Jenis Media: Tekno

  • Akademisi Pertanyakan Mekanisme Perbaikan Panel Interaktif Prabowo di 3T

    Akademisi Pertanyakan Mekanisme Perbaikan Panel Interaktif Prabowo di 3T

    Bisnis.com, JAKARTA— Sejumlah tantangan dinilai akan dihadapi pemerintah dalam pendistribusian satu juta interactive flat panel (IFP) ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia pada 2026, terutama di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Salah satunya mekanisme perawatan dan perbaikan setelah jutaan perangkat terdistribusi.

    Pengamat Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Joseph Matheus Edward mengatakan tantangan pertama yang harus diperhatikan di wilayah 3T adalah ketersediaan listrik yang stabil. 

    Tantangan berikutnya berkaitan dengan kesiapan materi ajar yang dibuat interaktif melalui komputer. 

    Selain itu, kata Ian, perangkat elektronik seperti panel digital memiliki usia pakai tertentu sehingga aspek pemeliharaan juga menjadi krusial.

    “Sehingga perlu diperhatikan after sales atau tempat perbaikan terdekat, waktu perbaikan dan biaya yang dikeluarkan,” kata Ian kepada Bisnis, Selasa (18/11/2025).

    Ian menambahkan, dari sisi kebijakan, program ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, dia menilai sekolah perlu tetap memiliki alternatif pembelajaran konvensional apabila perangkat mengalami gangguan agar proses belajar tidak menurun kualitasnya.

    “Perangkat tersebut tentu akan memberikan pengetahuan pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

    Sementara itu, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menilai keberhasilan program tersebut membutuhkan jaminan konektivitas internet bagi sekolah-sekolah penerima. Dia mengatakan wilayah yang belum terjangkau layanan internet dapat dimasukkan sebagai daerah kewajiban pelayanan universal atau Universal Service Obligation (USO). 

    Ketua Umum Mastel Sarwoto Atmosutarno mengatakan menjelaskan untuk melaksanakan tugas pelayanan USO, pemerintah telah menunjuk Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Digital (BLU Bakti Komdigi). 

    “Bakti bisa saja bekerja sama dengan penyelenggara jaringan internet yang ada. Bakti dapat mengoptimalkan kapasitas satelit Satria 1, Palapa Ring Fiber Optic (serat optik), Base Transceiver Station (BTS) 4G. 

    Sarwoto menilai penugasan pemasangan flat panel ini menjadi sinyal kebutuhan digitalisasi pemerintahan akan terus meningkat di berbagai sektor. 

    Dia menunjukkan dorongan tersebut terlihat dari berbagai inisiatif, seperti Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Government Technology (GovTech), Satu Data Indonesia, Pusat Data Nasional, program Universal Service Obligation (USO) untuk daerah 3T, hingga pembangunan Jaringan Intra Pemerintah. 

    Karena itu, menurutnya, Mastel memandang perlu dibentuk kembali lembaga sejenis Perumtel sebagai pelaksana utama pemerintahan digital, sementara Peruri tetap berfokus pada aplikasi. Dia menilai bentuk Perusahaan Umum (Perum) akan lebih fleksibel dalam menjalankan fungsi internal maupun eksternal terkait kebutuhan digital pemerintah.

    “Sedangkan TelkomGroup fokus kepada penciptaan nilai berbasis korporasi pasar terbuka [B2B atau B2C),” katanya.

    Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menargetkan percepatan besar dalam digitalisasi pembelajaran pada 2026. Pemerintah berencana memasang tiga panel tambahan untuk setiap sekolah di seluruh Indonesia, yang totalnya mencapai sekitar satu juta unit IFP.

    “Tahun depan kita punya sasaran yang lebih besar lagi, tahun depan sasaran kita adalah menambah tiga panel, berarti tiga kelas lagi untuk semua sekolah di Indonesia berarti tahun depan kita akan pasang insyaallah satu juta panel kira-kira,” kata Prabowo saat peluncuran IFP di SMPN 4 Kota Bekasi, Senin (17/11/2025).

    Prabowo juga menegaskan daerah 3T menjadi prioritas utama distribusi panel tersebut. Dia mengakui adanya tantangan logistik di sejumlah wilayah, terutama 140 sekolah yang berada di kawasan pegunungan.

    “InsyaAllah kita pun akan sampai ke situ dan kita akan dibantu oleh TNI dan Polri supaya semua sekolah akan mendapat kesempatan yang sama,” tegasnya.

    Selain distribusi perangkat, Prabowo mengumumkan rencana pembangunan studio pusat di Jakarta untuk memproduksi materi pembelajaran digital yang dapat diakses secara serentak oleh seluruh sekolah. Materi digital tersebut nantinya juga dapat diakses siswa maupun orang tua dari rumah.

