Jenis Media: Tekno

  • Cloudflare Error, Kerugian Ditaksir Tembus Rp251 Triliun per Jam

    Cloudflare Error, Kerugian Ditaksir Tembus Rp251 Triliun per Jam

    Bisnis.com, JAKARTA —  Gangguan Cloudflare, yang telah berlangsung selama 4 Jam pada Selasa (18/11/2025), diperkirakan mengakibatkan kerugian antara US$5 miliar hingga US$15 miliar per jam atau Rp83,7 triliun hingga Rp251,2 triliun bagi perusahaan-perusahaan yang terdampak, menurut layanan pemeliharaan situs web.

    Dilansir dari Mirror, Rabu (19/11/2025), layanan infrastruktur internet tersebut telah mati sejak sekitar pukul 12:00 UTC, yang berdampak pada banyak situs web, termasuk X, Spotify, dan Canva. Adapun Cloudflare melayani ribuan pelanggan korporasi.

    Adapun outage Cloudflare berlangsung sekitar 4 jam, sehingga estimasi total kerugian bisa mencapai US$20 miliar – US$60 miliar atau Rp335 triliun hingga Rp1.005 triliun.

    Dari sisi Cloudflare, perusahaan mengalami penurunan kapitalisasi pasar sekitar US$1,8 miliar akibat anjloknya harga saham sampai 3,9 persen setelah insiden ini.

    Di tingkat pelanggan, bisnis berskala menengah hingga besar—yang sangat bergantung pada layanan cloud—umumnya menderita kehilangan rata-rata US$300.000 per jam, dan hampir setengah dari perusahaan besar melaporkan kerugian lebih dari US$1 juta per jam selama downtime.

    Cloudflare menyatakan saat ini layanan saat ini beroperasi secara normal. Perusahaan tidak lagi melihat gangguan ataupun peningkatan latensi.

    “Tim teknik kami terus memantau platform secara ketat dan melakukan penyelidikan lebih mendalam terhadap gangguan sebelumnya, tetapi tidak ada perubahan konfigurasi yang dilakukan saat ini,” tulis Cloudflare.

    Sementara itu, CTO Cloudflare Dane Knecht menyampaikan permintaan maaf atas gangguan besar tersebut.

    Dia menjelaskan masalah bermula dari sebuah bug yang memicu kegagalan berantai, sehingga ratusan layanan daring ikut tumbang. 

    “Singkatnya, bug laten dalam layanan yang mendasari kemampuan mitigasi bot kami mulai mogok setelah perubahan konfigurasi rutin yang kami buat. Hal itu mengakibatkan degradasi yang luas pada jaringan kami dan layanan lainnya. Ini bukan serangan,” tulis Knecht. 

    Dia menyadari masalah tersebut, beserta dampak dan lamanya penyelesaian, merupakan hal yang tidak dapat diterima. Dia juga menyebut bahwa upaya perbaikan sudah mulai dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang. Menurutnya, insiden itu telah menimbulkan kesulitan nyata bagi banyak pihak, dan karena itu kepercayaan pelanggan menjadi sesuatu yang sangat mereka hargai dan akan mereka upayakan untuk diraih kembali.

    Di sisi lain, Cloudflare menyampaikan mereka telah menerapkan perbaikan dan meyakini insiden tersebut sudah terselesaikan. Mereka masih memantau potensi kesalahan untuk memastikan seluruh layanan benar-benar kembali normal.

    Terlebih pada pembaruan terbarunya, Cloudflare mengakui masih menemukan sejumlah laporan gangguan kecil. 

    “Kami terus melihat peningkatan kesalahan dan latensi, tetapi masih ada laporan kesalahan intermiten. Tim terus memantau situasi seiring membaiknya situasi, dan mencari cara untuk mempercepat pemulihan penuh,” tulis Cloudflare. 

