Jenis Media: Tekno

  • Kumpulan Kode Redeem FF Hari Ini Rabu 12 Februari 2025, Ada Hadiah Spesial!

    Kumpulan Kode Redeem FF Hari Ini Rabu 12 Februari 2025, Ada Hadiah Spesial!

    Bisnis.com, JAKARTA – Coba tukarkan kode redeem FF hari ini, Rabu 12 Februari 2025, dengan hadiah spesial yang diberikan developer.

    Kode redeem menjadi salah satu cara pemain mendapatkan item gratis secara cuma-cuma. Kode redeem FF biasanya diberikan oleh pengembang setiap harinya.

    Akan tetapi, pemain harus cepat menukarkan kode redeem setelah mengetahui kodenya. Sebab satu kode redeem hanya bisa ditukar sekali saja.

    Update kode redeem FF hari ini, Rabu 12 Februari 2025

    KIOSGAMERUTO

    WD2ATK3ZEA55

    VNY3MQWNKEGU

    Cara klaim kode redeem FF

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • Update Kode Redeem ML Hari Ini Rabu 12 Februari 2025

    Update Kode Redeem ML Hari Ini Rabu 12 Februari 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Ada beberapa kode redeem ML hari ini, Rabu 12 Februari 2025, yang bisa Anda tukarkan dengan hadiah menarik jika beruntung.

    Tak dapat dipungkiri jika kode redeem menjadi salah satu hal yang cukup ditunggu-tunggu pemain Mobile Legends.

    Sebab dengan kode ini, seseorang bisa mendapatkan berbagai hadiah gratis secara mudah. Anad ahanya perlu klaim dengan memasukkan kode redeem yang ada.

    Namun, satu kode redeem hanya bisa digunakan satu kali sehingga Anda perlu bergerak cepat agar tidak ketinggalan.

    Update kode redeem ML hari ini Rabu 12 Februari 2025

    0fo8oyojo

    ikfbrfonx

    Cara klaim kode redeem ML

    1. Buka situs m.mobilelegends.com/en/codexchange

    2. Masukkan salah satu kode redeem ML pada kotak Redemption Code 

    3. Lalu tuliskan ID user gim Mobile Legends dan kode verifikasi pada kotak yang ada

    4. Klik Redeem, bila berhasil hadiah akan otomatis masuk ke dalam inbox game

  • Smartphone Sudah Terhubung ke Starlink, Akhir Menara Telekomunikasi?

    Smartphone Sudah Terhubung ke Starlink, Akhir Menara Telekomunikasi?

    Jakarta

    T-Mobile, operator seluler Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah menghadirkan layanan telekomunikasi yang terhubung langsung ke satelit Starlink. Inovasi tersebut digadang-gadang jadi jawaban atas persoalan blankspot ketika tidak ada menara telekomunikasi.

    Layanan tersebut merupakan hasil kerja sama antara T-Mobile dan SpaceX yang menyasar area seluas 500 ribu mil persegi di AS yang tidak ada sinyal. Kemitraan ini juga untuk memperluas konektivitas ke daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau infrastruktur di daratan.

    “Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan orang di AS, dan salah satu hal yang sangat khas dari jaringan ini adalah ia bekerja di hampir semua telepon pintar dari empat tahun terakhir,” ujar Mike Katz, President Marketing, Innovation & Experience T-Mobile dilansir dari Reuters, Selasa (11/2/2025).

    Pengguna dimungkinkan untuk mengirim dan menerima SMS tanpa perlu koneksi seluler atau WiFi. Untuk saat ini, layanan satellite-to-cell hanya mendukung pesan teks, tetapi T-Mobile menyatakan nanti akan mendukung untuk layanan telepon suara dan data ke pelanggan.

    Adapun cara kerja layanan ini, ketika pengguna T-Mobile berada di area tidak ada sinyal seluler, maka ponselnya akan langsung terhubung ke Starlink. Sebagai catatan, tidak semua smartphone kompatibel dengan layanan ini alias masih terbatas.

