Jenis Media: Tekno

  • Mengamankan 60% Pengguna Internet Muda Indonesia

    Mengamankan 60% Pengguna Internet Muda Indonesia

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menegaskan bahwa tantangan terbesar ekosistem digital Indonesia bukan lagi semata soal pembangunan infrastruktur teknologi, melainkan keselamatan manusia yang menggunakannya.

    Dengan lebih dari 220 juta pengguna internet, Meutya menyoroti bahwa sekitar 60% di antaranya adalah anak muda, menjadikan kelompok ini sebagai pihak paling rentan terhadap risiko di dunia digital.

    “Kalau kita menjaga 60% ini dengan baik, maka Insya Allah keseluruhan ekosistem digitalnya akan baik,” ujar Meutya saat acara penandatanganan kerja sama literasi digital bersama 35 organisasi dan asosiasi masyarakat, di Jakarta, Jumat (21/11/2025).

    Komdigi mencatat telah menurunkan lebih dari 3 juta konten negatif dalam setahun terakhir, termasuk konten pornografi, eksploitasi seksual, kekerasan, penipuan, hoaks, hingga judi online. Namun Meutya mengakui bahwa ritme produksi konten negatif jauh lebih cepat daripada kapasitas penindakan pemerintah.

    “Pendekatan teknologi penting, tetapi tidak akan cukup. Fondasi utama melawan konten negatif adalah edukasi digital yang dilakukan secara masif,” tegasnya.

    Komdigi menilai bahwa upaya menjaga keselamatan ruang digital harus dimulai dari pemahaman dan literasi pengguna, terutama generasi muda yang menggunakan internet sejak usia dini dan kerap tanpa pendampingan.

    Banyak Manfaat, Banyak Jebakan

    Meutya menggambarkan dunia digital sebagai ruang yang penuh peluang sekaligus jebakan.

    “Anak-anak kita itu bukan berjalan, mereka berlari di ruang yang indah tapi penuh ranjau,” ujarnya.

    Menkomdigi Meutya Hafid Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Tanpa pendampingan orang tua atau orang dewasa, anak-anak dapat terpapar risiko seperti eksploitasi seksual online, kekerasan digital, perundungan, grooming, hingga manipulasi dan penipuan.

    Meutya menekankan bahwa banyak kasus kejahatan digital berawal dari aplikasi atau game yang tampak “tidak berbahaya”. Tanpa pengawasan, anak bisa berpindah dari konten positif ke zona berbahaya hanya dengan satu sentuhan jari.

    Menkomdigi menilai bahwa Indonesia sedang berpacu dengan waktu. Anak muda menghabiskan waktu berjam-jam per hari di media sosial, sementara orang tua sering kali tidak memiliki kapasitas pendampingan digital yang memadai.

    Jika dibiarkan, Indonesia berisiko menghadapi hilangnya kepercayaan publik terhadap platform digital dan meningkatnya kasus penipuan dan kekerasan daring. Selain itu merosotnya minat generasi muda pada organisasi dan komunitas yang membutuhkan proses panjang, serta kerentanan mental akibat paparan konten tidak layak usia.

    “Kalau kita membiarkan anak-anak terkoneksi tanpa pendampingan, itu sama saja membiarkan mereka berlari sendiri,” kata Meutya.

    Lebih lanjut ditekankan bahwa perlindungan anak di ruang digital adalah investasi jangka panjang.

    “Siapa yang akan melindungi mereka kalau bukan kita mulai dari sekarang? Generasi ini berlari cepat menuju masa depan, tapi tugas kita memastikan mereka tidak tersandung ranjau di jalannya,” ujarnya.

    (afr/rns)

  • Operator Seluler Berbondong-bondong Beralih ke Jaringan 5G Standalone

    Operator Seluler Berbondong-bondong Beralih ke Jaringan 5G Standalone

    Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah operator telekomunikasi yang memanfaatkan jaringan 5G standalonne (SA) meningkat signifikan pada November 2025 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menurut laporan Ericsson Mobility Report 2025. 

    5G standalone adalah jaringan 5G yang berjalan di atas spektrum frekuensi khusus 5G saja. Dalam satu pita, misal 700 MHz yang memiliki lebar 90 MHz, seluruhnya digunakan untuk 5G saja dan tidak ditempel dengan jaringan lainnya seperti 4G.

    Sementara itu NSA atau nonstandalone 5G adalah jaringan 5G yang berjalan dengan jaringan lain seperti 4G dan 2G pada pita yang sama. 

