Jenis Media: Otomotif

  • BBM Etanol E10 Baru Diterapkan 3 Tahun Lagi

    BBM Etanol E10 Baru Diterapkan 3 Tahun Lagi

    Jakarta

    Pemerintah sedang merencanakan penerapan bahan bakar minyak (BBM) dengan campuran nabati atau biofuel. Selain biodiesel yang sudah mencapai 40 persen, ke depan juga ada bahan bakar bioetanol untuk kendaraan bermesin bensin.

    Pemerintah sudah memiliki target penerapan BBM bioetanol di Indonesia. Saat ini, BBM bioetanol baru 5 persen dengan produk Pertamax Green 95. Ke depan, kandungan etanol di bensin akan ditambah lagi.

    Menurut Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi, saat ini pemerintah melaksanakan berbagai program biofuel seperti biodiesel, bioetanol, bioavtur/SAF, dan green diesel atau hydrotreated vegetable oil (HVO).

    Eniya menyebut, pemerintah menargetkan penerapan bioetanol E10 di tahun 2028 alias tiga tahun dari sekarang.

    “Keberhasilan implementasinya perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam peningkatan infrastruktur pendukung,” kata Eniya dikutip dari siaran pers.

    Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dasar, Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Rachmat Kaimuddin menekankan pentingnya keseimbangan antara ketahanan energi, pertumbuhan ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan.

    “Kami ingin mengeliminasi impor energi. Saat ini sekitar 20-30% energi di Indonesia masih impor, mayoritas berupa minyak untuk sektor transportasi. Dengan target pertumbuhan ekonomi 8 persen pada tahun 2030, kami berupaya menjaga keberlanjutan fiskal nasional,” tuturnya.

    Sementara itu, Jepang sudah memiliki rencana menerapkan bioetanol lebih tinggi lagi. Keisuke Hosonuma dari Ministry of Economy, Trade and Industry(METI) Jepang menjelaskan bahwa negaranya menargetkan penerapan E10 pada 2030 dan E20 pada 2040.

    Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Setia Diarta menyampaikan, pemerintah terus mendorong pengembangan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

    “Pemerintah berkomitmen kuat untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060, dan komitmen ini didukung penuh oleh Kemenperin melalui program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV),” kata Setia seperti dikutip dari siaran persnya.

    Setia mengemukakan, program LCEV mencakup berbagai teknologi secara komprehensif, termasuk pengembangan mesin fleksibel yang dapat menggunakan biofuel.

    “Kami berharap inisiatif-inisiatif ke depan dapat memberikan dampak nyata di seluruh rantai industri, baik hulu maupun hilir, guna mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan kemakmuran bersama,” ungkapnya.

    (rgr/dry)

  • Menuju Netralitas Karbon Nggak Cuma dengan Mobil Listrik

    Menuju Netralitas Karbon Nggak Cuma dengan Mobil Listrik

    Jakarta

    Dunia sedang menghadapi tantangan lingkungan global. Makanya, ada target untuk menuju netralitas karbon. Langkah menuju netralitas karbon juga dilakukan di sektor transportasi. Kendaraan bermotor mau tak mau harus mengadopsi teknologi ramah lingkungan.

    Namun, kendaraan ramah lingkungan untuk menuju netralitas karbon tidak hanya dengan menghadirkan mobil listrik. Ada banyak teknologi kendaraan yang turut membantu menuju netralitas karbon.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkuat kerja sama dengan berbagai mitra internasional dalam upaya mengembangkan industri otomotif nasional yang berkelanjutan dan berdaya saing global. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen pemerintah untuk mendorong transformasi menuju kendaraan rendah emisi karbon sekaligus memperkuat rantai pasok industri otomotif di dalam negeri.

    Teknologi kendaraan saat ini beragam. Mulai dari mobil hybrid, plug-in hybrid, mobil listrik, hingga mobil bertenaga hidrogen. Namun, tidak hanya kendaraan elektrifikasi, ada pula kendaraan berbahan bakar alternatif yang memanfaatkan bahan baku terbarukan. Bahan bakar biodiesel atau bioetanol, misalnya.

    Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Setia Diarta menyampaikan, pemerintah terus mendorong pengembangan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

    “Pemerintah berkomitmen kuat untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060, dan komitmen ini didukung penuh oleh Kemenperin melalui program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV),” kata Setia seperti dikutip dari siaran persnya.

    Setia mengemukakan, program LCEV mencakup berbagai teknologi secara komprehensif, termasuk pengembangan mesin fleksibel yang dapat menggunakan biofuel.

    “Kami berharap inisiatif-inisiatif ke depan dapat memberikan dampak nyata di seluruh rantai industri, baik hulu maupun hilir, guna mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan kemakmuran bersama,” ungkapnya.

    Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi menegaskan pentingnya sinergi lintas sektor dalam mempercepat adopsi energi bersih. “Saat ini pemerintah melaksanakan berbagai program biofuel seperti biodiesel, bioetanol, bioavtur/SAF, dan green diesel atau hydrotreated vegetable oil (HVO),” jelasnya.

    Eniya juga menyampaikan bahwa pemerintah menargetkan penerapan bioetanol E10 (bensin dengan campuran etanol 10 persen) di tahun 2028. “Keberhasilan implementasinya perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam peningkatan infrastruktur pendukung,” tambahnya.

    Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dasar, Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Rachmat Kaimuddin menekankan pentingnya keseimbangan antara ketahanan energi, pertumbuhan ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan.

    “Kami ingin mengeliminasi impor energi. Saat ini sekitar 20-30% energi di Indonesia masih impor, mayoritas berupa minyak untuk sektor transportasi. Dengan target pertumbuhan ekonomi 8% pada tahun 2030, kami berupaya menjaga keberlanjutan fiskal nasional,” tuturnya.

    (rgr/dry)

  • Potret Produksi Raja Truk di Indonesia yang Sejam Bisa Keluar 15 Unit

    Potret Produksi Raja Truk di Indonesia yang Sejam Bisa Keluar 15 Unit

    Proses perakitan dilakukan sepenuhnya di pabrik PT KRM, mulai dari chassis assembly, engine installation, hingga running test, untuk memastikan setiap unit memenuhi standar performa dan keamanan. Kapasitas produksinya 60 ribu unit per tahun. Foto ini sedang melakukan chassis assembly. Foto: Dok. Fuso

  • Banyak Mobil Listrik Klaim Bisa Ngebut, China Batasi Akselerasi 0-100 Km/Jam

    Banyak Mobil Listrik Klaim Bisa Ngebut, China Batasi Akselerasi 0-100 Km/Jam

    Jakarta

    Pabrikan mobil listrik berlomba-lomba mengklaim mobilnya bisa melesat dengan cepat. Bahkan, akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan dalam waktu singkat layaknya sebuah supercar. Namun, klaim-klaim tersebut memicu pandangan lain terkait keamanan dan keselamatan.

    Dikutip Carnewschina, Kementerian Keamanan Publik China merancang standar keselamatan nasional baru untuk kendaraan bermotor. Salah satunya adalah pembatasan signifikan terhadap kemampuan akselerasi kendaraan listrik.

    Rancangan peraturan berjudul “Kondisi Teknis untuk Keselamatan Operasi Kendaraan Bermotor” mengusulkan bahwa kendaraan penumpang harus menggunakan pengaturan akselerasi mobil listrik standar. Sebuah mobil listrik harus punya performa akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam paling cepat 5 detik. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi risiko keselamatan yang terkait dengan performa akselerasi yang berlebihan.

    Untuk kendaraan listrik dan plug-in hybrid, rancangan tersebut mencakup beberapa ketentuan keselamatan yang ditargetkan. Kendaraan jenis itu harus dilengkapi dengan teknologi pencegah salah injak pedal yang dapat mendeteksi dan membatasi daya saat kendaraan diam atau bergerak serta memberikan peringatan audio-visual yang jelas kepada pengemudi.

