Jenis Media: Tekno

  • Telkomsel dan BBC Perkuat IPTV IndiHome di Tengah Gempuran Netflix Cs

    Telkomsel dan BBC Perkuat IPTV IndiHome di Tengah Gempuran Netflix Cs

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memastikan tetap menggarap layanan IPTV meski pertumbuhan pasarnya stagnan di kisaran 5%, jauh tertinggal dibandingkan lonjakan layanan Over the Top (OTT). Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) itu menggandeng BBC.

    IPTV (Internet Protocol Television) adalah teknologi yang menyiarkan konten televisi (siaran langsung, film, serial) melalui jaringan internet dengan protokol IP, bukan sinyal kabel atau satelit tradisional, memberikan fleksibilitas lebih besar. 

    Layanan ini memungkinkan pengalaman menonton yang lebih personal dan kontrol waktu tonton yang lebih baik.   

    General Manager Telkomsel Arnaz Rizky, menjelaskan bahwa meskipun perkembangan IPTV tidak sepesat OTT, pasar layanan televisi linear tetap memiliki tempatnya sendiri.

    “Pertumbuhannya memang tidak sebesar OTT. Namun pasar linear itu tetap ada. Kami percaya market TV dan big screen akan terus bertahan,” kata Arnaz dalam press conference IndiHome TV x BBC Studios di Jakarta, Kamis (11/12/2025).

    Arnaz menambahkan, tren konsumsi konten saat ini memang bergerak kuat ke arah OTT dan aplikasi digital. Meski begitu, menurutnya IPTV dapat terus bertahan selama perusahaan mampu menghadirkan inovasi, baik dari sisi produk maupun model bisnis.

    “Tren sekarang memang condong ke OTT dan apps. Tapi menurut saya, pasar itu sangat tergantung bagaimana kita berinovasi baik dari sisi produk maupun model bisnis agar layanan ini tetap sustain.”

    Dia menegaskan pasar IPTV masih ada, meski skalanya kecil, yaitu sekitar 5%. Sebagai langkah memperkuat konten IPTV, Telkomsel menggandeng BBC Studios untuk menghadirkan dua channel premium, yakni BBC News dan CBeebies, di IndiHome TV.

    Mulai Desember tahun ini, pelanggan IndiHome TV dapat mengakses BBC News di channel 816 dan CBeebies di channel 301. Arnaz menjelaskan  BBC dipilih karena kualitas kontennya yang sudah terbukti diterima secara luas di berbagai negara.

    “Konten BBC merupakan konten premium yang bagus dan dapat diterima banyak pihak. Dua channel ini adalah yang terbaik dari BBC, dan kami berharap bisa menjadi sumber hiburan dan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan,” kata Arnaz.

    Program CBeebies seperti Bluey dan Hey Duggee yang di tayangkan IndiHomeTV merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam menyediakan rumah tontonan untuk anak-anak. tidak hanya itu anak-anak juga dapat menikmati program favorit lainnya seperti Sarah & Duck, Go Jetters, dan Supertato.

    Semua pelanggan IndiHome TV dapat menikmati kedua channel tersebut tanpa biaya tambahan. Konten bisa diakses melalui Set-Top Box (STB), Web browser dan Aplikasi IndiHome TV (Android & iOS). Saat ini, IndiHome TV menyediakan sekitar 80–100 channel yang dapat diakses pelanggan. (Nur Amalina)

  • Aksesori Baru Galaxy S26: Baterai Magnetik 15W Berstandar Qi2, Apa Kelebihannya?

    Aksesori Baru Galaxy S26: Baterai Magnetik 15W Berstandar Qi2, Apa Kelebihannya?

    Aksesori Baru Galaxy S26: Baterai Magnetik 15W Berstandar Qi2, Apa Kelebihannya?

  • Status Driver Ojol Sebaiknya Pengusaha Mikro, Bukan Mitra

    Status Driver Ojol Sebaiknya Pengusaha Mikro, Bukan Mitra

    Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendorong pengemudi ojek online (ojol) dikategorikan sebagai pengusaha mikro ketimbang sebagai mitra maupun pekerja. 

    Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM Temmy Satya Permana menilai hubungan antara pengemudi dan aplikator saling menguntungkan.

    “Bapak-bapak [driver ojol] tanpa platform sulit mendapatkan akses pasar yang lebih luas. Platform tanpa bapak-bapak enggak jalan. Mereka cuma sebagai perusahaan teknologi,” kata Temmy dalam diskusi panel bertema “Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inovasi untuk Ekonomi Indonesia yang Inklusif” di Kantor Maxim Pusat, Jakarta, Kamis (11/12/2025).

    Temmy menyebut, bila driver ojol diklasifikasikan sebagai pengusaha mikro, jumlah pelaku usaha mikro di Indonesia dapat bertambah dari sekitar 50 juta menjadi sekitar 60 juta. 

    Dia menjelaskan pemerintah saat ini belum mampu membuka lapangan kerja baru secara luas, sehingga perlu menumbuhkan minat kewirausahaan di masyarakat.

    Dia menegaskan pentingnya memasukkan pengemudi ojol didalam kategori usaha mikro karena status tersebut memberi keleluasaan dalam berusaha. 

    Mengacu pada PP Nomor 7 Tahun 2021, usaha mikro merupakan usaha milik perorangan dengan modal maksimal Rp1 miliar dan omzet tahunan maksimal Rp2 miliar, serta memiliki aset sendiri. 

    Temmy menilai driver ojol memenuhi karakteristik tersebut karena memiliki aset usaha sendiri, seperti sepeda motor, helm, dan perlengkapan kerja lainnya. 

    Kemitraan berbasis kondisi juga memungkinkan mitra menentukan jam kerja dan menerima pesanan secara bebas. 

    Menurut Temmy, pelaku usaha mikro tetap harus diperlakukan sebagai pelaku usaha, bukan pegawai, sehingga aturan ketenagakerjaan tidak dapat diterapkan sepenuhnya.

    “Kalau diambil sebagai pekerja juga, itu kan kurang lebih 10% yang bisa diambil, diserap oleh platform sebagai pekerja. Kenapa? Ya gak mampu lah kalau mau gaji sekian juta orang. Dan platform pasti akan mengeluarkan regulasi terkait kriteria pekerjaan,” katanya.

    Dia menjelaskan, bila status pekerja diterapkan, maka akan muncul syarat ketat seperti batas usia, pendidikan minimal, hingga usia kendaraan. Kondisi itu, menurutnya, dapat membuat banyak mitra tersingkir.  

    Tanggapan Maxim

    Sementara itu, Government Relation Manager Maxim Indonesia Muhammad Rafi Assagaf mengatakan Maxim tetap memandang posisi pengemudi sebagai mitra.

    “Memang tadi sudah dipertegas kemitraan yang strategis dengan jaminan minimal untuk keselamatan dan juga perlindungan itu melalui BPJS TK,” katanya.

    Rafi menambahkan, dalam operasionalnya para mitra kerap berhadapan dengan berbagai dokumen administratif. Menurutnya, Maxim berkewajiban memberi kemudahan agar mitra dapat terus bekerja tanpa hambatan.

    “Karena kita harus mempermudah mitra-mitra pengamudi untuk bisa operasi. Nah ini yang menjadi kewajiban kita untuk bisa memberikan kemudahan akses bagi mitra-mitra pengamudi,” ujarnya.

    Rafi menegaskan potongan komisi di Maxim tidak pernah melebihi batas yang telah ditetapkan, yakni maksimal 15%. 

    Dia merinci besaran komisi berbeda untuk tiap layanan, di mana untuk motor berada di kisaran 12% hingga 13%, sementara untuk mobil sekitar 8%. 

    Rafi menyebut komisi yang dikenakan kepada mitra bersifat transparan dan tidak ada potongan tambahan di luar ketentuan tersebut. 

    Dia juga menjelaskan meskipun regulasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka peluang penambahan potongan sebesar 5%, Maxim tidak memberlakukannya.

    Ke depan, Maxim berharap regulasi transportasi daring tidak dibuat terlalu kaku mengingat ekosistem ini terus berkembang.

    “Memang aturan itu tidak bisa dibuat se-rigid. Tetap harus ada fleksibilitas dan juga ideal regulasi antara mitra, aplikator, masyarakat sebagai e-customer, regulasi untuk pemerintah sebagai regulator. Jadi kita harus cari,” ujarnya.

  • Maxim Andalkan Maxim Wallet KasPro, Ganggu Dominasi Gopay dan OVO

    Maxim Andalkan Maxim Wallet KasPro, Ganggu Dominasi Gopay dan OVO

    Bisnis.com, JAKARTA— Director Development Maxim Indonesia Dirhamsyah mengungkapkan memiliki sejumlah inovasi untuk menghadapi dominasi Gojek-Grab. Salah satunya memperkuat layanan pembayaran digital atau e-wallet Maxim Wallet KasPro. Perusahaan ingin menyaingi Gopay dan OVO.

    Perusahaan telah memiliki layanan Maxim Wallet KasPro sejak tahun lalu. Pada tahun depan, layanan tersebut akan diperkuat dengan menambah sejumlah fitur baru.

    “Kami punya planning dalam jangka waktu dekat,” kata Dirhamsyah dalam diskusi panel dan dialog interaktif lintas pemangku kepentingan bertema “Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inovasi untuk Ekonomi Indonesia yang Inklusif” di Kantor Maxim Pusat, Jakarta pada Kamis (11/12/2025).

    Dia menilai pembayaran digital kini sangat dibutuhkan dan menawarkan keamanan yang lebih baik dibandingkan metode konvensional.  Lebih lanjut, dia menjelaskan e-wallet Maxim dikembangkan melalui kerja sama dengan penyedia layanan keuangan KasPro

    “Tapi kayak pinjaman-pinjaman mungkin enggak, e-wallet saja namanya Maxim Wallet KasPro [yang sudah diujicoba],” katanya. 

    Secara luas, Dirhamsyah memaparkan rencana pengembangan Maxim dalam beberapa tahun ke depan mencakup perluasan jangkauan geografis, penguatan kolaborasi strategis dengan pemerintah, komunitas, dan pemangku kepentingan, serta pengembangan layanan pengantaran dan pasar digital yang mendukung UMKM di berbagai provinsi. 

    Dia menambahkan Maxim juga berupaya menyediakan syarat kemitraan yang lebih efektif bagi pengemudi, menciptakan pasar yang lebih kompetitif, meningkatkan adopsi pembayaran digital, serta terus memberi fleksibilitas bagi mitra dalam mencari penghasilan. 

    Adapun, sejak 2018, Maxim memulai bisnis di Indonesia dengan tiga layanan utama: Maxim Bike, Maxim Car, dan Maxim Delivery. Pengembangan layanan tersebut kemudian meluas ke sektor express, penyewaan, delivery, hingga premium. 

    “Dua bulan terakhir, kami juga baru saja menunjukkan satu layanan yaitu Maxim Bajaj, yang di mana bajaj itu ternyata masih menjadi transportasi unggulan untuk di berbagai daerah. Contohnya yang kita baru launching kemarin di Medan dan Makassar,” katanya. 

    Menurutnya, kebutuhan masyarakat terhadap moda alternatif seperti bajaj masih tinggi di sejumlah daerah. Namun, perluasan layanan bajaj bergantung pada regulasi daerah. “Kalau Jakarta, kami masih belum tau sih, karena kan secara regulasi enggak memungkinkan ya,” imbuhnya. 

    Maxim juga terus memperluas layanan ke moda transportasi di kawasan transit. Dirhamsyah menjelaskan bahwa perusahaan telah meluncurkan layanan di area pelabuhan, dimulai dari Makassar melalui kolaborasi dengan PT Pelabuhan Indonesia. Dia menyebutkan ekspansi serupa tengah dipersiapkan untuk Surabaya dan Jakarta.

    Terkait keunggulan layanan, Dirhamsyah mengatakan Maxim tetap mengedepankan harga terjangkau serta fitur keamanan yang lengkap. Dia menyebut perusahaan memiliki layanan transportasi yang tersedia di seluruh kantor cabang, dilengkapi sistem rating, fitur SOS, dan berbagi lokasi.

    Sementara itu, untuk mitra pengemudi, Maxim menawarkan skema komisi bertingkat. Dirhamsyah menjelaskan untuk pengemudi mobil, komisi dimulai dari 0% hingga maksimum 15%, sedangkan untuk pengemudi motor berkisar 8%–9% hingga maksimum 15%. 

    Dia menambahkan perusahaan juga menyediakan berbagai program bonus, sistem prioritas, serta proses verifikasi yang diperbarui. Dirhamsyah turut menyoroti respons positif pengguna terhadap aplikasi Maxim. 

    Dia mengatakan 90% pengguna di App Store dan Play Store memberikan rating tertinggi. Dalam dua tahun terakhir, aplikasi juga mencatat pertumbuhan 13% dalam jumlah unduhan dan 12% dalam total perjalanan yang diselesaikan, yang menurutnya menjadi salah satu faktor pesatnya ekspansi Maxim dari satu kota menjadi lebih dari 300 kota dalam tujuh tahun. Dirhamsyah mengklaim pertumbuhan Maxim juga ditopang oleh kolaborasi dengan pelaku usaha daerah. 

    “Kami juga ada program business with Maxim yang di mana kami bekerjasama dengan pemain lokal, bila mereka ingin memiliki satu pusat transportasi online, namun mereka terkendala, kami bisa bantu disitu,” katanya. 

  • Akaso 360 Debut di Indonesia, Cek Harga dan Fitur Utamanya

    Akaso 360 Debut di Indonesia, Cek Harga dan Fitur Utamanya

    Liputan6.com, Jakarta – Akaso baru saja memperkenalkan kamera 360 pertamanya di Indonesia. Bernama Akasa 360, kamera ini dirancang untuk pengguna yang ingin merekam momen dari berbagai sudut dengan mudah, praktis, dan imersif. 

    Tampil sebagai salah satu merek action camera terbesar di Amerika Utara, perusahaan mengakui peluncuran Akaso 360 ini sebagai langkah strategis perusahaan untuk memperkuat posisi di Asia Tenggara.

    Menurut Akaso, Indonesia memiliki perkembangan kuat pada bidang pariwisata petualangan dan industri kreatif. “Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam kreasi konten dan pariwisata petualangan,” kata Sophie Wang, Country Manager Akasa Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (11/12/2025).

    Akaso 360 hadir dengan fitur lengkap ditujukan untuk pemula maupun kreator profesional. Perusahaan menyematkan dual sensor CMOS 48MP 1/2 inci dengan aperture f/2.25 dan mampu merekam video 5.7K serta foto hingga 72MP. 

    Dilengkapi fitur “Shoot First, Frame Later”, pengguna bisa lebih kreatif untuk memilih angle terbaik setelah merekam. Beberapa fitur berbasis AI juga tersedia.

    Kamera 360 ini dilengkapi AI Tracking untuk membantu kamera mengikuti subjek secara otomatis. Sementara itu, 360 HorizonSteady menjaga kamera tetap stabil saat merekam video sembari bergerak.

    Pengguna juga bisa mengoperasikan kamera ini lewat layar sentuh 2,29 inci, Quick Capture, dan Vouce Control. Editing konten semakin mudah lewat aplikasi Akaso 360 dengan template SmartClip.

    Seperti kamera 360 di pasaran saat ini, Akaso 360 memiliki bobot hnya 180 gram dan weather-proof sehingga cocok untuk kegiatan luar ruangan seperti hiking, diving, riding, running, hingga traveling.

    Perusahaan mengklaim, kamera 360 pertamanya ini mampu bertahan hingga 60 menit pada 5,7K 30fps berkat baterai 1350mAh. Sementara itu, tersedia juga konektivitas Wi-Fi 2.4GHz dan 5GHz untuk proses transfer file.

    Akaso 360 hadir dalam dua varian. Standar Package dibanderol mulai Rp 3 jutaan, dan Creator Combo dijual Rp 4 jutaan.

  • Deretan HP Rp 5 Jutaan Rasa Flagship, Ini Rekomendasinya di Akhir 2025

    Deretan HP Rp 5 Jutaan Rasa Flagship, Ini Rekomendasinya di Akhir 2025

    Vivo V40 Lite 5G, yang dirilis pada September 2024, tetap menjadi pilihan menarik di akhir 2025, terutama dengan penawaran harga yang semakin kompetitif. Ponsel ini menonjolkan desain tipis dan ringan, kamera yang mumpuni, serta baterai tahan lama yang didukung pengisian cepat. Vivo V40 Lite 5G menawarkan keseimbangan antara estetika dan fungsionalitas.

    Perangkat ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm) yang efisien, memastikan performa stabil untuk kebutuhan aplikasi harian. Layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan refresh rate 120 Hz memberikan tampilan yang cerah dan responsif. Kecerahan puncak layar mencapai 1800 nits, menjamin kenyamanan penggunaan di luar ruangan.

    Vivo V40 Lite 5G dilengkapi dengan baterai 5000 mAh dan pengisian cepat 80W FlashCharge, memungkinkan pengisian daya super cepat. Di sektor kamera, terdapat kamera utama 50 MP dan ultrawide 8 MP di bagian belakang, serta kamera depan 32 MP. Fitur lain seperti sertifikasi IP64, sensor sidik jari optik dalam layar, dan Aura Light AI menambah daya tarik perangkat ini, menjadikannya pilihan solid di segmen HP Rp 5 Jutaan Rasa Flagship.

    Layar: AMOLED 6,67 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel, refresh rate 120 Hz, kecerahan puncak 1800 nits.

    Chipset: Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm).

    RAM & Penyimpanan: 8 GB atau 12 GB RAM, dengan pilihan memori internal 256 GB atau 512 GB.

    Kamera Belakang: Utama 50 MP, ultrawide 8 MP.

    Kamera Depan: 32 MP.

    Baterai: 5000 mAh dengan pengisian cepat 80W FlashCharge.

    Sistem Operasi: Android 14 dengan Funtouch OS 14.

    Fitur Lain: Desain tipis (7,79 mm) dan ringan (190 gram), sertifikasi IP64, sensor sidik jari optik dalam layar, Aura Light AI.

    Harga (Desember 2025): Mulai dari Rp 4,200,000 untuk 8/256GB hingga sekitar Rp 5,300,000 untuk 12/512GB

  • Potensi Monopoli di Merger Grab-Gojek: Maxim Pasrah

    Potensi Monopoli di Merger Grab-Gojek: Maxim Pasrah

    Bisnis.com, JAKARTA— Maxim Indonesia menanggapi isu rencana merger antara Gojek dan Grab yang dinilai berpotensi menimbulkan dominasi pasar.

    Director Development Maxim Indonesia Dirhamsyah mengatakan pihaknya turut mendengar mencuatnya isu tersebut, yang dikhawatirkan dapat mengarah pada praktik monopoli.

    “Tapi kan tetap saya yakin sih dari sisi pemerintah, bakal memberikan solusinya sebaik-baiknya sih terkait itu,” kata Dirhamsyah saat ditemui usai diskusi panel dan dialog interaktif lintas pemangku kepentingan bertema “Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inovasi untuk Ekonomi Indonesia yang Inklusif” di Kantor Maxim pada Kamis (11/12/2025).

    Dia menuturkan bahwa hingga kini Maxim belum menerima informasi resmi mengenai perkembangan rencana penggabungan usaha kedua perusahaan layanan on-demand tersebut.

    Terkait mitigasi risiko, dia menambahkan bahwa Maxim siap berkoordinasi dengan pihak terkait apabila isu merger itu benar-benar masuk ke tahap formal.

    “Tapi tetap selagi belum, ya kita belum. Selagi belum ada kepastian yang sudah bisa dibilang seperti 100% ya kita masih belum bakal bertindak,” ujarnya.

    Sebelumnya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menanggapi isu merger GoTo dan Grab yang disebut akan melibatkan BPI Danantara.

    Wakil Ketua KPPU Aru Armando menegaskan bahwa proses merger merupakan keputusan korporasi masing-masing perusahaan dan regulator tidak dapat memberikan penilaian atas transaksi yang belum terjadi.

    “KPPU tidak bisa berkomentar atas isu tersebut karena nanti bias, [karena] ini kan sesuatu transaksi yang belum tentu akan terjadi, tapi sudah dimintakan komentar,” ujar Aru dalam jumpa media di Jakarta, Rabu (3/12/2025).

    Aru menekankan bahwa setiap aksi korporasi harus dipastikan tidak menimbulkan monopoli atau persaingan usaha tidak sehat. Dia menjelaskan bahwa sistem pengawasan merger di Indonesia menggunakan skema post-merger notification atau pemberitahuan wajib pascatransaksi sesuai UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Sepanjang 2025, aksi merger dan akuisisi mencapai rekor baru, yakni 141 notifikasi dengan nilai transaksi Rp1,3 kuadriliun.

    “Dominasi transaksi di sektor pertambangan dan logistik menunjukkan geliat hilirisasi yang nyata, namun sekaligus membawa risiko konsentrasi pasar yang harus diawasi ketat agar tidak melahirkan oligopoli vertikal yang mematikan pemain lokal,” katanya.

    Sementara itu, Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM yang juga CEO Danantara Indonesia Rosan Roeslani menyampaikan bahwa proses penggabungan GoTo dan Grab masih berlangsung. “Masih berjalan itu,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/11).

    Danantara menegaskan bahwa keterlibatannya mengikuti arahan pemerintah dalam rencana merger tersebut. Pemerintah disebut memberikan masukan terkait keberlanjutan ekosistem digital nasional. Badan investasi itu juga memastikan bahwa fokus utamanya berada pada hubungan business-to-business (B2B) antara GoTo dan Grab, serta terus memantau dinamika proses tersebut.

  • WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Jelang 12.12, Salin Informasi Rekening Lebih Mudah

    WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Jelang 12.12, Salin Informasi Rekening Lebih Mudah

    Bisnis.com, JAKARTA— Aplikasi perpesanan WhatsApp meluncurkan fitur baru menjelang hari belanja nasional (Harbolnas) 12. 12 pada hari ini, Kamis (11/12/2025).

    Fitur tersebut memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli yang menggunakan WhatsApp Business, dengan menyediakan kemudahan menyalin informasi rekening yang diberikan oleh pelaku usaha. 

    Setelah menyalin informasi tersebut, pengguna dapat menyelesaikan transaksi melalui aplikasi perbankan atau metode pembayaran lain yang mereka pilih. 

    Dengan fitur baru ini, pengguna tidak perlu lagi mengetik ulang nomor rekening dan cukup menyalinnya secara langsung.

    Fitur tersebut mulai diluncurkan secara bertahap dan akan tersedia bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia yang menggunakan WhatsApp Business dalam beberapa minggu ke depan. 

    Country Director Meta untuk Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan WhatsApp telah menjadi sarana bagi masyarakat dan pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka di Indonesia.

    Dia menyebut, melanjutkan momentum ini, pihaknya melihat peluang besar dan sangat antusias untuk memperkuat UMKM Indonesia. 

    “Kami percaya kehadiran fitur baru ini akan mempermudah proses transaksi bagi bisnis lokal, sehingga UMKM dapat menutup musim belanja Harbolnas dengan hasil yang optimal,” kata Pieter dalam keterangan resmi, Kamis (11/12/2025).

    Lebih jauh, Pieter menjelaskan bisnis-bisnis kecil yang menggunakan WhatsApp Business dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendorong penjualan. 

    Dengan fitur tersebut, pelaku usaha cukup mengetuk tombol untuk memberikan informasi rekening yang telah disimpan langsung di dalam percakapan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menyalin data tersebut dan menyelesaikan pembayaran melalui aplikasi perbankan atau metode lain.

    Founder dan CEO Mbrebes Mili, Dini Windu Asih, menyebut WhatsApp Business telah menjadi bagian penting dalam komunikasi bisnisnya. Menurutnya, fitur baru ini memungkinkan pelanggan menyalin informasi rekening dengan mudah sehingga mengurangi potensi kesalahan saat melakukan pembayaran melalui aplikasi lain.

    “Hasilnya, proses komunikasi dan transaksi dengan pelanggan menjadi lebih cepat, aman, dan sederhana,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Utama Imago Raw Honey, Henry Bin Uyu Hidayat, mengungkap pihaknya masih sering menghadapi tantangan dalam membagikan informasi rekening kepada pelanggan. Dia mengatakan apabila pihaknya mengetik informasi tersebut secara manual, risiko terjadinya kesalahan cukup besar.

