Jenis Media: Otomotif

  • Marc Marquez Tambah Koleksi BMW, Dapat Gratis

    Marc Marquez Tambah Koleksi BMW, Dapat Gratis

    Jakarta

    Marc Marquez akan menambah koleksi mobil BMW secara cuma-cuma alias gratis. Rider Spanyol itu menang BMW M Award 2025.

    BMW M Award sudah menjadi tradisi MotoGP sejak 2003. Poin untuk penghargaan ini dihitung dari hasil sesi kualifikasi sepanjang musim. Siapa yang mengoleksi poin terbanyak, berhak membawa pulang mobil BMW eksklusif. Nah, Marc Marquez pemenangnya tahun ini!

    BMW M2 CS tampil dengan warna Velvet Blue Metallic yang elegan siap dibawa pulang oleh Marc Marquez. Dia memuncaki klasemen BMW M Award dengan perolehan 351 poin.

    Hasil kualifikasi terbaik Marc Marquez berkat catatan delapan pole position, lima kali start di barisan depan, dan lima kali start dari baris kedua.

    Alex Marquez (BK8 Gresini Racing MotoGP) awalnya menjadi penantang Marc. Namun, kecelakaan saat kualifikasi di Portimao membuatnya berada pada posisi start kelima. Alhasil, selisih poinnya menjadi 28 poin dari sang kakak. Dengan tersisa satu kualifikasi di Valencia, maka tertutup sudah peluang #73 untuk mendapatkan hadiah mobil BMW CS2.

    Mobil itu terasa spesial, punya spek mesin inline enam silinder M TwinPower Turbo bertenaga 530 dk. Mobil ini mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Tidak hanya kencang, mobil ini juga ringan. Bobotnya dikurangi sekitar 30 kilogram dibanding model standar berkat penggunaan material serat karbon di berbagai komponen.

    Pemegang rekor BMW M Award adalah Marc Marquez, yang memenangi penghargaan sebanyak tujuh kali beruntun dari 2013 hingga 2019. Dalam dua tahun terakhir, Francesco Bagnaia yang menjadi pemenangnya.

    Daftar Peraih BMW M Award:

    2024: Francesco Bagnaia (Ducati)2023: Francesco Bagnaia (Ducati)2022: Francesco Bagnaia (Ducati)2021: Fabio Quartararo (Yamaha)2020: Fabio Quartararo (Yamaha)2019: Marc Marquez (Honda)2018: Marc Marquez (Honda)2017: Marc Marquez (Honda)2016: Marc Marquez (Honda)2015: Marc Marquez (Honda)2014: Marc Marquez (Honda)2013: Marc Marquez (Honda)2012: Jorge Lorenzo (Yamaha)2011: Casey Stoner (Honda)2010: Jorge Lorenzo (Yamaha)2009: Valentino Rossi (Yamaha)2008: Casey Stoner (Ducati)2007: Casey Stoner (Ducati)2006: Nicky Hayden (Honda)2005: Sete Gibernau (Honda)2004: Valentino Rossi (Yamaha)2003: Valentino Rossi (Honda)

    (riar/din)

  • Penjualan Motor Naik, Tertinggi Sepanjang 2025

    Penjualan Motor Naik, Tertinggi Sepanjang 2025

    Jakarta

    Penjualan sepeda motor Indonesia sepanjang Januari-Oktober 2025 tembus 5.427.253 unit. Ada tren kenaikan 4,09 persen pada Oktober 2025, angka itu tertinggi sepanjang tahun ini.

    Berdasarkan laporan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor pada Oktober mencapai 590.362 unit, naik dibandingkan September yang menyentuh 567.173 unit.

    Jika melirik data 10 bulan tahun ini, Oktober menjadi bulan terbaik penjualan sepeda motor yang mencapai 590.362 unit. Titik penjualan paling kecil terjadi pada April dengan capaian 406.691 unit.

    Tren positif juga tergambar jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Sebanyak 544.392 unit sepeda motor terdistribusi di dalam negeri pada Oktober 2024. Artinya secara year on year terjadi kenaikan 8,44 persen.

