Jenis Media: Tekno

  • AI Raksasa China Ant Group Masuk Indonesia, Incar Sektor Keuangan

    AI Raksasa China Ant Group Masuk Indonesia, Incar Sektor Keuangan

    Bisnis.com, JAKARTA – Anak Usaha Ant Group China, Ant Digital Technologies, memperluas pasar ke Asia Tenggara. Perusahaan tersebut menjadikan Indonesia sebagai titik awal ekspansi di kawasan.

    Head of International Product and Technology Department Ant Digital Technologies sekaligus Chief Technology Officer ZOLOZ, William Yao, mengatakan, Ant Digital Technologies berkomitmen merevolusi lanskap digital melalui solusi AI perusahaan. 

    “Kami terus berinvestasi dalam pengembangan solusi yang tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui kebutuhan pelanggan dan mitra kami yang terus berkembang. Kami ingin memastikan perjalanan menuju inovasi yang aman, lancar, dan cerdas,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (14/8/2025).

    Adapun, sejumlah produk yang ditawarkan di antaranya Zolos. Yakni identitas digital dan keamanan berbasis AI yang digunakan oleh institusi keuangan papan atas seperti Bank Mandiri di Indonesia, GCash di Filipina, dan TnGD di Malaysia. 

    Solusi electronic Know Your Customer (e-KYC) dari ZOLOZ diklaim telah melayani lebih dari 100 juta pengguna di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

    Solusi berikutnya adalah RealDoc, mesin kecerdasan dokumen berbasis AI yang menawarkan rangkaian fungsi komprehensif, mulai dari penyusunan konten dan ekstraksi data, hingga deteksi pemalsuan dan aplikasi sesuai skenario. 

    RealDoc disebut ,ampu memproses berbagai jenis dokumen, dari paspor hingga kontrak tidak terstruktur, serta dilengkapi dengan kemampuan pemahaman multibahasa, pemrosesan presisi, serta autentikasi tingkat lanjut. 

    Melalui alur kerja otomatis dan wawasan dari AI Agent, RealDoc memungkinkan organisasi untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan efektivitas biaya dalam operasional perusahaan.

    Produk lainnya yaitu VideoVerify yang dirancang untuk onboarding, pinjaman, asuransi, dan pengendalian risiko. VideoVerify menyederhanakan proses verifikasi identitas dan KYC. 

    Didukung oleh model Multimodal Live, kerangka ini memungkinkan interaksi agen yang realistis dan multi-langkah secara instan dengan menggabungkan elemen video, audio, avatar digital, gambar, dan teks. 

    Pendekatan ini memungkinkan verifikasi identitas dan niat pengguna secara presisi, menghadirkan tingkat keamanan yang lebih tinggi, fleksibilitas, serta pengalaman pengguna yang lebih baik.

  • Harga iPhone 17 Pro bakal Naik, Tawarkan Penyimpanan 2x Lipat dari iPhone 16 Pro – Page 3

    Harga iPhone 17 Pro bakal Naik, Tawarkan Penyimpanan 2x Lipat dari iPhone 16 Pro – Page 3

    Bila rumor ini benar, iPhone 17 Pro model dasar akan dilepas di harga sekitar USD 1.049 dengan penyimpanan paling kecil dikapasitas 256GB.

    Banyak pihak meyakini, langkap raksasa teknologi berbasis di Cupertino tersebut akan memberikan kesan “nilai lebih” bagi pembeli, meski secara teknos harga awalnya naik.

    Raksasa teknologi berbasis di Cupertino itu dijadwalkan bakal mengumumkan iPhone 17, iPhone 17 Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max pada acara khusus 9 September 2025.

    Walau begitu, Apple hingga kini belum mengonfirmasi berita soal kenaikan harga tersebut atau tanggal peluncuran iPhone 17 series bulan depan.

    Banyak pihak meyakini, kenaikan harga iPhone memang sudah dipastikan akan terjadi dalam waktu dekat dan menjadi strategi Apple setelah tidak menyesuaikan harga iPhone 16 meskipun menghadapi tekanan ekonomi global. 

