Jenis Media: Tekno

  • Menkomdigi-Menhub Bahas Persiapan Internet Mudik Lebaran dan Nyepi

    Menkomdigi-Menhub Bahas Persiapan Internet Mudik Lebaran dan Nyepi

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid dan Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi melakukan pertemuan membahas persiapan pemerintah menghadapi mudik Lebaran yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

    Berkaca pada momen Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), pemerintah menyebutkan telah berhasil sehingga perjalanan yang dilakukan masyarakat tidak mengalami kendala.

    Ketika itu, berdasarkan mobile positioning data dari operator seluler (Indosat, Telkomsel, dan XL) yang mana jumlah penumpang angkutan umum meningkat dari 16,3 juta pada 2023-2024 menjadi 17,1 juta orang.

    Menkomdigi mengatakan bahwa sejak Oktober 2024, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk mendukung Nataru, termasuk komunikasi publik yang efektif, penyebaran informasi melalui SMS Blast, running text di televisi nasional, serta konten di berbagai kanal digital.

    “Kami juga memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi yang optimal di titik-titik krusial, seperti bandara, terminal, pelabuhan, dan jalur utama mudik. Selain itu, tim Balai Monitoring Komdigi aktif memantau spektrum frekuensi guna memastikan kelancaran komunikasi selama periode liburan,” jelasnya seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (7/2/2025).

    Melihat keberhasilan Nataru, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komdigi berkomitmen untuk memperkuat sinergi dalam menghadapi libur Nyepi (28-29 Maret 2025) dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H (31 Maret – 7 April 2025).

    “Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan dan libur Lebaran, sehingga persiapan harus dimulai dari sekarang. Kami berharap Komdigi kembali mendukung Kementerian Perhubungan serta kementerian dan lembaga lain dalam memastikan kelancaran angkutan Lebaran 2025,” ujar Menhub Dudy.

    Sementara itu, Menkomdigi menegaskan bahwa Komdigi siap melanjutkan dukungan penuh dalam penyebaran informasi publik, pemantauan kualitas jaringan telekomunikasi, serta upaya mitigasi risiko yang berpotensi mengganggu kelancaran perjalanan masyarakat.

    “Kami mengapresiasi sinergi yang sudah terjalin dengan baik. Kami bertekad untuk meningkatkan koordinasi demi memastikan perjalanan libur Nyepi dan Lebaran berjalan lebih lancar, aman, dan nyaman bagi masyarakat,” tutur Menkomdigi.

    Kementerian Komdigi juga akan terus berkoordinasi dengan penyedia layanan telekomunikasi agar masyarakat tetap dapat terhubung selama perjalanan mudik. Pusat Informasi dan Koordinasi Lintas Sektor yang dibentuk oleh Kemenhub pun akan kembali dioptimalkan dalam periode liburan mendatang.

    Dalam pertemuan ini, Menkomdigi Meutya Hafid didampingi oleh Wamenkomdigi Nezar Patria, Dirjen Infrastruktur Digital Wayan Toni Supriyanto, Dirjen Ekosistem Digital Edwin Hidayat, dan Dirjen Komunikasi Publik dan Media Fifi Aleyda Yahya.

    (agt/fay)

  • Twilio dan Chelsea FC Jalin Kemitraan, Tingkatkan Pengalaman Digital Para Fans – Page 3

    Twilio dan Chelsea FC Jalin Kemitraan, Tingkatkan Pengalaman Digital Para Fans – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Twilio, platform interaksi pelanggan, resmi mengumumkan kemitraan jangka panjang dengan klub sepak bola raksasa Inggris, Chelsea FC.

    Dalam kolaborasi ini, Twilio akan berperan sebagai penyedia layanan resmi Chelsea dengan tujuan memperkuat keterlibatan penggemar baik di stadion maupun di ranah digital melalui pemanfaatan platform data pelanggan (CDP) Twilio Segment.

     “Kemitraan ini akan membantu Chelsea FC untuk lebih terhubung dengan penggemar di seluruh dunia. Twilio berkomitmen menghadirkan interaksi yang lebih personal dan mendalam, baik di Stamford Bridge maupun secara digital,” Wakil Presiden Pemasaran Twilio untuk EMEA Peter Bell dalam siaran pers yang diterima, Jumat (7/2/2025)

    Personalisasi Pengalaman Pendukung Chelsea

    Dengan basis pendukung global yang mencapai 615 juta orang, Chelsea kini dapat mengoptimalkan interaksi dengan penggemarnya melalui pemahaman lebih mendalam atas preferensi mereka.

