Jenis Media: Tekno

  • Video: Duolingo Umumkan Maskotnya Meninggal

    Video: Duolingo Umumkan Maskotnya Meninggal

    Video: Duolingo Umumkan Maskotnya Meninggal

  • Apple Batal Kolaborasi dengan DeepSeek, Lebih Pilih Alibaba

    Apple Batal Kolaborasi dengan DeepSeek, Lebih Pilih Alibaba

    Jakarta

    Apple kabarnya sudah memilih mitra untuk mendukung fitur Apple Intelligence di China. Namun bukan DeepSeek yang dipilih seperti kabar sebelumnya.

    Menurut laporan The Information, Apple menggandeng Alibaba untuk menyediakan layanan Apple Intelligence di China. Apple dan Alibaba kabarnya sudah mendaftarkan rangkaian fitur AI pertama yang mereka kembangkan bersama ke regulator China.

    Apple awalnya memilih Baidu sebagai mitranya di China, namun raksasa mesin pencari itu tidak memenuhi standar Apple karena kesulitan mengembangkan model yang sesuai untuk Apple Intelligence.

    Setelah batal bermitra dengan Baidu, Apple sempat melirik perusahaan teknologi lainnya termasuk Alibaba, ByteDance, dan Tencent. DeepSeek, anak baru di sektor AI China, juga sempat dipertimbangkan sebagai mitra Apple.

    Meskipun model AI DeepSeek menjanjikan, Apple akhirnya memutuskan untuk tidak bermitra dengan mereka. Kabarnya DeepSeek tidak memiliki tenaga kerja dan pengalaman yang mumpuni untuk mendukung mitra sebesar Apple.

    Saat ini Apple Intelligence memang belum tersedia untuk pengguna iPhone di China. Apple diwajibkan bekerjasama dengan perusahaan China untuk mengembangkan model AI yang akan dipakai di perangkat yang dijual di China.

    CEO Apple Tim Cook mengatakan absennya Apple Intelligence mengakibatkan penjualan iPhone di China turun 11% pada kuartal terakhir. Vendor ponsel lokal seperti Huawei langsung bergegas memanfaatkan kekosongan tersebut, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (12/2/2025).

    Apple berencana menggelar konferensi developer di Shanghai, China pada 25 Maret 2025. Mungkin debut Apple Intelligence di China akan diumumkan di event tersebut.

    Laporan terbaru ini muncul menjelang peluncuran iPhone SE generasi keempat yang kabarnya tinggal menghitung hari. iPhone dengan harga terjangkau ini merupakan produk kunci untuk meningkatkan penjualan di China dan India, dua pasar ponsel terbesar di dunia.

    (vmp/rns)

  • Ikan Sangat Langka yang Punya Tangan Ini Terancam Punah

    Ikan Sangat Langka yang Punya Tangan Ini Terancam Punah

    Jakarta

    Populasi ikan tangan merah (handfish) yang terancam punah telah mengalami penurunan mengkhawatirkan. Populasi liar, yang pernah berjumlah sekitar 100 ekor, telah menyusut menjadi hanya 75 ekor.

    Perubahan ini disebabkan oleh pemindahan 25 ekor handfish yang dirawat oleh Institute for Marine and Antarctic Studies (IMAS) di Australia. Para pegiat konservasi bertindak cepat, dengan memperoleh izin khusus dari pemerintah Australia untuk memindahkan ikan-ikan tersebut dari habitat aslinya.

    Ikan tangan merah, anggota unik dari keluarga ikan pemancing, memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu ciri khas mereka adalah tidak memiliki kantung renang, organ umum pada sebagian besar ikan yang digunakan untuk mengendalikan daya apung. Sebaliknya, mereka mengandalkan sirip besar yang menyerupai tangan, menggunakannya untuk ‘berjalan’ di sepanjang dasar laut.

    Makhluk aneh ini relatif kecil, panjangnya hanya sekitar 8 cm. Penampilan mereka ditandai dengan nuansa merah muda, merah, atau cokelat, disertai mulut yang selalu terlihat seperti ekspresi cemberut dan menunduk.

    “Jika Anda belum pernah melihat handfish sebelumnya, bayangkan seperti mencelupkan seekor katak ke dalam cat berwarna cerah, dan memaksanya memakai sarung tangan yang dua ukuran lebih besar,” kelakar Handfish Conservation Project mencoba memberikan gambaran rupa handfish dikutip dari The Brighter Side.