    T-Mobile telah bekerjasama dengan Apple dan Google untuk memastikan pengalaman ini terintegrasi langsung ke dalam sistem operasi mereka, sehingga ke depannya akan menjadi sistem satelit default di smartphone berbasis Android dan juga iOS.

    Layanan satellite-to-cell ini masih dalam versi beta, sehingga pengguna di AS bisa menikmatinya secara gratis hingga Juli 2025. Nanti jika sudah dikomersialkan, biaya langganannya dikenakan USD 15 atau Rp 245 ribu per bulannya.

    T-Mobile mengajak pelanggan seluler operator lainnya, seperti AT&T dan Verizon, untuk bergabung dalam layanan ini. Jika berminat, maka biaya langganan USD 20 atau Rp 327 ribu per bulannya.

    (agt/fyk)

  • Kisah Hacker Bajak Akun X Agar Bitcoin Meroket

    Kisah Hacker Bajak Akun X Agar Bitcoin Meroket

    Jakarta

    Seorang hacker bernama Eric Council Jr. mengaku bersalah atas sejumlah pelanggaran yang ia lakukan pada Januari 2024 lalu, yaitu mengambil alih sebuah akun X.

    Akun X yang ia bajak itu tak main-main, yaitu akun X milik Securities and Exchange Commission (SEC), lembaga pemerintah Amerika Serikat yang mengatur industri sekuritas, serta mengatur agar pasar tetap adil dan efisien. Atau dengan kata lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK)-nya Amerika Serikat.

    Saat ia sudah berhasil membajak akun X milik SEC itu, rekannya sudah menyiapkan sejumlah pesan, gambar, dan pernyataan palsu dari bos SEC saat itu Gary Gensler untuk diposting. Tujuannya adalah untuk menggenjot nilai tukar Bitcoin.

    Salah satu postingan X-nya adalah menyebut Bitcoin Exchange Traded Funds (ETC) sudah mendapat persetujuan dari pemerintah Amerika. Postingan itu sempat membuat nilai tukar Bitcoin melesat lebih dari USD 1.000.

    Langkah yang dilakukan Council untuk membajak akun X SEC itu cukup panjang. Pertama ia melakukan serangan SIM swap untuk memindahkan nomor telepon yang terdaftar di akun @SEC ke kartu SIM yang ia pasang di iPhone miliknya.

    Caranya adalah dengan mengumpulkan data diri orang yang nomor telepon tersebut, dan kemudian ia mencetak tanda pengenal palsu menggunakan data diri itu. Lalu ia datang ke operator seluler AT&T untuk meminta akses ke nomor tersebut dengan mengaku sebagai pemiliknya.

    Setelah berhasil menguasai kartu SIM itu, Council mengambil alih akun X @SEC dengan meminta kode recovery akun yang dikirim menggunakan SMS. Atas jasanya ini, Council mengaku dibayar oleh rekannya itu menggunakan Bitcoin.

    Menariknya, penyidik menemukan bahwa Council melakukan pencarian di Google dengan kata kunci yang menarik. Salah satunya adalah “Apakah tanda kalau anda sedang diselidiki oleh pihak berwajib atau FBI bahkan sebelum anda dihubungi oleh mereka”.

    Council diputus bersalah dan menghadapi hukuman maksimal selama lima tahun penjara. Hukuman penjara itu akan dimulai pada 16 Mei mendatang, demikian dikutip detiKINET dari The Verge, Selasa (11/2/2025).

    (asj/asj)

  • Honor Pede Bisa Salip Samsung dan Apple di Indonesia

    Honor Pede Bisa Salip Samsung dan Apple di Indonesia

    Jakarta

    Honor kembali ke Indonesia dengan ambisi besar. Tidak seperti brand China lainnya yang fokus pada segmen entry level saat ekspansi di Tanah Air, Honor langsung membidik pasar HP premium di Tanah Air.