    Rancangan tersebut juga mengamanatkan bahwa kendaraan listrik murni dan plug-in hybrid harus dapat memutus sirkuit daya secara otomatis dalam situasi tertentu. Ini termasuk ketika kecepatan kendaraan berubah sebesar 25 km/jam atau lebih dalam 150 milidetik baik dalam arah longitudinal maupun lateral.

    Fitur keselamatan baterai dibahas secara gamblang dalam aturan baru ini. Kendaraan listrik harus memantau status baterai dan menyediakan deteksi, perekaman, serta peringatan dini otomatis terhadap kondisi abnormal pada sel baterai. Ketika masalah termal terdeteksi, kendaraan harus memperingatkan penumpang melalui sinyal audio dan visual yang jelas.

    Untuk bus listrik dan bus plug-in hybrid dengan panjang 6 meter atau lebih, kompartemen baterai tidak boleh terbakar atau meledak setidaknya selama 5 menit setelah alarm baterai berbunyi. Jadi, penumpang memiliki waktu yang cukup untuk evakuasi.

    Draf aturan terbaru ini juga membahas sistem bantuan pengemudi. Aturan itu mewajibkan kendaraan dengan fitur ADAS untuk memverifikasi melalui pengenalan biometrik atau login akun bahwa pengemudi telah menyelesaikan pelatihan yang sesuai sebelum diizinkan beroperasi lebih lanjut. Untuk sistem bantuan mengemudi kombinasi, ketika diaktifkan pada kecepatan di atas 10 km/jam, kendaraan harus terus memantau keterlibatan pengemudi menggunakan setidaknya dua metode: deteksi tangan dan pemantauan tatapan.

    Untuk mencegah gangguan mengemudi, fungsi pemutaran video hiburan dan game pada layar head unit harus dinonaktifkan ketika kendaraan melebihi 10 km/jam.

    Draf aturan baru ini saat ini sedang dalam tahap konsultasi publik sebagai bagian dari proses revisi standar nasional.

    (rgr/dry)

  • Makin Unik Aja, Mobil Hybrid Punya Shower buat Mandi

    Makin Unik Aja, Mobil Hybrid Punya Shower buat Mandi

    Jakarta

    Mobil di China unik-unik. Bahkan, ada mobil hybrid yang punya fitur shower buat mandi. Penting nggak sih?

    Dikutip Carnewschina, mobil SUV andalan IM Motors, LS9, dilengkapi dengan shower di bagian belakang. Fitur itu jauh dari kata konvensional untuk sebuah kendaraan.

    Shower atau pancuran terpasang di bagian belakang LS9. Saat pintu belakang terbuka, tenda shower berukuran compact dapat digantung. Shower itu mengambil air yang disimpang di tangki berkapasitas 10 liter. Airnya bisa dihangatkan hingga 45 derajat celcius dalam 10 menit menggunakan elemen 1.200 watt.

    Unik, mobil hybrid IM Motors LS9 punya shower di bagian belakang Foto: Istimewa

    Shower di mobil ini dirancang untuk membilas setelah beraktivitas di luar ruangan. Memang tidak banyak airnya, tapi cukup untuk membersihkan sesuatu setelah beraktivitas di luar ruangan.

    Mobil hybrid IM Motors LS9 ini akan diluncurkan di China pada 12 November mendatang. Perusahaan membuka pre-order pada 4 November, hanya dalam 30 menit langsung mendapat 8.000 pemesanan. Mobil listrik ini dijual dengan harga 336.900 yuan sampai 366.900 yuan (Rp 789 juta sampai Rp 859 jutaan).

    LS9 ditenagai oleh sistem “Stellar” IM, yang menggabungkan mesin 1,5T dan motor listrik. Gabungan mesin turbo dan motor listriknya menghasilkan total tenaga sebesar 390 kW dan torsi 670 Nm.

    Ada dua pilihan baterai, yaitu 52 kWh dan 66 kWh, menawarkan jangkauan listrik murni hingga 402 km dan jangkauan gabungan 1.508 km. Platform silikon karbida 800V memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu sekitar 4 detik.

