Jenis Media: Tekno

  • Cara Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik Rp10.000

    Cara Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik Rp10.000

    Bisnis.com, JAKARTA — Seiring berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya dokumen yang beredar dalam bentuk digital, pemerintah menghadirkan meterai elektronik atau e-Meterai sebagai bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai. 

    Kehadiran e-Meterai ini bertujuan memberikan kemudahan dan kepastian hukum bagi masyarakat yang perlu membayar bea meterai pada dokumen elektronik.

    Meterai elektronik sendiri adalah meterai dalam format digital yang digunakan khusus untuk dokumen elektronik. 

    Meterai elektronik memiliki ciri-cirinya kode unik 22 digit yang dihasilkan oleh sistem, gambar garuda pancasila, tulisan “METERAI ELEKTRONIK” dan nominal bea meterai Rp10.000. E-Meterai dapat dibeli dan digunakan melalui portal resmi e-Meterai di pos.e-meterai.co.id.

    Cara Membuat Akun e-Meterai

    Sebelum membeli atau membubuhkan meterai elektronik, Anda perlu memiliki akun terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Kunjungi portal: pos.e-meterai.co.id

    2. Pilih jenis akun: personal, enterprise, atau wholesale

    3. Isi data diri, termasuk Nama lengkap, NIK, Tanggal lahir, Email dan NPWP (jika ada)

    4. Unggah scan/foto KTP (maksimum 1 MB untuk akun personal)

    5. Tekan “OK”, lalu lakukan verifikasi lewat email

    Setelah akun siap, ikuti langkah berikut untuk menempelkan meterai elektronik pada dokumen PDF:

    1. Masuk ke portal dan pilih menu “Pembubuhan”

    2. Unggah dokumen PDF yang ingin diberi meterai

    3. Pilih halaman dan geser ikon meterai ke posisi yang diinginkan

    4. Isi tanggal serta nomor dokumen (jika diperlukan)

    5. Masukkan PIN 6 digit milik Anda

    6. Tekan “Submit”

    7. Unduh kembali dokumen yang sudah ditempeli e-Meterai

    Cara Membeli Kuota e-Meterai

    Saat pertama kali menggunakan layanan ini, jumlah kuota e-Meterai Anda masih nol. Jadi, Anda perlu membeli kuota terlebih dahulu.

    Pembelian kuota dapat dilakukan melalui:

    • QREN (pembayaran menggunakan QR Code)

    • Metode pembayaran bank Mandiri, BNI, dan Permata

    Kuota e-Meterai tersedia dalam kelipatan Rp10.000 per meterai, dengan batas maksimum pembelian Rp2.000.000.

    Setelah pembayaran berhasil, kuota akan otomatis bertambah dan Anda bisa langsung melakukan pembubuhan.

    Jika Sistem Bermasalah, Apa yang Harus Dilakukan?

    Apabila sistem e-Meterai mengalami gangguan, Anda tetap dapat membayar bea meterai dengan membuat kode billing menggunakan:

    • Kode akun pajak: 411611

    • Kode jenis setoran: 100

    Setelah itu, lakukan pembayaran melalui bank atau kantor pos baik melalui teller, ATM, maupun mobile banking seperti pembayaran pajak pada umumnya. (Nur Amalina)

  • Ngeri! Malware Android Ini Bisa Intip Pesan WhatsApp dan Bobol Rekening

    Ngeri! Malware Android Ini Bisa Intip Pesan WhatsApp dan Bobol Rekening

    Jakarta

    Peneliti keamanan siber menemukan trojan perbankan Android baru yang diberi nama Sturnus. Malware ini tidak hanya bisa membobol rekening bank tapi juga mengintip pesan WhatsApp dan mengambil alih ponsel dari jarak jauh.

    Laporan dari ThreatFabric menemukan malware Sturnus bisa mencuri pesan dari aplikasi perpesanan yang aman setelah fase dekripsi dengan menangkap konten yang ditampilkan di layar ponsel.

    Dengan mengeksploitasi layanan Aksesibilitas di ponsel Android, malware Sturnus bisa membawa teks yang ada di layar, menangkap input korban, mendeteksi aplikasi dibuka, menekan tombol, scroll, injeksi teks, dan navigasi ponsel.