    Dengan tambahan 590.362 unit, maka penjualan motor di Indonesia selama 2025 sudah mencapai 5.427.253 unit.

    Sayangnya dalam data terbaru yang ditampilkan AISI tidak memaparkan segmentasi pasar motor bebek, matic, dan sport.

    segmen motor skutik masih mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia dengan pangsa pasar di atas 90 persen.

    Sedangkan untuk motor jenis bebek dan sport, semakin mengecil volume penjualannya. Pada bulan pertama tahun 2025, porsi motor bebek yang terjual hanya sekitar 3,37%, kemudian motor sport hanya memiliki pangsa pasar 2,89%.

    Ketua Umum AISI, Johannes Loman mengatakan, pihaknya sejak awal memang sudah memasang target penjualan 6,4-6,7 juta unit setahun. Menurutnya, secara pergerakan pasar, kondisinya masih mirip-mirip tahun lalu.

    Untuk tahu lengkapnya, berikut ini data penjualan motor di Indonesia

    Januari – 560.301 unitFebruari – 581.277 unutMaret – 541.684 unitApril – 406.691 unitMei – 505.350 unitJuni – 509.326 unitJuli – 587.048 unitAgustus – 578.041 unitSeptember – 567.173 unitOktober – 590.362 unit

    (riar/din)

  • RON 98, Diklaim dari Nabati

    RON 98, Diklaim dari Nabati

    Jakarta

    BBM baru bernama Bobibos lagi ramai jadi perbincangan di media sosial. BBM RON 98 itu diklaim ramah lingkungan karena sepenuhnya menggunakan nabati.

    Muncul BBM baru bernama Bobibos. BBM ini diluncurkan pada 2 November 2025, diklaim punya RON 98 dan sepenuhnya ramah lingkungan karena terbuat dari nabati. Nggak cuma itu, BBM ini juga diklaim lebih murah sehingga bisa menjadi solusi buat masyarakat.

    “Produk revolusioner ini adalah hasil karya inovatif dari anak-anak muda Indonesia yang bersemangat, yang berdedikasi untuk menciptakan perubahan positif dalam penggunaan energi melalui BOBIBOS. Dengan peluncuran ini, kita melihat langkah maju dalam revolusi energi yang dibanggakan oleh negeri ini,” demikian dikutip dari Instagram Bobibos_.

    Meski sudah meluncur, BBM tersebut belum dijual. Bobibos dalam unggahan di Instagramnya itu menyebut masih berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendapatkan arahan sesuai regulasi sebelum bahan bakar diproduksi massal sekaligus dipasarkan secara luas.

    “Karena ini menyangkut kepentingan banyak orang, BOBIBOS sedang dalam proses koordinasi dengan pemerintah agar sesuai regulasi sebelum diproduksi massal dan dijual bebas,” begitu penjelasannya.

    Belum diketahui dengan pasti kapan BBM Bobibos itu akan dijual. Direktur Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Laode Sulaeman mengapresiasi inovasi yang dilakukan dalam menghadirkan BBM ramah lingkungan. Namun menurut Laode untuk bisa menghadirkan BBM yang layak digunakan masyarakat membutuhkan waktu dan tahapan yang panjang.

    “Tapi seperti yang saya jelaskan, untuk menguji suatu BBM lalu menjadi bahan bakar, itu minimal 8 bulan, baru kita putuskan apakah ini layak atau tidak,” ujar Laode dikutip detikFinance.

    Laode menjelaskan saat ini BBM Bobibos itu baru mengajukan usulan uji laboratorium. Pun dengan hasilnya juga belum bisa diketahui.

    “Dan kalau minta uji berarti kan hasilnya laporan hasil uji, bukan sertifikasi ya. Ini saya perlu luruskan, biar tidak terjadi simpang siur. Kemarin saya juga dapat, oh sudah disertifikasi. Saya luruskan di sini bahwa ini belum disertifikasi,” terang Laode.

    Laode menambahkan Kementerian ESDM membuka pintu lebar kepada inovasi produk BBM baru, agar bisa kerja sama dengan Badan Usaha (BU) untuk diperjualbelikan. Sebab, ini bukan kali pertama ada inovasi melahirkan produk BBM baru. Kalau sudah bekerja sama dengan Badan Usaha dan mendapatkan sertifikasi, barulah BBM bisa dijual ke pasaran.