    Unik, mobil hybrid IM Motors LS9 punya shower di bagian belakang Foto: Istimewa

    Selain jangkauan 1.508 km dan platform hybrid 800V, LS9 hadir dengan kabin digital kelas atas. Kabin berpusat pada layar 5K 27,1 inci yang dilengkapi dengan layar penumpang 15,6 inci, sehingga menciptakan kokpit digital.

    Secara tampilan, LS9 mengadopsi bahasa desain terbaru IM dengan bagian depan tertutup, strip lampu mengalir, dan lampu depan berbentuk L yang khas. Bumper bawah mengintegrasikan intake udara lebar dan ventilasi dinamis. Fitur unggulannya adalah lampu utama Ultra-Wide Smart Projector Light, yang diklaim dapat menerangi hingga 8.000 meter persegi.

    Teknologi sasis mencakup “Lynx” Digital Chassis 3.0 IM, suspensi udara pintar, dan kemudi empat roda 24°, yang mengurangi radius putar menjadi 4,95 meter. LS9 juga dilengkapi sistem lidar 520 baris dengan jangkauan 300 meter dan chip Nvidia Thor.

    (rgr/dry)

  • Ini yang Bikin Impor Truk China Tidak Adil di Mata Pabrikan Jepang

    Ini yang Bikin Impor Truk China Tidak Adil di Mata Pabrikan Jepang

    Jakarta

    Kehadiran truk impor China di Indonesia dinilai tidak adil bagi pabrikan kendaraan niaga yang berinvestasi di Indonesia. Mitsubishi Fuso, sebagai raja truk di Indonesia, mengungkap beberapa hal yang bikin persaingan tidak fair.

    “Kalau kompetisi harus kita terima sebagai pelaku bisnis, tapi selama kompetisi itu fair nggak masalah,” kata Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (12/11/2025).

    Pertama-tama, spek mesin truk impor yang ditawarkan tidak sesuai aturan emisi yang sudah ditetapkan pemerintah Indonesia. Seperti diketahui, produsen telah berinvestasi triliunan rupiah untuk upgrade line produksi mereka di Indonesia demi mematuhi standar Euro 4 yang diwajibkan pemerintah.

    Bahkan belum lama ini, merek China itu ikut pameran dengan memamerkan standar emisi Euro 2 dan Euro 3. Hal ini yang menjadi sorotan pabrikan Jepang.

    Aji menyoroti proses masuk kendaraan komersil impor dari China juga tidak dilalui melalui pengujian kendaraan seperti pabrikan Jepang.

    “Ya proses masuknya. Kan kalau kita mau bikin nih, Pak Momon (Duljatmono – President Director PT KRM) mau bikin produksi, kita usul mau bikin produk. Itu Pak prosesnya harus uji. Diuji dulu mobil ini secara ini kelayakan, layak jalannya, keselamatannya. Harus didaftarkan ke mana,” jelas dia.

    Dia mewanti-wanti hadirnya truk impor dari China bisa menggerus pasar pabrikan yang sudah memproduksi dalam negeri. Jika penjualan terus turun, imbasnya bisa efisiensi para pekerja.

    “Belum dealer nanti punya part shop, dia punya part shop jual spare part kita juga. Pasti kena dampak juga nanti kalau mobil kita makin sedikit, konsumsi spare partnya makin dikit, nggak mau orang bisnis spare part,” jelas Aji.

    “Kita punya pabrik, mereka punya vendor untuk supply part-part. Dan itu ratusan, dari pasti ribuan juga itu karyawannya. Jadi pasti multiple effect kalau sampai kita terus terimbas,” tambah dia.

    Pengamat otomotif Yannes Pasaribu menyoroti regulasi antar instansi; Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian yang belum sinkron untuk kendaraan komersil di area off-road (non-jalan raya) seperti tambang.

    “Truk impor China yang digunakan secara eksklusif di area tambang tertutup, tidak sepenuhnya tunduk pada regulasi yang sama, sehingga banyak yang masih menggunakan mesin Euro 2 atau Euro 3,” ujar Yannes kepada detikOto, Rabu (12/11/2025).