    “Kalau anak-anak atau orang tua di rumah punya gadget ingin menatar, ingin memberi les anaknya, dia bisa buka dan memberi pelajaran di rumah,” tandasnya.

  • HP Poco F8 Ultra Nongol di Geekbench Jelang Rilis, Intip Spesifikasinya

    HP Poco F8 Ultra Nongol di Geekbench Jelang Rilis, Intip Spesifikasinya

    Liputan6.com, Jakarta – Poco F8 Pro dan Poco F8 Ultra disebut bakal meluncur secara global pada 26 November 2025. Jelang diumumkan, beragam bocoran tentang HP Android tersebut sudah beredar di internet.

    Paling terkini adalah spesifikasi Poco F8 Ultra. Mengutip Geekbench via GSMArena, Selasa (18/11/2025), HP baru Poco ini sudah menggunakan chipset Snapdragon 8 Elite Gen 5, dipadukan dengan RAM 16GB, dan sudah menggunakan HyperOS 3 berbasis Android 16.

    Dari sisi spesifikasi, Poco F8 Ultra memang tampil paling atas dan merupakan rebranding dari seri Redmi K90 Pro Max yang meluncur secara khusus untuk pasar China.

    Bila memang benar, maka Poco F8 Ultra akan hadir dengan layar 6,9 inci 1200×2608 AMOLED, sudah mendukung refresh rate 120Hz, penyimpanan hingga 1TB.

    Terkait fotografi, ponsel Poco ini akan menggunakan tiga kamera yang masing-masing berkemampuan 50MP OIS, 50MP periskop telephoto 5x zoom, dan 50MP ultra-wide), termasuk selfie 32MP.

    Raksasa teknologi asal China ini juga menyertakan sound system yang dikembangkan bersama dengan Bose, baterai berkapasitas 7,560mAh yang sudah mendukung pengisian baterai kabel 100W dan wireless 50W.

    Cek Spesifikasi dan Harga Poco F7 di Indonesia

    Poco resmi merilis Poco F7 di Indonesia. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 5,5 jutaan dengan berbagai fitur yang diklaim memboyong performa ekstrem. 

    Poco F7 sendiri hadir dengan chipset Snapdragon 8s Gen 4 Mobile Platform yang baru dirilis. 

    PR Manager Poco Indonesia Novita Krisutami mengatakan, Poco F7 menyasar pengguna yang mencari performa flagship dengan value terbaik di kelasnya, namun dengan harga yang ekstrem.

     

  • Spesies Baru ‘Kaki Seribu Naga’ Ditemukan di Thailand

    Spesies Baru ‘Kaki Seribu Naga’ Ditemukan di Thailand

    Jakarta

    Para ilmuwan mendokumentasikan perkawinan seekor kaki seribu naga berduri di dinding gua di Thailand utara dan mengonfirmasinya sebagai spesies baru. Tim melaporkan setidaknya terdapat kesenjangan DNA sebesar 10% dari kerabat dekatnya.

    Penemuan ini berasal dari survei keanekaragaman hayati pada 2024 di Gua Pha Daeng di Provinsi Mae Hong Son. Hewan ini hidup di permukaan batu yang lembap dan bergerak di celah-celah sempit tempat lumut menjaga kelembapan batu.

    Anggota baru Desmoxytes

    Penelitian ini dipimpin oleh Ruttapon Srisonchai, seorang ahli biologi di Universitas Khon Kaen dan Universitas Chulalongkorn. Penelitiannya berfokus pada sistematika kaki seribu dan keanekaragaman hayati Asia Tenggara.

    Dikutip dari Earth.com, spesies ini termasuk dalam Desmoxytes, kelompok yang dikenal karena duri lateral yang tajam dan bentuk tubuh yang rumit yang didokumentasikan dalam revisi komprehensif. Duri-duri tersebut tidak membentuk sayap, tetapi menonjol dari setiap cincin dan menciptakan siluet bergerigi.

    Tubuhnya berwarna cokelat tua, yang membantunya menyatu dengan batu kapur basah. Kaki dan antenanya yang panjang dan ramping memungkinkannya menjelajahi celah-celah tempat air merembes.

    Populasinya sejauh ini terbatas di gua dan beberapa situs terdekat di Mae Hong Son. Jejak sempit itu menandakan bahwa mereka adalah spesies spesialis yang bergantung pada iklim mikro dinding batu yang stabil.

    Bagaimana ilmuwan menyebutnya Desmoxytes

    Para peneliti menggunakan taksonomi integratif, sebuah metode yang menggabungkan ciri-ciri yang terlihat dengan bukti DNA untuk menguji batas-batas spesies, untuk membuat keputusan. Mereka memeriksa detail bentuk, lalu menambahkan pengurutan gen untuk memeriksa apakah garis keturunannya berbeda.