    Namun, keunikan ikan tangan merah tidak hanya terbatas pada penampilannya. Spesies ini sangat langka, dengan perkiraan populasi tidak lebih dari 100 ekor yang tersisa di alam liar. Habitat mereka terbatas hanya pada dua daerah kecil terumbu karang, yang terletak di tenggara Hobart, Tasmania.

    Sayangnya, kawasan ini terus-menerus terancam oleh berbagai sumber, termasuk lalu lintas perahu, penjangkaran, pembangunan perkotaan, polusi, limpasan nutrisi, spesies invasif, dan dampak buruk perubahan iklim.

    Salah satu aspek khas dari perilaku ikan tangan merah adalah cara bergeraknya. Alih-alih berenang, mereka berjalan di sepanjang dasar laut. Namun, adaptasi ini membatasi kemampuan mereka untuk melarikan diri dari ancaman, karena mereka tidak dapat menempuh jarak yang jauh dengan cepat. Selain itu, mereka tidak memiliki tahap larva selama perkembangan awal mereka, sehingga mencegah mereka hanyut di lautan untuk menjajah daerah baru.

    Kekhawatiran yang mendesak terkait habitat ikan tangan merah adalah hilangnya habitat yang parah akibat penggembalaan bulu babi asli secara berlebihan. Jika dikombinasikan dengan prediksi terjadinya gelombang panas laut, situasinya menjadi semakin buruk.

    Dr. Jemina Stuart-Smith, peneliti di IMAS yang memimpin program penelitian dan konservasi ikan tangan merah menjelaskan bahwa degradasi habitat berarti hilangnya tempat berlindung dan habitat mikro, menciptakan habitat yang terputus yang membuat ikan tangan merah semakin sulit menyesuaikan diri dengan tekanan suhu air.

    “Data suhu dari lokasi menunjukkan bahwa musim panas ini telah jauh melampaui suhu maksimum sebelumnya. Suhu tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya terjadi di sini, jadi kami hanya dapat berasumsi bahwa pemicu stres tambahan ini akan memengaruhi populasi yang sudah rapuh,” jelasnya.

    Menanggapi perkembangan yang mengkhawatirkan ini, para ahli menyelenggarakan pertemuan darurat untuk menentukan tindakan terbaik. Setelah penilaian cermat terhadap data yang tersedia dan risiko terkait, mereka membuat keputusan untuk merelokasi 25 ekor handfish dari alam liar ke IMAS Taroona untuk perlindungan dan perawatan.

    Dr. Andrew Trotter, yang memimpin proyek pengembangbiakan konservasi IMAS untuk ikan tangan merah, berbagi wawasan tentang proses relokasi ini.

    “Strategi ini tentu saja bukan tanpa risiko, tetapi relokasi handfish dari laut ke akuarium berjalan lancar, dan mereka beradaptasi dengan sangat baik di rumah baru mereka,” ujarnya.

    Meskipun menghadapi tantangan, Dr. Trotter memastikan bahwa handfish merah menerima perawatan terbaik. “Kami memiliki staf yang sangat berpengalaman yang merawat ikan tujuh hari seminggu, dan jadwal panggilan 24 jam. Jadi, kami yakin mereka cukup aman bersama kami. Tetapi tentu saja ada rasa tanggung jawab yang lebih tinggi di antara tim kami, mengingat betapa kecilnya populasi ikan liar,” jelasnya.

    Ke depannya, tujuan utama tim ini adalah untuk mengembalikan hewan-hewan ini ke habitat alami mereka di musim dingin, asalkan kondisinya memungkinkan.

    Masa depan ikan tangan merah berada di ujung tanduk sementara para pegiat konservasi bekerja tanpa lelah untuk melindungi spesies yang terancam punah ini dalam menghadapi meningkatnya ancaman lingkungan.

    (rns/rns)

  • Muslim Pro Bidik 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia

    Muslim Pro Bidik 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia

    Bisnis.com, JAKARTA — Aplikasi gaya hidup Muslim, Muslim Pro, berharap bisa semakin berkembang di Indonesia setelah mencapai 5 juta pengguna aktif. 

    Group Managing Director & CEO Bitsmedia Nafees Khundker menyebutkan, secara keseluruhan Muslim Pro sudah diunduh hingga 170 juta kali, dan di Indonesia sendiri sudah diunduh hingga 40 juta kali. 

