Jenis Media: Tekno

  • Oemah Herborist Rawat Kecantikan Alami Khas Indonesia Bareng Shopee

    Oemah Herborist Rawat Kecantikan Alami Khas Indonesia Bareng Shopee

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hasil riset Statista pada akhir 2024, menunjukkan pasar skincare berbahan alami di Indonesia diproyeksikan tumbuh sebesar 6,84% per tahun, mulai tahun 2025 hingga 2029 mendatang. Hal tersebut menunjukkan potensi industri kecantikan di Tanah Air.

    Peran aktif brand kecantikan lokal lewat inovasi dan kesadaran masyarakat terhadap produk kecantikan yang berkualitas turut mendorong pertumbuhan industri ini.

    Salah satu brand kecantikan lokal yang berhasil secara konsisten bersinar mewarnai industri kecantikan lokal, adalah Oemah Herborist. Hadir dengan misi menghadirkan produk kecantikan berbahan baku alami khas Indonesia, Oemah Herborist kini sukses menjadi salah satu produk kecantikan lokal, yang menjadi top of mind masyarakat Indonesia. Dengan menggabungkan warisan tradisional dan teknologi modern, brand ini berhasil menghadirkan produk unggulan yang dapat menarik daya beli pembeli. Beberapa jenis produk Oemah Herborist seperti Oemah Herborist Body Butter, Herbal Soap, dan Body Scrub senantiasa menjadi pilihan favorit dalam melindungi berbagai jenis karakter kulit tropis masyarakat Indonesia. 

    Foto: Dok: Ist
    Oemah Herborist

    Founder Oemah Herborist, Billy Hartono Salim mengatakan, Oemah Herborist berangkat dari kearifan tradisi lokal, sebuah pengalaman dalam memahami dan menggali warisan budaya dan kekayaan alam untuk kecantikan wajah Indonesia. Oemah Herborist senantiasa menggunakan bahan baku alami Tanah Air yang memiliki kandungan berkualitas tinggi yang terbukti secara turun temurun.

    “Dengan inovasi yang berkelanjutan, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kecantikan alami dapat diperoleh menggunakan produk lokal berkualitas tinggi yang dikembangkan dengan standar global. Peran kemajuan teknologi, seperti platform e-commerce, layaknya Shopee telah menghadirkan peluang luar biasa bagi kami untuk mewujudkan hal tersebut, terutama dalam menjangkau banyak generasi muda yang kini lebih terbuka untuk mencoba produk loka,” ujar Billy.

    “Alhasili, kami dapat terus mempopulerkan ragam produk tradisional dengan cara yang lebih interaktif, sehingga bahan baku alami Indonesia tetap dapat terus berkembang di tengah perkembangan zaman,”imbuh Billy dikutip Minggu (26/1/2025).

    Perjalanan Oemah Herborist Menghadirkan Produk Alami dari Akar Tradisi

    Sejak awal berdiri di tahun 2013, Oemah Herborist berkomitmen untuk meredefinisi kecantikan alami Indonesia. Terinspirasi dari resep tradisional turun-temurun peninggalan nenek moyang, Herborist telah menciptakan banyak inovasi produk dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal terbaik seperti ekstrak lidah buaya, bunga mawar, dan berbagai herbal lainnya. “Kami bertekad senantiasa memaksimalkan potensi bahan alami Indonesia untuk menciptakan produk berkualitas yang relevan dengan kebutuhan konsumen masa kini,” tambah Billy.

    Foto: Dok: Ist
    Oemah Herborist

    Oemah Herborist juga memiliki program spesial yang berkonsep unik dengan menggabungkan wisata edukasi dan pengalaman berbelanja untuk mempromosikan lini produk mereka, melalui tur pabrik kecantikan mereka yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah dan Kawasan Bedugul, di Pulau Bali. Program ini memungkinkan pengunjung menyaksikan langsung proses produksinya dari awal. Tur dimulai dengan pengamatan proses riset di laboratorium, dilanjutkan dengan pengenalan berbagai tanaman herbal asli Indonesia, dan diakhiri dengan tahapan produksi, pengemasan, hingga produk jadi yang siap dipasarkan

    Shopee Live dan Shopee Video Menjadi Kunci Interaksi dan Kepercayaan Konsumen

    Keputusan bergabung dengan Shopee menjadi langkah strategis bagi Oemah Herborist dalam terus berinovasi dan bertumbuh. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kapasitas bisnis & jangkauan pasar. Sejak bergabung bersama Shopee pada tahun 2016, Oemah Herborist terus beradaptasi, berinovasi, dan berinvestasi dalam memanfaatkan berbagai peluang yang disediakan Shopee, mulai dari rangkaian kampanye belanja angka kembar, hingga fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video.

