Jenis Media: Tekno

  • Tolak Beli TikTok, Elon Musk Dendam Kesumat Incar Perusahaan Ini

    Tolak Beli TikTok, Elon Musk Dendam Kesumat Incar Perusahaan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Konsorsium yang dipimpin oleh Elon Musk mengajukan penawaran US$ 97,4 miliar (Rp 1.591 triliun) untuk membeli entitas non-profit pengendali OpenAI. Aksi ini menunjukkan ambisi Musk mencegah perusahaan pencipta ChatGPT tersebut menjelma menjadi korporasi pendulang untung.

    Kabar ini langsung ditanggapi oleh CEO OpenAI Sam Altman lewat X, platform media sosial milik Musk. “Tidak, terima kasih, tetapi kami bersedia membeli Twitter senilai US$ 97,4 miliar jika boleh,” kata Altman.

    Bersama Altman, Musk adalah salah satu pendiri OpenAI. Mereka mendirikan entitas tersebut sebagai lembaga non-profit. Setelah Musk hengkang, OpenAI mulai bertransisi menjadi perusahaan pencari laba dengan dukungan investor eksternal, salah satunya Micorosoft. Perubahan bentuk ini, menurut Altman, agar OpenAI bisa menerima investasi baru untuk mendukung upaya menciptakan model kecerdasan buatan (AI) tercanggih.

    Musk kemudian mendirikan sendiri sebuah startup kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama xAI. Pada Agustus 2024, Musk telah menggugat Altman dan beberapa pihak lain karena ia tuding melanggar kontrak pendirian OpenAI. Kontrak tersebut, menurut Musk, adalah OpenAI harus mendahulukan kepentingan umum dibanding profit.

    Pada November, Musk meminta hakim untuk memblokir perubahan struktur OpenAI menjadi perusahaan pencari untung.

    Sengketa antara Musk dan Altman soal OpenAI kini memasuki babak baru karena kedekatan Musk dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Musk, yang menghabiskan sekitar US$ 250 juta untuk mendukung kampanye Trump, kini disebut sebagai orang kepercayaan Trump dan ditunjuk sebagai kepala Departemen Efisiensi Pemerintah (DOGE).

    Baru-baru ini, Musk mengkritik proyek US$ 500 miliar yang dipimpin OpenAI. Kritik pedas Musk dilempar setelah proyek bernama Stargate tersebut diumumkan oleh Trump.

    “Ini saatnya bagi OpenAI untuk kembali menjadi open-source [sumber terbuka], yang fokus kepada keselamatan untuk kepentingan bersama seperti dulu. Kami ingin memastikannya terjadi,” kata Musk dalam pernyataan yang menyertai penawaran akuisisi.

    Tolak beli TikTok

    Musk sebelumnya memastikan tidak tertarik membeli TikTok. Miliarder yang kini bekerja untuk pemerintahan Donald Trump itu mengatakan belum mengajukan tawaran pembelian.

    “Saya belum mengajukan tawaran untuk membeli TikTok. Saya tidak memiliki rencana jika saya memiliki TikTok,” kata Musk, dikutip dari Reuters, Senin (10/2/2025).

    Menurut Musk, dirinya tidak mengakuisisi perusahaan. Apa yang dilakukannya pada Twitter, yang kini disebut X, adalah hal tidak biasa.

    “Saya biasanya membangun perusahaan dari awal,” ungkapnya.

    Sebelumnya, ByteDance harus menjual TikTok untuk pasar Amerika Serikat (AS). Pemerintah Joe Biden memberi target akhir pada 19 Januari 2025 untuk penjualan tersebut.

    Penjualan tersebut dilakukan karena tuduhan keamanan yang dialamatkan pada TikTok. Dalam berbagai kesempatan AS terus menuding China bisa memaksa perusahaan berbagi data pengguna AS.

    Pihak platform telah membantahnya, ByteDance juga menolak rencana menjual TikTok.

    Namun akhirnya penjualan ditunda. TikTok menyebut penundaan berkat bantuan Trump.

    Trump menyebut TikTok memiliki tempat di hati saya. Aplikasi berbagi video disebutnya sebagai yang membantunya menang atas pemilih muda dalam presiden 2024.

    Pekan ini, Trump juga menandatangani perintah eksekutif untuk membuat dana kekayaan berdaulat dalam tahun ini. Kebijakan tersebut berpotensi untuk membeli TikTok.

