KA Argo Bromo Anggrek Anjlok, Rute Sejumlah Kereta Dialihkan Memutar Lewat Purwokerto-Bandung Regional 1 Agustus 2025

KA Argo Bromo Anggrek Anjlok, Rute Sejumlah Kereta Dialihkan Memutar Lewat Purwokerto-Bandung
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        1 Agustus 2025

KA Argo Bromo Anggrek Anjlok, Rute Sejumlah Kereta Dialihkan Memutar Lewat Purwokerto-Bandung
Editor
YOGYAKARTA, KOMPAS.com –
PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan pola operasi memutar untuk sejumlah perjalanan kereta api menyusul adanya gangguan operasional pada KA 1 (Argo Bromo Anggrek) di Stasiun Pegadenbaru, Subang, wilayah Daop 3 Cirebon, Jumat (1/8/2025).
Akibatnya, beberapa perjalanan kereta api mengalami keterlambatan dari jadwal seharusnya.
Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menjelaskan bahwa gangguan ini memaksa KAI mengubah rute perjalanan kereta yang terdampak.
Kereta yang semula melalui rute Cirebon–Cikampek, kini dialihkan melalui rute yang lebih jauh, yaitu Cirebon/Tegal–Purwokerto–Kroya–Banjar–Bandung–Cikampek.
“Kami memohon maaf atas keterlambatan yang dialami oleh penumpang yang terdampak insiden ini. KAI berkomitmen untuk meminimalisir dampak terhadap pelanggan,” ujar Feni dalam keterangan resminya, Jumat.
Salah satu kereta yang melayani wilayah Daop 6 Yogyakarta dan terdampak perubahan rute ini adalah KA Brawijaya dengan relasi Gambir–Malang.
Feni memastikan bahwa seluruh penumpang dari KA Argo Bromo Anggrek yang mengalami gangguan telah berhasil dievakuasi dengan selamat dan melanjutkan perjalanan mereka. Saat ini, KAI bersama pihak terkait masih berupaya untuk memulihkan jalur yang terhambat.
Sebagai bentuk tanggung jawab, KAI juga akan memberikan kompensasi kepada penumpang yang perjalanannya mengalami keterlambatan signifikan.
“Sebagai bagian dari upaya pemulihan, KAI akan memberikan kompensasi sesuai dengan aturan service recovery yang berlaku untuk memastikan kenyamanan pelanggan,” tambahnya.
Pihak KAI mengimbau penumpang yang membutuhkan informasi lebih lanjut untuk menghubungi Contact Center KAI di nomor 121 atau melalui WhatsApp di 0811-1211-1121.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.