    Peka terhadap perkembangan tren dan perilaku masyarakat yang kini kian menggemari metode Live Shopping, membuat mereka adaptif dalam menjadikan fitur Shopee Live dan Shopee Video sebagai salah satu kanal penjualan strategisnya. Melalui kedua fitur interaktif ini, Oemah Herborist mampu menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus membangun serta mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pengguna setianya.

    Kontribusi signifikan fitur Shopee Live pun terus menunjukkan performa penjualan positif dan konsisten Oemah Herborist di pasar kecantikan dalam negeri. Selama tahun 2024, Oemah Herborist merasakan peningkatan transaksi yang signifikan sejak aktif memanfaatkan kanal penjualan melalui fitur Shopee Live. Selain itu, produk Herborist Minyak Zaitun + Collagen serta Herborist Body Butter menjadi produk paling dicari oleh konsumen di fitur Shopee Live pada tahun lalu.

    “Fitur-fitur seperti Shopee Live memungkinkan kami untuk mempromosikan produk secara interaktif dan informatif dalam menjawab kebutuhan konsumen secara langsung. Tak hanya itu kami turut berkreasi memanfaatkan fitur Shopee Video untuk memberikan ragam kontenedukasi, rekomendasi, serta tips bermanfaat bagi pengguna untuk mengedukasi pengguna mengenai manfaat, khasiat, serta cara penggunaan produk yang ideal,” jelas Billy.

    Komitmen Oemah Herborist Melestarikan Warisan Lokal Bersama Shopee

    Ke depannya, Oemah Herborist akan terus mengoptimalkan berbagai peluang yang dihadirkan Shopee untuk terus berkembang menjadi brand kecantikan pilihan masyarakat Indonesia.

    “Membuka tahun 2025, Oemah Herborist berkomitmen untuk terus inovatif dan adaptif dalam meluncurkan ragam lini produk-produk terbaru yang relevan dengan tren kecantikan saat ini, dan terus mempertahankan warisan lokal. “Kami percaya bahwa Shopee tidak hanya membantu kami untuk memperluas jangkauan pasar, tetapi juga menghadirkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan menyenangkan bagi para konsumen,” tutup Billy. 

    (bul/bul)

  • Ilmuwan NASA Temukan Cara Pergi ke Planet Mars

    Ilmuwan NASA Temukan Cara Pergi ke Planet Mars

    Jakarta, CNBC Indonesia – NASA menemukan cara untuk bisa terbang lebih cepat menuju Mars. Dalam temuannya, lembaga tersebut bekerja sama dengan General Atomics Electromagnetic Systems (GA-EMS) mengumumkan berhasil menguji coba bahan bakar reaktor propulsi termal nuklir (NTP).

    Kantor Energi Nuklir AS menjelaskan sistem NTP akan bekerja dengan memompa propelan cair yang kemungkinan besar adalah hidrogen lewat inti reaktor. Di sana, atom uranium akan terbelah dan melepaskan panas melalui fisi.

    Proses itu akan mengubah menjadi gas dan diekspansi melalui nosel untuk menjadi daya dorong. Bahan bakar baru ini bisa jauh lebih efisien dan lebih cepat.

    Dalam pengujian di fasilitas Compact Fuel Element Environmental test (CFEET), NASA mencoba dengan kondisi yang ekstrem di luar angkasa. Bahan bakar mengalami siklus termal cepat pada lingkungan dengan hidrogen lebih dari 2.727 derajat celcius.

    Waktu tempuh untuk misi manusia menuju ke Mars diperkirakan mencapai 6 bulan. Dengan temuan baru NASA bisa dipangkas hanya 45 hari saja, dikutip dari Daily Galaxy, Minggu (26/1/2025).

