Jenis Media: Otomotif

  • Ini Dia Mobil Listrik Pertama Volkswagen Hasil Kolaborasi dengan Xpeng

    Ini Dia Mobil Listrik Pertama Volkswagen Hasil Kolaborasi dengan Xpeng

    Jakarta

    Volkswagen akhirnya memperlihatkan wujud mobil listrik pertamanya hasil kolaborasinya dengan Xpeng, bernama ID. Unyx 08. Mobil ini awalnya menjalani debut di Shanghai Auto Show 2025 dengan nama ID.EVO.

    Langkah ini menandai babak baru strategi elektrifikasi Volkswagen di China, pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Dengan kehadiran Unyx 08, merek Jerman itu berusaha mengimbangi laju produsen lokal di China yang kian agresif dalam menguasai segmen SUV listrik.

    Mengutip Carscoops, model ini dikembangkan oleh Volkswagen Anhui, perusahaan patungan antara Volkswagen dan JAC Motors, dan menjadi proyek perdana hasil kerja sama dengan Xpeng, salah satu pemain EV ternama di Tiongkok. Kolaborasi ini akan melahirkan lebih banyak model listrik dalam waktu dekat, termasuk sedan listrik full baterai.

    Secara tampilan, ID. Unyx 08 masih identik dengan konsep ID.EVO. Eksteriornya futuristis dengan pintu tanpa bingkai, pilar A hitam, pilar belakang kekar, serta logo serigala menyala di lampu rem ketiga yang menjadi ciri khas uniknya.

    Mobil listrik pertama Volkswagen hasil kolaborasi dengan Xpeng Foto: Carscoops

    Beberapa revisi kecil dilakukan pada versi produksi, seperti desain lampu depan dan belakang baru, sensor ADAS yang lebih mencolok, serta handle pintu rata yang membuat tampilannya semakin bersih dan aerodinamis.

    SUV listrik ini berdimensi panjang 5.000 mm, lebar 1.954 mm, dan tinggi 1.688 mm, dengan jarak sumbu roda 3.030 mm alias lebih panjang dari Tiguan, tetapi sedikit lebih pendek dari Atlas. Di balik tampilannya yang elegan, Unyx 08 dibangun di atas arsitektur 800V dan hanya akan dijual sebagai mobil listrik murni (BEV) tanpa versi hybrid atau range extender.

    Tenaganya berasal dari dua motor listrik – 308 dk di belakang dan 188 dk di depan, menghasilkan total 496 dk untuk versi all-wheel drive. Baterai LFP dari CATL menjanjikan jarak tempuh lebih dari 700 km (CLTC) dalam sekali pengisian.

    Volkswagen juga menyiapkan fitur canggih seperti asisten AI dan sistem bantuan pengemudi L2++, serta kabin modern dengan layar infotainment besar dan panel instrumen digital.

    Saat mulai dijual pada 2026, ID. Unyx 08 akan melengkapi jajaran Unyx 06 dan Unyx 07, sekaligus memperkuat ambisi Volkswagen yang menargetkan 20 model listrik baru di China hingga akhir dekade ini.

    Mobil listrik pertama Volkswagen hasil kolaborasi dengan Xpeng Foto: Carscoops

    (lua/rgr)

  • VinFast dan Pertaruhan Konglomerasi Terkaya Vietnam di Indonesia

    VinFast dan Pertaruhan Konglomerasi Terkaya Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    “Too big to fail,” itulah pernyataan tegas CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto kepada detikOto terkait sepak terjang mobil listrik asal Vietnam itu di pasar electric vehicle (EV) Indonesia.

    Prestasi ‘dilarang gagal’ itu memang selalu dipegang Kerry — sapaan akrabnya. Maklum, mungkin bagi banyak orang, nama VinFast belum memiliki histori melegenda layaknya Toyota dan Honda di industri otomotif. VinFast tercatat baru tahun 2017 masuk ke pasar industri otomotif.

