Jenis Media: Tekno

  • Telkomsel Siapkan Baterai dan Genset untuk Pulihkan Jaringan Pasca-Banjir Sumatra dan Aceh

    Telkomsel Siapkan Baterai dan Genset untuk Pulihkan Jaringan Pasca-Banjir Sumatra dan Aceh

    Liputan6.com, Jakarta – Bencana banjir dan longsor yang melanda wilayah Aceh, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara berdampak pada sejumlah infrastruktur strategis, salah satunya jaringan telekomunikasi.

    Terkait gangguan jaringan internet di wilayah tersebut, Telkomsel menegaskan komitmennya untuk mempercepat pemulihan layanan di tengah situasi krisis yang terjadi.

    VP Network Strategic Collaboration and Settlement Telkomsel, Nizar Fuadi, menyatakan bahwa fokus utama saat ini adalah pemulihan sesegera mungkin, baik dari aspek sosial masyarakat, kondisi infrastruktur, maupun layanan telekomunikasi.

    Namun, ia menekankan bahwa kunci utama pemulihan jaringan adalah kembalinya pasokan listrik dari PLN sebagai daya jaringan Base Transceiver Station (BTS), mengingat banyak lokasi mengalami pemadaman.

    “Kami ingin pemulihan sesegera mungkin, baik dari sisi masyarakat, kondisi sosial, maupun layanan telekomunikasi. Dan tentu saja, yang terpenting adalah pemulihan dari PLN, karena listrik sedang padam,” ujar Nizar.

    Nizar mengungkapkan, Telkomsel telah mengerahkan seluruh sumber daya dan jaringan untuk mempercepat pemulihan layanan informasi agar masyarakat dapat kembali memanfaatkannya.

    Upaya pemulihan BTS yang terdampak bencana dilakukan dengan menyiapkan suplai baterai dan genset. Meski demikian, terdapat kendala operasional

    “Baterai sendiri hanya bertahan hingga 4 jam, sementara genset membutuhkan bahan bakar solar. Kami akan mendistribusikan dua solusi tersebut jika akses sudah mulai aman dari banjir,” ia menambahkan.

    Dampak Jaringan di Tiga Provinsi

    Sementara VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Abdullah Fahmi, merinci gangguan jaringan yang dialami di wilayah Sumatera.

    “Di wilayah Aceh, ada sekitar 60% jaringan Telkomsel yang terdampak. Gangguan disebabkan oleh banjir, banjir bandang, dan akses ke beberapa jembatan yang terputus. Pihak Telkomsel saat ini masih bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memulihkan jaringan, katanya.

    Ia menambahkan, jaringan yang terdampak di Sumatera Utara, tercatat sekitar 12%. Lalu, di Sumatera Barat: jaringan yang terdampak mencapai 11,03%.

    “Kami berharap pemulihan jaringan dapat segera terealisasi agar komunikasi dapat kembali normal dan membantu penanganan situasi di wilayah tersebut,” ucap Fahmi memungkaskan.

  • Intip Bocoran iOS 27, Apa Saja Peningkatannya dari iOS 26?

    Intip Bocoran iOS 27, Apa Saja Peningkatannya dari iOS 26?

    Sebelumnya, iOS 26 membawa berbagam pembaruan dan peningkatan besar-besaran, lebih dari sekadar tampilan Liquid Glass semata. Apple juga menambahkan beragam gitur baru untuk mempermudah pengguna iPhone.

    Salah satu fitur baru iOS 26 adalah kemampuan pengguna untuk mengatur pesan dari nomor asing. Ya, bagi pengguna iPhone yang sering kali menerima pesan dari nomor tidak dikenal fitur ini sangat berguna.

    Mulai dari notifikasi singkat, pesan promosi yang tidak dicari atau diinginkan, hingga pesan mencurigakan yang bisa jadi adalah jebakan para penipu.

    Masalah pesan menumpuk memang menjadi hal umum. Pesan pribadi, notifikasi dari layanan resmi, sampai pesan asing yang biasanya tercampur dalam satu teks. Akibatnya pengguna harus memilah satu per sat untuk menemukan mana yang penting dan tidak.

    Dilansir ZDnet, Kamis (13/11/2025), Apple menyertakan set tools baru di iOS 26 untuk membantu pengguna iPhone memfilter pesan berdasarkan kategori sumbernya. Sistem ini akan memisahkan pesan sekali pakai, mengelompokkan pesan promosi, dan mendeteksi span dengan algoritma bawaan.

    iOS generasi sebelumnya belum memiliki mekanisme filter sekomprehensif ini, sehingga pengguna sering harus meninjau pesan satu per satu. Dengan update iOS 26, hal tersebut dalat dilakukan secara otomatis.