  • Meta Rilis Fitur Baru untuk Cegah Pencurian Konten Facebook

    Meta Rilis Fitur Baru untuk Cegah Pencurian Konten Facebook

    Di sisi lain, Meta mengumumkan keputusan untuk menghentikan operasional dua fitur ikonik jejaring sosial Facebook, yaitu pada tombol plugin ‘like’ dan ‘komentar’ eksternal.

    Keputusan ini menandai berakhirnya era dunia Web 2.0, di mana kedua tombol tersebut sempat menjadi elemen wajib hampir di semua situs web dan blog.

    Dilansir Mashable, Minggu (16/11/2025), dalam sebuah postingan dari situs blog Meta, menyampaikan tombol ‘like’ Facebook dan ‘komentar’ Facebook akan resmi dihentikan pada 10 Februari 2026.

    Menurut Meta, penutupan fitur ini adalah langkah strategis untuk mempertahankan platform yang lebih modern dan efesien. Perubahan menyebut plugin ini merupakan peninggalan dari era pengembangan web sebelumnya, dan juga penggunanya menurun seiring dengan evolusi lanskap digital.

    “Perubahan ini mencerminkan komitmen kami untuk mempertahakan platform modern dan efesien yang melayani kebutuhan pengembang saat ini, sekaligus memungkinkan kami berinvestasi dalam inovasi di masa mendatang,” tulis Meta melalui keterangan resminya.

    Plugin sosial Facebook yang pertama kali diluncurkan pada 2016 pernah menjadi primadona bagi konten kreator dan pengelola situs. Kehadiran tombol ini memungkinkan pengguna untuk langsung berinteraksi dengan konten, seperti menyukai dan berkomentar pada suatu konten dengan profil Facebook tanpa perlu meninggalkan halaman web.

    Di masa kejayaannya, fitur ini bukan hanya mempermudah pengguna, tetapi juga menguntungkan Facebook. Tombol tersebut menjadi saluran penting bagi perusahaan untuk mengumpulkan data pengguna dari konten yang diakses di platform pihak ketiga.

    Namun lanskap internet telah berubah, penemuan dan interaksi konten kini didominasi oleh aplikasi seluler, membuat fitur eksternal ini menjadi usang. Interaksi seperti komentar dan suka kini lebih banyak terjadi secara langsung di dalam platform Facebook, bukan lagi di halaman web eksternal.

    Meski demikian, Meta meyakinkan pengembang tidak perlu melakukan langkah mitigasi apa pun, karena perubahan ini dipastikan tidak akan memengaruhi fungsionalitas situs web secara keseluruhan.

  • Sejumlah Situs-Medsos Tumbang, Imbas Cloudflare Gangguan

    Sejumlah Situs-Medsos Tumbang, Imbas Cloudflare Gangguan

    Cloudflare dilaporkan mengalami gangguan pada Selasa(18/11) waktu setempat. Imbas gangguan Cloudflare, sejumlah website hingga aplikasi seperti X dan ChatGPT tidak bisa diakses.

    Menanggapi gangguan ini, Cloudflare pun buka suara. “Kami melihat layanan perlahan pulih, namun pelanggan mungkin masih mengalami kesulitan untuk mengakses, tidak seleluasa biasanya. Kami terus berupaya memperbaiki masalah ini”.

  • Cloudflare Error, CEO Ungkap Biang Kerok hingga Potensi Kerugian

    Cloudflare Error, CEO Ungkap Biang Kerok hingga Potensi Kerugian

    Bisnis.com, JAKARTA — Cloudflare, penyedia layanan keamanan dan CDN terkemuka, mengalami outage atau gangguan secara masif pada Selasa (18/11/2025) yang mengganggu layanan internet global, termasuk situs-situs besar seperti X.com. 

    CEO Cloudflare Matthew Prince mengakui bahwa penyebabnya adalah perubahan izin pada sistem database, yang awalnya disangka sebagai serangan DDoS berskala hiper.