    Dengan jarak tempuh yang lebih cepat bisa mengurangi risiko pada perjalanan. Beberapa tantangan perjalanan yang terlalu lama ke Mars misalnya terkait paparan radiasi kosmik, potensi kerusakan peralatan, dan dukungan medis terbatas.

    “Hasil uji coba ini jadi tonggak penting untuk mendemonstrasikan desain bahan bakar yang sukses bagi reaktor NTP,” kata presiden GA-EMAS, Scott Forney.

    Meski pengujian berhasil, namun masih butuh penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakannya. Termasuk mengintegrasikannya pada misi luar angkasa di masa depan.

    Temuan baru ini bisa mewujudkan cita-cita presiden AS, Donald Trump untuk eksplorasi AS ke Mars. Dalam pidato pelantikannya dia menyinggung akan mengirimkan astronautnya ke Mars dan menancapkan bendera AS di planet tersebut.

    “Tidak ada negara seperti negara kita. Orang Amerika adalah penjelajah, pembangun, inovator, wirausahawan, dan pelopor,” kata Trump dikutip dari NPR.

    Elon Musk, yang ikut hadir dalam pelantikan, terlihat sumringah mendengar pernyataan Trump. CEO SpaceX yang juga punya cita-cita mengirimkan manusia ke Mars nampak tersenyum lebar dan mengacungkan jempol.

    (hsy/hsy)

  • Netizen Sumringah Megawati MVP Hingga Bikin Red Sparks Menang 13 Beruntun

    Netizen Sumringah Megawati MVP Hingga Bikin Red Sparks Menang 13 Beruntun

    Jakarta

    Red Sparks kembali tampil gembilang di laga lanjutan Liga Voli Korea Selatan dengan mengalahkan AI Peppers. Kemenangan ini tak hanya mencatat rekor bagi tim asuhan Ko Hee Jin, tapi juga spesial untuk pevoli asal Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi.

    Pertandingan yang berlangsung di Daejon Chungmu Gymnasium, Minggu (26/1/2025) pada awalnya Red Sparks harus menelan kekalahan di set pertama 10-25.

    Namun Red Sparks menggila dengan menang di set berikutnya secara berturut-turut 25-21, 25-16, 25-17. Alhasil, Red Sparks meraih kemenangan 13 pertandingan secara beruntun pada musim ini.

    Sedangkan, Megawati di laga kali ini dinobatkan sebagai pemain terbaik alias MVP. Pemain bernomor 8 ini mencetak 21 poin.

    Berdasarkan pantauan detikINET di lini masa media sosial X, netizen sudah bergumuruh sejak kemenangan Red Sparks vs AI Peppers 3-1. Tak sedikit pula yang mengunggah meme Red Sparks yang makin jago.

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    (agt/agt)

  • BWA Wimax Gagal, Komdigi Disarankan Fokus Seleksi Pita 700 MHz Ketimbang 1,4 GHz

    BWA Wimax Gagal, Komdigi Disarankan Fokus Seleksi Pita 700 MHz Ketimbang 1,4 GHz

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) diminta untuk lebih fokus mempersiapkan seleksi pita frekuensi 700 MHz, alih-alih menyiapkan pita frekuensi 1,4 GHz untuk teknologi Broadband Wireless Access (BWA)) yang selama ini belum terbukti berhasil di Indonesia. 

    Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan BWA merupakan konsep lama yang beberapa kali terbukti gagal seperti Wimax dan BWA 2,3 GHZ hingga 3,3 GHz. Pemberian spektrum 1,4 GHz untuk BWA dikhawatirkan akan mengulangi peristiwa serupa. 

    “Teknologi BWA tidak berkembang dan sistem zona tidak bisa dijalankan dengan baik dan maksimal,” kata Heru kepada Bisnis, Minggu (26/1/2025). 

    Diketahui, BWA adalah teknologi khusus akses internet berkecepatan tinggi secara nirkabel (tanpa kabel) di area yang luas.

    Beberapa teknologi yang termasuk dalam BWA antara lain Wi-Fi, WiMAX atau teknologi nirkabel jarak jauh yang dapat mencakup area yang lebih luas daripada Wi-Fi, 4G/5G, hingga satelit. 