    Namun sebagai ‘anak baru’ mereka terbilang sukses unjuk gigi, dan menjadi ‘mobil nasional’ Vietnam hingga akhirnya menguasai pasar otomotif ‘Negeri Naga Biru’ dalam hitungan tahun berselang menggeser Toyota dan Hyundai.

    Di industri EV tentu inovasi harga mati. Namun ketika berbicara VinFast tentu tak bisa dilupakan pula soal siapa yang berada di balik perusahaan otomotif ini. Adalah Vingroup, konglomerasi swasta terbesar di Vietnam yang didirikan oleh Pham Nhat Vuong, orang terkaya di negara tersebut dan salah satu tokoh bisnis paling berpengaruh di Asia Tenggara, yang menjadi penyokong utama VinFast.

    Didirikan lebih dari 30 tahun lalu, Vingroup awalnya bergerak di sektor real estat dan properti melalui merek VinHomes. Seiring waktu, grup ini berkembang pesat membentuk ekosistem bisnis mencakup berbagai sektor penting. Mulai dari otomotif, teknologi, energi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, hingga filantropi.

    Madam Le Thi Thu Thuy, Vice Chairwoman of Vingroup dan Chairwoman VinFast menyebut bahwa mereka tak mau main-main untuk berinvestasi di industri EV. Bahkan secara global, USD 20 miliar sudah dikucurkan!

    “Di mana India, Filipina dan Indonesia jadi fokus pasar EV VinFast di luar Vietnam,” lanjutnya saat berdiskusi dengan sejumlah media dari Indonesia di Hanoi, Vietnam, awal November 2025 ini.

    Khusus untuk Indonesia, Madam Thuy bercerita, sejatinya baru mulai tertarik berekspansi sekitar 2 tahun lalu saat hajatan KTT APEC yang berlangsung di Jakarta. Di mana dalam sesi forum bisnis yang diikutinya, ia hadir sebagai bagian dari delegasi dan bertemu dengan banyak pihak — para menteri dan pejabat pemerintah pada saat itu.

    “Kami melihat potensi besar dari pasar yang unik ini. Sebelumnya, kami belum begitu serius melihat Indonesia, tetapi setelah pertemuan itu, kami mulai mengerahkan seluruh sumber daya kami ke Indonesia. Dan hari ini, kami sudah mulai – bahkan telah mengirim kendaraan kami ke Indonesia,” imbuhnya.

    Pada tahun 2024, mobil VinFast pun resmi diperkenalkan di Indonesia lewat seri VF e34, VF 5 dan berlanjut VF 3 yang merupakan SUV mini dan menjadi motor penjualan untuk brand tersebut. Kini total sudah ada lima seri — tambahan VF 6 dan 7 — yang teranyar dirilis.

    Namun selain urusan jualan mobil, yang paling penting adalah realisasi komitmen investasi untuk membangun ekosistem EV yang dijanjikan VinFast di Indonesia. Sebab inilah yang menjadi value VinFast dibandingkan dengan brand lainnya.

    Investasi USD 300 Juta di Subang

    Investasi senilai USD 300 juta sudah digelontorkan VinFast untuk membangun pabriknya di Subang, Jawa Barat. Kembali ke ⁠Kariyanto Hardjosoemarto, CEO VinFast Indonesia, pabrik dengan luas 70 hektar tersebut nantinya akan selesai di akhir tahun 2025. Dimana tahap awal produksi diestimasi berjalan pada bulan Maret 2026 untuk membuat VinFast seri VF 3.

    “Estimasi kami untuk tahap awal nantinya bisa menyerap sampai 900 tenaga kerja. Adapun kapasitas produksinya bisa mencapai 50 ribu kendaraan tiap tahunnya. Untuk sementara pastinya untuk memenuhi kebutuhan market di Indonesia dulu. Namun kita tidak tahu ke depannya, bisa saja jadi basis produksi mobil VinFast setir kanan,” lanjut Kerry, demikian ia biasa disapa.