    “Hal ini dari perspektif industri otomotif Jepang jelas menciptakan ketimpangan kompetitif, sebab truk China menawarkan harga 30-50% lebih rendah tanpa beban sertifikasi emisi ketat, sementara produsen Jepang menghadapi biaya produksi lebih tinggi untuk memenuhi standar domestik,” jelasnya.

    Hal senada juga pernah diungkapkan Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara. Menurut Kukuh, truk impor dari China mengambil keuntungan, tapi bisa mengancam industri dalam negeri, apalagi buat pabrikan yang sudah berinvestasi besar.

    “Sampai Juli ini diperkirakan, kami tidak punya data yang cukup resmi, itu hampir 7 ribu, sampai akhir tahun bisa sampai 14 ribuan kendaraan komersial,” ujar Kukuh beberapa waktu yang lalu.

    (riar/rgr)

  • Bayar Pajak STNK Bisa Online, Wajib Ada KTP Asli!

    Bayar Pajak STNK Bisa Online, Wajib Ada KTP Asli!

    Jakarta

    Bayar pajak STNK bisa online. Meski begitu, KTP tetap jadi syarat utamanya. Kenapa wajib ada KTP?

    Bayar pajak STNK tahunan bisa dilakukan secara online. Bahkan kamu nggak perlu keluar rumah, repot-repot antre di Samsat untuk bayar pajak kendaraan setiap tahun. Meski dilakukan secara online, KTP tetap jadi persyaratan utama. Ya, untuk pembayaran pajak tahunan baik itu di Samsat ataupun secara online, KTP merupakan syarat wajib.

    “Karena sesuai Peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor salah satu syarat dalam prosedur bayar pajak kendaraan bermotor wajib menggunakan KTP asli sesuai dengan data di STNK dan BPKB,” demikian penjelasannya dikutip detikOto dari laman Instagram Samsat Digital.

    Pun untuk pembayaran pajak STNK online juga butuh KTP asli saat registrasi. Hal ini dilakukan untuk memvalidasi identitas pemilik kendaraan. Nah kalau persyaratan KTP asli sudah kamu penuhi, maka tinggal mengikuti langkah-langkah perpanjang STNK online. Berikut ini langkahnya.

    Cara Bayar Pajak STNK Online

    1. Registrasi Pengguna

    * Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Play Store atau App Store
    * Pilih registrasi Pengguna
    * Masukkan data-data pribadi seperti NIK, Nama sesuai e-KTP, alamat emali, nomor handphone, kata sandi
    * Memasukkan foto e-KTP
    * Verifikasi biometric wajah dengan swafoto (selfie)
    * Masukkan OTP yang dikirim lewat SMS ke handphone kamu
    * Setelah registrasi berhasil, verifikasi ulang dengan cara mengklik link yang dikirim ke email terdaftar

    2. Tambah Data Kendaraan

    Kamu bisa memasukkan data-data kendaraan lengkap dengan nomor rangka dan lainnya baik kendaraan milik sendiri atau kendaraan milik orang lain. Untuk mendaftarkan kendaraan milik orang lain, ikuti langkah-langkah berikut.

    * Pilih tombol symbol tambah untuk menambah data kendaraan dokumen digital sehingga muncul tampilan form tambah dokumen data kendaraan
    * Masukkan nama pemilik kendaraan pada kolom pemilik kendaraan, jika kendaraan tersebut milik istri atau anak dalam satu KK maka pilih Milik Keluarga satu KK
    * Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pada kolom NRKB
    * Masukkan Nomor Rangka 5-digit terakhir pada kolom Nomor Rangka
    * Masukan NIK pemilik kendaraan dan menggugah foto KTP
    * Setelah semua kolom diisi maka klik tombol ‘Lanjut’
    * Kemudian akan tampil peringatan bahwa Dokumen berhasil ditambahkan

    3. Pengesahan STNK

    Bila data-data kendaraan sudah diisi, maka selanjutnya dilakukan pengesahan dengan cara berikut.