    Dengan menggunakan pendekatan integratif yang menggabungkan data morfologi dan molekuler, para peneliti membandingkan tiga wilayah gen dan membangun filogeni, pohon keluarga yang memetakan bagaimana spesies saling terkait.

    Satu gen, COI, adalah pekerja keras untuk identifikasi hewan karena segmen pendek sering kali memisahkan spesies dengan jelas.

    Pendekatan terhadap identifikasi genetik tersebut, yang dikenal sebagai analisis kode batang DNA, membantu menandai keberagaman tersembunyi pada hewan yang mirip.

    Dalam kumpulan data mereka, urutan COI kaki seribu baru ini berbeda sekitar 11 hingga 19% dari tetangga terdekatnya, Desmoxytes. Perbedaan ini cukup besar bagi hewan yang hidup berdampingan di bebatuan yang sama.

    Ciri-ciri penentu bukan hanya DNA. Para penulis juga mempelajari gonopoda jantan, kaki reproduksi yang digunakan untuk mentransfer sperma, yang seringkali membawa sinyal bentuk tingkat spesies pada kaki seribu.

    Kehidupan di dinding batu kapur

    Spesies ini hidup di batu kapur di lanskap karst, batuan yang larut dalam air dan membentuk gua, lubang runtuhan, dan mata air. Medan ini menciptakan labirin permukaan lembap, tepian kecil, dan kantong-kantong teduh.

    Hewan-hewan tersebut terlihat bergerak di sepanjang batuan lembap sementara lumut menahan kelembapan di permukaannya. Berdasarkan data saat ini, spesies ini tampaknya merupakan spesies endemik sempit yang hanya berkembang biak di habitat dinding batu kapur, bergantung pada kelembapan yang konstan dan kondisi gua yang teduh.

    Para ahli biologi menggunakan istilah endemik, yang berarti hanya ditemukan di satu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain, ketika suatu spesies memiliki wilayah jelajah yang sangat sempit. Spesialis dinding gua seperti ini bisa punah jika situs mereka yang sedikit rusak.

    Thailand terletak di wilayah yang di dalamnya terdapat pertambangan batu kapur dan tekanan pembangunan yang berpadu dengan keanekaragaman hayati gua yang kaya.

    Beberapa penelitian mengidentifikasi sistem karst di seluruh Asia Tenggara sebagai rumah bagi endemisme yang sangat tinggi dan sebagai titik panas yang menghadapi risiko penggalian.

    Wujud kaki seribu naga

    Kaki seribu naga memiliki lempengan yang menonjol di setiap cincinnya, dan banyak spesies menunjukkan duri-duri dramatis yang menonjol dari sisi-sisinya. Lapisan pelindung ini memberi tubuh garis luar bergigi yang tampak seperti deretan sirip kecil.

    Spesies baru ini, yang diberi nama Desmoxytes chaofa, memiliki warna cokelat tua dengan tonjolan bergerigi yang mencerminkan ciri khas kelompok tersebut. Kakinya yang panjang dan antena rampingnya cocok untuk hidup di bebatuan licin di mana kontak yang stabil lebih penting daripada kecepatan.

    Warna dan proporsi tubuh membantu membedakannya dari kerabat dekatnya, tetapi detailnya terletak pada anatomi reproduksinya. Ciri-ciri tersebut, setelah dibuat sketsa dan dibandingkan, dicocokkan dengan pohon DNA untuk mendukung status spesiesnya.

    Para penulis juga mendeskripsikan spesies kedua dalam makalah yang sama, spesies berkaki merah muda dari provinsi lain di Thailand. Temuan ini menggarisbawahi betapa banyak keanekaragaman hayati yang masih tersembunyi di habitat bebatuan sempit.

    Setiap spesialis dinding gua menambahkan sepotong informasi ke dalam peta kehidupan, terutama di tempat-tempat yang jarang disurvei yang mencapai permukaan batu yang curam atau redup. Hewan-hewan ini menyimpan petunjuk tentang bagaimana isolasi dan kelembapan mengukir jalur evolusi dalam jarak pendek.

    Mendokumentasikannya juga menjadi dasar untuk pemeriksaan di masa mendatang. Jika penambangan, pariwisata, atau kekeringan memengaruhi beberapa lokasi ini, para ilmuwan akan mengetahui apa yang berisiko dan di mana harus diwaspadai terlebih dahulu.

    Kasus ini menunjukkan bagaimana catatan lapangan, gambar yang cermat, dan urutan gen bekerja paling baik bersama-sama. Celah DNA menerangi jalan, dan kecocokan anatomi mengonfirmasi langkah tersebut.