    Yang pasti, Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di ASEAN, dengan target penjualan 1,1 juta unit per tahun — meski sudah beberapa tahun belakangan tidak tercapai. Tetapi pemerintah menargetkan dua juta kendaraan listrik pada tahun 2030. Dengan populasi lebih dari 280 juta jiwa dan kebijakan pro-EV yang kuat, Indonesia adalah pilihan strategis bagi VinFast.

    “Kalau kita bicara mobil listrik di Indonesia, pada tahun 2021-2022, proporsi EV itu baru 0,1% dari total industri otomotif. Tahun lalu (2024-red.) itu sudah 5% proporsinya. Tahun ini (2025-red.) sampai September udah 10%. Menurut saya, sampai akhir tahun ini bisa 15%, dan itu masih terus tumbuh. Bahkan tahun depan mungkin proporsinya bisa mencapai 20-25% dari total industri otomotif,” Kerry menambahkan.

    Selain pabrik, komitmen investasi VinFast juga coba ditunjukkan dengan investasi di charging station. Dimana mereka bekerja sama dengan V-Green, jaringan pengisian global yang didirikan oleh Chairman Vingroup, Pham Nhat Vuong. Sebagai insentif bagi pengguna awal, VinFast menawarkan pengisian daya gratis hingga 1 Maret 2028.

    Ada pula Green SM, perusahaan taksi listrik yang juga bagian dari Vingroups. Selanjutnya bakal muncul lini motor listrik hingga wacana membawa unit bisnis Vingroups lainnya ke Indonesia.

    Nah, dengan investasi ‘dilarang gagal’ yang sudah mereka gelontorkan, VinFast tentu punya harapan lebih kepada pemerintah Indonesia. Namun jika harus diringkas, ekspektasi mereka hanya satu, yakni konsistensi kebijakan!

    “Saya pikir hal yang paling penting bagi kami – dan yang diharapkan dari pemerintah – adalah memastikan kebijakan yang sudah ditetapkan bisa berjalan secara konsisten. Misalnya, arah pengembangan bisnis kendaraan listrik (EV) kami sangat bergantung pada kebijakan yang ada, termasuk peta jalan masa depan, regulasi, dan dukungan infrastruktur,” kata Kerry.

    “Itu sangat penting bagi kami, karena kami telah berinvestasi cukup besar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jadi kepastian kebijakan adalah faktor yang sangat penting untuk memastikan keberlanjutan bisnis dan industri ini,” tutupnya.

    (ash/din)

  • Sedihnya Marquez Lihat Performa Melempem Bagnaia

    Sedihnya Marquez Lihat Performa Melempem Bagnaia

    Jakarta

    Rentetan performa buruk Francesco Bagnaia bikin Marc Marquez sedih. Begini kata juara dunia sembilan kali itu.

    Kala nama Marc Marquez diumumkan bakal menjadi pebalap Ducati merah, digadang-gadang bikin persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2025 akan sengit. Pertarungan gelar juara dunia itu sebelumnya diramal bakal terjadi antara Marquez dan juga Francesco Bagnaia. Namun sejak awal musim, Bagnaia justru tak terlihat seperti juara dunia dua kali. Performanya melorot tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

    Performa Bagnaia makin tak konsisten sejak libur musim panas. Di kampungnya sendiri, dia gagal meraih poin. Tapi di Jepang dia begitu cemerlang. Setelahnya, tepatnya pada balapan di Indonesia dan Australia, rider jebolan VR46 akademi itu melempem lagi. Di Sepang, asa untuk meraih podium pertama itu ada. Terlebih saat Sprint dia cukup mendominasi. Tapi sayangnya di balapan utama Bagnaia lagi-lagi harus menelan pil pahit lantaran bannya bocor.

    Di MotoGP Portugal, Bagnaia berada di posisi kedelapan saat Sprint Race. Di balapan utama lebih buruk, dia terjatuh saat tengah berada di posisi keempat. Dengan satu seri tersisa, Bagnaia justru terlempar ke posisi kelima klasemen sementara.