    Twilio Segment akan membantu Chelsea menciptakan pengalaman yang lebih personal, seperti memberikan penghargaan bagi penggemar yang aktif berinteraksi hingga menghadirkan promosi eksklusif saat memasuki stadion.

    Tidak hanya itu, penggemar juga bisa menyesuaikan konten berdasarkan pemain favorit, hingga merekomendasikan area terbaik di stadion untuk menikmati camilan saat jeda pertandingan.

    “Sentuhan personal semacam ini akan membuat para pendukung merasa lebih dekat dengan klub, yang menjadi aspek krusial dalam memperkuat keterikatan emosional mereka dengan Chelsea,” ujar Chief Digital Officer Chelsea FC Phil Lynch. 

    Menghadirkan Inovasi di Era Digital

    Selain meningkatkan pengalaman penggemar, kemitraan ini juga mendukung pengembangan tim putra dan putri Chelsea melalui interaksi digital yang lebih efektif.

    Dengan solusi Twilio, penggemar akan mendapatkan informasi akurat mengenai jadwal pertandingan, ketersediaan tiket, serta pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan situs web dan aplikasi resmi Chelsea FC.

  • DeepSeek-ChatGPT Minggir, Muncul Aplikasi Baru Lebih Canggih

    DeepSeek-ChatGPT Minggir, Muncul Aplikasi Baru Lebih Canggih

    Jakarta, CNBC Indonesia – DeepSeek dan ChatGPT punya saingan baru. Bernama Mistral AI yang merupakan startup Prancis didukung raksasa chipset Nvidia.

    Mistral AI didirikan dua tahun lalu. Startup ini memiliki chatbot Le Chat, mendukung sumber terbuka dengan mesin inferensi yang diklaim tercepat di dunia mencapai 1.000 kata per detik.

    Asisten digital itu telah tersedia di browser, serta telah ditawarkan untuk produk bisnis. Menurut Mistral, mereka telah memiliki beberapa kerja sama dengan lusinan perusahaan besar termasuk Veolia yang merupakan grup pengelolaan air dan limbah Prancis.

    Platform itu memang belum sebesar ChatGPT. Chatbot milik OpenAI telah memiliki 200 juta pengguna aktif mingguan, sementara berdasarkan ucapan CEO dan salah satu pendiri Mistral AI, Arthur Mensch, Le Chat mengantongi ‘beberapa juta pelanggan’.

    Meski begitu, Le Chat dan Mistral AI cukup menjanjikan. Startup bernilar 5,8 miliar euro mendapatkan dukungan finansial dari Nvidia dan sering dibicarakan Presiden Prancis Emmanuel Macron, dikutip dari Reuters, Jumat (7/2/2025).

    Mensch juga menyoroti pesaingnya DeepSeek, yang baru saja mengguncang pasar global belum lama ini. Dia mengatakan tidak terlalu terkejut dengan inovasi perusahaan asal China, karena dia mengenalnya dengan baik.

    DeepSeek, dia mengatakan diuntungkan dari teknologi yang dibagikan Mistral lewat sumber terbuka.

    Selain itu, dia juga mengatakan tujuan utama membuat AI agar bisa lebih terbuka dan mudah diakses semua orang. “Ada dimensi budaya pada AI dan menurut saya semua orang menyadari itu. Ini mengenai memiliki juara Eropa dan karena itu kami menciptakan Mistral,” jelasnya.

    Perbandingan Mistral 7B dan DeepSeek R1

    Adyog membuat perbandingan kedua model AI tersebut. Laman tersebut menuliskan Mistral 7B sebagai model AI yang lebih efisiensi dan cepat.

    Untuk pengetahuan umum (General Knowledge/MMLU), pengujian Adyog menunjukkan Mistral 7B sebesar 62,6% sementara DeepSeek R1 59,8%. Mistral 7B juga lebih unggul untuk logika dan matematika (Math & Logic/GSM8K) yakni 58,1% berbanding 54,3%.

