Jenis Media: Otomotif

  • Buka IMHAX 2025, Bamsoet Dorong Budaya Keselamatan Berkendara

    Buka IMHAX 2025, Bamsoet Dorong Budaya Keselamatan Berkendara

    Jakarta

    Anggota DPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Motorcycle Helmets Apparel Accessories Exhibition (IMHAX) 2025 yang digelar tanggal 13-16 November 2025 di Gedung Smesco Indonesia Jakarta.

    Pameran yang menampilkan puluhan merek helm, apparel, dan aksesoris sepeda motor ternama ini memiliki peran strategis dalam memperkuat industri kreatif otomotif nasional. Acara itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap pentingnya perlengkapan keselamatan bagi pengendara roda dua.

    “Di tengah tingginya angka kepemilikan sepeda motor, kesadaran masyarakat terhadap penggunaan perlengkapan berkendara yang aman masih perlu diperkuat. Pameran seperti IMHAX menjadi ruang yang mempertemukan produsen helm, apparel, dan aksesori dengan komunitas motor serta konsumen, sekaligus mengedukasi pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (14/11/2025). Hal itu diungkapkan olehnya saat membuka IMHAX 2025 di Jakarta, Kamis (13/11/2025).

    Bamsoet menjelaskan, geliat industri helm dan apparel di Indonesia sudah tumbuh dengan pesat, seiring meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor di Tanah Air. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor pada tahun 2024 mencapai 6,2 juta unit, naik sekitar 8 persen dibanding tahun sebelumnya. Namun, peningkatan ini tidak diiringi dengan kesadaran keselamatan yang memadai.

    Data Korlantas Polri mencatat, sepanjang Januari-Juni 2025 terjadi 71.636 kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan 877.622 pengendara, dengan mayoritas korban adalah pengendara sepeda motor. Dari jumlah tersebut, 7,21 persen meninggal dunia, 8,26 persen luka berat, dan 84,51 persen luka ringan.

    “Angka ini menggambarkan kondisi darurat keselamatan berkendara di Indonesia. Dari setiap sepuluh kecelakaan, tujuh diantaranya melibatkan sepeda motor. Itu sebabnya, helm berkualitas dan perlengkapan pelindung tubuh menjadi investasi yang menyelamatkan nyawa,” ujar Bamsoet.

    Bamsoet menilai IMHAX merupakan salah satu bentuk kolaborasi konkret antara industri, komunitas, dan pemerintah untuk membangun ekosistem otomotif yang sehat dan berkelanjutan. Bamsoet juga menyoroti potensi ekonomi dari industri penunjang otomotif roda dua. Helm, apparel, dan aksesoris, termasuk sektor yang memiliki multiplier effect besar, menciptakan lapangan kerja, dan membuka peluang bagi produsen nasional untuk bisa bersaing di pasar internasional.

    “Setiap satu juta motor baru yang beredar, berarti satu juta peluang ekonomi baru bagi produsen helm, apparel, dan pelindung tubuh. Kalau kita serius menggarapnya, Indonesia bisa menjadi pusat industri perlengkapan motor di Asia Tenggara,” pungkasnya.

    (akd/ega)

  • Modifikasi GEAR ULTIMA X Warkopolim Usung Konsep Skutik Cargo ‘Kalcer’

    Modifikasi GEAR ULTIMA X Warkopolim Usung Konsep Skutik Cargo ‘Kalcer’

    Jakarta

    Keperluan modifikasi pada sepeda motor kini juga semakin beragam seperti ingin memiliki penampilan yang eye catchy, tetapi juga tetap membutuhkan aspek fungsionalitasnya. Hal itu agar ampu mendukung berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat yang semakin beragam.

    Perpaduan antara gaya ‘kalcer’ yang kekinian dengan daya utilitas tinggi ini dihadirkan lewat modifikasi GEAR ULTIMA milik Warkopolim. GEAR ULTIMA menjadi skutik serbaguna yang praktis, modern, tangguh, serta siap mendukung segala kebutuhan operasional hangout spot yang dikenal milik Gofar Hilman tersebut.

    Berkolaborasi dengan salah satu modifikator Tanah Air ternama, yaitu Katros Garage, GEAR ULTIMA milik Warkopolim ini hadir dengan konsep yang unik karena mengingat skutik ini akan dijadikan sebagai kendaraan operasional sehingga dimodifikasi dengan konsep cargo yang terinspirasi dari Yamaha GEAR edisi Jepang.

    Skutik tersebut tampil identik dengan rak depan dan rak khusus di bagian belakang untuk memasang box sehingga mampu membawa barang tambahan.