    (dem/dem)

  • Tiga Bocoran iPhone SE 4 yang Perlu Kamu Tahu Menjelang Peluncurannya – Page 3

    Tiga Bocoran iPhone SE 4 yang Perlu Kamu Tahu Menjelang Peluncurannya – Page 3

    Karena sudah menggunakan chipset A18, iPhone baru Apple ini dipastikan sudah mendukung beragam fitur Apple Intelligence. Menariknya, iPhone SE 4 akan menjadi ponsel pertama Apple yang dilengkapi modem buatan mereka sendiri.

    Seperti iPhone 15 series ke atas, iPhone SE 4 juga sudah menggunakan port USB C untuk pengisian daya. Terkait spesifikasi iPhone SE 4, ponsel ini juga dilengkapi dengan modem buatan Apple, RAM 8GB, dan kamera utama 48MP (wide) serupa dengan iPhone 16.

    Lalu berapa harga iPhone SE 4 saat meluncur di pasaran nanti? Bloomberg mengatakan, ponsel ini akan dibanderol harga sekitar USD 500. Jika benar, berarti harganya lebih mahal ketimbang iPhone SE 2022 di USD 429.

    Rencananya, Apple tahun ini akan meluncurkan lini ponsel super tipis mereka yang kemungkinan bernama iPhone 17 Air, bersamaan dengan peluncuran iPhone 17 dan iPhone 17 Pro.

  • Wujud Oppo Find N5 yang Rilis 20 Februari, Bocoran Speknya Bikin Penasaran

    Wujud Oppo Find N5 yang Rilis 20 Februari, Bocoran Speknya Bikin Penasaran

    Jakarta

    Oppo dikabarkan akan segera meluncurkan ponsel layar lipat terbarunya, Find N5, di Singapura. Wujud nyata HP layar lipat ini telah beredar, membuat para pecinta teknologi semakin penasaran.

    Oppo Find N5 disebut-sebut akan hadir dengan desain yang sangat tipis dan elegan. Bahkan, ketebalannya diklaim tidak sampai 9,2 mm dalam keadaan terlipat dan sekitar 4 mm saat dibuka.

    Ketebalan Oppo Find N5 Foto: The Verge

    Hal tersebut diamini oleh jurnalis The Verge yang telah menggenggam OppoFind N5. Menurutnya HP ini nyaman digenggam dan mudah dibawa-bawa. Kendati tipis,kualitas rangka HP ini dinilaikokoh dan kuat.

    Salah satu hal yang paling menarik dari Oppo Find N5 adalah teknologi layar lipatnya yang diklaim minim lipatan. Oppo tampaknya ingin menghadirkan pengalaman layar lipat yang lebih mulus dan nyaman bagi penggunanya.

    Layar Oppo Find N5 Foto: The Verge

    Find N5 akan diluncurkan dalam model hitam dan putih, dengan opsi kulit vegan ungu unik yang tersedia secara eksklusif di China. Perangkat ini akan menjalankan ColorOS berbasis Android 15 dan mewarisi keunggulan multitasking dari generasi sebelumnya.

    Tapi yang menarik Find N5 akan menawarkan integrasi DeepSeek-R1 dengan dukungan untuk pencarian online, menghasilkan gambar, dan menyimpannya sebagai file lokal. Fitur ini dijanjikan akan membantu pengguna dalam menjalankan tugas sehari-hari dengan lebih cepat dan efisien.

    Oppo Find N5 Foto: The VergeBocoran Spesifikasi

    Oppo Find N5 dilengkapi dengan layar lipat berukuran 8,12 inch, lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, Find N3 (7,82 inci untuk layar utama). Berdasarkan informasi dari Gizmochina, layar ini menggunakan panel AMOLED dengan resolusi 2K+ dan refresh rate 120 Hz, serta diklaim memiliki lipatan (crease) yang lebih minim, memberikan pengalaman visual yang lebih mulus. Layar depan (cover display) saat ponsel dilipat diperkirakan berukuran 6,31 inch, mirip dengan Find N3 hanya berbeda rasionya saja.

    Kamera Oppo Find N5 Foto: The Verge

    Dari sisi performa, Oppo Find N5 ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Elite, menjadikannya salah satu ponsel lipat paling bertenaga di paruh pertama 2025. Chipset ini dipadukan dengan RAM 16 GB (dapat diperluas dengan virtual RAM hingga 12 GB) dan penyimpanan internal mulai dari 512 GB hingga 1 TB. Kombinasi ini didukung oleh teknologi LPDDR5X dan UFS 4.0, memastikan kecepatan dan efisiensi tinggi untuk multitasking, gaming, dan aplikasi berat.

