang.
    Namun, karena merasa telah berjualan di lokasi itu selama belasan tahun, sebagian dari mereka tetap nekat melanjutkan aktivitasnya.
    Masih banyaknya pedagang yang nekat berjualan di kawasan steril membuat Ancol menurunkan petugas keamanan.
    Pedagang yang tidak mau mengikuti program penataan Ancol mengaku kerap mengalami bentrokan dengan petigas keamanan.
    “Pagi kami ribut dulu, banyak yang rusak. Termos pecah, keinjak-injak, jatuh sampai kepala berada di bawah gerobak,” ujar Yanti.
    Saat ini, area timur Pantai Lagoon telah diblokade dengan beton pembatas jalan.
    Kondisi ini memaksa para pedagang yang biasa berjualan di lokasi tersebut menjadi menumpuk di bagian barat Pantai Lagoon.
    Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat antar pedagang dan berdampak pada menurunnya pendapatan mereka.
    Tak menemukan titik temu dengan pihak Ancol, para pedagang akhirnya meminta bantuan anggota
    DPRD Jakarta
    Komisi C Dapil 3, Tri Waluyo.
    Tri sudah dua kali mendatangi para pedagang yang mengalami kesulitan.
    Ia mengungkapkan akan mengundang pihak Ancol untuk membahas nasib para pedagang.
    “Kami mengundang pihak Ancol untuk melaksanakan rapat kerja di DPRD terkait pedagang di Ancol ini,” kata Tri saat diwawancarai.
    Tri juga menjelaskan, ia juga telah melakukan komunikasi dengan Direktur Utama Ancol.
    Berdasarkan keterangan pihak Ancol, ucap Tri,
    penataan pedagang
    ini telah dimodali dan difasilitasi pihak Ancol. Pihak pedagang diminta hanya mengembalikan modal.
    “Artinya di sini ada
    missing.
    Kami melihat ada keluhan pedagang sendiri perihal
    sharing profit
    untuk Ancol 60 persen, dan pedagang 40 persen,” tambah Tri.
    Ia berharap ke depannya akan ada solusi terbaik untuk semua pihak, baik untuk pedagang maupun pihak Ancol.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Progres Proyek MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Capai 85,55%, Begini Perkembangannya

    Progres Proyek MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Capai 85,55%, Begini Perkembangannya

    Bisnis.com, JAKARTA — Proyek MRT 2A yang menghubungkan Bundaran HI hingga Kota telah mencapai progres pembangunan 85,44% per 25 Januari 2025. 

    Manajemen PT MRT Jakarta (Perseroda) memaparkan progres pembangunan kontrak paket CP201 (Thamrin—Monas) telah mencapai 85,44%. Beberapa pekerjaan utama di Stasiun Thamrin yang sedang berlangsung mencakup pemasangan sheetpile di entre 4, 7, dan 8, instalasi sistem HVAC, sistem suplai air dan drainase, sistem pemadam kebakaran, serta kelistrikan. 

    Selain itu, tim konstruksi tengah menyelesaikan proses finishing, termasuk plester dan pengecatan dinding area beranda peron. Instalasi dinding AAC dan PSD hanging beam di area peron juga terus dikerjakan. Stasiun ini menjadi yang terpanjang dalam fase 2A dengan panjang sekitar 440 meter.  

    Di Stasiun Monas, percepatan pembangunan terus dilakukan dengan fokus pada pemasangan homogenous tiles di koridor entre 2 serta uji coba eskalator di peron dan beranda peron. MRT Jakarta menargetkan konstruksi CP201 rampung pada akhir 2025.  

    Untuk CP202 (Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar), yang dimulai sejak 25 Juni 2022, progresnya kini mencapai 46,11%. Di Stasiun Harmoni, tim konstruksi sedang mengerjakan eskavasi boks stasiun, pengecoran lantai dasar, atap stasiun, serta area beranda peron. Pemasangan gantry crane juga tengah dilakukan sebagai persiapan pembangunan terowongan.  

    Pekerjaan ekskavasi boks stasiun di Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar masih berlangsung. Setelah menyelesaikan D-Wall, tim melanjutkan dengan ekskavasi area launching dan receiving shaft TBM serta pengecoran roof slab boks stasiun. Kedua stasiun ini akan menjadi stasiun bawah tanah empat lantai pertama di Indonesia.  