    Halaman 2 dari 3

    Simak Video “Video Peneliti BRIN Temukan Spesies Baru, Kadal Buta dari Pulau Buton”
    [Gambas:Video 20detik]
    (rns/fay)

  • Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten Lewat Kampus UMKM Online

    Shopee Jangkau 28.000 UMKM di 514 Kabupaten Lewat Kampus UMKM Online

    Bisnis.com, JAKARTA — Shopee Indonesia mengungkap telah menjangkau jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia sejak awal tahun melalui program Kampus UMKM Shopee Kelas Online.

    Sementara itu, terdapat sekitar 28.000 UMKM yang dilatih bekerja sama dengan instansi Pemerintah, termasuk Kementerian UMKM.

    Deputy Director of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengatakan angka tersebut menunjukkan tingginya semangat pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan digital mereka.

    “28.000 ini [bersama instansi Pemerintah] bukan sekedar angka, mereka punya beberapa keluarga jadi bagaimana kita menggambarkan efek ekonominya yang mereka dapatkan kampus UMKM shopee kelas online,” kata Radynal di Startup Hub Gedung Smesco Indonesia, Selasa (18/11/2025).

    Program ini juga telah menjangkau 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sejak 2021, Kampus UMKM Shopee telah memberikan pelatihan bisnis digital kepada jutaan pelaku usaha melalui lebih dari 350 ribu jam pelatihan dan hampir 400 modul yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan UMKM.

    “Angka-angka ini bukan sekedar capaian bagi kami tapi tanda bahwa semangat belajar para pelaku UMKM Indonesia tidak pernah padam,” ujar Radynal.

    Dia menjelaskan Kampus UMKM Shopee pertama kali hadir pada 2021 dalam format offline untuk mendampingi masyarakat yang baru mulai beralih ke bisnis online pascapandemi. Namun pada 2025, Shopee mengonversinya menjadi program online karena ekosistem UMKM dinilai sudah lebih matang.

    “Kami customize bahkan ada beberapa curriculum AI yang memang jauh lebih powerful jauh lebih relevan untuk kondisi UMKM saat ini,” katanya.

    Dalam rangka satu dekade kehadiran Shopee di Indonesia, perusahaan meluncurkan Kampus UMKM Shopee Kelas Online Edisi Spesial 10 Tahun, menghadirkan 10 sesi pelatihan bersama top seller, mentor, dan pakar industri. Seluruh rangkaian kelas dapat diikuti secara gratis oleh UMKM di Indonesia pada 18 November—9 Desember 2025 secara daring.

    Selain program pelatihan, Shopee juga menghadirkan berbagai inisiatif pendukung seperti Sukses UMKM Baru dengan insentif hingga Rp2 juta, Ekspor 2.0 yang mempermudah pengelolaan toko luar negeri, serta reality show Jagoan UMKM Meklas.

    Deputi Usaha Kecil Kementerian UMKM Republik Indonesia, Temmy Satya Permana, mengapresiasi kontribusi Shopee dalam mendukung pertumbuhan UMKM selama satu dekade. Dia menilai manfaat program pelatihan tersebut telah dirasakan secara luas oleh para pelaku usaha.

    “Semoga jangkauan ini dapat terus bertambah dan semakin menjangkau UMKM di berbagai daerah, termasuk di daerah 3T,” katanya.

  • Valve Janjikan Steam Machine Lebih Kencang dari PC Gaming, Tapi…

    Valve Janjikan Steam Machine Lebih Kencang dari PC Gaming, Tapi…

    Jakarta

    Sejak diumumkan pekan lalu, Valve Steam Machine generasi terbaru menuai kekhawatiran di kalangan gamer. Pasalnya, perangkat ini hanya dibekali GPU semi-kustom RDNA 3 8GB, yang performanya disebut cuma setara kartu grafis Radeon RX 7600.

    Di atas kertas, spesifikasi tersebut dianggap kurang bertenaga untuk standar PC gaming 2026. Namun Valve justru menegaskan bahwa Steam Machine mampu menandingi bahkan melampaui performa mayoritas PC gaming yang digunakan saat ini, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (18/11/2025).

    Steam Machine baru diperkenalkan bersama Steam Controller 2 dan perangkat VR terbaru bernama Frame VR. Meski antusiasme tinggi, pilihan GPU 8GB membuat banyak gamer bertanya-tanya apakah perangkat ini mampu menjalankan game modern secara optimal.

    Menanggapi hal tersebut, Yazan Aldehayyat, engineer Valve, mengatakan bahwa Steam Machine dirancang agar bisa memainkan seluruh game yang ada di platform Steam.

    “Steam Machine setara atau lebih baik dibanding 70% PC gaming yang dimiliki orang di rumah,” ujarnya dalam podcast Tested milik Adam Savage.

    Ia juga menegaskan bahwa performa perangkat telah ditentukan berdasarkan kompromi yang diperlukan agar harganya tetap kompetitif.

