Infografis
Fitraya Ramadhanny – detikInet
Kamis, 07 Agu 2025 12:45 WIB
Jakarta – Samsung Galxy Z Flip7 membawa banyak inovasi dari kamera sampai AI. Inilah juaranya bikin smartphone lipat makin fleksibel. (fay/fyk)

Infografis
Fitraya Ramadhanny – detikInet
Kamis, 07 Agu 2025 12:45 WIB
Jakarta – Samsung Galxy Z Flip7 membawa banyak inovasi dari kamera sampai AI. Inilah juaranya bikin smartphone lipat makin fleksibel. (fay/fyk)

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Nezar Patria menekankan urgensi transformasi digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Dalam konferensi dan pameran teknologi Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX 2025), Nezar mengatakan pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8%. Adapun saat ini pertumbuhan ekonomi telah menyentuh 5,12%.
Dalam mencapai pertumbuhan tersebut, kunci utama sekaligus mesin pendorong adalah transformasi digital yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta.
“Transformasi digital bukan lagi pilihan, tapi mesin utama penggerak kinerja ekonomi,” kata Nezar dikutip, Kamis (7/8/2025).
Nezar juga mengatakan pentingnya kehadiran forum yang membuka seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong percepatan transformasi digital.
Ketua Umum Mastel Sarwoto Atmosutarno mengatakan terdapat lebih dari 30 asosiasi dan 300 pembicara yang terlibat dalam DTI-CX 2025 dan DCTI-CX .
DTI-CX 2025 dan DCTI-CX diselenggarakan di Jakarta International Convention Center, Senayan, selama dua hari, yaitu 6-7 Agustus 2025.
Data Center
Sementara itu, Ketua Umum IDPRO, Hendra Suryakusuma menyebut bahwa data center tidak dapat lagi dianggap sebagai infrastruktur pendukung, melainkan jantung transformasi digital.
Di tengah isu peralihan data ke Amerika Serikat, data center tetap memiliki peran penting di Indonesia yang tidak dapat digantikan.
“DCTI-CX mencerminkan pergeseran peran data center dari sekadar infrastruktur pendukung, menjadi jantung dari seluruh proses transformasi digital,” kata Hendra.
Dalam mendukung pertumbuhan industri data center, Schneider Electrics fokus mengembangkan talenta data center di Indonesia.
“Untuk mendukung hal tersebut, kami menggunakan pendekatan 3E: Education, Exposure, Experience,” jelas Senior HR Business Partner Schneider Electric, Jessy Tiara.
Pendekatan edukasi (education) dijalankan Schneider dengan menawarkan Flagship Development Program berupa Student Ambassador, dan juga kerja sama dengan Politeknik Batam untuk instalasi produk Schneider di dalam kampus.
Pengguna Internet
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 229,43 juta jiwa pada 2025. Angka tersebut naik dibandingkan 2024 yang mencapai 221,56 juta orang.
“Kita sudah menjangkau sekitar 229 juta penduduk di seluruh Indonesia,” Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam Peluncuran Hasil Survei APJII: Profil Internet Indonesia 2025 di Jakarta pada Rabu (6/8/2025).
Dari sisi penetrasi, Arif mengungkapkan, tingkat penetrasi internet di Indonesia saat ini mencapai 80,66%, meningkat dari 79,50% pada 2024, 78,19% pada 2023, dan 77,01% pada 2022.
Arif menambahkan, meski penetrasi terus meningkat, masih ada hampir 20% masyarakat yang belum menikmati layanan internet. Dia menyebut, salah satu kendala yang dihadapi dalam pemerataan layanan internet adalah infrastruktur telekomunikasi yang masih menumpuk di wilayah tertentu dan belum merata.
Padahal, Arif menuturkan, jumlah penyedia jasa internet (ISP) di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 1.320. (Muhamad Rafi Firmansyah Harun)

Bisnis.com, JAKARTA – Di bawah ini adalah cara menonaktifkan akun Instagram (IG) secara mudah dan benar tahun 2025.
Tak dapat dipungkiri jika IG merupakan salah satu platform media sosial terkemuka di dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan.