    Perubahan tersebut menyebabkan database mengeluarkan entri ganda ke dalam “feature file” yang digunakan oleh sistem Bot Management Cloudflare. File ini, yang mendeskripsikan aktivitas bot berbahaya dan didistribusikan ke infrastruktur routing, membengkak dua kali lipat melebihi batas ukuran yang ditetapkan, sehingga memicu kegagalan perangkat lunak menurut laporan Register.

    Insiden dimulai sekitar pukul 11:20 UTC, saat Cloudflare sedang memperbarui manajemen izin pada klaster database ClickHouse yang menghasilkan versi baru feature file setiap lima menit.

    Perubahan izin dimaksudkan untuk memberikan akses ke data dan metadata underlying, tetapi query yang salah mengembalikan informasi ekstra, sehingga file membengkak.

    Data buruk hanya dihasilkan jika query berjalan pada bagian klaster yang telah diperbarui, menyebabkan propagasi file baik dan buruk secara bergantian. Hal ini menciptakan fluktuasi: sistem pulih sementara lalu gagal lagi, membuat tim Cloudflare awalnya menduga serangan DDoS hiper-skala.

    Sekitar pukul 13:00 UTC, kondisi makin tidak stabil, menyebabkan outage persisten bagi pelanggan. Dampaknya mencakup kesalahan HTTP 5xx, peningkatan latensi pada CDN, serta gangguan pada layanan seperti Workers KV, Cloudflare Access, dan Dashboard, yang mengandalkan proxy inti.

    Cloudflare akhirnya mengidentifikasi sumber masalah dan menghentikan generasi serta propagasi file buruk pada pukul 14:24 UTC. Mereka secara manual memasukkan file baik ke antrian distribusi dan memaksa restart proxy inti untuk membaca hanya file yang valid.

    Trafik kembali normal sekitar pukul 14:30 UTC, meski ada masalah downstream pada sistem dependen.

    Prince meminta maaf atas insiden yang disebutnya “tidak dapat diterima”, menekankan bahwa outage seperti ini adalah yang terburuk sejak 2019.

    Perusahaan berencana melakukan empat langkah perbaikan: memperkuat ingest file konfigurasi seperti input pengguna, mengaktifkan lebih banyak kill switch global, menghilangkan kemampuan core dumps membanjiri sumber daya, dan meninjau mode kegagalan pada modul proxy inti.

    Sementara itu, kerugian akibat outage besar Cloudflare diperkirakan mencapai miliaran dolar AS secara global.

    Menurut analisis industri dan sejumlah sumber, potensi kerugian ekonomi akibat gangguan ini diperkirakan antara US$5 miliar hingga US$15 miliar per jam outage, karena Cloudflare melayani ribuan perusahaan besar dan situs kritikal di seluruh dunia menurut laporan Tom’sguide.

    Outage ini berlangsung sekitar 4 jam, sehingga estimasi total kerugian bisa mencapai US$20 miliar – US$60 miliar. Selain itu, Cloudflare sendiri mengalami penurunan kapitalisasi pasar sekitar 1,8 miliar dolar AS akibat anjloknya harga saham sampai 3,9 persen setelah insiden ini.

    Di tingkat pelanggan, bisnis berskala menengah hingga besar—yang sangat bergantung pada layanan cloud—umumnya menderita kehilangan rata-rata US$300.000 per jam, dan hampir setengah dari perusahaan besar melaporkan kerugian lebih dari US$1 juta per jam selama downtime.

  • Kembangkan Ekosistem Mobil Listrik di RI, VinFast Fokus Lakukan Ini

    Kembangkan Ekosistem Mobil Listrik di RI, VinFast Fokus Lakukan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – VinFast terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik di Indonesia. Hal ini demi memastikan industri mobil listrik nasional bisa tumbuh secara berkelanjutan.

    CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, sejauh ini VinFast telah memasarkan lima model mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia. Mulai dari VinFast VF3 yang berada di kategori entry level, kemudian VF5, VF e34, VF6, hingga VF7. Dengan model-model tersebut, VinFast ingin memberikan banyak pilihan bagi para pengguna mobil listrik Tanah Air.

