Jenis Media: Tekno

  • XLSMART for BUSINESS Gunakan Teknologi Canggih untuk Turunkan Emisi

    XLSMART for BUSINESS Gunakan Teknologi Canggih untuk Turunkan Emisi

    Jakarta

    XLSMART for BUSINESS meraih apresiasi atas Inisiatif Pengurangan Emisi melalui Digitalisasi dalam acara Anugerah Ekonomi Hijau 2025 by detikcom. Dalam upaya mengurangi emisi, mereka menggunakan teknologi canggih di setiap operasionalnya.

    “Dalam hal pengurangan emisi, tentunya langkah-langkah yang sudah kita lakukan adalah dengan menggunakan teknologi digital. Dalam setiap aspek operasional dan kegiatan usaha kami, kami selalu menerapkan teknologi termutakhir untuk bisa mengurangi emisi penggunaan karbon dalam pemanfaatan energi listrik dan kegiatan operasional lainnya,” kata Director & Chief Enterprise Strategic Relation XLSMART for BUSINESS, Andrijanto Mulyono, usai menerima penghargaan dalam acara Anugerah Ekonomi Hijau 2025 di Menara Bank Mega, Jakarta, Kamis (14/8/2025).

    Andri mengaku sangat bangga dapat menerima penghargaan ini. Tentunya apresiasi yang diberikan detikcom tersebut menjadi motivasi bagi pihaknya untuk selalu memperhatikan kegiatan usahanya.

    “Harapan kami tentunya karena ini adalah penghargaan dalam kategori ekonomi hijau, ini adalah satu motivasi buat kita semua korporasi di Indonesia untuk selalu memperhatikan kegiatan usahanya, agar selalu peduli dengan lingkungan, peduli dengan sekitar kita, dan juga peduli dengan tata pekerjaan usahanya,” pungkas dia.

    Penghargaan yang diterima XLSMART for BUSINESS ini tak lepas dari apa yang sudah dilakukannya dengan semangat ‘Solusi untuk Korporasi, Solusi untuk Negeri’. Diketahui kalau mereka melalui PT XL Axiata Tbk menjalankan serangkaian inisiatif pengurangan emisi karbon di sektor telekomunikasi melalui pendekatan digitalisasi infrastruktur jaringan.

    Salah satu langkah yang dilakukan XLSMART for BUSINESS ialah mengganti swap shelter menjadi outdoor cabinet, yang tidak memerlukan pendingin udara (AC) dengan capaian pengurangan emisi sebesar 70.298 ton CO₂ untuk Scope 1 dan Scope 2.

    Selain itu, XLSMART melalui XLSMART for BUSINESS juga menggunakan kecanggihan drone untuk mendukung kegiatan survei udara dan inspeksi keselamatan. Teknologi tersebut menggantikan kendaraan operasional konvensional yang menghasilkan emisi dari konsumsi bahan bakar.

    Tak sampai di situ, digitalisasi layanan dan integrasi sistem berbasis cloud turut mengurangi kebutuhan akan proses pencetakan dan distribusi dokumen secara manual. Program ini dijalankan secara nasional dan dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan di sektor industri, jasa, dan perdagangan.

    Sebagai pelengkap upaya transisi energi, XL Axiata juga melakukan pembelian 1.000 unit Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN. Melalui langkah ini, mereka memperluas kontribusinya terhadap bauran energi bersih dalam sistem kelistrikan nasional.

    Seluruh upaya tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission pada tahun 2050 sesuai dengan komitmen iklim global dan arah kebijakan transisi energi nasional.

    Sedikit informasi, Anugerah Ekonomi Hijau merupakan apresiasi dari detikcom untuk program dan inisiatif oleh korporasi, lembaga, dan organisasi, dengan visi pembangunan berkelanjutan yang bersandar pada tiga aspek besar, yaitu kepedulian terhadap lingkungan, dampak sosial, serta implementasi tata kelola yang bijak.