    Adapun, dari 40 juta pengguna tersebut, 5 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Dia berharap Muslim Pro dapat tumbuh bersama komunitas di Indonesia dengan memiliki basis pengguna yang kuat di sini. 

    “Sejujurnya, kami tidak memiliki basis pengguna target terpisah untuk Indonesia. Tapi harapannya kami ingin mencapai 25% terlebih dahulu dan kemudian 50% dari komunitas ini harapkan bisa jadi pengguna aktif. Jadi, dalam beberapa tahun ke depan, saya pikir kami bisa mencapai 10 juta pengguna aktif,” terangnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/2/2025). 

    Indonesia Jadi Pasar Utama

    Nafees mengungkapkan Indonesia tetap menjadi pasar utama aplikasi yang berbasis di Singapura tersebut. Pasalnya, Indonesia sejauh ini merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.  

    “Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa Indonesia pasti menjadi pasar utama kami. Dan jika saya kembali ke sejarah awalnya, Muslim Pro sebenarnya diciptakan untuk umat Islam di Indonesia, dari situlah kami memulainya,” ungkapnya. 

    Dengan menjaring pasar Muslim di Indonesia, Muslim Pro dengan cepat menjadi aplikasi besar di Asia Tenggara dan menjadi global dengan sangat mudah.  

    Selanjutnya, Musim Pro ingin terus bertumbuh di Indonesia karena pengguna aktif yang begitu besar dibandingkan dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya. 

    “Indonesia adalah negara yang sangat digital, tidak seperti bagian Timur Tengah dan Afrika Utara yang belum begitu digital. Jadi bagi kami, kami melihat lebih banyak peluang di sini daripada di tempat lain, terutama dari populasi yang lebih muda. Jadi kami ingin lebih berkembang di Indonesia karena kami merasa bahwa kami dapat berbuat lebih banyak untuk masyarakat dan mereka benar-benar mendorong kami untuk menjadi lebih baik,” tambahnya. 

    Selain pengguna aktif, Muslim Pro juga banyak mendapatkan ide dan masukan untuk berinovasi dari para pengguna di Indonesia Hingga Muslim Pro punya personel layanan pelanggan yang bertugas di Indonesia alih-alih di Singapura atau Malaysia.

  • Lebih Dekat dengan Sharp Aquos R9 Pro

    Lebih Dekat dengan Sharp Aquos R9 Pro

    FotoINET

    Anggoro Suryo – detikInet

    Rabu, 12 Feb 2025 21:12 WIB

    Jakarta – Sharp baru meresmikan kehadiran Aquos R9 Pro di Indonesia. Ponsel flagship ini menggunakan kamera dengan sensor 1 inch yang dibuat bersama Leica.

  • Taktik Baru Apple agar Orang China Mau Beli iPhone 16

    Taktik Baru Apple agar Orang China Mau Beli iPhone 16

    Jakarta, CNBC Indonesia – Apple bermitra dengan Alibaba untuk meluncurkan fitur kecerdasan buatan ‘Apple Intelligence’ bagi pengguna iPhone di China.

    Perkembangan ini dapat menghapus ketidakpastian selama berbulan-bulan atas strategi AI Apple di China, di mana Apple telah kehilangan pangsa pasar dari para pesaing domestik.

    Saham Apple naik 1,5% pada pembukaan bursa, sementara saham Alibaba yang terdaftar di AS naik 2,6%.

    Apple telah memilih Baidu sebagai mitra utamanya tahun lalu, tapi kemajuan perusahaan China itu dalam mengembangkan model untuk Apple Intelligence tidak sesuai dengan standar mereka.

    Setelah itu, Apple mempertimbangkan model-model yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar, seperti Tencent, ByteDance yang merupakan induk TikTok, Alibaba, dan Deepseek.

    Tetapi Apple tidak memilih Deepseek karena startup AI ini tidak memiliki karyawan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menyediakan dalam jumlah besar, demikian dikutip dari Reuters, Rabu (12/2/2025).

    Kedua perusahaan tersebut telah mengajukan fitur AI China yang mereka kembangkan bersama untuk mendapatkan persetujuan dari regulator internet China.

    Peluncuran fitur-fitur tersebut sangat penting karena penjualan iPhone merosot selama kuartal liburan di China.

    Padahal biasanya momen tersebut menjadi periode penjualan terbesar bagi Apple. Ini karena kurangnya fitur-fitur AI yang seharusnya menjadi nilai jual utama perangkat terbarunya.