    Pada CP203 (Glodok—Kota), dua terowongan penghubung telah rampung dengan progres keseluruhan mencapai 67,95%. Di Stasiun Kota, pekerjaan meliputi pembangunan struktur peron, tangga, dinding arsitektur, serta instalasi mekanikal, elektrikal, dan pipa.

    Tim juga sedang membangun entre 3 dan 4. Sementara itu, di Stasiun Glodok, terowongan dari sisi selatan menuju utara Stasiun Mangga Besar sedang dalam proses pengerjaan dengan TBM 1, sementara TBM 2 telah menyelesaikan terowongan northbound. Pekerjaan lain, termasuk konstruksi tangga akses damkar di sisi utara serta instalasi mekanikal dan elektrikal, masih terus dikebut.  

    Pada CP205, yang mencakup sistem perkeretaapian dan rel, proyek ini telah berjalan sejak kontrak ditandatangani antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Sojitz Corporation pada 17 April 2024.

    Hingga 25 Januari 2025, progresnya mencapai 11,48%, dengan fokus pada pengangkutan rel fase 2A, desain kapasitas main transformer, kabel 20kV, serta sistem ROCS. Selain itu, desain sistem telekomunikasi dan signaling backup automatic train supervision server juga tengah dibahas.  

    Untuk CP206 (rolling stock), saat ini sedang dalam tahap market sounding dengan kandidat potensial untuk re-bidding. Sementara itu, CP207, yang berfokus pada sistem pembayaran otomatis (automatic fare collection system), masih dalam proses klarifikasi dokumen tender.  

    Sebagai informasi, fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Bundaran HI hingga Kota dengan panjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri atas tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Pembangunan ini dibagi menjadi dua segmen yaitu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan Harmoni—Kota yang ditargetkan rampung pada 2029. Adapun, fase 2B, yang akan melanjutkan jalur hingga Depo Ancol Barat, masih dalam tahap studi kelayakan.  

    Proyek ini menelan biaya sekitar Rp25,3 triliun, didanai melalui pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Berbeda dengan fase 1, fase 2A dikembangkan dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit-oriented development).

  • Honda Rilis Motor Baru di IIMS 2025?

    Honda Rilis Motor Baru di IIMS 2025?

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) menjanjikan hal menarik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Rilis motor baru?

    “Akan ada yang menarik di IIMS dari Honda,” kata Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Coorporate Communication PT AHM di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (6/2/2025).

    Belum ada informasi terkait produk atau model apa yang bakal diperkenalkan Honda pada IIMS 2025.

    “Relate dengan produk,” tambah pria yang akrab disapa Muhib ini.

    Cuma Genio, salah satu motor matic jajaran Honda yang belum mendapatkan penyegaran. Motor tersebut juga tak pernah mendapat riasan total sejak pertama kali meluncur empat-lima tahun lalu.

    Di sisi lain, Honda juga sedang gencar-gencarnya memamerkan motor listrik. Plus penambahan teknologi konektivitas RoadSync pada skutik andalannya. Teknologi ini baru tersedia pada Honda PCX 160 dan motor listrik Honda CUV e:.

    Bila berkaca pada ajang IIMS 2024, Honda tidak meluncurkan produk baru. Honda hanya membawa motor konsep SC e: Concept setelah debut pada pameran EICMA. Selain itu Honda juga membawa tunggangan replika dari Luca Marini dan Joan Mir.

    Pada IIMS 2022, Honda hanya membawa moge terbarunya, Rebel dan CB650R.

    Di Booth AHM para pengujung juga dapat melihat jajaran sepeda motor modifikasi yang memberikan inspirasi para pecinta sepeda motor dalam memodifikasi sepeda motor.

    Tahun lalu juga hadir sebanyak 28 model sepeda motor Honda yang disampaikan melalui enam zona yang memberikan pengalaman berbeda, yakni Electric Vehicle, Fashion, Urban, Big Scooter, Racing, dan Explorer.

    Well, apakah produk yang bakal dibawa Honda pada ajang IIMS 2025 ini? Simak perkembangan berita selanjutnya di detikOto.

    (riar/rgr)

  • Puluhan PKL tolak penataan pedagang di Ancol

    Puluhan PKL tolak penataan pedagang di Ancol

    Jakarta (ANTARA) – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara menolak kebijakan manajemen Ancol yang melakukan penataan pedagang dengan memberlakukan satu gerobak diisi dua pedagang.