  • Narwal Umumkan Ekspansi Resmi ke Indonesia dan Siap Perkenalkan Produk Flagship di AES 2025

    Narwal Umumkan Ekspansi Resmi ke Indonesia dan Siap Perkenalkan Produk Flagship di AES 2025

    Liputan6.com, Jakarta Narwal, brand robot vacuum premium yang dikenal sebagai pelopor inovasi teknologi pembersihan rumah secara global, resmi melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun ini. Setelah mencatat berbagai pencapaian internasional, mulai dari penghargaan desain, inovasi teknologi, hingga menjadi salah satu robot vacuum terpopuler di Korea Selatan, Narwal kini hadir melalui PT Pioneer Technology Indonesia sebagai mitra distribusi resmi. Kehadiran ini menjadi langkah penting bagi Narwal dalam memperluas pasar di Asia Tenggara, khususnya Indonesia yang memiliki pertumbuhan tinggi pada kategori smart home cleaning.

    Dalam ekspansinya, Narwal membawa misi untuk mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia lewat perangkat pembersih rumah berbasis teknologi pintar yang efektif dan mudah digunakan. Brand ini mendapat perhatian global sejak merilis teknologi pembersihan otomatis dengan sistem self-cleaning terdepan yang menjadi standar baru di industri robot vacuum. Popularitasnya semakin meningkat berkat kemunculannya dalam berbagai media dan drama Korea, hingga dikenal sebagai salah satu brand yang menggabungkan performa tinggi dengan desain estetis.

    Memasuki akhir tahun, Narwal bersiap memperkenalkan dua produk flagship terbarunya: Narwal Flow dan Narwal Freo X10 Pro. Kedua produk ini membawa teknologi generasi terbaru yang dirancang untuk memberikan pengalaman pembersihan yang lebih cerdas, tenang, dan efisien. Produk-produk tersebut akan diperlihatkan pertama kali kepada publik Indonesia melalui ajang Appliance & Electronics Show (AES) 2025 yang akan berlangsung di JIEXPO Kemayoran pada 26–29 November 2025. Setelah diperkenalkan secara eksklusif di pameran tersebut, Narwal memastikan kedua produk flagship ini akan mulai dijual resmi pada 1 Desember 2025 di kanal penjualan online dan offline.

    Fifi Wu selaku Perwakilan dari Narwal Indonesia menjelaskan bahwa Flow merupakan teknologi paling baru dari Narwal dan telah diperkenalkan secara global sebelum memasuki pasar Indonesia. Fifi Wu menyebut bahwa ajang AES menjadi kesempatan pertama untuk memperkenalkan Flow secara resmi ke publik Indonesia.

    “Flow adalah teknologi dan produk terbaru dari Narwal yang sudah dirilis secara global. AES menjadi panggung awal untuk memperkenalkannya kepada konsumen Indonesia,” ujar Fifi Wu perwakilan dari Narwal Indonesia.

    Flow disebut membawa pendekatan baru dalam kategori robot vacuum Narwal.

    “Flow memiliki sistem self-cleaning yang terintegrasi langsung pada robot. Artinya, robot bisa berjalan sambil membersihkan dan memproses air kotor di dalam unit secara otomatis. Selama proses pembersihan, robot terus bergerak—itulah sebabnya produk ini dinamakan Flow.”

    Selain menghadirkan inovasi pada lini Flow, seluruh robot vacuum Narwal juga dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan kontrol berbasis aplikasi.

    “Seluruh robot vacuum Narwal mengandalkan teknologi AI dan dapat dikontrol melalui aplikasi. Ini sangat membantu keluarga Indonesia yang sedang bepergian atau yang sedang tidak berada di rumah, tetapi tetap ingin memastikan rumah dalam kondisi bersih. Karena tidak selalu bisa sepenuhnya bergantung pada ART, konsumen membutuhkan perangkat yang benar-benar bisa dipercaya dan dapat dioperasikan dari jarak jauh. Narwal hadir sebagai solusi tersebut.”

