Jenis Media: Tekno

  • Chatbot Qwen AI Milik Alibaba Tembus 10 Juta Unduhan di Minggu Pertama Peluncuran

    Chatbot Qwen AI Milik Alibaba Tembus 10 Juta Unduhan di Minggu Pertama Peluncuran

    Liputan6.com, Jakarta – Asisten Kecerdasan buatan (AI) terbaru Alibaba, Qwen AI, mencatat lonjakan unduhan yang mencolok pada minggu pertama setelah peluncurannya. Perusahaan asal China ini mengumumkan Qwen AI telah diunduh 10 juta kali dalam tujuh hari.

    Dilansir ZDnet, Jumat (28/11/2025), Qwen AI tumbuh lebih cepat daripada para pesaingnya yang mapan. Sebagai referensi, ChatGPT dilaporkan mencapai satu juta pengguna dalam lima hari pertama.

    ChatGPT tetap menjadi chatbot terpopuler berdasarkan beberapa tolak ukur, tetapi pesaingnya Microsoft Copilot dan Gemini AI mulai menunjukkan peningkatan.

    ChatGPT sendiri tidak tersedia di Tiongkok, begitu pula perangkat AI terkemuka lainnya yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) seperti Claude dari Anthropic.

    Model seperti Qwen memiliki akses eksklusif ke populasi China yang berjumlah sekitar 1,4 miliar, sekitar 17 persen populasi global.

    Hal yang Membuat Qwen AI Unggul

    Qwen diluncurkan 17 November 2025 dan sudah tersedia di App Store versi Tiongkok dengan nama Qwen Chat. Langkah ini disebut paling signifikan untuk perusahaan untuk memasuki pasar AI konsumen.

    Aplikasi ini dirancang untuk kehidupan sehari-hari berbasis AI dengan kemampuan menerjemahkan model dasar milik Alibaba menjadi layanan praktis yang bisa digunakan publik.

    Qwen AI dibekali fitur “deep research” dengan kemampuan menelusuri berbagai sumber daring dan menyaring informasi kompleks. Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur coding, kamera bertenaga AI, pembuatan slide secara otomatis, serta serangkaian fungsi produktivitas lainnya.

    Aplikasi ini ditenagai keluarga model Qwen3 yang diperkenalkan Alibaba pada April 2025. Perusahaan tersebut menyatakan model terbesarnya Qwen3-235B-A22B merupakan model mixture of experts (MoE) yang diklaim memiliki kemampuan unggul dalam pemrograman, matematika, dan berbagai domain lain.

    Alibaba menyebut performanya sebanding atau bahkan melampaui sejumlah model papan atas seperti OpenAI o1, DeepSeek R1, dan Gemini 2.5 Pro.

  • Ratu Maxima Pelototi Marak Scam di RI, 70% Warga Hadapi Ancaman Setiap Hari

    Ratu Maxima Pelototi Marak Scam di RI, 70% Warga Hadapi Ancaman Setiap Hari

    Bisnis.com, JAKARTA  — Langkah kolaboratif dan penguatan infrastruktur digital perlu dilakukan Indonesia untuk menekan lonjakan penipuan digital (scam) dan kejahatan siber yang makin agresif.

    Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kesehatan Finansial (UNSGSA), Ratu Máxima mengungkapkan, tujuh dari sepuluh masyarakat Indonesia menghadapi upaya penipuan digital setiap pekan. 

    Sementara itu, satu dari empat orang sudah mengalami kerugian finansial akibat aksi tersebut.

    Dia menekankan pentingnya percepatan identitas digital (digital ID) dan sistem pertukaran data untuk memperkuat keamanan transaksi antarnegara maupun kawasan. 

    “Aspek tersebut dinilai menjadi fondasi kunci untuk memblokir pola penipuan yang terus berevolusi,” katanya dalam konferensi pers UNSGSA dengan OJK di Jakarta pada Kamis (27/11/2025).

    Selain itu, dia juga menilai edukasi publik harus dilakukan setiap hari, termasuk penyampaian informasi mengenai modus penipuan terbaru. 

    Menurutnya, kampanye yang muncul tepat saat seseorang akan melakukan pembayaran telah terbukti efektif di beberapa wilayah

    Dia mencontohkan adanya sistem peringatan otomatis mengenai skema penipuan yang sedang marak pada sejumlah negara.