    * Pilih NRKB yang akan dilakukan pengesahan klik lanjut
    * Informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ akan muncul dengan jumlah yang harus dibayarkan
    * Slide tombol kirim dokumen TBPKP
    * Masukan alamat pengiriman (sesuai dengan kolom yang ada)
    * Rekap biaya akan muncul pada layar telepon kamu, klik lanjut
    * Kemudian muncul notifikasi pilih cara pembayaran, klik pada tombol pilih cara pembayaran Kode bayar, jumlah yang dibayarkan dan cara pembayaran akan muncul
    * Klik Lanjut maka cara pembayaran akan tampil sesuai dengan bank yang dipilih
    * Selesai

    (dry/rgr)

  • Honda Scoopy Terbaru Meluncur, Makin Stylish dengan Pilihan Warna Anyar

    Honda Scoopy Terbaru Meluncur, Makin Stylish dengan Pilihan Warna Anyar

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menyegarkan motor skutik retro andalan mereka, Scoopy. Honda Scoopy terbaru kini hadir dengan pilihan warna yang lebih segar, serta stylish.

    AHM memberikan dua pilihan tipe, yang terbagi dalam tiga varian, masing-masing mempunyai kombinasi warna baru. Pada varian Fashion, hadir empat pilihan warna yang membuat pengendaranya tampil beda. Fashion Black, Fashion Red, Fashion Cream dan Fashion Mint, memberikan nuansa lembut dan modern khas gaya urban masa kini.

    Penyegaran pun disematkan untuk pilihan varian lainnya. Varian Prestige yang kini dilengkapi Smart Key tampil semakin berkelas dengan penambahan warna baru Prestige Red, melengkapi dua warna sebelumnya yakni Prestige Black dan Prestige White yang tetap mempertahankan kesan mewah dan eksklusif.

    Adapun varian Stylish kini hadir dengan tiga pilihan warna memikat, yakni Stylish Grey sebagai warna baru yang elegan, serta Stylish Green dan Stylish Beige, memberikan kesan elegan namun tetap modis.

    “Honda Scoopy selalu menjadi simbol gaya hidup pengguna kalangan muda di Indonesia yang suka tampil beda dan percaya diri. Melalui warna-warna baru ini, kami ingin memberikan lebih banyak pilihan bagi mereka untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing. Tetap unik, fashionable, dan semakin membanggakan saat berkendara,” kata Marketing Director AHM Octavianus Dwi dalam keterangannya.

    Honda Scoopy hadir dengan pilihan warna baru Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)Desain Retro & Unik serta Fitur Modern

    Selain penyegaran warna, New Honda Scoopy tetap mempertahankan desain retro dan unik serta fitur modern yang menjadi ciri khasnya. Lampu depan LED dengan teknologi crystal block membuat penampilannya semakin catchy sekaligus membantu visual pengendara di jalan raya semakin baik.

    Pada area kemudi, model ini memiliki tampilan yang berbeda dengan desain Digital Panel Meter berkesan modern, area handle cover yang tertutup, serta USB Type-C Charger yang mempermudah mobilitas harian penggunanya. Tampilan velg berdesain 5 palang pun membuat kesan skutik fashionable ini kental dengan nuansa retro yang timeless.

    Fitur unggulan lain pada New Honda Scoopy adalah penyematan Honda Smart Key Sistem untuk tipe Smart Key hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Antitheft Alarm demi menunjang keamanan serta kemudahan.

    Informasi dari Digital Panel Meter yang berdesain modern menghadirkan banyak informasi. Mulai speedometer digital, penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key, indikator baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta tampilan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Fitur lainnya adalah Multi-Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain yang dapat dilipat apabila tidak digunakan.

