Jenis Media: Otomotif

  • Begini Cara Mendapatkan Nomor Pembayaran Tilang Secara Online

    Begini Cara Mendapatkan Nomor Pembayaran Tilang Secara Online

    Jakarta

    Saat ditilang oleh polisi, baik secara langsung ataupun lewat tilang elektronik (ETLE), maka pengendara harus membayar denda. Setiap pengendara akan mendapatkan nomor pembayaran tilang agar bisa membayar denda sesuai ketentuan.

    Namun, sejumlah masyarakat ada yang belum tahu cara mendapatkan nomor pembayaran tilang. Padahal, cara mengetahuinya sangat mudah dan bisa diakses secara online.

    Lantas, bagaimana cara mendapatkan nomor pembayaran tilang secara online? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

    Cara Mendapatkan Nomor Pembayaran Tilang Secara Online

    Saat ini, detikers bisa membayar denda tilang manual ataupun tilang elektronik lewat transfer bank dengan cara memasukkan nomor pembayaran tilang.

    Nah, nomor tersebut bisa dicek secara online lewat situs e-tilang Kejaksaan. Selain itu, kamu juga bisa membayar denda tilang melalui situs tersebut. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

    Buka situs tilang.kejaksaan.go.id di browserDi halaman utama, masukkan nomor berkas tilang atau nomor blanko secara benarJika sudah, klik menu ‘CARI’ di layarSetelah itu akan muncul nominal denda yang perlu dibayarKini, tentukan tanggal pengambilan barang buktiSetelah itu, klik ‘Bayar’ dan pastikan kamu membayar denda sesuai jumlah yang ditetapkanKemudian akan muncul nomor pembayaran tilang secara otomatisJika sudah dibayar, klik ‘Konfirmasi pembayaran’ dan simpan bukti transaksinya.

    Sebagai pengingat, ketika muncul putusan denda dan nominal denda yang harus dibayar, pastikan nomor register dan nama pelanggar sudah sesuai.

    Cara Bayar Denda Tilang Lewat BRI Mobile

    Selain melalui situs e-tilang Kejaksaan, kamu juga bisa membayar denda tilang secara online melalui aplikasi BRI Mobile (BRImo) lewat menu BRI Virtual Account (BRIVA). Bagaimana cara bayarnya? Berikut langkah-langkahnya:

    Login aplikasi BRI Mobile (BRImo) di smartphonePilih Menu Mobile Banking BRI > Pembayaran > BRIVAMasukkan 15 angka Nomor Pembayaran TilangMasukkan nominal pembayaran sesuai jumlah denda yang harus dibayarkan. Transaksi akan ditolak jika pembayaran tidak sesuai dengan jumlah yang ditentukanMasukkan PIN dengan benarSimpan notifikasi SMS sebagai bukti pembayaranTunjukkan notifikasi SMS ke penindak untuk ditukarkan dengan barang bukti yang disita.Cara Bayar Denda Tilang Lewat ATM BRI

    Selain lewat BRImo, kamu bisa membayar denda tilang melalui ATM BRI. Simak cara bayarnya di bawah ini:

    Pergi ke ATM BRI terdekatMasukkan kartu debit BRI dan 6 digit PINPilih menu Transaksi Lain > Pembayaran > Lainnya > BRIVAMasukkan 15 angka Nomor Pembayaran TilangDi halaman konfirmasi, pastikan detail pembayaran sudah sesuai seperti Nomor BRIVA, Nama Pelanggar dan Jumlah PembayaranIkuti instruksi untuk menyelesaikan transaksiCopy struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah dan disimpanStruk ATM asli perlu diserahkan ke penindak untuk ditukarkan dengan barang bukti yang disita.

    Itu tadi cara mendapatkan nomor pembayaran tilang secara online. Semoga dapat membantu detikers.

    (ilf/fds)

  • Motor Listrik Alva N3 Meluncur di IMOS 2024, Harga Rp 18 Jutaan!

    Motor Listrik Alva N3 Meluncur di IMOS 2024, Harga Rp 18 Jutaan!