    Dalam laporan terbaru Ericsson disebut lebih dari 90 operator telekomunikasi kini telah meluncurkan jaringan 5G Standalone (5G SA), meningkat sekitar 30 operator telekomunikasi  dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan 20 operator telekomunikasi dibandingkan laporan EMR Juni 2025.

    Peneliti EMR juga mengidentifikasi 118 kasus di 56 operator telekomunikasi, di mana dilakukan slicing jaringan untuk menyediakan layanan konektivitas yang terdiferensiasi. 

    Dari 118 kasus, sebanyak 65 kasus yang tersebar di 33 CSP telah melewati tahap proof of concept dan kini sudah masuk ke layanan komersial.

    Layanan tersebut hadir dalam bentuk paket berlangganan atau paket add-on yang dapat digunakan oleh pelanggan konsumen maupun bisnis. Dari 65 penawaran komersial, hampir sepertiga di antaranya (21 penawaran), diluncurkan pada tahun 2025 saja.

    Penerbit EMR sekaligus Chief Technology Officer Ericsson Erik Ekudden mengatakan bahwa penyedia layanan telekomunikasi di seluruh dunia makin siap untuk mengadopsi dan menerapkan 5G SA guna menghadirkan konektivitas yang terdiferensiasi berdasarkan layanan berbasis nilai. 

    “Bukan sekadar paket berbasis volume data,” kata Erik, dikutip Jumat (21/11/2025). 

    Sementara itu, President Director Ericsson Indonesia, Singapura, Filipina, dan Brunei Daniel Ode mengatakan laporan ini menekankan bagaimana konektivitas yang terdiferensiasi, yang dimungkinkan oleh 5G SA dan network slicing, akan berperan penting ketika operator telekomunikasi menghadirkan pengalaman digital yang lebih bermakna bagi industri dan masyarakat. 

    “Namun, ketersediaan spektrum yang cukup dengan harga yang terjangkau tetap menjadi faktor penting. Dengan ekosistem digital yang semakin kuat, Indonesia akan berada pada posisi yang lebih baik untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mendorong transformasi digital nasional,” kata Daniel.

    6G

    EMR November 2025 mencakup rentang proyeksi yang baru, mulai tahun 2025 hingga akhir 2031. Periode pelaporan EMR yang baru juga mencakup perkiraan peluncuran awal layanan komersial 6G.

    Berdasarkan pola adopsi langganan pada siklus generasi seluler sebelumnya, para peneliti EMR memperkirakan bahwa peluncuran komersial pertama akan dipimpin oleh penyedia layanan terdepan di pasar-pasar maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, dan beberapa negara di kawasan Gulf Cooperation Council.

    Langganan 6G global diperkirakan akan mencapai 180 juta pada akhir 2031, belum termasuk adopsi awal perangkat Internet of Things berbasis AI. Jumlah langganan tersebut dapat meningkat secara signifikan apabila 6G diluncurkan lebih awal dari yang ditunjukkan oleh siklus generasi sebelumnya.

    Peluncuran komersial 6G di Eropa diperkirakan akan berlangsung sekitar satu tahun lebih lambat dibandingkan negara-negara lain, berbeda dengan 5G sebelumnya, terutama karena penerapan 5G SA di kawasan tersebut relatif lebih lambat.

    Sebagai salah satu use case utama 5G yang terus berkembang, enhanced mobile broadband diperkirakan akan mencapai 6,4 miliar langganan 5G pada akhir 2031, atau sekitar dua pertiga dari seluruh langganan seluler pada saat itu. Sekitar 4,1 miliar dari jumlah tersebut—sekitar 65 persen—diperkirakan akan berbasis 5G SA.

    Hanya pada tahun 2025 saja, langganan 5G diperkirakan akan melampaui 2,9 miliar pada akhir tahun—setara dengan sekitar sepertiga dari seluruh langganan seluler saat ini—atau meningkat sekitar 600 juta langganan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Dari sisi cakupan geografis, tahun 2025 mencatat peningkatan 400 juta orang di seluruh dunia yang dapat mengakses 5G. Sekitar 50 persen populasi global di luar Tiongkok daratan diperkirakan akan memiliki cakupan 5G pada akhir 2025.

    Trafik data jaringan seluler meningkat 20 persen dari kuartal ketiga 2024 hingga periode yang sama di 2025—kenaikan yang sedikit lebih tinggi dari perkiraan, didorong oleh Tiongkok daratan dan India. Pertumbuhan diperkirakan akan terus berlanjut dengan rata-rata tahunan sebesar 16 persen hingga 2031.