    Kecepatan inferensi (Inference Speed) yang menunjukkan kecepatan AI menangani input, Mistral 7B juga sedikit lebih mumpuni dibandingkan DeepSeek R1, yakni 35,2 token/detik berbanding 30,9 token/detik.

    Kendati demikian DeepSeek R1 lebih unggul di sektor pengumpulan kode (Code Generation/Human Eval) dan Multi-Turn Chat.

    Salah satu kemampuan DeepSeek R1 yang jauh lebih hemat biaya ketimbang ChatGPT milik OpenAI ternyata masih tak terkalahkan. Adyog mengatakan biaya komputasi (Cloud Cost) DeepSeek R1 per jam US$2,07 berbanding US$2,20 pada Mistral 7B.

    DeepSeek menggunakan retrieval-augmented generation (RAG) untuk peningkatan retensi. Model tersebut disebut merespon lebih baik untuk format obrolan panjang.

    Sementara Mistral 7B lebih unggul untuk respons umum AI dan kecepatan menangani perintah.

    Secara karakteristik, Mistral 7B dinilai lebih cepat dan menyeluruh dalam menangani input. Sementara DeepSeek R1 bisa memaparkan fakta secara lebih dinamis, tetapi membutuhkan infrastruktur tambahan.

    (dem/dem)

  • Telkomsel & Mastercard Hadirkan Solusi Perlindungan Identitas Digital

    Telkomsel & Mastercard Hadirkan Solusi Perlindungan Identitas Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel bersama Mastercard meluncurkan layanan inovatif Proteksi Privasi, yang dirancang untuk mendeteksi, memantau, mencegah, hingga melakukan resolusi atas potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan. Didukung oleh Mastercard ID Theft Protection™, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan hingga 14 jenis data penting, seperti identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, e-mail, akun media sosial, hingga informasi keuangan.

    Teknologi ini aktif menjelajahi seluruh lapisan internet, termasuk dark web, untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan. Jika terjadi insiden, pelanggan akan menerima notifikasi real-time serta panduan langkah penyelesaian untuk melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, serta melindungi reputasi mereka.

    VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson, menyatakan Proteksi Privasi adalah bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital.

    “Melalui kolaborasi strategis dengan Mastercard, kami berharap layanan ini dapat memberikan rasa tenang bagi pelanggan, sehingga mereka dapat lebih aman dan nyaman menikmati kemudahan hidup digital tanpa khawatir akan risiko pencurian identitas,” kata dia dikutip Jumat (7/2/2025).

    Inovasi terbaru dari Telkomsel dan Mastercard ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Sementara itu, VP Account Management Mastercard Indonesia, Wibawa Prasetyawan mengatakan di dunia digital yang semakin terhubung, melindungi identitas pribadi di ekosistem online menjadi salah satu hal terpenting.

    “Mastercard dengan bangga menghadirkan solusi terkini ID Theft Protection™ untuk Telkomsel, yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan identitas digital konsumen, memberikan rasa aman pada konsumen. Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama kedua pihak untuk membangun kepercayaan digital serta menciptakan masa depan digital yang lebih aman guna memberdayakan setiap individu,” ujar dia.

    Paket Proteksi Privasi tersedia bagi pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Halo (pascabayar) dalam dua opsi terjangkau. Di antaranya Proteksi Privasi + Kuota Internet Rp25.000/bulan, termasuk kuota internet 1 GB dan Proteksi Privasi Rp12.000/bulan yang tersedia di aplikasi MyTelkomsel (sebagai topping atas paket tertentu) dan di website Telkomsel.

    Selama layanan Proteksi Privasi aktif, pelanggan juga mendapatkan manfaat asuransi hingga Rp20 juta atas kerugian identitas dan finansial akibat penyalahgunaan data. Khusus pelanggan paket Pascabayar Halo+ Supreme MAX, Proteksi Privasi termasuk tanpa tambahan biaya.

    Layanan ini pun tersedia secara inklusif untuk semua kalangan, termasuk yang bukan pemegang kartu Mastercard. Untuk mulai memanfaatkan perlindungan ini, pelanggan cukup membeli paket melalui aplikasi MyTelkomsel, lalu mengikuti tautan aktivasi yang dikirimkan melalui SMS oleh Mastercard untuk login ke website aktivasi akun TIARA-Mastercard.