    “Modus penipuan berubah setiap hari. Sistem peringatan di titik transaksi telah bekerja baik di banyak negara,” ujarnya.

    Dia menambahkan, kejahatan siber ataupun scam bukanlah fenomena lokal, melainkan persoalan global yang juga dialami banyak negara, khususnya di kawasan Asia Tenggara. 

    Dia pun mengapresiasi langkah proaktif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah membentuk pusat penanganan penipuan digital. 

    Ratu Maxima menyebut, ke depannya pihaknya akan terus berkomunikasi dan meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait di Indonesia, termasuk OJK, untuk mengatasi masalah penipuan digital

    Ratu Maxima menambahkan, berbagai taktik atau strategi yang sukses secara internasional akan dirangkum dan dibawa untuk mendukung upaya Indonesia menghadapi eskalasi kejahatan digital.

    “Ini adalah masalah universal. Karena itu, kami akan membawa isu ini dalam perspektif global—bagaimana negara-negara bisa saling membantu. Saya tidak mengklaim mengetahui semuanya karena bidang ini terus berkembang. Tapi negara yang telah berhasil akan menjadi sumber pembelajaran dan itu akan kami bawa ke Indonesia,” tuturnya.

    Sebelumnya, Indonesia Anti-Scam Centre (IASC) yang diinisiasi oleh OJK mengungkapkan aksi penipuan di sektor keuangan kian marak hingga menimbulkan kerugian bagi korban senilai Rp7,8 triliun dalam setahun terakhir. 

    Secara terperinci, IASC telah menerima sebanyak 343.402 laporan terkait dugaan penipuan selama setahun belakangan, sejak mulai beroperasi pada 22 November 2024 hingga 11 November 2025. Dari total 563.558 rekening yang dilaporkan, sebanyak 106.222 rekening telah diblokir.  

    “Adapun total kerugian dana yang dilaporkan oleh korban penipuan sebesar Rp7,8 triliun, dengan dana yang telah berhasil diblokir sebesar Rp386,5 miliar,” tulis keterangan resmi tersebut.

  • Lazada Akui AI Lazzie Belum Sempurna, Produk Baru Luput dari Rekomendasi

    Lazada Akui AI Lazzie Belum Sempurna, Produk Baru Luput dari Rekomendasi

    Bisnis.com, JAKARTA — Lazada, platform e-commerce, berjanji akan terus menyempurnakan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dimiliki sehingga tidak hanya produk lama yang direkomendasikan ke pelanggan, juga produk baru. 

    Dalam acara media briefing, Kamis (27/11/2025), Commercial Director Lazada Indonesia, Nanang Ariswibowo, mengakui saat ini hanya produk-produk lama yang direkomendasikan AI Lazzie saat pengguna ingin membeli barang. 

    Padahal, barang serupa dari produk-produk baru juga banyak. Hal ini membuat probabilitas produk baru untuk dibeli pengguna menjadi kecil.

    Lazada berkomitmen untuk memperbaiki hal ini agar ke depan produk baru juga muncul pada rekomendasi AI Lazzie kepada pelanggan. 

    “Ini kan baru satu tahun ya, jadi memang ada beberapa hal yang terus kami perbaiki. Misalnya, jika ada pengguna yang menginginkan suatu produk, yang muncul adalah brand-brand yang sedang tersedia, padahal setiap hari kami memasukkan brand baru” kata Nanang.

    Nanang juga menegaskan bahwa algoritma AI harus terus diperbarui agar brand-brand baru dapat tampil di Lazada. 

    Nanang juga mengatakan tantangan utama perusahaan dalam pengembangan AI adalah menjaga relevansi dengan perubahan pasar serta perilaku pelanggan, sehingga pembaruan AI perlu dilakukan secara berkelanjutan.

    Lazada mengklaim penerapan AI membantu perusahaan dalam menjual produk. Penjualan di Lazada Mall mengalami peningkatan signifikan pada event 11.11 kemarin, yaitu naik hingga 23 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

    Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari. 

    Sekadara informasi AI Lazzie dirancang untuk meningkatkan pengalaman belanja online para pengguna. 

    AI Lazzie hadir dengan dukungan teknologi dari perusahaan besar Alibaba. 

    Sebelumnya, Lazada memang telah menggunakan beberapa teknologi kecerdasan buatan, namun Lazzie merupakan penyempurnaan yang menawarkan lebih banyak fitur pendukung.