    Jaringan 5G diperkirakan akan menangani 43 persen dari seluruh trafik data seluler pada akhir 2025—naik dari 34 persen pada periode yang sama tahun lalu. Para ahli EMR memperkirakan angka ini akan meningkat menjadi 83 persen pada 2031.

    Fixed Wireless Access (FWA) broadband terus berkembang sebagai salah satu use case 5G. EMR November 2025 memperkirakan bahwa sekitar 1,4 miliar orang di seluruh dunia diperkirakan akan mengakses broadband FWA pada akhir 2031, dengan 90 persen di antaranya melalui 5G.

    Tim riset EMR telah mengidentifikasi 159 penyedia layanan telekomunikasi yang saat ini menawarkan layanan FWA melalui 5G, setara dengan sekitar 65 persen dari seluruh penyedia layanan FWA. Jumlah penyedia layanan yang menawarkan paket berbasis kecepatan—model monetisasi yang umum digunakan pada broadband tetap berbasis fiber atau kabel—meningkat dari 43 persen menjadi 54 persen sejak EMR November 2024.

  • Bahtera Nuh Diduga Terdampar di Sini, Terungkap dari Prasasti Babilonia

    Bahtera Nuh Diduga Terdampar di Sini, Terungkap dari Prasasti Babilonia

    Jakarta

    Para ilmuwan telah menguraikan peta tertua di dunia, dan mereka yakin peta itu dapat mengarahkan mereka ke lokasi Bahtera Nuh.

    Artefak Babilonia berusia 3.000 tahun itu telah membingungkan para arkeolog selama berabad-abad, tetapi dalam beberapa minggu terakhir, para ahli telah mengungkap maknanya.

    Prasasti berupa lempengan tanah liat itu ditemukan di Timur Tengah sebelum diakuisisi oleh British Museum pada tahun 1882. Sejak ditemukan, para ahli telah mencoba menguraikan apa arti simbol-simbol seperti peta yang terukir pada artefak itu.

    Lempengan itu memiliki beberapa paragraf tulisan paku di bagian belakangnya dan di atas diagram peta yang menggambarkan penciptaan Bumi dan apa yang ada di baliknya.

    Ukiran-ukiran itu disebut Imago Mundi oleh para ilmuwan. Mereka mengatakan bahwa ukiran itu menunjukkan Mesopotamia Kuno, yang sekarang dikenal sebagai Irak modern, dikelilingi oleh ‘Sungai Pahit’, sebuah cincin ganda yang menandai batas-batas dunia Babilonia yang dikenal.

    Tetapi setelah lebih dari sebulan menganalisis simbol-simbol pada lempengan itu, para peneliti yakin bahwa itu adalah referensi yang jelas untuk cerita-cerita dalam Alkitab. Mereka mengklaim bagian belakang artefak tersebut berfungsi sebagai kunci rahasia untuk menunjukkan kepada para penjelajah rute yang akan mereka ambil dan apa yang harus mereka perhatikan di sepanjang jalan.

    Satu bagian dilaporkan mengatakan bahwa mereka yang melakukan perjalanan harus melewati tujuh liga untuk melihat sesuatu yang setebal kapal ‘parsiktu’.

    Kata ‘parsiktu’ dimaksudkan untuk membantu menjelaskan ukuran kapal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dari peristiwa banjir besar berdasarkan kitab suci Babilonia kuno lainnya.

    Para peneliti akhirnya berhasil memecahkan kode yang terukir di prasasti Babilonia yang diperkirakan sebagai peta dunia tertua. Foto: British Museum

    Bagian lain diyakini menunjukkan jalan dan petunjuk untuk sampai ke ‘Urartu’, lokasi yang diyakini sebagai tempat seorang pria dan keluarganya mendaratkan bahtera raksasa yang mereka buat, menurut puisi Mesopotamia kuno, yang lebih umum disebut sebagai Bahtera Nuh.

    “Karena itu adalah deskripsi Bahtera yang secara teoritis dibangun oleh Nuh versi Babilonia,” kata ahli tulisan paku British Museum Dr. Irving Finkel, dikutip dari The Sun.

    Urartu, yang juga dikenal sebagai Ararat, berada di puncak gunung di Turki, dan para peneliti mengatakan bahwa konon di sanalah bahtera itu berada setelah banjir selama 150 hari.