    Marketing Director TIARA, Enzo Adhitya mengatakan sebagai partner lokal resmi Mastercard di Indonesia, TIARA turut mendukung perlindungan menyeluruh bagi setiap pelanggan melalui layanan Proteksi Privasi.

    “Komitmen kami dalam menghadirkan keamanan maksimal untuk para pengguna dapat terlihat dari proteksi tambahan berupa jaminan pertanggungan ketika adanya kerugian finansial akibat adanya pencurian data pribadi dengan biaya yang mudah dijangkau masyarakat,” kata dia.

    (rah/rah)

  • Mengenal Kemampuan Kamera 200MP di Redmi Note 14 Pro

    Mengenal Kemampuan Kamera 200MP di Redmi Note 14 Pro

    Jakarta

    Salah satu aspek yang dijagokan Xiaomi dari Redmi Note 14 Pro dan Redmi Note 14 Pro+ adalah kamera utamanya yang punya resolusi 200MP.

    Xiaomi menyebut kamera ini sebagai 200MP pro-grade AI camera. Salah satu fitur dari kamera ini adalah End-to-End AI Remosaic, yang bisa mempercepat pemrosesan gambar beresolusi tinggi.

    Caranya adalah dengan melakukan pemrosesan foto secara paralel, bukan sequential atau berurutan. Selain itu, Xiaomi juga menjanjikan kamera ini punya hasil gambar mumpuni, baik itu saat kondisi terang maupun kurang cahaya, berkat bukaan diafragma yang besar.

    Keunggulan Kamera 200MP

    Kamera utamanya ini juga dilengkapi fitur optical image stabilization (OIS) untuk mengurangi getaran saat memotret dan merekam video, agar hasilnya tidak blur. Sensor dengan ukuran 1/1,4 inch ini juga dilengkapi 16 in 1 pixel binning untuk meningkatkan hasil fotonya saat keadaan kurang cahaya.

    Dengan kemampuan 2x dan 4x in-sensor zoom serta hingga 30x digital zoom, hasil foto tetap tajam di berbagai tingkat pembesaran. Kamera depan 20MP juga menghadirkan fitur 0.8x zoom, memberikan hasil selfie grup yang lebih luas dan sempurna.

    Tentunya fitur AI yang ada di Redmi Note 14 lain juga dihadirkan di varian Pro dan Pro+ ini. Seperti AI Beautify untuk potret alami, AI Erase untuk menghapus objek yang mengganggu, dan AI Sky untuk mempercantik latar belakang foto. Sedangkan untuk model Pro juga dilengkapi dengan lebih banyak fitur AI mulai dari AI Film, versi Pro dari AI Erase dan AI Image Expansion.

    Ke depannya, berbagai fitur AI inovatif lainnya akan segera dihadirkan untuk Redmi Note 14 Series. Bukan hanya untuk mendukung proses kreasi, namun juga mendukung produktivitas dinamis dari pengguna.

    “Selama 10 tahun terakhir, Redmi Note Series sudah terjual lebih dari 420 juta unit secara global. Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Redmi Note Series selalu berhasil menarik perhatian pengguna melalui berbagai fitur, performa, desain, hingga value yang dimiliki. Tahun lalu, Redmi Note Series di Indonesia meraih pencapaian luar biasa dengan peningkatan penjualan lebih dari 20% dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    “Kini, Redmi Note 14 Series terbaru juga siap mengukir pencapaian yang lebih baik dengan berbagai fitur inovatif yang dimilikinya. Sambutan positif konsumen yang terus bertambah untuk Redmi Note Series ini menggambarkan dukungan yang luar biasa bagi Xiaomi Indonesia,” tambahnya.

    Harga dan ketersediaan

    Redmi Note 14 Pro tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Midnight Black, Lavender Purple, dan Coral Green. Sementara itu, Redmi Note 14 Pro+ ditawarkan dalam pilihan warna Lavender Purple, Frost Blue, dan Midnight Black.