    Tidak hanya fokus pada robot vacuum, Narwal juga memperluas kategorinya di Indonesia dengan menghadirkan produk wet & dry vacuum yang semakin dibutuhkan oleh keluarga modern. Dua produk andalannya, Narwal S20 dan S20 Pro, telah lebih dulu diluncurkan sejak Juli 2025 dan mendapatkan respons positif dari pasar berkat performanya yang mampu menangani pembersihan basah dan kering dalam satu alat. Kehadiran lini ini menegaskan komitmen Narwal untuk menjadi brand yang menyediakan solusi kebersihan rumah yang komprehensif.

    Untuk memberikan akses lebih mudah kepada konsumen, Narwal memaksimalkan jalur distribusi melalui platform e-commerce terbesar di Indonesia. Produk Narwal kini dapat ditemukan secara online di Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, Blibli, dan Lazada. Kehadiran ini mempermudah konsumen di berbagai daerah untuk mendapatkan produk Narwal dengan cepat dan aman. Selain itu, Narwal juga memperkuat kehadirannya di kanal offline melalui AIO Store dan UFO Elektronika, di mana konsumen dapat melihat, mencoba, dan mendapatkan konsultasi langsung mengenai produk.

    Dengan kombinasi inovasi teknologi, ekspansi strategis, dan jaringan distribusi yang luas, Narwal optimistis dapat menjadi pemain utama dalam industri perangkat kebersihan rumah pintar di Indonesia. Kehadiran Narwal di pasar Tanah Air diharapkan tidak hanya memberikan pilihan lebih kepada konsumen, tetapi juga meningkatkan standar teknologi pembersihan rumah yang lebih modern, praktis, dan efisien.

  • Rekomendasi HP Rp 2 Jutaan dengan Kamera 50MP dan Fitur OIS

    Rekomendasi HP Rp 2 Jutaan dengan Kamera 50MP dan Fitur OIS

    Liputan6.com, Jakarta – Kebutuhan smartphone yang mempunyai kamera mumpuni kini semakin meningkat, tidak hanya untuk mengabadikan momen sehari-hari, tetapi juga untuk menunjang pembuatan konten di media sosial. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak HP Rp 2 jutaan yang hadir dengan kamera 50MP serta spesifikasi yang cukup tangguh di kelasnya.

    Sebagian besar HP entry-level ini bahkan sudah memiliki kamera dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS)

    Berikut ini beberapa rekomendasi HP 2 jutaan dengan kamera 50MP yang bisa menjadi pilihan pada tahun 2025.

    1. Vivo Y29

    Vivo Y29 ditenagai chipset Snapdragon 685 dari Qualcomm yang dikenal efisien dan cukup bertenaga untuk kebutuhan harian. Layarnya menggunakan panel IPS LCD, 6.68 inci dengan resolusi HD+ serta refresh rate 120Hz, sehingga memberikan tampilan yang lebih halus, terutama saat scrolling atau bermain game ringan.

    Untuk sektor fotografi, Vivo Y29 dibekali kamera utama 50MP yang dipadukan dengan kamera bokeh 2MP, serta kamera depan 8MP untuk swafoto mampu merekam video hingga 1080p.

    Smartphone ini tersedia dalam tiga varian memori, yaitu RAM 6GB + 128GB seharga Rp 2.399.000, RAM 8GB + 128GB Rp 2.599.000, dan RAM 8GB + 256GB senilai Rp 2.899.000.

    2. Poco M7 Pro 5G

    Poco M7 Pro 5G menjadi salah satu pilihan menarik di segmen ini. Perangkat ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 7025 Ultra, dipadukan dengan layar AMOLED 6,67 inci yang sudah mendukung refresh rate 120Hz.

    Di sektor kamera, Poco M7 Pro 5G mengandalkan lensa utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 yang sanggup merekam video hingga resolusi 1080p.

    Untuk kebutuhan selfie dan video call, tersedia kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang juga mampu merekam video Full HD.

    Harga normal Poco M7 Pro 5G di Indonesia adalah Rp 2.999.000. Namun, pada periode penjualan perdana, ponsel ini ditawarkan dengan harga spesial Rp 2.799.000.

     

  • Indosat (ISAT) Ungkap Cara Kerja AI Bantu Sektor Keuangan Hadapi Tantangan Global

    Indosat (ISAT) Ungkap Cara Kerja AI Bantu Sektor Keuangan Hadapi Tantangan Global

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) mengungkapkan rahasia dan peran teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam membantu industri keuangan menghadapi tantangan global.

    Indosat menilai industri keuangan Tanah Air saat ini dalam jalur mengejar pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Di tengah upaya tersebut, perusahaan finansial dihadapkan pada kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian.

    Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah mengatakan untuk menjaga momen pertumbuhan ekonomi Indonesia, industri keuangan perlu memanfaatkan teknologi mutakhir seperti AI. Terlebih, di tengah kondisi global yang menantang.

    Melalui inisiatif Indonesia AI Day for Financial Industry, Indosat mengungkapkan sejumlah solusi AI yang dapat membantu perusahaan finansial bertransformasi secara lebih lebih cepat, transparan, dan memberikan manfaat jangka panjang.

    Indonesia AI Day for Financial Industry hadir sebagai langkah nyata Indosat dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045 menuju Digital Nation

    “Indonesia berada di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang signifikan, inilah saatnya untuk mendorong sektor keuangan dapat menghadapi tantangan global dengan solusi terkini,” kata Danny dikutip Jumat (28/11/2025).

    Dalam acara tersebut, Indosat memperkenalkan segudang solusi AI terkini yang dirancang khusus menjawab kebutuhan industri yang menuntut keamanan tinggi serta keandalan operasional.

    Danny mengatakan teknologi AI kini dapat membantu personalisasi komunikasi dan layanan berbasis AI untuk meningkatkan interaksi serta retensi pelanggan. Teknologi AI juga mampu mendeteksi penipuan finansial secara real-time serta mengurangi risiko kejahatan digital.

    “Ada juga Instant Loan Approval & Risk Scoring AI, di mana AI mempercepat proses persetujuan kredit dengan analisis risiko yang lebih akurat hingga pemantauan infrastruktur dan lingkungan untuk mendukung efisiensi operasional berskala besar,” kata Danny.

    Danny mengatakan seluruh solusi ini berjalan di atas kekuatan infrastruktur Indosat, jaringan berkualitas tinggi, cloud, data center berstandar global, AI platform, serta keamanan digital terintegrasi.

    Fondasi ini memastikan institusi keuangan mampu berinovasi lebih cepat sekaligus meningkatkan daya saing di era ekonomi digital berbasis AI.

    Adapun Indonesia AI Day menjadi momentum penting bagi Indosat dalam menegaskan perannya sebagai pionir pemanfaatan teknologi AI di berbagai sektor industri. Sepanjang 2025, rangkaian Indonesia AI Day telah diselenggarakan untuk industri Mining, Retail, Education, dan kini Financial.(Nur Amalina)

    Inisiatif ini didorong oleh temuan laporan Empowering Indonesia Report 2025 yang memproyeksikan bahwa pemanfaatan AI berpotensi menambahkan hingga US$ 140 miliar atau setara RP2,33 Kuadriliun ke Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2030.

    Dari total potensi tersebut, sektor keuangan dan asuransi diprediksi menjadi kontributor terbesar dengan sekitar 13%. (Nur Amalina)

  • Telkomsel Optimalisasi Jaringan 4G & 5G di 437 Titik Keramaian NARU 2025/2026

    Telkomsel Optimalisasi Jaringan 4G & 5G di 437 Titik Keramaian NARU 2025/2026

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) melakukan optimalisasi jaringan 4G dan 5G  di 437 titik keramaian pada momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NARU). Anak usaha Telkom Indonesia itu memperkirakan terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

    Telkomsel memprediksi lonjakan trafik data selama periode NARU, terutama untuk layanan video streaming, social media, dan online gaming.

    Untuk mengantisipasi kenaikan data payload tersebut, Telkomsel telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G di 437 titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah, serta melakukan pemantauan melalui sebanyak 15 Posko Siaga Network.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan selama momen penuh arti seperti Natal dan Tahun Baru, perusahaan ingin setiap pelanggan merasakan bahwa jaringan Telkomsel selalu siap dan dapat diandalkan.

    “Dengan penguatan jaringan dan teknologi terdepan, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas konektivitas agar setiap momen kebersamaan dapat dinikmati dengan lancar,” kata Indra di Jakarta, Jumat (28/11/2025).

    Dia menambahkan adapun jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas, akan didukung dengan total lebih dari 5.000 BTS 5G pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network.

    Telkomsel juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah, di antaranya melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif.

    Untuk memberikan kemudahan akses layanan, Telkomsel telah menyiapkan berbagai produknya, layanan migrasi kartu SIM/eSIM, bantuan layanan MyTelkomsel, sampai dengan penukaran Telkomsel POIN, melalui 17 Posko Utama dan 13 Posko Reguler di berbagai lokasi strategis, serta 1 Posko Digital di TikTok. Selain itu, layanan Telkomsel dapat ditemukan di 437 titik keramaian yang jaringannya telah dioptimalkan.