    Kesan ‘kalcer’ yang ditunjukkan lewat beberapa part yang diganti pada motor ini tentu saja menambah rasa puas dari salah satu founder dari Warkopolim, yaitu Gofar Hilman atas hasil modifikasi yang telah dilakukan.

    “Sejak awal GEAR ULTIMA ini sudah memikat hati karena desain dan pastinya ketangguhannya yang sudah dibuktikan dimana-mana, jadi cocok banget untuk kendaraan operasional dan sekarang ditambah lagi dengan hasil modifikasi Katros Garage yang benar-benar berhasil menyulap skutik ini menjadi skutik cargo khas Jepang yang terinspirasi dari Yamaha Gear 50CC yang dijual di Jepang dimana motor ini sudah pasti bisa dipakai untuk segala kebutuhan operasionalnya Warkopolim,” ujar Gofar. Dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2025).

    “Dan skutik ini jadi makin sekut abis karena vibes penampilannya itu udah kalcer banget berkat warna motornya yang sudah diganti ke warna oranye khas Warkopoilm serta beberapa sentuhan dan fitment yang gokil banget dari Katros Garage,” sambungnya.

    Foto: Yamaha

    Terdapat beberapa sentuhan modifikasi ini yang menjadikan GEAR ULTIMA menjadi bukan sekedar motor operasional, melainkan representasi nyata dari multi-purpose scooter yang fungsional sekaligus stylish antara lain:

    Rak Depan Khas Skutik Jepang

    Modifikasi yang paling identik dan eye catchy pada skutik ini adalah fasia depannya yang dibuat menjadi rata atau datar dan dipasangkan rak custom yang terinspirasi dari skutik cargo Yamaha di Jepang sehingga punya desain yang simpel namun tetap fungsional untuk membawa barang barang ringan waktu bermobilitas.

    Rak Belakang & Jok Custom

    Bukan cuma tampilan depan saja yang menyedot perhatian, tetapi bagian belakang dari motor ini juga mendapatkan perubahan ekstrem dengan menambahkan rak custom yang terbuat dari plat sehingga cukup kokoh untuk memasang Top Box berukuran cukup besar dan joknya diubah menjadi model one seater dengan cover berbahan fabric sehingga tampil lebih elegan.

    Foto: Yamaha

    Naked Handlebar

    Handlebar pada motor ini juga sudah diganti dengan desain seperti sepeda motor naked sehingga memberikan kesan lebih maskulin dan tangguh, tetapi tampilan handlebar skutik ini tetap terlihat clean dan canggih karena dikombinasikan dengan speedometer digital dan dapat terhubung dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect (hanya tersedia tipe S).

    Lampu Depan Khas Skutik Klasik

    Wajah baru dari GEAR ULTIMA X Warkopolim juga semakin terlihat unik karena lampu depannya berbentuk bundar ala skutik klasik sehingga sentuhan ini menambah karakter unik sekaligus aura ‘kalcer’.

    Velg Wheeldop Unik

    Untuk memberikan kesan skutik “kalcer” yang kekinian, sepeda motor ini tentu menggunakan velg dengan tipe Wheeldop berwarna putih dengan tambahan grafis berupa logo dari Warkopolim yang mencolok dan terlihat lebih ekspresif dan standout di jalanan.

    “Modifikasi GEAR ULTIMA dengan salah satu hangout spot terkenal di Jakarta ini menjadi bukti nyata bahwa skutik tangguh dari Yamaha ini semakin menunjukkan jiwanya sebagai multi purpose scooter yang mampu memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat masa kini karena jika sebelumnya diuji lewat medan yang cukup ekstrem, kini diuji dengan intensitas pemakaian yang tinggi dan muatan maksimal setiap harinya. Namun itu bukan menjadi halangan karena skutik ini sudah didukung dengan teknologi Blue Core Hybrid 125 cc yang bertenaga sekaligus irit sehingga GEAR ULTIMA siap digunakan kapanpun dan dimanapun,” ujar Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Rifki Maulana.

    (akd/ega)

  • Segini Prediksi Harga Yamaha Aerox Listrik

    Segini Prediksi Harga Yamaha Aerox Listrik

    Jakarta

    Meski telah meluncur, namun motor listrik Yamaha Aerox-e belum punya harga resmi. Kabarnya, pengumuman harga akan disampaikan sebentar lagi. Lantas, berapa perkiraan angkanya?

    Yamaha Aerox-e meluncur bersamaan dengan motor listrik lainnya, yakni Yamaha EC-06. Kabarnya, secara price positioning, Aerox-e jauh lebih tinggi.

    Sejumlah media di India mengabarkan, Yamaha Aerox-e kemungkinan besar akan dibanderol berkisar 2.90 lakh rupee atau sekira Rp 55 jutaan. Nominal tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan Aerox versi bensin yang dijual di Indonesia.