    Ketika pengguna membuka aplikasi WhatsApp, Telegram, atau Signal, malware ini akan menggunakan izin aksesnya untuk mendeteksi konten pesan, teks yang diketik, nama kontak, dan konten percakapan.

    “Karena mengandalkan pencatatan Accessibility Service daripada mencegat jaringan, malware ini bisa membaca semua yang muncul di layar – termasuk kontak, alur percakapan penuh, serta konten pesan yang masuk dan keluar – secara real-time,” tulis ThreatFabric dalam laporannya, seperti dikutip dari BleepingComputer, Selasa (25/11/2025).

    “Hal ini menjadikan kemampuan tersebut sangat berbahaya: malware ini bisa sepenuhnya menghindari enkripsi end-to-end dengan mengakses pesan setelah didekripsi oleh aplikasi resmi, sehingga memberikan penyerang akses langsung ke percakapan yang seharusnya bersifat pribadi,” sambungnya.

    Selain itu, malware Sturnus juga bisa menampilkan halaman login palsu untuk aplikasi perbankan untuk mencuri kredensial korban. Setelah mendapat kredensial yang dibutuhkan, hacker mulai beraksi secara diam-diam untuk mengirim uang, mengubah pengaturan, atau instal aplikasi baru.

    Untuk mengontrol ponsel secara penuh, malware ini merebut hak Android Device Administrator yang memungkinkan virus ini untuk memonitor perubahan password, percobaan membuka kunci, dan mengunci ponsel dari jarak jauh. Malware ini juga bisa mencegah pengguna menghapus hak istimewa atau menghapusnya dari perangkat.

    ThreatFabric mengatakan infeksi malware ini berawal dari instalasi file APK Android berbahaya yang menyamar sebagai Google Chrome atau Preemix Box. Peneliti belum mengetahui bagaimana malware ini menyebar, namun mereka meyakini metode yang dipakai adalah malvertising atau pesan langsung.

    Pengguna Android bisa menghindari malware mengerikan ini dengan tidak download file APK dari luar Play Store, selalu aktifkan Play Protect, dan jangan berikan izin Aksesibilitas ke sembarang aplikasi.

    (vmp/vmp)

  • Pendapatan NFC Indonesia (NFCX) Turun 37%, Bisnis Agregator Produk Digital Lesu

    Pendapatan NFC Indonesia (NFCX) Turun 37%, Bisnis Agregator Produk Digital Lesu

    Bisnis.com, JAKARTA — PT NFC Indonesia Tbk. (NFCX) perusahaan yang bergerak di bidang jasa informasi, digital dan telekomunikasi mengalami penurunan pendapatan pada kuartal III/2025 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Meski demikian, rugi bersih perusahaan membaik. 

    Merujuk pada laporan keuangan perusahaan, Selasa (25/11/2025), pendapatan NFCX pada kuartal III/2025 tercatat sebesar Rp3,07 triliun atau turun 37,2% secara Year on Year (YoY). Adapun, pada kuartal III/2024 perusahaan membukukan pendapatan sebesar Rp4,88 triliun.

    Pendapatan itu berasal dari bisnis agregator produk digital sebesar Rp2,80 triliun atau turun 39,4% YoY. Bisnis iklan berbasis cloud sebesar Rp165,8 miliar atau meningkat naik 29,36% YoY. Produk layanan energi bersih sebesar Rp95,36 miliar atau turun 6,33% YoY. Konten dan hiburan sebesar Rp235, 85 juta.

    Pada kuartal III/2025 NFCX menghapus bisnis grosir digital yang pada kuartal III/2024 membubukan pendapatan Rp17,3 miliar. 

    Di tengah penurunan pendapatan, beban pokok perusahaan juga menurun 37,6% menjadi Rp2,97 triliun pada kuartal III/2025, yang didominasi oleh barang tersedia untuk dijual persediaan akhir dan beban pokok penjualan.

    Sejalan dengan pencapaian tersebut, rugi bersih berjalan NFC Indonesia menurun dari Rp99,3 miliar menjadi Rp17,7 miliar pada kuartal III/2025. Angka tersebut menurun signifikan sebesar 82,2% di bandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Dari sisi aset, aset lancar NFCX tercatat mengalami kenaikan sebesar Rp30,94 miliar. Pada 2025, perusahaan memiliki aset lancar senilai Rp896 miliar, meningkat dari Rp865 miliar pada kuartal III/2024. Dengan demikian, aset lancar NFCX tumbuh sekitar 3,57%. 