    “Tolong pak, saya tidak punya siapa-siapa. Ceritanya kita disuruh ikut program, bukan kita enggak mau ditata, kita mau. Cuma Ancol membuat program satu grobak dua orang,” kata pedagang Yanti (72) di Ancol, Jakarta, Kamis.

    Ia mengatakan program itu telah dicanangkan manajemen Ancol sejak satu tahun lalu sebagai bentuk penertiban kawasan pantai. Namun, sebagian pedagang masih banyak yang menolak dengan program itu.

    Yanti menilai penertiban itu justru merugikan para pedagang karena hasilnya dibagi dua. Misalnya, pedagang mendapatkan uang Rp100 ribu lalu 60 persen disetor ke Ancol, dan 40 persen lagi harus bagi dua dengan teman segerobak.

    Ia mengatakan para pedagang yang belum ikut serta program dari Ancol, tidak boleh berdagang di sepanjang Pantai Lagoon sisi timur yang dianggap menjadi kawasan steril.

    Padahal, mereka sudah bertahun-tahun menjajakan dagangannya di kawasan itu dan saat ini puluhan pedagang kini bertumpuk di sisi barat Pantai Lagoon.

    Manajemen Ancol sendiri tengah menerapkan program penertiban para pedagang asongan sejak tahun 2024 lalu.

    Salah satunya dengan pemberlakuan satu gerobak asongan diisi oleh dua pedagang. Selain itu, Ancol juga menyuplai barang dagangan para pedagang.

    Jadi, para pedagang bisa mengambil barang dari Ancol tanpa harus modal terlebih dahulu.

    Hal itu, dilakukan guna menyamakan standar makanan, minuman, atau oleh-oleh yang dijual di Ancol.

    “Nantinya, para pedagang tinggal setoran barang-barang yang berhasil dijual dan keuntungannya bisa diambil,” kata dia.

    Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Tri Waluyo menggelar pertemuan dengan para pedagang di pinggir pantai untuk mendengarkan aspirasinya.

    “Hari ini kami menggelar pertemuan dengan para pedagang di pinggir pantai dan pedagang langsung menyampaikan aspirasinya,” katanya.

    Menurut dia, DPRD akan mengundang manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol untuk rapat kerja yang membahas tentang nasib para pedagang yang menolak ikut program satu gerobak berdua.

    “Kita mengundang pihak Ancol untuk melaksanakan rapat kerja di DPRD terkait pedagang di Ancol ini. Kami sudah melakukan komunikasi dengan Direktur Utama Ancol,” kata Tri.

    Dalam penataan pedagang itu, para pedagang akan diberikan modal dan difasilitasi Ancol. Kemudian, pedagang hanya diminta mengembalikan modal.

    “Artinya di sini ada miss, kita melihat ada keluhan pedagang sendiri perihal sharing profit untuk Ancol 60 persen, dan pedagang 40 persen,” kata dia.

    Pihaknya akan memfasilitasi proses mediasi antara para pedagang dan pihak Ancol, sehingga diharapkan mendapatkan solusi yang terbaik.

    “Di sini ada miss. Ini yang kita satukan supaya mereka bisa mendapatkan titik temu, dicari win-win solution,” ujar Tri.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menjajal RoadSync Duo di Honda CUV e:, Ini Bedanya dengan Versi PCX 160

    Menjajal RoadSync Duo di Honda CUV e:, Ini Bedanya dengan Versi PCX 160

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) membedah teknologi RoadSync Duo pada motor CUV e:. Ternyata ada perbedaan dari fitur RoadSync yang dimiliki oleh PCX 160.

    Untuk mengaplikasikan fitur RoadSync Duo ini perlu menginstal aplikasi di Google Apps Android dan App Store Ios. Cukup menulis nama RoadSync Duo aplikasi tersebut sudah keluar.

    Pertama-tama perlu melakukan registrasi dengan memasukkan alamat e-mail yang digunakan.

    Lalu motor CUV e: dihidupkan untuk melakukan pemasangan. Pastikan bluetooth hidup. Klik lanjutkan untuk bisa mengkoneksikan handphone dengan media.

    Selanjutnya pada layar digital panel meter CUV e: akan muncul barcode yang perlu di-scan lewat aplikasi yang sudah di-download di smartphone.

    Tommy Ronaldi dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), satu motor itu bisa menampung hingga 10 device.