    “Itu menunjukkan bahwa ceritanya sama, dan tentu saja yang satu mengarah ke yang lain, tetapi juga, dari sudut pandang Babilonia, ini adalah hal yang nyata. Jika Anda melakukan perjalanan ini, Anda akan melihat sisa-sisa kapal bersejarah ini,” jelas Finkel.

    Kisah Alkitab tentang Bahtera Nuh mengikuti versi Babilonia dengan cermat. Dalam versi Babilonia, dewa Ea mengirimkan banjir ke Bumi untuk menghancurkan seluruh umat manusia kecuali satu keluarga. Utnapishtim membangun bahtera besar setelah diperintahkan dan mengisinya dengan hewan.

    Foto: British Museum

    Enam bulan berikutnya terjadi banjir yang mengerikan sehingga hanya Utnapishtim, keluarganya, dan semua hewan di bahtera yang selamat. Saat banjir berakhir, mereka ditempatkan dengan aman di salah satu puncak Urartu.

    “Dalam kisah ini, perinciannya diberikan dan Tuhan berkata, ‘Kamu harus melakukan ini, ini dan ini’ dan kemudian Nuh dari Babilonia berkata, ‘Aku melakukan ini, ini dan ini. Aku sudah melakukannya! Dan aku membuat struktur-struktur ini seperti bejana parsiktu yang tebal’,” Finkel menjelaskan.

    Kisah Banjir Gilgamesh telah diceritakan oleh beberapa lempengan tanah liat yang berasal dari lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Banjir Alkitab, dikatakan terjadi sekitar 5.000 tahun yang lalu. Apakah gunung Ararat di Turki yang disebutkan dalam kisah Babilonia itu ada, saat ini masih menjadi perdebatan luas.

    (rns/rns)

  • Microsoft Gaet Anthropic, Azure Kini Dukung Model Claude dan ChatGPT

    Microsoft Gaet Anthropic, Azure Kini Dukung Model Claude dan ChatGPT

    Platform Kecerdasan buatan (AI) ChatGPT dan Claude memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Keduanya juga memiliki chatbot yang personal untuk pengguna.

    Pada versi terbaru keduanya yaitu GPT-5.1 dan Clude 4.5 Sonnet, pengguna dapat menyesuaikan chatbot dengan kepribadian yang paling sesuai dengan cara menggunakannya.

    Pengguna bisa mengubah ChatGPT menjadi mesin yang menyajikan fakta, dan mengabaikan basa-basi atau pembahasan yang tidak relevan dengan topik utama. Begitu juga dengan Claude yang bisa berpikir lebih formal dari biasanya.

    Portal teknologi Toms Guide, dikutip Kamis (20/11/2025), menguji chatbot AI mana yang lebih baik dan personal dengan memberikan tujuh tes untuk kedua chatbot AI, dan inilah hasilnya: 

    1. Memberikan saran

    ChatGPT:

    ChatGPT melakukan banyak hal yang berkaitan dengan saran secara pribadi. Di awal percakapan, ChatGPT menyapa dengan menyebutkan nama (nama yang terkait dengan akun yang sedang digunakan). AI ini menggunakan bahasa yang menunjukkan ada di sisi pengguna dan memahami masalah yang sedang dihadapi.

    Setelah memberikan detail permasalahan, ChatGPT akan memberikan lima saran yang dapat dilakukan pengguna, serta saran lain lebih dalam dan dapat dibahas lebih lanjut. Tetapi saran ini hanya akan dilakukan ketika pengguna bersedia untuk melanjutkan percakapan.  

    Claude:

    Claude memberikan pendekatan yang mirip dengan ChatGPT. Percakapan diawali dengan ucapan semangat sebelum membahas detail permasalahan yang pengguna uraikan. Chatbot ini berbicara dengan cara yang manusiawi.

    Kesimpulan:

    Dari hasil kedua jawaban Chatbot AI, keduanya berhasil menjawab perintah ini. ChatGPT memadukan saran yang praktis dengan ungkapan emosional tanpa terkesan memaksa. Serta menyediakan opsi metode percakapan lain tentang topik pembahasan.

    Lain hal dengan Claude, ia memberikan respons yang masuk akal berdasarkan pilihan kepribadian, fokus pada masalah tanpa memaksa dan memberikan saran yang masuk akal.

  • Isi Ulang Saldo DANA di Indomaret Ternyata Praktis Banget, Cek Langkah Mudahnya!