    NFC Indonesia sendiri menyediakan infrastruktur kendaraan listrik (EV) yang lengkap mulai dari pembuatan sepeda motor listrik hingga stasiun pertukaran baterai.

    Tidak hanya berfokus pada sektor kendaraan listrik, perseroan juga menawarkan berbagai solusi platform aktivasi pemasaran, seperti aggregator produk digital, iklan berbasis cloud, layanan grosir digital, serta konten dan hiburan

    Pada Juli 2025, anak usaha NFC Indonesia, Volta Indonesia Semesta, bekerja sama dengan PT Gesits Motor Nusantara menghadirkan produk baru GV1 Gesits by Volta. Motor listrik ini tampil lebih fresh dan modern cocok untuk wilayah urban. 

    CEO Volta Group Okie Octavia Kurniawan mengatakan, kolaborasi antara Gesits dan Volta bertujuan untuk memperkuat jaringan distribusi yang dimiliki kedua pihak dalam menghadirkan produk dengan teknologi dan inovasi terkini guna mendorong percepatan program kendaraan listrik nasional yang berkelanjutan. 

  • Memukau, Ketika Keindahan Seni Menyatu dengan Alam

    Memukau, Ketika Keindahan Seni Menyatu dengan Alam

    Memukau, Ketika Keindahan Seni Menyatu dengan Alam

  • 10 Trik dari Google agar Hasil Prompt Gemini 3 Sesuai Keinginan, Wajib Kamu Coba!

    10 Trik dari Google agar Hasil Prompt Gemini 3 Sesuai Keinginan, Wajib Kamu Coba!

    Google baru saja memperkenalkan Gemini 3, model kecerdasan buatan terbaru perusahaan yang langsung terintegrasi ka layanan Search.

    Dikutip ZDnet, Rabu (19/11/2025), Gemini 3 membawa peningkatan besar dalam pemahaman konteks, penalaran, serta kemampuan menjawab dengan bantuan visualisasi.

    Raksasa mesin pencari itu menjelaskan, Gemini 3 membuka akses informasi lebih dalam dari web. Model ini dirancang untuk memahami maksud pengguna dengan lebih akurat, membaca pertanyaan ambigu, hingga menjelajah web yang belum tersentuh model AI saat ini.

    “Penalaran Gemini 3 membuat proses pencarian lebih cermat dan komprehensif,” tulis Google dalam blog resmi. Perusahaan juga menyebut, teknik pencarian berantai di Search kini bekerja lebih cerdas berkat kemampuan reasoning lebih maju.

    Integrasi kecerdasan buatan (AI) ini menjadi langkah penting, karena ini pertama kalinya Google menggabungkan model AI langsung ke mesin pencari sejak pertama kali Search dirilis.

    Perusahaan melihat momentum kuat di tengah persaingan ketat teknologi AI dengan OpenAI, Microsoft, Meta, hingga Perplexity yang saat ini sama-sama mendorong AI ke layanan pencarian.

    Google sendiri memiliki keuntungan lebih besar ketimbang pesaing mereka, yakni pada skala pengguna. Jutaan orang di dunia menggunakan Search setiap hari.

    Banyak pihak meyakini, integrasi Gemini 3 bisa berarti perubahan besar di rutinitas pencarian tanpa perlu menginstal layanan lain atau mengubah kebiasaan.

    Dalam beberapa minggu mendatang, Google juga akan memperbarui sistem pemilihan model otomatis di Search. Pertanyaan kompleks akan ditangani Gemini 3, sementara pertanyaan ringan akan tetap memakai model lebih cepat agar respons lebih singkat dan efisien.

  • Harga RAM Tak Terkendali, Toko Komputer Ubah Sistem Tarif seperti Restoran Seafood

    Harga RAM Tak Terkendali, Toko Komputer Ubah Sistem Tarif seperti Restoran Seafood

    Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan harga RAM di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu terakhir benar-benar tak masuk akal. Situasinya begitu kacau hingga beberapa toko komputer mulai menggunakan sistem harga mirip restoran seafood. 

    Harga dapat berubah sesuai “tangkapan hari ini”. Bedanya, yang ditangkap bukan lobster, melainkan dompet para pelanggan.

