Jenis Media: Tekno

  • Apakah Harga PS5 Terbaru di Indonesia Lagi Diskon? Cek Update di Sini

    Apakah Harga PS5 Terbaru di Indonesia Lagi Diskon? Cek Update di Sini

    Jakarta

    Kira-kira harga PS5 terbaru di Indonesia pada Desember 2025 ada penurunan tidak ya? Yuk simak penjelasan singkatnya berikut ini.

    Hasil penelusuran detikINET dari setiap penjual konsol next-gen kepunyaan Sony ini, Selasa (2/12/2025), rata-rata tidak memberikan penawaran spesial yang dapat menguntungkan gamer. Kebanyakan dari mereka sudah mengembalikan harganya menjadi normal lagi.

    Berbeda dengan November lalu, yang mana gamer bisa lebih berhemat ketika ingin memboyong PS5. Mereka tidak perlu menggelontorkan uang hingga Rp 8 jutaan, karena ada promo bertajuk 11.11 Power Deals 2025.

    Jadi PlayStation menyelenggarakan diskon tersebut mulai 31 Oktober – 13 November 2025. Biasanya PS5 dibanderol seharga Rp 8.199.000 untuk versi digital. Sementara versi kaset platform gaming ini dihargai Rp 9.699.000. Namun bulan lalu, gamer bisa menikmati potongan harga hingga Rp 1,5 juta.

    Sayangnya promonya sudah berakhir, sehingga harga PS5 terbaru saat ini kembali normal. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung simak data yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber ini.

    Harga PS5 Terbaru di Indonesia

    Jadi detikINET sudah mengumpulkan harga PS5 terbaru di Indonesia berdasarkan retail resminya. Setidaknya ada tujuh tokoh yang bisa gamer jadikan referensi bila berniat membeli konsol ini. Berikut daftarnya ya.

    1. Electronic City

    PS5 Slim Disc Eiger – Rp 9.699.000PS5 Slim Disc Black White – Rp 9.699.000PS5 Digital Black White – Rp 8.199.000PS5 Black White – Rp 9.699.000

    2. My Hartono

    PS5 Slim Disc Version Two DualSense – Rp 10.899.000PS5 Call of Duty: Black Ops 6 Bundle – Rp 9.699.000PS5 Slim Disc Version – Rp 9.699.000PS5 Disc NBA 2K26 – Rp 9.699.000

    3. Multi Game Shop

    PS5 Slim Digital (825GB) – Rp 7.999.000PS5 Disc NBA 2K26 – Rp 9.699.000PS5 Disc + Twin Charging PowerA – Rp 9.699.000PS5 Disc Disc 1TB Ghost of Yotei Gold Edition – Rp 12.990.000PS5 Slim Digital Edition 1TB – Rp 7.999.000PS5 Slim Disc Version – Rp 9.399.000PS5 Slim Digital 30th Anniversary – Rp 12.999.000

    4. Erafone

    PS5 Slim Digital – Rp 8.199.000

    5. Data Scrip

    PS5 Slim Disc Version – Rp 9.699.000PS5 Slim Disc Version Two DualSense – Rp 10.779.000PS5 Slim Digital Version – Rp 8.199.000PS5 Slim Digital Edition Two DualSense – Rp 9.299.000PS5 Slim Disc Version – Rp 9.699.000PS5 Digital Edition – Rp 8.199.000

    6. Urban Republic

    PS5 Slim Disc Version – Rp 9.699.000PS5 Slim Disc Version DualSense Bundle – Rp 10.779.000PS5 Slim Digital DualSense Bundle – Rp 9.299.000PS5 Slim Digital Edition – Rp 8.199.000PS5 Slim Call of Duty Bundle – Rp 9.699.000

    7. Blibli

    PS5 Slim Digital Edition – Rp 8.199.000PS5 Slim Disc Edition – Rp 9.699.000

    Demikian harga PS5 terbaru di Indonesia pada Desember 2025. Semoga bisa menjadi referensi bagi gamer yang berniat ingin membeli platform gaming kepunyaan Sony ini.