    Hinet (Berca) dan Bolt adalah beberapa merek Wimax yang terkenal pada masanya. Keduanya menggunakan pita 2,3 GHz. Merek-merek tersebut kini telah tutup karena kalah bersaing dengan 4G dan 5G di Indonesia. 

    Heru mengusulkan alih-alih pemerintah menyiapkan spektrum frekuensi untuk BWA, lebih baik mematangkan seleksi spektrum 700 MHz yang saat ini tidak berpenghuni.

    Lelang spektrum di pita tersebut telah molor lebih dari 2 tahun atau sejak siaran televisi analog disuntik mati pada era Johnny G. Plate.  

    Info terakhir, seleksi pita frekuensi 700 MHz akan digelar secara bersamaan dengan pita 2,6 GHz dan 26 GHz.

    “Sebagai tambahan frekuensi ke depan memang 1,4 GHz bisa dipertimbangkan karena akan ada 91 MHz dari 1427-1518 MHz yang bisa dipakai. Tetapi, karena yang lebih siapa dan sudah matang adalah 700 MHz perlu frekuensi ini didorong lebih dahulu. Apalagi, untuk frekuensi 1,4GHz ada keterbatasan chip RF pada perangkat yang dirancang,” kata Heru. 

    Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berencana mengalokasikan pita frekuensi 1,4 GHz untuk keperluan BWA. Total spektrum yang akan dialihkan sebesar 80 MHz.

    Kebijakan tersebut nantinya akan tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Digital tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio pada Pita Frekuensi Radio 1,4 GHz yang saat ini masuk dalam konsultasi publik. 

  • Prabowo ke India, Indonesia Sepakati Kerjasama Kebut Transformasi Digital

    Prabowo ke India, Indonesia Sepakati Kerjasama Kebut Transformasi Digital

    Jakarta

    Indonesia dan India meresmikan aliansi strategis di bidang digital yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Digital RI dan Kementerian Elektronik serta Teknologi Informasi India.

    Kesepakatan ini menjadi bagian dari kunjungan kenegaraan Presiden RI Prabowo Subianto dalam peringatan Hari Republik India ke-76.

    Pertukaran MoU dilakukan oleh Menkomdigi Meutya Hafid dengan Menlu India S Jaishankar dihadapan Presiden RI Prabowo Subianto dan PM India Narendra Modi. MoU ini mencerminkan komitmen kedua negara untuk mempercepat transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

    “Langkah strategis yang mempertemukan dua kekuatan digital Asia untuk menciptakan inovasi yang relevan dan berdampak nyata bagi masyarakat luas,” ujar Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/1/2025).

    Kesepakatan tersebut mencakup pengembangan teknologi baru, termasuk kecerdasan artifisial (AI) dan Internet of Things (IoT), pembangunan infrastruktur digital publik seperti identitas digital, serta peningkatan keterampilan sumber daya manusia di sektor teknologi informasi.

    “Kolaborasi ini lebih dari sekadar kerja sama teknologi. Ini adalah upaya bersama untuk menghubungkan manusia, melampaui batas geografis, dan mendorong inovasi yang berpusat pada kebutuhan masyarakat,” ungkap Meutya.

    Untuk memastikan keberhasilan implementasi MoU, kedua negara membentuk Kelompok Kerja Bersama yang akan memantau progres, mengatasi tantangan, dan merumuskan solusi inovatif. Kelompok ini akan bertemu secara rutin untuk memastikan kerja sama berjalan efektif dan sesuai target.

    Meutya juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor yang melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat.

    “Kemitraan ini adalah kunci untuk menjawab tantangan global sekaligus membuka peluang baru bagi generasi mendatang,” Meutya menambahkan.

    Melalui MoU ini, Indonesia memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam transformasi digital global. India, sebagai mitra strategis, juga menunjukkan komitmennya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman demi menciptakan ekosistem digital yang solid dan berpengaruh.

    Kerja sama ini menjadi simbol bahwa transformasi digital tidak hanya soal teknologi, tetapi juga tentang membangun koneksi manusia dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bersama. Ini juga menandakan Indonesia dan India berkomitmen untuk menjadi pilar utama dalam kemajuan digital Asia dan dunia.