    Secara tampilan, Yamaha Aerox-e masih sama seperti versi regular atau bensin. Kendaraan tersebut masih mengusung konsep X-center yang menonjolkan karakter balap. Kemudian aksennya tetap agresif dengan lampu depan yang dominan dan tajam.

    Yamaha Aerox-e. Foto: Doc. Zigwheels.

    Perbedaannya hanya terdapat di bagian komponen penggerak dan sentuhan biru muda khas EV di beberapa bagian. Selain itu, ada emblem ‘e’ yang menandakan kendaraan tersebut merupakan motor listrik.

    Pabrikan membekali Aerox-e dengan motor listrik dengan semburan tenaga 9,4 kw dan torsi 48 Nm. Kemudian baterainya menggunakan lithium-ion 3 kWh dengan konfigurasi ganda yang dalam kondisi penuh mampu menempuh jarak 106 km. Sementara mode berkendaranya ada ECO, standard dan power.

    Selayaknya versi regular, Yamaha Aerox-e juga punya tombol boost mode yang memungkinkan motor mendapat tambahan daya ketika berakselerasi. Selain itu, menariknya, ada fitur mundur yang memudahkan pengendara saat hendak parkir.

    Yamaha Aerox-e juga dibekali fitur konektivitas Y-Connect yang membuat kendaraan bisa terhubung ke smartphone melalui sambungan Bluetooth. Fitur tersebut membuat pengendara mampu memantau kondisi motor secara real time melalui layar ponsel.

    “Dengan peluncuran ini, kami mempererat hubungan dengan para pengendara yang menginginkan performa, desain, dan teknologi, sekaligus merespons transisi negara ini menuju transportasi berkelanjutan,” kata Itaru Otani selaku Chairman Yamaha Motor India Group.

    (sfn/din)

  • Cerita Rombongan Touring GEAR ULTIMA Jajal Medan Pegunungan Kintamani

    Cerita Rombongan Touring GEAR ULTIMA Jajal Medan Pegunungan Kintamani

    Jakarta

    Motor matic teranyar Yamaha GEAR ULTIMA unjuk gigi di medan jalan perkotaan dan pegunungan Kintamani Bali. Sebelumnya rombongan touring GEAR ULTIMA telah menyelesaikan perjalanan di Semarang kemudian melanjutkan ke Bali.

    Dalam touring tersebut, Yamaha Indonesia mengajak para peserta yang berasal dari wartawan dan blogger untuk bisa mengeksplorasi lebih jauh berbagai fitur unggulan milik GEAR ULTIMA di Pulau Bali, beberapa waktu lalu.

    Manager Public Relation YRA C Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Rifki Maulana mengatakan saat perjalanan di Bali, para peserta melakukan perjalanan dari Kota Denpasar menuju daerah dataran tinggi Kintamani dengan jarak kurang lebih 126 kilometer.

    Rute ini dipilih tentu saja bukan hanya karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah selama perjalanan, tetapi karena medan perjalanannya yang cukup menantang seperti banyaknya tanjakan curam. Hal itu bertujuan untuk menguji performa GEAR ULTIMA sekaligus berwisata layaknya keluarga muda aktif yang senang bermobilitas di akhir pekan.

    “Setelah Semarang, Yamaha kali ini memilih pulau Bali sebagai tempat untuk rekan-rekan media bisa membuktikan ketangguhan dan performa GEAR ULTIMA karena medan perjalanannya yang terkenal menantang dengan banyak tanjakan curam serta rute perjalanan yang berkelok-kelok di wilayah pegunungan Kintamani,” kata Rifki dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2025).

    “Sehingga GEAR ULTIMA sangat cocok untuk menaklukan jalur tersebut dengan mesin Blue Core Hybrid 125 cc dan kualitas yang dapat diandalkan, dan Bali yang merupakan destinasi wisata idaman bagi para keluarga muda juga sangat cocok dengan GEAR ULTIMA yang punya segudang fitur praktis serta kualitas unggulan untuk menunjang segala kebutuhan mobilitas,” sambungnya.

    Yamaha Gear Ultima Foto: Yamaha

    Dia menjelaskan perjalanan Media Test Ride yang dimulai dari Yamaha Flagship Shop Bali, Denpasar menuju daerah pegunungan Kintamani menjadi rute yang tepat untuk membuktikan performa dari GEAR ULTIMA yang banyak mendapatkan upgrade.

    “Adapun upgrade terbaru terlihat pada dapur pacunya yang sudah menggunakan teknologi Blue Core Hybrid 125 cc. Ditambah lagi dengan adanya perubahan di bagian rodanya yang sudah menggunakan ukurang ring 12″ bertapak lebar, jadi lebih nyaman ketika diajak bermanuver,” jelasnya.