    Keduanya menjalankan sistem operasi Android 14 berbalut HyperOS. Berikut harga Redmi Note 14 Pro dan Redmi Note 14 Pro+ di Indonesia:

    Redmi Note 14 Pro 8/256GB: Rp 4.399.000Redmi Note 14 Pro 12/512GB: Rp 4.999.000Redmi Note 14 Pro+ 8/256GB: Rp 5.499.000Redmi Note 14 Pro+ 12/512GB: Rp 5.999.000

    Redmi Note 14 Pro dan Redmi Note 14 Pro+ sudah dapat dipesan mulai 25 Januari 2025 lewat channel penjualan online Xiaomi di Mi.com, Tokopedia, Shop Tokopedia, Akulaku, Blibli, Lazada, dan Shopee, serta secara offline di Xiaomi Store, Blibli Store, Erafone, dan Digiplus.

    (asj/fay)

  • 5 Cara Cek NIK KTP Secara Online Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    5 Cara Cek NIK KTP Secara Online Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    Daftar Isi

    Cara Cek NIK KTP Secara Online

    Jakarta, CNBC Indonesia – NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 1 poin 12 UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

    NIK diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK yang didapatkan berlaku seumur hidup.

    Nomor Induk Kependudukan (NIK) biasanya tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Namun terkadang, NIK seseorang tidak tercatat di Dukcapil Nasional.

    Cek NIK KTP secara online diperlukan untuk mengetahui status NIK tersebut, apakah valid atau tidak. Jika NIK ternyata tidak valid, Anda bisa langsung mengurus dan melaporkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

    Cek NIK KTP secara online juga biasanya dibutuhkan sebelum mengurus beberapa hal. Seperti pembukaan rekening bank, pendaftaran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, saat ingin mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), hingga mengikuti Pemilu.

    NIK terdiri dari 16 digit kode. Penyusunannya terdiri dari 6 digit pertama yaitu kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, 6 digit kedua yaitu tanggal, bulan, tahun kelahiran, dan 4 digit terakhir yaitu nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

    Tetapi terkadang, nomor NIK tidak tercatat di Disdukcapil. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui status valid atau tidaknya nomor yang tertera pada KTP agar tidak menjadi hambatan saat berurusan dengan hal-hal yang bersifat administratif di kemudian hari.

    Cara Cek NIK KTP Secara Online

    Nah, Anda bisa melakukan cek NIK KTP secara online, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil. Cara mengeceknya mudah dan sederhana, berikut ini langkah-langkahnya:

    1. Cek NIK KTP Secara Online Via Situs Disdukcapil Kota/Kabupaten

    Pertama, cek NIK KTP secara online bisa dilakukan melalui laman resmi Dukcapil masing-masing Kabupaten/Kota domisili Anda. Misalnya Dukcapil DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Solo, dan lainnya.

    Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil yang disertai dengan kota domisili Anda sesuai KTP. Setelah itu, kunjungi situs Dukcapil Kota/Kabupaten. Lalu masukkan NIK serta data lainnya lalu ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan.

    Akses laman https://kemendagri.lapor.go.id/

    Klik menu “Sampaikan Laporan Anda”

    Setelah itu, klik “Permintaan Informasi”

    Tuliskan pengajuan informasi pada kolom “Permintaan Informasi”

    Ketik kota dan domisili asal

    Pilih kategori laporan atau permintaan informasi dan klik “Kependudukan”

    Langkah selanjutnya adalah klik “Lapor”.

    2. Cek NIK KTP Secara Online Via Media Sosial Dukcapil

    Selanjutnya, cara cek NIK KTP secara online yang bisa Anda pilih yaitu melalui media sosial resmi Dukcapil di platform X dan Facebook adalah:

    Anda juga bisa menghubungi akun resmi sosial media Dukcapil di tiap masing-masing daerah baik Facebook, Instagram, maupun Twitter.

    Anda pun dapat menghubungi mereka melalui personal chat dengan format :

    #NIK#Nama_lengkap#nomor_KK#nomor_telepon#keluhan

    3. Cek NIK KTP Secara Online Via Call Center

    Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center Halo Dukcapil ke nomor 1500-537. Namun, untuk melakukan cek NIK KTP lewat call center ini memang diperlukan pulsa telepon yang cukup.

