Jenis Media: Tekno

  • Jepang Perkenalkan Mesin Cuci yang Mampu Membersihkan Manusia dan ‘Jiwa’

    Jepang Perkenalkan Mesin Cuci yang Mampu Membersihkan Manusia dan ‘Jiwa’

    Bisnis.com, JAKARTA — Jepang kembali menghadirkan inovasi unik berupa mesin cuci manusia yang mampu membersihkan, memantau, dan merelaksasi penggunanya secara otomatis hanya dalam 15 menit. 

    Perusahaan Jepang Science Inc. meluncurkan Mesin Cuci Manusia Mirai, yang pertama kali diperkenalkan pada awal tahun ini di ajang World Expo Osaka. Perangkat ini berfungsi layaknya spa pod otomatis berteknologi tinggi yang dapat memandikan penggunanya dari ujung kepala hingga kaki.

    Dilansir dari Interesting Engineering, Rabu (10/12/2025), juru bicara perusahaan, Sachiko Maekura, mengatakan bahwa “Mesin ini tidak hanya membersihkan tubuh Anda, tetapi juga membersihkan jiwa.”

    Ketika pengguna masuk ke dalam pod, pintu akan tertutup otomatis. Mesin kemudian mulai membersihkan tubuh menggunakan gelembung mikro, membilasnya, lalu mengeringkan pengguna. Selama proses berlangsung, mesin juga memutarkan musik relaksasi untuk memberikan pengalaman yang menenangkan.

    Tak hanya untuk pembersihan dan relaksasi, mesin ini  juga dilengkapi fitur pemantauan tanda-tanda vital guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Sensor di dalam pod akan memantau tanda-tanda vital Anda untuk membantu mencegah pinsan, panik, atau masalah medis.

    Menariknya, konsep mesin cuci manusia bukanlah hal baru. Ide ini pertama kali dipamerkan pada Osaka Expo tahun 1970 oleh Sanyo Electric, yang kini menjadi bagian dari Panasonic Holdings.

    Ketua Science Inc., Yasuki Aoyama, menyatakan bahwa Mirai adalah versi modern dari konsep lama tersebut, yang kini dihidupkan kembali dengan teknologi terbaru. Inovasi ini menjadi salah satu daya tarik utama di ajang Osaka World Expo 2025, dan kesuksesan tersebut mendorong perusahaan untuk mulai mengomersialkannya.

    Pod Mirai memiliki dimensi 2,5 meter (panjang), 1 meter (lebar), dan 2,6 meter (tinggi)—cukup besar untuk membuat pengguna berbaring dengan nyaman. Proses pembersihan menggunakan gelembung mikro yang dapat menembus pori-pori guna mengangkat minyak, kotoran, hingga sel kulit mati.

    Tertarik memilikinya? Sepertinya produk ini masih cocok untuk kalangan elit. Anda perlu menyiapkan dana sekitar US$385.000 atau kira-kira Rp6,4 miliar. 

    Jika jumlah itu terasa mengeringkan isi dompet, tenang Anda tentu masih bisa menikmati relaksasi di spa favorit Anda dengan harga yang jauh lebih bersahabat.

    Dengan harga yang sangat tinggi, Science Inc. berencana memproduksi Mirai dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 40–50 unit, yang masing-masing dirakit secara manual. Beberapa klien telah melakukan pemesanan, termasuk satu hotel di Jepang yang tidak ingin disebutkan namanya, serta 5–8 unit lainnya oleh pelanggan lainnya.

    Perusahaan juga berencana memproduksi versi rumahan yang lebih terjangkau seiring perkembangan teknologi. Bagaimana, Anda tertarik memilikinya? (Nur Amalina)

  • Microsoft Investasi Rp291 triliun untuk Ekspansi AI di India, Terbesar di Asia

    Microsoft Investasi Rp291 triliun untuk Ekspansi AI di India, Terbesar di Asia

    Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat Microsoft mengumumkan rencana investasi besar-besaran sebesar US$17,5 miliar atau setara Rp291 triliun di India untuk empat tahun ke depan. 