  • Pendaftaran Internet Murah 100 Mbps Dibuka, Ada Indosat-Telkomsel-XL

    Pendaftaran Internet Murah 100 Mbps Dibuka, Ada Indosat-Telkomsel-XL

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pendaftaran lelang frekuensi untuk internet murah 100 Mbps sudah dibuka. Ada tujuh perusahaan yang akan mengikuti lelang frekuensi 1,4 Ghz. Semua perusahaan telah melakukan pendaftaran yang digelar Kementerian Komunikasi dan Digital.

    Tahap berikutnya para perusahaan telah dapat melakukan pengunduhan dokumen seleksi. Mereka yang telah melakukan proses ini telah menjadi calon peserta seleksi.

    Tiap perusahaan yang menjadi calon peserta seleksi bisa menyiapkan pertanyaan tertulis mengenai isi dokumen seleksi. Proses ini dilakukan paling lambat Kamis (21/8/2025).

    Dalam pengumumannya, Komdigi menyatakan pengambilan akun e-auction telah dilakukan pada Senin hingga Rabu (13/8/2025). Ketujuh penyelenggara telekomunikasi itu telah melakukan pengambilan akun, berikut daftarnya:

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk;
    PT XLSMART Telecom Sejahtera;
    PT Indosat Tbk;
    PT Telemedia Komunikasi Pratama;
    PT Netciti Persada;
    PT Telekomunikasi Selular;
    PT Eka Mas Republik.

    Komdigi membuka lelang 1,4 Ghz untuk layanan Fixed Wireless Access. Seleksi ini memiliki total lebar 80 Mhz dengan rentang 1432 Mhz-1512 Mhz.

    Langkah ini dilakukan untuk memperluas jangkauan internet tetap. Begitu juga agar ada pemerataan transformasi di tanah air.

    “Langkah ini tidak hanya membuka ruang bagi penyelenggara jaringan untuk meningkatkan kapasitas dan cakupan layanan, tetapi juga memperluas pilihan akses internet yang lebih terjangkau bagi masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Wayan Toni Supriyanto dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

    Pemerintah membagi tiga regional menjadi objek seleksi. Ini pembagian regional tersebut:

    Regional 1

    Zona 4 : Banten, Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi
    Zona 5 : Jawa Barat (kecuali Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi)
    Zona 6 : Jawa Tengah dan Yogyakarta
    Zona 7 : Jawa Timur
    Zona 9 : Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya
    Zona 10 : Maluku dan Maluku Utara

    Regional 2

    Zona 1 : Aceh dan Sumatra Utara
    Zona 2 : Sumatra Barat, Riau, dan Jambi
    Zona 3 : Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung
    Zona 8 : Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur
    Zona 15 : Kepulauan Riau

    Regional 3

    Zona 11 : Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara
    Zona 12 : Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah
    Zona 13 : Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat
    Zona 14 : Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Kodak Terancam Hancur, Terlilit Hutang Rp 8 Triliun

    Kodak Terancam Hancur, Terlilit Hutang Rp 8 Triliun

    Jakarta

    Eastman Kodak, perusahaan fotografi legendaris berusia 133 tahun, memperingatkan para investor bahwa perusahaan tersebut mungkin tidak akan bertahan lama alias tutup sepenuhnya.

    Dalam laporan pendapatan terbaru, Kodak memperingatkan mereka tak punya komitmen pembiayaan atau likuiditas tersedia untuk membayar kewajiban utang yang akan datang senilai sekitar USD 500 juta atau Rp 8,61 triliun. “Kondisi ini menimbulkan keraguan substansial tentang kemampuan perusahaan untuk melanjutkan usahanya,” kata Kodak.

    Kodak berencana mengumpulkan dana dengan menghentikan pembayaran untuk program pensiun. Perusahaan juga menilai kebijakan tarif tidak akan berdampak pada bisnisnya karena mereka memproduksi banyak produknya, termasuk kamera, tinta, dan film, di Amerika Serikat.

    “Pada kuartal kedua, Kodak terus membuat kemajuan terhadap rencana jangka panjang kami meskipun menghadapi tantangan lingkungan bisnis yang tidak pasti,” kata CEO Kodak, Jim Continenza.

    Juru bicara Kodak mengatakan mereka yakin akan mampu melunasi sebagian besar pinjaman berjangkanya jauh sebelum jatuh tempo, dan mengubah, memperpanjang, atau membiayai kembali sisa utang dan atau kewajiban.

