Jenis Media: Tekno

  • YouTuber Terkaya Sejagat Siap Membeli TikTok

    YouTuber Terkaya Sejagat Siap Membeli TikTok

    Jakarta

    MrBeast, bintang YouTube dan kreator dengan penghasilan tertinggi, resmi bergabung dalam tawaran membeli operasi TikTok di Amerika Serikat. Pria berusia 26 tahun itu bekerja sama dengan pengusaha teknologi Jesse Tinsley, pendiri employer.com, mengajukan penawaran tunai untuk unit aplikasi TikTok di Amerika.

    MrBeast, nama aslinya, Jimmy Donaldson, mengutarakan minatnya untuk mengakuisisi TikTok di sejumlah unggahan media sosial. “Saya akan membeli TikTok agar tidak dilarang” tulisnya di X.

    Dalam unggahan TikTok berikutnya, Donaldson mengatakan ia telah berbicara dengan sekelompok miliarder tentang akuisisi TikTok. Firma hukum AS Paul Hastings membenarkannya.

    Dikatakan bahwa Tinsley memimpin kelompok investor dan individu dengan kekayaan tinggi, tapi Donaldson adalah satu-satunya yang disebut namanya secara publik.

    Pernyataan tersebut tidak mengungkapkan besarnya tawaran, meskipun Trump menyebutkan nilai USD 1 triliun. Menurut Forbes, Donaldson, yang memiliki 346 juta pengikut di YouTube, adalah kreator internet tersukses di dunia tahun lalu, dengan penghasilan USD 85 juta.

    Aksi-aksi bombastis Donaldson di saluran YouTube MrBeast miliknya membantunya menjadi superstar internet. Ia kerap menebar hadiah yang luar biasa besar untuk konten-kontennya. Selain menerima pendapatan iklan yang dihasilkan dari penayangan YouTube, ia juga mempromosikan banyak hal.

    Dikutip detikINET dari Guardian, Donald Trump sendiri sudah menyatakan 50% saham TikTok sebaiknya dibeli oleh pihak dari AS sehingga tetap dapat beroperasi. Ia mengatakan terbuka jika Elon Musk atau bos Oracle, Larry Ellison, ingin membeli TikTok.

    Masa depan TikTok di AS masih belum pasti meskipun aplikasi tersebut kembali online setelah pemiliknya yang berbasis di Beijing, ByteDance, sempat menutup layanan tersebut untuk sementara waktu.

    (fyk/fyk)

  • Dosa Besar Google Terungkap Lewat Dokumen Rahasia

    Dosa Besar Google Terungkap Lewat Dokumen Rahasia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Peran Google dalam memfasilitasi teknologi untuk Israel ternyata lebih besar dari yang pernah diungkap sebelumnya.

    Sebuah laporan baru dari The Washington Post, Google berulang kali bekerja sama dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Kementerian Pertahanan Israel (IDM) untuk memperluas akses pemerintah ke alat AI.

    Pada 2021, Google menandatangani kontrak komputasi awan atau cloud senilai US$1,2 miliar dengan pemerintah Israel, yang dinamai project Nimbus, bersama dengan Amazon.

    Dokumen internal menunjukkan bahwa karyawan Google berulang kali meminta akses yang lebih besar ke teknologi AI perusahaan atas nama Israel. Tindakan ini dimulai tak lama setelah serangan yang terjadi di Gaza Palestina, Oktober 2023 lalu.

    Seorang karyawan di divisi cloud Google dilaporkan meningkatkan permintaan dari IDM untuk akses yang lebih besar ke Vertex, demikian dikutip dari Engadget, Kamis (23/1/2025)

    Dalam sebuah dokumen, seorang karyawan diduga memperingatkan IDM jika beralih ke Amazon, yang akan membuat Google kehilangan bisnisnya.

    Dokumen lain yang ditemukan pada November diduga menunjukkan karyawan tersebut berterima kasih kepada rekan kerjanya karena telah membantu permintaan dari Israel.

    Dokumen tambahan dari 2024 menunjukkan permintaan yang berlanjut hingga November 2024, dengan seorang karyawan meminta IDF menerima akses ke teknologi Gemini AI untuk mengembangkan asisten AI-nya sendiri.