    Strategi ini diambil untuk memperluas jangkauan kecerdasan buatan (AI) dan layanan cloud di negara Asia Selatan tersebut. 

    Melansir dari TechCrunch Rabu (10/12/2025), investasi ini tercatat sebagai penanaman modal terbesar yang pernah dilakukan Microsoft di kawasan Asia. Dana tersebut rencananya akan dialokasikan untuk pembangunan pusat data baru, infrastruktur AI, dan program peningkatan keterampilan yang akan berlangsung mulai 2026 hingga 2029.

    Diketahui sebelumnya, komitmen ini merupakan kelanjutan dari investasi sebesar US$3 miliar atau setara Rp 50 triliun yang sebelumnya telah dijanjikan perusahaan pada Januari lalu. 

    Hal ini mengokohkan posisi India yang kian krusial sebagai medan pertempuran utama bagi perusahaan teknologi global, didorong oleh basis pengguna smartphone  dan internet yang sangat masif

    Pengumuman tersebut disampaikan bertepatan dengan kunjungan CEO Microsoft Satya Nadella ke India, menyusul pertemuannya dengan Perdana Menteri Narendra Modi. Dalam strategi ekspansinya, Microsoft mengungkapkan rencana pembukaan wilayah pusat data baru di Hyderabad pada pertengahan 2026.

    Infrastruktur di Hyderabad ini digadang-gadang akan menjadi pusat data terbesar milik Microsoft di India, mencakup tiga zona ketersediaan dengan luas area yang digambarkan perusahaan setara dengan dua stadion Eden Gardens.

    Selain pembangunan baru, Microsoft menegaskan akan terus memperluas tiga wilayah pusat data yang sudah beroperasi di Chennai, Hyderabad, dan Pune. 

    Langkah agresif Microsoft ini secara langsung memberikan tekanan pada pesaing utamanya seperti Google, Amazon, dan OpenAI yang juga tengah memperkuat kehadiran mereka di pasar India. Google, misalnya, baru-baru ini mengumumkan rencana investasi US$15 miliar untuk membangun hub AI dan infrastruktur pusat data di negara tersebut.

    Adapun sebagai bagian dari dorongan digital ini, Microsoft turut mengumumkan kolaborasi strategis dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan India. Kerja sama ini bertujuan untuk mengintegrasikan kemampuan AI canggih ke dalam dua platform publik digital unggulan pemerintah, yakni e-Shram dan National Career Service.

    Integrasi tersebut akan memanfaatkan layanan Azure OpenAI milik Microsoft untuk memberikan akses multibahasa, pencocokan pekerjaan berbantuan AI, analitik prediktif terkait tren keterampilan, serta pembuatan resume otomatis. Layanan ini ditargetkan dapat menjangkau lebih dari 310 juta pekerja informal. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

  • Shopee, Lazada, hingga Tokopedia Perang Diskon 12.12, Bidik Transaksi Rp35 Triliun

    Shopee, Lazada, hingga Tokopedia Perang Diskon 12.12, Bidik Transaksi Rp35 Triliun

    Bisnis.com, JAKARTA — Shopee, Lazada, Shop Tokopedia, hingga Blibli berlomba menghadirkan diskon menarik untuk meningkatkan transaksi pada momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas), yang puncaknya jatuh pada 12.12. Adapun total transaksi Harbolnas tahun ini ditargetkan mencapai Rp35 triliun.

    Lazada, misalnya, menggelar festival akhir tahun Lazada 12.12 Promo Habis-Habiskan pada 11 Desember pukul 20.00 WIB hingga 14 Desember 2025.

    Pada momentum tahun ini, Lazada menonjolkan kemudahan finansial bagi konsumen, mulai dari cicilan 0% tanpa biaya penanganan hingga voucher ekstra hingga Rp12 juta.