    “Jadi sebenarnya ini banyak yang membuat seperti itu. Ada juga kan dari plastik pernah tuh. Seperti ini banyak. Tapi kita tidak ingin menanggapi satu per satu lah. Saya ingin menyampaikan prosedur legal bagaimana suatu BBM tersebut disahkan oleh pemerintah untuk menjadi bahan bakar resmi,” tutur Laode.

    (dry/din)

  • Ini Motor Konsep Terbaru TVS, Bakal Dibekali Mesin Hybrid

    Ini Motor Konsep Terbaru TVS, Bakal Dibekali Mesin Hybrid

    Jakarta

    TVS unjuk gigi di pameran otomotif EICMA Milan 2025. Pabrikan India itu memperkenalkan motor konsep baru bernama Tangent Concept, yang langsung mencuri perhatian para pengunjung pameran. Desainnya tajam, modern, dan tampilannya benar-benar seperti motor yang keluar dari dunia game.

    Dikutip dari Motoroids, motor konsep ini jadi bukti langkah besar TVS menuju level lebih tinggi di dunia roda dua. Banyak yang menilai, Tangent merupakan gambaran awal dari generasi selanjutnya TVS Apache.

    Dari sisi tampilan, bagian depan Tangent Concept terlihat agresif dengan lampu utama matrix LED, sementara bodinya ramping dan juga aerodinamis dengan material serat karbon di hampir seluruh panel. Hasilnya, motor ini tampak ringan, kencang, dan punya karakter futuristis yang kuat.

    Beberapa detail mencolok di TVS Tangent Concept meliputi garis bodi ekstrem dengan sistem aerodinamika, sistem lampu full LED, jok model split seat dengan setang jepit (underyoke) bergaya balap, serta desain buntut agresif.

    Mesinnya belum diungkap secara resmi, tapi rumor menyebutkan mengusung mesin 450cc twin-parallel berpendingin cairan, mesin yang sama seperti calon Apache RR 450 Twin. Tenaganya dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan dan slipper clutch, bahkan disebut-sebut bisa dibekali opsi teknologi mild hybrid di masa depan.

    Konsep Tangent ini menunjukkan seberapa jauh TVS telah berkembang. Jika dulu motor India identik dengan motor harian sederhana, kini desain dan teknologi mereka sudah setara dengan merek besar seperti Yamaha, Kawasaki, atau KTM.

    Kalau benar diproduksi, TVS Tangent bisa jadi ancaman baru di kelas motor sport menengah. Apalagi jika mereka membanderol motor ini lebih murah dibanding harga motor kompetitor.

    (lua/din)

  • Modus Mata Elang Buntuti Kendaraan dari Rumah Pemiliknya

    Modus Mata Elang Buntuti Kendaraan dari Rumah Pemiliknya

    Jakarta

    Pemilik kendaraan harus hati-hati dengan kejahatan bermodus debt collector alias mata elang. Perampasan kendaraan yang tidak sesuai prosedur termasuk perilaku kejahatan.

    Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen (PEPK) OJK, Friderica Widyasari Dewi, modus yang dilakukan mata elang palsu menaklukkan korbannya dengan mencatut unit atau perusahaan penagihan resmi.

    “Di jalan misalnya, ternyata banyak kejadian mata elang. Yang disebut mata elang tadi sebenarnya adalah pelaku kejahatan yang mengatasamakan misalnya perusahaan tertentu gitu ya, padahal sebenarnya bukan. Kalau ini pada umumnya APH (aparat penegak hukum) sudah akan masuk ya, karena ini adalah kejahatan umum,” ujar perempuan yang akrab disapa Kiki, seperti dikutip detikFinance.

    Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Arfan Sipayung, mengatakan para penagih utang atau debt collector di Jakarta Barat sering kali bermodus ilegal. Mereka menguntit kendaraan target sejak dari rumah pemiliknya.