    Sektor kamera juga menjadi salah satu fokus utama pada Oppo Find N8. Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa ponsel ini akan dilengkapi dengan kamera belakang yang sangat mumpuni, bahkan mungkin yang tercanggih di kelasnya. Beberapa fitur kamera yang diantisipasi hadir di Find N8 antara lain sensor utama beresolusi tinggi, lensa ultrawide yang lebih baik, dan kemampuan zoom optik yang lebih jauh.

    Untuk lengkapnya kita tunggu peluncurannya pada pada 20 Februari pukul 19.00 waktu Singapura. Belum ada informasi apakah Find N5 akan rilis di Indonesia.

    (afr/afr)

  • Gibran dan Inisial C Dilaporkan ke Polisi, Ini Kabar Terbaru eFishery

    Gibran dan Inisial C Dilaporkan ke Polisi, Ini Kabar Terbaru eFishery

    Jakarta, CNBC Indonesia – Petinggi startup akuakultur eFishery dilaporkan ke polisi di tengah dugaan kecurangan atau fraud. Laporan tersebut bahkan sudah masuk sejak tahun lalu

    Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri mengaku masih terus menyelidiki kasus eFishery yang mendapat sorotan publik setelah terungkapnya dugaan tindakan pemalsuan laporan keuangan oleh pendiri dan mantan CEO, Gibran Huzaifah.

    Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pelaporan atas nama Gibran dan oknum yang berinisial C sudah dilakukan sejak 2024 lalu.

    “Sudah dilakukan pelaporan itu sejak tahun 2024. Awalnya ya, awal tahun yaitu sekitar bulan 2, bulan 3, bulan 4, bulan 5. Kemudian di Bareskrim juga menerima laporan tersebut, itu di Polda Metro juga,” ujarnya saat ditemui di kantornya, dikutip Selasa (11/2/2025).

    Selain itu, kasus tersebut juga ditelusuri oleh lembaga terkait, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    “Maka laporan itu sudah dilakukan ada yang pada tahap penyelidikan dan juga penyidikan,” imbuhnya.

    Sebagai tindak lanjut, Bareskrim-Polri nanti akan melakukan gelar bersama. Sebab ada beberapa laporan yang sudah diterima, baik itu laporan di Polda Metro, Mabes-Polri Barreskrim, dan OJK.

    “Nanti akan dilakukan gelar bersama Bareskrim dengan Polda Metro Jaya dan OJK. Tentu itu yang bisa kami sampaikan,” pungkasnya.

    Pemalsuan Laporan Keuangan eFishery

    Berdasarkan dokumen yang diterima CNBC Indonesia, perusahaan yang sudah mencapai status unicorn lewat pendanaan Seri D US$ 200 juta pada 2023 lalu tersebut memiliki dua buku laporan keuangan yang berbeda, yakni eksternal dan internal.

    Berdasarkan laporan eksternal, eFishery membukukan profit sebelum pajak senilai Rp261 miliar selama periode Januari-September 2024. Padahal, versi laporan internal menunjukkan eFishery justru rugi Rp578 miliar dalam periode yang sama.

    Sejak 2021 hingga 9 bulan di 2024, laporan eksternal eFishery memperlihatkan pertumbuhan profit sebelum pajak yang positif dan stabil. Berbanding terbalik dengan laporan internal yang menunjukkan perusahaan terus merugi sejak 2021. Kerugian paling parah pada 2022 sebesar Rp784 miliar. Kemudian pada 2023 sebesar Rp759 miliar.

    Parahnya, dua pembukuan ini dimulai sejak 2018 dengan keterlibatan para eksekutif, sehingga fraud yang dilakukan bersifat sistemik.

    Dalam dokumen yang sama disebut beberapa nama yang diduga aktif mengelolalaporan keuangan ganda antara lain Gibran dan Angga Hadrian. Adapun, co-founder Crisna Aditya disebut sebagai salah satu orang yang mengetahui soal laporan keuangan ganda.