    Aldehayyat menyebut bahwa Steam Machine diposisikan sebagai pesaing konsol, bukan pengganti PC gaming kelas atas. Karena itu, Valve menargetkan harga mulai sekitar USD 500-600. Untuk menentukan standar performa, Valve mengacu pada data Steam Hardware Survey sebagai patokan spesifikasi rata-rata pengguna.

    Jika mengacu pada survei terbaru Steam, klaim Aldehayyat memang tidak berlebihan. Data menunjukkan 33,4% pengguna memiliki GPU dengan VRAM 8GB, sementara 67% memakai GPU 8GB atau kurang.

    GPU populer seperti RTX 3060, yang performanya setara RX 7600 di banyak game, juga menjadi kartu grafis nomor satu di platform tersebut. Daftar 20 GPU terpopuler pun banyak diisi kartu kelas menengah seperti GTX 1650 dan GTX 1060.

    Steam Machine generasi baru akan menggunakan GPU RDNA 3 semi-kustom dengan 28 Compute Units, clock 2,45 GHz, serta TDP 110W. CPU-nya juga semi-kustom berbasis Zen 4 dengan konfigurasi 6-core/12-thread, boost clock hingga 4,8 GHz, dan TDP 30W.

    Valve mengklaim perangkat mini-PC ini mampu menjalankan game pada resolusi 4K 60fps, tetapi dengan catatan penggunaan teknologi upscaling AMD FSR. Artinya, performa native mungkin tidak selalu mencapai target tersebut, tetapi FSR diharapkan mampu memberikan pengalaman visual yang mendekati 4K tanpa menurunkan frame rate secara signifikan.

    Dengan posisi pasar yang lebih dekat ke konsol modern dan spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan gamer rata-rata, Steam Machine terbaru akan diuji oleh gamer ketika diluncurkan pada 2026.

    Bagi banyak pengguna Steam yang memakai GPU kelas menengah, perangkat ini tampaknya bisa menjadi alternatif menarik.

    (asj/fay)

  • Shopee Raup Pendapatan Rp71,97 Triliun Kuartal III/2025, Tumbuh 34,9% YoY

    Shopee Raup Pendapatan Rp71,97 Triliun Kuartal III/2025, Tumbuh 34,9% YoY

    Bisnis.com, JAKARTA — Sea Ltd, perusahaan teknologi asal Singapura, membukukan pendapatan sebesar US$4,29 miliar dari sektor e-commerce yang dijalankan oleh Shopee. Nilai tersebut tumbuh 34,9% year on year/YoY dari pencapaian tahun lalu yang sebesar US$3,2 miliar atau Rp53,63 triliun. Jika dibandingkan dengan kuartal II/2025, pendapatan Shopee tumbuh 13,9%. 

    Shopee menjadi tulang punggung bagi bisnis Sea Ltd dengan kontribusi hingga 71% terhadap total pendapatan Sea Ltd yang sebesar US$5,98 miliar atau Rp100,34 triliun. 

    Sementara segmen layanan keuangan digital berkontribusi sebesar US$989 juta, hiburan dan digital sebesar US$653 juta, dan layanan lainnya US$48,4 juta. 

    Dalam laporan keuangannya, dikutip Selasa (18/11/2025), Manajemen Shopee menyampaikan pertumbuhan pendapatan didorong oleh peningkatan aktivitas pembeli dan transaksi yang tinggi. 

    “Peningkatan profit tersebut terjadi di kawasan Asia dan Brasil,” tulis manajemen. 

    Manajemen menambah pertumbuhan juga dipengaruhi oleh keberhasilan perusahaan dalam memonetisasi iklan dengan pendapatan yang tumbuh lebih 70% secara tahunan.

    Jumlah pedagang di platform yang menggunakan layanan iklan Shopee naik 25% YoY dengan rerata uang yang mereka habiskan untuk menggunakan layanan tersebut juga meningkat 40%.

    Inisiatif kecerdasan buatan (AI) yang didorong perusahaan juga berhasil meningkatkan keterikatan antara pedagang dengan pembeli dengan konversi rate naik 10% YoY. 

    Manajemen menyampaikan Shopee juga gencar melakukan peningkatan layanan di berbagai negara. Di Indonesia, Shopee menerapkan instant delivery dengan waktu 2 jam lebih cepat dari sebelumnya.

    Sementara itu di Taiwan, Shopee melakukan automasi 2.500 loker di toko, yang membuat ongkos per pesanan 30% lebih murah dibandingkan dengan metode konvensional.

    Shopee juga bekerja sama dengan YouTube untuk meningkatkan transaksi dengan mendekatkan produk yang mereka miliki pada masing-masing platform. Kerja sama juga dilakukan dengan Facebook, yang membuat proses checkout menjadi lebih mudah. 