    Pemimpin Redaksi detikcom, Alfito Deannova Gintings, menjelaskan dalam proses menuju malam penghargaannya, penilaiannya melibatkan Komite Assessment dengan menggunakan analisis kualitatif. Mereka melakukan penelusuran terhadap setup kerjaan dan rekam jejak para kandidat penerima, melalui tracking dan telaah sentimen pemberitaan, mempelajari dokumen, media monitoring, media sosial, dan sumber informasi lainnya.

    “Kami menyadari, ekonomi hijau memandukan pertimbangan ekonomi dengan aspek daya dukung lingkungan dalam proses pengambilan keputusan. Ekonomi hijau juga mempromosikan kesetaraan di intra dan antargenerasi atau mendukung pemerataan sosial dan ekonomi,” jelas Alfito.

    (hps/fyk)

  • Menkomdigi Temui Perwakilan Roblox, Ini yang Dibahas

    Menkomdigi Temui Perwakilan Roblox, Ini yang Dibahas

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meminta pengembang gim Roblox untuk memperbaiki sistem dalam platformnya agar sesuai dengan aturan perlindungan anak yang berlaku di Indonesia.

    Hal itu diungkapkan Menkomdigi saat melakukan pertemuan tertutup dengan perwakilan Roblox Asia Pasifik di Kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

    “Kami menekankan pentingnya menghormati dan menjalankan aturan perlindungan anak yang berlaku di sini,” ujar Meutya dikutip dari pernyataan tertulisnya, Kamis (14/8/2025).

    Meutya mengatakan dalam beberapa waktu terakhir, muncul kekhawatiran dari orang tua dan pendidik di Indonesia mengenai paparan konten dan interaksi yang tidak layak di Roblox. Bahkan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) sempat mengimbau siswa untuk tidak bermain Roblox.

    Oleh karena itu, kata Meutya, Komdigi meminta Roblox membatasi akses komunikasi antar pengguna anak, menyaring konten user-generated yang vulgar, dan memperjelas fitur kontrol orang tua (parental control).

    “Pembenahan ini memastikan anak-anak Indonesia terlindungi dari konten dan interaksi yang berpotensi membahayakan di ruang digital,” jelasnya.

    Meutya berharap Roblox sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang sudah terdaftar sejak 2022 dapat berperan dalam membangun ekosistem internet yang aman, bermanfaat, dan produktif.

    “Kami berharap Roblox menjadi contoh bagaimana sebuah platform mengutamakan keselamatan pengguna muda, sehingga ruang digital di Indonesia menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, bermain, dan berkarya,” ucapnya.

    Meutya menegaskan Komdigi akan memberikan waktu kepada Roblox untuk melakukan pembenahan dan akan melakukan evaluasi secara rutin untuk memastikan game mobile Roblox memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

    (agt/agt)

  • Telkom Siap Bantu Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060

    Telkom Siap Bantu Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060

    Jakarta

    Telkom Indonesia menyabet penghargaan terkait Inovasi Infrastruktur Telekomunikasi Berbasis Energi Terbarukan, dalam acara Anugerah Ekonomi Hijau by detikcom. Mereka menyatakan siap membantu pemerintah mewujudkan misi mencapai Net Zero Emission pada 2060.

    “Untuk ke sana memang kami punya target jangka pendek di 2030 untuk menurunkan emisi 20% dari 2023. Dan tentunya ini merupakan langkah yang perlu kolaborasi baik dari internal Telkom Group gitu ya, tapi juga kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang lain,” kata VP Sustainability Telkom Indonesia, Gunawan Wasisto Ciptaning Andri usai menerima penghargaan dalam acara Anugerah Ekonomi Hijau 2025 di Menara Bank Mega, Kamis (14/8/2025).

    Lebih lanjut, Gunawan menyebutkan kolaborasi terutama dengan perusahaan-perusahaan yang berkontribusi besar terhadap penghasil emisi. Menurutnya, untuk bisa mewujudkannya, tidak bisa jalan sendiri-sendiri.

    “Jadi pencapaian energi 2060 itu merupakan sebuah langkah yang kolaborasi bersama,” tambahnya.