Namun tak jarang, ada yang membuat pengguna merasa perlu untuk menonaktifkan atau menghapus akun mereka.
Alasan beberapa pengguna ingin menonaktifkan akun IG juga bermacam-macam.
Mulai dari keinginan untuk fokus pada kehidupan nyata, tekanan dari media sosial, hingga upaya menjaga privasi.
Di bawah ini adalah cara menonaktifkan akun Instagram (IG) secara mudah dan benar.
Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara
Buka browser di HP atau laptop dan kunjungi situs web Instagram.
Login ke akun Instagram Anda.
Klik ikon profil akun Anda yang terletak di bagian kanan atas.
Pilih opsi “Profil”.
Klik “Edit Profil”.
Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Nonaktifkan sementara akun saya” di bagian kanan.
Klik opsi tersebut.
Masukkan alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun.
Masukkan kembali kata sandi Anda.
Klik “Temporarily Disable Account” atau “Nonaktifkan akun sementara”.
Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen
Buka browser di HP atau desktop dan akses situs web www.instagram.com/accounts/remove/permanent/ .
Login ke akun Instagram Anda.
Berikan alasan mengapa Anda ingin menghapus akun secara permanen.
Masukkan kata sandi Anda untuk konfirmasi.
Klik “Delete username” untuk menghapus akun secara permanen.
Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram
Untuk mengaktifkan kembali akun yang dinonaktifkan sementara, langkah-langkahnya adalah:
Buka aplikasi Instagram atau kunjungi situs web melalui browser.
Klik “Log In”.
Masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Anda.
Klik “Masuk” atau “Log In”.
Akun Anda akan secara otomatis aktif kembali setelah dinonaktifkan.
Itulah cara menonaktifkan akun Instagram 2025 secara mudah dan benar.

Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel terus berupaya memberikan pengalaman digital terbaik ke rumah pelanggan melalui paket IndiHome dan Telkomsel One terbaru yang lebih atraktif dan terjangkau, mulai Rp230 ribu. Paket terbaru ini menghadirkan ragam pilihan kecepatan internet mulai dari 50 hingga 200 Mbps, dilengkapi layanan video streaming favorit keluarga serta lebih dari 110 saluran TV berkualitas.
VP Home Broadband & FMC Consumer Marketing Telkomsel, Hardika Nugroho mengatakan, paket terbaru IndiHome dan Telkomsel One menghadirkan keseruan digital tanpa batas yang semakin nyata melalui internet stabil, hiburan digital pilihan, serta pengalaman streaming berkualitas dalam satu harga terjangkau.
“Komitmen ini juga kami perluas lewat Telkomsel One, solusi digital terintegrasi yang menyatukan keunggulan jaringan IndiHome di rumah dan Telkomsel mobile di luar rumah secara fleksibel dan seamless, menemani pelanggan kapan pun dan di mana pun mereka berada,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (7/8/2025).
Konektivitas dan Pengalaman Digital Terdepan di Rumah dengan IndiHome
Melalui penawaran paket terbarunya, IndiHome kini menghadirkan dua pilihan utama:
• Paket Internet, dengan harga mulai dari Rp230 ribu, menawarkan kecepatan internet 50, 75, 150, hingga 200 Mbps, termasuk layanan video streaming – Prime Video, Netflix, dan IndiHomeTV (app version).
• Paket Internet + IndiHomeTV, dengan harga mulai Rp355 ribu, memberikan akses internet dengan pilihan kecepatan yang sama, lebih dari 110 saluran TV lokal maupun internasional, serta layanan video streaming – Prime Video, Vidio, Lionsgate Play, Viu, Sushiroll, WeTV, Genflix, Kuncie, Fita, Netflix, dan IndiHomeTV (app version).
Setelah berlangganan, pelanggan dapat secara mudah mengakses layanan video streaming tersebut dengan login menggunakan akun Telkomsel/IndiHome pada masing-masing aplikasi, website, maupun perangkat Set Top Box (STB) IndiHome. Panduan aktivasi layanan video streaming selengkapnya tersedia di tsel.id/VideoStreamingGuide.