  • Ramalan Bill Gates Soal Email Spam Salah Total

    Ramalan Bill Gates Soal Email Spam Salah Total

    Jakarta

    Pada ajang World Economic Forum 2004 di Davos, Bill Gates yang saat itu menjabat sebagai Chief Software Architect Microsoft membuat prediksi besar: dalam dua tahun, masalah spam email akan sepenuhnya teratasi.

    Gates bahkan memaparkan beberapa konsep teknis yang menurutnya bisa menjadi solusi, termasuk sistem komputasi mirip proof-of-work serta model pembayaran kecil untuk setiap pengiriman email, layaknya perangko digital.

    “Dua tahun dari sekarang, masalah spam akan teratasi. Dalam jangka panjang, metode monetisasi akan lebih dominan,” ujar Gates dengan yakin saat itu.

    Namun kenyataan jauh dari harapan.

    Alih-alih hilang, volume spam justru mencetak rekor baru hanya beberapa tahun setelah prediksi Gates. Pada 2007, diperkirakan 10,8 triliun email spam terkirim secara global, melampaui 10,5 triliun email sah.

    Puncaknya terjadi pada 2008 ketika spam menyumbang sekitar 92% dari seluruh trafik email dunia, menurut Cisco dalam laporan keamanan tahunannya pada 2009, seperti dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (18/11/2025).

    Setelah itu, perbaikan sistem penyaringan, kemajuan machine learning, dan peningkatan keamanan email membuat tingkat spam mulai menurun secara perlahan. Namun spam tetap menjadi masalah besar hingga kini.

    Berbagai lembaga analisis mencatat angka yang berbeda tipis, tetapi sejalan: pada 2024 dan 2025, spam masih menyumbang sekitar pertengahan 40% dari trafik email global. Statista mencatat angka sekitar 46%, sementara laporan Kaspersky menempatkannya sedikit lebih tinggi pada 47%.

    Platform seperti Gmail mengklaim mampu memblokir lebih dari 99% spam, phishing, dan malware sebelum mencapai kotak masuk pengguna. Namun pengalaman di lapangan menunjukkan masih ada pesan yang lolos, bahkan harian, terutama karena taktik spam semakin canggih. Para pelaku kini menyamar sebagai layanan resmi, memalsukan identitas, hingga memanfaatkan celah keamanan untuk menghindari filter otomatis.

    Meski jumlah spam tidak lagi sedominan era 2008, ancamannya tetap berkembang. Kini spam sering bertransformasi menjadi serangan phishing, penipuan finansial, hingga distribusi ransomware. Penurunan volume tidak berarti menurunnya bahaya.

    Dua dekade setelah pernyataan Gates di Davos, jelas bahwa prediksi tersebut terlalu optimistis. Sistem monetisasi email tidak pernah diadopsi secara luas, sementara perang melawan spam terus berlanjut. Teknologi AI, analisis perilaku, dan kerja sama global kini menjadi garis depan untuk menekan ancaman yang terus berevolusi ini.

    (asj/asj)

  • Segera Ganti! Kumpulan Password Ini Mudah Dibobol Orang: Ada 1qaz2wsx hingga zxcvbnm

    Segera Ganti! Kumpulan Password Ini Mudah Dibobol Orang: Ada 1qaz2wsx hingga zxcvbnm

    Bisnis.com, JAKARTA – Deretan password di bawah ini diklaim menjadi yang terlemah karena paling banyak digunakan di dunia sepanjang 2025.

    Dalam laporan Comparitech, situs riset terknologi, terdapat 100 password yang rawan dibobol oleh orang tak bertanggung jawab.

    Setidaknya lebih dari dua miliar password bocor dari berbagai forum dan basis data, yang bermula karena penggunaan password lemah.

    Kelemahan password tersebut karena mudah ditebak dan banyak digunakan oleh orang di dunia.

    Berikut ini daftar 100 password paling mudah dibobol karena banyak digunakan di seluruh dunia sepanjang 2025 versi Comparitech.