    Dalam hal ini, upaya yang sudah dilakukan Telkom Indonesia ialah mengimplementasikan pemanfaatan energi terbarukan dalam operasional infrastruktur telekomunikasinya dengan menggunakan teknologi panel surya, untuk mengoperasikan 274 unit Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Tak hanya itu, karena mereka juga memiliki satu unit BTS di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang memanfaatkan energi microhydro. Sebanyak 274 unit Base Transceiver Station yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tersebut membentang dari Sabang hingga Merauke, itu artinya menjangkau daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia.

    Selain itu, melalui unit usahanya, yakni PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel yang mengoperasikan BTS Telkom, juga melakukan elektrifikasi BTS di wilayah pedesaan.

    Mitratel telah mengganti genset berbahan bakar fosil dengan panel surya pada 615 menara telekomunikasi miliknya, terutama di daerah terpencil seperti Maluku dan Papua. Inisiatif transisi energi ini juga berdampak pada efisiensi biaya operasional sebesar 15-20%.

    Telkom Indonesia juga tengah mengembangkan green data center yang berlokasi di Kabil Integrated Industrial Estate, Batam. Melanjutkan inisiatif sebelumnya, yaitu Hyperscale Data Center di Cikarang melalui unit usaha PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC, NeutraDC Nxera Batam merupakan bagian dari ekosistem data Telkom yang bertujuan memenuhi kebutuhan terhadap infrastruktur digital yang efisien dan ramah lingkungan.

    NeutraDC Nxera Batam dibangun sesuai dengan standar internasional dan dirancang sebagai pusat data pendukung teknologi AI yang turut memanfaatkan energi terbarukan berupa panel surya.

    Tambahan informasi, Anugerah Ekonomi Hijau adalah apresiasi dari detikcom untuk program dan inisiatif oleh korporasi, lembaga, dan organisasi, dengan visi pembangunan berkelanjutan yang bersandar pada tiga aspek besar, yaitu kepedulian terhadap lingkungan, dampak sosial, serta implementasi tata kelola yang bijak.

    Pemimpin Redaksi detikcom, Alfito Deannova Gintings, mengungkapkan dalam proses menuju malam penghargaan ini, pihaknya melibatkan Komite Assessment yang melakukan penilaian dengan menggunakan analisis kualitatif. Mereka melakukan penelusuran terhadap setup kerjaan dan rekam jejak para kandidat penerima, melalui tracking dan telaah sentimen pemberitaan, mempelajari dokumen, media monitoring, media sosial, dan sumber informasi lainnya.

    “Kami menyadari, ekonomi hijau memandukan pertimbangan ekonomi dengan aspek daya dukung lingkungan dalam proses pengambilan keputusan. Ekonomi hijau juga mempromosikan kesetaraan di intra dan antargenerasi atau mendukung pemerataan sosial dan ekonomi,” jelasnya.

    (hps/fyk)

  • Telkom Siap “AI-kan” Danantara

    Telkom Siap “AI-kan” Danantara

    Jakarta

    Telkom akan mempercepat penetrasi pasar melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang rencananya diterapkan di Danantara.

    Direktur IT Digital Telkom, Faizal Rochmad Djoemadi mengungkapkan Danantara yang menurutnya sebagai ekosistem bisnis yang merepresentasikan “Indonesia kecil” dengan 1.046 perusahaan lintas 12 sektor vertikal dan 1 sektor horizontal.

    “Kami akan menjadi satu-satunya penyedia AI solution untuk Danantara. Dengan keragaman sektor yang dimilikinya, Danantara adalah playground terbaik untuk membuktikan kemampuan AI Big Box Telkom,” ungkapnya di media update “Penguatan Product Hero Digital & B2B Telkom di Market”, Jakarta, Kamis (14/8/2025).

    Faizal mengungkapkan bahwa keberhasilan program ini akan melahirkan model implementasi AI yang bisa direplikasi di berbagai industri di Indonesia.

    “Piloting pertama AI Big Box kami adalah meng-AI-kan Danantara. Kalau sukses, efeknya akan masif,” ucapnya.