Sebagai apresiasi tambahan bagi pelanggan baru, Telkomsel memberikan promo biaya instalasi spesial sebesar Rp150 ribu, dari harga normal Rp500 ribu. Pelanggan dapat melakukan pemesanan paket IndiHome terbaru dengan mudah melalui MyTelkomsel, website Telkomsel, GraPARI terdekat, serta berbagai mitra penjualan resmi.
Dalam waktu dekat, Telkomsel juga akan menghadirkan dua paket IndiHome terbaru lainnya yang berfokus pada kebutuhan pelanggan akan gaming dan entertainment.
Lebih Praktis untuk Internet Rumah dan Mobile Sekaligus dengan Telkomsel One
Tak ketinggalan, Telkomsel turut memperkuat komitmen mendekatkan pengalaman digital convergence secara menyeluruh melalui Telkomsel One, produk Fixed-Mobile Convergence (FMC) yang menyatukan konektivitas fixed broadband IndiHome dan layanan mobile Telkomsel dalam satu paket terpadu.
Telkomsel One kini hadir lebih dekat dengan dua pilihan paket utama:
• Paket Dynamic 100 Mbps + 15-30 GB, dengan harga mulai Rp270 ribu, pilihan kecepatan internet 50, 75, 100, hingga 150 Mbps, kuota SIMPATI 15-30 GB yang bisa dibagi ke 6 anggota keluarga, dan layanan video streaming – Prime Video, IndiHomeTV (app version)
• Paket Dynamic 100 Mbps + TV + 15-30 GB, dengan harga mulai Rp375 ribu, pilihan kecepatan yang sama, kuota SIMPATI 15-30 GB yang bisa dibagi ke 6 anggota keluarga, lebih dari 110 saluran TV lokal maupun internasional, serta layanan video streaming – Prime Video, Vidio, Lionsgate Play, Viu, Sushiroll, WeTV, Genflix, Kuncie, Fita, dan IndiHomeTV (app version). Khusus pelanggan yang belum memiliki nomor Telkomsel, akan disediakan dua kartu SIM baru tanpa biaya tambahan. Tersedia juga promo bebas biaya pasang untuk instalasi baru Telkomsel One.
Perlu diingat, semua layanan Telkomsel One, termasuk internet, opsi layanan TV dan video streaming, serta berbagai keuntungan seperti telepon dan SMS sepuasnya antar anggota keluarga, dapat diakses dan dikelola melalui aplikasi MyTelkomsel dan sudah tercakup secara praktis dalam satu tagihan. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui telkomsel.com/one dan GraPARI terdekat.
“Melalui inovasi layanan IndiHome dan Telkomsel One, kami berkomitmen untuk terus menjadi pilihan utama keluarga Indonesia dalam mendukung kebutuhan gaya hidup digital yang dinamis, baik untuk bekerja, belajar, gaming, maupun hiburan di dalam dan luar rumah,” tandas dia.
(bul/bul)
[Gambas:Video CNBC]

Daftar Isi
Jakarta, CNBC Indonesia – Jejak digital pengguna internet bisa diakses orang lain dengan mudah. Jika tak hati-hati, jejak digital bisa menjadi bumerang.
Tak jarang jejak digital menjadi pintu gerbang bagi oknum tak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi hingga menguras rekening korban.
Pada taraf yang tidak ekstrem, jejak digital dimanfaatkan oleh pebisnis untuk membuat profiling dan menargetkan iklan ke pengguna internet.
Sangat penting bagi kita semua menyadari implikasi dari penyebaran jejak digital di internet. Semua aktivitas yang dilakukan di internet meninggalkan jejak digital.
Misalnya, situs yang diakses lewat browser, lokasi pengguna, transaksi di platform belanja online, hingga penjelajahan umum di mesin pencari.
Anda bisa melindungi data pribadi dengan meminimalisir jejak digital, salah satunya bisa dengan menghapusnya dari internet. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Memakai Incognito
Kamu bisa melakukan penelusuran internet dengan mode incognito atau private pada browser. Dengan mode ini, aplikasi tak akan merekam laman yang dikunjungi termasuk kata kunci yang digunakan.
Namun sebagai catatan, bukan berarti cara ini membuat kamu tidak terlacak sama sekali. Sebagai contoh saat masuk ke Facebook, aktivitas masih terekam. Untuk menutupi ISP, kamu bisa menggunakan VPN saat beraktivitas di dunia maya.
