Jenis Media: Tekno

  • Terungkap! RAM iPhone 16 dan 16 Plus “Cuma” 8GB

    Terungkap! RAM iPhone 16 dan 16 Plus “Cuma” 8GB

    Jakarta

    Apple biasanya tidak mengungkap spesifikasi iPhone terbaru secara rinci, termasuk RAM dan kapasitas baterainya. Namun SVP Hardware Technology Apple Johny Srouji tiba-tiba mengonfirmasi bahwa semua model iPhone 16 kini dilengkapi RAM 8GB.

    Hal ini diutarakan Srouji dalam wawancara dengan YouTuber Geekerwan. Ini menandakan pertama kalinya Apple mengonfirmasi kapasitas RAM di iPhone 16 series.

    Konfirmasi dari Srouji ini juga memastikan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendapatkan upgrade RAM dari generasi sebelumnya. Tahun lalu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki RAM 6GB sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki RAM 8GB.

    Apple memang dikenal pelit dalam memberikan kapasitas RAM besar di iPhone. Sebagai perbandingan, Galaxy seri S terakhir yang punya kapasitas RAM di bawah 8GB adalah Galaxy S10 keluaran 2019, atau lima tahun yang lalu. Sejak Galaxy S20 yang dirilis tahun 2020, kapasitas RAM terkecilnya adalah 8GB.

    Namun kali ini tampaknya Apple mau tak mau harus meningkatkan kapasitas RAM di iPhone 16 menjadi 8GB karena diperlukan untuk menjalankan Apple Intelligence.

    RAM yang lebih kecil diyakini menjadi salah satu alasan mengapa Apple Intelligence tidak tersedia di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dalam wawancaranya, Srouji mengatakan Apple Intelligence jadi salah satu aspek saat menentukan hardware yang dibutuhkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

    “Kami memiliki banyak data yang memberi tahu kami apa yang akan mengaktifkan fitur tertentu, dan Apple Intelligence adalah salah satu fitur yang sangat-sangat penting yang ingin kami aktifkan,” kata Srouji, seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu (15/9/2024).

    “Jadi, Apple Intelligence adalah fitur baru yang membuat kami yakin bahwa kami perlu menggunakan 8GB,” sambungnya.

    Tidak hanya untuk Apple Intelligence, Srouji mengatakan RAM 8GB juga bisa meningkatkan pengalaman pengguna lainnya, termasuk gaming. Bahkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kini diklaim bisa memainkan game AAA dan game high-end dengan lancar.

    RAM iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tidak mengalami perubahan, masih 8GB. Namun rumor yang beredar mengklaim iPhone 17 Pro Max yang rilis tahun depan akan mendapatkan upgrade RAM menjadi 12GB.

    Apple Intelligence akan tersedia untuk iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menjalankan chip M1 atau lebih baru.

    Layanan berbasis kecerdasan buatan generatif ini akan digulirkan ke semua perangkat yang memenuhi syarat mulai bulan Oktober. Saat ini pengguna bisa menjajal Apple Intelligence versi awal dengan menginstal iOS 18.1 versi beta.

    (vmp/asj)

  • Mengenal Kecanggihan TCL Gentle Cool Inverter AC

    Mengenal Kecanggihan TCL Gentle Cool Inverter AC

    Jakarta

    TCL Indonesia merilis perangkat pendingin ruangan bernama Gentle Cool Inverter AC, yangh diklaim bisa mendinginkan ruangan tanpa angin yang mengganggu.

    Menurut TCL, fitur Gentle Breeze ini bisa memberikan sensasi sejuk alami yang nyaman. Fitur ini menggunakan 1.000 lubang mikro untuk menyebarkan udara secara lembut dan merata ke seluruh ruangan.

    “Fitur Gentle Breeze adalah solusi inovatif untuk kenyamanan Anda. Dengan teknologi ini, udara dingin disebarkan secara merata tanpa hembusan angin yang mengganggu. Memberikan kesejukan yang menyeluruh dan menyenangkan,” ujar Evan Tang, General Manager TCL Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    TCL juga mengklaim teknologi smart inverter yang dipakai di AC ini bisa mendinginkan ruangan hingga 18 derajat celcius dalam waktu 30 detik. Kompresor inverternya bekerja dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan pendinginan instan, sehingga pengguna bisa langsung merasakan kesegaran saat memasuki ruangan dari cuaca panas.

    Namun di sisi lain, mereka pun mengklaim teknologi yang dipakai ini juga hemat energi, dengan penggunaan daya hingga 70% lebih irit.