    CEO Lazada Indonesia, Carlos Barrera, mengatakan meningkatnya kebutuhan konsumen akan pengalaman belanja yang menyeluruh mendorong Lazada terus mengembangkan platformnya. 

    Dia menegaskan sebagai ekosistem e-commerce yang holistik, Lazada tidak hanya menyediakan produk autentik dari brand terpercaya, tetapi juga menghadirkan layanan pendukung penting seperti logistik dan fasilitas finansial.

    “Konsumen tidak lagi melihat kualitas e-commerce hanya dari sisi brand atau produk tepercaya saja. Mereka juga menilai ragam dan kualitas penawaran finansial yang memungkinkan mereka bisa membuat keputusan belanja dan menyelesaikan transaksi dengan cepat,” kata Carlos, Selasa (9/12/2025).

    Carlos mengklaim Lazada menjadi platform e-commerce pertama yang menawarkan Installment Payment Plan 0% tanpa biaya penanganan dengan tenor hingga 6 bulan untuk pembelian di kanal LazMall. 

    Lazada juga kembali mengandalkan program Lazada Membership dalam festival belanja 12.12. Konsumen dapat mengikuti aktivasi “Sikat Promo Lazada” melalui microsite khusus pada 11 Desember (12.00 WIB) hingga 14 Desember pukul 17.00 WIB untuk memperoleh voucher tambahan hingga Rp75.000.

    Sementara itu, Tokopedia dan TikTok Shop turut memeriahkan kampanye melalui program Gajian Sale & Promo Guncang 12.12. 

    External Communications Senior Lead Tokopedia & TikTok Shop, Rizky Juanita Azuz, menjelaskan promo ini tidak hanya ditujukan untuk memberikan pengalaman belanja terbaik, tetapi juga membuka peluang lebih luas bagi pertumbuhan brand lokal.

    “Melalui pendekatan content-commerce dan inisiatif Lokal Mendunia, kami ingin membantu brand lokal untuk menjangkau lebih banyak pembeli, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional,” kata Rizky.

    Konferensi pers Tokopedia 12.12

    Rizky menjelaskan rangkaian promosi tahun ini dimulai lebih awal di TikTok Shop. Pada periode Non-Peak Day pada 24, 26–30 November kemarin, pengguna dapat menikmati voucher hadiah hingga Rp300.000 melalui sesi LIVE, voucher belanja 20% setiap hari, dan Gratis Ongkir Rp0. 

    Pada Peak Day 25 November, tersedia diskon produk FYP hingga Rp120.000, voucher 50% sepanjang hari, dan Gratis Ongkir Rp0 tanpa batasan.

    Shopee menghadirkan puncak kampanye 12.12 Birthday Sale bertepatan dengan perayaan 10 tahun platform tersebut. Kampanye ini diisi dengan berbagai penawaran, kejutan, kolaborasi eksklusif, hingga peluncuran video spesial yang menampilkan kisah inspiratif dari pengguna, pelaku usaha, kreator, dan mitra.

    Senior Director of Business Development Shopee Indonesia, Adi Rahardja, mengatakan perjalanan sepuluh tahun Shopee merupakan hasil kontribusi seluruh ekosistem.

    “Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube ShopeeIndonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami,” katanya. 

    Mulai 11 Desember 2025 pukul 20.00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon hingga Rp120.000, Voucher Ulang Tahun hingga 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil Rp12, lebih dari 12.000 produk lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0. 

    Pada 12 Desember pukul 00.00 WIB, Shopee juga menghadirkan koleksi Semua Produk Rp1 khusus pengguna Shopee. Selain itu, akan hadir kejutan tambahan melalui Shopee Live Superstars pada 11–12 Desember mulai pukul 19.00 WIB. Pengguna berkesempatan mendapatkan Mobil Toyota Calya seharga Rp12. 