    Strategi ini sempat diragukan sejumlah pihak. Salah satunya rekan Victor Yu, Marketing Director South Pacific Honor, yang mengatakan 70-80% pangsa pasar di Indonesia adalah low-end. Sehingga langkah Honor bakal sulit di segmen premium.

    “Tapi saya katakan kepada mereka, sekarang dunia sedang berubah. Asia sedang bangkit, dan Indonesia berkembang sangat-sangat cepat sekarang,” ujar Yu saat media hands-on di Jakarta, Selasa (11/2/2025).

    “Jadi kami percaya, Honor percaya, bahwa pasar Indonesia akan menjadi premium dan semakin premium di masa depan. Jadi itulah brand positioning kami, dan itulah mengapa kami kembali ke Indonesia. Kami ingin membuat yang premium menjadi lebih mudah diakses,” tegas Yu.

    Bahkan Honor punya keinginan menyalip posisi Samsung dan Apple yang saat ini menjadi penguasa pasar premium di Indonesia. Yu yakin Honor bisa mewujudkan hal tersebut mengingat kesuksesan mereka di pasar Malaysia.

    “Kami bersaing dengan Samsung dan iPhone secara langsung di Malaysia beberapa tahun terakhir. Dan sekarang, kami nomor tiga di Malaysia setelah Samsung dan iPhone,” ungkapnya.

    Victor Yu, Marketing Director Honor South Pacific Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Ada sejumlah strategi yang disiapkan Honor agar mereka bisa menyalip Samsung dan Apple di pasar Indonesia. Pertama, inovasi.

    Honor berjanji akan memberikan upgrade besar pada setiap produk yang dirilis. Inovasi yang dihadirkan adalah terbaru, baik hasil dari pusat riset sendiri maupun buah kolaborasi dengan partner, seperti Google dan Qualcomm.

    “Jadi kami bisa memberi pelanggan sesuatu berbeda,” tegas Yu.

    Kedua dapat dipercaya. Yu mencontohkan Apple hanya memiliki tim kecil di setiap negara karena hanya mengurusi distributor saja. Honor melakukan langkah berbeda dengan perusahaan lokal yang merekrut talenta di setiap negara.

    “Kami akan merekrut tim servis dan ritel. Kami ingin memberikan pelayanan ke konsumen secara langsung. Jadi saya pikir kami bisa ingin lebih dipercaya oleh pelanggan dengan melokalisasi. Dan hanya jika kami fokus pada Indonesia,” kata Yu.

    “Karena itu, seperti tadi saya katakan, kami datang di sini untuk jangka panjang. Kami tidak ingin hanya (sekadar) menghasilkan uang lalu pergi,” pungkasnya.

    (afr/afr)

  • Profesi Ini Rawan PHK Massal, Pencipta ChatGPT Buka-bukaan Fakta

    Profesi Ini Rawan PHK Massal, Pencipta ChatGPT Buka-bukaan Fakta

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kekhawatiran soal PHK massal kian menghantui para pekerja di seluruh dunia. Sejak masa pandemi dan pasca-pandemi, masih sering terdengar perusahaan teknologi dan sektor lain melakukan pemangkasan karyawan.

    Alasannya beragam, mulai dari efisiensi hingga perubahan struktur organisasi. Keresahan soal PHK yang akan berlanjut di masa depan juga dipicu pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang kian canggih.

    AI mulai populer sejak OpenAI meluncurkan ChatGPT pada 2023 lalu. Sejak saat itu, perusahaan teknologi di seluruh dunia berlomba-lomba mengembangkan layanan AI untuk berbagai kebutuhan.

    AI yang canggih digadang-gadang bisa menggantikan manusia untuk beberapa pekerjaan yang sifatnya repetitif dan monoton. Bahkan, CEO OpenAI Sam Altman mengatakan AI bisa menggantikan pekerjaan software engineer.