    Eastman Kodak Company didirikan pada tahun 1892, tapi perusahaan ini sudah dirintis tahun 1879, ketika George Eastman memperoleh paten pertamanya untuk mesin pelapis pelat. Pada tahun 1888, Eastman menjual kamera Kodak pertama seharga USD 25.

    Pada saat itu, fotografi bukanlah bisnis massal tapi kamera Kodak dirancang untuk membuat fotografi lebih mudah diakses. Eastman menciptakan slogan: “Anda menekan tombol, kami mengerjakan sisanya.” Nama Kodak sendiri menurut perusahaan diciptakan spontan oleh Eastman. “Huruf ‘K’ adalah favorit saya, sepertinya huruf yang kuat dan tajam,” katanya.

    Kodak meraih kesuksesan selama seabad dalam memproduksi kamera dan film. Pada suatu titik di tahun 1970-an, perusahaan ini bertanggung jawab atas 90% penjualan film dan 85% penjualan kamera di Amerika Serikat. Lagu hit Paul Simon, Kodachrome, menduduki puncak tangga lagu tahun 1973.

    Namun, posisi pasar yang kuat itu tidak bertahan lama, justru karena teknologi yang diciptakan perusahaan. Kodak memperkenalkan kamera digital pertama pada tahun 1975 namun malah tersungkur beberapa waktu kemudian.

    Kodak gagal memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Pada tahun 2012, perusahaan ini mengajukan kebangkrutan. Pada saat pengajuan Bab 11, Kodak memiliki 100.000 kreditur dan utang total USD 6,75 miliar.

    Pada tahun 2020, Kodak sempat mengalami masa tenang ketika pemerintah AS menunjuknya untuk bertransformasi menjadi produsen bahan farmasi. Harga saham Kodak pun sempat meroket begitu cepat.

    Meskipun mengalami kerugian, Kodak baru-baru ini menyatakan niatnya untuk memperluas lini bisnis tersebut. Perusahaan ini terus memproduksi film dan bahan kimia untuk berbagai bisnis, termasuk industri film, dan melisensikan mereknya untuk berbagai produk konsumen. Namun demikian, masa depannya tetap terancam.

    (fyk/fyk)

  • Top! Telkomsel Borong 6 Penghargaan Bergengsi Tingkat Internasional

    Top! Telkomsel Borong 6 Penghargaan Bergengsi Tingkat Internasional

    Jakarta

    Telkomsel memborong penghargaan internasional Ookla ® Speedtest Awards™ periode Q1-Q2 2025. Setidaknya ada enam penghargaan yang diraih oleh Telkomsel dalam ajang tersebut.

    Adapun penghargaan yang berhasil diraih Telkomsel yakni Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, Best Mobile Gaming Experience, Fastest 5G Mobile Network, Best 5G Network, dan Best 5G Gaming Experience.

    “Prestasi ini mempertegas komitmen Telkomsel dalam menyediakan pengalaman digital berkualitas tinggi melalui jaringan yang cepat, luas, dan andal yang diperkuat dengan pemanfaatan artificial intelligence (AI) secara end-to-end untuk mengoptimalkan performa layanan 5G di Indonesia,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng dalam keterangan tertulis, Kamis (14/8/2025).

    Derrick menambahkan tiga penghargaan pada layanan 5G Telkomsel ini merupakan bukti jaringan tersebut mampu memenuhi kebutuhan digital masyarakat. Sehingga aktivitas sehari-hari mulai dari gaming hingga lainnya bisa berjalan dengan baik.

    “Penghargaan internasional dari Ookla® Speedtest Awards™ menjadi validasi atas komitmen Telkomsel dalam menghadirkan pengalaman konektivitas digital terbaik bagi pelanggan, khususnya melalui perluasan jaringan 5G secara konsisten dan terukur,” kata Derrick dalam keterangan tertulis, Kamis (14/8/2025).

    “Pengakuan ini memperkuat langkah kami dalam membangun ekosistem digital dan 5G yang inklusif serta berkelanjutan di Indonesia. Seiring meningkatnya adopsi perangkat dan layanan 5G, Telkomsel akan terus memperluas jangkauan dan menghadirkan layanan 5G yang relevan bagi seluruh segmen pelanggan,” sambungnya.