    Permintaan tersebut adalah untuk meningkatkan pemrosesan audio dan dokumen, tetapi tidak jelas untuk apa teknologi ini digunakan dalam hal operasi militer.

    Berita ini memberikan titik terang pada protes karyawan atas kontrak Google Cloud dengan pemerintah Israel.

    Sebelumnya, karyawan Google melakukan protes dan menentang hubungan perusahaan dengan Israel sejak kontrak dimulai. Protes itu kemudian berlanjut membawa seruan dari para karyawannya agar Google keluar dari Nimbus.

    Sebaliknya, Google telah memecat lebih dari 50 karyawan karena memprotes kontrak tersebut karena apa yang disebutnya sebagai “perilaku yang mengganggu.”

    Pada pertengahan 2024, lebih dari 100 karyawan Google, yang terdiri dari para manajer dan anggota kelompok hak asasi manusianya, dilaporkan mengirim email kepada perusahaan untuk meninjau kembali kontrak Nimbus, tetapi Google mengabaikannya.

    (fab/fab)

  • Pendaftaran PMGO Open Qualifier Dibuka, Kesempatan Jadi Pro Player

    Pendaftaran PMGO Open Qualifier Dibuka, Kesempatan Jadi Pro Player

    Jakarta

    PUBG Mobile resmi membuka pendaftaran PUBG Mobile Global Open (PMGO) open qualifier. Ini menjadi kesempatan emas untuk gamer di Tanah Air menjadi pro player.

    Kualifikasinya akan diselenggarakan secara online dan terbuka untuk umum. Namun umum di sini tidak berlaku bagi pemain profesional yang terdaftar di kompetisi resmi seperti PMSL SEA Spring, PMSL SEA Summe dan Fall, PMCL SEA Spring, PMCL SEA Summer dan Fall, serta PMSL CSA, EMEA, dan Americas.

    Kendati begitu perlu ditekankan, syarat untuk bisa mendaftar ialah pemain wajib memiliki rank gold atau lebih tinggi pada musim sebelumnya. Lalu hal lain yang musti diperhatikan adalah kompetisinya diperuntukkan bagi mereka yang sudah punya tim, sehingga bukan pemain solo.

    Jadi sebelum daftar, pastikan gamer telah memiliki tim. Untuk tim yang didaftarkan terdiri dari empat pemain inti dan maksimal dua cadangan, serta tidak boleh ada perubahan roster selama open qualifier.

    Bagi kalian yang sempat masuk dalam daftar peringkat 500 besar ultimate royale musim sebelumnya, dapat langsung lolos ke round dua. Tapi gamer tetap harus mendaftarkan timnya terlebih dahulu.

    Syarat lain yang wajib dipatuhi, yakni sudah berusia 16 tahun atau lebih tua. Apabila usia tidak memenuhi syarat dan tetap ingin ikutan, pemain perlu meminta izin ke orangtua. Nantinya semua pertandingan dimainkan di server yang dipilih saat pendaftaran dan tak bisa diubah.

    Untuk 2025 PMGO Open Qualifier terdapat server: Asia, Europe, Middle East, North America, dan South America. Hal terpenting lainnya, yaitu pemain harus mengikuti PUBG Mobile Official Competition Rulebook.

    2025 PMGO Open Qualifiers terdiri dari 3 ronde:

    Round 1: 4 hari, 3 pertandingan setiap hari.Round 2: Tim yang berada di peringkat 1-128 dari Round 1 + tim dengan pemain peringkat 500 besar dari Ultimate Royale musim C7S20 & C7S21, 4 hari, 3 pertandingan setiap hari.Qualifier Finals: 1-16 tim yang berada di peringkat R2, 2 hari, 5 pertandingan setiap hari. Tahap ini tidak akan diselenggarakan melalui platform turnamen; penyelenggara turnamen akan menghubungi tim dan mengatur pertandingan pada 1-2 Maret.

    Pendaftaran dibuka dari 16 Januari – 9 Februari 2025 yang bisa dilakukan melalui situs PUBG Mobile Esports. Sedikit informasi, PUBG Mobile Global Open (PMGO), yang akan diselenggarakan di Tashkent, Uzbekistan pada April 2025.