    Isi Ulang Saldo DANA di Indomaret Ternyata Praktis Banget, Cek Langkah Mudahnya!

    Bagi yang ingin mencoba melakukan isi Saldo DANA di Indomaret, ikuti beberapa panduan mudah sebagai berikut: 

    1. Buka Aplikasi DANA

    2. Pilih Opsi Isi Saldo

    3. Pilih Indomaret

    4. Kunjungi Indomaret Terdekat

    5. Lakukan Pembayaran di Kasir

    6. Simpan Struk sebagai Bukti

    Pastinya praktis dan bebas ribet, jadi nggak perlu lagi cemas kalau kehabisan saldo DANA mendadak. Top up di Indomaret bisa jadi penyelamat! 

    Dengan jaringan toko yang luas, proses yang cepat, serta pilihan nominal yang fleksibel, isi saldo DANA di Indomaret jelas jadi solusi praktis untuk siapa saja. Jadi, jangan ragu buat terus menggunakan DANA. Download atau perbarui aplikasi DANA versi terbaru demi merasakan pengalaman maksimal transaksi cashless bersama DANA!

  • Penyelundupan GPU Nvidia ke China Terbongkar, Empat Orang Diadili

    Penyelundupan GPU Nvidia ke China Terbongkar, Empat Orang Diadili

    Jakarta

    Otoritas Amerika Serikat membongkar kasus penyelundupan komponen kecerdasan buatan (AI) kelas atas ke China. Jaksa federal mendakwa empat orang atas dugaan penyelundupan kartu grafis Nvidia dan superkomputer HP yang dibekali GPU Nvidia tanpa izin ekspor resmi dari pemerintah AS.

    Dalam dokumen pengadilan yang beredar, keempat orang tersebut adalah Mathew Ho, Brian Curtis Raymond, Tony Li, dan Harry Chen. Mereka dituduh melakukan konspirasi penyelundupan, pelanggaran ekspor, hingga pencucian uang. Dari keempat tersangka, baru satu orang yang dilaporkan berhasil ditangkap sejauh ini.

    Pemerintah AS diketahui telah menetapkan pembatasan ketat terhadap ekspor chip AI tercanggih buatan Nvidia ke China karena dianggap berpotensi memperkuat kemampuan teknologi dan militer negara tersebut. Namun dalam praktiknya, chip-chip itu tetap ditemukan mengalir ke China melalui jalur ilegal.

    Dalam kasus ini, para terdakwa disebut mulai menjalankan aksinya sejak akhir 2023. Mereka diduga mengirimkan sekitar 50 unit GPU Nvidia H200 serta beberapa batch GPU Nvidia H100 ke China tanpa lisensi resmi. Chip H100 dan H200 sendiri merupakan produk kelas atas yang dirancang untuk pelatihan model AI berskala besar.

    Modus penyelundupan dilakukan dengan memanfaatkan perusahaan kedok bernama Janford Realtor, LLC. Mathew Ho, warga negara AS, tercatat sebagai agen terdaftar perusahaan tersebut, sementara Tony Li, warga negara China, disebut sebagai salah satu manajernya.

    Pengadilan juga menyebut keterlibatan Brian Curtis Raymond, warga Huntsville, Alabama, yang tercatat sebagai CEO dan pemilik tunggal entitas bernama U.S. Company 1.

    Perusahaan ini diduga menerima hampir USD 2 juta dari Janford Realtor. Di profil LinkedIn-nya, Raymond mengklaim dirinya adalah CEO Bitworks, perusahaan infrastruktur AI yang menyediakan solusi berbasis Nvidia dan AMD.

    Para pelaku disebut membeli GPU dari berbagai vendor di AS menggunakan dana yang ditransfer dari rekening bank di China. Untuk mengelabui otoritas, mereka menggunakan dokumen pengiriman dan kontrak palsu agar lolos dari kontrol ekspor.

    Menanggapi kasus ini, juru bicara Nvidia, John Rizzo, menyatakan bahwa sistem ekspor chip AI di AS sudah sangat ketat.

    “Sistem ekspor ini ketat dan menyeluruh. Bahkan penjualan kecil produk generasi lama di pasar sekunder tetap diawasi dan ditinjau secara serius. Membangun pusat data dari produk hasil penyelundupan hampir mustahil, baik secara teknis maupun ekonomi. Pusat data adalah sistem masif dan kompleks, sehingga praktik penyelundupan seperti ini sangat sulit dan berisiko tinggi, dan kami tidak memberikan dukungan atau servis untuk produk yang terkena pembatasan,” ujarnya, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (21/11/2025).