    Jakarta

    PT Electra Distribusi Indonesia (EDI) resmi meluncurkan Alva N3 di pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024. Motor listrik tersebut bermain di kelas entry level dengan harga yang sangat terjangkau!

    Alva N3 sebenarnya telah melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Namun, ketika itu, produsen hanya mengenalkan ke konsumen tanpa mengumumkan harga dan fitur lengkapnya. Kali ini, semua detailnya diungkap secara publik!

    Skema pembelian Alva N3 sangat unik dan berbeda dibandingkan motor-motor listrik pada umumnya. Sebab, tunggangan tersebut dibanderol Rp 18,5 juta dalam kondisi ‘kosongan’. Sementara baterainya dijual secara terpisah melalui skema kredit. Konsumen tinggal membayar Rp 200 ribuan sebulan selama tiga tahun.

    Ketika lunas, baterai tersebut akan menjadi hak milik konsumen. Namun, jika mau dibeli tunai juga bisa. Harganya Rp 10 juta untuk satu baterai dan Rp 17 juta untuk dua baterai.

    “Jadi, kalau baterainya mau dibeli tunai, tinggal ditotal saja. Misal satu baterai ditambah harga motor jadi Rp 28 jutaan,” ujar Krisna Murti selaku Chief Commercial Officer (CCO) Alva di ICE BSD Tangerang Selatan, Rabu (30/10).

    Alva N3 dibekali sejumlah fitur standard, mulai dari panel instrumen digital, boost charge untuk pengisian daya cepat, Alva Intelligent Charging System (AICS), bagasi dan kompartemen yang lega, port USB A dan C, konektivitas ponsel melalui Alva Apps, ‘tahan banjir’ dan masih banyak lagi.

    Pabrikan membekalinya dengan baterai ganda yang mampu membuat kendaraan menempuh jarak 140 km. Sementara kecepatan maksimumnya 80 km/jam.

    Motor listrik baru itu tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni krem, hitam dan putih. Pembelian unit sudah termasuk garansi tiga tahun dan layanan dukungan seperti customer service, roadside assistance serta Zuttoride.

    (sfn/dry)

  • Tambah Lagi Mobil China Rakit Mobil di Indonesia, Ini Modelnya

    Tambah Lagi Mobil China Rakit Mobil di Indonesia, Ini Modelnya

    Jakarta

    Tambah lagi satu merek China yang merakit mobil di Indonesia. Adalah Jetour yang kini merakit mobilnya di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor.

    Jetour mengikuti jejak pabrikan China lainnya untuk merakit mobil di dalam negeri. PT Jetour Motor Indonesia baru saja mengumumkan perakitan mobilnya di dalam negeri. Sebagai awalan, ada dua model mobil Jetour yang dirakit di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor. Perakitan dalam negeri ini bukti komitmen Jetour untuk menghadirkan kendaraan premium dan inovatif di pasar otomotif Indonesia.

    “Line-off ceremony ini merupakan wujud nyata dari komitmen Jetour untuk berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif di Indonesia, dengan menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kami yakin Jetour Dashing dan Jetour X70 Plus dapat diterima oleh masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Jetour Motor Indonesia Jacky Yang dalam siaran persnya.

    Sebelum melakukan perakitan, Jetour memang sudah mengenalkan dua produknya itu di Indonesia. Jetour Dashing dan X70 Plus diketahui telah melantai di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

    Jetour X70 PLUS dirancang untuk kenyamanan perjalanan keluarga, dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti Ultra Wide Panoramic Sunroof. Sementara Jetour Dashing tampil lebih sporty dengan cutting-edge design untuk generasi muda yang bersemangat akan petualangan dan pengalaman baru di setiap perjalanan. Jetour Dashing dibanderol Rp 389,8 juta dan Jetour X70 Plus Rp 414,8 juta. Nominal tersebut berstatus on the road Jakarta dan berlaku untuk periode prebooking Oktober-November 2024.