    (agt/agt)

  • Garena Game Jam 2 Resmi Digelar, Sarana Kompetisi dan Jalin Jejaring Developer Muda – Page 3

    Garena Game Jam 2 Resmi Digelar, Sarana Kompetisi dan Jalin Jejaring Developer Muda – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Setelah kesuksesan edisi perdananya pada tahun 2023, Garena kembali menghadirkan Garena Game Jam: Back For Round 2.

    Acara yang digelar Garena ini berlangsung di kampus Universitas Ciputra Surabaya pada 24-26 Januari 2025. Dalam event ini, ada 130 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa berlomba menciptakan game dalam waktu 48 jam.

    Garena Game Jam sendiri kini meningkatkan jumlah peserta dari 100 menjadi 130. Acara ini pun diharapkan bisa menjadi wadah kompetisi dan networking yang penting bagi talenta muda di industri game lokal.

    Kehadiran Garena Game Jam merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Garena untuk mendukung perkembangan ekosistem industri game Indonesia.

    “Garena bangga menjadi perusahaan game global pertama yang menghadirkan Game Jam di Indonesia sebagai wadah kompetisi dan networking bagi developer muda,” ujar Country Head Garena Indonesia Hans Saleh dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (26/1/2025). 

    Lebih lanjut ia menuturkan,”Kami berharap acara ini dapat menginspirasi kolaborasi lintas stakeholder untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi para developer game muda di Indonesia.”

    Acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Digital, Asosiasi Game Indonesia (AGI), Game Developer Arek Suroboyo (GADAS), dan Universitas Ciputra Surabaya.

    “Kami mengapresiasi Garena Game Jam sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah, Garena, dan institusi pendidikan dalam membangun ekosistem talenta digital di bidang game,” ujar Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi, Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam. 

     

  • Oracle & Microsoft Bakal Akuisisi TikTok di AS, Ini Bocoran Skemanya

    Oracle & Microsoft Bakal Akuisisi TikTok di AS, Ini Bocoran Skemanya

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Donald Trump dikabarkan berencana mengakuisisi TikTok dengan melibatkan perusahaan teknologi Oracle dan Microsoft.

    Berdasarkan kesepakatan yang sedang dinegosiasikan oleh Gedung Putih, pemilik TikTok yang berbasis di China yakni ByteDance, nantinya akan memiliki saham minoritas di TikTok. Namun, algoritma aplikasi, pengumpulan data dan pembaruan perangkat lunak akan diawasi oleh Oracle.

    Menurut laporan National Public Radio (NPR), jika kesepakatan tersebut berjalan secara efektif, artinya investor asal Amerika Serikat akan memiliki saham mayoritas di TikTok, tetapi ketentuan kesepakatan dapat berubah dan masih dibahas.

    “Tujuannya adalah agar Oracle dapat memantau dan mengawasi secara efektif apa yang sedang terjadi dengan TikTok. ByteDance tidak akan sepenuhnya hilang, tetapi akan meminimalkan kepemilikan China,” ujar sumber anonim NPR dikutip Minggu (26/1/2025).

    Perlu diketahui, pada 2020 silam, Trump juga sempat membahas upaya akuisisi TikTok yang melibatkan Oracle dan Walmart, namun upaya tersebut akhirnya gagal, lantaran Walmart menolak perkiraan harga akuisisi TikTok.

    Meskipun ada beragam spekulasi tentang berapa nilai bisnis global TikTok, negosiator di Gedung Putih mengatakan ByteDance yakin bisnisnya dapat meraup setidaknya US$200 miliar atau sekitar Rp3.240 triliun (kurs jisdor Rp16.200 per dolar AS).

    Pejabat dari Oracle dan Gedung Putih telah mengadakan pertemuan pada Jumat (24/1) tentang kemungkinan kesepakatan, dan pertemuan lanjutan telah dijadwalkan pada pekan depan, menurut sumber yang terlibat dalam diskusi tersebut.