    Ada juga sistem filter 6 in 1 yang diklaim memberikan perlindungan maksimal dari bakteri, menghilangkan bau yang tidak sedap sehingga menjaga udara di sekitar tetap bersih dan sehat, serta filter Vitamin C yang unik membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari efek kering akibat udara AC.

    Untuk memudahkan perawatan AC, ada fitur CleanXpress yang bisa membersihkan secara otomatis menggunakan molekul air untuk menghilangkan kotoran secara menyeluruh.

    Selain itu desainnya dijanjikan praktis dan mudah dibongkar secara cepat saat akan dibersihkan secara manual.

    “Harga jualnya dimulai dari empat juta-an Rupiah dan sudah hampir sold out sampai saat ini,” tutup Evan.

    (asj/asj)

  • Bocoran Penampakan Xiaomi 14T dan 14T Pro

    Bocoran Penampakan Xiaomi 14T dan 14T Pro

    Jakarta

    Xiaomi dipastikan akan merilis Xiaomi 14T dan 14T Pro pada 26 September mendatang, yang diumumkan Xiaomi lewat sebuah poster di Weibo.

    Beberapa jam setelah poster itu dirilis, bocoran tampilannya langsung muncul dalam bentuk gambar hasil render, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Minggu (15/9/2024).

    Dalam bocoran tersebut, Xiaomi 14T tampil dalam empat warna, sementara 14T Pro tersedia dalam tiga warna. Dari gambar render tersebut juga terlihat kalau logo Leica masih terpampang dengan jelas di bagian modul kamera belakang.

    Xiaomi 14T Foto: Dok. 91MobilesXiaomi 14T Pro Foto: Dok. 91Mobiles

    Kamera belakangnya ini tersimpan dalam area berbentuk persegi pada bagian kiri atas. Kedua versi itu sama-sama dilengkapi tiga kamera, sementara bulatan yang keempat sebenarnya adalah flash LED.

    Tak satupun dari ketiga kamera itu merupakan kamera periskop, dan memang sejauh itu belum ada ponsel Xiaomi seri T yang dilengkapi kamera periskop, karena tersedia eksklusif untuk kamera kelas atas Xiaomi.

    Meski sekilas bentuk keduanya terlihat sama, sedikit perbedaan pada bentuk bodi belakangnya. Yaitu bodi belakang 14T terlihat lebih rata, sementara 14T Pro terlihat lebih melengkung di pinggirannya.

    Spesifikasi 14T dan 14T Pro yang saat ini sudah bocor antara lain adalah layar 6,67 inch 1,5K AMOLED 144Hz dengan tingkat kecerahan 4.000 nits. Serta Mediatek Dimensity 8300 Ultra untuk 14T dan Dimensity 9300 Ultra untuk 14T Pro.

    Sementara itu spesifikasi lainnya terlihat tak ada perbedaan. Yaitu kapasitas RAM 12GB dan storage 256GB, lalu kamera utama 50MP Sony IMX 906 1/1,56inch, kamera tele 50MP, dan kamera ultrawide 12MP, serta kamera selfie 32MP.

    (asj/asj)

  • Melawan Perubahan Iklim Lewat Game

    Melawan Perubahan Iklim Lewat Game

    Jakarta

    PUBG Mobile meluncurkan kampanye bertajuk ‘Play For Green’. Kampanye ini diluncurkan sebagai bagian dari Green Game Jam.

    Kampanye yang dirancang oleh Playing For The Planet, sebuah inisiasi yang didukung oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Environment Programme/UNEP) untuk mendukung planet melalui aksi nyata dalam permainan dan meningkatkan kesadaran mengenai perlindungan lingkungan.

    Ada beberapa event dalam game, tantangan baru, serta hadiah eksklusif yang bisa didapat pemain dalam kampanye ini. Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan dan mengerakkan komunitas global pemain PUBG Mobile, memfasilitasi dukungan terhadap proyek konservasi lingkungan yang penting di dunia nyata.

    Juga memperlihatkan bagaimana para pemain bisa bersatu untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau. Utamanya karena berdasarkan survei internal PUBG Mobile, 88% pemain mengaku khawatir terhadap isu perubahan iklim dan efek yang akan terjadi di masa depan, dan 91% mengaku sudah merasakan efek dari perubahan iklim di negaranya masing-masing.