    (hps/fyk)

  • Harga iPhone 13 Terkini di iBox, Digimap, dan BliBli pada Desember 2025

    Harga iPhone 13 Terkini di iBox, Digimap, dan BliBli pada Desember 2025

    Liputan6.com, Jakarta – Dinamika pasar smartphone di Indonesia kembali diramaikan menjelang akhir tahun, terutama dengan adanya penyesuaian harga berbagai seri iPhone, termasuk iPhone 13.

    Khusus bagi konsumen yang mengincar perangkat Apple, informasi terkini mengenai harga iPhone 13 pada Desember 2025 dari toko atau reseller resmi seperti iBox, Digimap, dan e-commerce Blibli menjadi sangat penting.

    Pergerakan harga ini dipengaruhi berbagai faktor umum yang terjadi setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor utama, mulai dari peluncuran model baru hingga promo akhir tahun yang ditawarkan toko resmi maupun e-commerce yang memberikan penyesuaian harga dan promo tertentu menjelang penutupan tahun.

    Fenomena ini umum terjadi, di mana konsumen mencari informasi terkini mengenai harga iPhone di pasar Indonesia. Pergerakan harga smartphone besutan Apple ini memang cukup dinamis, terutama menjelang pergantian tahun.

    Selain itu, Promo Natal dan Tahun Baru, persaingan antar-ritel, serta strategi diskon dari e-commerce menjadi faktor pendorong utama turunnya harga pada seri-seri tertentu.

    Faktor lain yang turut memengaruhi harga adalah ketersediaan stok, terutama untuk varian memori spesifik, serta pergerakan nilai tukar mata uang dan biaya impor juga turut berkontribusi dalam penetapan harga.

    Untuk harga iPhone 13 sendiri di toko resmi iBox, Digimap, hingga e-commerce per 1 Desember 2025 antara lain:

    iPhone 13 128 GB: Rp 8.249.000 (sebelumnya Rp 10.299.000)
    iPhone 13 256 GB: Rp 9.249.000
    iPhone 13 512 GB: Rp 11.499.000

  • Ramai Netizen Ajak Patungan Beli Hutan, Cegah Deforestasi Makin Parah

    Ramai Netizen Ajak Patungan Beli Hutan, Cegah Deforestasi Makin Parah

    Jakarta

    Ajakan patungan beli hutan ramai dibahas. Netizen peduli lingkungan mencari cara kolektif untuk menjaga hutan Indonesia yang terus terancam alih fungsi. Ajakan ini muncul di tengah keprihatinan atas deforestasi yang makin parah.

    Banjir bandang di Sumatra yang terkait deforestasi menjadi peringatan keras dan telah memicu kesadaran yang meluas tentang dampak kerusakan lingkungan akibat penggundulan hutan. Tak heran, dalam beberapa minggu terakhir media sosial diramaikan oleh ajakan patungan membeli hutan sebagai bentuk aksi nyata menyelamatkan hutan yang tersisa.

    Fenomena ini menjadi viral karena dianggap sebagai alternatif baru melindungi lingkungan, terutama ketika kebijakan dan penegakan hukum dinilai sangat lemah mencegah kerusakan hutan. Tren ini berawal dari unggahan yang mempertanyakan betapa mudahnya hutan berubah menjadi lahan perkebunan atau tambang.

    “Bikin nyesek dan stres baca berita bencana Sumatra. Mungkin 10-15th lagi generasi berikutnya ga bs lihat hutan dan berbagai satwa asli Indonesia karena udah punah 😭. Bisa gak sih kita sbg WNI patungan beli hutan utk konservasi? Apa ada praktek seperti ini?,” tanya seorang netizen di Thread.

    Unggahan ini mendapat respons beragam, ada juga yang menginformasikan bahwa praktik semacam ini sebenarnya sudah lama ada. Lembaga nirlaba (NGO), masyarakat adat, hingga perseorangan ada yang sudah menjalankan ide ini.

    “NGO ada yang beli hutan. Di Sumatera Barat ada Kalaweit. Lahan hutan mereka cukup luas untuk penangkaran siamang dan ungko. Ada juga hutan ibu Rosita di Bogor,” kata pengguna Thread lain membalas postingan tersebut.