    Altman mengatakan AI mampu mengerjakan beragam tugas yang saat ini dilakukan oleh software engineer dengan pengalaman bertahun-tahun di perusahaan kawakan, dikutip dari Mashable, Selasa (11/2/2025).

    Kendati demikian, AI masih memiliki keterbatasan terkait ide inovatif. Sebab, AI hanya bisa menjalankan perintah dan arahan manusia. Untuk itu, ia membahasakan agen AI sebagai kolaborator virtual pekerja manusia.

    “Bayangkan jika ada 1.000 atau 1 juta agen AI,” kata dia.

    Meski banyak pekerjaan repetitif yang akan tergantikan, namun Altman menekankan soal potensi inovasi yang lebih besar ketika manusia hanya fokus pada kerja-kerja inovatif dan kreatif. Jadi, waktu dan energi untuk melakukan pekerjaan repetitif bisa dialihkan sepenuhnya ke AI.

    Ia memprediksi dalam dekade mendatang, setiap orang bisa mengerjakan jauh lebih banyak hal ketimbang potensi mereka saat ini.

    Terkait kekhawatiran PHK massal, Altman mengatakan perlu dilakukan pengukuran terkait modal dan angkatan kerja. Dengan begitu bisa dilakukan langkah-langkah untuk mencegak ketidaksetaraan dalam pekerjaan manusia.

    Ia memberikan solusi bahwa setiap pekerja manusia perlu diberikan akses ke AI canggih, agar mereka bisa mengembangkan diri dan memikirkan ide inspiratif demi mengembangkan diri.

    (fab/fab)

  • Ekspansi Indosat Berlanjut, Laba Naik

    Ekspansi Indosat Berlanjut, Laba Naik

    Bisnis.com, JAKARTA  – PT Indosat Tbk (ISAT) mencatatkan kinerja positif pada 2024 di tengah kondisi industri telekomunikasi yang cukup menantang. 

    Emiten berkode saham ISAT itu membukukan pendapatan sebesar Rp55,9 triliun dan laba bersih sebesar Rp4,9 triliun atau meningkat 9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

    Pertumbuhan terjadi di tengah daya beli masyarakat yang melandai, di sisi lain persaingan antar perusahaan telekomunikasi juga makin ketat.  

    Indosat berhasil menavigasi pertumbuhan pendapatan hampir 10%, dikontribusikan dari bisnis selulernya dan pertumbuhan sektor MIDI hingga 23,5% YoY, yang datang dari meningkatnya permintaan atas Layanan teknologi informasi.

    Sementara itu dari sisi jaringan, Indosat memperluas jaringan dan meningkatkan kapasitas dengan menambah 19.000 base transceiver station (BTS) 4G sehingga total BTS khusus internet yang dioperasikan pada periode tersebut mencapai 196.000 BTS 4G dan 107 BTS 5G. 

    President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan 2024 merupakan tahun yang penuh tantangan, namun Indosat berhasil mempertahankan kinerja yang kuat sebagai bukti komitmen perusahaan untuk terus memberikan nilai maksimal kepada pemangku kepentingan. 

    “Kinerja keuangan dan operasional yang solid ini juga menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia,” kata Vikram, Senin (11/2/2025). 

    Sepanjang 2024, trafik data Indosat mengalami lonjakan signifikan sebesar 12,2% YoY. Vikram mengatakan hal ini mencerminkan tingginya permintaan akan layanan Indosat.

    Guna mengakomodasi pertumbuhan ini, perusahaan secara agresif memperluas infrastruktur jaringan dengan menambah jumlah BTS 4G.

    Indosat juga memastikan pengalaman pelanggan yang mulus dan unggul. Peningkatan jaringan yang signifikan ini telah berdampak langsung pada kualitas layanan, terutama bagi pelanggan Indosat yang menggunakan merek IM3 dan Tri, yang berkontribusi pada kenaikan 6,6% sehingga menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) menjadi mendekati Rp4.000.