    Kasus ini mencuat di tengah meningkatnya perhatian terhadap penggunaan chip AI Nvidia oleh perusahaan-perusahaan China, termasuk setelah munculnya model AI DeepSeek yang performanya mendekati bahkan menyaingi pemain global. Sejumlah pengamat menduga, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemungkinan suplai chip AI kelas atas yang masuk lewat jalur ilegal seperti ini.

    Menariknya, Raymond sempat mengklaim dirinya direkrut sebagai CTO di perusahaan cloud AI bernama Corvex. Namun pihak Corvex membantah bahwa ia adalah karyawan resmi. Perusahaan menyatakan bahwa Raymond hanya pernah menjadi konsultan, dan rencana pengangkatannya sebagai pegawai tetap sudah dibatalkan setelah kasus ini mencuat.

    (asj/asj)

  • XLSMART dan ZTE Jajaki Penerapan Antena Aktif MIMO FDD, Evolusi Jaringan 5G

    XLSMART dan ZTE Jajaki Penerapan Antena Aktif MIMO FDD, Evolusi Jaringan 5G

    Bisnis.com, JAKARTA — ZTE Corporation, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi, bekerja sama dengan PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk. (EXCL) melakukan uji coba jaringan Active Antenna Unit (AAU) Massive MIMO FDD yang dapat mendukung berbagai generasi teknologi All-RAT (2G/4G/5G).

    Director & CTO XLSMART Shurish Subbramaniam mengatakan hasil uji coba FDD Massive MIMO bersama ZTE menunjukkan nilai besar dari teknologi tersebut dalam mengoptimalkan potensi spektrum FDD untuk mengatasi pertumbuhan trafik data.

    Uji coba juga menunjukkan kompatibilitas terhadap 2G yang selaras dengan strategi perusahaan dalam pengembangan jaringan multi-generasi.

    “Solusi ini membantu kami mencapai peningkatan ganda dalam kapasitas jaringan dan persepsi pengguna, sekaligus menjadi fondasi kuat bagi pertumbuhan bisnis di masa depan,” kata Shurish, dikutip Jumat (21/11/2025).

    Sementara itu, President Director ZTE Indonesia Richard Liang mengatakan hasil uji coba menunjukkan keunggulan solusi FDD Massive MIMO dari ZTE dalam mendukung XLSMART memaksimalkan potensi spektrum FDD  guna memenuhi kebutuhan data yang terus meningkat.

    Dengan kompatibilitas 2G yang unik, solusi ini memungkinkan evolusi jaringan multi-generasi secara mulus, membantu XLSMART meningkatkan kapasitas jaringan sekaligus pengalaman pengguna.

    “Pencapaian ini menandai langkah penting lainnya dalam upaya bersama kami membangun jaringan 5G berkualitas tinggi di Indonesia,” kata Richard.

    Diketahui ZTE dan XLSMART menggelar uji coba di Kabupaten Banjar, Indonesia. Uji coba menunjukkan bahwa solusi inovatif ini tidak hanya memastikan layanan suara konvensional yang stabil, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kinerja jaringan untuk layanan data.

    Hasil pengujian mencatat bahwa kecepatan rata-rata pengguna data meningkat lebih dari dua kali lipat, sementara total trafik sektor tumbuh sebesar 20%, menghasilkan peningkatan signifikan pada pengalaman pengguna serta membuka peluang baru bagi pertumbuhan pendapatan operator.

    Seiring dengan meningkatnya trafik data seluler, khususnya di wilayah dengan kepadatan pengguna yang tinggi, operator di berbagai negara terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan spektrum FDD untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan kualitas pengalaman pelanggan.

    ZTE menghadirkan AAU Massive MIMO FDD yang dikembangkan dengan pendekatan berorientasi pada kebutuhan pelanggan serta dirancang agar tetap kompatibel dengan infrastruktur jaringan multi-generasi.

    Perangkat ini juga didukung kemampuan beamforming yang mampu membentuk hingga empat digital cell, sehingga secara signifikan meningkatkan kapasitas layanan data.

  • Copy-Paste di Windows 11 Kini Dilengkapi AI

    Copy-Paste di Windows 11 Kini Dilengkapi AI

    Jakarta

    Microsoft menambah fitur-fitur utilitas di Windows 11 lewat pembaruan terbaru PowerToys versi 0.96.