    Kendati demikian, dalam laporan NPR menyebut bahwa juru bicara Microsoft dan Walmart menolak berkomentar. Begitu pun dengan TikTok, Oracle, dan Gedung Putih tidak menanggapi permintaan komentar.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya, TikTok telah melewati tenggat waktu pada 19 Januari 2025 untuk mencapai pemisahan dari ByteDance, tetapi Presiden Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif yang bertujuan untuk memberikan perpanjangan 75 hari.

    Presiden terpilih Trump pun mengeluarkan perintah eksekutif pada Senin (20/1) untuk memperpanjang batas waktu penjualan TikTok. Tak hanya itu, Trump juga menyarankan agar aplikasi tersebut dijual melalui usaha patungan, dengan kemungkinan pihak AS menguasai hingga 50% kepemilikan. 

  • CEO GoTo Jadi ‘Kapten’ Perusahaan Tech RI di Forum Ini

    CEO GoTo Jadi ‘Kapten’ Perusahaan Tech RI di Forum Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), menjadi perwakilan perusahaan nasional untuk berdialog dan bertukar gagasan pada acara Indonesia-India Business Forum (CEO Forum) yang diselenggarakan di New Delhi, India, pada 25 Januari 2025.

    Dalam forum tersebut, CEO GoTo Patrick Walujo memimpin sektor teknologi. “Saya bangga dapat mewakili industri teknologi tanah air untuk berdiskusi di platform dialog tingkat tinggi antara pemimpin bisnis dari kedua negara ini dan menyampaikan rekomendasi agar sektor digital dapat mendukung pertumbuhan Indonesia dan India,” kata Direktur Utama GoTo, Patrick Walujo dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (26/1/2025).

    Di sektor teknologi, diskusi dalam forum ini akan fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), penguatan ekonomi digital dan solusi fintech yang inovatif. GoTo, dengan pengalamannya di bidang teknologi digital dan finansial, diharapkan menjadi katalisator dalam membangun kolaborasi antara Indonesia dan India.

    “Ke depannya, (GoTo) akan meningkatkan investasi dalam produk dan sistem mutakhir, termasuk kecerdasan buatan. Salah satu inisiatif unggulan kami di bidang ini adalah Sahabat-AI, sebuah Large Language Model (LLM) open-source berbahasa Indonesia,” tambah Patrick.

    Selain Patrick Walujo, hadir pula beberapa CEO dan pengusaha ternama Indonesia di antaranya Ketua Dewan Penasihat Kadin Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum Kadin Anindya N Bakrie, Dirut Pertamina Simon Aloysius Mantiri, dan CEO Indosat Ooredoo Vikram Sinha.

    Gelaran dialog internasional para pengusaha itu adalah hasil kerja sama antara Kadin dengan para pengusaha India anggota dari Confederation of Indian Industry (CII), sebagai rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto ke India. Setidaknya Kadin mengutus 100 orang pengusaha Indonesia dalam forum tersebut.

    Pada tahun ini, CEO Forum menyoroti lima industri utama: teknologi, pangan dan pertanian, manufaktur, perawatan kesehatan dan farmasi, serta transisi energi. Perusahaan yang mewakili industri-industri ini termasuk Bukaka Teknik Utama, PLN, Indosat Ooredoo, dan Pertamina.

    Forum ini merupakan langkah lanjutan dari India-Indonesia CEO Forum kedua yang diadakan pada 2018, saat PM India Narendra Modi mengunjungi Jakarta dan bertemu dengan Republik Indonesia ketujuh, Joko Widodo (Jokowi).

    Dalam keterangan resmi Setneg, kedatangan Presiden Prabowo di New Delhi, pada Kamis malam, 23 Januari 2025, pun disambut antusias oleh para mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di berbagai universitas di kota tersebut. Di India, Kepala Negara diagendakan menghadiri Upacara Perayaan Hari Republik India Tahun 2025 sebagai chief guest.

    Perayaan Hari Republik India dimulai pada tahun 1950 dengan Presiden Soekarno sebagai chief guest pertama. Selain menghadiri perayaan itu, Presiden Prabowo juga direncanakan menerima upacara penyambutan dari Presiden India, Droupadi Murmu di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan. Setelahnya, Presiden Prabowo juga akan melakukan pertemuan bilateral bersama PM Narendra Modi di Hyderabad House.