2. Memeriksa Data yang Berpotensi Bocor
Kebocoran data bukanlah sesuatu yang baru. Sebagai pengguna internet, kamu bisa mengantisipasinya.
Caranya dengan menggunakan masuk ke situs web Have I Been Pwned? ini merupakan layanan gratis membantu orang memeriksa apakah data informasi pengguna pernah bocor atau dikompromikan.
Isi alamat email pada situs tersebut, dan berikutnya kamu akan melihat data apa saja yang pernah bocor sebelumnya.
3. Hapus Semua Cookie
Cara berikutnya dengan menghapus semua cookie. Dengan begitu tidak ada lagi situs yang bisa dilacak.
Ini bisa dilakukan di semua browser yang dipakai dari Chrome hingga Firefox. Jika tidak ingin mengikuti proses panjang dengan membersihkan satu per satu, gunakan alat pihak ketiga seperti Advanced System Optimizer untuk menghapusnya sekaligus.
4. Membatasi Pelacakan dari Aplikasi
Setiap aplikasi mempunyai pendekatan sedikit berbeda untuk mencatat aktivitas penggunanya dan beberapa di antaranya membiarkan pengguna nyaman dengan incognito. Aplikasi lain akan berhenti melacak saat pengguna memintanya.
Namun, sebagai langkah awal terbaik adalah memeriksa pengaturan untuk menghentikan pelacakan. Jika tidak menemukan opsi ini, hapus seluruh aktivitas secara manual. Proses tersebut akan bervariasi bergantung pada sistem operasi yang digunakan.
5. Menghapus Riwayat Pencarian
Banyak apalikasi yang menyimpan data penggunanya baik secara lokal maupun cloud. Dengan begitu, aplikasi dapat menyinkronkan informasi ke perangkat lain.
Artinya untuk menghapus log pencarian dari ponsel, harus menghapus catatan di berbagai platform. Contohnya akun Google akan menyimpan riwayat pencarian yang dijalankan dari ponsel Android. Untuk menghapusnya, buka akses dari browser web dan buka laman riwayat aktivitas Google, lalu hapus.
6. Menggunakan Layanan DeleteMe
Pengepul data seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder adalah beberapa nama yang sudah banyak dikenal mengumpulkan informasi dan menjual ke pihak ketiga.
Untuk menghapusnya, gunakan layanan seperti DeleteMe atau Deseat.me yang mampu membantu kamu membersihkan jejak digital.
Demikian beberapa cara efektif untuk menghapus jejak digital. Lakukan segera supaya tak menyesal di kemudian hari!
(fab/fab)
[Gambas:Video CNBC]

Jakarta –
WhatsApp memperkenalkan sederet fitur baru untuk melindungi pengguna dari penipuan. Fitur baru ini dirancang untuk membantu pengguna mengenali tanda-tanda penipuan di chat individu dan grup.
Fitur-fitur ini sepertinya dikembangkan untuk mengatasi fenomena penipuan di mana pengguna tiba-tiba diajak bergabung ke grup WhatsApp lalu ditawari pekerjaan sederhana dengan upah selangit, atau mengajak pengguna investasi di kripto bodong.
“WhatsApp terus memperkuat perlindungan pengguna dengan menambahkan lapisan keamanan baru yang mendukung teknologi machine learning dalam mendeteksi dan memblokir akun penipuan secara massal,” tulis WhatsApp dalam pernyataan resmi yang diterima detikINET, Kamis (7/8/2025).
“Kami juga menghadirkan beragam fitur perlindungan, seperti kartu konteks, kemudahan dalam memblokir dan melaporkan pesan mencurigakan, fitur untuk heningkan penelepon tak dikenal, serta pengaturan privasi yang memberi Anda kendali atas siapa saja yang dapat menambahkan saya ke grup,” sambungnya.
WhatsApp mengatakan pengguna kini akan melihat ‘ikhtisar keamanan’ baru yang akan muncul ketika mereka ditambahkan ke grup oleh orang yang nomornya tidak tersimpan di kontak. Fitur ini merupakan pengembangan dari kartu informasi yang dirilis WhatsApp tahun lalu untuk menampilkan informasi penting tentang sebuah grup.