    Pelanggan juga tetap dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, website telkomsel.com, GraPARI, Call Center 188, media sosial @Telkomsel, dan puluhan ribu mitra Outlet Siaga.

    Sementara itu Direktur Sales Telkomsel, Stanislaus Susatyo, mengatakan perusahaan berupaya memastikan pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan Telkomsel selama momen spesial Natal dan Tahun Baru mendatang, baik di Posko, GraPARI, digital, ataupun berbagai titik layanan.

    “Semua tim kami siaga untuk melayani, memberikan pengalaman yang nyaman dan bersahabat untuk semua kalangan,” kata Stanislaus.  (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Permintaan iPhone 17 Melejit, Apple Berpeluang Dominasi Pasar dan Salip Samsung

    Permintaan iPhone 17 Melejit, Apple Berpeluang Dominasi Pasar dan Salip Samsung

    Liputan6.com, Jakarta – Samsung sudah hampir satu dekade memimpin penjualan smartphone global, dan kini kabarnya sedang menghadapi tekanan besar. Laporan terbaru Counterpoint Research memprediksi, Apple akan menyalip raksasa teknologi asal Korea Selatan mulai 2025.

    Tak hanya itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut juga bakal mempertahankan posisinya sebagai produsen smartphone nomor terbesar didunia hingga 2029.

    Mengutip laporan Counterpoint via Android Authority, Jumat (28/11/2025), pengiriman iPhone diprekirakan tumbuh 10 persen pada 2025. Sementara pertumbuhan lini Galaxy milik Samsung hanya berada di angka 4,6 persen.

    Selisih ii menandai perubahan besar dalam persaingan dua raksasa teknologi tersebut. Secara global, pangsa pasar Apple diprediksi mencapai sekitar 19,4 persen dari total pengiriman pasar smartphone dunia.

    Angka tersebut menjadi yang tertinggi sejak 2011, dan menunjukkan meningkatnya minat konsumen baik di pasar maju maupun negara berkembang.

    Salah satu faktor utama yang mendorong kinerja Apple adalah kehadiran seri iPhone 17. HP baru ini hadir dengan desain bodi berbeda, chip seri A generasi teranyar untuk AI, serta integrasi cloud lebih dalam di iOS.

    Analis Counterpoint Research, Yang Wang, menyebut permintaan iPhone juga dipengaruhi oleh siklus pembaruan ponsel dibeli selama masa pandemi. Selain itu, melemahnya nilai dolar, meredanya ketegangan antara Amerika Serikat dan China, serta membaiknya permintaan di negara-negara dengan daya beli terbatas ikut menopang momentum Apple.

  • Poco F8 Ultra dan F8 Pro Muncul di TKDN Kemenperin, Peluncuran di Indonesia Makin Dekat

    Poco F8 Ultra dan F8 Pro Muncul di TKDN Kemenperin, Peluncuran di Indonesia Makin Dekat

    Liputan6.com, Jakarta – Kabar baik untuk para Poco fans di Indonesia. Setelah meluncur secara global di Bali, Indonesia, Poco F8 Pro dan Poco F8 Ultra, dipastikan rilis resmi di Tanah Air.

    Hal ini terungkap lewat situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) milik Kementerian Perindustrian. Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (28/11/2025), HP dengan nomor model Poco 25102PCBEG sudah terdaftar di situs milik Kemenperin.

    Berdasarkan penelusuran, nomor model tersebut merujuk ponsel Poco F8 Ultra. Tercatat, ponsel yang baru diumumkan untuk pasar global itu sudah mendapatkan sertifikat TKDN dengan nilai 37.54 persen.

    Selain varian Ultra, sertifikat TKDN untuk Poco F8 Pro juga sudah terdaftar. Perangkat dengan nomor model Poco 2510DPC44G lolos sertifikasi dengan nilai TKDN 37.54 persen.

    Dengan lolos TKDN ini, maka langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu sertifikasi postel dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) sebelum resmi dipasarkan di Tanah Air.

    Meski Poco belum mengumumkan jadwal peluncuran Poco F8 Ultra dan F8 Pro. Hal ini diungkap oleh Novita Krisutami, PR Manager POCO Indonesia dalam peluncuran global Poco F8 Series di The Meru, Sanur, Bali.