    Dari India, Presiden Prabowo juga direncanakan menuju Malaysia untuk melakukan kunjungan kenegaraan sekaligus pertemuan bilateral dengan Yang di-Pertuan Agong Malaysia Sultan Ibrahim. Di samping itu, Presiden Prabowo juga akan melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim. 

    (bul/bul)

  • Komdigi Siapkan 1,4 GHz untuk FWA, APJII Singgung Dampak ke Bisnis Internet

    Komdigi Siapkan 1,4 GHz untuk FWA, APJII Singgung Dampak ke Bisnis Internet

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap kehadiran pita frekuensi 1,4 GHz untuk broadband wireless access (BWA) atau internet cepat nirkabel dapat membuat industri internet bergeliat selama digunakan untuk area tertentu.

    Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan sebagai penyelenggara jasa internet, dalam menyalurkan layanannya anggota APJII sangat tergantung pada ketersediaan jaringan.

    Rencana pemerintah membuka peluang terselenggaranya broadband wireless acces (BWA) melalui spektrum frekuensi 1.4 GHz ataupun spektrum lain, memberikan dampak positif bagi APJII untuk berkontribusi dalam penyaluran internet kepada masyarakat. 

    Anggota APJII dapat memperluas layanan karena tak banyak bergantung pada infrastruktur fisik untuk menjangkau suatu wilayah.

    “Harapan besar kami bahwa kolaborasi tersebut benar-benar terjadi, yakni bisnis internet anggota APJII dapat bertumbuh dengan tersedianya infrastruktur nirkabel tersebut,” kata Arif kepada Bisnis, Minggu (26/1/2025). 

    Arif menilai bahwa kebijakan terobosan itu tidak merugikan pemain eksisting. Teknologi BWA diyakini tak mampu menggantikan seluler ataupun pemain internet eksisting, selama pemain BWA hanya diperbolehkan bermain di pasar yang belum terjangkau akses internet. 

    Diketahui, saat ini jumlah pemain internet di Indonesia lebih dari 1.000 dengan mayoritas pemain terdapat di Pulau Jawa, Kehadiran pemain dengan teknologi baru tersebut berpotensi membuat bisnis internet eksisting makin berdarah-darah karena persaingan yang makin ketat. 

    “Makanya hanya untuk area tertentu saja. Ini kan bukan mobile. Jadi untuk area yang tersegmentasi saja,” kata Arif. 

    Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berencana mengalokasikan pita frekuensi 1,4 GHz untuk keperluan BWA. Total spektrum yang akan dialihkan sebesar 80 MHz.

    BWA adalah teknologi khusus akses internet berkecepatan tinggi secara nirkabel (tanpa kabel) di area yang luas.

    Beberapa teknologi yang termasuk dalam BWA antara lain Wi-Fi, WiMAX atau teknologi nirkabel jarak jauh yang dapat mencakup area yang lebih luas daripada Wi-Fi, 4G/5G, hingga satelit. 

    Hinet (Berca) dan Bolt adalah beberapa merek Wimax yang terkenal pada masanya. Merek-merek tersebut kini telah tutup seiring dengan masifnya perkembangan 4G dan 5G di Indonesia. 

    Dikutip dari laman resmi, Sabtu (25/1/2025). Komdigi menyebut Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan layanan Fixed Broadband (FBB), di mana dari segi penetrasi dan kualitas saat ini hanya mencapai 21,31% rumah tangga dari sekitar 69 juta rumah tangga di Indonesia. 

    “Selain itu, harga rata-rata bulanan untuk kecepatan internet mencapai hingga 100 Mbps masih cukup mahal. Tingginya biaya internet pelanggan dan biaya penggelaran jaringan Fiber Optic (FO) terutama di daerah rural dan sub-urban, serta regulasi dan infrastruktur yang belum mendukung secara optimal, menjadi tantangan utama,” tulis Komdigi. 

  • Sederet Barang Aneh yang Dijual di Internet, Kamu Tertarik Beli?

    Sederet Barang Aneh yang Dijual di Internet, Kamu Tertarik Beli?

    Sederet Barang Aneh yang Dijual di Internet, Kamu Tertarik Beli?