    Proyek ini diproyeksikan menjadi tolok ukur transformasi digital nasional, menggabungkan skala, kompleksitas, dan kecepatan dalam satu ekosistem terintegrasi.

    Terkait kekhawatiran AI akan menggantikan manusia, Faizal menyebutkan bahwa penggunaan teknologi terkini itu punya peran penting sebagai pendamping di Danantara.

    “Kita gunakan AI sebagai pendamping headcount di Danantara, maka hasilnya akan lebih produktif. Itu jawaban yang menurut saya sangat tepat,” tuturnya.

    Sebagai informasi, salah satu platform unggulan Telkom, BigBox AI, menawarkan solusi berbasis AI yang cerdas dan inovatif dengan membantu perusahaan mengolah data dari berbagai sumber untuk menghasilkan insight bisnis yang bernilai. Dengan teknologi AI, perusahaan dapat memahami tren pasar, perilaku konsumen, dan dinamika industri dengan lebih cepat dan akurat.

    Di era digital, pemanfaatan AI dalam analisis data membantu bisnis tetap kompetitif dengan mengelola informasi penting dari pasar, kompetitor, dan konsumen secara efisien. Dengan banyaknya data yang tersebar di berbagai platform, pendekatan manual menjadi kurang efektif. AI memungkinkan perusahaan mengolah data dengan lebih cepat dan akurat, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

    Sebagai platform yang memanfaatkan solusi berbasis AI, BigBox AI mampu mengolah dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk media sosial, laporan bisnis, dan dokumen digital. Dengan teknologi AI, BigBox AI dapat mengekstrak pola dan tren dari data untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis.

    (agt/agt)

  • Telkom Kebut Bisnis Enterprise, Fokus Dorong AI dan Cloud

    Telkom Kebut Bisnis Enterprise, Fokus Dorong AI dan Cloud

    Bisnis.com, JAKARTA— PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memacu pertumbuhan bisnis business to business (B2B) dengan mengandalkan empat solusi utama, yakni artificial intelligence (AI), layanan cloud, internet of things (IoT), dan keamanan siber.

    Direktur IT Digital Telkom, Faizal Rochmad Djoemad mengatakan ke depan perusahaan akan melakukan refocusing portofolio menjadi empat segmen utama, salah satunya B2B ICT untuk melayani korporasi secara langsung.

    “Platform yang akan kami kembangkan itu kurang lebih ada empat fokus platform untuk melayani mereka. Yang pertama, AI. Yang kedua, cyber security. Kemudian yang ketiga, IT, dan yang keempat cloud service,” kata Faizal dalam Business Update Penguatan Product Hero Digital dan B2B Telkom di Market di Jakarta pada Kamis (14/8/2025). 

    Faizal menyebut AI menjadi killer solution bagi seluruh segmen pelanggan. Perusahaan akan meluncurkan AI Center of Excellence di Bali dalam dua pekan mendatang dengan branding “AI Big Box” yang menyasar seluruh sektor industri. 

    Ekosistem AI ini terdiri atas empat pilar, yakni kerja sama dengan kampus, AI Playground untuk uji coba solusi, AI Connect untuk kolaborasi global-lokal, dan AI Hub yang akan dibangun di sembilan kota besar di Indonesia.

    “Kalau kita tidak jualan pakai AI tidak laku. Apa saja jualan mesti ditambahkan AI supaya laku,” kata Faizal.

    Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Veranita Yosephine, menyatakan kontribusi pendapatan segmen enterprise Telkom saat ini masih di bawah 20%. 

    Pihaknya pun menargetkan peningkatan kontribusi pendapatan dari segmen enterprise menjadi lebih dari 30% dalam lima tahun ke depan. 

    “Jadi dalam lima tahun ke depan kami harapkan bisnis enterprise Telkom menjadi pemain kunci dalam mendorong pertumbuhan pendapatan Telkom Group secara keseluruhan menyamai rekan-rekan global kami,” kata Vera.