    The Ruins of Erangel
    Diciptakan melalui kolaborasi dengan Profesor Mark Maslin, klimatolog dari University College London, PUBG Mobile membawa tema perubahan iklim ke dalam game, membuat sebuah seri map baru yang dinamakan “The Ruins of Erangel” di World of Wonder. The Ruins of Erangel adalah sebuah perandaian bagian map Erangel yang ikonik, setelah mengalami 100 tahun perubahan iklim.

    “Perubahan iklim bukanlah ancaman yang jauh di masa depan-itu adalah kenyataan yang akan mempengaruhi setiap sudut dunia kita. Campaign ‘Play for Green’ di PUBG Mobile adalah alat yang kuat untuk meningkatkan kesadaran, memberikan pemain gambaran tentang masa depan yang mungkin terpengaruh oleh perubahan iklim. Dengan menggabungkan sains dengan cerita interaktif, kami membantu mendidik dan melibatkan audiens global dalam perjuangan melindungi planet kita,” kata Maslin.

    Reruntuhan Erangel The Ruins of Erangel mempertimbangkan tingkat perubahan iklim saat ini, berdasarkan data geografis yang relevan, dan membayangkan area terkenal ‘Ruins’ di Erangel.

    Penelitian menemukan bahwa dalam 100 tahun ke depan, tanpa adanya intervensi apa pun, planet kita bisa mengalami nasib yang sama dengan The Ruins of Erangel, yang dilanda badai pasir yang merajalela, kekeringan, dan penurunan yang menghancurkan dalam kehidupan pohon dan tanaman di bumi Erangel.

    The Ruins of Erangel: Sandstorm – Badai pasir menjadi tantangan berat para pemain! Pemain harus mengumpulkan peralatan medis yang penting dan menghadapi musuh di dalam medan tantangan yang sama sekali tak tenang.

    Di kala badai pasir datang, pemain harus super hati-hati untuk mengatur timing dalam melakukan healing, mengetahui damage yang dihantarkan oleh badai tersebut.

    Map kedua, The Ruins of Erangel: Exploration – Eksplorasi menawarkan pengalaman yang unik dan berbasis naratif, sehingga pemain dapat merasakan kekuatan cerita di balik dampak perubahan iklim.

    Map ini akan membawa perjalanan yang bisa dinikmati pemain, dengan menggunakan checkpoint, yang mana tiap checkpoint mempunyai bagian yang menceritakan kisah perubahan bumi Erangel. Saat PUBG Mobile melakukan penjalajahan di dalam map, akan ada teks yang muncul di tiap checkpoint, yang akan membimbing mereka di lansekap map dan membuat pemahaman lebih dalam mengenai tantangan lingkungan yang dihadirkan.

    Run for Green
    Melalui event special dalam game ‘Run for Green’, yang berlangsung dari 11 September hingga 24 September, pemain dapat membantu proyek lingkungan nyata untuk melindungi total lahan yang setara dengan lebih dari 350.000 meter persegi di Indonesia, Pakistan, dan Brasil.

    Selama acara ini, setiap jarak lari yang ditempuh pemain di mode Classic PUBG Mobile akan berkontribusi pada pencapaian target server global. Target ini akan mendukung berbagai proyek di seluruh dunia untuk melindungi habitat penting dan menjaga ekosistem bumi.

    Proyek Bioma Cerrado di Brasil bekerja untuk melestarikan salah satu sabana dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia dengan memberi insentif kepada pemilik tanah untuk melestarikan vegetasi asli, yang memainkan peran penting dalam penyimpanan karbon.Di Indonesia, Cagar Keanekaragaman Hayati Rimba Raya melindungi salah satu populasi liar terakhir orangutan dan melibatkan komunitas lokal dalam praktik berkelanjutan untuk mengurangi konflik manusia-hewan liar.Terakhir, di Pakistan, Proyek Delta Blue Carbon – 1 berfokus pada regenerasi hutan mangrove di Delta Sungai Indus, meningkatkan ketahanan komunitas terhadap perubahan iklim sekaligus mencegah kehilangan keanekaragaman hayati

    Map yang menjadi pemenang-hasil kurasi tim PUBG Mobile–akan ditampilkan di World of Wonder dan berkesempatan memenangkan bagian dari total hadiah sebesar USD 12.500 atau sekitar Rp 187,5 juta.

    Para kreator dapat mengirimkan karya mereka dari 12 September hingga 25 September. Selain itu, jika pemain secara kolektif memainkan map Play for Green resmi di World of Wonder dan/atau peta kreator yang diserahkan dalam Kontes Kreatif World Of Wonder Green lebih dari 10 juta kali, PUBG Mobile berjanji untuk menggandakan dukungan mereka kepada proyek-proyek tersebut di dunia nyata.