    Kantor Shopee

    Sementara itu Blibli menghadirkan rangkaian promo spesial melalui program Histeria 12.12 yang berlangsung mulai Jumat (5/12/2025) hingga Jumat (12/12/2025). Selama periode itu, pelanggan dapat menikmati diskon hingga Rp12 juta, potongan harga hingga 80 persen untuk berbagai kebutuhan olahraga, serta ekstra diskon hingga 20 persen khusus kategori Sport Collection.

    Tantangan Pelemahan Daya Beli

    Sementara itu salah satu tantangan yang dihadapi pada momen kali ini adalah pelemahan daya beli. Kondisi global yang memanas dan perekonomian dalam negeri yang cukup menantang menjadi hambatan.

    Menanggapi hal tersebut, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) meyakini kampanye 12.12 dan promo tanggal kembar tetap menjadi daya tarik bagi konsumen, sekalipun industri digital tengah menghadapi tekanan daya beli dan pergeseran fokus platform ke arah profitabilitas yang lebih sehat.

    Sekretaris Jenderal idEA, Budi Primawan, mengatakan momentum akhir tahun masih identik dengan peningkatan kebutuhan dan aktivitas belanja. 

    “Sehingga demand dan traffic secara natural tetap tinggi,” kata Budi kepada Bisnis pada Selasa (9/12/2025).

    Menurut Budi, peserta kampanye 12.12 kini semakin beragam. Tidak hanya marketplace, tetapi juga layanan on-demand, online travel agent, fintech, pembayaran digital, F&B, retail, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga brand lokal ikut meramaikan gelaran promo ini. 

    Budi menjelaskan karakter promo pun lebih terukur dan kolaboratif, bukan perang diskon. Menurutnya ada kontribusi dari tiga sisi yakni diskon dari seller, insentif dari platform, serta promosi atau cashback dari sistem pembayaran dan perbankan. 

    “Sehingga konsumen mendapatkan value yang nyata dan relevan,” tuturnya.

    UMKM lokal

    Dia menambahkan bagi pelaku UMKM dan brand lokal, kampanye 12.12 masih menjadi salah satu momen paling penting dalam mendorong performa penjualan kuartal IV dan memperluas eksposur pasar. 

    Tak hanya transaksi, Budi menekankan kampanye tanggal kembar turut menggerakkan rantai ekosistem ekonomi digital secara lebih luas. 

    “Kampanye ini menggerakkan ekosistem ekonomi digital lebih luas yakni logistik, pembayaran, dan industri kreatif. Jadi, promo tanggal kembar tetap relevan sebagai pendorong konsumsi yang sehat dan kolaborasi lintas sektor,” katanya.

    Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memperkirakan total transaksi selama penggelaran Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2025 mencapai Rp35 triliun. Mayoritas dari transaksi tersebut diharapkan melibatkan UMKM lokal.

    Harbolnas akan digelar pada 10–16 Desember 2025, dengan puncak pelaksanaan pada 12 Desember 2025.

    “Diharapkan pada tahun 2025 ini Harbonas akan mencapai target sebesar Rp35 triliun,” kata Staf Khusus Menteri Komdigi Bidang Komunikasi dan Politik, Arnanto Nurprabowo, dalam Konferensi Pers Rapat Koordinasi Harbonas 2025 di Kantor Komdigi, Selasa (9/12/2025).

    Arnanto menjelaskan Harbolnas dirancang agar sebagian besar transaksi melibatkan produk UMKM lokal. Dia berharap ada peningkatan pertumbuhan transaksi UMKM pada kuartal terakhir 2025.

    “Dan ini kesemuanya tentunya kita berharap tema untuk mencintai produk Nusantara ini bisa terealisasi dan secara nyata pemerintah tentunya Presiden Prabowo Subianto dan Menteri Meutya Hafid juga berharap meningkatkan penghasilan dan pendapatan UMKM nasional,” ujarnya.