    (npb/dem)

  • Indosat Siapkan Rp 13 Triliun Buat Genjot Layanan AI

    Indosat Siapkan Rp 13 Triliun Buat Genjot Layanan AI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Indosat Ooredoo Hutchison terus berfokus pada teknologi Artificial Intelligence (AI). Bahkan sebagian besar belanja modal (Capex) Indosat Ooredoo Hutchison tahun lalu untuk memenuhi kebutuhan akan layanan digital berbasis AI.

    Dalam keterangan resminya, Capex Indosat mencapai Rp 9,937 triliun. Alokasi peningkatan jaringan seluler untuk memenuhi kebutuhan pada layanan digital berbasis AI yang terus meningkat sebanyak 82,7%.

    Sementara itu sisanya dialokasikan untuk MIDI dan IT. Dengan begitu bisa mewujudkan AI Native Telco yakni perusahaan telekomunikasi berbasis AI.

    “Capex untuk tahun 2024 kami sedikit di bawah Rp 10 triliun. Kami memberikan panduan Rp 13 triliun sehingga pengeluaran setahun penuh kami turun di bawah panduan kami Rp 13 triliun dan juga pada tahun 2023,” kata Director & Chief Financial Officer Indosat, Nicky Lee dalam Media Update Full Year 2024 Result, Senin (10/2/2025).

    “Bukan karena kami melakukan lebih sedikit, kami memperlambat investasi. Kami melakukan jadwal yang sama, ekspansi yang sama yang ingin dilakukan, namun kami bisa menghasilkan penghematan sangat baik,” jelasnya menambahkan.

    Dalam laporan yang sama, EBITDA Indosat selama 2024 mencapai Rp 26,3 miliar. Ini naik 10,2% dari tahun sebelumnya Rp 23,938 miliar.

    Sementara itu untuk total pendapatan mengalami kenaikan 9,1%. Dari Rp 51,229 triliun pada 2023, menjadi Rp 55,887 miliar tahun lalu.

    “Indosat memiliki pertumbuhan pendapatan yang kuat lebih dari 9% dari tahun ke tahun. Dan salah satu hal yang sangat penting bagi kami adalah pertumbuhan pendapatan tumbuh terhadap EBITDA. EBITDA tumbuh lebih cepat daripada pendapatan, lebih dari 10%,” kata President Director & CEO Indosat, Vikram Sinha.

    (dem/dem)

  • Segmen B2B Indosat Tumbuh 23,5%, Pendapatan Naik jadi Rp55,9 Triliun 2024

    Segmen B2B Indosat Tumbuh 23,5%, Pendapatan Naik jadi Rp55,9 Triliun 2024

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) mencatatkan pertumbuhan pendapatan dari layanan MIDI sebesar Rp7,98 triliun pada 2024 atau naik 23,5% year on year/YoY.

    Kinerja positif yang dibukukan ISAT dari segmen business to business (B2B) berkontribusi cukup signikan pada total pendapatan perusahaan yang tercatat sebesar Rp55,88 triliun. Pendapatan tersebut tumbuh sekitar 9% secara tahunan.

    Adapun bisnis MIDI Indosat meliputi layanan internet tetap, konektivitas tetap dan layanan teknologi informasi, termasuk di dalamnya kecerdasan buatan (AI). 

    President Director and CEO Indosat Vikram Sinha mengatakan kecerdasan buatan telah membantu perusahaan yang lebih efisiens dari sisi operasional hingga meninggkatkan rerata pendapatan yang dibukukan per pelanggan (ARPU). Pengalaman yang baik ini kemudian, Indosat tawarkan kepada para pelanggan korporasi.

    Indosat bekerja sama dengan berbagai mitra dalam menghadirkan teknologi dan solusi IT kelas atas untuk membantu pertumbuhan bisnis pelanggan korporasi. 

    “Kita akan meluncurkan solusi AI yang powerfull, yang akan membantu pelanggan kita menyelesaikan masalah. Indosat ingin memastikan bahwa Indonesia berada di depan dalam adaptasi awal AI untuk kesehatan, pendidikan, pembangunan dan juga menggunakan AI untuk menyelesaikan masalah penipuan,” kata Vikram dalam konferensi virtual, Senin (11/2/2025).

    Vikram juga mengatakan perseroan berupaya menghadirkan solusi AI yang membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dan membantu untuk tumbuh. 

    “Kami memberikan solusi yang lebih efektif untuk pelanggan karena itu sudah dibuktikan di dalam Indosat sendiri kami sudah menggunakan AI di berbagai lintas divisi yang ada di dalam perusahaan dan itu sudah menunjukkan performance yang baik buat perusahaan secara operasional,” kata Vikram. 