Ikhtisar itu akan berisi informasi tentang grup seperti kapan grup itu dibuat, siapa yang mengundang pengguna masuk ke grup, jumlah anggota grup, dan apakah pengundang atau anggota grup ada di daftar kontak.
WhatsApp juga akan menampilkan peringatan untuk mewaspadai penipuan dan informasi tentang cara membatasi siapa saja yang dapat memasukkan pengguna ke grup baru.
Kalau pengguna tidak mengenali atau bahkan mencurigai grup tersebut, mereka bisa langsung keluar dari grup tanpa perlu membuka chat. Pengguna juga bisa membuka chat untuk mendapatkan konteks tambahan. Apapun pilihan pengguna, notifikasi dari grup akan dibisukan secara otomatis sampai pengguna memilih untuk tetap berada di grup.
Untuk chat individu, WhatsApp menyadari bahwa penipu kadang memulai percakapan dengan calon korban di aplikasi atau layanan lain sebelum berpindah ke layanan perpesanan pribadi seperti WhatsApp.
Guna melindungi pengguna dari taktik ini, WhatsApp sedang menguji coba cara untuk memperingatkan pengguna sebelum mereka mulai bercakap-cakap lebih jauh dengan seseorang yang mungkin akan menipu mereka.
Contohnya, WhatsApp akan memperlihatkan peringatan saat pengguna mengirimkan pesan ke seseorang yang nomornya tidak ada di daftar kontak serta menampilkan lebih banyak konteks tentang siapa yang akan mereka ajak ngobrol.
“Melalui peringatan ini, kami menyertakan informasi tambahan tentang penerima pesan agar Anda bisa lebih berhati-hati sebelum melanjutkan percakapan,” pungkas WhatsApp.
(vmp/vmp)

Jakarta –
Apple menginvestasikan USD 100 miliar lagi demi memperluas operasinya di Amerika Serikat. Investasi Apple datang setelah raksasa teknologi itu telah berkomitmen USD 500 miliar untuk investasi domestik awal tahun ini.
Presiden AS Donald Trump memang menekan Apple dan raksasa teknologi lainnya untuk mengalihkan produksi ke AS. Maka investasi Apple dengan total USD 600 miliar atau lebih dari Rp 9.700 triliun itu diharapkan membuat Trump melunak.
Pada acara di Ruang Oval untuk merayakan investasi tersebut, Trump mengancam pungutan 100% pada semikonduktor dan chip impor. Namun dia mengatakan bahwa perusahaan yang telah berkomitmen membangun di AS tidak akan terdampak.
“Namun kabar baik bagi perusahaan seperti Apple adalah, jika Anda membangun di Amerika Serikat atau berkomitmen untuk membangun, tanpa diragukan lagi, berkomitmen untuk membangun di AS, takkan ada biaya,” kata Trump terkait tarif semikonduktor.
“Dia meminta kami untuk memikirkan komitmen apa lagi yang bisa kami lakukan, dan Presiden, kami menanggapi tantangan itu dengan sangat serius,” sebut CEO Apple, Tim Cook.
Namun Cook mengakui iPhone yang dirakit sepenuhnya di Amerika Serikat masih jauh dari realisasi meskipun ada desakan Trump. Perusahaan tersebut fokus pada manufaktur komponen iPhone dalam negeri, pendekatan yang tampaknya Trump setujui untuk saat ini.
“Lihat, dia tidak melakukan investasi semacam ini di mana pun di dunia, bahkan tidak di dekat sini. Dia akan kembali. Maksud saya, Apple akan kembali ke Amerika,” sebut Trump yang dikutip dari CNN.
Investasi baru ini mencakup peluncuran Program Manufaktur Amerika yang bertujuan memindahkan lebih banyak rantai pasokan Apple ke AS. Pemasok Apple seperti Corning, Coherent, GlobalWafers America, Applied Materials, Texas Instruments, Samsung, dan Broadcom akan menjadi mitra pertama yang berpartisipasi.