  • Rekomendasi 8 Tablet Murah yang Enak buat Nonton Netflix di Akhir 2025

    Rekomendasi 8 Tablet Murah yang Enak buat Nonton Netflix di Akhir 2025

    Liputan6.com, Jakarta – Menonton film dan serial favorit di Netflix kini semakin nyaman dengan perangkat tablet. Dengan layar yang lebih besar dari smartphone namun lebih ringkas dari laptop, tablet menawarkan portofolio hiburan yang ideal bagi banyak orang. Ini menjadi solusi praktis untuk menikmati konten di mana saja.

    Bagi Anda yang mencari tablet dengan harga Rp 2-3 juta dengan kualitas layar terbaik dan spesifikasi mumpuni untuk streaming, ada banyak pilihan menarik.

    Kriteria Pemilihan Tablet Terbaik untuk Netflix

    Memilih tablet yang tepat untuk menonton Netflix memerlukan pertimbangan beberapa faktor utama, terutama dalam rentang harga Rp 2-3 juta. Faktor-faktor ini akan memastikan pengalaman menonton yang optimal dan memuaskan.

    Kualitas Layar: Layar adalah komponen terpenting untuk pengalaman menonton. Resolusi Full HD (FHD) atau lebih tinggi, panel IPS LCD dengan reproduksi warna yang baik, dan tingkat kecerahan yang memadai sangat diutamakan. Refresh rate 90Hz atau 120Hz akan memberikan pengalaman visual yang lebih mulus.

    Performa: Chipset yang mumpuni diperlukan untuk menjalankan aplikasi Netflix dengan lancar, beralih antar aplikasi tanpa hambatan, dan memutar video berkualitas tinggi tanpa buffering.

    Audio: Speaker stereo, terutama dengan dukungan teknologi seperti Dolby Atmos, akan sangat meningkatkan pengalaman audio saat menonton.

    Baterai: Kapasitas baterai yang besar memastikan durasi menonton yang panjang tanpa perlu sering mengisi daya.

    Penyimpanan: Penyimpanan internal yang cukup atau kemampuan ekspansi melalui microSD penting untuk mengunduh film atau serial favorit.

    Konektivitas: Dukungan Wi-Fi dual-band sangat penting untuk streaming yang stabil dan cepat.

    Berikut adalah 8 tablet yang memenuhi kriteria tersebut, menawarkan kombinasi layar berkualitas, performa handal, dan harga yang bersahabat.

  • Timnas Esports Indonesia Berangkat ke SEA Games 2025 Thailand, PB ESI Targetkan Gelar Juara Umum

    Timnas Esports Indonesia Berangkat ke SEA Games 2025 Thailand, PB ESI Targetkan Gelar Juara Umum

    Timnas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women Indonesia kembali mencatatkan sejarah di kancah esports internasional. Para Srikandi Merah Putih tampil dominan sejak awal turnamen digelar, dan menutup Grand Final IESF World Esports Championship 2025 dengan indah.

    Menghadapi Kamboja di babak final, Timnas esports Indonesia yang diperkuat oleh Fumi Eko, Vival, Cinnyyy, Chel, dan Vivian berhasil menang telak dengan skor akhir 3-0 dalam pertandingan Grand Final IESF WEC 2025 di Kuala Lumpur pada Sabtu, 6 Desember 2025, malam.

    Digelar di Quill City Mall, atlet MLBB Women Indonesia yang saat ini berada di bawah organisasi Team Vitality, menunjukkan konsistensi performa mengagumkan sepanjang tahun.

    Vival dkk sukses mempertahankan gelar juara dunia mereka yang sebelumnya diraih di IESF 2024 Riyadh, dan melanjutkan momentum emas dari Asian Esports Games 2024 hingga Esports World Cup 2025.

    Richard Permana, Kepala Pelatih Timnas Esports Indonesia, menegaskan kemenangan ini hasil dari proses panjang. Ia menyebut para atlet tampil dengan mental juara dan disiplin tinggi.