    Sementara itu, peserta GEAR ULTIMA Media Test Ride Bali, Denny Basudewa perjalanan tersebut sangat berkesan. Sebab teknologi yang terdapat dalam motor tersebut mampu memberikan kemudahan kepada para pengendara untuk melewati berbagai tantangan.

    “Dengan menggunakan mesin Blue Core Hybrid bikin GEAR ULTIMA ini dapat dengan mudah melibas setiap tanjakan curam dari Denpasar ke Kintamani dan waktu di dalam kota juga terasa banget tenaganya itu selalu ada terus, dan terakhir perubahan pada ukuran ban bikin semakin percaya diri waktu melewati jalanan berkelok,” ujar Denny Basudewa.

    Di sela-sela perjalanan menuju daerah Kintamani, para peserta mendapatkan tantangan berupa Shopping Challenge di salah satu pasar yang sangat iconic daerah Ubud yaitu Ubud Art Market. Untuk menguji ketangguhan dan kepraktisan skutik yang terkenal No Debat ini, para peserta diminta untuk belanja sebanyak-banyaknya dengan maksimal budget Rp 500 ribu selama 30 menit.

    Walaupun membawa banyak barang belanjaan, para peserta tidak merasa kebingungan ataupun kesulitan untuk membawa barang-barang tersebut karena fitur praktis dari GEAR ULTIMA mampu menunjang seluruh kebutuhan tersebut.

    Foto: Yamaha

    “Walaupun tadi sudah belanja banyak banget dan takut ga muat, tapi ternyata GEAR ULTIMA bisa simpan semuanya dengan mudah karena punya 2 gantungan di dek kaki depan yang bisa mengunci, dan bagasinya juga luas banget, bahkan muat tas ukuran sedang, plus handle belakang multiguna yang kokoh dan cukup luas jadi bisa sebagai ruang tambahan seperti pasang tas ataupun box,” ungkap peserta GEAR ULTIMA Media Test Ride Bali, Alki.

    Skutik dengan julukan Motor Hebat, Kuat, No Debat ini semakin terbukti saat menghadapi padatnya jalan saat menuju daerah karena berkat rangka barunya yang membuat ruang dek kaki lebih luas. Maka dari itu, pijakan kaki para pengendara menjadi tetap nyaman karena lebih leluasa saat menghadapi padatnya jalanan atau rute stop and go.

    Didukung oleh posisi berkendara yang compact membuat skutik ini menjadi lebih lincah untuk selap-selip di jalanan macet. Ditambah lagi fitur canggih yang disematkan pada motor ini, salah satunya adalah fitur Y-Connect yang mampu mempermudah para pengendara untuk mengetahui kondisi GEAR ULTIMA melalui smartphone dan Digital Speedometer yang memiliki tampilan menarik dan sangat fungsional.

    Selain itu, kualitas GEAR ULTIMA yang No Debat juga menyempurnakan rasa nyaman karena Yamaha memberikan Garansi Rangka selama 5 tahun atau 50.000 kilometer.

    GEAR ULTIMA dipasarkan dengan harga Rp 20.300.000 untuk tipe Standar. Sedangkan untuk tipe S dipasarkan seharga Rp 21.800.000 dan seluruh harga tersebut merupakan harga rekomendasi On The Road Bali. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia pada link berikut ini https://www.yamaha-motor.co.id/

    (akd/ega)

  • GEAR ULTIMA Unjuk Gigi di Jalan Perkotaan dan Pegunungan Jawa Tengah

    GEAR ULTIMA Unjuk Gigi di Jalan Perkotaan dan Pegunungan Jawa Tengah

    Jakarta

    Sejak diluncurkan pada awal bulan Ramadan lalu, GEAR ULTIMA berhasil mencuri perhatian masyarakat berkat segudang keunggulan yang menunjang beragam kebutuhan mobilitas khususnya para keluarga muda Indonesia.

    Hal tersebut mampu dilakukan melalui berbagai upgrade yang menyasar sektor mesin, fitur berkendara, maupun kualitasnya yang dapat diandalkan. Maka tidak heran, sejak produk ini diperkenalkan, banyak masyarakat yang penasaran akan keunggulan skutik multiguna dari Yamaha.

    Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Yamaha pun menggelar aktivitas Test Ride kepada para awak media dan blogger untuk membuktikan secara langsung, keunggulan produk sesuai dengan slogannya, yaitu Motor Kuat, Hebat, dan No Debat secara perdana di Kota Semarang Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

    Manager PR, YRA, C Community, Rifki Maulana mengatakan peserta juga diajak ke area pegunungan di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang. Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengupas secara komprehensif dari impresi berkendara GEAR ULTIMA.