    Melalui call center, Anda bisa mengemukakan permasalahan yang dialami dan menanyakan beberapa hal terkait yang diperlukan. Petugas Halo Dukcapil akan merespons cepat dan membantu sinkronisasi data NIK jika ditemukan nomor KTP tersebut tidak terdaftar

    Jangan lupa untuk menyiapkan nomor NIK dan Kartu Keluarga (KK) untuk keperluan informasi dan verifikasi.

    4. Cek NIK KTP Secara Online Via WhatsApp dan SMS

    Cara selanjutnya untuk cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui WhatsApp. Caranya cukup mudah, yaitu Anda mengirim pesan dengan format nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota, lalu kirim ke nomor 0813-2691-2479.

    Contohnya: Nia Salsabila/317123456780001/Palmerah/Palmerah/Jakarta Barat.

    Jika tidak ingin menggunakan WhatsApp, Anda bisa mengeceknya melalui SMS atau pesan singkat. pastikan terlebih dahulu pulsa sudah terisi cukup untuk mengirim pesan singkat.

    Kirim SMS ke nomor Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999 dengan format sebagai berikut:

    Cek#KTP#NIK

    5. Cek NIK KTP Secara Online Via Email

    Cara cek NIK KTP secara online yang terakhir yaitu dapat dilakukan melalui email. Anda bisa mengirim email ke [email protected]

    Gunakan format berikut untuk mengisi badan email:

    #NIK#Nama_lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_telepon#keluhan. Setelah itu kirim email.

    Jika Anda tidak terburu-buru, maka Anda bisa memakai cara ini sebagai opsi, karena cara cek NIK ini membutuhkan waktu setidaknya 1×24 jam.

    Itu dia 5 cara cek NIK KTP secara online, mudah dan praktis. Cara cek NIK KTP secara online ini diperlukan untuk mengetahui apakah NIK sudah terdaftar di Dukcapil Nasional atau belum.

    Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data penduduk, verifikasi NIK melalui layanan daring wajib melewati proses validasi yang ketat dan dilakukan oleh petugas yang telah terlatih dengan baik. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak mengungkapkan NIK serta data pribadi lainnya kepada akun atau pihak yang tidak merupakan kanal resmi Dukcapil.

    (dag/dag)

  • China Mau Bikin Bendungan Raksasa, India dan Bangladesh Ketakutan

    China Mau Bikin Bendungan Raksasa, India dan Bangladesh Ketakutan

    Jakarta

    Bendungan raksasa yang diusulkan di daerah Medog, China, akan menjadi proyek hidroelektrik terbesar di dunia, bahkan melampaui Bendungan Tiga Ngarai China, yang saat ini merupakan bendungan terbesar di dunia.

    Sungai Yarlung Tsangpo, yang berasal dari Dataran Tinggi Tibet, mengalir ke India sebagai Sungai Brahmaputra dan berlanjut ke Bangladesh sebagai Sungai Jamuna. Tidak mengherankan, ambisi China telah membuat khawatir negara-negara di hilir sungai ini.

    Dikutip dari The Interpreter, Jumat (7/2/2025) laporan menunjukkan bahwa bendungan ini dapat mengubah pola aliran air secara signifikan, yang akan memengaruhi jutaan orang yang bergantung pada sungai untuk pertanian, perikanan, dan konsumsi sehari-hari.

    Menurut sumber resmi di China, proyek ini bertujuan memanfaatkan potensi tenaga air Tibet yang melimpah sekaligus mengurangi ketergantungan pada batu bara dan sejalan dengan tujuan energi hijau dan target netralitas karbon pada 2060. Bendungan ini, yang diproyeksikan menghasilkan listrik sebesar 60 gigawatt, dengan biaya sebesar USD 137 miliar, akan memiliki kapasitas hampir tiga kali lipat dari Bendungan Tiga Ngarai.

    Foto: China News Service via The Interpreter

    India, yang sangat bergantung pada Sungai Brahmaputra, kemungkinan akan menghadapi tantangan hidrologi yang serius. Sungai tersebut menyediakan air bagi Assam, Arunachal Pradesh, dan negara bagian timur laut lainnya, yang menghidupi hampir 130 juta orang dan enam juta hektar lahan pertanian.

    Jika China mengalihkan atau mengendalikan aliran sungai, India dapat mengalami banjir yang tidak terduga selama musim hujan dan kekeringan parah pada bulan-bulan kering.