    Kendati demikian, VinFast tidak hanya fokus pada penjualan mobil listrik semata, melainkan juga membangun ekosistem yang solid di Indonesia melalui pembangunan sejumlah infrastruktur guna menunjang industri tersebut. Hal ini sejalan dengan visi VinFast yang bukan hanya ingin menjadikan Indonesia sebagai target pasar, tetapi juga ingin berkembang bersama-sama melalui ekosistem mobil listrik yang diciptakan.

    “Dengan demikian kami berkeyakinan bahwa orang akan semakin yakin untuk berpindah ke mobil listrik,” tutur dia dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2025 ‘Best Sustainable Companies’, Selasa (18/11/2025).

    Salah satu upaya yang dilakukan VinFast adalah berinvestasi melalui pendirian pabrik mobil listrik di Subang, Jawa Barat. Fase pertama pabrik tersebut dibangun di lahan seluas kurang lebih 10 hektare (Ha), dari total luas lahan yang mencapai 170 Ha. Pabrik ini akan mulai beroperasi pada kuartal I-2026 yang diharapkan akan memberikan dampak ekonomi sirkular bagi lingkungan masyarakat sekitar.

    “Bukan hanya dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan, tetapi juga akan terjadi transfer teknologi kepada tenaga-tenaga ahli di sekitar wilayah Subang maupun wilayah Jawa Barat dan Indonesia secara keseluruhan,” terang Kariyanto.

    Sebelum pabrik tersebut beroperasi, VinFast menjual produk mobil listrik di Indonesia melalui skema impor secara utuh atau completely built up (CBU) dari Vietnam.

    Tak hanya pabrik, VinFast juga membangun jaringan stasiun pengisian baterai atau charging station melalui anak usahanya yaitu VGreen. Fasilitas charging station yang disediakan oleh VGreen telah tersebar di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Bahkan, fasilitas ini juga hadir di wilayah yang belum terdapat mobil listrik VinFast.

    Keberadaan charging station tersebut tentu memungkinkan VinFast untuk lebih cepat berekspansi ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, VinFast dapat membawa mobil listrik menjadi lebih dekat bagi para konsumen, baik di kota besar maupun kecil.

    Tak ketinggalan, VinFast juga terus mengembangkan jaringan dealer mobil listrik di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam membeli merek mobil listrik asal Vietnam tersebut. Saat ini, VinFast telah mengoperasikan 35 dealer di Indonesia dan dipastikan akan terus bertambah.

    “Kami targetkan hingga akhir tahun depan dianggap kurang lebih 150 di seluruh wilayah Indonesia,” tandas dia. 

    (bul/bul)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Update Zenless Zone Zero 2.4 Dirilis 26 November 2025. Dialyn dan Banyue Resmi Bergabung

    Update Zenless Zone Zero 2.4 Dirilis 26 November 2025. Dialyn dan Banyue Resmi Bergabung

    Di sisi lain, HoYoverse secara resmi mengumumkan judul terbaru dari waralaba Honkai, yaitu Honkai: Nexus Anima. Mengusung genre creature-collector adventure strategy, perusahaan menjanjikan pengalaman baru bagi para pemain. 

    Mengutip keterangan resminya, Sabtu (30/8/2025), game ini mengajak pemain menjelajahi dunia baru sambil membangun ikatan mendalam dengan makhluk unik bernama Anima.

    “Honkai: Nexus Anima mengajak pemain baru dan penggemar setia untuk memulai perjalanan baru penuh inovasi gameplay, kisah imersif, dan persahabatan unik dengan Anima,” tulis HoYoverse.

    Game ini pertama kali diperkenalkan dalam konser ulang tahun Honkai: Star Rail pada Mei 2025, dan kini telah debut penuh dengan pembukaan pendaftaran closed beta Honkai: Nexus Anima perdana yang dinamakan Nexus Bond Test.