    “Melalui campaign ‘Play For Green’, kami memanfaatkan kekuatan game untuk menghadapi salah satu tantangan terbesar zaman kita: perubahan iklim. Dengan inisiatif seperti peta ‘Ruins of Erangel’ dan acara ‘Run for Green’, kami tidak hanya menciptakan konten yang imersif untuk pemain kami-kami juga menginspirasi komunitas global untuk melakukan aksi nyata. Ini adalah bermain game dengan tujuan, dan PUBG Mobile bangga menjadi pelopor gerakan ini,” kata Vincent Wang, Head of Publishing PUBG Mobile di Tencent Games, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    (asj/asj)

  • Astronom Temukan Bentuk Wajah Senyum di Mars, Ini Penjelasannya

    Astronom Temukan Bentuk Wajah Senyum di Mars, Ini Penjelasannya

    Jakarta

    European Space Agency (ESA) telah menemukan struktur wajah tersenyum di permukaan planet Mars. Diperkirakan pola ini menandakan adanya kehidupan di sana.

    Mereka mengungkapkan kalau struktur tersebut berwarna keunguan. ESA menjelaskan bentuk wajah tersenyum ini berasal dari endapan garam klorida pada masa lampau, yang mengelilingi kawah.

    Fotonya berhasil ditangkap menggunakan kamera ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) kepunyaan ESA. Mereka menjelaskan di Instagram resminya, Sabtu (14/9/2024), endapan tersebut merupakan sisa-sisa danau yang mengering miliaran tahun lalu di Mars, dan menunjukkan wilayah itu layak huni.

    Dikatakan seperti wajah tersenyum, karena tidak hanya menampilkan lekukan bibir yang seolah senyum. Tapi fotonya juga menunjukkan kawah yang bentuknya mirip dua bola mata dengan ukuran berbeda-beda.

    Apabila melihatnya sekilas, orang-orang pasti akan menyamakan bentuknya seperti emot senyum yang ada di WhatsApp. Bedanya ini berwarna keunguan bukan kuning keemasan. Namun sampai sekarang belum diketahui seberapa besar ukuran endapan berbentuk wajah ini.

    Ilmuwan ESA, Valentin Bickel, menambahkan, keberadaan endapan garam karena kelarutan dalam air, merupakan penanda masa lalu Mars yang berair dan dapat mengindikasikan terakhir kalinya suatu wilayah tertutup air.

    “Data baru ini memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang distribusi air di Mars awal, serta iklim dan kelayakhuniannya di masa lalu,” katanya.

    Menurut Valentin, kemungkinan besar endapan garam tersebut terbentuk dari kolam air atau air garam dangkal, yang menguap akibat sinar Matahari.

    “Orang-orang menggunakan metode serupa untuk memproduksi garam untuk konsumsi manusia di kolam air asin di Bumi,” kata Valentin.

    Meski begitu, hingga saat ini, para ahli merasa baik-baik saja menanggapi data terbaru ini dengan senyum.

    (hps/asj)

  • Jack Ma Muncul Kembali, Akui Alibaba Bisa Kalah

    Jack Ma Muncul Kembali, Akui Alibaba Bisa Kalah

    Jakarta

    Jack Ma muncul lagi walau tidak secara fisik. Pendiri Alibaba itu mengirim surat pada para karyawan dalam rangka ulang tahun ke-25 raksasa e-commerce yang ia dirikan di Kota Hangzhou, China itu.

    Pria berusia 60 tahun itu minta karyawan kerajaan bisnis yang ia ciptakan percaya pada masa depan di tengah persaingan yang kian ketat. Di surat yang dipublikasikan situs internal Alibaba, Ma mengatakan banyak bisnis Alibaba berpotensi dikalahkan di tengah kebangkitan kembali teknologi dan persaingan ketat di berbagai industri.

    “Ini keniscayaan (kekalahan Alibaba), karena tidak ada perusahaan yang selalu dapat berada di puncak dalam bidang apa pun selamanya,” tulis Ma, yang sangat jarang muncul di depan publik dalam beberapa tahun terakhir.

    “Kita harus terus-menerus diingatkan untuk tidak kehilangan diri kita sendiri di tengah tekanan persaingan,” tambahnya yang dikutip detikINET dari SCMP, Jumat (13/9/2024).