    Indosat menghadirkan terobosan produk dengan mengintegrasikan AI ke dalam operasional jaringannya, memastikan konektivitas unggul dan layanan terbaik di seluruh Indonesia.

    Sebagai bagian dari transformasi ini, Indosat menjalin kemitraan strategis dengan Nokia untuk memperluas jaringan 4G dan 5G, memanfaatkan optimasi berbasis AI guna meningkatkan cakupan dan efisiensi. Total BTS yang dioperasikan Indosat untuk seluruh teknologi mencapai 250.000 unit pada 2024.

    Didukung teknologi radio multiband dan solusi baseband dari Nokia, Indosat menghadirkan jaringan yang lebih cerdas dan adaptif, memperkuat komitmennya dalam memanfaatkan teknologi AI terkini untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

    Indosat tak hanya fokus memperluas jaringan, juga menyiapkan sumber daya manusia unggul. Berkolaborasi dengan UiPath, Indosat memiliki target memberdayakan 100.000 orang Indonesia dengan keterampilan otomasi hingga 2027, membekali mereka pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkompetisi di era ekonomi digital berbasis AI. 

    Selain mendorong AI, sepanjang 2024, trafik data Indosat mengalami lonjakan signifikan sebesar 12,2% YoY, mencerminkan tingginya permintaan akan layanan Indosat. Guna mengakomodasi pertumbuhan ini, perusahaan secara agresif memperluas infrastruktur jaringan dengan menambah jumlah BTS 4G hingga mencapai 196.000, memastikan pengalaman pelanggan yang mulus dan unggul. 

    Peningkatan jaringan yang signifikan ini telah berdampak langsung pada kualitas layanan, terutama bagi pelanggan Indosat yang menggunakan merek IM3 dan Tri, yang berkontribusi pada kenaikan 6,6% sehingga menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) menjadi mendekati Rp40.000. 

    “Pencapaian ini menegaskan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan memantapkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan,” kata Vikram.  

  • Duh, Hardisk Bekas Tambang Kripto Kok Dijual Seperti Baru

    Duh, Hardisk Bekas Tambang Kripto Kok Dijual Seperti Baru

    Jakarta

    Baru-baru ini tersiar kabar yang melibatkan hardisk buatan Seagate yang bekas dipakai di tambang kripto namun dijual layaknya barang baru.

    Beberapa bukti memperlihatkan kalau hardisk yang dimaksud itu berasal dari tambang kripto di China. Banyak di antaranya sudah dipakai selama 15 ribu sampai 50 ribu jam, namun dimodifikasi agar terlihat seperti baru sebelum dijual kembali.

    Laporan ini pertama muncul pada Januari lalu, saat si pembeli menyadari hardisk Seagate Exos yang ia beli tidak konsisten performanya saat dipakai di data center. Kemudian bermacam kasus sejenis ditemukan di berbagai negara, tepatnya di lebih dari 200 negara yang tersebar dari Australia, Eropa, Thailan, dan Jepang.

    Dalam pernyataannya, Seagate menyebut produk yang bermasalah itu bukan berasal dari jalur distribusi resmi mereka, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (11/2/2025).

    Menurut investigasi yang dilakukan Heise, hardisk tersebut berasal dari tambang kripto Chia, yaitu mata uang kripto yang membuat permintaan hardisk melesat dan membuat harganya pun melonjak.

    Selama booming tambang Chia, permintaan hardisk dengan kapasitas besar meroket. Namun setelah keuntungan dari menambang China merosot, banyak tambangnya yang ditutup dan akhirnya komponen bekas tambang itu dijual ke pasaran.

    Hardisk yang bermasalah itu memang terlihat normal saat dipantau lewat parameter SMART. Namun parameter pengukur umur hardisk tersebut bisa di-reset. Masalahnya baru terlihat saat hardisk dicek menggunakan Field-Accessible Reliability Metrics (FARM) yang bisa melihat umur hardisk yang sebenarnya.

    Beberapa peritel yang menjual hardisk bermasalah itu punya pendekatan yang berbeda untuk menyelesaikan masalahnya dengan si pembeli. Beberapa di antaranya mengaku tak menyadari kalau hardisk yang dijual itu bermasalah dan menawarkan refund atau menukar hardisk tersebut dengan yang benar-benar baru.