    AI Lazzie mampu menjawab pertanyaan seputar belanja dan memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi.

    AI Lazzie juga memiliki fitur Ask the Buyer, yaitu fitur yang mengidentifikasi pola dan preferensi pembeli, lalu menghasilkan pertanyaan untuk mendorong pengguna memberikan jawaban. 

    Kemudian ada juga Virtual Try-On, teknologi berbasis AR yang memungkinkan pengguna mencoba produk kecantikan secara virtual.

    AI Lazzie juga membuat tampilan beranda setiap pengguna menjadi berbeda, disesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan belanja masing-masing. (Nur Amalina)

  • Marketplace Gaming Indonesia ‘Itemku’ Lebarkan Sayap ke Pasar Global

    Marketplace Gaming Indonesia ‘Itemku’ Lebarkan Sayap ke Pasar Global

    Liputan6.com, Jakarta – Marketplace gaming asal Indonesia, Itemku, saat ini memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar global.

    Setelah hampir satu dekade menjadi destinasi utama bagi para gamer di Indonesia untuk bertransaksi voucher game, item, akun, dan gift card, Itemku kini memasuki fase baru dengan menyasar konsumen global melalui ekspansi layanan lintas negara.

    CEO Itemku, Prasetya Setiawan, menyatakan bahwa ekspansi ini didorong oleh perkembangan pesat industri gaming global yang menciptakan peluang ekonomi besar.

    “Selama bertahun-tahun, kami melihat bagaimana industri gaming terus berkembang dan menciptakan peluang ekonomi yang besar bagi gamer, kreator, dan seller,” ujar Prasetya dalam keterangannya, Kamis (27/11/2025).

    Di Indonesia, ia mengklaim, Itemku tumbuh sebagai marketplace gaming terbesar dengan ekosistem yang sehat, transparan, dan aman.

    “Sekarang, kami siap membawa nilai yang sama ke pasar internasional,” ucapnya optimistis.

    Prasetya menekankan bahwa misi utama perusahaan adalah mendemokratisasi akses terhadap ekonomi gaming global.

    “Misi kami adalah memastikan para gamer di seluruh dunia dapat membeli kebutuhan digital mereka dengan cepat, dengan harga terbaik, dan dengan perlindungan maksimal terhadap risiko transaksi,” ia menambahkan.

     

  • Video: Realme Rilis HP Tangguh Harga Rp 2 Jutaan

    Video: Realme Rilis HP Tangguh Harga Rp 2 Jutaan

    Video: Realme Rilis HP Tangguh Harga Rp 2 Jutaan

  • Video: Ini Bedanya Poco F8 Pro dan Ultra

    Video: Ini Bedanya Poco F8 Pro dan Ultra

    Video: Ini Bedanya Poco F8 Pro dan Ultra

  • 5 Fitur Tersembunyi Google Maps, dari Arsip Perjalanan hingga Berbagi Rekomendasi Tempat

    5 Fitur Tersembunyi Google Maps, dari Arsip Perjalanan hingga Berbagi Rekomendasi Tempat

    Dilansir ZDnet, perusahaan meluncurkan empat pembaruan di Google Maps yang memudahkan pengguna, termasuk fitur multimoda baru.

    Google Maps kini telah ditingkatkan dengan AI Gemini. Dengan menambah empat fitur baru yang mengubah dan memudahkan pengguna ketika di perjalanan, berikut ini fitur-fitur baru di Google Maps:

    Bicara dengan Google Maps

    Saat pengguna sedang dalam perjalanan menuju tujuan, Google akan menyarankan sesuatu dengan mengatakan hal seperti “Apakah ada restoran mudah di sepanjang rute” atau “Bagaimana kondisi parkir di sana?”.

    Selain menanyakan tujuan perjalanan, pengguna juga dapat meminta Gemini di aplikasi Google Maps untuk menambahkan acara kalender, mengobrol tentang peristiwa yang baru terjadi, bahkan mendiskusikan tempat yang akan dituju.

    Pengguna juga dapat menggunakan Gemini untuk melaporkan insiden yang ditemui sepanjang perjalanan. Manfaat lainnya adalah pengguna tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    Gemini bisa dipanggil dengan mengatakan “Hai Google” atau mengetuk ikon Gemini di pojok kanan atas Google Maps.