    Contohnya, Central Computers di San Francisco memasang pengumuman bahwa harga RAM berubah setiap hari karena keterbatasan pasokan dan tingginya permintaan. 

    Mereka tidak dapat menampilkan harga tetap. Informasi ini pertama kali mendapat perhatian setelah difoto oleh Steve Lin dan dibagikan secara luas. Tidak hanya satu toko, ternyata Micro Center juga melakukan hal serupa. Di dalam tokonya, terpajang tulisan, “Karena perubahan harga pasar yang tidak stabil, silakan tanya langsung ke sales kami.” 

    Dilansir dari The Verge, Rabu (26/11/2025) foto ini dibagikan oleh pengguna Reddit dan makin memperkuat fakta bahwa harga RAM benar-benar lagi naik turun seperti roller coaster. 

    Kenaikan harga RAM terjadi begitu cepat hingga memengaruhi berbagai perangkat teknologi. Komputer, konsol game, hingga ponsel pintar semuanya memerlukan RAM, sehingga krisis ini berpotensi berdampak luas.

    Salah satu contoh konkret, hanya dalam waktu tiga bulan, sebuah kit RAM 32GB yang sebelumnya dibeli seharga $130 kini mencapai $440. Versi yang lebih umum yang tadinya sekitar $105 kini naik menjadi sekitar $400. Untuk kapasitas 64GB DDR5, harga dapat menembus $700 hingga $900.

    Peluncuran Produk Baru Ikut Terhambat

    Krisis memori ini juga mengganggu perencanaan beberapa perusahaan besar. Valve, misalnya, menyebutkan bahwa mereka belum dapat mengumumkan harga pasti untuk Steam Machine karena ketidakstabilan harga RAM.

    Di sisi lain, meskipun harga GPU sempat menurun, kenaikan harga memori dapat memicu peningkatan harga kartu grafis berikutnya. GPU sangat bergantung pada VRAM dalam jumlah besar, dan kabarnya Nvidia serta AMD sedang mempertimbangkan penyesuaian harga untuk mengimbangi kenaikan biaya komponen tersebut.

    Bocoran dari beberapa sumber menyebutkan bahwa harga Xbox mungkin akan naik jika kondisi ini terus berlanjut. Sementara itu, Sony dilaporkan telah menyiapkan stok RAM yang cukup untuk menjaga stabilitas produksi PS5 dalam beberapa bulan ke depan.

    Menurut CEO Epic, Tim Sweeney, lonjakan harga RAM ini dipicu oleh meningkatnya kebutuhan industri AI. Banyak pabrik mengalihkan kapasitas produksi DRAM terbaik mereka untuk memenuhi pesanan pusat data, yang bersedia membayar jauh lebih tinggi dibanding produsen perangkat konsumen. Alhasil, pasokan untuk pasar umum menjadi semakin terbatas. (Nur Amalina)

  • Huawei Mate X7 Meluncur di China, Bodi Makin Tipis dan Ringan

    Huawei Mate X7 Meluncur di China, Bodi Makin Tipis dan Ringan

    Jakarta

    Huawei memperbarui lini ponsel layar lipatnya dengan meluncurkan Mate X7 di China. Perangkat foldable ini hadir dengan bodi lebih tipis dan lebih tangguh dengan baterai lebih besar.

    Meskipun Mate X6 sudah memiliki desain yang tipis dan ringan, Huawei berhasil mengikis sedikit dimensi Mate X7 yang memiliki ketebalan 9,5mm dalam keadaan dilipat dan 4,5mm dalam posisi dibuka. Dengan bobot 235 gram, Mate X7 lebih ringan 4 gram dibandingkan generasi sebelumnya.

    Huawei masih mempertahankan rangka aluminium yang tahan banting. Tidak hanya itu, Mate X7 kini memiliki rating IP58 dan IP59 sehingga ponsel ini tahan debu serta tahan percikan air dan bahkan semprotan air bertekanan tinggi.

    Mate X7 mengusung cover screen yang sedikit lebih besar dengan ukuran 6,49 inch. Layar eksternalnya menggunakan panel OLED LTPO dengan resolusi 2444 x 1080 pixel (FHD+), refresh rate 1-120Hz, tingkat kecerahan hingga 3.000 nits.