    Namun beberapa di antaranya bersikukuh kalau hardisk tersebut mereka dapat dari pemasok yang bisa dipercaya. Sementara itu Seagate bekerja sama dengan pihak berwajib untuk menginvestigasi masalah ini, dan juga meminta pembeli yang menjadi korban untuk melaporkan kasusnya itu ke mereka.

    (asj/afr)

  • Modus Baru Bobol Rekening Lewat Laptop, Merek Mahal Ini Jadi Sasaran

    Modus Baru Bobol Rekening Lewat Laptop, Merek Mahal Ini Jadi Sasaran

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengguna masOC perlu waspada dengan ancaman malware. Dalam laporan dari Malwarebytes menyebutkan serangan itu akan kian masif pada 2025.

    Bahkan laporan tahunan itu menyebut serangan pada perangkat Mac akan berisiko hampir sama banyaknya dengan pengguna Windows PC selama tahun ini.

    Menurut laporan pengguna Mac memang jauh lebih aman dibandingkan Windows. Namun tingkatnya bisa mendekati ancaman pada perangkat Windows.

    “Malware Mac berevolusi sebagai penjaga ancaman utama lama untuk memberi jalan bagi pelaku baru yang berbahaya untuk menggunakan set fitur dan kanal distribusi,” jelas laporan itu dikutip dari 9to5Mac, Jumat (7/2/2025).

    Malware macOS akan mengesktrak data pribadi, dalam hal ini seperti password maupun nomor kartu kredit para korbannya. Laporan itu mengingatkan soal password dan cookie autentikasi bagi mereka yang menggunakan Mac.

    “Para pencuri akan menghasilkan uang untuk menemukan dan mencuri informasi penting dari komputer yang dicuri. Misalnya detail kartu kredit, cookie autentikasi, password dan kripto,” kata Malwarebytes.

    Laporan yang sama menyebut dua pelaku Atomic Stealer dan Poseidon yang bisa membahayakan perangkat Mac. Misalnya Poseidon mengaku bisa mencuri cryptocurrency dari 160 wallet yang berbeda hingga password dari browser dan password manager.

    Dengan hasil curiannya, para pelaku bisa menggunakannya untuk mencuri informasi lain. Selain itu dapat mengakses sumber daya sensitif dan melakukan social engineering.

    Artificial Intelligence juga memiliki peranan penting dalam kejadian ini. Agen AI akan berguna untuk serangan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

    (dem/dem)

  • iPhone Lipat Diprediksi Meluncur pada 2026, Bagaimana dengan Trifold? – Page 3

    iPhone Lipat Diprediksi Meluncur pada 2026, Bagaimana dengan Trifold? – Page 3

    Di sisi lain, iPhone SE generasi keempat alias iPhone SE 4 dikabarkan akan segera rilis dalam minggu-minggu ini. Ada kabar yang meyebutkan kalau iPhone SE 4 akan rilis pada Hari Valentine atau 14 Februari 2025.

    Terlepas dari tanggal perilisannya, sejumlah rumor telah mengupas berbagai bocoran spesifikasi dari perangkat iPhone yang harganya lebih terjangkau dibanding model lainnya ini.

    Mengutip Apple Insider, Senin (10/2/2025), kabarnya iPhone SE 4 akan membawa desain yang berbeda dibandingkan iPhone SE generasi sebelumnya.

    Sekadar informasi, iPhone SE generasi sebelumnya selalu hadir dengan desain yang mirip. Mulai dari bezel yang tebal hingga tombol Touch ID Home yang masih tersemat di bawah layar, membuatnya tampak seperti iPhone 8.

    Namun, tampaknya desain lawas itu segera berubah seiring dengan peluncuran iPhone SE 4 yang akan datang. Kabarnya, iPhone SE 4 akan mengusung desain mirip dengan iPhone 14 dan iPhone yang lebih modern, tanpa tombol Touch ID dan bezel lebih tipis.

    Hadir dengan desain seperti iPhone 14, iPhone SE 4 kemungkinan akan hadir dengan material aluminium yang terbuat dari paduan yang sama.

    Selain desain, spesifikasi iPhone SE 4 juga akan menghadirkan deretan hardware seperti yang dipakai pada iPhone-iPhone model terbaru. Misalnya penggunaan modem milik Apple sendiri alih-alih memakai modem dari pihak lain.