    Honda Scoopy hadir dengan pilihan warna baru Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)Performa

    Pada sisi performa, New Honda Scoopy dibekali jantung pacu dengan karakter responsif pada putaran awal hingga menengah untuk memenuhi kebutuhan berkendara dengan mobilitas tinggi. Skutik ini menggendong mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

    Berbekal mesin tersebut, New Honda Scoopy mampu menghasilkan tenaga 6,6 kW (8,8 dk) pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 9,2 Nm di 6.000 rpm, namun tetap irit dengan konsumsi bahan bakar 59 km/l. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

    Fitur unggulan lain pada New Honda Scoopy adalah desain pijakan kaki untuk pembonceng yang terintegrasi bodi, bikin pengendara membonceng dengan tetap nyaman. Ban tubeless 12-inch yang fashionable dipadu velg bernuansa retro hadir untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman pengendara.

    New Honda Scoopy dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 22.876.00 untuk varian Fashion, dan Rp 23.681.000 untuk varian Stylish dan Prestige.

    Honda Scoopy hadir dengan pilihan warna baru Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    (lua/rgr)

  • Penjualan BYD Oktober 2025 Tembus 10.000 Unit, 88% Disumbang Atto 1

    Penjualan BYD Oktober 2025 Tembus 10.000 Unit, 88% Disumbang Atto 1

    Jakarta

    Penjualan wholesales BYD pada Oktober ditopang Atto 1. Bahkan 88 persen dari total wholesales BYD berasal dari Atto 1.

    BYD Atto 1 laku keras. Angka penjualannya pun cukup fantastis. Data distribusi wholesales yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, BYD mengirimkan 9.396 unit Atto 1 ke dealer-dealernya pada Oktober 2025.

    Padahal kalau dihitung secara keseluruhan, distribusi BYD secara wholesales pada bulan kesepuluh itu mencapai 10.593 unit. Artinya, 88 persen disumbang Atto 1. Sisanya barulah model lain seperti BYD Seal, BYD Sealion 7, BYD Atto 3, BYD Dolphin, dan BYD M6. Berikut ini data penjualan wholesales BYD untuk masing-masing model sepanjang Oktober 2025.

    Penjualan Wholesales BYD Oktober 2025

    BYD Seal: 15 unitBYD Atto 3: 242 unitBYD Dolphin: 13 unitBYD M6: 516 unitBYD E6: 64 unitBYD Sealion 7: 347 unitBYD Atto 1: 9.396 unit

    Atto 1 memang menjadi bahan perbincangan sejak perdana meluncur di pameran otomotif tahunan GIIAS 2025. Apalagi saat harganya diumumkan, publik dibikin terkejut. Sebab, kalau berkaca dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), BYD Atto 1 ditaksir bakal dibanderol di atas Rp 200 juta. Tapi kenyataannya justru sebaliknya. Harga BYD Atto 1 itu ditawarkan mulai Rp 195 juta hingga yang termahal Rp 235 juta.

    Spesifikasi BYD Atto 1

    Meski punya harga terjangkau, khususnya untuk varian terendah, BYD menjanjikan jarak tempuh yang cukup jauh. Berbekal baterai berkapasitas 30,08 kWh, BYD Atto 1 bisa menjelajah sejauh 300 km dalam satu kali pengecasan baterai. Setidaknya bolak-balik Jakarta-Bandung bisa dilakukan hanya bermodalkan satu kali mengecas.

    Kalau mau yang jarak tempuhnya lebih jauh lagi, maka bisa memilih varian Premium. Kapasitas baterainya lebih besar yaitu 38,88 kWh. Jarak tempuhnya mencapai 380 km. Namun kalau urusan daya maksimum, torsi, hingga akselerasi, kedua varian tersebut sama.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    (dry/rgr)

  • Mau Touring Jarak Jauh? Siapkan 5 Hal Ini untuk Minimalkan Risiko Kecelakaan

    Mau Touring Jarak Jauh? Siapkan 5 Hal Ini untuk Minimalkan Risiko Kecelakaan

    Jakarta

    Kamu sedang menyiapkan rencana touring jarak jauh menggunakan sepeda motor? Simak beberapa tips berikut ini agar perjalanan kamu tetap nyaman dan meminimalkan risiko kecelakaan.