    Nexus Bond Test rencananya akan tersedia di PC dan iOS, dengan registrasi pemain mulai dibuka 29 Agustus hingga 12 September 2025.

  • Permudah Pengguna Mobil Listrik, VinFast Tawarkan Jasa Sewa Baterai

    Permudah Pengguna Mobil Listrik, VinFast Tawarkan Jasa Sewa Baterai

    Jakarta, CNBC Indonesia – VinFast terus berupaya meningkatkan penetrasi pasarnya di industri kendaraan listrik nasional. Salah satu nilai tambah yang coba ditawarkan VinFast kepada konsumen Indonesia adalah program battery subscription alias sewa baterai.

    CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, saat ini VinFast telah memiliki lima model mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia. Mulai dari VinFast VF3 yang berada di kategori entry level, kemudian VF5, VF e34, VF6, hingga VF7. Dengan model yang beragam, VinFast ingin memberikan banyak pilihan bagi para pengguna mobil listrik Tanah Air.

    VinFast pun menyadari, salah satu tantangan ketika konsumen ingin beralih ke mobil listrik adalah harga beli pertama yang dirasa cukup mahal dan kurang ekonomis. Untuk mengatasi tantangan tersebut, VinFast memberikan pilihan melalui program battery subscription.

    Dengan battery subscription, konsumen memiliki dua pilihan, baik itu membeli kendaraan termasuk baterai ataupun membeli kendaraan dengan sewa baterai. Terdapat beberapa keunggulan battery subscription, antara lain harga pembelian mobil listrik jadi lebih murah dan biaya sewa baterainya juga sangat ekonomis.

    “Kita ambil contoh VF3 itu hanya Rp 253.000 per bulan dan keuntungan lainnya adalah baterai selalu dalam kondisi prima, karena baterai itu adalah sewa,” ujar dia dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2025 ‘Best Sustainable Companies’, Selasa (18/11/2025).

    Kariyanto menambahkan, jika kondisi baterai mobil listrik VinFast menurun, maka akan diganti dengan baterai baru yang tentu bebas biaya.

    Di samping itu, dia bilang, VinFast juga memiliki perusahaan di bidang pengisian baterai yaitu VGreen yang telah berekspansi hingga ke level kabupaten di seluruh Indonesia. Alhasil, VinFast tidak hanya sekadar menyewakan baterai, melainkan juga memudahkan konsumen mobil listrik dalam mengisi ulang baterai kendaraannya.

    Tak hanya itu, VinFast juga menyediakan layanan free charging selama tiga tahun atau sampai 2028 mendatang kepada para pembeli merek mobil listrik asal Vietnam tersebut. Hal ini dilakukan guna memastikan para konsumen Indonesia benar-benar yakin untuk menggunakan mobil listrik sebagai mobilitas sehari-hari.

    “Ekosistem yang sangat penting dibutuhkan untuk orang bertransisi ke mobil hijau atau mobilitas hijau adalah mengenai charging,” tandas dia.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Video: China Hubungi NASA, Tanda Dua Negara Mulai Akur?

    Video: China Hubungi NASA, Tanda Dua Negara Mulai Akur?

    Video: China Hubungi NASA, Tanda Dua Negara Mulai Akur?

  • 20 Cara Ubah Tulisan WhatsApp Jadi Unik, Tebal, Hingga Ganti Gaya

    20 Cara Ubah Tulisan WhatsApp Jadi Unik, Tebal, Hingga Ganti Gaya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Anda bisa mengubah tulisan WhatsApp sesuai keinginan. Dengan begitu bisa lebih tegas hingga tidak terlalu bosan saat mengirimkan chat melalui aplikasi.

    Gaya tulisan WhatsApp bisa diubah menggunakan beberapa cara. Ada yang bisa menggunakan simbol tertentu hingga membutuhkan bantuan website generator font.