    “Pada kesempatan kali ini Yamaha mengajak belasan media dan blogger untuk bisa menjajal langsung GEAR ULTIMA dari kota Semarang hingga Ungaran. Selain dapat merasakan pengalaman berkendara menggunakan skutik terbaru dari Yamaha, teman-teman media juga diberikan kesempatan untuk menguji ketangguhan dan performa motor ini yang sudah didukung dengan mesin Blue Core Hybrid 125 cc melalui rute menantang, seperti melalui padatnya perkotaan, jalanan menanjak, dan terdapat tantangan seru untuk menguji kepraktisan hingga konsumsi bahan bakar dari GEAR ULTIMA,” kata Rifki Maulana dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2025).

    Dia mengatakan, di tengah perjalanan menuju daerah Ungaran, ketangguhan dan kepraktisan GEAR ULTIMA yang dikenal No Debat benar-benar diuji oleh teman-teman media dan blogger. Para peserta mendapatkan tantangan seru yang diberikan yaitu Shopping Challenge untuk berbelanja sebanyak-banyaknya di Pasar Peterongan.

    Yamaha Gear Ultima Foto: Yamaha

    Meskipun begitu dengan kapasitas bagasi yang besar yaitu 18,6 liter dan gantungan ganda di bagian depan terbukti mampu menampung berbagai macam barang belanjaan. Ditambah lagi dengan handle belakang multiguna yang bisa menjadi ruang tambahan untuk menaruh barang belanjaan.

    “Belanja di Pasar Peterongan dengan budget Rp 125 ribu dapat barang banyak banget untuk kebutuhan sehari-hari dan semuanya itu bisa ditaruh di gantungan ganda yang ada di dek depan dan kalo masih kurang, masih ada bagasi yang ukurannya 18-an liter sehingga lega dan enak banget kalo bawa banyak barang. Apalagi dek kakinya yang luas bikin posisi kaki selama berkendara itu lebih leluasa dan tetap nyaman,” kata peserta GEAR ULTIMA Media Experience Irfan.

    Walaupun membawa banyak barang belanjaan, tanjakan curam menuju daerah Ungaran bukan menjadi tantangan sulit bagi para peserta. Sebab fitur Hybrid Power Assist dari teknologi Blue Core Hybrid Yamaha membuat akselerasi awal motor jadi lebih bertenaga dan halus serta hemat BBM. Untuk menempuh rute Test Ride dengan jarak sekitar 74 kilometer dan kondisi jalanan yang beragam, GEAR ULTIMA cukup membutuhkan 1 liter bensin.

    “Dari sisi tenaga, motor ini tetap bisa diandalkan terutama ketika jalanan menanjak yang cukup curam dapat dilalui dengan mudah, apalagi didukung dengan ukuran bannya yang sudah 12″ dan bertapak lebar sehingga berkendara jadi lebih nyaman dan percaya diri,” ujar peserta GEAR ULTIMA Media Experience Putut.

    Yamaha Gear Ultima Foto: Yamaha

    Selain performa motor, kenyamanan dari skutik berkonsep multiguna ini juga dirasakan oleh teman- teman media dan blogger melalui fitur-fitur unggulan lainnya. Mulai dari joknya yang luas membuat skutik ini tetap nyaman saat berboncengan hingga sudah menggunakan Digital Speedometer yang mampu menampilkan berbagai informasi penting, seperti pesan atau telepon masuk karena sudah dapat terhubung dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Kualitas GEAR ULTIMA yang No Debat juga menambahkan rasa nyaman karena Yamaha memberikan Garansi Rangka selama 5 tahun atau 50.000 kilometer.

    GEAR ULTIMA dipasarkan dengan harga Rp 20.350.000 untuk tipe Standar, sedangkan untuk tipe S dipasarkan seharga Rp 21.850.000 dan seluruh harga tersebut merupakan harga rekomendasi On The Road Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia pada link berikut ini https://www.yamaha-motor.co.id/

    (akd/ega)

  • Hobi Jepret Otomotif Bisa Dapat Hadiah? Ikuti VinFast Competition 2025!

    Hobi Jepret Otomotif Bisa Dapat Hadiah? Ikuti VinFast Competition 2025!

    Jakarta

    Punya hobi fotografi atau videografi? Saatnya manfaatkan passion kamu untuk hasilkan karya sekaligus raih hadiah jutaan rupiah!

    Melalui VinFast Photography & Videography Competition 2025, kamu bisa menyalurkan hobi visual menjadi ajang berprestasi. Kompetisi ini mengajak para kreator visual untuk menangkap semangat perubahan menuju masa depan yang lebih modern dan berkelanjutan lewat karya tentang mobil listrik VinFast VF6.