    (hps/fyk)

  • Kiamat Keyboard-Trackpad, Cara Pakai Komputer Berubah Total

    Kiamat Keyboard-Trackpad, Cara Pakai Komputer Berubah Total

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google mengumumkan berbagai fitur untuk ChromeOS yang difokuskan untuk kebutuhan belajar-mengajar dan aksesibilitas harian. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk mengontrol komputer hanya dengan kepala dan ekspresi wajah. Fitur ini pada dasarnya ditujukan bagi mereka yang memiliki gangguan motorik.

    Fitur itu pertama kali diumumkan pada awal Desember lalu, dan sekarang dirilis untuk banyak pengguna Chromebook yang kompatibel. Google merekomendasikan untuk perangkat dengan RAM 8GB atau lebih, demikian dikutip dari The Verge, Kamis (23/1/2025).

    Ini bukan kali pertama Google membawa fitur wajah-sebagai-kontrol kursor. Sebelumnya, Google telah membuat alat aksesibilitas AI open-source untuk game Windows yang disebut Project Gameface.

    Selain itu, Google juga menjanjikan sejumlah besar Chromebook baru di 2025, dengan lebih dari 20 perangkat baru di lini Chromebook standar dan Chromebook Plus yang akan hadir tahun ini.

    Microsoft Bawa Kiamat Keyboard

    Tak hanya Google, Microsoft juga memiliki fitur yang menyebabkan ‘kiamat keyboard’. Fitur itu mengubah kebiasaan ngetik di laptop, sebab pengguna tak perlu lagi berinteraksi dengan perangkat menggunakan tangan, namun hanya mengandalkan mata saja.

    Kemampuan itu terdapat dalam perangkat yang baru dipatenkan bernama Eye Gaze. Microsoft menyelipkan teknologi dwell-free yang bisa mengetik hanya dengan gerakan mata.

    Saat teknologi ini digunakan, keyboard tersemat di mata sebagai layarnya. Microsoft tak lupa menyematkan AI pada paten barunya itu. Teknologi tersebut akan menghadirkan teks prediktif serta machine learning untuk memprediksi kata yang ingin ditulis pengguna.

    Kata dapat diprediksi melalui beberapa aktivitas. Seperti jejak visual pada keyboard atau melihat huruf pertama dan terakhir.

    Microsoft memberikan akses Eye Gaze pada perangkat ponsel, tablet, hingga PC. Ini dapat digunakan untuk mengirimkan pesan, email, menggunakan browser, mesin pencari hingga aplikasi lain yang memiliki opsi input teks.

    Eye Gaze juga memiliki kemampuan lain selain mengetikkan kata menggunakan mata. Pengguna dapat menggunakannya untuk beraktivitas di dalam aplikasi dengan gerakan mata.

    Misalnya untuk mengklik tombol di browser web. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatur suara atau kecerahan audio.

    (fab/fab)

  • Netizen Puji Jersey Timnas Indonesia: Ada ‘Pagar Lautnya’

    Netizen Puji Jersey Timnas Indonesia: Ada ‘Pagar Lautnya’

    Jakarta

    Erspo, apparel penyedia Timnas Indonesia baru saja merilis jersey terbaru dengan tema Indonesia Pusaka. Penampakan seragam anyar skuad Garuda itu langsung mendapat respon netizen.

    Melalui akun Instagram @erspo.official, terlihat para punggawa Timnas Indonesia, yaitu Shane Pattynama, Sandy Walsh, Thome Haye, Mees Hilgers, Calvin Verdonk, dan Ragnar Oratmangoen menjadi modelnya.

    Perilisan jersey ini baru, Erspo cuma memperlihatkan yang versi kandang alias home. Warna merah menyala pada bagian baju yang dipadu celana berwarna putih dengan strip merah besar di bagian samping kiri-kanannya.

    Berbeda dari jersey Timnas Indonesia buatan Erspo sebelumnya, kali ini apparalel tersebut memproduksi jersey yang ada kerahnya. Ada garis melintang pada bagian dada, serta bagian putih di sampingnya.

    Berdasarkan pantauan detikINET, Kamis (23/1/2025) netizen kebanyakan merespon positif jersey Timnas Indonesia terbaru itu. Namun ada juga yang menyinggung dengan isu yang sedang heboh di dalam negeri.