    Ia mengatakan Alibaba terbuat dari semangat idealis yang percaya pada masa depan dan percaya pada pasar. Jack Ma, yang telah mengundurkan diri dari semua peran di Alibaba, tetap menjadi pemegang saham utama dan pemimpin spiritual grup tersebut.

    Alibaba saat ini memang tidak sama perkasa seperti di masa silam. Mereka menghadapi rivalitas besar dengan PDD Holdings dan Douyin milik ByteDance, versi China dari TikTok.

    Ma, pengusaha teknologi paling terkenal di China, secara terbuka mengkritik regulator China dalam pidato bulan Oktober 2020, sehingga menggagalkan penjualan saham perusahaan fintech Ant Group, yang juga ia dirikan. Itu diikuti dengan tindakan keras terhadap sektor teknologi China, termasuk denda USD 2,8 miliar untuk Alibaba.

    Jack Ma pun menarik diri dari kehidupan publik. Ia sempat menghabiskan sebagian besar waktu di luar negeri. Akan tetapi awal tahun silam, dia mulai sering berada di China walau jarang sekali muncul ke publik.

    (fyk/fay)

  • MDMedia Luncurkan Layanan Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

    MDMedia Luncurkan Layanan Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

    Jakarta

    TelkomGroup melalui anak usahanya PT Metra Digial Media (MDMedia) meluncurkan AdXelerate, layanan programmatic advertising berbasis data telco pertama di Indonesia. Hadirnya layanan ini dinilai menjadi solusi dalam melakukan promosi iklan digital yang lebih efisien dan tepat sasaran.

    President Director of MDMedia Arif Prabowo mengatakan di era yang serba digital, dunia pemasaran dan periklanan mengalami perkembangan pesat. Konsumen pun menjadi lebih cerdas. Hal inilah yang mendasari pihaknya untuk menciptakan Demand Side Platform (DSP) sebagai platform digital programmatic advertising yang dapat memberikan solusi periklanan agar lebih relevan dan terukur.

    “Karena (melihat) hal tersebut, akhirnya kita memiliki suatu inovasi. Kita membuat suatu layanan berupa programmatic ads,” katanya saat membuka Programmatic Ads Based on Telco Data The Launch Event, di Glass House The Ritz Carlton Pacific Placa, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

    Dia mengungkapkan layanan AdXelerate dapat membantu para pengiklan menghadapi tantangan modern dalam pemasaran digital, dengan menganalisa insight dari data telco yang beragam.

    “Kami berkolaborasi dengan Telkomsel, menggunakan data Telkomsel. Kita tahu Telkomsel market share-nya paling besar di Indonesia. Kemudian kita juga melihat data yang ada di situ cukup detail dan barangkali lebih precise dibandingkan data yang ada saat ini,” jelasnya.

    Sementara itu, Managing Director MDMedia Fuad Sahid Lalean menambahkan dalam mekanismenya, MDMedia bersama TelkomGroup berperan sebagai enabler untuk membantu brand, agency, hingga publisher untuk dapat menyasar target konsumen yang tepat. Sehingga iklan digital dapat memberikan hasil yang tidak hanya optimal, tapi juga efektif dan efisien.

    Dia pun merinci fitur unggulan layanan Programmatic Advertising dari MDMedia. Salah satunya dapat menampilkan profil audiens yang komprehensif, dengan memanfaatkan berbagai kategori minat dan atribusi demografis seperti umur, jenis kelamin, agama, dan lainnya yang diolah melalui big data analytic.

    “Misalnya bisa nggak iklan mobil listrik menyasar orang-orang yang sudah punya kendaraan lebih dari 2? Jawabannya bisa,” terangnya.

    Keuntungan lain dari layanan AdXelerate ini adalah kemampuan melakukan optimalisasi iklan secara langsung (real-time) dalam hitungan milidetik dan berdasarkan performa, sehingga memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi para pengiklan.

    Di samping itu juga, platform DSP ini memberikan keuntungan dari proses re-targeting dengan mempertajam segmentasi target audiens yang dituju melalui proses learning big data analytic yang mampu meningkatkan konversi sesuai tujuan yang diharapkan oleh pengiklan.

    “Bisa juga re-targeting. Jadi sudah ditarget, tapi dia sudah mau masukin keranjang, tapi belum checkout. Kita retarget lagi, mudah-mudahan bisa checkout sehingga produk kita kebeli,” paparnya.

    Soal keamanan, kata Fuad, tidak perlu khawatir. Sebab platform ini dirancang dengan prioritas utama kepatuhan pada regulasi privasi yang mengacu kepada Undang Undang Perlindungan Data Pribadi.