    “Ditunggu segera kabar Poco F8 Pro dan F8 Ultra meluncur resmi di Indonesia,” kata Novita. “Harapannya bisa secepatnya membawa untuk teman-teman Poco fans.”

    “Sebenernya kenapa F8 Series global launch dilaksanakan di Indonesia, sebenarnya bukan karena market terbesar atau gimana aja. Tapi lebih ke apresiasi sih. Karena kan Poco fans kita di Indonesia cukup banyak,” jelas Novita.

  • Steam Black Friday Sale Digelar Pertama Kalinya, Ghost of Tsushima dan Ribuan Game Lagi Diskon

    Steam Black Friday Sale Digelar Pertama Kalinya, Ghost of Tsushima dan Ribuan Game Lagi Diskon

    Mulai dari game terbaru yang menakutkan seperti ‘Cronos: The New Dawn’ ciptaan Bloober Team, sampai pada kelanjutan epik dari seri legendaris seperti Silent Hill f atau pun game pengalaman psikologis seperti ‘Luto’ yang berhasil membawa ketakukan mendalam.

    Tahun ini benar-benar menjadi momen istimewa bagi para pecinta game horor yang ingin merasakan ketakukan pada setiap detik permainan.

    Tanpa panjang lebar, berikut daftar game horor terbaik yang wajib kalian mainkan segera.

    1. Cronos : The Daw New Dawn

    Game Survival horror tahun 2025 ini dikembangkan dan dikeluarkan oleh Bloober Team. Game ini dirilis untuk Linux , Nintendo Switch 2 , macOS , PlayStation 5 , Windows , dan Xbox Series X/S pada 5 September 2025.

    Tidak hanya itu, dikutip dari website resmi Bloober, Rabu (29/10/2025), Cronos : The Daw New Dawn kini memiliki demo atau bisa dimainkan secara gratis yang tersedia di Steamdan Epic.

    “Nikmati pengalaman seru kalian selama 30 menit yang akan menguji nyali kalian di musim Halloween ini,” tulis Bloober. 

    Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya Cronos: The New Dawn akan menjadi bagian dari diskon Halloween spesial yaitu 15  persen di berbagai platform.

  • Kasus Bunuh Diri Remaja Gara-Gara ChatGPT Kembali Jadi Sorotan, OpenAI Buka Suara!

    Kasus Bunuh Diri Remaja Gara-Gara ChatGPT Kembali Jadi Sorotan, OpenAI Buka Suara!

    Di sisi lain, OpenAI mulai melakukan uji coba fitur grup chat untuk ChatGPT di beberapa negara. Pengguna dapat membuat ruang obrolan bersama teman atau rekan kerja, lalu berkolaborasi langsung dengan bantuan ChatGPT dalam percakapan.

    Fitur baru ChatGPT ini masih dalam uji coba untuk pengguna terbatas di Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Taiwan. Perusahaan mengatakan, pengguna gratis, Plus, dan Team versi web dan aplikasi sudah bisa mengakses fitur ini.

    Dikutip Tech Crunch, Senin (24/11/2025), uji coba ini dirancang OpenAI untuk mengeksplorasi bagaimana orang-orang menggunakan percakapan grup di ChatGPT.

    “Kami ingin memahami bagaimana percakapan kelompok dapat membantu orang bekerja sama dan menyelesaikan tugas,” tulis OpenAI di situs mereka.

    Sebelumnya, perusahaan rumornya sedang mengembangkan fitur mirip pesan langsung (Direct message).

    OpenAI menegaskan, privasi tetap dijaga. Obrolan pribadi dan memori ChatGPT pribadi tetap sepenuhnya bersifat privat. Chat grup hanya dapat diakses melalui undangan, dan setiap anggota dapat keluar kapan saja. Sebagian besar peserta dapat mengeluarkan peserta lain, meskipun pembuat grup hanya dapat keluar secara sukarela.

    Untuk pengguna di bawah 18 tahun, OpenAI menerapkan penyaringan konten dengan perlindungan tambahan dan kontrol orang tua.

    Dalam pembaruan di situs resmi, raksasa kecerdasan buatan (AI) ini menyebut pengguna dapat menyusun kerangka atau meneliti topik baru bersama-sama, membagikan artikel, catatan, dan pertanyaan, nantinya ChatGPT dapat membantu meringkas dan mengelola informasi.

    Fitur obrolan grup merupakan langkah terbaru dalam transformasi bertahap OpenAI dari asisten AI sederhana menjadi platform sosial.