    “Ngeliat donasi untuk Sumatra di Kitabisa tembus 8M, rasanya pergerakan rakyat ini gak ada yang gak mungkin kalau kita jalan bareng. Optimis bgt kita bisa patungan bebasin lahan untuk konservasi hutan bareng-bareng,” kata yang lain.

    Ide patungan ini muncul dari rasa frustrasi masyarakat melihat luas hutan Indonesia yang terus menyusut drastis. Bagi banyak netizen, membeli lahan berhutan dan menjaganya agar tidak dialihfungsikan adalah bentuk perlawanan terhadap deforestasi.

    Selain itu, banyak yang melihat ide ini sebagai bentuk protes simbolik terhadap kerusakan lingkungan dan respons spontan atas minimnya kebijakan perlindungan hutan yang dianggap tidak efektif.

    Meskipun mungkin implementasinya tidak sederhana dan akan panjang, fenomena ini menunjukkan tingginya kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat, dan publik semakin aktif mencari solusi mengurangi kerusakan hutan Indonesia.

    (rns/rns)

  • Telkomsel Pulihkan 79,7 Persen Layanan di Wilayah Terdampak

    Telkomsel Pulihkan 79,7 Persen Layanan di Wilayah Terdampak

    Pemulihan dilakukan melalui berbagai skema, termasuk:

    • Mobilisasi 346 personel teknis

    • Penempatan genset tambahan

    • Pengalihan rute backbone dan jalur transmisi

    • Penggunaan perangkat alternatif

    • Penggelaran BTS mobile di lokasi prioritas

    Telkomsel juga berkoordinasi erat dengan Kemkomdigi, pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, serta pemangku kepentingan setempat untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia.

    Pemulihan jaringan Telkomsel difokuskan mulai dari area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas hingga kini tercatat sejumlah capaian pemulihan per provinsi per 1 Desember 2025:

    • Aceh: 36% site Telkomsel pulih (708 dari 1.964 site), 41,2% line IndiHome pulih (59.836 dari 145.384 line)

    • Sumatera Utara: 90% site Telkomsel pulih (4.136 dari 4.610 site), 93,3% line IndiHome pulih (293.911 dari 314.957 line)

    • Sumatera Barat: 94% site Telkomsel pulih (1.007 dari 1.066 site), 93,3% line IndiHome pulih (68.804 dari 70.161 line)

  • Ferry Irwandi Galang Dana Korban Banjir Sumatra, Rp 10 M dalam 24 Jam

    Ferry Irwandi Galang Dana Korban Banjir Sumatra, Rp 10 M dalam 24 Jam

    Jakarta

    Content creator dan influencer Ferry Irwandi menggalang dana untuk membantu korban banjir Sumatra. Dalam 24 jam, donasi menyentuh angka Rp 10,3 miliar, jauh lebih banyak dari target awal yang hanya Rp 1 miliar.

    Di situs Kita Bisa, Ferry mengajak warganet untuk bahu membahu membantu korban banjir Sumatra.

    “Teman-teman, saudara kita di Sumatra membutuhkan bantuan kita. Curah ekstrem yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut telah memicu banjir bandang dan tanah longsor di berbagai wilayah di Sumatra, meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh,” tulis Ferry.

    “Air merendam permukiman, akses jalan dan listrik terputus, rumah-rumah warga rusak, serta fasilitas umum lumpuh. Ribuan warga kini terpaksa mengungsi dan bertahan hidup dalam kondisi serba terbatas,” sambungnya.

    Adapun kebutuhan mendesak yang disebutkan Ferry antara lain makanan siap saji, logistik, obat-obatan, layanan kesehatan, perlengkapan kebersihan, hingga air bersih.

    A rescuer walks through the mud as the search and rescue operation continues at an area hit by deadly flash floods following heavy rains in Palembayan, Agam regency, West Sumatra province, Indonesia, December 2, 2025. REUTERS/Willy Kurniawan Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

    “Bencana ini meninggalkan luka yang dalam bagi ribuan keluarga di Sumatra. Namun, harapan itu masih ada melalui kepedulian kita semua,” tuturnya.