    Bagnaia dan Ducati sejatinya telah melakukan berbagai ubahan pada Desmosedici GP25. Manajer Ducati Davide Tardozzi menyebut bahwa pabrikan Borgo Panigale itu sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu Bagnaia tapi belum ada solusi permanen. Marquez turut angkat bicara terkait performa rekan setimnya itu. Menurut dia, bila nantinya Ducati bisa menemukan solusi buat Bagnaia itu akan menjadi hal terbaik agar rekan setimnya itu bisa moncer lagi.

    “Sungguh menyedihkan melihatnya dalam keadaan seperti ini. Pecco mengalami naik turun tahun ini, yang bahkan saya tak bisa jelaskan, ada perbedaan rasa pada dirinya,” kata Marquez dilansir Crash.

    “Hal terbaik yang bisa terjadi padanya adalah saat musim dingin, dia bisa memulai dari awal. Dia belum lupa cara mengendarai motor. Kita lihat itu di Motegi. Itu akan menjadi hal terbaik untuk proyek Ducati,” beber The Baby Aliens.

    Meski sama-sama menunggangi Ducati Desmosedici GP25, Marquez memang terlihat lebih baik. Dia bahkan sukses merebut titel juara dunianya yang kesembilan musim ini.

    (dry/rgr)

  • Yamaha Segarkan XSR155, Harga Rp 28 Jutaan

    Yamaha Segarkan XSR155, Harga Rp 28 Jutaan

    Jakarta

    Yamaha meluncurkan beberapa model baru untuk pasar India. Selain skuter listrik Aerox-e yang menjadi sorotan, Yamaha ternyata juga menyegarkan naked retro mereka, XSR155.

    Dikutip dari Motoroids, Yamaha India melakukan gebrakan dengan meluncurkan beberapa model sekaligus, seperti skuter listrik Aerox-e dan EC-06, FZ-Rave, termasuk tipe klasik mereka, XSR155.

    Secara umum, Yamaha XSR155 terbaru di India tetap mengusung gaya klasik Yamaha. Lampu depan LED bundar, tangki logam, dan desain minimalis memberikan sentuhan retro. Kendati kental nuansa klasik, banyak elemen modern disematkan di motor ini.

    Misalnya dari aspek jantung pacu, motor ini menggunakan mesin 155cc berpendingin cairan yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi yang dipakai pada motor-motor skuter Maxi Yamaha seperti Nmax dan Aerox itu berfungsi untuk menjaga performa tenaga di setiap rentang putaran mesin.

    Mesin Yamaha XSR155 ini bisa menghasilkan tenaga 13,5 kW (18,1 dk) dan torsi 14,2 Nm. Tenaga itu dipadukan dengan girboks 6-percepatan dan kopling assist and slipper. Motor ini juga dilengkapi kontrol traksi, ABS dual channel, suspensi upside down, dan rangka deltabox yang bikin motor ini terlihat kokoh dan berisi.

    Yamaha XSR155 2026 tersedia di India dalam pilihan warna Metallic Grey, Vivid Red, Greyish Green, serta Metallic Blue. Khusus warna Greyish Green tampil dengan nuansa klasik dengan paduan warna hijau tua dan aksen putih-orange. Di India, Yamaha XSR155 terbaru ini dijual Rs 1,49 lakh atau setara Rp 28 jutaan.

    (lua/dry)

  • Penting! Ini 9 Komponen Mobil yang Perlu Dicek sebelum Trabas Hujan

    Penting! Ini 9 Komponen Mobil yang Perlu Dicek sebelum Trabas Hujan

    Jakarta

    Musim hujan mulai intens di berbagai daerah. Jalanan licin, genangan air, hingga kabut menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil. Karena itu, sebelum mobil dipakai menembus hujan, penting untuk memastikan semua komponennya dalam kondisi prima agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

    9 Komponen Wajib Dicek Sebelum Terabas Hujan

    Dijelaskan Auto2000, berikut sembilan komponen mobil yang wajib dicek sebelum menghadapi cuaca ekstrem:

    1. Ban Mobil

    Pastikan kondisi ban masih layak pakai dan tekanan udaranya sesuai rekomendasi pabrikan. Ban aus bisa memicu aquaplaning alias kehilangan cengkeraman di jalan basah. “Gejala aquaplaning bisa membuat mobil tergelincir, karena itu penting memastikan kondisi ban prima,” jelas Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000.