    Lebih dari sekadar meningkatkan pengalaman pelanggan, Indosat menghadirkan terobosan produk dengan mengintegrasikan AI ke dalam operasional jaringannya, memastikan konektivitas unggul dan layanan terbaik di seluruh Indonesia. 

    Sebagai bagian dari transformasi ini, Indosat menjalin kemitraan strategis dengan Nokia untuk memperluas jaringan 4G dan 5G, memanfaatkan optimasi berbasis AI guna meningkatkan cakupan dan efisiensi. Didukung teknologi radio multiband dan solusi baseband dari Nokia, Indosat menghadirkan jaringan yang lebih cerdas dan adaptif, memperkuat komitmennya dalam memanfaatkan teknologi AI terkini untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

    Transformasi berbasis AI ini didukung oleh investasi yang signifikan. Pada 2024, belanja modal (Capex) Indosat mencapai Rp9,937 triliun, dengan 82,7% dialokasikan untuk peningkatan jaringan seluler guna memenuhi kebutuhan yang terus meningkat terhadap layanan digital berbasis AI. Sisa belanja modal dialokasikan untuk MIDI dan IT demi memperkokoh posisi Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis AI (AI-Native TelCo).

    “Dengan mengintegrasikan AI di setiap lini operasional dan menjalin kolaborasi yang berakar pada semangat gotong royong, semakin cepat kami mencapai tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia,” ujar Vikram.

  • Bocil Hati-hati, Ada 1,6 Juta Serangan Siber ke Pemain Roblox pada 2024!

    Bocil Hati-hati, Ada 1,6 Juta Serangan Siber ke Pemain Roblox pada 2024!

    Jakarta

    Para ahli dari Kaspersky menyorot risiko serangan siber terhadap game populer anak, Roblox. Ada ancaman siber yang luar biasa dengan 1,6 juta percobaan serangan pada tahun 2024 yang terdeteksi Kaspersky.

    Diketahui bahwa Roblox bukan sekadar game biasa, ini adalah taman bermain digital bagi anak-anak di seluruh dunia. Saking menariknya, banyak penjahat siber yang menyamarkan malware sebagai mod, cheat, atau generator mata uang gratis dalam game.

    Pada tahun 2024, Kaspersky mendeteksi sebanyak 1.612.921 serangan yang disamarkan sebagai file terkait Roblox. Jumlah serangan tertinggi tercatat pada bulan Agustus (179.286), diikuti oleh September (160.116) dan Oktober (151.638).

    Penawaran paling menggiurkan — yang tentu saja penipuan — adalah iming-iming menerima mata uang dalam permainan secara gratis.

    Dalam salah satu skema yang telah terungkap, pengguna diminta untuk memasukkan ID permainan atau nama pengguna, memilih platform pilihan mereka (Android, iOS, Windows, PlayStation, Xbox, atau Nintendo) untuk menciptakan ilusi alat multi-platform resmi. Di bawahnya, pelacak aktivitas palsu menunjukkan transaksi terkini dari pemain yang diduga menerima Robux, memperkuat kredibilitas penipuan tersebut.

    Setelah pemain melanjutkan, mereka diminta untuk menyelesaikan berbagai jenis ‘verifikasi’ atau survei untuk memenangkan hadiah yang mungkin termasuk iPhone baru, PlayStation, dan lainnya. Namun, untuk menerima hadiah tersebut, korban diminta untuk membayarkan sejumlah uang pengiriman. Setelah menyelesaikan pembayaran, korban akan kehilangan uang dan tidak menerima hadiah apapun.

    “Hari Internet Aman menjadi pengingat bahwa menjaga keamanan digital telah menjadi lebih penting dari sebelumnya, terutama bagi para gamer muda yang sering menjadi target penjahat dunia maya,” kata Vasily Kolesnikov, pakar keamanan di Kaspersky.