    “Mereka sudah mengikuti kendaraan target sejak dari rumah pemilik. Mungkin dari rumah, di jalan, tiba-tiba nyetop (pengendara) langsung di jalan,” kata Arfan dikutip Antara.

    Menurutnya, cara itu termasuk pelanggaran dan dapat dipidana. Bahkan bisa dikategorikan sebagai pencurian dengan kekerasan dan perampasan.

    “Itu tidak benar. Jadi, bisa dibilang pencurian dengan kekerasan, perampasan. Itu meresahkan masyarakat,” ujar Arfan.

    Apalagi, jika mata elang tidak dilengkapi dengan instrumen kelengkapan beroperasi, seperti kartu identitas, surat tugas resmi, sertifikat profesi penagihan lalu salinan surat kuasa. Selain itu, kata Arfan, dibutuhkan bukti dokumen debitur yang wanprestasi serta salinan sertifikat fidusia.

    “Jadi, ada beberapa kali, pada saat operasi premanisme, memang kita tangkap sesuai dengan ada LP (laporan polisi) masyarakat, kita tindak lanjuti,” kata Arfan.

    Ia mengimbau para penagih utang untuk beroperasi sesuai aturan yang berlaku. “Tidak melakukan kegiatan di lapangan yang meresahkan masyarakat dan melanggar aturan,” katanya.

    Aturan Debt Collector

    Menurut Kiki, sebenarnya penggunaan debt collector atau dikenal dengan istilah mata elang dalam menagih utang diizinkan oleh OJK. Namun, penggunaan jasa debt collector dilandasi dengan pengaturan yang ketat.

    Hal tersebut antara lain mulai dari kualifikasi perusahaan penagihan, sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang melakukan penagihan, waktu penagihan, pihak yang ditagih, hingga pengaturan etika penagihan.

    Aturan penggunaan debt collector tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) No. 22 tahun 2023 tentang perlindungan konsumen dan masyarakat di sekitar keuangan. Dalam aturan tersebut, dijabarkan secara riinci ketentuan untuk para PUJK yang mau menggunakan debt collector.

    “Ketentuan itu misalnya tidak boleh menggunakan ancaman, kekerasan, atau tindakan yang bersifat mempermalukan, tidak menggunakan tekanan secara fisik, tidak boleh menagih kepada pihak selain konsumen. Misalnya yang berutang suaminya, nggak boleh menagih ke istri, ke anak, apalagi ke temannya, kolega, dan lain-lain itu nggak boleh,” jelas Kiki.

    (rgr/din)

  • Ada Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta, Ini Syaratnya

    Ada Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta, Ini Syaratnya

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Pemutihan kali ini berlangsung sampai dengan akhir tahun. Apa saja syaratnya?

    Dikutip dari siaran persnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) resmi memberikan pembebasan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Kebijakan ini berlaku mulai 10 November hingga 31 Desember 2025 di seluruh Samsat DKI Jakarta.

    Kebijakan ini ditetapkan melalui Keputusan Kepala Bapenda DKI Jakarta Nomor e-0104 Tahun 2025 tentang Pembebasan Sanksi Administratif Secara Jabatan untuk Jenis Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

    “Ini adalah langkah kami untuk membantu masyarakat, sekaligus mendorong kesadaran pajak dan tertib administrasi kendaraan bermotor di Jakarta,” kata Kepala Bapenda DKI Jakarta, Lusiana Herawati, dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (10/11/2025).

    Syarat Pemutihan Denda Pajak

    Syarat pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta tidak menyulitkan. Menurut Lusi, pembebasan ini diberikan secara otomatis tanpa perlu pengajuan permohonan dari wajib pajak. Penyesuaian dilakukan langsung melalui sistem informasi manajemen pajak daerah, sehingga wajib pajak cukup membayar pokok pajak sesuai ketentuan tanpa dikenakan denda keterlambatan.

    “Sanksi administratif yang dihapus adalah denda yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pajak terutang. Jadi cukup bayar pokok pajaknya saja,” jelasnya.

    Biasanya, ketika Wajib Pajak terlambat membayar pajak kendaraan, akan dikenakan sanksi administratif berupa bunga atas keterlambatan tersebut. Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan keringanan tanpa perlu pengajuan permohonan. Artinya, pembebasan sanksi dilakukan secara otomatis (by system) melalui sistem Pajak Online milik Bapenda.