    Dia mengatakan hingga Juli 2025, Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 3.000 BTS 5G di 56 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Hal itu termasuk secara seamless/contiguous di Bali, Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Batam, Bandung, dan sejumlah lokasi utama lainnya.

    “5G Telkomsel terus diperluas secara bertahap dan terukur, sejalan dengan kesiapan ekosistem 5G di sejumlah lokasi utama,” jelasnya.

    Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan Hyper 5G, Telkomsel mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) secara end-to-end, mulai dari respons otomatis terhadap gangguan hingga pengelolaan jaringan melalui kerangka kerja Autonomous Networks.

    Dia mengatakan pendekatan ini memastikan pengalaman pelanggan yang optimal di berbagai situasi, termasuk di titik-titik keramaian dan lokasi strategis, serta mendukung layanan pelanggan berbasis AI seperti AI Virtual Assistance dan AI Service Operations Center.

    “Sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi secara cepat, efektif, dan inovatif di era digital 5G,” ungkapnya.

    Selain itu, Telkomsel juga meraih enam penghargaan berkat pencapaian skor tertinggi di setiap kategori berdasarkan pengukuran Speedtest Intelligence® dari Ookla®. Berikut adalah detail terkait penghargaan yang diraih oleh Telkomsel.

    · Fastest Mobile Network: Telkomsel meraih Speed Score™ sebesar 52,34, dengan kecepatan unduh rata-rata 45,89 Mbps dan kecepatan unggah rata-rata 15,59 Mbps.

    · Best Mobile Coverage: Telkomsel meraih Coverage Score™ sebesar 29,60 berdasarkan lebih dari 1,8 miliar pemindaian yang dilakukan oleh pengguna di jaringan Telkomsel.

    · Best Mobile Gaming Experience: Meraih Game Score™ 76,01 yang mencerminkan latensi rendah dan stabilitas tinggi untuk pengalaman bermain games yang optimal.

    · Fastest 5G Mobile Network: Telkomsel mencatat Speed Score™ 42,47 dengan kecepatan unduh rata-rata 88,03 Mbps dan kecepatan unggah rata-rata 27,00 Mbps di jaringan 5G.

    · Best 5G Network: Dengan Connectivity Score™ sebesar 66,12, Telkomsel menunjukkan kualitas jaringan 5G yang handal dan stabil.

    · Best 5G Gaming Experience: Telkomsel meraih Game Score™ sebesar 79,94, membuktikan keunggulan jaringan 5G dalam memberikan pengalaman gaming terbaik.

    Sebagai informasi tambahan, Ookla® Speedtest Awards™ Q1-Q2 2025 dapat diakses melalui laman speedtest.net/awards/indonesia.

    Ookla® Speedtest Awards™ adalah ajang penghargaan internasional yang mengapresiasi operator jaringan fixed dan mobile broadband di dunia berdasarkan hasil pengukuran jaringan oleh pengguna melalui aplikasi Speedtest®. Pengukuran ini mencakup kecepatan unduh dan unggah, cakupan layanan, hingga pengalaman pengguna dalam bermain games dan menikmati video streaming.

    (anl/ega)

  • Telkomsel Hadirkan Paket Baru Simpati dengan Kuota Anti Hangus

    Telkomsel Hadirkan Paket Baru Simpati dengan Kuota Anti Hangus

    Jakarta

    Telkomsel meluncurkan paket internet baru untuk pelanggan Simpati. Berbeda dari sebelumnya, paket kali ini menawarkan benefit berupa kuota internet yang tidak akan hangus dengan syarat tertentu.

    Paket yang bernama “Simpati Terbaik Untukmu” ini disebut dirancang untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan paket internet dan layanan komunikasi yang tidak hanya terjangkau, namun juga memberikan pengalaman digital yang lebih bernilai dan fleksibel.

    “Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan melalui paket ini adalah fitur akumulasi kuota (rollover), di mana sisa kuota utama dari bulan berjalan tidak akan hangus, dengan catatan pelanggan memperbarui paket sebelum masa berlakunya habis,” ujar General Manager Mobile Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel Andri Kurniawan dikutip dari siaran persnya, Kamis (14/8/2025).