    Password Paling Mudah Dibobol

    123456 – 7.618.192 pengguna 
    123456789 – 1.500.046 pengguna 
    admin – 1.213.047 pengguna 
    12345 – 1.034.667 pengguna 
    12345678 – 878.746 pengguna 
    1234567890 – 706.084 pengguna 
    password – 528.086 pengguna 
    1234567 – 494.532 pengguna 
    qwerty – 447.327 pengguna 
    abc123 – 413.056 pengguna 
    111111 – 369.160 pengguna 
    123123 – 343.351 pengguna 
    000000 – 336.284 pengguna 
    12345678910 – 335.769 pengguna 
    admin123 – 305.223 pengguna 
    ******** – 297.872 pengguna 
    123321 – 294.158 pengguna 
    12345678a – 285.387 pengguna 
    123456a – 278.748 pengguna 
    666666 – 265.968 pengguna 
    1qaz2wsx – 257.946 pengguna 
    1234 – 254.678 pengguna 
    987654321 – 252.414 pengguna 
    test123 – 247.988 pengguna 
    qwerty123 – 245.885 pengguna 
    11111111 – 238.184 pengguna 
    iloveyou – 236.845 pengguna 
    1q2w3e4r – 232.769 pengguna 
    121212 – 227.508 pengguna 
    12345a – 221.331 pengguna 
    654321 – 219.701 pengguna 
    a123456 – 216.244 pengguna 
    7777777 – 213.877 pengguna 
    123456789a – 211.346 pengguna 
    123123123 – 203.722 pengguna 
    qwertyuiop – 200.435 pengguna 
    123654 – 197.624 pengguna 
    abcdef – 196.891 pengguna 
    222222 – 193.820 pengguna 
    123456qwerty – 191.574 pengguna 
    password1 – 188.020 pengguna 
    1q2w3e – 183.544 pengguna 
    123456aa – 179.634 pengguna 
    qwe123 – 178.980 pengguna 
    999999 – 178.274 pengguna 
    zxcvbnm – 177.951 pengguna 
    112233 – 176.189 pengguna 
    asdasd – 174.221 pengguna 
    aaaaaa – 173.240 pengguna 
    102030 – 170.514 pengguna 
    qwerty1 – 169.873 pengguna 
    987654 – 167.432 pengguna 
    Aa123456 – 161.530 pengguna 
    1234567899 – 160.278 pengguna 
    147258 – 155.947 pengguna 
    12345678@ – 150.994 pengguna 
    1qazxsw2 – 136.864 pengguna 
    999999999 – 131.778 pengguna 
    qwert – 126.854 pengguna 
    123123a – 116.942 pengguna 
    asdfghjkl – 112.423 pengguna 
    root – 112.310 pengguna 
    qwer1234 – 109.548 pengguna 
    Welcome@123 – 108.508 pengguna 
    Abcd@123 – 107.878 pengguna 
    1122334455 – 103.324 pengguna 
    123321 – 101.772 pengguna 
    88888888 – 101.440 pengguna 
    pass – 99.644 pengguna 
    1qaz2wsx – 99.201 pengguna 
    888888 – 98.289 pengguna 
    10203040 – 93.284 pengguna 
    1234qwer – 92.665 pengguna 
    12121212 – 91.216 pengguna 
    a123456 – 89.152 pengguna 
    a123456789 – 88.553 pengguna 
    12344321 – 86.437 pengguna 
    Qwerty123 – 85.173 pengguna 
    121212 – 84.541 pengguna 
    666666 – 81.969 pengguna 
    1029384756 – 81.365 pengguna 
    147258369 – 79.830 pengguna 
    12345678a – 79.588 pengguna 
    Aa123456789 – 76.449 pengguna 
    111111111 – 76.169 pengguna 
    123456a – 75.472 pengguna 
    159753 – 75.097 pengguna 
    12345678901 – 75.022 pengguna 
    Mm123456 – 73.852 pengguna 
    PASS – 73.631 pengguna 
    123456aa@ – 73.179 pengguna 
    12345678900 – 73.052 pengguna 
    welcome – 71.590 pengguna 
    234567 – 70.382 pengguna 
    Aa123123 – 70.199 pengguna 
    ********** – 70.189 pengguna 
    password123 – 70.183 pengguna 
    1122 – 69.712 pengguna 
    1qqqaaaaa – 69.532 pengguna 
    minecraft – 69.464 pengguna 

    Apabila terdapat password anda dalam daftar di atas, maka sebaiknya cepat melakukan pembaruan data agar tidak menjadi korban hacker.

    Password di atas sangat mudah dibobol karena mudah ditebak.

  • Bangga! Peta Indonesia di Minecraft Bikin MrBeast Terpukau, Kreator RI Jadi Juara

    Bangga! Peta Indonesia di Minecraft Bikin MrBeast Terpukau, Kreator RI Jadi Juara

    Liputan6.com, Jakarta – Kreator dan gamer asal Indonesia kembali mencetak prestasi besar. Azrealon, builder Minecraft asal Tanah Air sukses menjuarai kompetisi membangun negara yang digelar YouTuber terkenal di dunia, yakni MrBeast.

    Kontes ini diikuti oleh sembilan negara, mulai dari Indonesia, Thailand, Jerman, Brasil, Korea Selatan, Prancis, Meksiko, Filipina, dan Amerika Serikat yang menampilkan hasil build ikonik mereka masing-masing.

    “Ini menjadi kompetisi build terbesar dalam sejarah, di mana saya menantang para builder terbaik di dunia untuk membangun negara mereka di Minecraft,” kata MrBeast, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube-nya, Selasa (18/11/2025).