    2. Sistem Rem

    Periksa kampas rem dan cairan rem agar daya pengereman tetap optimal di jalan licin. Hindari kebocoran atau endapan kotoran di saluran rem.

    3. Wiper dan Washer

    Pastikan karet wiper tidak getas dan tangki washer terisi penuh agar kaca tetap bersih dan visibilitas terjaga.

    4. Lampu Mobil

    Pastikan semua lampu berfungsi, baik depan maupun belakang, untuk meningkatkan visibilitas saat hujan deras.

    5. Karet Pintu dan Jendela

    Periksa kondisi karet agar air tidak masuk ke dalam kabin. Termasuk karet panoramic roof jika ada.

    6. AC Mobil

    AC yang dingin membantu mencegah embun di kaca depan dan menjaga kenyamanan kabin.

    7. Perlengkapan Darurat

    Senter, dongkrak, kunci roda, dan kotak P3K wajib ada di mobil, termasuk ban serep yang siap pakai.

    8. Sistem Kelistrikan

    Cek aki dan sistem listrik, apalagi saat hujan semua fitur seperti lampu dan wiper bekerja bersamaan.

    9. Kaki-kaki Mobil

    Pastikan shock absorber, bushing, dan sistem kemudi tidak bermasalah agar mobil tetap stabil di jalan licin.

    Sebagai tambahan, pengemudi juga perlu menyiapkan payung, sandal plastik, pakaian ganti, dan air minum di mobil. Kalau tak sempat ke bengkel, servis bisa dilakukan lewat THS – Auto2000 Home Service, yang siap datang ke rumah atau kantor untuk perawatan ringan di musim hujan.

    (lua/dry)

  • Harga Rp 100 Jutaan, Pakai Battery Swap Mirip Motor Listrik Ojol

    Harga Rp 100 Jutaan, Pakai Battery Swap Mirip Motor Listrik Ojol

    Jakarta

    Pabrikan mobil listrik asal China, GAC, meluncurkan AION UT Super, mobil listrik terbaru yang mengusung teknologi battery swap. Mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 45.400 yuan atau sekitar Rp 106 jutaan aja.

    Penggunaan teknologi battery swap ini mirip seperti mekanisme motor listrik yang dipakai ojek online (ojol) di Indonesia. Jadi baterai yang sudah kosong ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh, mirip seperti membeli gas elpiji atau air minum kemasan galon.

    Dikutip CNEV Post, GAC Aion mengatakan model tersebut merupakan kreasi bersama antara JD.com, GAC Group, dan CATL. JD.com menyediakan sumber daya dalam wawasan pengguna, penjualan kendaraan, dan pemeliharaan. Sedangkan CATL menyediakan baterainya.

    Mobil listrik ini dibangun dengan teknologi battery swap Choco-SEB (swapping electric block) dari CATL. AION UT Super hadir dengan paket baterai 54 kWh dengan daya jangkau 500 km.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Aion UT Super adalah model yang dilengkapi dengan teknologi battery swap CATL pertama yang menargetkan pasar kendaraan penumpang umum. Sebelumnya, mobil listrik dengan teknologi battery swap sudah jamak digunakan di China sebagai taksi. GAC AION mengklaim, model tersebut dapat menyelesaikan penukaran baterai dalam 99 detik.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Stasiun penukaran baterai CATL di China saat ini tersebar di 800 lokasi. CATL menargetkan 1.000 stasiun penukaran baterai hingga akhir tahun ini. Raksasa baterai China itu berencana untuk memperluas jaringannya ke lebih dari 2.500 stasiun di lebih dari 120 kota di China pada tahun 2026.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Aion UT Super adalah model lima kursi dengan panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.575 mm, dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Aion UT Super dijual mulai dari 89.900 yuan (Rp 211 juta) termasuk paket baterai, atau 49.900 yuan (Rp 117 juta) dengan sistem sewa baterai.