    Dengan kata lain, pengguna harus memperbarui atau memperpanjang paket internet Terbaik Untukmu sebelum masa aktif habis. Jika tidak dilakukan, pengguna tidak akan memperoleh benefit kuota anti-hangus atau paket data rollover ini.

    Simpati yang meresmikan evolusi brand pada akhir Mei lalu, menawarkan kartu perdana senilai Rp 35.000 dengan isi kuota internet sebesar 3GB, 30 menit telepon, dan 30 SMS ke semua operator.

    Selain itu, Simpati memberi pelanggan kebebasan memilih 1 dari 24 benefit yang paling relevan dengan gaya hidup digital mereka, didukung jaringan 4G/LTE dan Hyper 5G terdepan dan terluas Telkomsel.

    Saat ini pelanggan Simpati dapat memilih paket terbaru ini yang terdiri dari tiga macam pilihan paket, yaitu kuota 3GB seharga Rp 30.000, 8GB seharga Rp 70.000, dan 13GB seharga Rp 100.000, semuanya hadir dengan masa aktif 30 hari.

    Adapun, seluruh paket tersebut dapat digunakan di semua jaringan Telkomsel (2G/4G/5G), tergantung dari ketersediaan jaringan di lokasi pelanggan.

    “Dengan paket Simpati Terbaik Untukmu, Telkomsel ingin memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman berkomunikasi yang semakin lengkap, efisien, dan penuh manfaat,” tutur Andri.

    Pelanggan dapat membeli paket Terbaik Untukmu yang tersedia mulai 1 Juli 2025 dan dapat diperoleh melalui aplikasi MyTelkomsel, outlet Telkomsel, dan GraPARI.

    (agt/fyk)

  • Cara Supaya Sales Pinjol dan Penipu Tidak Bisa Telepon Nomor Tri

    Cara Supaya Sales Pinjol dan Penipu Tidak Bisa Telepon Nomor Tri

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap hari, kita sering menerima SMS atau telepon spam dari nomor tak dikenal. Bahkan, tak sedikit dari panggilan tersebut berujung hingga penipuan online dan menimbulkan kerugian finansial.

    Berdasarkan data, Indonesia menjadi negara penerima panggilan spam terbanyak di Asia Pasifik, dengan 65% masyarakat mengalami upaya scam setiap minggu dan 39% anak muda pernah menjadi korban penipuan online.

    Menjawab tantangan tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand Tri meluncurkan Tri AI: Anti Spam/Scam yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) terintegrasi dengan jaringan 5G, yang mereka sebut teknologi AIvolusi 5G.

    Teknologi ini mampu mendeteksi, mengklasifikasi, dan memperingatkan pengguna terhadap potensi ancaman digital secara real time.

    VP Head of Digital Experience & Service Excellence IOH, Yunus Arsyi Rachman, menjelaskan bahwa sistem ini bekerja dengan menganalisis pola panggilan atau pesan yang masuk ke nomor pelanggan Tri.

    Keunggulan AIvolusi 5G ini disebut mampu berevolusi sesuai kebutuhan pelanggan, sehingga tetap relevan, responsif, dan adaptif terhadap ancaman baru.

    “Sistem ini bekerja secara real time untuk mendeteksi scam maupun upaya penetrasi yang masuk ke nomor pengguna Tri. Kami melihat pola, lalu mengidentifikasi apakah pola ini mengganggu atau tidak,” ujar Yunus saat peluncuran Tri AI: Anti Spam/Scam di Jakarta, Kamis (14/8/2025).

    Fitur ini menandai panggilan aman dengan warna toska dan notifikasi “Tri: Nomor Aman”, panggilan yang terindikasi spam dengan warna kuning bertuliskan “Tri: Nomor Tak Dikenal”, dan panggilan yang teridentifikasi scam dengan warna merah bertuliskan “Tri: Nomor Berisiko”. SMS mencurigakan juga akan memunculkan peringatan otomatis.

    Fitur ini tersedia untuk semua pelanggan Tri, fitur ini hadir dalam dua opsi:

    Basic: Otomatis aktif bagi pelanggan dengan paket data aktif, memberikan notifikasi dan peringatan SMS untuk nomor berpotensi ancaman.
    Plus+: Paket berbayar mulai Rp50.000 yang menawarkan tampilan peringatan lebih detail, pop-up notifikasi berwarna sesuai kategori, serta rangkuman riwayat panggilan di aplikasi bima+.