    Setiap pembelian Jetour Dashing dan X70 Plus, konsumen berhak mendapat garansi mesin hingga 10 tahun atau 1 juta km dan garansi kendaraan umum hingga 6 tahun tanpa batasan jarak.

    Sebagai catatan, Jetour Dashing dan X70 Plus sama-sama menggunakan mesin 1.5 Turbo 6DCT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156 PS dan torsi puncak 230 Nm. Jetour memulai ekspansi internasional sejak tahun 2019. Saat ini, Jetour telah mengekspor ke lebih dari 50 negara dan wilayah, termasuk Timur Tengah, Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Asia-Pasifik yang mencakup kendaraan lengkap, suku cadang, dan juga komponen.

    Pada saat yang sama, Jetour Auto bertujuan untuk mencapai target penjualan tahunan 1 juta unit pada tahun 2030 di 60 pasar di seluruh dunia.

    (dry/din)

  • Pindad Lagi Kembangkan Maung versi Listrik, Kecepatan 100 Km/Jam

    Pindad Lagi Kembangkan Maung versi Listrik, Kecepatan 100 Km/Jam

    Jakarta

    PT Pindad (Persero) tidak hanya menggarap Maung dengan mesin turbodiesel. Perusahaan pertahanan pelat merah itu juga sedang mengembangkan mobil listrik berbasis Maung.

    Belum lama ini, Pindad membawa Maung ke hadapan Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam kesempatan itu, Erick Thohir meminta Pindad mengembangkan mobil listrik.

    “Saya melihat bahwa produk-produk PT Pindad saat ini kelasnya sangat tinggi sekarang. Salah satunya Maung ini, kita dapat order hampir 4.000 unit untuk beberapa tahun ke depan. Saya juga menanyakan apakah Maung ini bisa menjadi kendaraan listrik? Ternyata memungkinkan, saat ini sedang dalam proses pengembangan dan saya yakin ke depan Pindad dapat terus meningkatkan kualitasnya,” kata Erick Thohir saat itu.

    Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengamini bahwa Pindad memang sedang mengembangkan mobil listrik Maung EV. Namun, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan kebutuhan Maung MV3 yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan.

    “Kami sedang mengembangkan Maung EV untuk pemenuhan kebutuhan kendaraan elektrik. Untuk saat ini kami sedang menyelesaikan kebutuhan Maung MV3 4×4 dari Kementerian Pertahanan,” sebut Abraham Mose.

    Beberapa waktu lalu, Pindad memamerkan prototipe mobil listrik dengan bentuk seperti Maung. Mobil listrik itu bernama Morino EV. Bentuknya identik dengan kendaraan taktis (rantis) Maung MV2.

    Mobil itu tampil kekar ala kendaraan taktis. Desainnya mengotak seperti mobil Maung versi mesin konvensional.

    Dikutip dari situs resmi Pindad, Morino EV adalah kendaraan taktis ringan roda 4 dengan tenaga elektrik. Mobil ini ditujukan untuk mendukung operasi dengan mobilitas tinggi.

    Menurut data spesifikasinya, Morino EV hadir dengan penggerak daya elektrik berdaya maksimal 160 HP atau 125 kW. Morino EV bisa dipacu dengan kecepatan aman hingga 100 km/jam.

    Prototipe mobil listrik yang dikembangkan Pindad ini memiliki baterai 92 V (150.000 mAh). Sekali cas sampai penuh, mobil ini bisa melaju hingga jarak 170 km.

    (rgr/dry)

  • Penampakan Mobil-mobil Disapu Banjir di Spanyol

    Penampakan Mobil-mobil Disapu Banjir di Spanyol

    Penampakan Mobil-mobil Disapu Banjir di Spanyol

  • Wamenperin Mau Beli Maung Pakai Duit Sendiri, Kalau Harganya Murah

    Wamenperin Mau Beli Maung Pakai Duit Sendiri, Kalau Harganya Murah

    Jakarta

    Maung buatan PT Pindad menjadi opsi sebagai mobil dinas. Arahan ini datang dari Presiden Prabowo Subianto yang meminta para menteri hingga pejabat eselon I. Terkait wacana itu, Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza mengungkap siap membeli Maung pakai dana pribadi.