    “Pada navigasi Honda Roadsync Duo, sistem peta built in, tidak berbasis Google Maps,” kata Tommy di Ancol, Jakarta Utara.

    “Ada informasi swap battery untuk bisa tukar baterai,” tambah dia.

    CUV e: Foto: Ridwan Arifin

    Dengan menggunakan teknologi Bluetooth, Honda RoadSync Duo menghubungkan perangkat pengendara dengan sepeda motor. Proses pairing antara sepeda motor dan smartphone sangat mudah. Cukup dengan mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat, pengendara dapat langsung terhubung tanpa kendala, baik untuk perangkat iOS maupun Android.

    Honda CUV e: Foto: Ridwan Arifin

    Untuk mengaktifkan layanan navigasi, berbeda dengan PCX 160. Pada CUV e: menggunakan aplikasi built in dari Mapbox.

    Pada layar TFT panel itu peta bisa ditampilkan secara utuh. Berbeda dari PCX 160 yang hanya bisa melakukan turn by turn atau petunjuk arah saja.

    Selebihnya, bisa mengakses berbagai fungsi dengan mudah melalui tombol yang ada di stang motor, tanpa perlu menggenggam ponsel. Fitur navigasinya menampilkan panduan arah langsung di layar panel TFT, membantu pengendara mencapai tujuan dengan lebih efisien dan terarah.

    Selain itu, pemutaran musik dapat dikontrol tanpa harus menyentuh ponsel, dan pengendara dapat menerima panggilan telepon penting dengan aman. Hal ini memungkinkan pengendara untuk tetap fokus di jalan, sekaligus menikmati perjalanan.

    (riar/dry)

  • Nurdin Halid Legawa Beri Kursi Ketum Dekopin ke Jimly Asshiddiqie

    Nurdin Halid Legawa Beri Kursi Ketum Dekopin ke Jimly Asshiddiqie

    Bisnis.com, JAKARTA — Ketua umum Dewan koperasi Indonesia (Dekopin) versi Munas Ancol Nurdin Halid akhirnya legawa  memutuskan untuk memberikan mandat jabatan Ketua umum Dekopin masa bakti 2024-2029 kepada ketua umum yang baru Jimly Asshiddiqie.

    Menurut Nurdin Halid, Munas Dekopin di Hotel Mercure Ancol Jakarta pada 18-19 Desember 2024 lalu yang menetapkan dirinya sebagai Ketua umum Dekopin untuk ketiga kalinya memiliki legal standing yang kuat.

    “Hanya saja, ketika itu tidak ada calon lain dan sebelumnya saya sudah dua kali memimpin Dekopin,” ujarnya lewat rilisnya pada Kamis (6/1/1025).

    Nurdin melanjutkan dirinya tidak mungkin mempertahankan jabatan Ketua umum Dekopin untuk ketiga kalinya yang bisa dipersepsikan melanggar AD/ART organisasi.

    “Bagi saya Dekopin di atas segalanya, setelah berkonsultasi untuk menyelamatkan Dekopin dari anggapan untuk kepentingan saya pribadi maka saya memutuskan dan memberi mandat kepada Prof. Jimly Asshiddiqie untuk mengisi jabatan Ketua Umum Dekopin yang saya emban,” lanjutnya.

    Dia menyebut Jimli dimatanya adalah orang yang tepat mengingat sosok tersebut pernah berkolaborasi bersama dirinya selama 5 tahun untuk memajukan koperasi.

    “Jimly yang aktif membina koperasi semenjak tahun 1978 dan sepak terjangnya dalam dunia koperasi di Indonesia, atas dasar berbagai pertimbangan tersebut yang disaksikan peserta rapimnas menyepakati mandat saya untuk menetapkan Prof. Jimli Asshiddiqie sebagai Ketua umum Dekopin masa bakti 2024-2029,” imbuhnya Nurdin.

    Saat disinggung terkait rekonsiliasi di mana kini Dekopin terpecah menjadi dua kubu, Nurdin menegaskan dirinya membuka ruang rekonsiliasi lebar-lebar. Bagi para pihak yang bisa memediasi, Nurdin juga menjelaskan jika dirinya telah melakukan komunikasi dengan para pihak.