    Tidak sedikit pengendara motor yang mengeluhkan rasa pegal bahkan sampai merasakan kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang. Kondisi ini sering muncul karena kurangnya persiapan. Perlu perencanaan dibarengi pemahaman tentang cara berkendara yang benar dan aman.

    “Perjalanan jauh bukan sekadar tentang sampai ke tujuan, tetapi bagaimana kita bisa tiba dengan selamat dan tanpa cedera. Itulah makna sebenarnya dari #Cari_aman yang selalu kami dorong melalui program Safety Riding Promotion,” ujar Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani.

    Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta – Tangerang, Wahana Makmur Sejati (WMS) melalui Safety Riding Promotion (SRP) mengingatkan pentingnya persiapan dan pahami teknik berkendara. Berikut lima tips yang bisa diterapkan sebelum kamu memulai perjalanan panjang:

    1. Pastikan Kondisi Motor dalam Keadaan Prima

    Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima. Periksa tekanan angin ban, pengereman, kondisi rantai atau V-belt, serta oli mesin. Jika ditemukan indikasi aus atau kendur pada komponen tertentu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

    Motor yang tidak dalam kondisi prima bukan hanya membuat perjalanan terasa lebih berat, tetapi juga meningkatkan risiko kelelahan bagi pengendara. Suspensi yang keras, misalnya, dapat menimbulkan rasa pegal lebih cepat, terutama saat melewati jalanan yang tidak rata.

    2. Istirahat Cukup Sebelum Berkendara

    Kondisi tubuh yang fit menjadi faktor penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan jauh. Banyak pengendara yang terlalu antusias hingga kurang tidur sebelum berangkat, padahal kurangnya waktu istirahat dapat menurunkan konsentrasi dan memperbesar risiko microsleep di jalan.

    Pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup, minimal enam hingga tujuh jam. Jika merasa lelah di tengah perjalanan, segera beristirahat di tempat yang aman dan berhenti sejenak untuk mengembalikan fokus dan energi.

    3. Atur Posisi Tubuh saat Berkendara

    Salah satu penyebab utama rasa lelah selama perjalanan jauh adalah posisi tubuh yang kurang tepat. Posisi duduk terlalu maju atau terlalu mundur dapat membuat bagian punggung dan tangan cepat pegal. Usahakan duduk di bagian tengah jok dengan posisi punggung tegak dan bahu rileks.

    Buat pengendara motor kopling, usahakan kaki selalu menempel atau menjepit tangki bahan bakar agar posisi tubuh lebih stabil. Sementara bagi pengguna motor matic, bisa menjaga keseimbangan dengan menempelkan paha bagian dalam pada sisi jok.

    4. Jaga Ritme Berkendara

    Berkendara jarak jauh membutuhkan kemampuan menjaga ritme dan konsistensi. Tidak perlu terburu-buru untuk sampai di tujuan, karena kecepatan yang tidak stabil justru bisa membuat tubuh cepat lelah.

    Gunakan kecepatan yang konstan sesuai dengan kondisi jalan dan batas kecepatan yang berlaku. Jika berkendara dalam rombongan, jaga jarak aman dengan pengendara di depan agar memiliki ruang cukup untuk mengerem atau menghindar ketika dibutuhkan.

    5. Selalu Patuhi Rambu dan Etika Berlalu Lintas

    Semua aturan yang ada dibuat untuk menjaga keselamatan bersama. Patuhi batas kecepatan, nyalakan lampu utama saat siang hari, dan gunakan perlengkapan berkendara lengkap seperti helm berstandar SNI, jaket pelindung, sarung tangan, serta sepatu tertutup.

    Selain itu, biasakan memberikan sinyal atau lampu sein ketika akan berpindah jalur atau berbelok. Jika melakukan perjalanan bersama kelompok, jangan memaksakan diri untuk selalu berada di posisi depan. Fokus utama tetap pada keselamatan, bukan kecepatan.

    Menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor memang membutuhkan persiapan lebih. Jangan lupa, pastikan kondisi motor prima, menjaga kebugaran, memperhatikan posisi berkendara, atur ritme, serta patuhi aturan lalu lintas.

    (lua/rgr)