    Untuk mencapai target tersebut, Vera mengatakan Telkom memobilisasi modal, organisasi, dan talenta ke empat sektor prioritas. 

    “Nomor satu adalah konektivitas dan kami menyebutnya konektivitas cerdas didorong oleh AI, dilengkapi dengan solusi keamanan siber. Lalu nomor dua adalah internet of things, ketiga keamanan siber, terakhir yang lebih menarik lagi, kecerdasan buatan,” kata Vera.

    Veranita menegaskan, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memastikan teknologi yang dikembangkan mampu memberi dampak nyata bagi pelanggan dan ekosistem digital nasional. 

    “Kami memiliki tanggung jawab untuk dapat membawa ini ke dalam tindakan nyata, benar-benar membantu organisasi, bisnis, dan komunitas untuk membangun kemampuan,” ungkapnya.

  • Ramai-ramai Setor Uang Pelicin Buat Trump, Ini Daftar CEO Antre

    Ramai-ramai Setor Uang Pelicin Buat Trump, Ini Daftar CEO Antre

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi besar ramai-ramai menawarkan komitmen “pemanis” ke Presiden AS Donald Trump. Pemanis yang ditawarkan beragam, mulai dari potongan dari pendapatan perusahaan hingga janji investasi.

    Kesepakatan terbaru yang diumumkan oleh Gedung Putih adalah diizinkannya perusahaan chip Nvidia dan AMD untuk menjual produk tercanggih mereka di China. Sebagai imbalannya, kedua perusahaan harus menyerahkan 15 persen dari pendapatan dari penjualan tersebut ke pemerintah.

    Bos Apple, Tim Cook, juga berhasil mengambil hati Trump lewat komitmen investasi senilai US$ 600 miliar dalam 4 tahun ke depan. Cook juga memberikan sebuah piringan kaca beralaskan emas 24 karat kepada Trump. Tujuannya, agar produsen Apple terhindar dari dampak tarif impor Trump.

    “Rentetan kesepakatan ini adalah usaha untuk diberi keringanan tarif,” kata Paolo Pescatore, analis dari PP Foresight kepada CNBC International. “Semua perusahaan teknologi terdampak tarif. Mereka bisa kena beban jutaan dolar sehingga laba mereka makin terpangkas.”

    Pada Juni, Apple dilaporkan mengeluarkan US$ 800 juta untuk membayar tarif tambahan pada periode April-Juni. Pada awal Agustus, Trump mengumumkan rencana pengenaan tarif 100 persen untuk chip dan semikonduktor. Apple dikecualikan dari tarif tersebut.

    Ray Wang, pendiri dan komisaris Constellation Research, menilai bayaran 15 persen dari Nvidia dan AMD ke pemerintah AS, adalah sesuatu yang aneh. Alasannya, pemerintah AS menggunakan alasan keamanan nasional sebagai dasar larangan ekspor chip.

    “Jika sudah tidak [ada masalah keamanan], ya tidak masalah. Jensen Huang dari Nvidia dan Lisa Su dari AMD memutuskan tidak apa-apa. Ada cara untuk menjual ke China,” kata Wang.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Terungkap, Surge (WIFI) Ikut Lelang Frekuensi 1,4 GHz Lewat Perusahaan Ini

    Terungkap, Surge (WIFI) Ikut Lelang Frekuensi 1,4 GHz Lewat Perusahaan Ini

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge menyampaikan tetap mengikuti seleksi lelang pita frekuensi 1,4 GHz yang digelar Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) melalui entitas anaknya, PT Telemedia Komunikasi Pratama.

    PT Telemedia Komunikasi Pratama awalnya mayoritas dimiliki oleh PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO).

    Pada Juni 2025, YELO kemudian menjualnya ke PT Dharma Sinar Semesta, anak usaha WIFI, dengan nilai Rp20,6 miliar.

    Direktur Utama WIFI Yune Marketatmo mengatakan perusahaan mengikuti lelang 1,4 GHz melalui salah satu anak usahanya PT Telemedia Komunikasi Pratama. 