    Tak perlu jadi profesional untuk ikut. Lomba ini terbuka untuk siapapun, baik fotografer, videografer, maupun pencinta visual yang ingin mencoba tantangan baru. Dengan teknik dan kreativitas yang kamu miliki, setiap jepretan bisa jadi representasi gaya hidup masa depan yang menginspirasi.

    Tersedia dua kategori lomba menarik:

    – VinFast Pro Capture Competition untuk pengguna kamera profesional (DSLR/mirrorless)

    – VinFast Smart Shot Competition untuk pengguna kamera smartphone

    Edisi spesial VinFast VF6 dan VF7 yang berkolaborasi dengan Disney. Foto: dok. Vinfast

    Selain itu, ada juga People Choice Award yang dipilih langsung oleh publik lewat voting di Facebook Community.

    Tak hanya lomba, acara ini juga menghadirkan talkshow inspiratif, workshop fotografi, serta berbagai aktivitas seru yang bisa memperkaya wawasan kamu di dunia visual.

    Detail event akan dilaksanakan pada:

    – Tanggal: Minggu, 23 November 2025

    – Waktu: 08.00-18.00 WIB

    – Lokasi: Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

    Sebelum mendaftar, pastikan sudah bergabung di VinFast Owner Club Indonesia di Facebook untuk mendapatkan info terbaru seputar kompetisi dan kegiatan VinFast lainnya.

    Jadi, kalau selama ini hobi jepret cuma jadi kesenangan pribadi, kini saatnya ubah jadi kesempatan berhadiah!

    Segera daftarkan diri Anda di detikevent dan jadilah bagian dari gerakan menuju mobilitas ramah lingkungan bersama VinFast VF6!

    (lth/din)

  • Hadirkan Kenyamanan Berkendara, GEAR ULTIMA Libas Jakarta-Bali Tanpa Drama

    Hadirkan Kenyamanan Berkendara, GEAR ULTIMA Libas Jakarta-Bali Tanpa Drama

    Jakarta

    Yamaha kembali berhasil membuktikan kualitas skutik terbarunya lewat performa GEAR ULTIMA. Skutik ini berhasil menyelesaikan setiap perjalanan baik jarak pendek, maupun jarak jauh.

    Seperti yang diadakan touring dari Jakarta menuju Bali dengan jarak kurang lebih 1400 KM. Perjalanan ini bukan hanya menunjukkan ketangguhan mesin terbaru Blue Core Hybrid 125cc tetapi juga memperjelas gelar GEAR ULTIMA yang dikenal sebagai skutik tangguh.

    Manager Public Relations, YRA C Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Rifki Maulana mengatakan perjalanan dari Jakarta ke Bali ini terbagi ke dalam 2 batch yaitu Jakarta-Yogyakarta dan dilanjutkan dari Yogyakarta menuju Bali yang mana masing-masing batch diikuti oleh 4 rekan media.

    “Untuk bisa membuktikan ketangguhan segudang keunggulan GEAR ULTIMA, rute dari touring ini tidak hanya lewat 1 rute saja, tetapi terdapat rute utara dan rute selatan yang pastinya masing-masing rute memiliki rintangannya masing-masing, mulai dari jalan menanjak yang sangat curam seperti tanjakan viral Krakalan, Yogyakarta di jalur selatan,” kata Rifki dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2025).

    Yamaha Gear Ultima Foto: Yamaha

    “Pembuktian ini menjadi semakin unik karena GEAR ULTIMA yang digunakan tersebut jalurnya ditukar dari batch sebelumnya agar mendapatkan pengujian yang seimbang,” imbuhnya.

    Dia menjelaskan terdapat beberapa keunggulan GEAR ULTIMA yang bikin touring GEAR ULTIMATE RIDE dari Jakarta ke Bali yang berhasil mempertegas tagline dari skutik ini, yaitu ‘Motor Kuat, Hebat, dan No Debat’, mulai dari aspek konsumsi bahan bakarnya, daya angkut berkat fitur praktisnya yang segudang, rangkanya yang berkualitas dan terjamin, serta kenyamanan berkendara.

    Jakarta-Jawa Tengah Cukup 1 Tangki Full

    Dia menjelaskan dengan mengandalkan mesin berteknologi Blue Core Hybrid 125 cc dan didukung tangki bensin dengan daya tampung maksimal 5.1 Liter, GEAR ULTIMA pada touring kali ini bisa melaju hingga jarak kurang lebih 320 KM atau sama dengan perjalanan dari Jakarta menuju daerah Tegal.