    Berikut 20 gaya tulisan yang bisa Anda coba di WhatsApp:

    1. Bold

    Anda bisa mendapatkan tulisan tebal atau bold dengan menambahkan tanda bintang di bagian depan dan belakang tulisan. Gunakan simbol itu tanpa spasi. Contoh *WhatsApp*

    2. Italic

    Italic atau huruf miring bisa dibuat dengan menambahkan simbol underscore (_) tanpa spasi di bagian depan dan belakang tulisan. Contoh: _WhatsApp_

    3. Strikethrough

    Anda bisa membuat coretan di atas tulisan atau striketrough dengan menambahkan simbol tilde (~). Contoh : ~WhatsApp~

    4. Tulisan Monospace

    Monospace dapat dihasilkan dengan menambahkan tiga backtick pada tulisan. Contojh: “`WhatsApp“`

    5. Kombinasi Tebal + Miring

    Format ini digunakan dengan penggabungan simbol bintang dan underscore.
    Format: *_teks_*

    6. Kombinasi Tebal + Miring + Coret

    Format tulisan dengan mengkombinasikan tebal, miring dan coret juga bisa dilakukan. Tambahkan semua simbol dari masing-masing format di bagian depan dan belakang tulisan serta tanpa spasi. Contoh: *_~WhatsApp~_*

    7. Kombinasi Miring + Coret

    Sama seperti sebelumnya, kombinasi tulisan miring dan coret dapat dihasilkan dengan menyatukan semua simbol masing-masing. Contoh: ~_WhatsApp_~

    8. Tulisan Kosong (Blank Text)

    WhatsApp sebenarnya tak memiliki fitur khusus untuk pengguna bisa mengirimkan chat kosong. Namun Anda dapat melakukannya dengan situs Dardura.

    Masuk ke situs fonts.dardura.com/blank-character. Berikutnya salin hasilnya dan tempel ke ruang chat.

    9. Scrolling Text

    Chat yang bisa discrolling bisa Anda buat melalui situs patorjk.com. Masukkan teks yang ingin dikirimkan, salin hasil formatnya ke ruang chat WhatsApp.

    10. Quote Block

    Format tulisan ini bisa menyoroti tulisan yang diinginkan. Anda bisa membuat dengan menambahkan simbol “>” di awal tulisan dengan spasi. Contoh: > WhatsApp.

    11. Bullet Points

    Membuat poin-poin pada chat dapat dilakukan dengan menambahkan simbol bintang (*) atau hyphen (-) lalu tambahkan spasi. Contoh: * WhatsApp atau – WhatsApp

    12. Tulisan Berwarna

    Anda juga dapat mengubah warna tulisan yang tadinya hitam di WhatsApp. Gunakan website Dardura untuk mengubahnya.

    Setelah masuk ke situs tersebut, berikutnya ketik teks dan pilih warna. Terakhir salin tulisan ke WhatsApp.

    13. Format Tulisan Garis Bawah

    Tulisan garis bawah atau underline bisa didapatkan dengan menggunakan website generator seperti Gylphy.io. Caranya sama dengan sebelumnya, tinggal ketik teks dan salin hasilnya ke WhatsApp.

    14. Tulisan Terbalik

    Situs upsidedowntext.com menyediakan format tulisan terbaik yang bisa digunakan di WhatsApp. Tinggal masukkan teks dan salin hasilnya di aplikasi.

    15. Read More (Baca Selengkapnya) Manual

    Anda dapat mengubah tulisan panjang dengan tambahan format Read More atau Baca Selengkapnya. Jadi penerima pesan tinggal mengkliknya untuk membaca keseluruhannya.

    Untuk membuatnya, masuk ke website Dardura. Lanjutkan dengan memasukkan teks yang diinginkan.

    16. Font Aesthestic

    Font aesthestic seperti tulisan tangan, latin, serta tattoo-style bisa dihasilkan melalui situs Dardura, yakni fonts.dardura.com.