    Namun, belum jelas juga apakah kehadiran Apple Intelligence pada iPhone di China akan menggenjot penjualan. Sebab, sejak Huawei bangkit dan memperkenalkan HP dengan jaringan 5G, pangsa pasar iPhone terus tergerus. Kita tunggu saja kelanjutannya!

    (fab/fab)

  • Perbandingan Internet Indonesia dengan Negara di Asia Tenggara, Bikin Nyesek!

    Perbandingan Internet Indonesia dengan Negara di Asia Tenggara, Bikin Nyesek!

    Jakarta

    Kecepatan internet Indonesia dibandingkan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara masih tertinggal, baik koneksi mobile maupun fixed broadband. Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mencoba untuk menggapai mimpi 100 Mbps.

    Mengacu laporan Ookla melalui Speedtest Global Index untuk edisi Desember 2024, kategori internet mobile, Indonesia berada di peringkat ke-86 dari 110 negara di dunia.

    Jika dipersempit sampai di ASEAN, Indonesia ada di posisi buncit dengan kecepatan internet mobile rata-rata 28,80 Mbps. Ookla menyebutkan bahwa kecepatan internet Indonesia itu membuatnya naik satu posisi, tapi di sisi lain, Kamboja yang sebelumnya di bawah Indonesia kini jauh lebih kencang dan berada di atas.

    Peringkat Kecepatan Internet Mobile Negara di Asia Tenggara:

    Singapura 129,13 Mbps (peringkat 15)Malaysia 105,36 Mbps (peringkat 20)Vietnam 86,96 Mbps (peringkat 37)Thailand 65,47 Mbps (peringkat 46)Laos 36,64 Mbps (peringkat 75)Filipina 36,36 Mbps (peringkat 77)Kamboja 32,27 Mbps (peringkat 82)Indonesia 28,80 Mbps (peringkat 86).

    Beralih ke kategori fixed broadband, posisi Indonesia pun tak lebih baik. Indonesia ada di ranking ke-121 dari 154 negara di dunia atau turun tiga urutan dari bulan sebelumnya. Indonesia pun hanya unggul dari Myanmar.

    Kecepatan internet fixed broadband Indonesia menyentuh 32,07 Mbps. Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Singapura masih berada di tahta tertinggi internet fixed broadband. Berikut adalah urutan kecepatan internet fixed broadband negara-negara Asia Tenggara.

    Peringkat Kecepatan Internet Fixed Broadband Negara di Asia Tenggara:

    Singapura 330,98 Mbps (peringkat 1)Thailand 235,86 Mbps (peringkat 12)Vietnam 159,32 Mbps (peringkat 35)Malaysia 118,63 Mbps (peringkat 45)Filipina 93,76 Mbps (peringkat 58)Brunei Darussalam 76,60 Mbps (peringkat 83)Kamboja 46,14 Mbps (peringkat 108)Laos 40,06 Mbps (peringkat 114)Indonesia 32,07 Mbps (peringkat 121)Myanmar 28,94 Mbps (peringkat 124)

    Melihat kondisi kecepatan internet Indonesia yang lambat itu membuat Komdigi berniat untuk melakukan lelang frekuensi 1,4 GHz dengan lebar pita 80 MHz pada kuartal pertama 2025. Spektrum ini akan dialokasikan untuk penggunaan broadband wireless access (BWA) atau layanan internet cepat tetap nirkabel.

    “Kita berharap di dalam nanti kita minta harga internet murah, tapi juga menjaga kualitasnya ya. Jadi, kualitasnya berharap itu dengan tarif yang murah bisa minimal 100 Mbps,” ujar Dirjen Infrastruktru Digital Kementerian Komdigi Wayan Toni Supriyanto di Jakarta, Selasa (5/2).

    Adapun terkait perkiraan tarif internet tetap yang diharapkan terjadi usai lelang frekuensi 1,4 GHz itu berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribuan.

    Lelang frekuensi 1,4 GHz diutamakan Komdigi untuk meningkatkan kecepatan internet fixed broadband lebih dari 100 Mbps. Meski terbilang ekosistem di spektrum tersebut masih rendah, Komdigi menyakini ini langkah awal untuk menciptakan internet cepat sekaligus murah.

    Sementara itu, Plt Direktur Penataan Spektrum Frekuensi Radio, Orbit Satelit dan Standardisasi Infrastruktur Digital, Kementerian Komdigi, menyebutkan pemerintah menargetkan ada tiga band lainnya yang akan juga dilelang, yakni 700 MHz, 2,6 GHz, dan 26 GHz.