    “Pastinya selama perjalan tersebut disertai dengan berbagai kondisi jalan, mulai dari jalanan macet di tengah perkotaan hingga jalan menanjak sehingga karakter berkendaranya Stop and Go atau seperti berkendara pada umumnya saja,” ungkapnya.

    Praktis Dipakai dan Nyaman untuk Jalan-jalan

    Dia mengatakan GEAR ULTIMA kembali membuktikan nilai fungsionalitasnya sebagai motor matik praktis yang cocok untuk harian maupun perjalanan jarak jauh. Rifki mengatakan hal itu terbukti dari seluruh keperluan barang para peserta touring dari masing-masing batch dapat ditunjang dengan baik.

    “Hal tersebut tentu saja didukung dengan segudang fitur utilitas motor ini yaitu bagasi luas 18,6 liter, kompartemen tambahan di dek depan, hingga handle belakang multiguna yang dapat dipasangkan Top Box atau ransel besar sebagai ruang tambahan untuk membawa barang. Perjalanan menjadi lebih fleksibel karena adanya power socket yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget sepanjang perjalanan atau keperluan lainnya,” jelasnya.

    Dia mengatakan kenyamanan yang dihadirkan motor tersebut juga tidak terlepas dari kekuatan kerangka bisa diajak untuk melewati berbagai medan jalan. Bahkan saat dikendarai, motor tersebut terasa stabil sehingga membuat nyaman.

    “Ketangguhan dan kekuatan rangka terbaru GEAR ULTIMA yang kokoh juga terbukti karena walaupun membawa banyak barang sambil melintasi rute menanjak serta tidak selalu mulus, motor ini dinilai tetap terasa stabil dan nyaman untuk melanjutkan perjalanan hingga ke Bali,” ungkapnya.

    Yamaha Gear Ultima Foto: Yamaha

    “Salah satu tim bahkan membuktikan langsung GEAR ULTIMA dengan membawa 2 karung sayur dan pengendara dengan total bobot kurang lebih 180 Kg lewat jalan menanjak dan bebatuan dan terbukti dapat dilaluinya tanpa kendala sedikitpun. Di samping itu, Yamaha juga memberikan Garansi Rangka, komponen FI, dan DiASil Cylinder C Forged Piston selama 5 tahun,” sambungnya.

    Kenyamanan berkendara makin bertambah berkat kehadiran jok dan dek kaki yang luas. Kehadiran jok dan dek tersebut membuat matic 125 cc ini mampu mengurangi rasa pegal saat berkendara jarak jauh.

    “Seperti salah satu peserta touring yang punya tinggi badan 185 cm dan berat sekitar 90 kg tetap terasa nyaman walaupun harus menempuh jarak rata-rata 135-150 km per hari,” ungkapnya.

    Selain jok dan dek kakinya yang luas, posisi berkendara dari GEAR ULTIMA juga didesain agar para pengendaranya dapat merasa nyaman saat diajak bermobilitas tinggi harian.

    “GEAR ULTIMA memang hadir untuk menjawab kebutuhan mobilitas pengendara masa kini yang semakin beragam. Khususnya bagi keluarga muda aktif yang masih memiliki jiwa eksploratif tinggi atau senang berpetualang di akhir pekan, namun juga membutuhkan kendaraan andal untuk aktivitas harian seperti ke kantor, antar anak sekolah, hingga belanja bulanan. Maka dari itu, skutik ini menjadi The Real Motor Tangguh yang siap menemani para pengendara baik mobilitas harian maupun jarak jauh bersama keluarga,” tutup Rifki Maulana.

    (akd/ega)

  • Warna-warni Baru Honda Scoopy

    Warna-warni Baru Honda Scoopy

    AHM memberikan dua pilihan tipe, yang terbagi dalam tiga varian, masing-masing mempunyai kombinasi warna baru. Pada varian Fashion, hadir empat pilihan warna yang membuat pengendaranya tampil beda. Fashion Black, Fashion Red, Fashion Cream dan Fashion Mint, memberikan nuansa lembut dan modern khas gaya urban masa kini. Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

  • Anti Hajar Lubang saat Touring Malam Hari, Lampu Tembak Jadi Solusi

    Anti Hajar Lubang saat Touring Malam Hari, Lampu Tembak Jadi Solusi

    Jakarta

    Khawatir motor menghajar lubang jalanan saat touring malam hari? Lampu tembak bisa menjadi solusinya. Lampu tambahan ini bisa membantu penerangan saat malam hari. Dengan watt yang besar, jalanan berlubang pun gampang kelihatan.

    Salah satu produk lampu tembak atau lampu tambahan yang ada di pasaran adalah produk terbaru yang dibuat oleh Osram dan Duromoto. Ada dua produk yang ditawarkan, CBI Racer Ultra dan CBI Racer Pro.