    Yune menjelaskan alasan Telemedia dimajukan sebagai peserta e-Auction karena rekam jejaknya yang baik. Hal tersebut juga selaras dengan misi perusahaan.

    “Ini selaras dengan misi kita internet terjangkau untuk rakyat,” kata Yune kepada Bisnis, Kamis (14/8/2025).

    Sementara itu, Direktur Surge Shannedy Ong mengatakan Telemedia Komunikasi akan mewakili Surge mengikuti lelang seleksi 1,4 GHz. 

    Mengutip Bloomberg, PT Telemedia Komunikasi Pratama yang beroperasi dengan merek Viberlink merupakan penyedia layanan telekomunikasi nirkabel yang menawarkan internet berbasis serat optik dan jaringan pita lebar berkecepatan tinggi, termasuk layanan instalasi dan pemeliharaan untuk pelanggan di Indonesia.

    Berdasarkan pengumuman resmi Tim Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 1,4 GHz untuk Layanan Akses Nirkabel Pitalebar (Broadband Wireless Access/BWA) Tahun 2025, terdapat tujuh penyelenggara telekomunikasi yang telah mengambil akun sistem lelang elektronik (e-auction) pada 11–13 Agustus 2025.

    Daftar tersebut adalah:

    1. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

    2. PT XLSMART Telecom Sejahtera

    3. PT Indosat Tbk

    4. PT Telemedia Komunikasi Pratama

    5. PT Netciti Persada

    6. PT Telekomunikasi Selular

    7. PT Eka Mas Republik

    Penyelenggara Telekomunikasi tersebut yang telah mendapatkan akun sistem e-Auction dapat melakukan pengunduhan dokumen seleksi.  Mereka juga diminta mempelajari dokumen seleksi dan menyiapkan daftar pertanyaan jika terdapat substansi yang kurang dipahami. 

    Pengunduhan dokumen seleksi dapat dilakukan melalui sistem e-Auction mulai Senin, 11 Agustus 2025 pukul 09.00 WIB hingga Rabu, 20 Agustus 2025 pukul 15.00 WIB.

    Penyelenggara telekomunikasi yang telah mengunduh dokumen seleksi selanjutnya disebut calon peserta seleksi. 

    Calon peserta seleksi dapat menyampaikan pertanyaan tertulis terkait isi dokumen melalui surat resmi dalam format file PDF yang ditandatangani oleh Direktur Utama atau Direktur yang berwenang sesuai anggaran dasar perusahaan. Pertanyaan harus disampaikan paling lambat Kamis, 21 Agustus 2025 pukul 15.00 WIB melalui sistem e-Auction.

  • Cara Kerja Tri AI, Bikin Pelaku Spam dan Scam Mental

    Cara Kerja Tri AI, Bikin Pelaku Spam dan Scam Mental

    Jakarta

    Tri Indonesia menghadirkan fitur anti-spam dan anti-scam sebagai upaya preventif mengatasi kejahatan di dunia digital. Fitur tersebut melengkapi perlindungan konsumen setelah sebelumnya sudah tersedia di IM3.

    Menurut Laporan Penipuan Asia GASA 2024, 65% orang Indonesia mengalami upaya penipuan setiap minggu, mulai dari pesan phishing, tawaran pekerjaan palsu hingga penipuan investasi. Hal itu yang mendasari Indosat Ooredoo Hutchison untuk memproteksi pelanggannya dari penipuan digital.

    “Dan, 39% anak mudah pernah menjadi korban penipuan digital. Sekarang Tri memutuskan memperkuat keamanan digital dan kami memperkenalkan penyelesaian yang akan mengatasi masalah spam dan scam dengan Tri AI,” ujar Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vivek Mehendiratta di Jakarta, Kamis (14/8/2025).

    Fitur Tri AI ini akan menjadi andalan Tri membentengi pelanggan dari spam dan scam dengan bisa mendeteksi dan memberikan peringatan dalam kategori warna berbeda ketika mendapat panggilan dari nomor telepon lainnya.