    Dalam waktu terbatas, GAC Aion menawarkan insentif. Dengan paket baterai harganya menjadi 85.900 yuan atau Rp 201 juta dan sewa baterai menjadi 45.400 (Rp 106 jutaan).

    (rgr/dry)

  • Harga Honda Brio Terbaru, Paling Murah Segini

    Harga Honda Brio Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Berikut ini daftar harga Honda Brio terbaru. Tipe termurah bisa dibawa pulang dengan modal Rp 170 jutaan.

    Honda Brio masih jadi salah satu model mobil terfavorit di Indonesia. Buktinya, Brio masih sanggup bertarung dengan deretan model-model ternama sekelas Kijang Innova, Avanza, dan beberapa mobil terlaris lainnya.

    Honda menawarkan Brio dalam dua opsi, pertama ada di segmen LCGC (Low Cost Green Car) dan citycar. Versi LCGC ditawarkan lewat Brio Satya sementara citycar Brio RS. Soal harga, Brio boleh dibilang cukup terjangkau.

    Mobil berkapasitas lima orang ini bisa dipinang dengan mahar mulai Rp 170 jutaan. Nah buat kamu yang baru mau beli Brio, berikut ini daftar harga lengkapnya.

    Daftar Harga Honda Brio TerbaruHonda Brio Satya S M/T: Rp 170,4 jutaHonda Brio Satya E M/T: Rp 185,5 jutaHonda Brio Satya E CVT: Rp 202,5 jutaHonda Brio RS M/T: Rp 248,2 jutaHonda Brio RS CVT: Rp 258,2 jutaSpesifikasi Honda Brio

    Meski terbelah dalam dua segmen, spesifikasi Honda Brio Satya maupun RS sejatinya tak berbeda signifikan. Misalnya di balik kap depan, Brio mengandalkan 1.199 cc, SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW (Drive by Wire), dengan sistem injeksi PGM-FI. Mesin itu memiliki diameter x langkah 73,0 mm x 71,6 mm dengan rasio kompresi 10,1:1.

    Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 90 PS (88,7 dk) pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual.

    Honda Brio sudah dibekali fitur dual airbag di depan, side impact beam, seatbelt reminder, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan sensor parkir. Tentunya juga ada fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

    (dry/din)

  • Jadwal MotoGP Valencia 2025 Akhir Pekan Ini, Awas Kelewat!

    Jadwal MotoGP Valencia 2025 Akhir Pekan Ini, Awas Kelewat!

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Valencia 2025 bisa Anda simak di sini. Seri pamungkas MotoGP 2025 tersebut bisa ditonton langsung di stasiun televisi Trans7 maupun sejumlah aplikasi live streaming berbayar seperti SPOTV dan Vision+.

    Akhirnya MotoGP 2025 telah mencapai ujungnya. Seri ke-22 alias seri penutup MotoGP musim ini diselenggarakan di Sirkuit Valencia, Spanyol. MotoGP Valencia 2025 digelar tanggal 14-16 November 2025.

    Sebagai informasi, musim lalu MotoGP Valencia dibatalkan karena terjadi bencana banjir bandang. Lalu Sirkuit Catalunya di Barcelona yang berdekatan lokasinya ditunjuk jadi pengganti.

    Kali terakhir Valencia menyelenggarakan MotoGP pada 2023 lalu, di mana Francesco Bagnaia keluar sebagai juaranya, diikuti oleh Johann Zarco, dan Jack Miller. Kemenangan ‘Pecco’ Bagnaia di Valencia itu sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia MotoGP 2023, mengungguli Jorge Martin yang jadi pesaing terdekatnya.