    “Ya kalau sudah ada mobilnya kita pakai,” ujar Faisol Riza di ICE BSD Tangerang, Rabu (30/10/2024).

    “Kalau murah kita beli sendiri,” kata dia saat disinggung apakah bakal membeli Maung pakai dana APBN atau merogoh kocek pribadi.

    Sebelumnya, kabar Prabowo meminta penggunaan mobil lokal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu dalam acara Dies Natalis ke-15 & Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada 2024 yang dilihat virtual, Senin (28/10/2024).

    Prabowo kerap menggunakan mobil buatan PT Pindad MV3 Garuda Limousine. Prabowo juga meminta penggunaan mobil lokal ini ditiru pejabat menteri dan eselon I di Kabinet Merah Putih.

    “Minggu depan saya akan pakai mobilnya Maung itu, mobilnya Pindad karena Pak Prabowo sudah bilang minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon I sampai sama menteri, luar biasa,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu dalam acara Dies Natalis ke-15 & Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada 2024 yang dilihat virtual, Senin (28/10/2024).

    Menteri Sekretaris Negara (Menesneg) Prasetyo Hadi menjamin perintah Prabowo itu akan dilaksanakan.

    “Ya jadi, dong, semangatnya adalah kita harus punya mobil buatan sendiri,” kata Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/10/2024).

    Dalam perkembangannya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan klarifikasi terkait pernyataan Anggito tersebut. Melalui keterangan tertulisnya, Kemenkeu meluruskan bahwa pernyataan Anggoto bukan dalam rangka perencanaan, tapi untuk memberikan contoh penggunaan produk dalam negeri.

    Berikut klarifikasi lengkap dari Kemenkeu terkait pernyataan Anggito soal mobil Maung jadi mobil dinas menteri:

    Sehubungan dengan beredarnya berita terkait pernyataan Wakil Menteri Keuangan, Anggito Abimanyu, yang dikutip media massa mengenai penggunaan mobil dinas buatan dalam negeri (Maung), Kementerian Keuangan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

    1. Pernyataan tersebut disampaikan pada saat orasi ilmiah kegiatan internal dalam Dies Natalis ke-15 & Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada 2024 pada hari ini (Senin kemarin) (28/10);

    2. Pernyataan tersebut disampaikan bukan dalam rangka sebagai perencanaan, namun dalam rangka memberikan contoh penggunaan produksi dalam negeri sebagai semangat untuk memperkuat dan mendukung industri dalam negeri.

    Demikian disampaikan sebagai klarifikasi sesuai fakta yang ada agar masyarakat mengetahui konteks dari pernyataan Wakil Menteri Keuangan tersebut.

    Di lain pihak, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menyebut saat ini belum ada permintaan dari kementerian, selain dari Kemenhan.

    “Belum ada dari kementerian lain, kan baru dibicarakan di Magelang kemarin,” kata Abraham kepada detikOto, Senin (28/10/2024).

    “Yang memang sudah ada kontrak yang dengan Kemenhan, kurang lebih 4.000 unit dan sudah mulai di-delivery. Jenis Maung MV3,” jelas dia.

    (riar/dry)

  • Kolaborasi Toyota dan Universitas Indonesia Dorong Percepatan Transisi Energi

    Kolaborasi Toyota dan Universitas Indonesia Dorong Percepatan Transisi Energi

    Jakarta

    Toyota bekerja sama dengan Universitas Indonesia menggelar seminar nasional seri ke-7. Seminar nasional dalam rangka 100 tahun industri otomotif Indonesia mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060, mengangkat tema ‘Strategi Percepatan Transisi Energi: Pendekatan Quick Win sebagai Solusi Praktis dalam Mewujudkan Pencapaian Target NDC 2030’.

    Rangkaian seminar kali ini, menjadi kelanjutan dari seluruh rangkaian seminar nasional yang sudah diselenggarakan di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Udayana Bali, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, dan Universitas Gajah Mada (Yogyakarta).