    Dengan spektrum frekuensi yang dilepas Komdigi itu, penyelenggara telekomunikasi dapat memanfaatkan untuk menghadirkan layanan internet cepat dan murah. Sekaligus juga untuk ekspansi akses yang kian merata.

    (agt/rns)

  • Farrel Pria Jogja Hilang Ternyata Pendiri Startup Ratusan Miliaran

    Farrel Pria Jogja Hilang Ternyata Pendiri Startup Ratusan Miliaran

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pria asal Yogyakarta dikabarkan hilang sejak lima hari yang lalu. Pria tersebut bernama Christopher Farrel Millenio Kusuma. Farrel diketahui sebagai pendiri perusahaan rintisan atau startup Kecilin.

    Sejumlah barang miliknya ditemukan di kawasan Pantai Pandan Payung, Kretek, Bantul. Di antara barang milik Farrel, ada delapan surat yang berisi sejumlah pesan, demikian dikutip dari laporan Detikcom, Rabu (12/2/2025).

    Peristiwa ini berawal dari penemuan beberapa barang seperti ponsel hingga dompet di Pantai Pandan Payung, Bantul. Penemuan itu kemudian dilaporkan ke Polsek Kretek pada Sabtu (9/2).

    Barang di dalam bungkusan kresek berwarna putih itu antara lain satu ponsel Xiaomi, sepasang sepatu warna hitam, jaket jamper warna hitam, kaus hitam, dan delapan lembar surat berisi pesan permintaan maaf.

    “Benar, awalnya itu ada penemuan barang hilang di Pantai Pandan Payung yang terbungkus dalam kresek warna putih. Di dalamnya ada dompet berisi identitas atas nama Christopher Farrel Millenio Kusuma,” kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

    Namun untuk detail isi surat, Jeffry belum bisa membeberkannya. Menurutnya surat tersebut masih bagian dari penyelidikan sehingga belum bisa dipublikasikan karena merupakan salah satu barang bukti.

    “Benar ada delapan lembar surat permintaan maaf kepada keluarga. Tapi mohon maaf belum bisa dipublikasikan karena bagian dari pemeriksaan dan barang bukti,” jelas Jeffry.

    Jeffry hanya mempublikasikan halaman terakhir dari surat tersebut. Isinya berupa permintaan untuk menghubungi keluarga Farrel, terutama kepada ibu dan istrinya.

    Permintaan itu dituliskan dalam tiga baris. Sebagai penutup, Farrel membubuhkan namanya pada akhiran surat. Bertulis ‘Ch Farel mk’.

    “Di akhir surat meminta agar menghubungi keluarganya jika menemukan surat yang ditulis. Tulisannya, ‘Bagi yang menemukan surat ini, tolong hubungi Ibu saya dan istri. Ch Farel mk’. Itu isi penutup suratnya,” ungkap Jeffry.

    Pendiri startup Kecilin

    Kecilin merupakan aplikasi penghemat kuota pertama di dunia untuk pengguna Android. Aplikasi Kecilin dibangun oleh pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018, Christopher Farrel.

    Program kewirausahaan yang diselenggarakan Bank Mandiri sejak 2007 ini bertujuan untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang memiliki daya saing global sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa datang.

    Dalam siaran pers yang dirilis pada 2023, Kecilin mengumumkan pendanaan pra-seri A senilai US$ 40 juta atau setara Rp 654 miliar dari sekelompok investor termasuk Mandiri Capital Indonesia dan BNI Ventures.

    Kecilin mengembangkan algoritma yang dapat mengurangi ukuran data file apapun atau data compression, termasuk video, gambar, dokumen, dan teks hingga 99%, tanpa megnurangi kualitas dan mempertahankan format.

    Farrel disebut sebagai pendiri Kecilin bersama Bisma Manda Samsu. Beberapa produk yang dikembangkan adalah CCTV compression yang mengurangi ukuran file dari video CCTV dan produk on-premise compression yang mengkompres data langsung dari server.

    (dem/dem)

  • Sharp Aquos Sense9 Tawarkan Bodi Stylish, Harganya Rp 6 Jutaan

    Sharp Aquos Sense9 Tawarkan Bodi Stylish, Harganya Rp 6 Jutaan

    Jakarta

    Selain merilis Aquos R9 Pro, Sharp juga merilis Aquos Sense9, sebuah ponsel kelas menengah dengan desain yang unik dan menarik.