    “MLBB Women’s meraih seluruh gelar ini dengan latihan serta persiapan sangat panjang. Vivian dkk sudah menunjukkan etos kerja luar biasa, dan menampilkan will power kemenangan. Bagi mereka, rekor adalah skill. Kita yakin tim ini merupakan dream team yang sangat sulit didapatkan beberapa saat ke depan,” ujar Richard dalam keterangannya.

  • Respons idEA soal Biaya Administrasi Naik di Shopee hingga Tokopedia Cs

    Respons idEA soal Biaya Administrasi Naik di Shopee hingga Tokopedia Cs

    Bisnis.com, JAKARTA— Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menanggapi tren kenaikan biaya administrasi oleh sejumlah platform e-commerce. 

    Ketua Umum idEA, Hilmi Adrianto, mengatakan setiap marketplace memiliki dasar perhitungan tersendiri sebelum menetapkan penyesuaian biaya.

    “Kami pikir masing-masing market place sudah mencoba untuk meng-exercise berbagai macam kemungkinan dan tujuan sebenarnya adalah untuk mencapai bagaimana mereka bisa mendapatkan bisnis yang berkelanjutan,” kata Hilmi usai Konferensi Pers Rapat Koordinasi Harbonas 2025 di kantor Komdigi, Selasa (9/12/2025).

    Hilmi menambahkan, asosiasi bersama kementerian terkait yakni Kementerian Perdagangan dan Kementerian UMKM tengah membahas lebih jauh mekanisme kenaikan biaya tersebut, terutama agar tidak menekan pelaku usaha kecil.

    “Itu sih yang sedang kami diskusikan saat ini,” tuturnya.

    Sebelumnya, Tokopedia menaikkan biaya admin atau biaya layanan bagi seller secara bertahap mulai 1 Oktober 2025. 

    Kenaikan tarif tersebut berlaku terutama untuk toko Mall serta produk pre-order, dengan persentase berbeda-beda sesuai kategori seperti elektronik, fesyen, FMCG, dan gaya hidup. Tokopedia juga memberikan diskon 20% untuk seller dengan tarif 10%, sehingga biaya efektif yang dibayar menjadi sekitar 8%.

    Terbaru, Shopee mengumumkan penyesuaian biaya administrasi bagi seller yang akan berlaku pada Januari 2026. Informasi tersebut disampaikan melalui laman resmi Seller Shopee.

    “Mulai Januari 2026, struktur biaya untuk setiap kategori produk akan mengalami penyesuaian,” tulis Shopee, Selasa (9/12/2025).

    Shopee merinci biaya administrasi baru berdasarkan kategori. Produk FMCG, kebutuhan sehari-hari, serta sejumlah barang fesyen seperti pakaian muslim, tas duffel, kaus kaki, hingga bahan makanan kering akan dikenakan tarif tertinggi, yakni 10%.

    Kategori perlengkapan bayi seperti susu formula, makanan bayi non-vitamin, produk anak, serta vitamin atau suplemen bayi dikenakan biaya administrasi yang lebih rendah, yakni 6,5%–6,75%.

    Adapun kategori menengah seperti aksesori fesyen, jam tangan, tas pria/wanita, produk perawatan diri, popok, hingga fesyen anak akan dikenakan tarif 9%–9,5%. Untuk produk dengan nilai tinggi seperti logam mulia dan perhiasan, Shopee menetapkan biaya administrasi terendah, yaitu 4,25%.

    Selain itu, Shopee juga menyesuaikan aturan untuk produk pre-order mulai 1 Januari 2026. Tidak ada lagi batas jumlah produk pre-order yang dapat diaktifkan di toko, serta diberlakukan biaya layanan sebesar 3% per kuantitas produk tertentu.

    Sebelumnya, Shopee juga telah menerapkan biaya tambahan berupa Biaya Proses Pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi terselesaikan sejak 20 Juli 2025. TikTok Tokopedia kemudian menyusul dengan menetapkan biaya tambahan yang sama, yaitu Rp1.250 per transaksi, mulai 11 Agustus 2025 bagi mitra UMKM di platformnya.