    Dengan mekanisme ini, pemilik kendaraan tidak perlu mengirim surat permohonan pembebasan. Begitu melakukan pembayaran pokok pajak, maka sanksi bunga keterlambatan akan otomatis dihapus oleh sistem.

    Syarat Perpanjang STNK Tahunan

    Untuk melakukan perpanjangan STNK tahunan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat perpanjang STNK tahunan:

    STNK asli dan fotokopi.Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi.KTP asli dan fotokopi pemilik yang sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan perorangan).Surat kuasa, jika memberi kuasa kepada pihak lain dalam melakukan pengurusan.Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

    Khusus untuk perpanjang STNK 5 tahunan, pelat nomor kendaraan dan lembar STNK akan diganti dengan yang baru. Dalam proses ini, kendaraan harus dihadirkan ke Samsat untuk dilakukan cek fisik. Berikut syarat perpanjang STNK 5 tahunan:

    STNK asli dan fotokopiBPKB asli dan fotokopiKTP asli pemilik motor dan fotokopi sesuai yang tercantum di data identitas kendaraanSurat kuasa, apabila pemilik kendaraan berhalangan hadir dan diwakilkan pihak lainMembawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya.

    (rgr/din)

  • Harga Promo Wuling Darion Sampai Kapan?

    Harga Promo Wuling Darion Sampai Kapan?

    Jakarta

    Wuling Cortez Darion dijual dengan harga mulai dari Rp 356 juta. Harga tersebut merupakan harga promosi untuk 1.500 konsumen pertama. Pertanyaannya, setelah kuota itu terpenuhi, apakah harga Wuling Darion bakal naik?

    Sekadar informasi, Wuling Darion ditawarkan dalam dua pilihan powertrain, EV dan PHEV (plug-in hybrid), serta dijual dalam dua varian, CE dan EX. Darion EV CE harganya Rp 356.000.000, Darion EV EX Rp 416.000.000, Darion PHEV CE Rp 439.000.000, dan Darion PHEV EX Rp 489.000.000.

    Apakah setelah kuota 1.500 terpenuhi, Wuling akan menaikkan harga Darion? Marketing Operation Director Wuling Motors, Ricky Christian, mengatakan, saat ini Wuling masih memantau angka pemesanan MPV 7-seater tersebut. Kata Ricky, yang terpenting produk ini bisa diterima konsumen Indonesia terlebih dahulu.

    “Objektif kita tentu sekarang harapannya produk ini bisa diterima, dan juga tentu offering-nya dengan konsumen, dan mudah-mudahan bisa memenuhi kuota yang ada,” bilang Ricky di sela-sela peluncuran Wuling Darion di Jakarta belum alam ini.

    Menurut Ricky, sejak dibuka pemesanannya pada ajang GIIAS 2025, hingga kini Darion sudah dipesan sebanyak 300 unit, di mana 80% pemesanan didominasi EV dan sisanya 20% model PHEV.

    “Kemudian untuk target penjualannya, kita harap bisa sebanyak-sebanyaknya, sebisa mungkin kita maksimalkan, terutama ini sudah akhir tahun, biasanya market cenderung naik di bulan terakhir, harapannya bisa maksimal,” sambung Ricky.

    Bicara spesifikasinya, Darion PHEV menggunakan mesin 1.500 cc dedicated hybrid dengan motor drive bertenaga 150 kW. Motor listrik di mobil ini bisa menempuh jarak hingga 125 km (CLTC) dan kombinasi mesin bensin + baterainya bisa tempuh jarak hingga lebih dari 1.000 km.

    Sementara untuk varian listrik full baterai alias EV, Darion ditenagai drive motor 150 kW yang bisa menempuh jarak hingga 540 km (CLTC). Baterai Darion varian ini bisa dicas 30%-80% dalam 30 menit.

    (lua/din)

  • Daftar Harga Mobil BYD Terbaru, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Mobil BYD Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Daftar harga mobil BYD terbaru belum mengalami ubahan. Mobil listrik asal China itu paling murah bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 190 jutaan.