Apple bermaksud menciptakan rantai pasokan untuk chip-nya di AS melalui program ini. Mereka berharap memproduksi lebih dari 19 miliar chip untuk produk-produknya pada tahun 2025. Chip-chip tersebut akan diproduksi di 24 pabrik di 12 negara bagian.
“Saya bangga mengatakan bahwa Apple memimpin penciptaan rantai pasokan silikon komprehensif di Amerika, mulai desain, peralatan, produksi wafer, fabrikasi, hingga pengemasan,” ujar Cook.
Apple juga secara signifikan memperluas kemitraannya dengan pemasok kaca Corning dalam ekspansi ambisius yang akan memastikan setiap iPhone dan Apple Watch yang terjual di seluruh dunia dibuat dengan kaca pelindung dari Kentucky.
Dalam acara di Ruang Oval, Cook memberikan Trump kaca yang terbuat dari fasilitas di Kentucky. Apple juga memperdalam hubungannya dengan Coherent, pemasok laser yang memberi daya pada alat pengenalan wajah Face ID iPhone.
(fyk/fay)

Jakarta, CNBC Indonesia – Laporan ‘Profil Internet Indonesia 2025’ yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan perilaku masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan layanan pinjaman online (pinjol).
Menurut hasil survei 8.700 responden yang tersebar proporsional di 38 provinsi di Indonesia, jumlah pengguna pinjol meningkat di Tanah Air. Persentasenya di 2025 sebesar 8,21% berbanding 5,42% pada 2024.
Kendati demikian, memang masih lebih banyak masyarakat Indonesia yang tidak menggunakan pinjol, yakni 91,79% di 2025. Angka itu menurun dibandingkan tahun lalu sebesar 94,58%.
Kelompok Milenial merupakan yang paling banyak menggunakan pinjol, yakni sekitar 45,15%. Hampir seperempat dari kelompok Milenial (25,87%) menggunakan pinjol untuk membeli barang dengan cicilan tanpa kartu kredit.
Berikutnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak (22,73%) yakni untuk biaya kesehatan, terjerat utang, atau hal-hal bersifat darurat lainnya. Kemudian 17,13% menggunakannya untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari.
Kelompok kedua yang paling rajin menggunakan pinjol adalah Gen Z, yakni sebanyak 41,44%. Mayoritas Gen Z (23,42%) menggunakan pinjol untuk memenuji kebutuhan mendesak.
Sebanyak 20,45% menggunakannya untuk membeli barang dengan cicilan. Sementara itu, 16,36% juga membutuhkan pinjol untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.
Gen X juga tercatat sebagai pengguna pinjol, meski angkanya tak sebanyak Milenial dan Gen X, dengan kontribusi 11,75%.
Kelompok ini kebanyakan menggunakan untuk belanja barang kebutuhan sehari-hari dan membeli barang dengan cicilan (masing-masing 21,05%). Berikutnya adalah 18,42% menggunakannya karena proses pengajuannya mudah dan cepat.
Laporan tersebut juga mengungkapkan penetrasi penggunaan pinjol berdasarkan pengeluaran. Ternyata kebanyakan pengguna pinjol memiliki pengeluaran Rp 2,5 juta-Rp 3,5 juta (21,44%).
Berikutnya diikuti oleh kelompok pengeluaran Rp 1 juta-Rp 1,5 juta (17,53%), Rp 1,5 juta-Rp2 juta (16,91%), Rp 2 juta-Rp 2,5 juta (15,88%), kurang dari Rp 1 juta (13,61%), Rp 3,5 juta-Rp6 juta (12,16%), dan di atas 6 juta sebanyak 2,47%.
(fab/fab)
[Gambas:Video CNBC]
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5307914/original/053150700_1754499577-Galaxy_A17.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Apple disebutkan akan meluncurkan deretan iPhone 17 Series dalam acara tahunan mereka, yang diprediksi digelar pada 9 atau 10 September 2025.
Seperti pola tahun sebelumnya, raksasa teknologi asal Cupertino ini akan merilis empat model iPhone terbaru. Namun, tahun ini ada perubahan penting dalam jajaran produknya.
Menurut sejumlah bocoran di internet, Apple bakal menghapus varian iPhone Plus dan menggantinya dengan ponsel tertipis buatan mereka, yakni iPhone 17 Air.