    Panggilan aman akan ditandai warna toska dengan notifikasi “Tri: Nomor Aman”, panggilan terindikasi spam akan muncul berwarna kuning dengan notifikasi “Tri: Nomor Tak Dikenal”, dan panggilan teridentifikasi scam akan diberi warna merah dengan notifikasi “Tri: Nomor Berisiko”.

    Sedangkan, untuk pengamanan di SMS, Tri AI akan terindikasi mencurigakan, pengguna akan menerima peringatan otomatis sehingga dapat segera mengambil langkah pencegahan.

    Fitur Tri AI tersedia untuk semua pelanggan Tri dan akan otomatis aktif selama pelanggan memiliki paket data, tersedia dalam dua pilihan.

    Pertama, Fitur Basic, dengan cukup dengan pakai Tri dan punya paket aktif, mendapatkan notifikasi pada telepon & peringatan pada SMS untuk nomor berpotensi gangguan/ancaman.

    Kedua, Fitur Plus+, yang punya perlindungan lebih dengan menyediakan tampilan peringatan SMS yang lebih jelas, pop up notifikasi telepon yang dikategorikan dengan warna berbeda, dan rangkuman riwayat panggilan yang bisa diakses di aplikasi Bima+. Fitur ini dapat dinikmati usai pelanggan mengaktifkan paket Tri mulai Rp 50.000.

    Belum lama ini, Indosat melalui brand IM3 telah lebih dulu menghadirkan Satspam yang akan memberikan perlindungan dari penipuan digital untuk pelanggan.

    Sama seperti Tri AI, Satspam punya dua tipe proteksi. Pertama Satspam Basic yang bisa digunakan setelah pengguna mengaktifkan kartu perdana IM3 dengan hargap Rp 35.000 dengan memberikan perlindungan dasar seperti memberitahu nomor mencurigakan saat menerima telepon atau SMS.

    Kemudian tipe perlindungan yang kedua, Satspam+, menawarkan fitur tambahan yang mampu mengenali berbagai jenis panggilan masuk-apakah itu spam, scam, atau nomor terpercaya-sehingga pengguna bisa mengambil keputusan dengan cepat dan aman.

    Layanan tersebut tersedia otomatis untuk seluruh pelanggan IM3 Prabayar dengan paket internet minimal Rp 50.000 dan pelanggan pascabayar IM3 Platinum dengan melakukan pemberian izin akses melalui aplikasi myIM3.

    (agt/agt)

  • Moto G86 Power Sudah Rilis di Indonesia, Bisa Beli Offline di Sini

    Moto G86 Power Sudah Rilis di Indonesia, Bisa Beli Offline di Sini

    Jakarta

    Motorola sudah resmi merilis HP terbarunya, Moto G86 Power, di Indonesia. Orang-orang kini bisa membelinya secara offline di Digiplus.

    Seperti diberitakan sebelumnya, saat pertama kali menyambangi Tanah Air, HP ini tidak menyediakan penjualan offline. Para pembeli hanya bisa mendapatkannya melalui pembelian eksklusif di toko online.

    Country Head Motorola Indonesia, Bagus Prasetyo, mengaku kalau kerja sama ini merupakan salah satu milestone paling penting untuk Motorola. Dirinya merasa bahagia, karena Motorola sudah bisa hadir di Digiplus, sebagai salah satu satu partner strategis mereka.

    “Dan kami harapkan bisnis antara Motorola dan Digiplus akan selalu berkembang dari masa yang sekarang hingga ke depannya. Dan Motorola akan terus berkomitmen di sini untuk memberikan dan mengembangkan untuk ekosistem yang ada, dari lokal untuk lokal dengan mendemonstrasikan lagi teknologi supaya di dekat ke pemasaran Indonesia,” ujar Bagus dalam acara peresmian kemitraan antara Motorola dan Digiplus, di Gandaria City, Kamis (14/8/2025).

    Peresmian kolaborasi antara Motorola dan Digiplus. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

    Bagus menjelaskan akan membawa Moto G86 Power secara perlahan ke semua toko Digiplus. Namun untuk produk Motorola lainnya sudah tersedia di 30 toko Digiplus di Indonesia.