    Sementara itu, layar internalnya menggunakan panel OLED LTPO berukuran 8 inch dengan resolusi 2416 x 2210 pixel, refresh rate 1-120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 2.500 nits.

    Huawei Mate X7 Foto: Huawei

    Huawei mengatakan layar utama Mate X7 menggunakan teknologi tiga lapis yang terdiri dari non-Newtonian fluid, kaca ultra tipis, dan serat karbon. Lapisan ini menjanjikan layar yang 100% lebih tahan bengkok dan 20% lebih tahan benturan.

    Dari segi kamera, Mate X7 masih mempertahankan kamera utama 50 MP dengan sensor RYYB, variable aperture, dan OIS yang ditemani kamera ultrawide 40 MP. Kamera telephoto-nya ditingkatkan menjadi 50 MP dengan optical zoom 3,5x dan bukaan f/2,2. Mate X7 juga dilengkapi dua kamera selfie 8 MP, satunya ditempatkan di cover screen dan lainnya di layar utama.

    Huawei Mate X7 Foto: Huawei

    Mate X7 diotaki chipset flagship terbaru dari Huawei yaitu Kirin 9030 Pro. Chipset ini dipasangkan dengan RAM hingga 16GB dan memori internal hingga 1TB.

    Performanya ditenagai baterai silikon karbon dengan kapasitas 5.600 mAh, yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 66W dan wireless charging 50W, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (26/11/2025).

    Huawei Mate X7 menjalankan sistem operasi HarmonyOS6 dan mendukung konektivitas satelit. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Black, White, Purple, dan Red.

    Huawei akan membuka penjualan Mate X7 di China pada 5 Desember 2025. Berikut ini harga Huawei Mate X7 di Negeri Tirai Bambu:

    Huawei Mate X7 12/256GB: 12.999 yuan (Rp 30,4 jutaan)Huawei Mate X7 12/512GB: 13.999 yuan (Rp 32,8 jutaan)Huawei Mate X7 16/512GB Collector’s Edition: 14.999 yuan (Rp 35 jutaan)Huawei Mate X7 20GB/1TB Collector’s Edition: 17.999 yuan (Rp 42 jutaan)

    (vmp/vmp)

  • WiFi vs Data Seluler, Mana yang Lebih Hemat dan Ngebut?

    WiFi vs Data Seluler, Mana yang Lebih Hemat dan Ngebut?

    Liputan6.com, Jakarta Saat menghubungkan smartphone ke internet, pengguna memanfaatkan jaringan WiFi dan data seluler. Kira-kira mana yang lebih efisien?

    Dilansir Digital Trends, Rabu (26/11/2025), WiFi menghubungkan pengguna melalui router nirkabel yang terhubung ke layanan internet broadband. Sementara data seluler menggunakan koneksi ponsel pengguna ke menara seluler yang dioperasikan oleh penyedia jaringan seluler.

    Keduanya menyediakan konektivitas internet, tetapi transmisi data, infrastruktur, dan pengaruh terhadap perangkat berbeda. Ketika pengguna paham perbedaan antara WiFi dan data seluler, mereka dapat mengambil keputusan kapan harus menggunakan kedua jenis koneksi tersebut.

    Perbedaan WiFi dan Data Seluler

    WiFi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menghubungkan perangkat ke internet melalui router, terhubung ke koneksi fix broadband, sedangkan data seluler menghubungkan perangkat melalui sinyal radio yang ditransmisikan antara ponsel dan menara jaringan seluler terdekat.

    Perbedaan mendasar dari keduanya terletak pada infrastruktur, di mana WiFi membutuhkan koneksi internet fisik di lokasi tetap, sementara data seluler berfungsi di mana pun selama masih dalam jangkauan operator.

    Perbedaan utama WiFi dan data seluler:

    Infrastruktur: WiFi beroperasi melalui router yang terhubung broadband, sementara data seluler menggunakan menara seluler di wilayah geografis yang luas.
    Jangkauan: WiFi mencakup area terbatas, sementara data seluler mengikuti ke mana pun selama dalam jangkauan operator.
    Frekuensi: WiFi beroperasi pada pita 2,4GHz atau 5GHz, sementara data seluler menggunakan berbagai frekuensi untuk teknologi 4G dan 5G.
    Akses: WiFi memerlukan kata sandi untuk koneksi, sementara data seluler terhubung otomatis melalui SIM-card.
    Batasan data: WiFi biasanya menawarkan pengguna tanpa batas, sementara data seluler dihitung dari jatah bulanan.