    Salah satu sorotan utama ada pada peningkatan fitur Advanced Paste, yang kini mendukung pemrosesan berbasis AI lokal di perangkat tanpa perlu terus terhubung ke cloud.

    Dalam pembaruan ini, pengguna bisa menjalankan model AI langsung di perangkat lewat Foundry Local milik Microsoft atau platform open-source Ollama. Kedua solusi ini memanfaatkan Neural Processing Unit (NPU) di PC modern berbasis AI, sehingga pemrosesan dilakukan sepenuhnya di perangkat.

    Artinya, pengguna tidak lagi wajib membeli kredit API atau terhubung ke layanan AI online untuk menggunakan fitur seperti menerjemahkan teks atau merangkum konten yang ada di clipboard.

    Bagi Microsoft, ini adalah langkah besar dalam mendorong adopsi AI lokal yang lebih privat dan efisien. Dengan pendekatan ini, data pengguna tidak perlu dikirim ke server eksternal, sehingga risiko kebocoran data bisa ditekan.

    “Sekarang permintaan dapat dirutekan melalui Foundry Local atau Ollama yang menjalankan model AI langsung di perangkat menggunakan NPU, alih-alih mengandalkan cloud,” tulis Microsoft dalam catatan pembaruannya.

    Selain mendukung AI lokal, Microsoft juga memperluas kompatibilitas Advanced Paste dengan berbagai model AI online. Jika sebelumnya hanya mendukung OpenAI, kini fitur ini juga bisa digunakan bersama model dari Azure OpenAI, Google Gemini, hingga Mistral.

    Dengan kata lain, pengguna bebas memilih: ingin mengandalkan AI lokal yang lebih privat, atau model cloud yang mungkin lebih kuat dari sisi pemrosesan.

    Microsoft juga memberikan sentuhan baru pada tampilan antarmuka Advanced Paste. Kini, pengguna bisa melihat langsung isi clipboard yang sedang aktif di jendela Advanced Paste, lengkap dengan menu dropdown untuk memilih model AI yang ingin digunakan.

    “Advanced Paste kini menampilkan konten clipboard secara langsung, lengkap dengan menu pemilihan model AI,” tulis Microsoft, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (21/11/2025).

    Langkah ini dinilai membuat pengalaman penggunaan lebih intuitif, terutama bagi pengguna yang sering memanfaatkan fitur ini untuk produktivitas sehari-hari seperti merangkum dokumen, memformat ulang teks, atau menerjemahkan konten.

    Dengan tren laptop Copilot+ PC yang semakin mengandalkan NPU untuk tugas-tugas AI, pembaruan PowerToys ini juga menjadi sinyal kuat bahwa Microsoft serius mendorong AI berjalan langsung di perangkat, bukan hanya di cloud.

    Bagi pengguna Windows 11 yang ingin meningkatkan produktivitas dengan bantuan AI tanpa mengorbankan privasi, update PowerToys 0.96 ini bisa jadi salah satu fitur paling menarik yang ditawarkan Microsoft sejauh ini.

    (asj/asj)

  • Wilayah Padat hingga Rawan Interferensi

    Wilayah Padat hingga Rawan Interferensi

    Bisnis.com, JAKARTA — Layanan Internet Rakyat seharga Rp100.000 membutuhkan dukungan base transceiver station (BTS) yang masif untuk menjaga kualitas, terlebih kecepatan yang ditawarkan mencapai 100 Mbps.

    Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (Idiec) M. Tesar Sandikapura mengatakan sebagai layanan fixed wireless acces (FWA) 5G, Internet Rakyat butuh banyak pemancar yang saling berdekatan untuk menjaga kecepatan tetap tinggi dan stabil.

    Investasi dalam pengadaan BTS ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh Telemedia Komunikasi Pratama sebagai perusahaan penggelaran layanan Internet Rakyat.

    “⁠Hambatanya hanya di perluasan covarage area, karena butuh banyak BTS agar dapat melayani banyak pelanggan,” kata Tesar kepada Bisnis, Jumat (21/11/2025). 

    Berdasarkan informasi yang beredar, untuk membangun BTS baru membutuhkan investasi di tanah, menara, hingga radio akses. Nilai investasi beberapa hal tadi beragam, namun ditaksir menyentuh miliaran rupiah khususnya untuk membangun radio akses.