    Lebih lanjut dia memaparkan hasil case study yang dilakukan MDMedia terkait penerapan campaign programming ads pada suatu aplikasi. Studi tersebut menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan monitor ratio click to app hingga lebih dari 3 kali. Selain itu juga berhasil menekan cost per installation.

    “Dari bench mark yang di awal 0,11%, kita bisa mencapai 0,39%. Artinya begitu user melihat iklan, mereka mengklik itu 3,5x lebih besar. Karena cocok dan sesuai dengan targetnya. Bayangkan kalau saya tidak berminat dengan aplikasi tersebut, lihat iklannya, kan saya nggak ngeklik,” terangnya.

    Di sisi lain, Director of Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir menekankan potensi digital advertising sangat besar. Namun selama ini yang banyak menikmati hanya pihak-pihak tertentu saja, seperti Google Ads, Meta, TikTok. Menurutnya pihak yang disebut ‘walled garden’ itu memiliki keuntungan, tapi di sisi lain ekosistemnya terbilang sangat tertutup.

    Karena itu pihaknya berharap kehadiran AdXelerate dapat mendorong RI agar menjadi bagian dari pemain yang menciptakan market di dunia digital advertising yang tengah berkembang saat ini.

    “Ini adalah solusi dari perusahaan Indonesia untuk Indonesia. Kita membuat visi pemerintah untuk menjadikan digital economy sebagai the future of Indonesia yang bisa kita nikmati dan wujudkan bersama,” tukasnya.

    (ncm/ega)

  • Menurut Perhitungan Sains, Ini 10 Lagu Radiohead Paling Sedih

    Menurut Perhitungan Sains, Ini 10 Lagu Radiohead Paling Sedih

    Jakarta

    Radiohead merupakan band rock asal Inggris yang terkenal. Beberapa lagu mereka yang populer di antaranya Creep, No Surprises, hingga High and Dry.

    Banyak orang yang mengatakan jika beberapa lagu Radiohead kerap membawa suasana sedih. Ambil contoh No Surprise, saat bagian intro-nya saja sudah terasa begitu sendu dan seolah menggambarkan hidup yang penuh dengan duka.

    Menariknya, seorang spesialis analis dan juga penggemar Radiohead, Charlie Thompson mencoba meneliti secara ilmiah mengenai 10 lagu paling menyedihkan dari band rock tersebut pada 2017 silam.

    “Sebagian besar musik dari Radiohead memang menyedihkan,” kata Charlie dilansir Open Culture.

    Lantas, bagaimana Charlie bisa menemukan lagu-lagu paling menyedihkan dari Radiohead? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

    Charlie berusaha untuk ‘mengukur sentimen’ dari lagu-lagu Radiohead. Kemudian ia menciptakan ‘indeks kesuraman’ atau ‘Gloom Index’ yang digunakan untuk mengukur setiap lagu.

    Karena cukup repot jika harus mendengarkan semua lagu satu per satu, akhirnya Charlie mengandalkan data dari dua layanan online, yakni Web API Spotify dan Genius Lyrics API.

    Lewat Web API Spotify, Charlie mengambil ‘statistik audio mendetail’. Salah satu metrik khususnya yang disebut ‘valensi’ mengukur ‘kepositifan’ sebuah lagu. Skor ini memberikan indeks betapa sedihnya sebuah lagu terdengar dari sudut pandang musik. Namun, tidak begitu jelas apa kriteria untuk menentukan skor tersebut.

    Selanjutnya, Charlie menggunakan Genius Lyrics API untuk mengecek ‘densitas lirik’, khususnya konsentrasi ‘kata-kata sedih’ dalam lagu tertentu. Untuk menggabungkan kedua hal tersebut, ia mengandalkan analisis rekan data scientist dan blogger, yakni Myles Harrison.

    Setelah melalui perhitungan sains lewat dua platform online, Charlie mengungkapkan 10 lagu Radiohead paling sedih. Berikut daftarnya:

    True Love WaitsGive Up The GhostMotion Picture SoundtrackLet DownPyramid SongExit Music (For a Film)Dollars & CentsHigh And DryTinker Tailor Soldier Sailor Rich Man Poor Man Beggar Man ThiefVideotape.Hanya 2 Lagu Populer Radiohead yang Masuk Daftar Paling Sedih

    Menariknya, hanya ada dua lagu dari daftar di atas yang terbilang populer dan banyak didengar oleh pecinta musik, yakni High and Dry dan Exit Music (For A Film).