    Terakhir, jumlah donasi ‘Solidaritas Bantu Korban di Sumatra’ mencapai Rp 10.374.634.800 dari 87.692 donasi. Di akun Instagram @irwandyferry, dia menuturkan bahwa penyaluran bantuan untuk seluruh daerah terdampak terutama daerah terpencil dan terisolasikan akan segera dilaksanakan.

    “Informasi dari tim @kitabisacom , penggalangan dana ini tercatat sebagai penggalangan dana terbesar yang pernah ada di @kitabisacom untuk bencana nasional dan ini dapat terjadi karena kepedulian dan sumbangsih kawan-kawan. Perkembangan selanjutnya akan selalu diupdate secara berkala. Terima kasih,” ucapnya.

    Di kolom komentar, netizen yang mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas kepedulian Ferry dan para donatur untuk korban banjir Sumatra.

    “Bang kalau open relawan aku siap ikut terjun ke lapangan🙌 semoga cepat tersalurkan ke saudara-saudara kita yg sedang mengalami musibah di aceh, sumut dan sumbar,” aku @darwansyahtj.

    “Terlalu gokiel… 🥹 makasih orang orang baik 🫶🏻🙌,” ungkap @bg_juls.

    “LUAR BIASA!! rakyat bantu rakyat 🙌🏻🔥,” seru @__rhmln.

    “SEMOGA REZEKI NYA LANCAR SEMUAA, AAAMIINNN 😭😭❤️❤️❤️,” doa @jeniqlo.

    (ask/ask)

  • 79% Jaringan Telkomsel Pulih, XLSMART Tambah Genset

    79% Jaringan Telkomsel Pulih, XLSMART Tambah Genset

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berhasil memulihkan 79% layanannya di Sumatra. Sementara PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) menambah genset untuk menjaga operasional BTS di tengah sulitnya akses dan gangguan pasokan listrik.

    Dua operator besar, Telkomsel dan XLSMART, bergerak cepat memastikan layanan komunikasi tetap bisa diakses masyarakat, terutama di area pengungsian dan lokasi tanggap darurat.

    Hingga 1 Desember 2025, Telkomsel mencatat 76,5% site seluler dan 79,7% jaringan IndiHome telah kembali beroperasi. 

    Fokus pemulihan diarahkan ke wilayah yang terdampak paling parah, termasuk Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Per provinsi, tingkat pemulihan jaringan menunjukkan progres berbeda, Aceh masih berada di fase awal dengan pemulihan 36% site, sementara Sumatera Utara dan Sumatera Barat sudah pulih lebih dari 90%.

    Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan terus berupaya memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak. 

    Telkomsel bekerja sama dengan Komdigi, pemerintah daerah, serta berbagai instansi, berjibaku memperbaiki jaringan.  

    “Kami terus berupaya mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit,” kata Nugroho dikutip, Selasa (2/12/2025).

    Untuk mendukung kebutuhan komunikasi warga, Telkomsel menyediakan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya melalui UMB 88820# yang dapat digunakan pelanggan prabayar maupun pascabayar. 

    Selain itu, sekitar 100 Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana dibuka untuk menyediakan telepon dan SMS gratis, penggantian kartu, perbaikan layanan IndiHome, hingga dukungan teknis bagi aparat dan relawan. 

    Berbagai bantuan tambahan seperti WiFi gratis, dapur umum, mobilisasi logistik, hingga pemasangan 120 unit satelit juga dilakukan bekerja sama dengan Telkom Group.

    Sementara Telkomsel memperluas cakupan pemulihannya, sementara itu XLSMART menghadapi menambah genset ke berbagai titik yang masih dapat diakses guna menjaga operasional BTS.

    Saat ini tercatat 691 BTS XLSMART masih terdampak, terdiri atas 538 BTS di Aceh, 120 BTS di Sumatera Utara, dan 33 BTS di Sumatera Barat. Beberapa wilayah sudah mulai pulih, meski proses perbaikan masih harus menyesuaikan kondisi lapangan.