    “Penjahat dunia maya terus mengembangkan taktik mereka, dan untuk melindungi anak-anak yang aktif menjelajahi dunia digital, kita perlu menjadikan keamanan siber sebagai bagian penting dari masa depan mereka. Dengan mempromosikan kebersihan dunia maya, menggunakan solusi keamanan tepercaya, dan mengajarkan hal-hal penting seperti mengaktifkan autentikasi dua faktor, kita dapat menciptakan lingkungan daring yang lebih aman tempat anak-anak dapat menikmati permainan favorit mereka tanpa menjadi korban penipuan,” tambahnya.

    Untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman saat daring, Kaspersky menyarankan pengguna untuk mengambil langkah-langkah berikut:

    Tetap cari informasi tentang ancaman terbaru dan secara aktif memantau aktivitas daring anak-anak mereka, orang tua dapat menciptakan lingkungan daring yang lebih aman bagi anak-anakOrangtua harus berkomunikasi secara terbuka dengan anak-anak tentang potensi risiko yang mungkin dihadapi saat daring dan untuk menegakkan pedoman yang ketat guna memastikan keselamatan merekaBantu anak memilih kata sandi yang unik dan usahakan untuk mengubahnya secara berkalaTerapkan aturan dasar yang jelas tentang apa yang dapat dan tidak dapat mereka lakukan secara daring dan jelaskan mengapa Anda menerapkannya. Anda perlu meninjaunya saat anak Anda bertambah besarDengan aplikasi khusus untuk pengasuhan digital seperti Kaspersky Safe Kids, orang tua dapat secara efektif melindungi anak-anak mereka di ruang daring dan luring. Aplikasi ini membantu orang dewasa memastikan pengalaman digital yang aman dan positif bagi anak-anak dengan membangun kebiasaan yang sehat, melindungi mereka dari konten yang tidak pantas, menyeimbangkan waktu layar, dan memantau lokasi fisik mereka.

    (ask/ask)

  • Dipakai di RI, Aplikasi Delivery Curi Data Pengguna iPhone HP Android

    Dipakai di RI, Aplikasi Delivery Curi Data Pengguna iPhone HP Android

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google dan Apple kecolongan. Sebanyak 20 aplikasi iPhone dan HP Android ketahuan diam-diam mencuri data milik pengguna selama setahun penuh. 

    Aktivitas ilegal 20 aplikasi tersebut baru terungkap setelah dilaporkan oleh peneliti keamanan Kaspersky. Peneliti Kaspersky menemukan bahwa malware bernama SparkCat telah aktif menular lewat beberapa aplikasi sejak Maret 2024.

    Awalnya, peneliti menemukan SparkCat di aplikasi pesan antar yang digunakan di Uni Emirat Arab dan Indonesia. Aplikasi tersebut bernama ComeCome yang telah didownload 10.000 kali lewat Play Store.

    Kemudian, malware yang sama ditemukan di 19 aplikasi lainnya yang secara total telah didownload 242.000 kali lewat Google Play Store.

    SparkCat menggunakan program untuk merekam teks di layar HP penggunanya, yang dikenal sebagai optical character recognition (OCR). Fitur itu digunakan untuk memindai galeri foto pengguna untuk mencari kata sandi pemulihan terkait dompet kripto dalam bahasa Inggris, China, Jepang, hingga Korea.

    Setelah menemukan kata sandi recovery, peretas bisa mengambil alih kendali dompet kripto kemudian menguras isinya.

    Malware SparkCat juga bisa menarik data pribadi dari tangkapan layar, seperti chat dan password.

    Setelah menerima laporan dari Kaspersky, Apple menghapus aplikasi terkait dari App Store, begitu juga Google.

    “Semua aplikasi yang teridentifikasi telah dihapus dari Google Play, dan developer terkait diblokir,” kata Ed Fernandez dari Google kepada Tech Crunch.