    Apple kabarnya berencana menggunakan versi modifikasi dari sasis iPhone 14. Perubahan kecil ada di ruang untuk port USB Type C menggantikan Lightning port.

  • Sengitnya Perjuangan War Tiket Mudik Lebaran Pakai KAI Access

    Sengitnya Perjuangan War Tiket Mudik Lebaran Pakai KAI Access

    Jakarta

    Momen mudik Lebaran selalu menjadi tradisi yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Namun, di balik kebahagiaan berkumpul dengan keluarga, ada satu tantangan yang harus dihadapi: perjuangan mendapatkan tiket kereta api (KA) untuk mudik.

    Tahun ini, perjuangan tersebut semakin sengit dengan adanya fenomena “war tiket” yang membuat KAI Access menjadi trending topic di media sosial. Banyak warganet yang berbagi cerita perjuangan mereka memesan tiket mudik Lebaran 2025.

    Ada yang musti membuka di berbagai saluran pen jualan hingga musti mengulang berjam-jam. Ungkapan kegembiraan bisa meraih tiket kereta untuk mudik lebaran nanti turut diungkap warganet berikut trik jitu mereka mendapatkannya.

    Berikut rangkumannya:

    “HAAAAA AKHIRNYAAAA DAPET JUGA TIKET KERETANYAAA 😭😭 padahal td ngecek kai access berkali2 tiket ke tegal yg under 480 udah abis. ehhhh tiba2 iseng cek traveloka ternyata masih ada yg 300 huaaa😭 alhamdulillah masyaa allah terharuuuu 🥹😭😭,” ungkap @nother96.

    “kalo diperhatiin dari war tiket kai malem ini yg paling update stocknya itu yg di booking kai deh, kai access, traveloka dll telat update
    mending yg mau war tiket lewat website booking kai aja, cuma ya harus sabar karena bapuk parah,” tips dari @wepwepp17.

    “Finally baru dpt dijam set4 lewt, sumpah stress parahh. Pas thn23-24 war ga smpe segininya pling jam 1 jg lngsng dpt, knp skrng parahh bgtt???😀😀 Bulakbalik antrean kai access-antrean web booking kai-trveloka dri jam 00.00, tpi masyaAllah malah bikin stress 😵😵💫,” ungkap @annajihwng.

    “BIASANE WAR KRS, SAIKI WAR TIKET KAI CIKK WKWK.. ternyata mas2 yang war tiket buat pulang kampung mudik lebaran sekarang adalah aku :(. Mulai sebelum jam 12 ws stay pantengin kai access. Udah pasin dari pasarsenen ke madiun yang awalnya tersedia, kendala di proses pemesanan…,” ujar @Mrwamhar.

    “Yang masih berkutik sama KAI Access dan akan war lagi, please pentelengin beberapa aplikasi dan jgn cuma ngandelin KAI Access aja.
    Coba akses dari Traveloka, https://Tiket.com dan web KAInya. Kalo error, jangan menyerah & paksa terus,” saran @aprilianisya_.

    “BERHASIL WAR TIKET KERETAAA. 3 jam mantengin kai access membuahkan hasil! PujiTuhannnn pulangggg kampunggg ikut lebaran 😎,” kata @ilikenastar.

    Jadwal ‘War’ Tiket Mudik Lebaran

    Foto: Grandyos Zafna

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka pemesanan tiket mudik Lebaran 2025 sejak beberapa waktu lalu. Tiket KA untuk mudik Lebaran 2025 bisa dibeli setiap hari mulai pukul 00.00 WIB melalui berbagai platform, seperti aplikasi Access by KAI, website booking.kai.id, maupun online travel agent yang bekerja sama dengan KAI. Namun, antusiasme masyarakat yang begitu tinggi membuat proses pemesanan tiket tidak semudah yang dibayangkan.

    Berikut ini jadwal lengkapnya sebagai panduan bagi detikers!