    XLSMART tidak hanya fokus pada pemulihan jaringan dan penambahan genset untuk menjaga operasional BTS, tetapi juga memperluas dukungan bagi warga terdampak. 

    Melalui program CSR XLSMART Peduli Bencana Sumatera, perusahaan menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa paket kebutuhan pokok darurat  mulai dari sembako, makanan ringan, minuman, hingga kebutuhan bayi dan anak. Bantuan ini diesalurkan bersama mitra kolaborasi seperti DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat setempat.

    Distribusi dilakukan di enam wilayah terdampak terparah, yaitu Kabupaten Pidie Aceh, Lhokseumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, dan Tanah Datar. Penyaluran bantuan telah dimulai pada Jumat (28/11) dan akan berlanjut hingga awal pekan berikutnya, seiring tim XLSMART memperluas jangkauan distribusi ke posko-posko pengungsian lainnya. (Nur Amalina)

  • Bantahan OpenAI Jadi Penyebab Remaja Adam Raine Bunuh Diri

    Bantahan OpenAI Jadi Penyebab Remaja Adam Raine Bunuh Diri

    Tuduhan soal ChatGPT jadi penyebab bunuh diri remaja 16 tahun bernama Adam Raine kembali mencuat. Dalam jawaban hukum yang disampaikan di Pengadilan Tinggi California di San Fransisco, OpenAI bantah tuduhan tersebut.

    “Sejauh ada ‘penyebab’ yang dapat dikaitkan dengan kejadian tragis ini, cedera dan kerugian yang dialami Penggugat disebabkan atau turut disebabkan, secara langsung dan proksimal, seluruhnya atau sebagian, oleh penyalahgunaan, penggunaan tanpa izin, penggunaan yang tidak dimaksudkan, penggunaan yang tidak dapat diperkirakan, dan/atau penggunaan yang tidak tepat atas ChatGPT oleh Adam Raine,” kata OpenAI pada Selasa(25/11).

    *Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera menghubungi psikolog dan psikiater terdekat. Kunjungi laman www.intothelightid.org/cari sebagai laman yang didedikasikan untuk mencari layanan kesehatan mental terdekat. Laman pertolongan pertama bagi orang dengan pemikiran bunuh diri juga dapat dibaca di www.intothelightid.org/tolong.

     

  • Soal Sabu yang Bikin Dewi Astutik Ditangkap BNN-Interpol di Kamboja

    Soal Sabu yang Bikin Dewi Astutik Ditangkap BNN-Interpol di Kamboja

    Jakarta

    Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Interpol dan BAIS menangkap Dewi Astutik karena penyelundupan dua ton sabu senilai Rp 5 T. Dewi alias PA (43) ditangkap di Kamboja dan akan diterbangkan ke Indonesia hari ini.

    Kepada detikINET, dr Hari Nugroho, M.Sc dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience menjelaskan bahwa sabu masuk kategori narkoba yang banyak disalahgunakan.

    “Trend penggunaan methamphetamine memang meningkat, terutama di kawasan Asia, Australia, Pasifik, Afrika. Sekarang di Amerika dan Eropa juga mulai meningkat. Tapi bukan yang paling banyak digunakan di dunia, yang paling banyak tetap ganja, nomor dua opioid, baru methamphetamine,” jelasnya.

    Di Indonesia sendiri, sabu menduduki nomor dua setelah ganja untuk narkoba. Akan tetapi, biasanya pengguna juga memakai keduanya. Misalnya setelah memakai sabu dan tidak dapat tidur, pecandu bakal memakai ganja atau obat benzodiazepine. Bisa juga alkohol.

    “Iya memang banyak yang multiple gitu (adiksinya — red). Kalau sudah jadi adiksi, betul-betul perjuangan biar bisa lepas,” tegasnya.

    Sebagai informasi, methamphetamine sendiri sudah tidak lagi digunakan dalam pengobatan. Yang digunakan turunan amphetamine yang lain, contohnya salah satu obat ADHD adalah turunan amphetamine yaitu lisdexamfetamine — tapi ini tidak beredar di Indonesia.