    Perbedaan teknis juga memengaruhi cara data bergerak. WiFi biasanya menyediakan koneksi lebih stabil meski kinerjanya bergantung pada kecepatan broadband dan berapa banyak perangkat yang terhubung. Berbeda dengan data seluler yang berdasarkan kekuatan sinyal, kepadatan jaringan, dan seberapa jauh dari menara seluler.

  • Pendapatan Digital Mediatama (DMMX) Terkoreksi 46% Kuartal III/2025

    Pendapatan Digital Mediatama (DMMX) Terkoreksi 46% Kuartal III/2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX), perusahaan yang bergerak di bidang periklanan digital berbasis cloud, mengalami penurunan pendapatan kuartal III/2025. Meski demikian, perusahaan tetap berhasil mengubah rugi menjadi laba.

    Merujuk pada laporan keuangan perusahaan kuartal III/2025, dikutip Selasa (25/11/2025), DMMX mengantongi pendapatan Rp492 miliar atau turun sekitar 46,08% year-on-year (YoY). Adapun periode yang sama  tahun lalu, perusahaan mengantongi pendapatan Rp912 miliar.

    Pendapatan tersebut didapatkan dari trade marketing, penjualan produk digital, sewa pakai infrastruktur atau Infrastructure As A Service (IAAS), jasa pengelolaan, platform bursa iklan, grosir digital serta konten dan hiburan.

    Empat segmen pendapatan DMMX tumbuh negatif pada periode tersebut. DMMX menghapus bisnis grosir digital (Digital wholesale) yang pada kuartal III/2024 membukukan pendapatan Rp15,53 miliar.

    Sementara penurunan pendapatan paling besar terjadi pada segmen trade marketing yaitu Rp437,97 miliar atau turun 57,34% dibandingkan periode yang sama 2024.

    Meskipun trade marketing mengalami penurunan nilai yang sangat besar, segmen ini masih mendominasi pendapatan Grup pada tahun 2025 dengan kontribusi 66,25%. Namun, turun dari kontribusi kuartal III/2024 yang sebesar 83,72% pada 2024.

    Adapun secara total, Grup mencatat laba bersih sebesar Rp 28,48 miliar. Posisi tersebut berubah dari periode yang sama tahun lalu yang saat itu mencatat rugi bersih Rp47 miliar.

    Sementara dari sisi aset lancar DMMX mengalami kenaikan hingga Rp82 miliar. Tahun lalu, perusahaan itu memiliki aset sekitar Rp430 miliar, sementara pada 2025 memiliki sekitar Rp513 miliar. Aset tersebut didominasi oleh jumlah kas dan bank yang naik sekitar Rp22 miliar.

    Selain menyediakan menyediakan platform digital trade marketing dan infrastruktur iklan berbasis cloud, perusahaan ini juga mengembangkan bisnis usaha solusi lainnya seperti pemasangan pengembangan digital marketing dan digital cloud advertising e-commerce dan marketplace untuk UMKM di Indonesia.

    Sebelumnya, melalui SMMX, DMMX dan Muhammadiyah akan mengintegrasikan teknologi digital, kecerdasan buatan (AI), serta platform modern untuk mengelola dan memberdayakan berbagai unit usaha di bawah naungan Muhammadiyah.

    Fokus JV ini mencakup sektor perdagangan, industri, angkutan, jasa, hingga pengembangan aplikasi e-commerce, portal web, dan perangkat lunak yang mendukung operasional amal usaha Muhammadiyah.

    Direktur Utama DMMX, Budiasto Kusuma, mengatakan kerja sama ini merupakan peluang luar biasa untuk membuka potensi digital Muhammadiyah yang luas.

    “Ekosistem Muhammadiyah memiliki potensi yang sangat besar, dengan 60 juta anggota dan ribuan lembaga di seluruh Indonesia. Melalui PT Surya Mediatama Maxima (SMMX), kami akan menyediakan tulang punggung teknologi untuk mendorong efisiensi dan pertumbuhan ekonomi berbasis digital di dalam komunitas,” ujar Budiasto dalam keterangan resmi Rabu (3/9/2025).