    Ketika sudah membeli paket isi ulang Happy, pengguna bisa aktifkan VoLTE di menu jaringan seluler, kemudian download atau update aplikasi bima+. Selanjutnya atur bima+ jadi aplikasi panggilan utama Anda.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Mantan Produser GTA Dan Houser Gandeng Smilegate untuk Game AAA Open-World Terbaru, Ini Bocorannya! – Page 3

    Mantan Produser GTA Dan Houser Gandeng Smilegate untuk Game AAA Open-World Terbaru, Ini Bocorannya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Bagi sebagian banyak gamer, nama Dan Houser pasti sudah tidak asing lagi ditelinga. Setelah meninggalkan Rockstar Games pada tahun 2020, sosok kreatif di balik franchise ikonik seperti Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption ini resmi mengumumkan proyek barunya. 

    Dilansir Polygon, Kamis (14/8/2025), lewat studio barunya, Absurd Ventures, Dan menggandeng penerbit game raksasa asal Korea Selatan, Smilegate.

    Diyakini, kolaborasi ini untuk merilis game AAA open-world bergenre fiksi ilimiah. Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan Dan sama sekali belum mengungkap apa judul game barunya tersebut.

    Walau belum memiliki judul, game baru Dan dan Smilegate ini sebagai gim aksi-petualangan open-world berskala AAA berlatar dunia fiksi ilmiah dengan semesta benar-benar baru.

    Houser menjelaskan, Absurd Ventures, studio barunya, dibentuk untuk menghadirkan cerita orisinal yang segar.

    “Game baru ini adalah kesempatan untuk pergi ke arah sepenuhnya berbeda dan membawa pemain ke petualangan yang benar-benar baru,” ujarnya.

  • Indosat (ISAT) Andalkan AI dan Cloud Pacu Segmen B2B di Tengah Efisiensi

    Indosat (ISAT) Andalkan AI dan Cloud Pacu Segmen B2B di Tengah Efisiensi

    Bisnis.com, JAKARTA— PT Indosat Tbk. (ISAT) terus memperkuat layanan business-to-business (B2B) melalui beragam solusi berbasis teknologi canggih seperti kecerdasan artifisial (AI), cloud computing, dan keamanan siber. 

    Langkah ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital pelanggan korporasi di Indonesia.

    Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengatakan perusahaan berkomitmen untuk memberdayakan bisnis lewat akses ke beragam teknologi.

    “Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memberdayakan bisnis melalui akses ke teknologi kecerdasan artifisial (AI), cloud, dan keamanan untuk mendukung transformasi digital pelanggan melalui berbagai solusi,” kata Buldansyah kepada Bisnis pada Kamis (14/8/2025).

    Buldansyah menjelaskan, solusi yang ditawarkan mencakup layanan data center dan cloud yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, solusi backup dan disaster recovery, serta infrastruktur data center bersertifikasi global.

    Indosat Business juga menyediakan layanan cloud yang komprehensif, solusi keamanan siber terintegrasi untuk melindungi aset digital, data, dan pengguna perusahaan dari ancaman siber. 

    Selain itu, tersedia mobile solutions untuk mendukung komunikasi korporasi dan meningkatkan produktivitas, serta digital analytics dan solusi big data untuk mengoptimalkan pemasaran dan pengelolaan identitas pelanggan.

    Perusahaan juga menghadirkan digital applications guna mendukung bisnis dan loyalitas pelanggan, seperti aplikasi SaaS, WhatsApp Business API, dan chatbot AI.

    Layanan fixed services disiapkan untuk menyediakan konektivitas internet dan komunikasi suara berperforma tinggi. 

    Buldansyah menuturkan, kinerja segmen B2B menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan, terlihat dari kenaikan segmen Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) sebesar 23,4% secara tahunan (year-on-year/YoY) sepanjang 2024.

    Ke depan, lanjutnya, perusahaan akan terus berinovasi secara tepat sasaran dan berkelanjutan.

    “Dengan fokus pada implementasi teknologi canggih seperti AI dan cloud guna menghadirkan solusi relevan sesuai kebutuhan pelanggan,” pungkasnya.