    “Sbg yg udah ngikutin timnas dari 1981, gw cuma mau bilang KEREN BANGET, kembali ke merah putih ❤️,” ujar @arifikram.

    “ubur-ubur ikan lele desain kali ini bagus kali leeeeeeee😍😍😍🔥,” tulis @chriistopher_t.m

    “Speechless 🔥👏😍,” ungkap @waseems_way

    “EH ADA LONGSLEEVE YAAMPUN!,” ucap @azkaalfi

    “KEREENN 🔥🔥 garis putihnya melambangkan pagar laut kah min? 😂,” kata @iqballmadhan

    “Jersey awaynya mana min, jersey kiper, training, sekalian min 😂,” sahut @wahyu_nf99

    Ada pula yang berharap, perilisan jersey ini membawa Jay Idzes Cs lolos ke Piala Dunia 2026.

    “Keren 🔥🔥🔥 semoga bisa membawa timnas ke piala dunia 2026❤️,” kata @bangjay.citayam

    “Jersey yang bakal nganterin timnas indonesia ke piala dunia 🙏🏻,” ucap @miaanatal

    “Ada yang kurang min, Logo Pildun 26 di lengan nya mana?,” respon @fahrysdsgn

    [Gambas:Instagram]

    Makna Jersey Timnas Indonesia Terbaru

    Sebagaimana dikutip dari detikSport, jersey terbaru Timnas Indonesia ini mengusung tema Indonesia Pusaka: Semarak Kebanggaan Indonesia yang bercerita tentang wujud dari semangat dan kekuatan bangsa Indonesia yang diwariskan dari generasi ke generasi.

    Dalam pernyataan resminya, Erspo menyebut bahwa jersey terbaru adalah pusaka yang menjadi jati diri, kekuatan, dan kebanggaan Tim Nasional sebagai perwakilan bangsa. Inspirasi ini dituangkan ke dalam sebuah motif, yang juga menjadi representasi keberagaman yang kita punya baik di dalam maupun di luar lapangan.

    Mengambil tiga elemen utama yaitu gunung dan flora endemik Indonesia, Bunga Edelweis (Anaphalis javanica), untuk menjadi representasi kekayaan alam dan Garuda sebagai lambang negara, desain ini menunjukkan kita, Indonesia Keberagaman, kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia dituangkan ke dalam pola yang membentuk sebuah relief. Relief-nya yang ditemukan pada candi, sebagai artefak visual warisan kekayaan dan keberagaman budaya kita.

    Selain itu Erspo juga merilis design badge dan nameset terbaru yang menceritakan keberagaman bangsa. Bentuk Perisai; inspirasi dari perisai Garuda sebagai bentuk perjuangan sekaligus menandakan kekuatan pertahanan sepakbola Indonesia, Tekstur Garis & Titik; menggambarkan lapangan sebagai arena bertanding insan sepak bola Indonesia.

    Lalu Pola Kotak-Kotak; Menggambarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, selalu menjunjung tinggi persatuan di tengah berbagai perbedaan. Pola Lingkaran; mengilustrasikan matahari terbit, menandakan harapan yang selalu ada untuk kemajuan sepak bola Indonesia.
    Burung Garuda; lambang Negara Indonesia dengan garis-garis menandakan pendaran cahaya Sang Garuda, Motif Batik; bentuk identitas Indonesia melalui seni dan budaya

    Paruh Garuda – 7 & 3; Angka 7 dan 3 menampilkan karakter ujung serif yang menyerupai bentuk paruh Garuda, dengan lekukan tajam yang menjorok ke bawah. Elemen ini memberikan kesan dinamis sekaligus tegas, mencerminkan kekuatan dan ketangguhan. Jambul Garuda – 2 & 5; Angka 2 dan 5 memiliki elemen serif yang terinspirasi dari jambul Garuda yang menjulang ke atas. Detail ini memberikan sentuhan elegan dan penuh energi, melambangkan semangat yang menjulang tinggi.

    Helai Garuda – R; Garis Serif (Aksen Harmonis); Huruf “R” mengambil inspirasi dari lekukan helai di bagian bawah sayap Garuda. Bentuknya melengkung lembut namun tetap tegas, memberikan keseimbangan visual antara tradisi dan modernitas.