    Dari pantauan detikINET di platform Spotify, Kamis (12/9/2024) High and Dry menjadi salah satu lagu populer Radiohead dengan jumlah stream sebanyak 449 juta kali. Sedangkan untuk Exit Music (For A Film) telah diputar hingga 246 juta kali.

    Beberapa lagu seperti No Surprises, Karma Police, hingga Creep bahkan tak masuk dalam daftar lagu paling sedih menurut perhitungan sains Charlie Thompson.

    Namun, hal itu tak menghapus fakta bahwa Radiohead memang terkenal sebagai band ‘yang menyedihkan’ sejak lama.

    Mengutip laman Far Out Magazine, ketika Radiohead merilis Creep pada 1992, lagu tersebut ternyata masuk dalam blacklist oleh sejumlah stasiun radio kala itu. Alasannya sederhana, karena lagu tersebut dianggap terlalu menyedihkan dan murung.

    Bagi kamu yang tertarik mendengar lagu-lagu Radiohead, berikut sejumlah lagunya yang populer menurut Spotify:

    CreepNo SurprisesKarma PoliceHigh and DryJigsaw Falling Into PlaceExit Music (For A Film)Weird Fishes/ArpeggiFake Plastic TreesAll I NeedJust.

    Itu dia 10 lagu Radiohead paling menyedihkan berdasarkan perhitungan sains. Pernah mendengar salah satu lagunya?

    (ilf/fds)

  • NASA Diprediksi di Ambang Krisis, Ada Apa Nih?

    NASA Diprediksi di Ambang Krisis, Ada Apa Nih?

    Jakarta

    Dalam sebuah laporan baru, sekelompok ahli kedirgantaraan menyatakan bahwa NASA akan berada di titik kritis. Salah langkah, maka badan ini bisa tamat.

    Diberitakan oleh Washington Post, laporan baru berjudul ‘NASA at a Crossroads’ diterbitkan atas permintaan Kongres oleh Akademi Nasional Sains, Teknik, dan Kedokteran, menyoroti dengan jelas betapa parahnya kondisi yang dihadapi NASA.

    Selama beberapa waktu terakhir, NASA kehilangan banyak talenta terbaiknya. Para insinyur handalnya pensiun atau berpindah ke pekerjaan di sektor swasta yang menawarkan gaji lebih tinggi.

    Hal ini terjadi di tengah pemotongan anggaran yang terus-menerus. NASA masih mengerjakan misi yang rumit dan menarik perhatian, seperti peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb. Namun misi lain, seperti Mars Sample Return mengalami penundaan dan memberi peluang bagi saingan seperti China untuk maju. Hal ini membuat AS tertinggal dalam kompetisi luar angkasa.

    Laporan sekitar 200 halaman ini berisi rekomendasi dari komite yang terdiri dari puluhan ahli, baik dari entitas publik maupun swasta, termasuk SpaceX, Planetary Society, dan beberapa universitas.

    Menurut Washington Post, konsensus yang dicapai oleh para pakar ini adalah bahwa NASA terlalu fokus pada tujuan jangka pendek dan kurang dalam merencanakan strategi jangka panjang.

    “Seseorang cenderung mengabaikan hal-hal yang mungkin kurang glamor tetapi akan menentukan kesuksesan di masa depan,” kata Norman Augustine, mantan CEO Lockheed Martin yang juga ketua tim penyusun laporan tersebut.

    Untuk mengatasi kekurangan talenta dan anggaran, NASA dalam satu dekade terakhir semakin bergantung pada sektor swasta. Hasilnya beragam, seperti yang terlihat saat NASA memberikan kontrak kepada Boeing untuk menerbangkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan pesawat Starliner. Namun, karena Starliner belum siap, NASA terpaksa meminta SpaceX untuk membawa mereka kembali dengan kapsul Crew Dragon.

    “NASA akan kesulitan merekrut insinyur yang inovatif dan kreatif. Insinyur yang inovatif dan kreatif tidak ingin hanya mengawasi pekerjaan orang lain,” ujar Norman.

    Administrator NASA Bill Nelson, sangat menekankan persaingan luar angkasa antara AS dan China serta merupakan pendukung kuat kemitraan NASA dengan sektor swasta. Dia mengatakan bahwa laporan tersebut sejalan dengan upaya mereka untuk memastikan bahwa mereka memiliki infrastruktur, tenaga kerja, dan teknologi yang dibutuhkan NASA untuk dekade-dekade mendatang.