    BYD jadi raja mobil listrik di Indonesia. BYD jadi satu-satunya produsen mobil listrik yang bertengger di 10 daftar mobil terlaris Tanah Air. Penjualannya hingga September 2025 sudah tembus 21.314 unit. Harga menjadi salah satu faktor pemikat di samping fiturnya yang lengkap.

    Mobil listrik BYD itu bisa dibawa pulang mulai Rp 190 jutaan. Ya, pabrikan asal Shenzhen tersebut diketahui belum melakukan penyesuaian harga mobilnya yang dijual di Indonesia. Nah buat kamu yang mau beli mobil BYD, berikut ini daftar harga lengkapnya.

    Harga Mobil BYD Terbaru

    Harga BYD Atto 1

    Atto 1 Dynamic: Rp 195 jutaAtto 1 Premium: Rp 235 juta

    Harga BYD Dolphin

    Dynamic Standard Range: Rp 369 jutaPremium Extended Range: Rp 429 juta

    Harga BYD M6

    Standard (7 Seater): Rp 383 jutaSuper (7 Seater): Rp 423 jutaSuperior Captain (6 Seater): Rp 433 juta

    Harga BYD Atto 3

    Advanced Standard Range: Rp 470 jutaSuperior Extended Range: Rp 520 juta

    Harga BYD Seal

    Premium Extended Range: Rp 639 jutaPerformance (AWD): Rp 750 juta

    Harga BYD Sealion 7

    Premium: Rp 629 jutaPerformance: Rp 719 jutaSpesifikasi Mobil BYD

    Dengan harga bervariasi, setiap mobil BYD punya spesifikasi berbeda-beda. Jarak tempuhnya paling rendah 300 km dan yang terjauh tembus 650 km. Pertama ada BYD Atto 1 yang mengusung baterai 30,08 kWh dan 38,88 kWh. Jarak tempuhnya hingga 380 km. Selanjutnya BYD M6 ditawarkan dalam opsi baterai 55,4 kWh dengan jarak 420 km dan 72,8 kWh jarak tempuhnya 530 km. Kemudian BYD Atto 3 versi Advanced-STD dibekali baterai 49,92 kWh dengan jarak tempuh 410 km. Versi Extended Range menggendong baterai 60,48 KWh dan jaraknya 480 km.

    BYD Dolphin punya opsi baterai 44,9 kWh dan 60,48 kWh. Jarak tempuhnya masing-masing 410 km dan 490 km. BYD Seal dan Sealion 7 dilengkapi baterai dengan kapasitas 82,56 kWh namun jarak tempuhnya berbeda. BYD Seal menjanjikan jarak tempuh 580 km untuk varian Seal Performance (AWD) sedangkan varian Premium jarak tempuhnya 650 km.

    Terakhir ada Sealion 7 dengan jarak tempuh 542 km untuk varian Performance dan 567 km untuk varian Premium. Nah itu tadi spesifikasi mobil BYD. Untuk diketahui, mulai tahun depan, mobil BYD bakal diproduksi di Indonesia. Soal harganya, bisa jadi akan ada penyesuaian.

    (dry/din)

  • Perbandingan Harga Suzuki Satria Terbaru dengan Honda Sonic

    Perbandingan Harga Suzuki Satria Terbaru dengan Honda Sonic

    Jakarta

    Segmen motor underbone terbukti belum mati. Buktinya Suzuki melakukan penyegaran terhadap model underbone terpopuler mereka, Satria F150. Suzuki Satria terbaru kini hadir dengan opsi model Pro yang dibekali banyak fitur canggih. Di kelasnya, Suzuki Satria bersaing dengan Honda Sonic 150R. Seperti apa perbandingan harga keduanya?

    Sebagai informasi, Suzuki Satria terbaru yang meluncur di Indonesia pada 8 November 2025, hadir dengan opsi model Pro yang memiliki perbedaan dari sisi desain headlamp yang lebih lebar, serta penambahan banyak fitur canggih, seperti keyless, rem ABS, Suzuki Ride Connect, easy start system, hingga USB outlet.