    Kompetisi ini diikuti oleh sembilan negara. Selain Indonesia, ada juga Thailand, Jerman, Brasil, Korea Selatan, Prancis, Meksiko, Filipina, dan Amerika Serikat.

    Dijelaskan, setiap build akan mendapat penilaian dari tiga juri dengan skor 1 sampai 10. Nanti, pemenangnya dijanjikan patung asli di negara asal dengan nama pembuatnya terukir di patung tersebut.

    Setelah Amerika Serikat, Prancis, Mexico, Filipina, Brazil, dan Korea Selatan, giliran Indonesia. Azrealon menyambut MrBeast dan tim dengan pakaian adat Jawa. Ia kemudian mengajak mereka melihat bangunan-bangunan yang mewakili Indonesia.

    Salah satu lokasi ikonik pertama yang diperlihatkan adalah Candi Borobudur yang menampilkan sosok pahlawan dan Garuda, hingga interior candi menghadirkan sebuah perairan luas dengan pulau kecil di tengah.

    MrBeast dan para juri pun langsung tercengang dan terkesan dengan bagaimana negara Indonesia bisa digambarkan lewat build yang sangat detail dan unik.

    “Saya sangat terkesan dengan reaksi kalian, ada pulau-pulau kecil ini karena Indonesia bukanlah satu pulau besar tetapi kumpulan dari ribuan pulau,” ujar MrBeast.

     

  • Waspada! Kenali Cara Judi Online Diam-diam Menguras Dompet Penggunanya

    Waspada! Kenali Cara Judi Online Diam-diam Menguras Dompet Penggunanya

    Bisnis.com, JAKARTA — Fenomena judi online menarik perhatian calon targetnya dengan iming-iming untung besar, dan akses yang super mudah melalui smartphone.

    Pemilik platform judi online juga menghadirkan visual yang menarik dan bonus-bonus awal yang bikin penasaran. Namun, anda perlu berhati-hati, di balik semua itu ada sistem yang diam-diam bisa bikin dompetmu terkuras habis!

    Sekjen Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengatakan judi online adalah penipuan digital karena pemain teknologi ini dijamin rugi. Berbeda dengan judi konvensional yang masih terbuka persentase menang, pada judi online kemenangan diatur oleh pemilik platform.

    Sistemnya dirancang sedemikian rupa untuk menguntungkan platform bukan pemain. Banyak platform pakai algoritma random yang sebenarnya udah dimodifikasi sedemikian rupa supaya peluang menang makin kecil.

    Selain sistem yang dirancang curang, mereka juga mainin psikologi pemain dengan teknik-teknik yang sudah banyak diteliti dalam psikologi perilaku.

    Dilansir dari laman Telkomsel, Selasa (18/11/2025), berikut cara kerja Judi Online menguras kantong penggunannya.

    Near Miss: Hampir menang, tapi tidak jadi

    Near miss, atau dikenal sebagai near-miss effect (NME), terjadi ketika hasil permainan sangat dekat dengan kemenangan, tapi tidak sepenuhnya berhasil, sehingga menciptakan ilusi bahwa kemenangan besar hanya “sedikit lagi”.

    Efek ini bukan kebetulan, melainkan bagian dari algoritma platform judi yang memanfaatkan perilaku manusia untuk memperpanjang waktu bermain.

    Contoh, dalam slot online, gulungan berhenti pada posisi yang hampir membentuk garis kemenangan, mendorong pemain untuk mencoba lagi karena merasa peluang menang meningkat.

    Reward Intermittent: Hadiah tak menentu

    Reward intermittent, atau intermittent reinforcement, merujuk pada pemberian imbalan yang tidak konsisten, di mana pemain tidak tahu kapan akan menang, sehingga otak terus termotivasi untuk mencoba lagi. Teknik ini mirip dengan prinsip operant conditioning dalam psikologi, di mana ketidakpastian justru memperkuat perilaku berjudi.

    Platform judi menggunakan algoritma untuk memberikan kemenangan sporadis, seperti bonus kecil di awal, yang memicu pelepasan dopamin di otak dan membuat pemain merasa “mungkin kali ini menang”.

    Gamifikasi: Seolah-olah ‘naik pangkat’, padahal cuma buang duit

    Gamifikasi secara umum merupakan strategi yang memasukkan unsur-unsur game ke konteks non-game untuk mendorong motivasi, partisipasi, dan perilaku yang diinginkan. Dalam judi online, ini dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman mirip game, di mana pemain merasa sedang mencapai prestasi meski sebenarnya hanya menghabiskan uang.

    Platform judi menggunakan elemen seperti poin reward, papan peringkat, dan level naik untuk membuat pemain merasa “berprestasi”, sehingga mereka terus bermain lebih lama.