    Jadwal Pemesanan Tiket KA Lebaran 2025 Keberangkatan H-10 sampai Idul Fitri

    Tiket keberangkatan Jumat, 21 Maret 2025 (H-10) bisa dipesan mulai 4 Februari 2025Tiket keberangkatan Sabtu, 22 Maret 2025 (H-9) bisa dipesan mulai 5 Februari 2025Tiket keberangkatan Minggu, 23 Maret 2025 (H-8) bisa dipesan mulai 6 Februari 2025Tiket keberangkatan Senin, 24 Maret 2025 (H-7) bisa dipesan mulai 7 Februari 2025Tiket keberangkatan Selasa, 25 Maret 2025 (H-6) bisa dipesan mulai 8 Februari 2025Tiket keberangkatan Rabu, 26 Maret 2025 (H-5) bisa dipesan mulai 9 Februari 2025Tiket keberangkatan Kamis, 27 Maret 2025 (H-4) bisa dipesan mulai 10 Februari 2025Tiket keberangkatan Jumat, 28 Maret 2025 (H-3) bisa dipesan mulai 11 Februari 2025Tiket keberangkatan Sabtu, 29 Maret 2025 (H-2) bisa dipesan mulai 12 Februari 2025Tiket keberangkatan Minggu, 30 Maret 2025 (H-1) bisa dipesan mulai 13 Februari 2025Tiket keberangkatan Senin, 31 Maret 2025 (H) bisa dipesan mulai 14 Februari 2025Tiket keberangkatan Selasa, 1 April 2025 (H1) bisa dipesan mulai 15 Februari 2025

    Jadwal Pemesanan Tiket KA Lebaran 2025 Keberangkatan H+1 sampai H+10

    Tiket keberangkatan Rabu, 2 April 2025 (H+1) bisa dipesan mulai 16 Februari 2025Tiket keberangkatan Kamis, 3 April 2025 (H+2) bisa dipesan mulai 17 Februari 2025Tiket keberangkatan Jumat, 4 April 2025 (H+3) bisa dipesan mulai 18 Februari 2025Tiket keberangkatan Sabtu, 5 April 2025 (H+4) bisa dipesan mulai 19 Februari 2025Tiket keberangkatan Minggu, 6 April 2025 (H+5) bisa dipesan mulai 20 Februari 2025Tiket keberangkatan Senin, 7 April 2025 (H+6) bisa dipesan mulai 21 Februari 2025Tiket keberangkatan Selasa, 8 April 2025 (H+7) bisa dipesan mulai 22 Februari 2025Tiket keberangkatan Rabu, 9 April 2025 (H+8) bisa dipesan mulai 23 Februari 2025Tiket keberangkatan Kamis, 10 April 2025 (H+9) bisa dipesan mulai 24 Februari 2025Tiket keberangkatan Jumat, 11 April 2025 (H+10) bisa dipesan mulai 25 Februari 2025

    Cara Beli Tiket Kereta Api Online

    Foto: Dok. KAI

    Kamu bisa memesan tiket KA Lebaran 2025 melalui aplikasi Access by KAI maupun situs resmi KAI di antaranya. Begini langkah-langkahnya yang perlu detikers pahami:

    Tata Cara Beli Tiket KA Via Access by KAI

    Unduh aplikasi Access by KAI di Play Store maupun App Store.Bila akan memakai KA antarkota, tekan opsi ‘Antar Kota’.Masukkan informasi yang dipersyaratkan, meliputi stasiun kedatangan-keberangkatan, tanggal pergi, hingga jumlah penumpang.Tekan ‘Cari Tiket Antar Kota’.Akan ditampilkan daftar kereta api yang beroperasi.Pilih kereta yang diinginkan dan kelasnya.Isi data penumpang dan informasi lainnya sampai lengkap.Lanjutkan ke pembayaran dengan menekan tombol ‘Bayar’.Usai menyelesaikan proses pembayaran, kamu akan mendapat tiket.Selesai!

    Tata Cara Beli Tiket KA Via Situs Booking KAI

    Buka situs Booking KAI via tautan https://booking.kai.id/.Masukkan informasi seputar stasiun asal-tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang.Tekan ‘Cari & Pesan Tiket’.Akan ditampilkan pilihan kereta api yang tersedia.Tekan tombol ‘Pesan’ untuk melakukan pemesanan.Isi data pemesan maupun data penumpang.Beri tanda centang di kotak persyaratan dan ketentuan. Isikan juga captcha.Lalu, tekan ‘Pesan’.Lanjutkan pengisian data yang dipersyaratkan, seperti kursi kereta.Lakukan pembayaran dan dapatkan tiket KA yang kamu beli.Selesai!

    Halaman 2 dari 3

    Simak Video “Video: KAI Expo 2024 Kembali Hadir, Jual Tiket Kereta Mulai Rp 79 Ribu”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)