    Dari segi performa, Suzuki Satria masih dibekali mesin andalan 147 cc dengan bore x stroke 62,0 mm x 48,8 mm. Tenaga maksimalnya mencapai 13,5 kW (18,1 dk) di 10.000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 8.500 rpm. Mesin itu disempurnakan dengan penambahan teknologi clutch assist system.

    Harga Suzuki Satria Terbaru

    1. Satria F150 Pearl Bright Ivory – Met. Mat. Fibroin Gray: Rp 31.000.000

    2. Satria F150 Metallic Medium Blue – Met. Mat. Fibroin Gray: Rp 31.000.000

    2. Satria Pro Candy Mat Bordeaux – Titan Black: Rp 34.900.000.

    Honda Sonic 150R Foto: Dok. AHM

    Sementara itu Honda Sonic 150R sudah lama tidak mendapatkan pembaruan maupun sekadar penyegaran warna. Motor underbone yang pakai basis mesin CB150R dan Supra GTR ini hadir dalam empat pilihan warna, dijual mulai Rp 28.790.000.

    Secara performa, motor ini pakai mesin 149,16 cc dengan bore x stroke 57,3 x 57,8 mm yang bisa menghasilkan tenaga 11,8 kW (15,8 dk) pada 9.000 rpm dan torsi maksimal 13,5 Nm di 6.500 rpm.

    Harga Honda Sonic

    1. Sonic 150R Activo Black: Rp 28.790.000

    2. Sonic 150R Energetic Red: Rp 28.790.000

    3. Sonic 150R Aggresso Matte Black: Rp 29.195.000

    4. Sonic 150R Honda Racing Red: Rp 29.195.000.

    (lua/din)

  • Bagnaia Jatuh Lagi, Jatuh Lagi

    Bagnaia Jatuh Lagi, Jatuh Lagi

    Jakarta

    Francesco Bagnaia lagi-lagi terjatuh di balapan utama. Tapi kata dia lebih baik jatuh saat berada di posisi keempat ketimbang di posisi belakang.

    Rentetan performa buruk Francesco ‘Pecco’ Bagnaia belum berakhir. Di MotoGP Portugal, rider Ducati Lenovo itu lagi-lagi gagal finis pada balapan utama! Dia terjatuh saat berada di posisi keempat dan tak bisa melanjutkan balapan.

    Rider jebolan akademi VR46 Racing tersebut memang menjalani akhir pekan yang mengecewakan di Sirkuit Portimao. Bila pada balapan utama jatuh, sebelumnya saat Sprint Race dia hanya berhasil finis kedelapan. Dengan demikian Bagnaia sudah empat kali gagal finis di balapan utama sepanjang musim 2025.

    “Saya berusaha keras untuk mengamankan posisi keempat. Masih terlalu dini untuk merasa nyaman, jadi saya berusaha keras untuk mengejar Pedro. Saya tahu itu sulit karena mereka lebih cepat,” ungkap Bagnaia dilansir Crash.

    “Jadi saya hanya berusaha sekuat tenaga dan terjatuh karena memaksakan diri. Ya, itu sesuatu yang bisa saja terjadi. Tapi akhir pekan ini lebih baik, hasilnya kurang lebih tetap saja sama,” lanjutnya lagi.

    Kini MotoGP 2025 hanya tersisa satu seri. Bagnaia memilih dirinya untuk fokus ke balapan pamungkas tersebut. Dia hanya ingin meraih hasil bagus di Valencia pekan depan. Ketika ditanya apakah lebih baik terjatuh saat berusaha memperebutkan hasil terbaik, juara dunia MotoGP dua kali itu mengamininya. Menurut Bagnaia, lebih baik terjatuh seperti di Portimao ketimbang saat berada di luar posisi 10 besar seperti di Indonesia dan Australia.

    “Jujur saya tidak berada dalam persaingan podium. Tapi tentu saja lebih baik daripada di Phillip Island atau Indonesia. Jadi, kita berusaha terus bekerja seperti itu. Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang baik walaupun kecepatannya masih kalah. Kami hanya perlu tetap tenang dan bekerja dengan baik,” tuturnya lagi.

    (dry/din)