    Pada gelaran MotoGP Valencia tahun ini memang tak seantusias tahun 2023 lalu. Soalnya bukan menjadi ajang penentuan gelar juara dunia MotoGP. Marquez sudah menjadi juara sejak MotoGP Jepang 2025 akhir September lalu. Selain itu, Marquez juga absen di sisa musim lantaran mendapatkan cedera di MotoGP Mandalika 2025.

    Rangkaian MotoGP Valencia 2025 dimulai hari Jumat (14/11) untuk sesi latihan bebas, kemudian hari Sabtu (15/11) untuk sesi kualifikasi dan sprint race, dipungkasi Minggu (16/11) untuk menu balap utama.

    Jadwal MotoGP Valencia 2025

    Jumat (14/11)

    1. 16:45-17:30 WIB: Free Practice Nr. 1 MotoGP

    2. 21:00-22:00 WIB: Practice MotoGP

    Sabtu (15/11)

    1. 16:10-16:40 WIB: Free Practice Nr. 2 MotoGP

    2. 16:50-17:05 WIB: Qualifying Nr. 1 MotoGP

    3. 17:15-17:30 WIB: Qualifying Nr. 2 MotoGP

    4. 21:00 WIB: Sprint Race MotoGP 13 Laps

    Minggu (16/11)

    1. 17:00 WIB: Race Moto3 20 Laps

    2. 18:15 WIB: Race Moto2 22 Laps

    3. 20:00 WIB: Race MotoGP 27 Laps

    (lua/dry)

  • Ini Jajaran Moge Neo-Retro Terbaru Suzuki, GSX-8T dan GSX-8TT

    Ini Jajaran Moge Neo-Retro Terbaru Suzuki, GSX-8T dan GSX-8TT

    Jakarta

    Selain menghadirkan jajaran mobil konsep terbaru, Suzuki juga memamerkan moge anyar pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025. Dua motor baru yang ditampilkan di ajang pameran otomotif dua tahunan itu antara lain, moge neo-retro terbaru, GSX-8T dan GSX-8TT. Apa istimewanya?

    GSX-8T dan 8TT menjadi komitmen Suzuki untuk menghadirkan motor klasik dengan sentuhan modern. Desain klasik yang tak lekang dimakan zaman, dikombinasikan fitur-fitur modern dan terkini.

    Ini jajaran moge Neo-Retro terbaru Suzuki, GSX-8T dan GSX-8TT Foto: Response

    Mengutip Response, kedua motor ini mengusung filosofi ‘Timeless Innovation’, yakni memadukan desain ikonik motor klasik Suzuki dengan teknologi modern. GSX-8T tampil sebagai motor naked berkarakter kuat dengan desain yang terinspirasi dari Suzuki T500 ‘Titan’ era 1960-an, yang dikenal sebagai salah satu motor performa tinggi pertama Suzuki.

    Sementara GSX-8TT tampil lebih agresif, dengan penutup lampu depan dan fairing bawah bergaya cafe racer 1970-an. Huruf ‘TT’ sendiri merupakan singkatan dari ‘T’ pada GSX-8T dan ‘Timeless’, mencerminkan semangat untuk menghidupkan kembali warisan motor klasik ke era modern.

    Ini jajaran moge Neo-Retro terbaru Suzuki, GSX-8T dan GSX-8TT Foto: Response

    Dari sisi detail, bagian belakang motor berbalut warna hitam matte yang sporty, sementara emblem tiga dimensi berbentuk bola biliar angka delapan di sisi bodi memberikan sentuhan simbolik, melambangkan bola kemenangan dalam permainan billiard.

    Ciri khas lainnya ada pada lampu depan bundar bergaya klasik dengan garis lampu DRL, serta spion ujung stang atau bar end, yang untuk pertama kalinya digunakan Suzuki pada motor produksi massal mereka. Kombinasi elemen modern dan retro ini menjadikan GSX-8T dan GSX-8TT sebagai ikon baru di segmen moge bergaya klasik modern.