    Salah satu varian warna dari Aquos Sense9 ini menggunakan kombinasi dua warna berbeda antara bagian kamera dan bodi belakangnya. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna hitam, biru, hijau, dan putih.

    “Kalau yang ini lebih ke style. Kami mengedepankan desain. Menggunakan desain two tone color,” kata Ardy, Head of Marketing Smartphone Sharp Indonesia, dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (12/2/2025).

    Secara spesifikasi, Sense9 menggunakan Snapdragon 7s Gen 2 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Sementara itu baterainya berkapasitas 5.000 mAh.

    Di sisi layar, Sharp menggunakan panel Pro IGZO OLED, yang menurut Ardy adalah keunggulan ponsel-ponsel buatan Sharp. Dimensi layarnya adalah 6,1 inch, bertipe LTPO 120Hz.

    “Layar adalah nilai lebih di semua smartphone Sharp karena menggunakan panel Pro IGZO OLED,” pungkas Ardy.

    Di sektor kamera, ada dua buah kamera belakang yang disusun dengan bentuk unik. Baik kamera utama maupun kamera ultrawide-nya menggunakan sensor 50MP, dan mendukung sistem autofokus PDAF.

    Bodi Sense9 ini sudah mendapat sertifikasi militer MIL-STD-810G dan dilengkapi juga dengan sertifikasi IP68. Jadi meski bodinya mungil dengan pilihan warna yang manis, Sense9 juga mempunyai ketahanan bodi yang kuat.

    Berbeda dengan Aquos R9 Pro yang masih dalam masa pemesanan, saat ini Sharp Aquos Sense9 sudah bisa dibeli di berbagai outlet Erafone, ataupun di peritel online seperti di Tokopedia dan Shopee dengan harga Rp 6.199.000.

    (asj/rns)

  • Cara Baru Netizen Nonton YouTube, Ternyata Bukan Pakai HP

    Cara Baru Netizen Nonton YouTube, Ternyata Bukan Pakai HP

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kebanyakan pengguna YouTube tidak menonton konten dari ponsel mereka. Di Amerika Serikat (AS), TV jadi pilihan utama untuk memutar video dari platform tersebut.

    CEO YouTube, Neal Mohan mengatakan penggunaan layar TV melampaui ponsel untuk perangkat utama menonton YouTube di AS. Namun tidak ada perincian berapa pengguna yang menonton lewat TV dibandingkan dengan ponsel.

    Para pengguna YouTube disebutkan menonton semua fitur YouTube di layar TV, termasuk video pendek Shorts. Dia menyebut platform tersebut sebagai ‘televisi baru’.

    “Namun ‘televisi baru’ tidak seperti ‘televisi lama’. Ini interaktif dan mencakup hal-hal seperti Shorts, podcast dan streaming langsung, dengan olahraga, sitkom dan acara bincang-bincang yang disukai orang,” jelas Mohan dalam surat tahunannya, dikutip dari Hollywood Reporter, Rabu (12/2/2025).

    Tahun lalu, Mohan menyebutkan virtual Multichannel Video Programming Distributor atau vMVPD untuk YouTube TV mencapai 8 juta pelangggan. Dia juga mengakui perusahaan berinvestasi pada platform itu.

    Mohan juga menyinggung apa saja yang akan dilakukan YouTube tahun 2025. Salah satunya menambahkan lebih banyak alat untuk mendukung para pengguna, seperti podcaster dan podcast.

    Artificial Intelligence (AI) jadi salah satu fokus YouTube. Akan ada lebih banyak alat AI untuk kreator agar memudahkan mereka dalam berkreasi.

    “Meski model generatifnya mengesankan, kreator memberitahu hal paling bersemangat soal cara AI bisa membatu produksi utama mereka. Itu sebabnya kami berinvestasi pada alat yang membantu mereka bekerja dalam berkreasi, seperti memunculkan ide, judul atau gambar mini video baru,” jelasnya.

    Teknologi AI akan digunakan pula untuk memudahkan kreator menemukan penonton baru. Ini telah diterapkan dengan fitur alih bahasa otomatis.

    “Tahun lalu kami meluncurkan alih bahasa otomatis, membantu kreator menerjemahkan video ke berbagai bahasa dengan satu sentuhan tombol. Akhir bulan ini, kami akan menyediakan alih bahasa otomatis untuk semua kreator dalam Program Mitra YouTube,” kata Mohan.

    (fab/fab)