  • Liburan Akhir Tahun 2025 Masih Bingung Mau ke Mana? Coba Tanya Gemini AI

    Liburan Akhir Tahun 2025 Masih Bingung Mau ke Mana? Coba Tanya Gemini AI

    Ini adalah salah satu contoh prompt Gemini yang bisa digunakan di Galaxy S25 FE.

    “Gemini, saya, istri, dan anak saya ingin liburan keluarga ke Bandung selama 3 hari 2 malam. Tolong buatkan itinerary lengkap. Sertakan rekomendasi hotel family friendly, daftar tempat wisata ramah anak, tempat foto menarik, dan makanan khas Bandung apa saja yang wajib saya coba. Buatkan dalam format tabel.”

    Tak hanya itu, Gemini Live pun juga bisa menjadi “tour guide” pribadi kamu untuk menjawab kebutuhan mendadak. Semisal, mencari restoran ramah anak terdekat setelah dari area wisata. Atau bertanya tentang rute tercepat ke tempat wisata berikutnya ketika lalu lintas di Bandung sedang padat. 

    Untuk mengabadikan momen selama liburan, Galaxy S25 FE sudah dilengkapi dengan tiga kamera yang masing-masing berkemampuan 50MP (wide), 8MP (telephoto), dan 12MP (ultrawide). Samsung juga menyertakan kamera depan 12MP, mampu mengambil selfie bersama keluarga.

    Berbekal kamera mumpuni dan sudah mendukung Galaxy AI, Galaxy S25 FE semakin terasa bermanfaat ketika dipakai untuk menangkap momen liburan. Salah satu fitur andalan adalah Generative Edit.

    Dengan fitur Generative Edit ini, kamu bisa menghapus background, memindahkan objek, atau menyesuaikan komposisi agar foto bersama keluarga saat liburan terlihat lebih rapi. Apalagi ada objek yang tidak diinginkan masuk ke frame.

     

     

  • Akurasi Maksimal dan Gerakan Makin Lincah! Ini Rekomendasi Mouse Gaming Buat Kemenangan yang Lebih Mudah

    Akurasi Maksimal dan Gerakan Makin Lincah! Ini Rekomendasi Mouse Gaming Buat Kemenangan yang Lebih Mudah

    Mouse satu ini jadi favorit banyak gamers karena performanya yang sudah mengusung sensor optik gaming generasi ketiga. Mulai dari kompetitif FPS hingga game MOBA yang menuntut kecepatan klik tinggi, Fantech THOR X9 siap menjawab kebutuhanmu.

    Dengan DPI hingga 4800 yang bisa diatur langsung dalam game, kamu bisa menyesuaikan sensitivitas sesuai gaya bermainmu. Akurasinya pun memadai untuk gaming di monitor besar karena mampu melaju hingga 60 inch per detik dengan akselerasi 15g. Tak ketinggalan polling rate 125Hz dan 6000 FPS tracking membuat mouse ini responsif mengikuti gerakan tanganmu secara presisi.

    Dari sisi daya tahan, mouse ini mampu menahan hingga 10 juta klik, jadi gak perlu was-was kalau dipakai intens. Selain itu, tombol dan lampu RGB-nya bisa kamu personalisasi lewat software, bikin gaya setup gaming makin keren!

    Kabel nylon sepanjang 1.8 meter juga menjanjikan ketahanan lebih baik dan anti kusut. Dengan bobot sekitar 115 gram, grip-nya terasa mantap di tangan, pas untuk sesi gaming panjang.

  • Serangan di Indonesia Jauh Lebih Berbahaya Gara-Gara AI

    Serangan di Indonesia Jauh Lebih Berbahaya Gara-Gara AI

    Liputan6.com, Jakarta – Lanskap keamanan siber Indonesia diprediksi memasuki babak baru yang jauh lebih berbahaya pada tahun 2026. Ancaman siber berbasis kecerdasan buatan (AI)diprediksi akan meningkat, mengincar sejumlah sektor krusial.