    Adapun alasan menggunakan sabu bermacam-macam rupanya. Amphetamine tipe ini sifatnya stimulan, sehingga banyak yang menyalahgunakannya untuk bekerja yang makan waktu lama misalnya saat jadi supir antar kota atau pekerjaan lain yang makan waktu.

    “Ada juga yang menggunakannya untuk tujuan supaya lebih fokus dan mengalihkan masalah. Pun ada yang menggunakan untuk tujuan seksual. Apalagi jika orang menggunakan stimulan seperti sabu ini tidak terlihat seperti orang mabuk atau teler, tapi keliatan rajin, semua dikerjain,” tandasnya.

    (ask/ask)

  • 6,4 Juta Phishing Sasar Pebelanja Online, 20 Juta Gamer Jadi Target Serangan Siber

    6,4 Juta Phishing Sasar Pebelanja Online, 20 Juta Gamer Jadi Target Serangan Siber

    Liputan6.com, Jakarta Kaspersky melaporkan ada lonjakan ancaman siber sepanjang 2025. Ini karena banyak penjahat siber menargetkan momen belanja musiman.

    Setiap tahun, pelaku kejahatan kerap kali menyebarkan link untuk website phishing hingga promosi palsu dengan upaya untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

    Tak hanya itu, sejumlah platform game seperti Discord hingga Steam juga menjadi sasaran pelaku kejahatan siber dengan puluhan juga percobaan serangan.

    Mengutip laporan Data Kaspersky Security Network (KSN), Selasa (2/12/2025), perusahaan keamanan siber ini telah memblokir 6.394.845 upaya phishing dari Januari hingga Oktober 2025.

    Sebanyak 48,2 persen serangan tersebut menargetkan pebelanja online melalui peniruan toko digital, bank, dan sistem pembayaran. Pada periode sama, lebih dari 20 juta upaya serangan terhadap platform game terdeteksi, termasuk 18,56 juta menyalahgunakan Discord.

    Di dua minggu pertama November, Kaspersky mencatat 146.535 email spam bertema penjualan musiman. Sebanyak 2.572 di antaranya terkait promo Harbolnas atau promo Hari Lajang.

    Pelaku kejahatan phishing sering kali pura-pura menjadi pihak e-commerce, mulai dari Amazon, Walmart, dan Alibaba untuk menggiring pengguna ke laman web palsu.

    Serangan meniru layanan hiburan juga meluas. Terdeteksi, ada 801.148 percobaan serangan phishing terkait Netflix dan 576.873 terkait Spotify.

    Tak hanya fokus pada e-commerce, Kaspersky mendapati ada 2.054.336 upaya phishing  yang menyamarkan diri sebagai platform game seperti Steam, PlayStation, dan Xbox sepanjang 2025.

    Malware yang disamarkan sebagai software game juga meningkat tajam. Total 2.188.897 percobaan infeksi ditemukan, dengan Discord menyumbang 18.556.566 terdeteksi. Angka ini meningkat 14 kali lipat dibandingkan 2024.

    “Data tahun ini menunjukkan serangan siber beroperasi di seluruh ekosistem digital,” Olga Altukhova, Analis Konten Web Senior di Kaspersky. Ia menilai, pelaku sering memantau aktivitas pengguna di berbagai platform, dan terus menyesuaikan metode agar bebas dari pantauan pengguna.

  • Jaringan 5G Belum Masif, Pelanggan Enggan Ganti Smartphone

    Jaringan 5G Belum Masif, Pelanggan Enggan Ganti Smartphone

    Bisnis.com, JAKARTA— Vivo mengungkap jaringan 5G yang belum merata turut berdampak pada keputusan masyarakat dalam membeli smartphone 5G. Selain itu, pengguna juga mempertimbangkan faktor kamera hingga daya tahan baterai.

    Hal tersebut disampaikan PR Manager vivo Indonesia Alexa Tiara yang menilai respons konsumen terhadap perangkat 5G masih cukup positif, terutama di wilayah yang sudah memiliki dukungan jaringan memadai.