    “Ada tiga prinsip di Koperasi yang harus dipegang yaitu cita (memperjuangkan koperasi sebagai pelaku ekonomi nasional), nilai (gotong-royong) dan prinsip [kekeluargaan]. Ketiga prinsip tersebut sesuai amanah Bung Hatta terus saya terapkan dan kini semangat rekonsiliasi tersebut ada ditangan Pak Jimly,” katanya Nurdin.

    Sementara itu menurut Prof. Jimly dengan diembannya jabatan Ketua umum Dekopin yang merupakan mandat dari Nurdin Halid dimana dirinya juga menjabat sebagai Ketua dewan penasihat di kubu Dekopin Bambang Haryadi, diartikan Jimly sebagai upaya untuk menyatukan dualisme Dekopin.

    Sebagai ketua umum Dekopin versi Munas Ancol, Jimli menandaskan akan melanjutkan program-program untuk memajukan perkoperasian di Indonesia yang telah dirintis oleh Nurdin Halid sebagai pendahulunya.

    “Pertama impian kita tentang konstitusi koperasi harus dilanjutkan, kedua asta cita dari pemerintahan Prabowo/Gibran akan didukung oleh Dekopin. Ketiga rekonsiliasi Dekopin dengan kubu Bambang Haryadi harus dilakukan mengingat tidak efisien jika ada dualisme Dekopin. Harus segera diadakan pertemuan untuk bermusyawarah menyatukan dualisme Dekopin,” pungkas Jimly Asshiddiqie.

  • Pj Teguh Ungkap Biang Kerok Jakarta Kekurangan Stok Gas 3 Kg, Salahkan Pedagang di Daerah Penyangga

    Pj Teguh Ungkap Biang Kerok Jakarta Kekurangan Stok Gas 3 Kg, Salahkan Pedagang di Daerah Penyangga

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

    TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi mengklaim wilayah DKI Jakarta kekurangan stok tabung gas elpiji 3 kilogram di tengah ramainya kebijakan terbaru pemerintah pusat terkait pembatasan penjualan tabung gas hanya di agen atau pangkalan.

    Menurut Teguh, hal itu tak terlepas dari pedagang tabung gas elpiji dari daerah-daerah penyangga yang masih mengambil alokasi tabung gas dari Jakarta.

    Hal ini disampaikannya ketika memimpin apel bulan keselamatan kerja di Ecovention Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (4/2/2025).

    Teguh awalnya mengungkapkan bahwa harga eceran tertinggi (HET) tabung gas elpiji 3 kilogram di Jakarta relatif lebih rendah dibandingkan daerah penyangga.

    Hal ini memicu banyak pedagang tabung gas dari daerah-daerah itu akhirnya mengambil pasokan tabung gas dari Jakarta.

    Tentunya, lanjut Teguh, kondisi tersebut cukup merugikan seiring kebutuhan tabung gas di Jakarta yang juga meningkat.

    “Secara faktual sudah dilaporkan bahwasanya ternyata daerah-daerah penyangga tersebut, sebagian itu juga mengambil alokasi (tabung gas 3 kilogram) dari DKI, yang HET-nya lebih rendah dibandingkan HET daerah penyangga,” ucap Teguh.

    Ia menilai kondisi ini berdampak buruk bagi masyarakat Jakarta yang kekurangan stok tabung gas “melon” itu.

    Sebab, ketika masyarakat kesulitan mencari tabung gas elpiji 3 kilogram, nyatanya stoknya disalurkan ke daerah-daerah penyangga.

    Teguh mengaku sudah memerintahkan jajaran Pemprov DKI Jakarta, terutama Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta untuk melakukan langkah-langkah mitigasi.

    Tak sekadar melaporkan stok, Teguh meminta anak buahnya lebih intens terjun ke lapangan dalam rangka memantau harga tabung gas 3 kilogram.

    “Sehingga masalah kelangkaan LPG tersebut bisa diatasi, termasuk juga langkah-langkah penyesuaian harga juga kita monitor kemudian jika terjadi antrean di sana sini segera lakukan koordinasi ke pihak-pihak terkait,” ucapnya.

    Adapun berdasarkan data yang dibeberkan Pj Gubernur Teguh, Jakarta mengalami peningkatan dalam permintaan tabung gas elpiji 3 kilogram dari tahun 2024 ke tahun 2025.

    Namun, peningkatan itu nyatanya tidak sejalan dengan alokasi yang diajukan, yang mengalami penurunan 5 persen di tahun ini.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya