Jenis Media: Tekno

  • ChatGPT Ternyata Konsumsi Listrik Gila-gilaan

    ChatGPT Ternyata Konsumsi Listrik Gila-gilaan

    Jakarta

    Menurut laporan dari The New Yorker, ChatGPT chatbot AI milik OpenAi diketahui menggunakan lebih dari setengah juta kilowatt-jam listrik untuk merespons sekitar 200 juta permintaan per-harinya.

    Publikasi ini melaporkan bahwa rata-rata rumah tangga di AS menggunakan listrik sekitar 29 kilowatt-jam setiap harinya. Dengan membagi jumlah listrik yang digunakan ChatGPT per hari dengan jumlah yang digunakan oleh rata-rata rumah tangga, menunjukkan bahwa ChatGPT menggunakan lebih dari 17 ribu kali lipat jumlah listrik.

    Jumlah itu dinilai sangat banyak dan jika AI generatif diadopsi lebih lanjut, ini bisa menghabiskan lebih banyak energi listrik lagi, sebagaimana dilansir detiKINET dari Business Insider.

    Sebagai contoh, menurut perhitungan Alex de Vries, ilmuwan data untuk Bank Nasional Belanda, dalam sebuah makalah untuk jurnal energi berkelanjutan Joule, jika Google mengintegrasikan teknologi AI generatif ke dalam setiap pencarian, maka akan menghabiskan sekitar 29 miliar kilowatt-jam per tahun.

    Jumlah tersebut lebih banyak daripada yang dikonsumsi oleh negara-negara seperti Kenya, Guatemala, dan Kroasia dalam setahun. “AI sangat boros energi,” kata de Vries kepada Business Insider.

    “Setiap server AI ini sudah dapat mengonsumsi daya sebanyak lebih dari selusin rumah tangga di Inggris jika digabungkan. Jadi angkanya bertambah dengan sangat cepat,” lanjutnya.

    Ada banyak variabilitas dalam cara kerja model AI yang besar dan perusahaan-perusahaan teknologi besar, yang telah mendorong ledakan ini, belum sepenuhnya terbuka tentang penggunaan energi mereka.

    Namun dalam makalahnya, de Vries membuat perhitungan kasar berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh Nvidia, yang dijuluki sebagai “Cisco” dari ledakan AI.

    Menurut angka dari New Street Research yang dilaporkan oleh CNBC, pembuat chip ini memiliki sekitar 95% pangsa pasar untuk prosesor grafis.

    De Vries memperkirakan dalam makalah tersebut bahwa pada tahun 2027, seluruh sektor AI akan mengkonsumsi antara 85 hingga 134 terawatt-jam (satu miliar kali kilowatt-jam) setiap tahunnya.

    “Anda berbicara tentang konsumsi listrik AI yang berpotensi menjadi setengah persen dari konsumsi listrik global pada tahun 2027. Saya pikir itu adalah angka yang cukup signifikan, ” kata de Vries.

    Menurut perhitungan Business Insider berdasarkan laporan dari Consumer Energy Solutions, beberapa bisnis dengan penggunaan listrik paling tinggi di dunia terlihat kecil jika dibandingkan. Samsung misalnya, menggunakan hampir 23 terawatt-jam.

    Sementara raksasa teknologi seperti Google menggunakan sedikit lebih dari 12 terawatt-jam dan Microsoft menggunakan sedikit lebih dari 10 terawatt-jam untuk menjalankan pusat data, jaringan, dan perangkat pengguna.

    (jsn/fyk)

  • Detik-detik Roket Jepang Meledak Sesaat Peluncuran Menuju Orbit

    Detik-detik Roket Jepang Meledak Sesaat Peluncuran Menuju Orbit

    FotoINET

    Kyodo via REUTERS – detikInet

    Rabu, 13 Mar 2024 13:03 WIB

    Jepang – Roket Kairos Space One Jepang meledak tak lama setelah peluncuran perdananya. Kairos membawa satelit eksperimental pemerintah yang akan ditempatkan di orbit.

  • Mau Tahu Cara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Pusing? Simak Ini

    Mau Tahu Cara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Pusing? Simak Ini

    Jakarta

    Cara untuk mengetahui nomor Telkomsel sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah, bahkan di tempat manapun. Meski begitu, banyak orang yang masih kurang familiar dengan cara hal tersebut.

    Telkomsel adalah salah satu operator layanan telekomunikasi seluler di Indonesia yang menyediakan layanan kepada penggunanya. Salah satu cara untuk mengetahui nomor telepon yang sedang digunakan adalah dengan menghubungi dial up di kontak HP.

    Jika kamu lupa dengan nomor telepon pribadimu, terdapat beberapa metode mudah dan cepat untuk melakukan pengecekan. Berikut penjelasannya secara rinci.

    Cara Cek Nomor Telkomsel

    Penting untuk diingat bahwa lupa dengan nomor HP sendiri adalah sesuatu yang sering terjadi. Ada beberapa cara untuk mengecek nomor Telkomsel, termasuk menggunakan panggilan dial, menghubungi call center, menggunakan aplikasi, mengunjungi website resmi, dan memanfaatkan bantuan virtual assistant.

    1. Dial Up

    Cara cek nomor Telkomsel yang pertama yaitu dengan menghubungi menu dial di kontak HP kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    Buka menu panggilan di smartphone.Ketik *808#.Kemudian, tekan tombol Call/Panggil.Setelah itu akan keluar pop up notifikasi tentang nomor Telkomsel yang terpampang di atas layar HP.

    2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

    Berikutnya, kamu dapat memeriksa nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya dapat mengecek nomor, tetapi juga mendapatkan informasi lain seperti masa aktif nomor, pulsa, dan paket data internet.

    Unduh aplikasi MyTelkomsel di Play Store atau App Store.Daftarkan nomor Telkomsel ke dalam aplikasi.Di bagian pojok kiri atas, tertera nomor telepon Telkomsel yang kamu gunakan saat ini.

    3. Call Center Telkomsel

    Cara ketiga untuk memeriksa nomor Telkomsel adalah dengan menghubungi call center resmi Telkomsel. Dikutip dari situs resmi Telkomsel, Kamis (12/3/2024) langkah mudah untuk mengetahui nomor telepon kamu adalah dengan menelepon nomor 188. Biaya panggilan untuk pengguna Telkomsel Prabayar adalah Rp. 300. Namun, pelanggan Telkomsel Halo dan Diamond tidak akan dikenakan biaya tambahan.

    4. Website Resmi Telkomsel

    Jika metode-metode sebelumnya belum memberikan hasil, langkah berikutnya untuk memeriksa nomor Telkomsel adalah dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel melalui perangkat HP atau laptop Anda. Ini caranya:

    Buka aplikasi web browser di HP atau laptop kamu.Lalu, ketik www.telkomsel.com atau search di Google dengan keyword “Telkomsel”.Jika kamu pengguna baru, buat akun terlebih dahulu.Setelah itu, kamu akan dibimbing ke aplikasi MyTelkomsel agar dapat melihat nomor telepon di bagian kiri atas beranda.

    5. Virtual Assistant Telkomsel

    Asisten virtual Telkomsel bernama Veronika dapat memberikan informasi terkait paket data, roaming, dan juga memungkinkan pengecekan nomor telepon. Layanan asisten virtual ini tersedia 24 jam sehari, sehingga Veronika dapat membantu pengguna dalam mengecek nomor telepon mereka kapan saja.

    Berikut adalah cara mengakses informasi tentang produk dan layanan Telkomsel melalui asisten virtual.

    Chat veronika: tsel.me/chatvaAplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbotWebsite: telkomsel.comFacebook Messenger: tsel.me/facebookVATelegram: tsel.me/telegramVA

    Itu tadi beberapa metode yang dapat detikers coba untuk mengecek nomor Telkomsel saat mengalami kesulitan atau lupa nomor telepon sendiri. Fitur-fitur yang disediakan oleh Telkomsel diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mengetahui nomor telepon yang kamu gunakan.

    *Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/fay)

  • Pesawat Bersayap Lebih Panjang dari Lapangan Bola Sukses Terbang!

    Pesawat Bersayap Lebih Panjang dari Lapangan Bola Sukses Terbang!

    Jakarta

    Pesawat terbesar di dunia memulai debutnya dengan penerbangan bertenaga listrik pekan lalu. Kesuksesan penerbangan pesawat ini berkat lebar sayapnya yang lebih panjang dari lapangan sepak bola.

    Dengan lebar sayap 117 meter, Roc Stratolaunch dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia yang beroperasi saat ini. Dalam kondisi kosong, pesawat berbadan ganda ini memiliki berat sebesar 226.796 kilogram dan membutuhkan enam mesin Pratt & Whitney PW4056 untuk dapat terbang.

    Pesawat ini pada dasarnya adalah pesawat pengangkut raksasa yang mampu membawa muatan yang sangat berat ke ketinggian. Secara total, berat lepas landas maksimumnya adalah 589.670 kilogram.

    “Dalam demonstrasi terbaru dari kekuatannya, Roc ambil bagian dalam penerbangan bertenaga pertama dari kendaraan uji Talon-A (TA-1), yang bertujuan untuk membuka jalan menuju kendaraan hipersonik pertama yang didanai secara pribadi dan dapat digunakan kembali,” demikian pernyataan Stratolaunch selaku produsen Roc, dikutip dari IFL Science.

    Pada 9 Maret 2024, Roc lepas landas dari Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave di Lapangan Rutan di California dengan kendaraan TA-1 diikatkan ke bagian bawahnya. TA-1 kemudian dilepaskan, menyalakan mesinnya, dan melakukan penerbangan bertenaga pertamanya.

    Stratolaunch cukup berhati-hati mengenai rincian penerbangannya. Namun mereka mengatakan bahwa percobaan itu sukses dan mengklaim kendaraan luar angkasa TA-1 hampir mencapai kecepatan hipersonik Mach 5, yaitu lima kali kecepatan suara.

    “Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi tim Stratolaunch. Saya sangat bangga atas ketekunan mereka mencapai titik ini. Keberhasilan hasil tes ini merupakan hasil langsung dari kecakapan teknis dan profesionalisme tim,” kata CEO Stratolaunch Dr Zachary Krevor.

    “Meskipun saya tidak dapat menyampaikan ketinggian dan kecepatan spesifik yang dicapai TA-1 karena perjanjian kepemilikan dengan pelanggan kami, kami dengan senang hati menyampaikan bahwa selain memenuhi semua tujuan utama dan pelanggan penerbangan, kami mencapai kecepatan supersonik tinggi yang mendekati Mach 5 dan mengumpulkan sejumlah besar data dengan nilai luar biasa bagi pelanggan kami,” tambah Krevor.

    Stratolaunch juga merilis video TA-1 yang berangkat dari Roc di bawah ini.

    [Gambas:Youtube]

    Mencapai titik ini merupakan perjalanan berliku bagi Stratolaunch. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011 oleh Burt Rutan dan salah satu pendiri Microsoft Paul Allen dengan target mengembangkan roket orbital.

    Sayangnya, Allen meninggal pada tahun 2018 pada usia 65 tahun karena komplikasi limfoma non-Hodgkin, yang memaksa perusahaan tersebut memberhentikan beberapa staf dan menghentikan beberapa pengembangan roket. Tahun berikutnya, Stratolaunch kemudian dibeli oleh perusahaan ekuitas swasta yang memfokuskan kembali perusahaannya pada teknologi kendaraan hipersonik, bukan roket.

    Perjalanannya penuh tantangan, namun sepertinya semuanya kembali ke jalur yang benar. Setelah uji terbang TA-1 bulan ini, Stratolaunch berencana melakukan penerbangan pertama kendaraan generasi berikutnya, TA-2, pada akhir tahun ini.

    “Tujuan kami dengan penerbangan ini adalah untuk melanjutkan pendekatan pengurangan risiko pada penerbangan pertama TA-2 yang dapat digunakan kembali dan tetap teguh pada komitmen kami untuk memberikan nilai maksimal kepada pelanggan kami. Kami sangat bersemanga untuk meninjau data dari pengujian hari ini dan menggunakannya sesuai rencana kami. langkah kami selanjutnya menuju penerbangan pertama TA-2 pada akhir tahun ini,” kata Dr Krevor.

    (rns/rns)

  • Gabung NATO, Swedia Unjuk Gigi Pesawat Canggih di Perbatasan Rusia

    Gabung NATO, Swedia Unjuk Gigi Pesawat Canggih di Perbatasan Rusia

    Swedia

    Usai resmi bergabung dengan NATO, Swedia langsung unjuk gigi. Angkatan Udara Swedia pekan lalu diketahui melakukan penerbangan pengintaian pertamanya di dekat perbatasan Rusia.

    Menurut pakar Intelijen Open Source intelligence, kedua penerbangan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan informasi intelijen tentang penempatan dan aktivitas pasukan dan senjata Rusia di wilayah tersebut.

    Satu penerbangan dilakukan oleh pesawat Gulfstream S102B Korpen GIV-SP Signal Intelligence (SIGINT) Swedia, yang terbang di atas Polandia dekat perbatasan daerah Kaliningrad Rusia dan Belarusia.

    S102B Korpen adalah pesawat Gulfstream IV yang banyak dimodifikasi. Pesawat ini dapat memindai spektrum elektromagnetik untuk menemukan, mengumpulkan, dan mengkategorikan sinyal dari radar, peralatan navigasi, dan sistem senjata.

    Penerbangan kedua dilakukan oleh pesawat radar Saab 340 di atas Laut Baltik. Saab 340 ini adalah pesawat peringatan dini dan kendali udara (AEW&C). Radar yang dipasang mampu melacak kapal, pesawat, dan rudal hingga jarak 190-250 mil saat berada di ketinggian 6 kilometer.

    [Gambas:Twitter]

    Setelah penyerahan dokumen di Washington, Swedia menjadi anggota NATO ke-32. Di tengah meningkatnya kecemasan akan meluasnya agresi Rusia ke negara-negara Baltik, keanggotaan Swedia memberikan cara baru bagi aliansi tersebut untuk menghalangi serangan Rusia.

    Nima Khorrami, analis di Arctic Institute, menilai bahwa keanggotaan Swedia memperluas jangkauan rudal NATO, sehingga lokasi-lokasi strategis di Kaliningrad dan St. Petersburg dapat dijangkau.

    “Hal ini menambah lapisan pencegahan terhadap potensi agresi Rusia, karena pasukan NATO dapat secara efektif merespons ancaman secara real time,” katanya yang dikutip detikINET dari Insider.

    Oscar Jonsson, peneliti di Universitas Pertahanan Swedia, sebelumnya mengatakan Swedia penting dalam hal menerima pasukan NATO jika diperlukan, sulit dibidik pasukan Rusia, dan cukup dekat dengan Kaliningrad untuk meluncurkan kemampuan rudal presisi jarak jauh.

    Rusia sendiri telah lama menuduh NATO berusaha mengepung negaranya. Presiden Rusia Vladimir Putin memanfaatkan klaim tersebut sebagai bagian dari pembenaran atas invasi Rusia ke Ukraina.

    (fyk/rns)

  • Cara Mematikan HP Android Tanpa Pencet Tombol Power

    Cara Mematikan HP Android Tanpa Pencet Tombol Power

    Jakarta

    Pernahkah Anda menghadapi situasi di mana tombol power pada ponsel Anda mengalami kerusakan? Kerusakan semacam ini seringkali menjadi masalah karena tidak semua orang tahu opsi alternatif untuk mengaktifkan atau mematikan ponsel.

    Ketika ponsel tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, banyak orang ingin mematikan perangkat untuk menghemat daya baterai. Namun, tindakan ini bisa menjadi tantangan jika tombol power mengalami kerusakan, dan pengguna tidak tahu cara lain untuk melakukannya. Akibatnya, penggunaan baterai dapat menjadi tidak efisien, dan daya baterai mungkin habis saat ponsel dibutuhkan.

    Jika Anda ingin mengetahui cara mematikan ponsel Android secara otomatis dengan mudah dalam situasi seperti ini, silakan simak penjelasan berikut ini.

    Cara Mematikan HP Secara Otomatis

    Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel untuk melakukan pemadaman otomatis. Meskipun setiap jenis ponsel memiliki sistem yang berbeda, secara umum, langkah-langkah ini dapat diterapkan pada berbagai model ponsel Android. Berikut adalah panduan yang dilansir dari gadgetstouse.com:

    1. Menggunakan Fitur Built-in (Bawaan)

    Buka menu Settings di perangkat Android.Cari opsi Scheduled Power On & Off atau Auto Power On/Off, tergantung pada merek HP yang digunakan (misalnya, Oppo, Vivo, Xiaomi). Jika menggunakan merek HP Oppo, fitur ini tersedia pada Additional Settings dan Automatic On/Off.Klik opsi tersebut dan atur waktu kapan HP akan hidup dan mati secara otomatis.Sesuaikan pengaturan untuk hari-hari tertentu jika diperlukan.

    2. Mengatur Auto Power On/Off pada Ponsel Android Nougat

    Buka menu Settings pada perangkat Android Nougat.Pilih opsi Advanced atau lanjutkan ke Scheduled Power On/Off.Aktifkan opsi Power On dan Power Off, lalu tentukan jadwal kapan HP akan mati dan menyala secara otomatis.

    3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Auto Power On/Off

    Aplikasi pihak ketiga merujuk pada aplikasi tambahan yang dapat diunduh dan diinstal melalui platform Play Store. Beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menjadwalkan pemadaman otomatis pada perangkat Android meliputi Power Schedule, Automateit, dan AutoOff. Berikut adalah penjelasan singkat tentang aplikasi-aplikasi tersebut:

    Power Schedule

    Setelah sukses mengunduh dan memasang aplikasi, buka program tersebut dan berikan izin yang diperlukan sesuai dengan permintaan aplikasi.Tambahkan event baru dengan memilih opsi “Add Event,” kemudian rinci detail peristiwa seperti waktu yang diinginkan untuk menghidupkan dan mematikan perangkat.Pengguna juga memiliki kemampuan untuk menerapkan konfigurasi tersebut secara harian atau pada hari-hari tertentu, disesuaikan dengan preferensi masing-masing.Selesaikan proses pengaturan dan klik “Done” setelah semua konfigurasi telah diselesaikan.

    Automateit

    Buka aplikasi Automateit.Pilih opsi Add Rule.Klik Time Trigger dari bagian atau menu Common.Tentukan waktu yang diinginkan untuk menjadwalkan pemadaman otomatis dan frekuensi pengulangan yang diinginkan.Pilih Next.Saat masuk ke layar Action, pilih Shutdown Device Action dari menu System untuk navigasi ke layar atau bagian Rule.Pilih nama yang sesuai untuk aturan tersebut, atau gunakan opsi penamaan otomatis yang disediakan oleh Automateit.Klik tombol Save yang terletak di bagian atas kanan, dan pengaturan akan mulai berfungsi sesuai dengan jadwal yang telah diatur.

    AutoOff

    AutoOff adalah sebuah aplikasi pengatur waktu mati (shutdown timer) untuk perangkat Android, dikembangkan oleh Jonathan Sautter menurut sumber dari WeTheGeek. Pengguna memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi timer untuk mematikan perangkat dalam rentang menit hingga dimatikan, atau mereka dapat menjadwalkan waktu atau jam tertentu untuk mematikan HP.

    Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fleksibilitas kepada penggunanya untuk mematikan HP dengan cara menggoyangkan perangkat mereka.

    Itulah beberapa metode yang dapat digunakan untuk secara otomatis mematikan atau menyalakan perangkat Android dengan mudah. Pilihan-pilihan ini bermanfaat terutama jika tombol daya pada perangkat mengalami kerusakan total, membuat pengguna kesulitan untuk melakukan proses pemadaman, penyalaan, atau restart secara manual.

    Proses mengonfigurasi fungsi otomatis untuk menghidupkan dan mematikan perangkat dapat dilakukan melalui fitur bawaan pada perangkat Android, serta dengan menggunakan aplikasi tambahan yang perlu diunduh dan diinstal secara individual.

    *Artikel ini ditulis oleh Fadhila Khairina Fachri, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/afr)

  • Kematian Misterius Pembongkar Borok Boeing

    Kematian Misterius Pembongkar Borok Boeing

    Jakarta

    Seorang mantan karyawan Boeing yang dikenal karena menyuarakan keprihatinan mengenai standar produksi perusahaan itu ditemukan tewas. Dia disebut bunuh diri. Karyawan bernama John Barnett itu bekerja untuk Boeing selama lebih dari 30 tahun sebelum pensiun tahun 2017.

    Beberapa hari sebelum kematiannya, dia memberikan bukti dalam gugatan terhadap perusahaan. Boeing sendiri menyebut pihaknya sedih mendengar meninggalnya Barnett. Petugas koroner Charleston County mengkonfirmasi kematiannya.

    Dikutip detikINET dari BBC, dikatakan pria berusia 62 tahun itu meninggal karena luka yang ia timbulkan sendiri pada 9 Maret dan polisi sedang menyelidikinya.

    Barnett pensiun pada tahun 2017 karena alasan kesehatan. Sejak tahun 2010, ia bekerja sebagai manajer kualitas di pabrik North Charleston yang membuat 787 Dreamliner, pesawat canggih yang digunakan terutama pada rute jarak jauh.

    Tahun 2019, Barnett mengatakan para pekerja memasang suku cadang di bawah standar pada pesawat di jalur produksi. Dia juga mengklaim menemukan masalah serius pada sistem oksigen, yang berarti satu dari empat masker pernapasan takkan berfungsi dalam keadaan darurat.

    Segera setelah mulai bekerja di Carolina Selatan, dia khawatir dorongan untuk membuat pesawat baru menjadikan proses perakitan terburu-buru dan keselamatan terganggu, hal yang dibantah oleh perusahaan tersebut.

    Dia mengisahkan kepada BBC para pekerja gagal mengikuti prosedur untuk melacak komponen di pabrik, sehingga membuat komponen yang rusak hilang. Dalam beberapa kasus, suku cadang di bawah standar dikeluarkan dari tempat sampah dan dipasang pada pesawat yang sedang dibuat untuk mencegah penundaan.

    Dia juga mengklaim pengujian sistem oksigen darurat yang akan dipasang pada 787 menunjukkan tingkat kegagalan 25%, yang berarti satu dari empat sistem oksigen darurat dapat gagal digunakan dalam keadaan darurat di kehidupan nyata. Dia mengklaim memperingatkan para manajer, namun belum ada tindakan diambil.

    Boeing membantah pernyataannya. Namun, tinjauan tahun 2017 oleh regulator AS, Federal Aviation Administration (FAA), membenarkan beberapa kekhawatiran Barnett. Ditetapkan bahwa lokasi setidaknya 53 bagian yang ‘tidak sesuai’ di pabrik tidak diketahui dan dianggap hilang. Boeing diperintahkan mengambil tindakan perbaikan.

    Mengenai masalah tabung oksigen, Boeing menyebut mengidentifikasi beberapa botol oksigen yang diterima dari pemasok tidak digunakan dengan benar. Namun mereka membantah ada yang benar-benar dipasang di pesawat.

    Setelah pensiun, Barnett memulai tindakan hukum. Dia menuduh Boeing merendahkan karakternya dan menghambat karir karena masalah yang dia kemukakan, yang dibantah Boeing.

    Saat kematiannya, Barnett berada di Charleston untuk wawancara hukum terkait kasus tersebut. Pekan lalu, dia ditanyai pengacara Boeing, sebelum diperiksa silang pengacaranya sendiri.

    Dia dijadwalkan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Ketika tidak muncul, penyelidikan dilakukan di hotelnya. Barnett ditemukan tewas di truknya di tempat parkir hotel. Pengacaranya menggambarkan kematiannya sebagai sesuatu yang tragis.

    “Kami sedih atas meninggalnya Tuan Barnett, dan duka kami tertuju pada keluarga dan teman-temannya,” kata Boeing.

    Kematiannya terjadi pada saat standar produksi di Boeing dan pemasok utamanya Spirit Aerosystems diawasi ketat. Ini menyusul insiden pada awal Januari ketika pintu keluar darurat pesawat Boeing ada yang meledak di udara.

    (fyk/afr)

  • Pakar Yakin Malaysia Airlines MH370 Bisa Ditemukan, Asalkan…

    Pakar Yakin Malaysia Airlines MH370 Bisa Ditemukan, Asalkan…

    Jakarta

    Selama 10 tahun terakhir, hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada 8 Maret 2014 jadi salah satu misteri terbesar di era modern. Sebuah pesawat komersial dengan catatan keselamatan kuat yang membawa 239 orang mendadak raib, memunculkan berbagai teori.

    Di era satelit dan ketika kotak hitam bisa diangkat dari dasar laut dan seluruh bongkahan pesawat yang jatuh bisa disatukan kembali untuk menentukan penyebab bencana, nasib MH370 masih belum diketahui. Namun banyak ahli percaya masih ada kemungkinan besar puing MH370 dapat ditemukan, asalkan dilakukan pencarian yang teliti dan didukung dana besar.

    Fragmen pesawat itu terdampar di pantai timur Afrika dan pulau-pulau di Samudera Hindia. Namun hingga saat ini, badan pesawat beserta kotak hitamnya belum ditemukan. Minggu ini, banyak keluarga korban kembali ke Malaysia mendesak pihak berwenang meluncurkan kembali pencarian MH370.

    “Ada kapal hilang yang ditemukan setelah ratusan tahun. Jadi kami tidak bisa mengatakan bahwa pesawat ini tidak akan pernah ditemukan. Tentu bisa ditemukan, ini hanya masalah waktu,” tutur V.P.R Nathan, yang istrinya Anne Daisy berada di pesawat MH370.

    Pakar penerbangan mengatakan kepada CNN bahwa peningkatan teknologi deteksi kemungkinan akan membawa keluarga lebih dekat ke pesawat yang hilang dibandingkan sebelumnya, jika pencarian kembali dilakukan. Tapi memang ongkosnya tidak murah.

    Ratusan juta dolar dihabiskan menjelajahi lebih dari 710.000 kilometer persegi Samudera Hindia hingga tahun 2018, namun hasilnya tidak memuaskan. Perusahaan eksplorasi laut Amerika Serikat, Ocean Infinity, sudah kembali menawarkan ke pemerintah Malaysia kesepakatan untuk mencarinya dan takkan mengenakan biaya jika tidak bisa menemukan.

    Ada sinyal positif dari Pemerintah Malaysia. Menteri Transportasi Anthony Loke mengatakan negaranya akan melakukan segalanya untuk memecahkan misteri ini untuk selamanya. Kementeriannya siap membahas proposal pencarian baru dengan Ocean Infinity dan akan berusaha mendapatkan persetujuan Kabinet.

    Oliver Plunkett, CEO Ocean Infinity, mengatakan sejak pencarian tahun 2018, perusahaannya telah menyempurnakan robotika dan teknologi eksplorasi lautnya, sambil bekerja sama dengan para analis untuk mempersempit area pencarian.

    “Kami berharap dapat segera kembali melakukan pencarian,” katanya dalam pernyataan baru-baru ini, dikutip detikINET dari CNN. Namun belum ada kabar lebih lanjut.

    Pakar penerbangan yakin akan ada terobosan jika pencarian baru digelar. Mereka menunjuk pada sebuah teknologi Weak Signal Propagation Reporter atau WSPR, yang dirilis pada tahun 2008. Teknologi ini populer di kalangan mereka yang mencari MH370 dalam beberapa tahun terakhir.

    Radio amatir menggunakannya melacak kekuatan sinyal radio di seluruh dunia dan data yang mereka kumpulkan menangkap anomali yang disebabkan oleh berbagai jenis gangguan, termasuk penerbangan yang lewat.

    Mantan engineer British Aerospace Richard Godfrey menyebut dia menelusuri data WSPR hingga saat MH370 menghilang dan menyimpulkan pesawat tersebut mungkin berada antara 3.000 dan 4.000 meter di bawah Samudera Hindia, sekitar 1.500 kilometer di lepas pantai Perth, Australia. Lokasi itu sebelumnya belum begitu diteliti.

    “Saya yakin MH370 dapat ditemukan,” katanya, menambahkan bahwa temuannya sejalan dengan petunjuk lain, seperti data yang diberikan perusahaan telekomunikasi satelit Inggris Inmarsat. Data itu menunjukkan wilayah yang kurang lebih sama. Namun meski ekspedisi dikabulkan, persiapannya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

    (fyk/fyk)

  • Berbagi Kebaikan Ramadan Lewat Sedekah Kuota

    Berbagi Kebaikan Ramadan Lewat Sedekah Kuota

    (Ki-Ka) SVP-Head of Product Strategy & Pricing Tri Beka Faryan Riangka, SVP Head of Brand Marketing & Communications Tri Galuh Neftita, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh, Direktur Eksekutif Yayasan Dakwah Lentera Hati Indonesia (Pusat Studi Al Qur’an) Nasywa Shihab, SVP-Head of Digitalization Indosat Ooredoo Hutchison Sudheer Chawla, saat peluncuran kampanye ramadan Tri di Jakarta.

  • Video Ular Makan Diri Sendiri, Ngeri Banget!

    Video Ular Makan Diri Sendiri, Ngeri Banget!

    Jakarta

    Video seekor ular yang memakan dirinya banyak beredar di internet. Tak sekadar simbol infinity atau ketidakterbatasan sejak zaman kuno, fenomena ini benar adanya. Tentu saja, ada beberapa penyebab yang diduga memicu ular memakan ekornya sendiri.

    Ahli herpetologi tidak mengetahui secara pasti mengapa ular melakukan hal ini, namun mereka menduga perilaku tersebut timbul karena stres, kebingungan, penyakit, atau bahkan kelaparan.

    Misalnya, jika seekor ular menjadi terlalu panas dan tidak dapat melarikan diri ke tempat teduh, ia mungkin menjadi bingung, tidak dapat membedakan ekornya sendiri dari calon mangsanya. Suhu yang terlalu panas juga bisa memicu nafsu makan ular.

    Melansir Science Alert, ini juga yang mungkin yang terjadi pada ular dalam video di bawah ini. Video ini diambil di toko hewan peliharaan, menampilkan seekor ular yang berada di dalam mangkuk berisi air.

    PERINGATAN: Video di bawah ini mungkin akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

    [Gambas:Youtube]

    Beberapa ular penangkaran yang memiliki kebiasaan memakan dirinya sendiri menunjukkan kerusakan pada sisiknya akibat cairan asam lambungnya. Meskipun ular dapat melindungi dirinya dari racunnya sendiri, taringnya juga dapat menyebabkan luka serius yang berisiko menyebabkan infeksi. Karena itu, pemilik ular harus sigap ketika melihat ular peliharaan mereka melakukan hal seperti itu.

    Jika Anda melihat hewan peliharaan Anda saat sedang melakukan tindakan tersebut, Anda dapat mencoba menggunakan pembersih tangan, baunya akan membuat ular dengan segera melepas gigitan.

    Selain itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam air untuk melihat apakah hal tersebut akan memaksanya untuk melepaskan diri. Sebaiknya periksakan ke dokter hewan sesegera mungkin jika ia tidak mau melepaskannya.

    (ask/ask)