    17. Unicode

    Pengguna dapat mengubah gaya font unicode seperti bold unicod, serif, sans serif, wide text, serta tiny text.

    18. Tulisan Kapital Otomatis

    Anda dapat mengubah seluruh tulisan menjadi kapital atau huruf besar secara otomatis. Edit di aplikasi keyboard seperti Gboard dengan fitur Uppercase dan kirimkan ke WhatsApp.

    19. Simbol Khusus

    Unicod juga menyediakan simbol tertentu dan bisa dikirimkan di WhatsApp. Simbol yang tersedia seperti panah, bintang atau bentuk lainnya.

    20. Wide Text

    Wide text atau spasi lebar bisa didapatkan melalui situs generator font seperti Dardura.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

    Next Article

    Pisahkan Chat WhatsApp Kantor dan Pribadi di HP, Begini Caranya

  • Peringatan Google Buat Pemilik HP Android Sering Pakai WiFi Gratis

    Peringatan Google Buat Pemilik HP Android Sering Pakai WiFi Gratis

    Jakarta, CNBC Indonesia – Peringatan datang dari Google bagi para pengguna HP Android. Kali ini peringatan agar pengguna tidak sembarangan terhubung atau menggunakan WiFi, seperti WiFi publik.

    Peringatan ini disampaikan dalam laporan “Behind the Scenes” edisi Oktober 2025 yang membahas maraknya penipuan berbasis pesan teks di perangkat Android.

    Salah satu yang dibahas adalah adanya 94% pengguna Android berisiko menjadi korban serangan pesan teks, yang membuat kerugian finansial dan tekanan emosional pada para korbannya.

    Laporan itu juga mengungkapkan 73% responden khawatir soal penipuan seluler dan 84% responden mengatakan penipuan seluler berbahaya untuk masyarakat.

    Google terkait kekhawatiran itu memberikan tips untuk membuat pengguna jauh lebih aman. Yakni dengan menghindari menggunakan Wifi publik.

    Phone Arena menuliskan serangan man-in-the-middle bisa terjadi pada mereka yang menjadi korban Wifi publik palsu mirip dengan jaringan asli. Ini adalah gangguan pada komunikasi antar ponsel dan server yang disambungkan seperti situs web bank.

    Peringatan Google ini sebelumnya juga pernah diutarakan oleh Transportation Safety Administration (TSA). Lembaga itu mengingatkan menghindari Wifi publik dan stasiun pengisian daya umum.

    Untuk tempat charger umum bisa menghubungkan perangkat korban ke port yang telah diretas. Ini akan membuka jalan peretas mencuri informasi pribadi atau memasukkan malware ke dalam perangkat para korbannya.

    Ada beberapa cara untuk menghindari kejahatan tersebut. Berikut beberapa tipsnya, dikutip dari Phone Arena, Selasa (18/11/2025):

    Cara aman pakai Wifi di tempat umum

    Pakai Virtual Private Network (PVN) yang aman
    Jelajahi situs hanya yang menggunakan ikon gembok di awal bilah dan alamat situs dengan ‘https’
    Periksa lebih dulu Wifi sebelum benar-benar menghubungkannya. Pastikan memang terhubung dengan jaringan resmi pada lokasi publik yang Anda kunjungi
    Matikan koneksi otomatis ke Wifi publik atau jaringan yang tidak dikenal

    Cara aman charge HP di tempat umum

    Perlu diingat jika pengisian daya paling aman yang menggunakan stopkontak dinding standar. Gunakan charger Anda sendiri untuk mengisi ulang baterai
    Sebisa mungkin hindari menggunakan pengisian daya umum dan menggunakan power bank
    Pakai pemblokir data USB antara kabel dan port USB publik untuk memblokir adanya transfer data
    Jika muncul peringatan pada perangkat saat menghubungkan ke port USB, hanya pilih ‘isi daya saja’ atau ‘tanpa transfer data’

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

    Next Article

    Google Temukan Ratusan Aplikasi Penipu, Cek HP Segera