    “Kami akan membawa Motorola G86 ke semua dari Digiplus store-nya, tapi pasti membutuhkan waktu, perlahan, dan yang pasti ini adalah komitmen bersama dari pihak Motorola secara internal dan Digiplus untuk bawa lebih dekat lagi,” ucap Bagus.

    Head of Product Digiplus, Andri Gunawan, menyebutkan kalau saat ini outlet Digiplus sudah tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, hingga Yogyakarta. Ia bilang akan berupaya menghadirkan smartphone Motorola di semua toko Digiplus.

    “Tentunya nanti akan mengcover seluruh tokonya Digiplus di seluruh Indonesia. Tapi memang karena kita juga baru mulai kerja sama, sehingga akan bertahap masuk ke seluruh toko Digiplus,” ujar Andri.

    Lebih lanjut Andri mengungkapkan, sekarang Digiplus tengah mengadakan promo spesial. Disampaikkannya, kalau orang-orang berkesempatan meraih diskon sampai dengan Rp 200 ribu.

    “Untuk toko saat hari ini sampai dengan akhir Agustus kita ada tambahan diskon sampai dengan Rp 200 ribu. Jadi kita mulai dari G45, kemudian juga ada H60 Fusion, kemudian S60 Pro, kemudian yang baru juga. Tadi mas tanya, yang baru G86 ya. Itu juga ada promosi yang berjalan sampai dengan akhir bulan,” imbuhnya.

    (hps/rns)

  • XLSMART for BUSINESS Raih Apresiasi atas Inisiatif Pengurangan Emisi melalui Digitalisasi

    XLSMART for BUSINESS Raih Apresiasi atas Inisiatif Pengurangan Emisi melalui Digitalisasi

    Jakarta

    Dalam Anugerah Ekonomi Hijau 2025 yang digelar detikcom, XLSMART for BUSINESS memperoleh Apresiasi atas Inisiatif Pengurangan Emisi melalui Digitalisasi.

    Anugerah Ekonomi Hijau ini diterima oleh Andrijanto Mulyono selaku Director & Chief Enterprise Strategic Relation XLSMART for BUSINESS.

    XLSMART for BUSINESS dengan semangat ‘Solusi untuk Korporasi, Solusi untuk Negeri’ melalui PT XL Axiata Tbk menjalankan serangkaian inisiatif pengurangan emisi karbon di sektor telekomunikasi melalui pendekatan digitalisasi infrastruktur jaringan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengganti swap shelter menjadi outdoor cabinet yang tidak memerlukan pendingin udara (AC) dengan capaian pengurangan emisi sebesar 70.298 ton CO₂ untuk Scope 1 dan Scope 2.

    Selain itu, penggunaan teknologi drone diterapkan untuk mendukung kegiatan survei udara dan inspeksi keselamatan. Teknologi ini menggantikan kendaraan operasional konvensional yang menghasilkan emisi dari konsumsi bahan bakar.

    Anugerah Ekonomi Hijau XLSmart. Foto: Fitraya Ramadhanny/detikinet

    Digitalisasi layanan dan integrasi sistem berbasis cloud turut mengurangi kebutuhan akan proses pencetakan dan distribusi dokumen secara manual. Program ini dijalankan secara nasional dan dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan di sektor industri, jasa, dan perdagangan.

    Sebagai pelengkap upaya transisi energi, XL Axiata juga melakukan pembelian 1.000 unit Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN. Melalui langkah ini, XL Axiata memperluas kontribusinya terhadap bauran energi bersih dalam sistem kelistrikan nasional.

    Seluruh upaya tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission pada tahun 2050 sesuai dengan komitmen iklim global dan arah kebijakan transisi energi nasional.

    Pengurangan emisi melalui digitalisasi infrastruktur menjadi pendekatan utama dalam penerapan prinsip ekonomi hijau di sektor telekomunikasi.

    (fyk/fyk)