    Serif pada angka dan huruf memberikan aksen flare yang unik, menggambarkan kesinambungan antara elemen tradisional dan tampilan modern. Hal ini menjadikan desain typeface tidak hanya fungsional, tetapi juga penuh makna visual.

    Jersey home terbaru ini akan tersedia untuk pembelian di platform online mulai 14 Februari 2025. Kami berharap jersey ini data diterima oleh Para Garuda Fans dan menjadikannya kebanggaan, baik di dalam maupun di luar lapangan.

    (agt/fyk)

  • Harga Samsung Galaxy S25 Edge Terungkap, Ini Bocoran Jadwal Rilisnya

    Harga Samsung Galaxy S25 Edge Terungkap, Ini Bocoran Jadwal Rilisnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Samsung memberikan ‘teaser’ kehadiran Galaxy S25 Edge di acara ‘Galaxy Unpacked 2025’ yang berlangsung di San Jose, California AS, Kamis (23/1/2025) pukul 01.00 WIB dinihari.

    Rumor soal varian Edge ini sudah muncul bocorannya sejak lama, awalnya produk terbaru itu digadang-gadang akan dinamai Slim.

    Pada acara Galaxy Unpacked, Samsung memaparkan tentang AI dan inovasi serta fitur unggulan ada Galaxy S25, S25 Plus, dan S25 Ultra. Ketika akan menutup acara, perusahaan kemudian memberikan kejutan tambahan yang ternyata ‘teaser’ Galaxy S25 Edge.

    Seri Edge ini menjadi ponsel flaghsip paling tipis yang dimiliki Samsung. Kemungkinan model tersebut akan bersaing dengan iPhone Air yang dirumorkan rilis tahun ini.

    Galaxy S25 Edge seharusnya diluncurkan pada paruh pertama 2025, kata jurnalis produktif Mark Gurman, dikutip dari Phone Arena, Kamis (23/1/2025).

    Harganya masih sulit untuk diprediksi, namun diperkirakan lebih murah dari harga yang dipatok untuk S25 Ultra yakni US$1.299 atau Rp21 jutaan.

    Selain soal desain, Samsung masih bungkam terkait spesifikasi Galaxy S25 Edge. Dalam cuplikan video yang ditayangkan saat Unpacked, Galaxy S25 Edge terlihat memiliki layar seukuran Galaxy S25+, yaitu 6,7 inci.

    Dari segi tampilan terlihat banyak elemen desain yang sama dengan layar datar, sudut membulat, dan bezel tipis. Kita tunggu saja hingga Samsung Galaxy S25 Edge benar-benar diluncurkan secara resmi!

    (fab/fab)

  • Samsung Pamerkan HP Layar Lipat Tiga di Galaxy Unpacked

    Samsung Pamerkan HP Layar Lipat Tiga di Galaxy Unpacked

    Jakarta

    Samsung mengumumkan banyak produk baru dalam acara Galaxy Unpacked semalam. Beberapa produk yang akan datang juga sempat disebut secara singkat, termasuk ponsel layar lipat tiga pertama dari Samsung.

    Menjelang akhir presentasi Galaxy Unpacked, EVP Customer Experience Samsung Electronics Jay Kim menjelaskan bagaimana Gemini Live akan mengubah interaksi pengguna dengan perangkat Samsung.

    Dalam pidatonya, Kim sempat menyebutkan perangkat ‘multi-fold’. Layar di belakangnya menampilkan ilustrasi perangkat dengan tiga layar, di samping Galaxy Z Fold.

    Rumor soal ponsel layar lipat tiga buatan Samsung sudah beredar sejak beberapa bulan yang lalu. Dengan pengumuman ini, sepertinya kehadiran perangkat tersebut sudah dikonfirmasi.

    Menurut laporan terbaru dari The Elec, Samsung kabarnya akan meluncurkan empat ponsel layar lipat tahun ini yang terdiri dari Galaxy Z Fold 7, Galaxy Z Flip 7, Galaxy Z Flip FE, dan ponsel layar lipat tiga yang belum diketahui namanya.