    “Di saat yang sama, kami menyadari kesiapan jaringan di Indonesia masih bervariasi, sehingga kebutuhan konsumen pun berbeda-beda,” kata Alexa kepada Bisnis pada Selasa (2/12/2025).

    Menurut Alexa, kondisi tersebut menjadi dasar bagi vivo untuk menghadirkan portofolio produk yang fleksibel, dengan menawarkan pilihan perangkat 4G dan 5G di sejumlah lini. Dengan begitu, konsumen dapat memilih perangkat yang paling sesuai dengan kondisi jaringan maupun pola penggunaan mereka.

    Dia menjelaskan adopsi 5G menunjukkan tren stabil, menandakan konsumen masih mempertimbangkan banyak faktor sebelum beralih ke perangkat generasi terbaru. 

    Faktor-faktor tersebut mencakup harga, daya tahan baterai, serta fitur kamera yang mendukung aktivitas harian. Selain itu, sebagian besar pengguna juga masih menilai jaringan 4G sudah cukup memadai.

    “Pada saat yang sama, hadirnya perangkat 5G tetap menjadi langkah penting dalam mendorong inovasi dan mempersiapkan konsumen menuju pengalaman konektivitas yang lebih cepat,” ujarnya.

    Alexa menegaskan fokus vivo adalah menghadirkan produk yang benar-benar menjawab kebutuhan pengguna di berbagai segmen. 

    Dia menambahkan semangat “Joy in Us” menjadi landasan vivo dalam menghadirkan inovasi yang relevan dengan kehidupan konsumen.

    “Dengan inovasi teknologi yang terus berkembang, kami yakin vivo dapat tetap berkontribusi pada pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia sekaligus menawarkan pengalaman yang terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

    Sementara itu, laporan Counterpoint Research menunjukkan adopsi smartphone 5G di Indonesia masih berjalan lambat. Pada kuartal III/2025, perangkat 5G hanya menguasai 35% dari total pengapalan, stagnan dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pertumbuhannya naik tipis 4%, menunjukkan penetrasi yang belum masif.

    Counterpoint juga mencatat fluktuasi dalam empat kuartal terakhir. Pada kuartal IV/2024, pangsa pengapalan perangkat 5G turun ke 25% dari 31% pada kuartal sebelumnya. Pemulihan terjadi pada kuartal I/2025 yang naik menjadi 26%, kemudian melonjak ke 35% pada kuartal II/2025, dan bertahan pada kuartal III/2025. Stabilitas ini didorong meningkatnya ketersediaan perangkat 5G yang lebih terjangkau, terutama di kelas menengah.

    Di sisi lain, pasar smartphone nasional secara keseluruhan mencatat pemulihan kuat. Pengiriman smartphone tumbuh 12% secara tahunan pada kuartal III/2025, didorong stabilitas ekonomi, ekspor, dan meningkatnya permintaan domestik.

    Segmen entry-level menjadi motor utama pertumbuhan. Pengapalan smartphone di bawah US$150 melonjak 42% secara tahunan dan kini menguasai 55% pangsa pasar, berkat strategi agresif produsen menyediakan perangkat terjangkau. Adapun segmen menengah dan premium terkoreksi. Pengiriman perangkat US$150–349 turun 10%, segmen US$350–699 turun 11%, dan perangkat premium di atas US$700 merosot 14%.

    Dari sisi merek, Samsung memimpin pasar dengan pangsa 20%, diikuti Xiaomi 17%, OPPO 16%, vivo 14%, serta Infinix 12% yang mencatat pertumbuhan paling agresif dengan kenaikan 45% secara tahunan.

    Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyiapkan lelang frekuensi 2,6 GHz untuk meningkatkan layanan 5G. Pita 2,6 GHz termasuk kategori mid-band dengan keunggulan kapasitas dan ketersediaan bandwidth hingga 190 MHz. 

    Selain itu, pita 2,6 GHz dengan moda Time Division Duplex (TDD) memiliki ekosistem perangkat 4G dan 5G terbesar kedua secara global. Pemanfaatan pita tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas konektivitas broadband secara signifikan.