    Lampu tembak jadi solusi buat touring malam hari Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Lampu ini bisa menjadi solusi bagaimana kita bisa menambah penerangan, namun tanpa merusak fitur lampu standar bawaan motor. Kelebihan lampu eksternal ini, memiliki output cahaya seperti biled,” ungkap Head of AM AFTM Sales Asean ams Osram Group Steven Robertus ditemui detikOto di arena IMHAX 2025 Jakarta, Kamis (13/11/2025).

    Secara spesifikasi, CBI Racer Pro punya daya 30 watt dan memiliki ukuran lebih ringkas, ideal untuk pengguna motor yang menginginkan fleksibilitas lebih pada motor. Sedang untuk versi CBI Racer Ultra punya daya yang lebih besar 50 watt. Ini cocok buat yang menginginkan pencahayaan lebih terang lagi.

    “Lampu ini sudah kita tes selama kurang lebih satu tahun dan dipakai untuk kondisi jalanan dengan cuaca cukup ekstrem, istilahnya untuk lewat jalanan berlumpur, dan segala macam itu sudah kita tes. Termasuk juga saat kondisi jalanan gelap dan hujan,” sambung Steven.

    Soal harga, untuk model CBI Racer Pro harganya sekitar Rp 2.100.000 dan CBI Racer Ultra harganya Rp 3.250.000. Namun sebagai catatan, harga tersebut merupakan harga promo selama penyelenggaraan pameran IMHAX 2025, 12-16 November.

    (lua/din)

  • Cicilan Wuling Darion Harga Rp 350 Jutaan, per Bulan Bayar Segini

    Cicilan Wuling Darion Harga Rp 350 Jutaan, per Bulan Bayar Segini

    Jakarta

    Wuling Darion termurah bisa dimiliki mulai Rp 350 jutaan. Mau beli kredit pun bisa, berikut skema cicilannya tiap bulan.

    Wuling Darion hadir dalam versi listrik dan juga PHEV. Untuk varian termurahnya, hadir dalam versi EV. Darion termurah itu dibanderol Rp 356 juta. Tapi harga tersebut belum permanen, melainkan hanya untuk 1.500 konsumen pertama.

    Kalau kamu tertarik, opsi membelinya bisa juga dicicil. Besar cicilan akan bergantung dari uang muka dan juga tenor yang dipilih. Nah buat kamu yang mau meminang Wuling Darion termurah, berikut ini skema cicilannya tiap bulan. Sebagai catatan, pada skema berikut opsi yang dipilih adalah uang muka rendah sebesar 20 dan 30 persen.

    Skema Cicilan Wuling Darion Tipe Termurah

    Harga: Rp 356 juta
    DP 20 persen: Rp 71,2 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 105.086.608
    Cicilan per bulan: Rp 26,196 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 93.094.107
    Cicilan per bulan: Rp 14,192 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 89.206.253
    Cicilan per bulan: Rp 10,294 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 87.262.722
    Cicilan per bulan: Rp 8,341 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 86.198.516
    Cicilan per bulan: Rp 7,268 juta

    Harga: Rp 356 juta
    DP 30 persen: 106,8 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 137.142.608
    Cicilan per bulan: Rp 23,008 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 126.618.107
    Cicilan per bulan: Rp 12,472 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 123.206.253
    Cicilan per bulan: Rp 9,05 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 121.502.722
    Cicilan per bulan: Rp 7,337 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 120.569.516
    Cicilan per bulan: Rp 6,395 juta

    Spesifikasi Wuling Darion tipe Termurah

    Itu tadi skema cicilan Wuling Darion termurah. Untuk diketahui Darion termurah merupakan mobil listrik. Soal spesifikasi, Wuling Darion EV mengandalkan motor listrik bertenaga 150 kW (201 dk) dengan torsi 310 Nm, disalurkan ke roda depan melalui transmisi Single Reduction. Kapasitas baterainya 69,2 kWh Lithium Iron Phosphate memungkinkan jarak tempuh hingga 540 km (CLTC) dalam sekali pengisian.

    Sebagai varian terendah, fiturnya tak selengkap Darion EV versi termahal. Pada Darion termurah ini tak terawatt headlamp otomatis, sensor wiper, power tailgate, electric sunroof, dan wireless charger 50W. Airbagnya ada 4, kemudian sistem keamanannya terdapat Isofix di baris kedua dan ketiga, ABS+EBD with ESC, electric parking brake with auto-hold, hill hold control, pedestrian warning sound module, hingga tire pressure monitoring system. Tak ada pula ADAS yang tersemat pada Darion termurah ini.

    (dry/din)