    (lua/dry)

  • Mengintip Produksi Raja Truk di Indonesia: Sejam Lahir 15 Unit

    Mengintip Produksi Raja Truk di Indonesia: Sejam Lahir 15 Unit

    Jakarta

    Raja truk di Indonesia, Mitsubishi Fuso mengajak awak media untuk melihat bagaimana produksi kendaraannya di fasilitas pabrik PT. Krama Yudha Ratu Motor (KRM) di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (12/11/2025).

    Seluruh lini produk Mitsubishi Fuso, termasuk varian baru Fighter X FM65F Tractor Head 4×2, dirakit oleh tenaga kerja Indonesia yang terampil dan berpengalaman di bawah pengawasan ketat sistem kontrol kualitas global Mitsubishi Fuso.

    Proses perakitan dilakukan sepenuhnya di pabrik PT KRM, mulai dari chassis assembly, engine installation, hingga running test, untuk memastikan setiap unit memenuhi standar performa dan keamanan.

    Pabrik Fuso di Cakung Foto: Ridwan Arifin

    Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor menyampaikan bahwa perusahaan telah menerapkan sistem production tracking berbasis QR code pada cabin dan chassis untuk memantau progres serta potensi defect setiap unit secara real-time.

    “Sistem ini akan kami kembangkan menjadi Manufacturing Execution System (MES) sebagai langkah strategis menuju integrasi menyeluruh antarproses produksi,” ujar Duljatmono.

    Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Momon ini menjelaskan kapasitas produksinya itu 60 ribu unit per tahun, sedangkan utilisasinya sekitar 25 ribu unit per tahun dengan satu shift.

    “Kita fleksibel, efisien dengan single line. Daily operation bisa di-set secara fleksibel sesuai volume demand kendaraan. Contoh sekarang kapasitas per jam kita terapkan 15 unit per jam. Kalau volume naik bisa geser, bisa kita tambah 16,17, 18 sampai 20 (unit per jam), misalnya,” jelas Momon.

    Mengintip fasilitas produksi Mitsubishi Fuso di Cakung, salah satu modelnya adalah Fuso Fighter X Foto: Ridwan Arifin

    Dalam amatan detikcom, para pekerja berdiri di atas rel berjalan yang mengikuti line produksi tanpa harus berjalan perlahan mengikuti jalannya line produksi.

    Proses perakitan itu mayoritas masih menggunakan tangan manusia terampil. Kami diajak melihat teknologi otomisasi dari pengencangan baut axle, hingga robot yang mengantarkan part. Pembuatan truk dimulai secara bertahap dari pengiriman sasis, pemasangan suspensi, menginstal axle, kelistrikan, ban, mesin dan kabin.

    Mitsubishi Fuso yang mengutamakan kualitas dalam proses perakitan truknya ini juga benar-benar terlihat, setelah semuanya selesai, truk ini kembali diperiksa kelayakannya. Tiap line produksi sudah ditempatkan check man yang bertugas melihat bagaimana kualitas truk.

    Sayang, kunjungan pabrik terbilang singkat tidak bisa mengeksplor seluruh bagian pabrik. Kendati demikian Mitsubishi sudah menunjukkan memiliki ekosistem di Indonesia. Fuso diketahui menargetkan bisa menguasai pangsa pasar 40 persen tahun ini di Indonesia.

    “Kami bangga bahwa selama 55 tahun ini, kami telah turut serta membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan masyarakat Indonesia, baik secara langsung di fasilitas ini, maupun secara tidak langsung di seluruh jaringan ekosistem kami. Ini membuktikan bahwa Mitsubishi Fuso tidak hanya menjual produk, tetapi kami adalah bagian dari pembangunan Indonesia”, ujar Aji Jaya, selaku Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

    PT KRM didirikan pada 1973 dan mulai beroperasi pada 1975 yang menangani perakitan Mitsubishi Fuso dan Mitsubishi Motor Corporation. Langkah strategis pada 2019, KRM memantapkan posisi dengan hanya fokus memproduksi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yaitu Canter dan Fighter X.

    (riar/dry)