    Perusahaan keamanan siber global, Fortinet, memperingatkan serangan siber yang dimotori AI akan meningkat tajam, mengancam stabilitas berbagai sektor krusial, mulai dari perbankan, e-commerce, pemerintahan, manufaktur, energi, hingga layanan publik.

    Menurut Fortinet, gelombang serangan siber yang akan datang tidak hanya bergerak lebih cepat, tetapi juga jauh lebih sulit dideteksi dan berpotensi menimbulkan kerugian finansial yang masif dalam waktu singkat.

    Oleh karena itu, perusahaan dan institusi didorong untuk segera mempersiapkan strategi pertahanan yang lebih responsif dan otomatis.

    Rashish Pandey selaku Vice President of Marketing and Communications, APAC, Fortinet, menyebut AI telah menjadi katalisator utama ‘gelombang ketiga kejahatan siber’.

    “AI memungkinkan pelaku melancarkan serangan tanpa henti, memindai celah keamanan, beradaptasi dengan sistem pertahanan, serta menciptakan pola serangan yang hampir mustahil dibedakan dari aktivitas manusia,” Pandey menjelaskan dalam keterangannya, Rabu (10/12/2025).

    Ia menambahkan, serangan yang dulunya membutuhkan waktu berhari-hari, sekarang bisa dilakukan dalam hitungan menit atau bahkan detik.

    “Ini tantangan besar bagi perusahaan yang masih menggunakan pendekatan keamanan tradisional,” Pandey menambahkan.

     

  • 5 Pilihan Smartphone Terbaik untuk Live TikTok di 2025

    5 Pilihan Smartphone Terbaik untuk Live TikTok di 2025

    Liputan6.com, Jakarta – Aktivitas siaran langsung atau live streaming di platform TikTok terus menunjukkan peningkatan popularitas yang signifikan. Fenomena ini menuntut para kreator konten untuk memiliki perangkat smartphone yang tidak hanya canggih, tetapi juga mumpuni dalam hal kamera, performa, serta daya tahan baterai.

    Memilih perangkat yang tepat di tahun 2025 menjadi langkah krusial agar dapat menghasilkan siaran langsung berkualitas tinggi yang mampu menarik perhatian audiens. Kualitas visual dan audio yang jernih, serta kelancaran aplikasi tanpa lag, adalah kunci utama keberhasilan sebuah sesi live TikTok.

    Berikut 5 pilihan smartphone terbaik untuk Live TikTok di tahun 2025. Pilihan ini didasarkan pada keunggulan di sektor kamera, fitur pendukung, dan spesifikasi lainnya yang sangat mendukung aktivitas live streaming di platform tersebut.

    Kriteria Penting Memilih Smartphone untuk Live TikTok

    Agar aktivitas live TikTok berjalan optimal dan menghasilkan konten berkualitas, beberapa aspek pada smartphone perlu menjadi perhatian utama. Kualitas kamera, baik depan maupun belakang, harus tinggi dengan kemampuan merekam video yang stabil. Fitur-fitur videografi canggih juga sangat dibutuhkan untuk visual yang jernih dan menarik.

    Selain kamera, prosesor atau chipset yang kuat memastikan aplikasi TikTok berjalan lancar, mendukung multitasking, dan memproses video secara real-time tanpa hambatan. Ketersediaan RAM yang besar juga penting untuk kinerja mulus saat menjalankan aplikasi berat, sementara penyimpanan internal yang luas diperlukan untuk menampung banyak konten video.

    Daya tahan baterai yang awet merupakan faktor vital, terutama untuk sesi live streaming yang panjang agar tidak terganggu. Tidak kalah penting, layar berkualitas tinggi dengan refresh rate adaptif akan memberikan pengalaman visual yang imersif bagi kreator maupun penonton, serta kualitas audio yang jernih untuk komunikasi efektif selama live.