    Samsung kabarnya akan mulai memproduksi ponsel layar lipat tiga ini pada kuartal kedua tahun 2025, dan akan diluncurkan pada kuartal ketiga. Samsung diyakini akan memproduksi sekitar 200.000 unit, yang mengindikasikan ketersediaan ponsel ini cukup terbatas.

    Ponsel layar lipat tiga Samsung diklaim memiliki layar berukuran 9,9 inch hingga 10 inch dalam keadaan dibuka, yang membuat ukurannya setara dengan tablet. Dalam keadaan dilipat, ponsel ini memiliki ketebalan sekitar 15mm, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (23/1/2025).

    The Elec mengklaim ponsel layar lipat tiga ini akan mengikuti desain prototipe display Flex G yang dipamerkan Samsung di MWC 2023. Namun siluet yang ditampilkan di presentasi Galaxy Unpacked semalam memperlihatkan desain yang lebih mirip seperti Flex S.

    Samsung bukan vendor ponsel pertama yang akan merilis ponsel layar lipat ke pasaran. Tahun lalu Huawei meluncurkan Mate XT dengan layar yang dapat dibuka hingga 10,2 inch. Ponsel ini baru dijual di China dengan harga mulai dari Rp 44 jutaan.

    (vmp/vmp)

  • Rekening Rp 10 Triliun Dibobol Maling Menyamar Jadi Karyawan

    Rekening Rp 10 Triliun Dibobol Maling Menyamar Jadi Karyawan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sindikat penipu berhasil membobol rekening kripto senilai US$659 juta atau sekitar Rp10 triliun sepanjang 2024. Modusnya melibatkan penyamaran untuk mengelabui korban.

    Menurut laporan gabungan yang dirilis Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS), aksi penipuan ini dilakukan diduga merupakan ulah kelompok Lazarus yang terkait dengan Korea Utara.

    Modusnya menggunakan rekayasa sosial dan menyisipkan malware yang disebut ‘TraderTraitero’ untuk melancarkan aksi pencurian kripto.

    Selain itu, laporan juga mengungkapkan mereka menyusupkan seseorang sebagai pekerja IT pada perusahaan blockchain. Tujuannya agar pencurian kripto bisa disebut sebagai ancaman dari orang dalam alias internal.

    “Amerika Serikat, Jepang, dan Republik Korea memberi peringatan pada entitas sektor swasta, khususnya industri kerja blockchain dan freelance meninjau seluruh peringatan dan pengumuman agar lebih menginformasikan langkah-langkah mitigasi ancaman siber,” ujar pernyataan itu, dikutip dari Tech Crunch, Kamis (23/1/2025).

    “Selain itu, perlu mengurangi risiko dengan tidak memperkerjakan pekerja IT Korea Utara,” kata tiga pemerintahan tersebut.

    Laporan tersebut mengonfirmasi Korea Utara bertanggung jawab atas beberapa serangan tahun lalu. Misalnya mencuri US$235 juta (Rp 3,8 triliun) pada Wazirx, sebuah pertukaran kripto terbesar di India, yang terjadi bulan Juli.

    Begitu juga serangan lain dari DMM Jepang senilai US$308 juta (Rp 5 triliun), Upbit dan Radiant Capital masing-masing US$50 juta (Rp 814 miliar) dan Rain Management sebesar US$16,13 juta (Rp 262,8 miliar).

    Dalam laporan AS sebelumnya, diperkirakan Korea Utara berhasil mencuri US$3 miliar (Rp 48,8 triliun) dalam kripto antara 2017-2023. Uang hasil curian itu dikatakan untuk mendanai program senjata nuklir.

    Sementara dari data lain terungkap para peretas dari Korea Utara bertanggung jawab dari 61% pencurian kripto tahun lalu. Total yang telah dicuri setara dengan US$1,34 miliar (Rp 21,8 triliun).

    (fab/fab)

  • Laporan Investigasi Penipuan Pendiri eFishery Bocor, Ini Modusnya

    Laporan Investigasi Penipuan Pendiri eFishery Bocor, Ini Modusnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Startup eFishery tersandung kasus dugaan pemalsuan laporan keuangan. Hasil audit menunjukkan manajemen memiliki dua laporan keuangan yang berbeda sejak 2018, yakni untuk kebutuhan internal dan eksternal.