    Dalam menghadapi tantangan global terkait perubahan iklim dan upaya untuk mengurangi emisi karbon sebanyak-banyaknya, transisi energi menjadi kunci menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Sinergi serta keterlibatan berbagai sektor dalam kolaborasi ‘Triple Heli’ antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif diharapkan dapat memainkan peran signifikan.

    Tujuannya, mendorong transisi melalui berbagai inisiatif yang mendukung penggunaan beragam energi dan teknologi buat mereduksi emisi, khususnya di sektor transportasi. Nyatanya, aktivitas dan inisiatif mereduksi emisi tidak akan mendisrupsi stabilitas ekonomi bahkan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

    “Aktivitas seminar nasional yang sudah berlangsung selama 7 series di berbagai universitas di Indonesia sejak tahun 2022 hingga saat ini, merupakan wujud nyata advokasi kepada publik. Khususnya, ditujukan bagi para generasi muda yang menjadi elemen penting pendukung ekosistem kehidupan lebih hijau, hingga pembangunan ekonomi nasional yang merata. Selain itu, aktivitas seminar nasional ini merupakan wadah diskusi komprehensif untuk membantu menyusun strategi maupun kebijakan akselerasi Indonesia, menuju era transisi energi di tahun 2030 nanti,” ujar Nandi Julyanto Presiden Direktur PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing) di Universitas Indonesia, Rabu (30/10/2024).

    Transisi energi dengan implementasi Energi Baru Terbarukan (EBT), memegang peranan penting buat menjaga ketersediaan energi dan lingkungan lebih hijau untuk generasi pada masa yang akan datang. Toyota Indonesia hadir dengan pendekatan multi-pathway, yaitu sinergi ragam teknologi kendaraan rendah emisi, termasuk elektrifikasi dengan pemanfaatan energi rendah emisi.

    “Sejumlah inisiatif memenuhi target reduksi emisi di tahun 2030, menjadi langkah awal atau steppingstone menuju tujuan yang lebih besar, di tahun 2060. Implementasi strategis sangat diperlukan untuk mempercepat transisi energi. Mengacu pada prinsip mengurangi emisi sebanyak-banyaknya dengan beragam teknologi, untuk memberikan hasil nyata dalam waktu singkat. Hal ini selaras dengan tema seminar kali ini, “Mempercepat Transisi Energi Menuju Quick Wins.” Implementasi green energi juga dapat direalisasikan sebagai aktivitas dekarbonisasi. Tidak hanya membantu pertumbuhan ekonomi, namun juga berkontribusi bagi kesejahteraan petani Indonesia melalui positive cycle yang terbentuk, yang bertujuan menciptakan keseimbangan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan di masa depan,” ujar Bob Azam selaku Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.

    Pada aktivitas seminar nasional UI, Toyota Indonesia juga memberikan kontribusi dengan tema green economy kepada perwakilan FEB UI untuk dukungan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat memperkuat relevansi akademis dan sosial perguruan tinggi. Dukungan yang diberikan akan digunakan untuk keperluan riset dan pengabdian masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan green economy.

    Seminar nasional dalam rangka 100 tahun industri otomotif Indonesia mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Strategi Multi Teknologi Percepat Transisi Energi

    TMMIN mengatakan, tidak ada satu solusi untuk menuju era transisi energi (No Single Solution) yaitu semua solusi dan teknologi memiliki perannya masing-masing, dan dapat memberikan kontribusi bagi penurunan emisi. Upaya untuk menekan emisi karbon sebagaimana ditetapkan pemerintah Indonesia, memerlukan transformasi industri maupun bisnisnya. Toyota Indonesia mengambil inisiatif untuk menyongsong era transisi energi untuk tercapainya target penurunan emisi karbon yang dicanangkan pemerintah, dengan memperkenalkan beragam model kendaraan yang dapat mengurangi emisi melalui strategi multi-pathway. Baik mobil konvensional hemat bahan bakar, kendaraan dengan bahan bakar biofuel termasuk bioethanol, serta kendaraan berteknologi elektrifikasi.