    Setelah memilki jaringan, perusahaan telekomunikasi juga harus melakukan perawatan dengan nilai per site sekitar Rp125 juta – Rp700 juta per bulan tergantung kelengkapan alat.

    Tesar menambahkan hambatan lain yang harus diantisipasi oleh anak usaha PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) adalah potensi interferensi jaringan 1,4 GHz. Kondisi di mana jaringan terganggu akibat sinyal data dari satu perangkat atau jaringan terhalangi.

    Kondisi di lapangan yang penuh dengan gedung, pohon, dan lain sebagainya berisiko menutup sinyal yang diberikan kepada pelanggan.

    “Ini menyebabkan sinyal bisa drop atau menjadi lambat, teknologi ini agak kurang cocok di daerah yang padat penduduk,” kata Tesar.

    Sebelumnya, Indonesia akan memiliki internet rumah dengan harga murah tanpa serat optik atau fixed wireless access (FWA) 5G yang diberi nama Internet Rakyat. Langkah ini bertujuan untuk menghadirkan layanan data yang inklusif dan dapat digunakan oleh siapapun. 

    “Ini bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah deklarasi yang kuat akan visi, komitmen, dan tindakan bersama menuju Indonesia yang berdaya digital,” kata Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria dilansir dari Antara, Kamis (20/11/2025).

    Internet Rakyat hadir setelah penandatanganan kontrak komersial antara SURGE melalui PT Telemedia Komunikasi Pratama, OREX SAI Jepang, dan distributor lokal.

    Nezar menegaskan kolaborasi penyediaan layanan internet cepat menjadi terobosan nyata untuk mempercepat akses digital di seluruh Indonesia.

    Teknologi yang diadopsi dalam proyek ini berbasis Fixed Wireless Access (FWA) 5G di frekuensi 1,4 GHz. Teknologi ini memungkinkan layanan internet berkecepatan tinggi tanpa perlu menunggu pembangunan jaringan fiber optik yang selama ini menjadi kendala utama di banyak wilayah.

    Sementara itu dilansir dari lama resmi, Telemedia membanderol layanan Internet Rakyat dengan harga Rp100.000 dengan kecepatan 100 Mbps untuk 30 hari. Harga tersebut penyesuaian dari harga sebelumnya yaitu Rp29.000 untuk 7 hari, Rp49.000 untuk 14 hari dan Rp79.000 untuk 30 hari.

  • Apa Arti Varsapura, Game Open-world Baru HoYoverse dengan Visual Realistis

    Apa Arti Varsapura, Game Open-world Baru HoYoverse dengan Visual Realistis

    Liputan6.com, Jakarta – HoYoverse, pengembang game asal China dibalik kesuksesan Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dan Zenless Zone Zero membuat kejutan dengan mengungkap game open-world baru mereka, yakni Varsapura.

    Sontak, nama Varsapura langsung menarik perhatian banyak pihak setelah muncul sebagai proyek baru perusahaan, khususnya pemain setia game-game milik Hoyoverse. Banyak yang penasaran apa arti Varsapura.

    Mengutip Gosugamer, Jumat (21/11/2025), nama Varsapura berasal dari bahasa Sanskerta, di mana “Versa” berarti hujan atau musim hujan dan “Pura” berarti kota atau benteng. Jika digabungkan menghasilkan makna atau arti “Kota Hujan” atau “City of Rain”..

    Berdasarkan informasi ini, banyak pihak menginterpretasi memicu dugaan atmosfer hujan dan dunia urban menjadi peran penting dari cerita atau latar belakang di dalam game.

    HoYoverse sendiri belum secara detail mengungkap game open-world baru tersebut. Namun, dari video demo gameplay berdurasi 31 menit di YouTube ini bisa memberikan gambaran tentang Varsapura.

    Game action-adventure ini mengambil latar belakang cerita dunia modern dengan visual realistis. Walau masih terbatas, demo game tersebut memperlihatkan bagaimana sebuah kota terinfeksi zat bernama Mindrot.

    Di dalam game, pemain akan mengikuti tim pengawas keamanan bernama Seal. Seperti game-game HoYoverse lainnya, Varsapura akan menampilkan beberapa karakter yang bisa dimainkan, dan memiliki sistem bertarung cepat dan real-time.

    Banyak gamer melihat game baru ini sangat mirip dengan gim besutan HoYoverse lainnya, yaitu Zenless Zone Zero. Selain aksi jarak dekat, gonta-ganti karakter di dalam game pun terasa dinamis.