    Mukhaer Pakkanna, Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Bisnis Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menambahkan bahwa JV ini merupakan langkah strategis Muhammadiyah untuk memastikan transformasi digital tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan nilai tambah nyata bagi umat, terutama dalam layanan pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial.

    Sementara itu, Direktur PT Surya Ahda Digital (SADIGI) Setiawan Budi Darsono menegaskan bahwa kemitraan dengan DMMX akan memperkuat visi Muhammadiyah sebagai organisasi modern dan adaptif.

    “Digitalisasi bukan lagi pilihan, melainkan keharusan untuk meningkatkan kesejahteraan umat dan mengoptimalkan pengelolaan aset,” katanya. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Raih detikcom Awards, NeutraDC Usung Misi sebagai Digital Ecosystem Enabler

    Raih detikcom Awards, NeutraDC Usung Misi sebagai Digital Ecosystem Enabler

    Jakarta

    NeutraDC sukses meraih penghargaan pada kategori ‘Pendukung Kedaulatan dan Lokalisasi Data’ dalam ajang detikcom Awards 2025 yang digelar di The Westin Jakarta, Selasa (25/11/2025). Penghargaan ini diberikan atas kontribusinya dalam memperkuat ekosistem digital nasional melalui layanan data center yang mendukung kedaulatan data Indonesia.

    Sebagai bagian dari TelkomGroup, NeutraDC terus memperluas layanan infrastruktur digital dengan menghadirkan jaringan 29 pusat data yang tersebar di Indonesia. Infrastruktur tersebut terdiri dari fasilitas hyperscale, enterprise, hingga edge data center yang siap melayani kebutuhan klien global maupun lokal.

    Dalam sesi wawancara, CFRO NeutraDC Group, Juliana, menyampaikan rasa terima kasih sekaligus menegaskan penghargaan ini memperkuat komitmen NeutraDC sebagai Digital Ecosystem Enabler.

    “Kami sangat senang dan berterima kasih. Penghargaan ini semakin memperkuat posisi dan tradisi kami sebagai Digital Ecosystem Enabler, di mana kami akan terus mendorong kolaborasi, globalisasi, dan pendalaman data,” ujar Juliana, dalam detikcom Awards 2025, di The Westin, Jakarta, Selasa (25/11/2025).

    Juliana menambahkan NeutraDC ingin menjadi pilihan utama pelaku industri digital.

    “Ke depan, kami berharap dapat terus mengembangkan ekosistem digital yang tidak hanya aman dan andal, tetapi juga mampu bersaing secara global,” katanya.

    Terkait rencana jangka menengah, Juliana menegaskan dalam 2-3 tahun ke depan NeutraDC menargetkan posisi sebagai pemimpin pasar data center di Indonesia.

    “Fokus kami adalah menjadi leader di domestik. Kami punya konektivitas, dukungan platform yang kuat, serta sinergi dengan BUMN seperti PLN. Jadi tidak ada alasan bagi NeutraDC untuk tidak menjadi pemain utama,” jelasnya.

    Ia menegaskan NeutraDC tidak hanya ingin menjadi penyedia data center biasa, tetapi memiliki ekosistem lengkap yang memberi nilai tambah bagi industri digital.

    “Kami akan hadir bukan hanya sebagai follower, tetapi pemain yang membangun ekosistem data center komprehensif untuk mendukung kebutuhan digital nasional,” ujarnya.

    Dalam penutup, Juliana menyampaikan pesan kepada seluruh pelanggan.

    “Yakinlah, kami selalu berkomitmen memberikan yang terbaik. NeutraDC akan menjadi pilihan utama dan fondasi infrastruktur digital Indonesia,” tutupnya.

    detikcom Awards 2025 digelar untuk memberikan apresiasi bagi yang berkontribusi nyata untuk Indonesia. Tahun ini, ajang penghargaan mengusung tema ‘Apresiasi Karya Insan Nusantara, Merajut Indonesia Gemilang’.

    Penghargaan ini ditujukan bagi individu, pelaku usaha, dan unsur pemerintah yang telah menorehkan prestasi serta memberi dampak signifikan bagi bangsa.

    Awards ini menyoroti karya, tata kelola, dan pencapaian unggul di berbagai bidang. Ajang ini menjadi salah satu cara detikcom untuk menjaga semangat berkarya, berdedikasi, dan bertransformasi dalam ‘rumah besar’ Indonesia.

    (akn/akn)