    Namun, tampaknya Nelson mungkin melewatkan hal-hal penting dari laporan tajam ini atau dalam hal ini, bintang-bintang di balik pesawat luar angkasa.

    *Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/fyk)

  • Serba AI di TV Samsung Neo QLED 8K

    Serba AI di TV Samsung Neo QLED 8K

    Jakarta

    Tak cuma merambah ponsel, kecerdasan buatan (AI) kini juga merambah TV. Salah satunya adalah jajaran TV Samsung Neo QLED 8K yang baru dirilis.

    Ada tiga varian yang dirilis, yaitu Neo QLED QN800D untuk ukuran 65 dan 75 inch, dan yang paling mewah adalah QN900D untuk ukuran 85 inch. Ketiganya dilengkapi prosesor dengan kemampuan AI, yaitu NQ8 AI Gen3 untuk versi 85 inch dan NQ8 AI Gen2 untuk varian 65 dan 75 inch.

    Ada tiga fitur AI besar yang dijagokan Samsung di ketiga TV ini, yaitu 8K AI Upscaling Pro, AI Sound, dan AI Optimization. Meski fungsinya berbeda, ketiganya ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menonton TV ini.

    8K AI Upscaling Pro

    Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk melakukan upscaling, atau meningkatkan resolusi konten agar bisa mendekati resolusi 8K di TV ini. Sehingga, sekalipun konten yang diputar di TV tak punya resolusi 8K — karena memang ketersediaan konten 8K masih terbatas –, pengguna tetap bisa menikmati resolusi TV-nya dengan sebaik mungkin.

    Fitur upscaling ini memanfaatkan 512 neural network yang ada di NQ8 AI Gen3, atau 256 neural network yang ada di NQ8 AI Gen2. Namun Samsung juga tak mau berlebihan memberi janji manis soal fitur upscaling ini, karena kualitasnya tentu tak akan semewah konten yang benar-benar 8K.

    “Upscale tidak mungkin sampai full 8K. Kita harus realistis, dan hanya bisa mendekati 8K. Hasilnya juga akan bervariasi (tergantung resolusi asli konten yang di-upscaling),” kata Ubay Bayanudin, Head of Product AV Business, Samsung Indonesia, dalam acara peluncuran TV ini di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

    AI Sound

    Neo QLED 8K juga memperkenalkan standar terbaru dalam pengalaman audio dengan kemampuan audio remastering yang canggih.

    Berbeda dengan TV non-AI yang hanya dapat mengatur volume secara merata untuk suara objek dan latar belakang, fitur Adaptive Sound di TV AI Samsung mampu memisahkan dan membedakan antara suara latar belakang dan suara objek secara terpisah.

    Teknologi ini memungkinkan TV untuk menyesuaikan audio dengan lebih akurat, memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih jelas dan imersif sesuai dengan setiap adegan. Dengan kemampuan ini, setiap elemen suara dalam film atau acara televisi terdengar lebih hidup dan sesuai dengan konteksnya.

    “Kalau saya pribadi suka nonton podcast. Tapi kalau pas lagi nonton, kadang istri nyalain hair dryer, atau pembantu pakai vacuum cleaner, jadi tidak kedengeran suara percakapannnya dari podcast. Nah, pakai fitur ini suaranya jadi bisa terdengar jelas,” tambah Ubay.

    AI Optimization

    Untuk meningkatkan kenyamanan menonton film, fitur AI Customization pada Neo QLED 8K memungkinkan pengguna secara otomatis mengatur kontras warna dan kualitas tampilan konten sesuai preferensi individu. Teknologi canggih ini menganalisis jenis konten yang sedang ditonton dan menyesuaikan pengaturan visual, juga menyesuaikan pencahayaan yang ada di ruangan.

    “Bisa menyesuaikan tingkat keterangan di ruangan. Juga bisa berubah ke warm atau cold sesuai dengan kondisi (konten yang sedang diputar),” tambahnya.

    Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur AI Customization:

    Buka menu Settings.Aktifkan Intelligent Mode, kemudian pilih Picture Mode.Pilih AI Customization.Lalu pilih gambar berdasarkan Brightness, Contrast, Color, dan Color Tone yang disukai ketika menonton Sports Event, Movie, atau General.Klik Don esetelah memilih preferensi tontonan.Harga Samsung Neo QLED 8KSamsung Neo QLED 8K QN900D 85 inci – Rp 132.599.000Samsung Neo QLED 8K QN800D 65 inci – Rp 54.999.000Samsung Neo QLED 8K QN800D 75 inci – Rp 73.399.000

    (asj/fay)