    “Sementara itu, penggunaan stiker juga mengharuskan pelanggan untuk mengetik ulang informasi tersebut. Dengan adanya fitur yang memungkinkan kami membagikan informasi rekening yang akurat dan andal langsung di dalam WhatsApp, proses transaksi menjadi lebih mudah dan operasional bisnis kami pun bisa berjalan lebih efisien,” katanya.

  • Vivo Bocorkan Detail Desain dan Spesifikasi Awal S50 dan S50 Pro Mini

    Vivo Bocorkan Detail Desain dan Spesifikasi Awal S50 dan S50 Pro Mini

    Liputan6.com, Jakarta – Vivo baru-baru ini mulai menampilkan bocoran resmi mengenai dua model terbarunya, yakni Vivo S50 dan S50 Pro Mini, melalui unggahan di platform Weibo.

    Dalam serangkaian teaser tersebut, Vivo memamerkan tampilan baru kedua ponsel sekaligus memberikan gambaran informasi tentang spesifikasi hardware, terutama pada varian Pro Mini.

    Meski belum ada konfirmasi resmi soal tanggal peluncuran, beredar kabar bahwa seri ini kemungkinan besar akan diperkenalkan pada 15 Desember 2025.

    Bocoran Spesifikasi Vivo S50

    Menurut rumor yang beredar, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Senin (8/12/2025), Vivo S50 akan hadir dengan layar OLED besar berukuran 6,59 inci, mendukung refresh rate 120 Hz dan resolusi 1,5K.

    Di situs uji performa Geekbench, perangkat ini juga diklaim membawa chipset Snapdragon 8s Gen 3, serta dipadukan RAM hingga 16 GB.

    Vivo juga sudah mengonfirmasi bahwa ponsel ini akan menggunakan RAM tipe LPDDR5X dan storage UFS 4.1. Di sektor kamera, S50 dikabarkan dibekali kamera depan 50MP, serta konfigurasi tiga kamera belakang–termasuk lensa telefoto jenis periskop Sony IMX882.

    Sistem operasinya disebut akan menjalankan Android 16 dengan antarmuka OriginOS 6, dan mendukung pengisian daya cepat 90 W. Untuk warna, ponsel ini kabarnya tersedia dalam empat varian: hitam, putih, biru, dan ungu. Hingga kini, informasi tentang kapasitas baterainya belum tersedia.

     

  • Apple Developer Academy Indonesia Wisuda 2025, Bali Jadi Magnet Talenta dari 12 Negara di Dunia

    Apple Developer Academy Indonesia Wisuda 2025, Bali Jadi Magnet Talenta dari 12 Negara di Dunia

    Sejak tahun 2018, Apple Developer Academy di Indonesia telah membina hampir 3.000 pengembang melalui kemitraan dengan BINUS University, Universitas Ciputra, dan Infinite Learning.

    Di mana para lulusan progarm ini kini bekerja di sektor pendidikan, e-commerce, transportas, hingga menjadi developer iOS menghasilkan aplikasi popuerl di App Store Indonesia. “Semuanya tentang kreativitas, tentang seni, tentang skill pemecahan masalah yang masing-masing dari Anda bawa ke dalam diskusi ini,” katanya.

    Program yang berlangsung selama 10 bulan ini mencakup dasar-dasar pemrograman, serta bidang seperti desain, pemasaran, dan manajemen proyek; membekali peserta dengan keterampilan lengkap untuk menjadi wirausahawan dan pengembang kelas dunia.

    Kurikulumnya juga mencerminkan pendekatan berbasis tantangan (challenge-based learning) milik Apple, yang mendorong pelajar untuk mengatasi tantangan pribadi, komunitas, dan global, serta merancang inovasi secara inklusif untuk memberikan dampak positif bagi dunia.

    Hingga saat ini, sebanyak 95 persen lulusan berkontribusi dalam peran bermakna di berbagai bidang. Tidak hanya di sektor teknologi, tetapi juga dalam menghidupkan kembali industri seperti perbankan, media dan telekomunikasi, logistik, serta pemerintahan.