    Pada laporan keuangan internal, eFishery mengumpulkan pendapatan senilai Rp2,6 triliun selama periode 9 bulan, yakni Januari-September 2024. Sementara itu, laporan keuangan eksternal menunjukkan eFishery meraup pendapatan 4,8 kali lebih besar senilai Rp12,3 triliun.

    Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan untuk pihak eksternal, pertumbuhan pendapatan eFishery melonjak tajam. Pada 2021 senilai Rp1,6 triliun, lalu 2022 menjadi Rp5,8 triliun, dan 2023 menjadi Rp10,8 triliun, menurut dokumen yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (23/1/2024).

    Angka itu berbeda dalam laporan keuangan internal yang menunjukkan pendapatan eFishery sebesar Rp1 triliun pada 2021, lalu Rp4,3 triliun pada 2022, dan Rp6 triliun pada 2023.

    Laporan internal dan eksternal juga timpang untuk pencatatan profit sebelum pajak. Berdasarkan laporan eksternal, eFishery membukukan profit sebelum pajak senilai Rp261 miliar selama periode Januari-September 2024. Padahal, versi laporan internal menunjukkan eFishery justru rugi Rp578 miliar dalam periode yang sama.

    Sejak 2021 hingga 9 bulan di 2024, laporan eksternal eFishery memperlihatkan pertumbuhan profit sebelum pajak yang positif dan stabil. Berbanding terbalik dengan laporan internal yang menunjukkan perusahaan terus merugi sejak 2021.

    Kerugian paling parah pada 2022 sebesar Rp784 miliar. Kemudian pada 2023 sebesar Rp759 miliar.

    Manipulasi yang dilakukan e-Fishery tak cuma dari laporan keuangan, tetapi juga klaim mantan CEO Gibran Huzaifah yang mengaku ke investor bahwa perusahaan memiliki lebih dari 400.000 fasilitas pakan. Padahal, kenyataan di lapangan hanya sekitar 24.000.

    Gibran diduga sengaja memerintahkan penggelembungan biaya modal perusahaan untuk pembelian pakan. Menurut laporan audit, hal ini untuk menjustifikasi kondisi keuangan perusahaan yang terus merosot.

    Upaya manipulasi Gibran dan timnya sejak 2018 dilakukan demi memperoleh pendanaan Seri A. Laporan menemukan pada 2022 ada pembentukan 5 perusahaan yang dikendalikan oleh Gibran tetapi atas nama orang lain. Perusahaan ini berfungsi untuk pencatatan perputaran uang untuk menggenjot pendapatan dan pengeluaran perusahaan. 

    Pada 2023, Gibran dan beberapa orang lain melancarkan upaya memalsukan dokumen-dokumen pendukung seperti invoice, kontrak, serta pembukuan bodong.

    Pada pertengahan Desember, eFishery mengumumkan pengangkatan Adhy Wibisono sebagai CEO interim menggantikan Gibran Huzaifah. Sebelum ditunjuk sebagai CEO, Adhy adalah CFO di perusahaan. Albertus Sasmitra ditunjuk sebagai CFO interim eFishery menggantikan Adhy.

    “eFishery saat ini beroperasi di bawah kepemimpinan Adhy Wibisono, sebagai Interim CEO, dan Albertus Sasmitra, sebagai Interim CFO. Keputusan diambil bersama shareholder perusahaan, sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik,” kata juru bicara eFishery dalam pernyataan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Senin (16/12/2024).

    Dalam pernyataan perusahaan yang diterima, eFishery mengatakan bahwa pihaknya memahami keseriusan isu yang sedang beredar, dan memberikan perhatian penuh.

    “Kami memahami keseriusan isu yang sedang beredar saat ini dan kami menanggapinya dengan perhatian penuh. Kami berkomitmen untuk menjaga standar tertinggi dalam tata kelola perusahaan dan etika dalam operasional perusahaan,” kata juru bicara eFishery.

    Startup eFishery didirikan pada 2013 oleh Gibran Huzaifah di Bandung. Perusahaan ini telah mencapai status unicorn lewat pendanaan Seri D US$ 200 juta pada 2023 lalu.