  • Berlian Setebal 17 Km Hiasi Permukaan Planet Merkurius

    Berlian Setebal 17 Km Hiasi Permukaan Planet Merkurius

    Jakarta

    Merkurius, planet terkecil dan terdalam di Tata Surya, mungkin menyimpan rahasia menakjubkan yang tersembunyi di balik permukaannya yang hangus, yakni lapisan berlian setebal 17 km.

    Sebuah studi inovatif, yang dipimpin oleh pakar material planet Dr. Yanhao Lin dan dipublikasikan di Nature Communications, menunjukkan bahwa dalam kondisi ekstrem Merkurius, karbon jauh di dalam mantel planet itu dapat berubah menjadi berlian, membentuk cangkang kristal padat di sekeliling inti logamnya.

    Asal Usul Kaya Karbon dan Pembentukan Berlian

    Permukaan Merkurius dipenuhi dengan grafit, suatu alotrop karbon, yang menunjukkan bahwa kerak planet itu pernah mengapung di atas samudra magma yang kaya karbon. Saat samudra ini mendingin, material karbon yang lebih ringan mengapung ke atas, sementara karbon yang lebih padat tenggelam lebih dalam ke dalam planet itu.

    Di bawah tekanan melebihi 5,5 GPa dan suhu mendekati 1.982°C , para peneliti menunjukkan bahwa karbon yang terendam ini dapat berubah menjadi berlian di batas inti-mantel Merkurius.

    “Bertahun-tahun yang lalu, saya menyadari bahwa kandungan karbon Merkurius yang sangat tinggi mungkin memiliki implikasi yang signifikan,” kata Dr. Lin dikutip dari The Daily Galaxy.

    “Hal itu membuat saya menyadari bahwa sesuatu yang istimewa mungkin terjadi di dalamnya,” ujarnya.

    Percobaan tekanan tinggi yang mereka lakukan mereka juga memperhitungkan pengaruh sulfur, yang menurunkan titik leleh lautan magma Merkurius dan memfasilitasi pembentukan berlian. Dalam kondisi ini, berlian menjadi cukup stabil untuk tenggelam dan terakumulasi, membentuk cangkang unik yang dapat memanjang hingga setebal 18 km di sekitar inti.

    Kunci Potensial Medan Magnet Merkurius

    Tidak seperti benda-benda angkasa kecil lainnya, Merkurius masih memiliki medan magnet yang kuat, yang mengejutkan para ilmuwan mengingat ukurannya. Menurut Lin, konduktivitas termal berlian yang tinggi dapat menjelaskan misteri ini.

    Saat karbon mendingin dan membentuk berlian, ia meningkatkan perpindahan panas dari inti Merkurius ke mantelnya, mempertahankan gradien termal yang diperlukan untuk memberi daya pada dinamo magnetik planet tersebut.

    “Konduktivitas termal berlian yang tinggi membantu memindahkan panas secara efektif dari inti ke mantel. Itu memengaruhi konveksi di inti dan membantu mempertahankan medan magnet,” jelasnya.

    Mekanisme ini menjadikan dinamika internal Merkurius unik dan mungkin memberikan wawasan mengenai medan magnet di dunia berbatu lainnya, termasuk eksoplanet.

    Implikasi Bagi Ilmu Planet

    Implikasi Merkurius yang kaya akan berlian jauh melampaui daya tarik estetikanya. Sementara Bumi, Venus, dan Mars telah kehilangan sebagian besar karbon permukaannya melalui proses geologis, Merkurius tampaknya telah mempertahankan dan memusatkan kandungan karbonnya, sehingga menciptakan benda angkasa yang secara kimiawi berbeda.

    “Hal ini juga bisa relevan dengan pemahaman planet terestrial lainnya, terutama yang memiliki ukuran dan komposisi serupa,” imbuh Lin.

    Studi ini mengusulkan bahwa lapisan berlian tersebut mungkin ada di benda-benda angkasa lain, atau bahkan asteroid yang kaya karbon, jika kondisi serupa terjadi selama pembentukannya.

    Simak juga Video ‘Pantau Kesehatan Bumi Lewat Planetary Boundary Health Check’:

    (rns/fyk)