    Juru bicara Google menyatakan pengguna Android dilindungi oleh malware lewat fitur keamanan Google Play Protect. Apple tidak memberikan komentar.

    Juru bicara Kaspersky, Rosemarie Gonzales, menyatakan malware tersebut masih beredar di berbagai website dan toko aplikasi tidak resmi.

    (dem/dem)

  • Gua Polandia Simpan Bukti Orang Makan Orang

    Gua Polandia Simpan Bukti Orang Makan Orang

    Jakarta

    Tim peneliti internasional menemukan bukti konklusif tentang sesuatu yang agak suram terkait dengan komunitas manusia di era Magdalenian, sekitar 18.000 tahun lalu. Di zaman itu, mereka mempraktikkan kanibalisme, bahkan sampai memakan otak manusia.

    Penelitian ini menawarkan wawasan baru yang berharga tentang praktik pemakaman dan ritual pada periode ini dalam sejarah manusia purba.

    Pemahaman kita tentang bagaimana para pemburu-pengumpul di Eropa Paleolitik Atas menghadapi kematian agak terbatas karena betapa jarangnya perkumpulan mereka dalam catatan arkeologi. Namun, beberapa contoh yang terpelihara dengan baik telah membantu memberi tahu kita bagaimana kegiatan dan praktik pemakaman Magdalenian bekerja.

    Penelitian para ahli menemukan sisa-sisa kerangka dan posisi tubuh kerangka terrsebut dinilai untuk mendapatkan informasi. Dalam beberapa konteks, tubuh telah ditutupi dengan oker dan dikelilingi oleh barang-barang kuburan, tetapi terkadang tubuh-tubuh ini kehilangan tulang yang diduga merupakan hasil dari hewan pemakan bangkai. Atau, ada kemungkinan beberapa tulang dikumpulkan oleh orang-orang Magdalenian sebagai relik potensial.

    Namun, seperti dikutip dari Scientific Report, frekuensi tulang-tulang yang hilang ini, serta munculnya bagian-bagian tubuh yang terpisah dan tidak terhubung dalam kumpulan-kumpulan kontemporer lainnya, menunjukkan bahwa ada sesuatu yang lebih terjadi. Atau dengan kata lain, bagian-bagian tubuh mungkin dipilih secara sengaja oleh orang-orang karena suatu alasan.

    Diketahui bahwa kelompok Magdalenian menggunakan tulang manusia sebagai bahan baku, terkadang membuat piala tengkorak dan perhiasan. Di antara spesimen-spesimen ini, bukti bekas potongan atau bahkan ukiran sangat banyak. Di Prancis saja, bekas potongan tubu manusia telah muncul pada 93 individu Magdalenian. Ini adalah sekitar 40% dari spesimen yang dihitung untuk periode ini di wilayah tersebut.

    Para ahli masih bingung bagaimana menafsirkan tanda-tanda yang jelas tentang ‘modifikasi yang disebabkan manusia’ pada sisa-sisa dari masa ini. Satu pihak dalam perdebatan berpendapat bahwa tanda-tanda sayatan pada tulang bisa jadi merupakan bukti pembersihan tulang perimortem (dilakukan mendekati atau sekitar waktu kematian). Namun, di pihak lain, beberapa orang percaya bahwa aktivitas ini merupakan tanda-tanda daging yang sedang dipersiapkan untuk dikonsumsi.

    Perdebatan ini telah berlangsung di dunia akademis selama beberapa waktu, tetapi sebuah studi baru telah memperkuat interpretasi yang terakhir. Dalam studi tersebut, sebuah tim peneliti internasional menganalisis tulang-tulang manusia yang terletak di Gua Maszycha di Polandia, sebuah situs yang pertama kali ditemukan pada abad ke-19 dan berisi berbagai peralatan batu serta sisa-sisa hewan dan manusia.