    Dapatkan Arahan yang Lebih Deskriptif

    Sejak GPS pertama muncul, petunjuk arah suara belokan ke belokan selanjutnya sudah dibatasi untuk menjelaskan langkah berikutnya dengan mengacu pada jarak dari Maps, contohnya “belok kiri 600 meter”.

    Namun, pendekatan ini sering kali membingungkan pengguna, terutama saat berkendara melewati lingkungan yang tidak dikenal. Untuk membantu pengguna, Gemini kini dapat menunjukkan lokasi penting di peta yang mudah dikenali dan memberikan petunjuk arah yang jelas.

    Gemini dapat melakukan tugas ini dengan menganalisis basis data tempat-tempat di Google Maps dan membandingkannya dengan gambar Street View untuk mengidentifikasi landmark sepanjang jalan. Fitur ini telah diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS di Amerika Serikat.

    Untuk membantu pengguna mempersiapkan diri ketika bertemu kemacetan, Google kini akan mengirimkan notifikasi tentang potensi gangguan jalan.

    Google dapat memberitahu tentang penutupan jalan atau kemacetan yang akan datang. Fitur ini telah diluncurkan di Amerika untuk pengguna Android.

    Google Lens dengan Gemini

    Dengan fokus pada multimoda, fitur Google Maps terbaru ini memanfaatkan Google Lens untuk membantu pengguna menjelajahi tujuan mereka begitu tiba. Pengguna dapat berbincang dengan Google Maps untuk menunjukkan lokasi-lokasi di sekitar mereka kepada Gemini.

    Google mengatakan fitur ini memanfaatkan kemampuan ringkasan Gemini yang dipadukan dengan pemahaman Google Maps tentang berbagai tempat untuk memberikan jawaban yang diperlukan pengguna selama perjalanan.

    Fitur ini akan diluncurkan secara bertahap akhir November 2025 di Amerika Serikat untuk pengguna Android maupun iOS.

  • Hands-on Realme C85 dan Realme C85 Pro, Apa Perbedaannya?

    Hands-on Realme C85 dan Realme C85 Pro, Apa Perbedaannya?

    Liputan6.com, Jakarta – Melanjutkan pembahasan mengenai kehadiran Realme C85 Series. Dalam peluncuran seri terbaru Realme pada 2025, perusahaan tidak hanya memperkenalkan satu model, tetapi dua yaitu Realme C85 dan Realme C85 Pro.

    Keduanya membawa pendekatan yang tidak sepenuhnya serupa. Realme C85 Pro tampil sebagai varian yang lebih berorientasi pada daya tahan, kenyamanan visual, serta performa yang stabil untuk penggunaan jangka panjang.

    Berikut perbedaan, pengalaman hands-on, dan spesifikasi lengkap dari Realme C85 Series: Realme C85 dan Realme C85 Pro. 

    Perbedaan Utama: Realme C85 vs C85 Pro

    Meski keduanya berbagi DNA desain yang tangguh dan baterai monster, Realme menerapkan strategi spesifikasi yang berbeda untuk segmen pengguna yang berbeda pula. Perbedaan paling mencolok terletak pada sektor layar dan dapur pacu

    Varian Realme C85 Pro tampil lebih premium di sektor visual. Ponsel ini mengusung panel AMOLED 6.8 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Keunggulan panel ini ada pada reproduksi warna yang kaya (100% DCI-P3) dan kecerahan puncak yang ekstrem.

    Sebaliknya, Realme C85 (Reguler/5G) menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi FHD. Uniknya, varian reguler ini justru memiliki refresh rate yang lebih tinggi, yakni 144Hz, ditujukan untuk kemulusan scrolling ekstra.

    Realme C85 dan C85 Pro sama sama ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 685. Chipset ini berfokus pada efisiensi daya dan performa stabil untuk multitasking, namun terbatas pada jaringan 4G. 

    Singkatnya, pilih Pro jika kamu mengutamakan kualitas layar AMOLED dan fitur premium, atau pilih varian Reguler jika kamu membutuhkan konektivitas 5G dengan layar ultra-smooth 144Hz.