    Sebuah studi di 2024 yang diterbitkan dalam Journal of Indo-Pacific Affairs memperingatkan bahwa China dapat memanipulasi pelepasan air, yang berpotensi memengaruhi kepentingan ekonomi dan strategis India. Ahli hidrologi India telah menyatakan kekhawatiran bahwa aliran sedimen, yang penting bagi pertanian, dapat terhalang oleh bendungan, yang mengurangi kesuburan tanah di dataran timur laut.

    (rns/rns)

  • Anggota DPR AS Usulkan Larangan Chatbot DeepSeek di Perangkat Pemerintah – Page 3

    Anggota DPR AS Usulkan Larangan Chatbot DeepSeek di Perangkat Pemerintah – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah anggota DPR Amerika Serikat dilaporkan tengah mengusulkan pelarangan penggunaan chatbot asal China, DeepSeek, pada perangkat resmi pemerintah.

    Dikutip dari CNN, Jumat (7/2/2025), usulan pelarangan DeepSeek ini diajukan oleh anggota DPR Darin LaHood dari Illinois dan Josh Gottheimer dari New Jersey. Keamanan nasional disebut jadi alasan usulan tersebut diajukan.

    Jika disahkan, regulasi yang diusulkan akan memberi waktu 60 hari bagi lembaga pemerintah AS mengembangkan standar dan pedoman untuk menghapus DeepSeek termasuk aplikasi lain yang dikembangkan perusahaan induknya dari perangkat resmi.

    Usulan dari DPR AS ini disebut mengikuti jejak negara lain yang sudah melakukan hal serupa seperti Australia, Italia, dan Taiwan. Terkait hal ini, DeepSeek belum memberikan komentar.

    Menurut Josh Gottheimer, langkah ini dilakukan untuk menghentikan aksi Partai Komunis China yang melakukan eksploitasi alat besutan mereka miliki untuk melemahkan keamanan nasional AS, termasuk mengumumpulkan data tentang warga Amerika.

    “Kita tidak bisa mengambil risiko PKC menyusupi perangkat pejabat pemerintah kita (AS) dan membahayakan keamanan nasional. Kita telah melihat strategi China sebelumnya lewat TikTok, dan kita tidak bisa memberikan hal itu terjadi lagi,” tuturnya.

    Sekadar informasi, chatbot DeepSeek saat ini memang menjadi target baru dalam pertarungan teknologi antara AS dan China.

    Hal ini terjadi setelah chatbot besutan startup itu berhasil merilis model AI yang dikembangkan dengan biaya terjangkau, tapi memiliki kemampuan mumpuni.

     

  • Fitur Baru WhatsApp Langsung Nyambung ke Instagram-FB, Begini Caranya

    Fitur Baru WhatsApp Langsung Nyambung ke Instagram-FB, Begini Caranya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Integrasi antar-aplikasi di bawah naungan Meta Platforms makin diperkuat. Saat ini, pengguna WhatsApp sudah bisa mengunggah Status yang langsung terunggah ke Instagram dan Facebook Stories. 

    Untuk membagikan status ke aplikasi lainnya, Meta menambahkan WhatsApp pada Pusat Akun atau Account Center. Ini bisa dilakukan secara opsional dan dinonaktifkan secara default.

    Menurut Meta, cara ini bisa membantu pengguna untuk sejumlah fitur bisa digunakan pada seluruh aplikasi. Termasuk membagi Status WhatsApp ke Facebook dan Instagram.

    “Misalnya, lebih mudah membagikan ulang dari Status WhatsApp Anda ke Facebook atau Instagram Stories dan menunjukkan kepada teman-teman Anda apa yang terjadi dalam hidup Anda tanpa harus memposting berkali-kali,” jelas Meta dalam keterangannya, dikutip Jumat (7/2/2025).

    “Anda bisa masuk ke akun WhatsApp dengan sekali masuk, jadi Anda bisa kembali ke akun dengan lebih cepat dan dengan langkah yang lebih sedikit,” Meta menambahkan.

    Dalam foto yang dibagikan Meta, akan ada opsi membagikan ke Story Facebook maupun Instagram saat mengunggah di WhatsApp. Anda tinggal menggeser toggle di masing-masing opsi tersebut untuk memperbolehkan membagikan status.