    Green energi seperti biofuel, ethanol, hydogren, serta optimalisasi EBT dalam proses manufaktur yang lebih ramah lingkungan, tidak hanya menekan emisi saja. Peningkatan penggunaan EBT pun membantu kesejahteraan para petani Indonesia. Tidak hanya menekan emisi, namun peningkatan penggunaan EBT juga akan membantu kesejahteraan para petani Indonesia.

    “Penggunaan EBT (Energi Baru dan Terbarukan) seperti bioenergi dapat membantu mengurangi ketergantungan konsumsi bahan bakar fosil di semua sektor terkait seperti pembangkit listrik, domestik, industri, dan sektor transportasi. Bioenergi termasuk bioethanol dan biofuel, memainkan peranan utama dalam mendukung Indonesia untuk menuju transisi energi serta mereduksi emisi,” tambah Nandi.

    Era elektrifikasi tidak boleh meninggalkan industri otomotif nasional yang selama ini telah berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia (No One Left Behind). Setiap teknologi memiliki perannya masing-masing. Semua harus dikembangkan untuk memenuhi tujuan nasional. Kombinasi kendaraan rendah emisi seperti LCGC dan flexy engine (bio diesel dan bio ethanol), HEV, PHEV, BEV, hingga FCEV.

    Hal ini juga selaras dengan visi ‘Beyond Zero’ yang menjadi pedoman Toyota mengimplementasikan seluruh upaya, menuju netralitas karbon dengan beragam solusi teknologi.

    Beyond Zero menandakan komitmen mengeksplorasi berbagai strategi dan solusi inovatif, demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Visi ini menjadi pedoman bagi Toyota, untuk dapat melakukan sejumlah upaya mencapai netralitas karbon, melalui produk, layanan, dan aktivitas operasional. Tidak hanya sekedar menghilangkan emisi, namun juga memberikan dampak keberlanjutan lingkungan dan ketahanan energi. Prinsip ini juga berdampak positif dalam menghasilkan ekonomi sirkuler, yang bertujuan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada, serta meminimalkan dampak lingkungan. Ekonomi sirkuler berfokus pada keberlanjutan dan efisiensi, berbeda dengan ekonomi linier yang cenderung menghasilkan, menggunakan, dan membuang.

    “Semua lapisan masyarakat terutama generasi muda dapat berkontribusi pada berbagai aktivitas pengurangan emisi. Berbagai pilihan teknologi kendaraan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan publik yang beragam, demi mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan multi-pathway atau rendah emisi yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Langkah strategis ini bertujuan agar Indonesia menjadi basis produksi dan hub ekspor bagi kendaraan berdaya saing tinggi, serta berperan penting untuk mengembangkan rantai pasok dan IKM lokal,” tutup Bob Azam.

    (lua/rgr)

  • Jorge Martin Bisa Kunci Gelar Juara Dunia di Malaysia, Asalkan…

    Jorge Martin Bisa Kunci Gelar Juara Dunia di Malaysia, Asalkan…

    Jakarta

    Jorge Martin bisa meraih titel juara dunia MotoGP 2024 dalam seri grand prix Malaysia jika memenuhi beberapa syarat. Apa saja?

    Seri ke-19 MotoGP 2024 berlanjut di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2024) siang WIB. MotoGP Malaysia menjadi salah satu dari dua balapan terakhir musim ini.

    Pebalap Pramac Racing Jorge Martin kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 453 poin. Dia unggul 17 poin dari Francesco Bagnaia di posisi kedua yang mengemas 436 poin.

    MotoGP Malaysia 2024 menjadi kesempatan pertama Jorge Martin mengunci gelar juara musim ini. Ada beberapa syarat supaya Martin bisa meraih titel juara dunia MotoGP pertama kalinya.