    (fab/fab)

  • Gaet FlexTV, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Micro Drama

    Gaet FlexTV, Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Micro Drama

    Jakarta

    Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menghadirkan produk bundling dengan layanan micro drama berformat video vertikal melalui peluncuran Paket Bundling Premium FlexTV. Sebelummnya Telkomsel menghadirkan Promo Netflix Premium Bundle, Paket YouTube Premium, dan ragam bundling layanan streaming lainnya.

    Paket Bundling Premium FlexTV ini dihadirkan dengan tujuan memberikan pengalaman baru menikmati konten drama pendek berkualitas dengan harga lebih hemat dan terjangkau.

    Micro Drama, yang menjadi format utama FlexTV, tengah berkembang pesat di pasar global. Di China, industri ini tumbuh sebesar 268% pada 2023, dengan nilai pasar mencapai 37,39 miliar yuan (sekitar 5,3 miliar USD).

    Proyeksi menunjukkan angka ini akan melampaui 100 miliar yuan pada 2027. Keberhasilan ini mencerminkan meningkatnya preferensi konsumen terhadap konten singkat dengan narasi kuat yang mudah diakses di tengah kesibukan sehari-hari.

    “Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel terus memperkuat komitmen memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat akan akses hiburan digital yang semakin lengkap. Melalui kemitraan strategis dengan layanan streaming micro drama berformat video vertikal – yang pertama di Indonesia bersama FlexTV – kami ingin memberikan pengalaman hiburan yang relevan dengan tren terbaru di industri digital, lebih hemat dan sudah termasuk nilai tambah berupa kuota data khusus,” ungkap VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson dalam siaran pers, Kamis (23/1/2025).

    Dengan Paket Bundling Premium FlexTV seharga Rp 77.700, pelanggan akan mendapatkan langganan FlexTV selama 30 hari beserta kuota data khusus sebesar 6 GB. Paket Bundling Premium FlexTV memungkinkan pelanggan menikmati berbagai genre micro drama, mulai dari drama romantis, misteri penuh intrik, hingga kisah fantasi yang memikat.

    Beberapa judul populer yang tersedia di FlexTV antara lain Love by Confinement, The Bride of The Wolf King, Mr. Williams! Madame is Dying, dan The Security Guard is a Trillionaire.

    Pembelian Paket Bundling Premium FlexTV dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *363#, konter pulsa, swalayan ritel terdekat, maupun e-commerce.

    Setelah pembelian, pelanggan akan menerima tautan untuk login ke FlexTV melalui SMS. Telkomsel mengingatkan pelanggan untuk selalu berhati-hati terhadap potensi penipuan. Hindari berbagi kode OTP atau data pribadi, dan waspadai tautan mencurigakan yang mengatasnamakan Telkomsel.

    Selain Paket Bundling Premium, pelanggan dapat membeli Coins dengan harga yang lebih terjangkau untuk menikmati konten pilihan di FlexTV. Mulai dari Rp 22.200 untuk 500 Coins, setiap pembelian dilengkapi kuota data khusus sebesar 3 GB. Pembelian Coins dapat dilakukan berulang kali melalui MyTelkomsel, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan.

    “Kemitraan ini tidak hanya memperkenalkan FlexTV kepada audiens yang lebih luas di Indonesia tetapi juga mempertegas posisi kami sebagai destinasi utama bagi penggemar konten inovatif berbasis layar vertikal. Dengan bangga, bersama Telkomsel, kami meluncurkan pertama kali produk bundling ini, menghadirkan solusi hiburan digital yang relevan, menarik, dan memberikan pengalaman baru bagi pelanggan,” Chief Executive Officer MPU, Yucheng Hu.

    Kolaborasi antara Telkomsel dan FlexTV didukung oleh TelkomMetra melalui Unit Bisnis Strategisnya, MetraMediaHub. Sebagai penyedia layanan akuisisi konten dan platform distribusi, MetraMediaHub memastikan penonton dapat dengan mudah dan nyaman mengakses layanan FlexTV melalui Telkomsel.

    Selain itu, mereka juga bekerja sama dalam pengembangan produksi drama pendek lokal untuk menambah variasi konten hiburan berkualitas.

    (prf/ega)