    Sementara itu, berikut cara menambahkan akun WhatsApp ke Account Center atau Pusat Akun:

    Tambahkan WhatsApp ke Pusat Akun

    1. Buka Setelan WhatsApp

    2. Klik Pusat Akun

    3. Tekan Lanjutkan

    4. Klik Tambahkan akun Facebook atau akun Instagram

    5. Tekan Izinkan > Lanjutkan

    6. Klik Konfirmasi

    Hapus WhatsApp ke Pusat Akun

    1. Buka Setelan WhatsApp

    2. Klik Pusat Akun, masuk ke menu AKun

    3. Tekan Hapus

    4. Klik Hapus Akun dan Lanjutkan

    5. Klik Ya, dan lanjutkan dengan Oke untuk menyelesaikan proses

    (fab/fab)

  • Duh, Google Tak Lagi Janji AI-nya Terlarang untuk Senjata

    Duh, Google Tak Lagi Janji AI-nya Terlarang untuk Senjata

    Jakarta

    Google telah menghapus janji untuk tidak menggunakan AI untuk aplikasi yang berpotensi berbahaya, seperti senjata dan pengawasan atau pengintaian. Prinsip AI raksasa teknologi itu diperbarui.

    Versi sebelumnya dari prinsip AI perusahaan mengatakan mereka takkan mengejar senjata atau teknologi lain yang implementasi utamanya untuk menyebabkan atau secara langsung mengakibatkan cedera, serta teknologi pengawasan yang melanggar norma yang diterima internasional. Nah, tujuan tersebut tak lagi ditampilkan di situs web Prinsip AI-nya.

    “Ada persaingan global untuk kepemimpinan AI dalam lanskap geopolitik yang makin kompleks. Kami percaya demokrasi harus memimpin dalam pengembangan AI, dipandu nilai-nilai inti seperti kebebasan, kesetaraan, dan penghormatan terhadap HAM,” tulis Demis Hassabis, CEO Google DeepMind.

    Prinsip perusahaan yang diperbarui mencerminkan ambisi Google menawarkan teknologi dan layanan AI-nya ke lebih banyak pengguna dan klien, termasuk pemerintah. Perubahan ini juga sejalan dengan meningkatnya perang AI antara AS dan China yang memanas.

    Versi sebelumnya dari prinsip-prinsip AI perusahaan mengatakan Google akan mempertimbangkan berbagai faktor sosial dan ekonomi. Prinsip-prinsip AI yang baru menyatakan mereka akan mengembangkan AI jika manfaat secara keseluruhan melebihi risiko dan kerugian yang dapat diperkirakan.

    Google menetapkan prinsip-prinsip AI-nya di 2018 setelah menolak memperbarui kontrak pemerintah yang disebut Project Maven, yang membantu pemerintah menganalisis dan menafsirkan video drone dengan AI. Sebelum mengakhiri kesepakatan, beberapa ribu karyawan menandatangani petisi dan puluhan mengundurkan diri sebagai bentuk penolakan terhadap keterlibatan Google.

    Perusahaan tersebut juga menarik diri dari penawaran untuk kontrak cloud Pentagon senilai USD 10 miliar karena tidak yakin akan selaras dengan prinsip-prinsip AI perusahaan. Namun kini situasinya sudah berbeda karena alasan bisnis.

    Sundar Pichai agresif mengejar kontrak pemerintah federal, memicu ketegangan dari pegawai Google yang vokal. “Kami percaya bahwa perusahaan, pemerintah, dan organisasi yang memiliki nilai-nilai yang sama harus bekerja sama untuk menciptakan AI yang melindungi orang, mendorong pertumbuhan global, dan mendukung keamanan nasional,” kata posting blog Google.

    Tahun lalu, Google memberhentikan lebih dari 50 karyawan setelah serangkaian protes terhadap Project Nimbus, kontrak bersama senilai USD 1,2 miliar dengan Amazon yang menyediakan komputasi awan dan layanan AI bagi pemerintah dan militer Israel. Para eksekutif berulang kali mengatakan kontrak tersebut tidak melanggar prinsip AI perusahaan.

    (fyk/fyk)