    Syarat mutlak

    Syarat mutlaknya, Jorge Martin harus meraih 21 poin lebih banyak dibandingkan Pecco Bagnaia di seri MotoGP Malaysia. Andai tercapai, Martin bakal punya jarak 38 poin atas Bagnaia, sebelum seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Saat ini Martin selisih 17 poin dari Bagnaia. Jika ditambah 21 poin lagi, Martin sudah membuat selisih 38 angka dari Bagnaia. Sedangkan syarat lain, Bagnaia tidak meraih poin sama sekali.

    Impian Martin bisa tercapai menjadi juara dunia jika Martin menang sprint dan full race, sedangkan Bagnaia cuma bisa mengemas 16 poin dari total balapan di Malaysia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Jorge Martin dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Jumlah poin maksimal yang bisa didapat, termasuk sprint race dan full race adalah 37 angka. Kondisi ini bisa terjadi jika Martin menang kedua balapan tersebut.

    Tentu untuk mendapatkan 21 angka lebih banyak dari Bagnaia, bukanlah pekerjaan mudah bagi Jorge Martin. Apalagi Bagnaia rajin masuk podium.

    Berikut ini beberapa skenario Martin Juara Dunia MotoGP 2024 di Malaysia, jika pebalap Spanyol itu menang mulus sprint dan full race:

    Martin menang sprint dan full race (+37 poin), Bagnaia gagal finis sprint dan full race (0 poin). Poin yang terkumpul: Martin (490 poin), Bagnaia (436 poin), selisih 54 poin.Martin menang sprint race dan full race (+37 poin), Bagnaia finis kedua sprint race (+9 poin), dan kesembilan full race (+7 poin). Poin yang terkumpul: Martin (490 poin) dan Bagnaia (452 poin), selisih poin: 38 poin.

    Bisakah Jorge Martin keluar sebagai juara dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang? Kita tunggu saja dalam balapan MotoGP Malaysia akhir pekan ini!

    (riar/rgr)

  • Jangan Ada Lagi Lampu Merah!

    Jangan Ada Lagi Lampu Merah!

    Jakarta

    Dharma Pongrekun menyebut lampu merah menjadi biang kemacetan di Jakarta. Untuk itu menurutnya lampu merah hingga separator jalan tak efektif mengurai kemacetan.

    Calon Gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun menyorot keberadaan lampu merah yang tersebar di banyak jalan Jakarta. Menurut Dharma, keberadaan lampu merah itu justru menjadi biang kerok kemacetan.

    Sebagai gantinya, kata Dharma, dia akan membangun underpass dan overpass di persimpangan yang selama ini menggunakan lampu merah.

    “Jadi, supaya menghindari adanya lampu merah di persimpangan-persimpangan jalan, sudah ada teknologi yang hanya dalam 7 hari overpass dan underpass itu akan terbangun,” ungkap Dharma dikutip detikNews.

    Menurutnya, lampu merah yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas itu tidak efektif. Diakui Dharma, pihaknya telah memetakan sejumlah persimpangan yang kerap dilanda macet gegara lampu merah. Nantinya lokasi tersebut akan dibangun overpass dan underpass.

    “(Titik prioritasnya) Di persimpangan-persimpangan jalan yang masih menggunakan lampu merah. Pokoknya titik macet sudah dipetakan. Jadi, harus diperbanyak. Jangan ada lagi lampu merah. Thamrin saja masih ada lampu merah,” lanjutnya lagi.

    Fungsi Lampu Merah

    Untuk diketahui, penggunaan lampu merah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 49 tahun 2014 tentang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Lampu merah disebut juga dengan APILL. Dijelaskan dalam aturan itu, APILL adalah perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat bunyi untuk mengatur lalu lintas orang dan/atau kendaraan di persimpangan atau pada ruas jalan.

    Khusus APILL tiga warna yang terdiri dari lampu merah, kuning, dan hijau dipergunakan untuk mengatur kendaraan. APILL tiga warna ini ditempatkan di pemisah lajur atau median menghadap arah lalu lintas kendaraan.

    Selain lampu merah, Dharma juga menyoroti adanya separator jalan yang juga berkontribusi terhadap kemacetan Jakarta. Menurutnya, baik separator maupun lampu merah lebih efektif bila diganti dengan overpass maupun underpass.