Sementara itu, untuk iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max disebut-sebut hadir dengan desain baru, khususnya di bagian modul kamera belakang.
Walau raksasa teknologi tersebut belum mengonfirmasi harga iPhone 17 Series, laporan dari firma perbankan investasi dan pasar model, Jeffries, mengungkap estimasi harga untuk keempat model iPhone baru tersebut.
Bocoran ini menyebutkan, ada kenaikan harga pada sebagian besar model, khususnya di iPhone 17 Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max.
Baca selengkapnya di sini

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi periklanan Indonesia, Digital Mediatama Maxima (DMMX) mengungkap kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering ke minimarket karena melihat iklan di media sosial.
Pada riset internal yang dilakukan DMMX, perilaku pengunjung ritel Indonesia cenderung melakukan pembelian impulsif, tetapi dengan waktu kunjungan hanya sekitar 5-15 menit.
Dalam riset itu juga disebutkan, masyarakat Indonesia mengunjungi minimarket lebih sering (3-5 kali/pekan) dibanding rata-rata global (1-3 kali/pekan).
“Konten multimedia serta media sosial juga jadi faktor yang mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berbelanja,” jelas CEO DMMX, Budiasto Kusuma di Jakarta Rabu (6/8/2025).
Budiasto mengatakan untuk mendorong transaksi yang lebih deras, perusahaannya juga sudah menyiapkan strategi untuk menawarkan pengalaman smart retail bagi konsumen, dimulai dari ketika pengunjung mendatangi toko, mengeksplorasi, mengambil keputusan, hingga pada tahap pembayarannya.
DMMX berniat untuk mengonversi kunjungan online menjadi kunjungan langsung ke tempat, dengan cara menarik pelanggan lewat promosi, untuk nantinya ikut meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan produk di dalam toko.
Contoh yang disebutkan adalah penggunaan rak belanja interaktif, yang akan menampilkan promosi sesuai produk apa yang sedang dipegang oleh pelanggan.
“Dari kunjungan toko, selanjutnya, kami ingin mengonversi ke dalam bentuk pembelian dan loyalitas. Ini juga sebagai bentuk memanfaatkan sifat ‘impulsif’ pelanggan Indonesia,” kata Budiasto.
Sementara itu, Head of Marketing Klik Indomaret Roger Tanaka mengatakan perusahaan telah mengaplikasikan omnichannel untuk menawarkan pengalaman berbelanja online yang dipersonalisasi.
Head of Marketing Klik Indomaret, Roger Tanaka, menjelaskan pemanfaatan AI yang telah dilakukan perusahaannya di Jakarta (6/8/2025)
Klik Indomaret memanfaatkan AI untuk mempelajari perilaku belanja pelanggannya, untuk kemudian menampilkan promosi yang sesuai di beranda aplikasi. Tidak hanya itu, fitur poin belanja pelanggan juga terintegrasi dalam satu akun yang sama dalam Indomaret Poinku.
“Pemanfaatan AI ini bukan sekedar transformasi digital, tetapi juga mampu meningkatkan pengalaman, loyalitas, dan retensi pelanggan terhadap Indomaret,” kata Roger soal dampak nyata omnichannel pada perusahaannya.
Roger juga mengakui, tetap terdapat sejumlah tantangan dalam menerapkan perubahan digital tersebut, seperti biaya investasi yang cukup tinggi, resistensi terhadap perubahan, keamanan data, dan juga kesenjangan teknologi misalnya terbatasnya akses internet di area tertentu.
Untuk mengatasi masalah kesenjangan teknologi, Indomaret menerapkan sistem untuk promosi aplikasi belanja online-nya di daerah sulit akses internet. Mereka tidak hanya sekedar mempromosikan, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang cara penggunaan aplikasi.
“Untuk keamanan data, kami juga selalu perkuat sisi IT, agar data tidak mudah diretas, dan juga memastikan kami hanya melacak data perilaku pelanggan, tidak sampai ke konfidensial,” jelas Kepala Marketing Klik Indomaret tersebut terkait keamanan data pelanggan. (Muhamad Rafi Firmansyah Harun)