  • Langkah Penting Lindungi Keluarga dari Penipuan Digital

    Langkah Penting Lindungi Keluarga dari Penipuan Digital

    Selain menghadirkan Pusat Panduan yang berisi informasi edukatif terkait cara melindungi diri dari ancaman penipuan online, kampanye #PikirDuaKali dari TikTok juga menghadirkan serangkaian kegiatan pendukung lainnya, antara lain:

    TikTok Goes to Campus

    Sesi workshop yang menyasar mahasiswa, dosen, hingga masyarakat sekitar kampus. Di sini, para peserta diberikan wawasan mengenai berbagai modus penipuan, cara mengenalinya, dan bagaimana mengambil tindakan yang aman agar terhindar dari penipuan online.

    #PikirDuaKali LIVE Series

    PikirDuaKali LIVE Series hadir sebagai ruang hangat untuk mempertemukan para mitra industri dan kreator inspiratif dalam satu rangkaian siaran yang informatif sekaligus interaktif. Disiarkan langsung melalui TikTok LIVE di akun @tiktokofficialindonesia dan juga tersedia di Vidio.com, penonton dapat memperdalam pengetahuan mereka seputar isu digital serta mempelajari cara melawan penipuan online secara lebih mudah dan nyaman.

    Kamu bisa cek Episode 1 “#PikirDuaKali: Generasi Digital Cerdas, Kreatif, dan Aman” dan Episode 2 “#PikirDuaKali: Cerdas Bertransaksi, Aman Berinternet” di Vidio.com, ya!

    Video edukasi dari kreator TikTok

    Konten-konten yang disajikan kreator TikTok membantu menjangkau masyarakat lebih luas dengan penyampaian yang ringan, relatable, dan mudah diikuti.

    Melalui berbagai inisiatif ini, pengguna bisa mendapat edukasi kapan saja dan dari format yang sesuai gaya belajar mereka. Baik melalui video pendek, sesi talkshow interaktif, atau sesi diskusi tematik di kampus, semuanya dirancang agar setiap lapisan masyarakat makin siap menghadapi tantangan digital.

    Buat dapat panduan praktis dan video singkat yang bisa kamu tonton bersama keluarga, kunjungi Pusat Panduan #PikirDuaKali di TikTok sekarang, ketik “#PikirDuaKali” pada pencarian TikTok. Ayo lindungi keluarga dengan informasi yang tepat agar kita semua bisa terhindar dari bahaya penipuan online!

     

    (*)

  • Meutya Hafid Minta Operator Percepat Perbaikan Sinyal Terdampak Bencana di Sumut

    Meutya Hafid Minta Operator Percepat Perbaikan Sinyal Terdampak Bencana di Sumut

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid memastikan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh operator seluler untuk mempercepat pemulihan jaringan komunikasi di wilayah Sumatra Utara yang terdampak cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Senyar.

    Sejumlah wilayah di Sumatera Utara mengalami gangguan jaringan menyusul bencana banjir bandang dan tanah longsor. Kabupaten Tapanuli Selatan dilaporkan terdampak paling parah dengan sekitar 3.000 warga mengungsi, sementara di Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 776 warga mengungsi akibat banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem lainnya.

    Menanggapi putusnya jaringan di berbagai titik, Meutya menegaskan langkah cepat telah ditempuh pemerintah.

    Hal ini disampaikan usai dirinya mendampingi Presiden Prabowo Subianto menyambut kedatangan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/11/2025).

    “Ini sudah kita koordinasikan dengan operator seluler. Itu rata-rata instalasi BTS milik operator seluler. Jadi, kita minta mereka terus memantau dan segera melakukan perbaikan, dan yang paling utama juga menginformasikan kepada masyarakat titik-titik mana saja yang terdampak,” ujarnya.

    Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa Kementerian Komunikasi dan Digital telah menyediakan informasi lokasi gangguan jaringan.

    Harapannya, pemerintah mendorong operator untuk mempercepat proses pemulihan, mengingat komunikasi menjadi kebutuhan vital terutama bagi warga yang berada di lokasi bencana. Perbaikan jaringan juga dibutuhkan untuk mendukung koordinasi penanganan darurat oleh tim SAR dan pemerintah daerah.

    “Kami melalui website Komdigi sudah memberikan titik-titiknya, atas laporan dari operator seluler. Tapi kita minta operator seluler juga proaktif kepada… apa, penggunanya untuk selalu memberi tahu jika ada gangguan-gangguan. Mudah-mudahan cepat diperbaiki,” tandas Meutya.