    “Karena nanti ada underpass-nya, ada overpass-nya. Dia akan lebih sirkulasinya akan jalan, kayak air,” tutup Dharma.

    (dry/rgr)

  • Yamaha Perkenalkan Grand Filano Baru dan Beragam Promo

    Yamaha Perkenalkan Grand Filano Baru dan Beragam Promo

    Jakarta

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) meramaikan lantai Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di ICE BSD Tangerang, Rabu (30/10/2024). Pabrikan berlambang garpu tala ini merilis Grand Filano dengan warna baru serta ragam promo khusus pembelian di IMOS 2024.

    “Hadir juga warna terbaru dari Classy line up Fazzio Hybrid dan Grand Filano Hybrid yang telah sukses menjadi trend setter bagi para pecinta skutik lifestyle,” kata Takaaki Hirama, Marketing Deputy Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat peluncuran di ICE BSD Tangerang, Rabu (30/10/2024).

    Dalam pameran IMOS 2024, muncul tampilan terbaru dari Grand Filano Hybrid, misalnya warna Magma Black seperti yang sudah ada di Yamaha Nmax. Selain itu, terdapat pembaharuan pada socket charger yang kini dilengkapi dengan port USB Type A.

    Pengunjung IMOS 2024 juga bisa melihat secara langsung sentuhan desain dari para pemenang kompetisi digital modifikasi Fazzio GGWP (Fazzio Gaya Gue Wow & Playful).

    Yamaha juga kembali menghadirkan jajaran EV dan smart mobility dengan display E01, NEO’s dan YPJ-MT Pro yang merupakan salah satu line up sepeda listrik dari Yamaha. Namun hanya sebatas dipajang, Yamaha sudah melakukan proof of concept(PoC) yang sudah dikirim ke prinsipal.

    Yamaha di IMOS 2024 Foto: Ridwan Arifin/detikcom

    Pada IMOS 2024, Yamaha menghadirkan tematik display untuk sport category dengan bLU cRU line up seperti, YZ 250, WR 155 dan R15. Yamaha turut juga menampilkan area untuk produk sport naked bike seperti XSR 155 dan MT-15. Serta special display replica dari Yamaha R3 yang jadi motor andalan juara dunia WSSP 300, Aldi Satya Mahendra.

    Yamaha di IMOS 2024 Foto: Ridwan Arifin/detikcom

    Kemudian area untuk kategori MAXi. Pada area ini juga akan ada special display untuk line up MAXi terbaru yaitu NMAX “TURBO” dan juga ragam pilihan warna terbaik pada NMAX NEO.

    Yamaha juga menawarkan promo penjualan khusus bagi pengunjung IMOS 2024 yang melakukan pembelian sepeda motor seperti potongan tenor dan angsuran.

    “50 pembeli pertama konsumen pembeli Fazzio Hybrid akan mendapatkan jaket eksklusif damn i love Indonesia,” ujar Manager Branding & Promotion PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Erica Puspasari.

    “Yamaha Gear 125 hadirkan campaign spesial khusus 40 pembeli pertama di IMOS itu berhak mendapatkan console box,” jelas dia lagi.

    Sebagai apresiasi kepada konsumen, Yamaha kembali mengadakan Program Miliarder 2025. Program ini memberikan kesempatan kepada setiap pembeli sepeda motor Yamaha untuk mendapatkan uang tunai 1 miliar rupiah tanpa dipotong pajak.

    Melalui program Miliarder Yamaha 2025, seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 Miliar. Untuk mengikutinya sangatlah mudah, dimana setiap konsumen yang membeli motor Yamaha periode 11 Oktober sampai dengan 30 Juni 2025 akan mendapatkan 1 nomor undian dan berlaku kelipatan. Maka semakin banyak nomor undian yang terdaftar kemungkinan menang akan semakin besar. Seluruh pengundian akan dilaksanakan di bulan Juli 2025.

    “Setiap bulan bagikan iphone gratis untuk konsumen beruntung, ada 100 phone yang sudah disiapkan,” kata dia.

    (riar/rgr)