    Selama 1990-an, para peneliti menduga bahwa tengkorak yang ditemukan dalam kumpulan di Gua Maszycha menunjukkan bukti kanibalisme. Namun penelitian selanjutnya menolak dugaan ini dengan alasan bahwa tengkorak tersebut tidak memperlihatkan bekas gigi, juga tidak menunjukkan tanda-tanda modifikasi budaya.

    Tak satu pun dari analisis sebelumnya menggunakan teknik modern dalam penilaiannya, dan di sinilah penelitian baru ini berperan. Kini, para peneliti telah memeriksa ulang data sebelumnya dan menambahkan bukti baru ke dalam perdebatan, sehingga menempatkan kanibalisme kembali dalam pembahasan.

    Menurut pernyataan yang diterjemahkan dari Catalan Institute of Human Paleoecology and Social Evolution, para peneliti memeriksa 63 fragmen tulang manusia, termasuk tengkorak dan tulang tungkai panjang, menggunakan teknik mikroskopi 3D yang canggih. Pendekatan ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang sengaja dibuat oleh manusia, bukan yang terjadi karena proses alamiah.

    Di antara bukti-bukti ini adalah bekas sayatan dan retakan yang sesuai dengan persiapan konsumsi. Misalnya, ada tanda-tanda jelas tentang penghilangan bungkusan otot, otak, dan sumsum tulang.

    “Lokasi dan frekuensi bekas sayatan serta patah tulang yang disengaja jelas menunjukkan eksploitasi nutrisi pada tubuh, sehingga menepis hipotesis adanya perawatan pemakaman tanpa konsumsi,” kata penulis utama studi Francesc Marginedas dalam pernyataan tersebut.

    Tim tersebut yakin bahwa jasad-jasad itu diproses untuk diambil dagingnya segera setelah kematian mereka untuk menghindari pembusukan. Secara khusus, tengkorak memiliki potongan yang menunjukkan pembuangan kulit kepala dan daging, sementara fraktur pada tulang berasal dari upaya untuk mengeluarkan otak, bagian tubuh yang kaya akan sumber nutrisi. Pada saat yang sama, tulang humerus dan femur memiliki fraktur presisi untuk mengambil sumsum tulang mereka, sumber lemak dan kalori lainnya.

    Secara keseluruhan, bukti menunjukkan adanya manipulasi sistematis terhadap sisa-sisa manusia untuk dikonsumsi, yakni mereka yang memakannya memprioritaskan bagian yang paling bergizi.

    “Kanibalisme adalah perilaku yang terdokumentasikan pada berbagai masa dalam evolusi manusia,” kata Dr. Palmira Saladié, salah satu penulis penelitian tersebut.

    “Dalam konteks prasejarah, kanibalisme dapat menjadi respons terhadap kebutuhan bertahan hidup dan praktik ritual atau bahkan dinamika kekerasan antarkelompok,” tambahnya.

    Ada kemungkinan bahwa praktik kanibalisme ini mungkin terkait dengan meningkatnya ketegangan yang disebabkan oleh perluasan demografi yang terjadi setelah Zaman Es Terakhir. Jumlah orang yang lebih banyak mungkin menyebabkan persaingan yang lebih ketat untuk mendapatkan makanan, yang menghasilkan lebih banyak konflik dan akhirnya tindakan ‘kanibalisme perang’.

    Di seluruh Eropa, saat ini terdapat lima situs dari periode ini yang menunjukkan bukti nyata kanibalisme manusia. Jumlah ini, bersama dengan bukti baru dari Gua Maszycha dan data arkeologi terkait, memungkinkan para peneliti untuk menyatakan bahwa kanibalisme merupakan bagian dari budaya masyarakat selama masa Magdalenian. Kanibalisme merupakan cara untuk memakan orang mati di kelompok mereka sendiri, atau melahap musuh mereka.

    (rns/rns)