Jenis Media: Otomotif

  • Alasan Mobil Hybrid Tetap Perlu Insentif dari Pemerintah, Meski Penjualannya Laris

    Alasan Mobil Hybrid Tetap Perlu Insentif dari Pemerintah, Meski Penjualannya Laris

    Depok

    Pada Agustus 2024 lalu pemerintah memutuskan tidak memberikan insentif kepada produk-produk mobil hybrid. Pemerintah berdalih, mobil hybrid sudah cukup laris tanpa adanya insentif. Berbeda dengan mobil listrik full baterai (BEV) yang harus disuntik insentif agar penjualannya laris. Nah, kendati penjualan mobil hybrid dianggap laris, menurut Toyota, mobil hybrid perlu mendapatkan insentif di masa depan. Ini alasannya.

    “(Mobil hybrid) itu laku karena dia tumbuh. Tapi apakah pertumbuhan itu sudah mencapai level ekonomisnya?” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam kepada wartawan di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (30/10/2024).

    Menurut Bob, mobil hybrid dikatakan sudah mencapai level ekonomis ketika produksinya sudah mencapai angka 100 ribu per tahun. Untuk mencapai angka tersebut, selain harus didukung insentif dari pemerintah, industri otomotif Indonesia juga harus membuat mobil hybrid yang harganya lebih terjangkau untuk segmen menengah ke bawah.

    “Jadi hybrid itu satu industri itu butuh volume sekitar 100 ribuan supaya ada investment. Kita belum sampai. Kita juga masih segmen yang middle-up, seperti Zenix itu kan. Kita belum sampai ke yang middle-low. Jadi melihat seperti itu sih kita merasa bahwa memang masih dibutuhkan (insentif) supaya masuk ke economic scale-nya,” sambung Bob.

    Lanjut Bob menambahkan ada beberapa part elektrifikasi yang sangat penting dibuat di dalam negeri, seperti baterai, VCU (vehicle control unit), motor, dan axle. “Ini adalah komponen-komponen pentingnya yang kita butuh economic scale untuk investasi baru,” jelas Bob.

    “Nah itu yang harus kita kejar. Jadi jangan sampai nanti (kita buat mobil) hybrid, tapi ekosistemnya ada di luar Indonesia. Jadi kita ingin ekosistemnya juga ada di Indonesia. Apalagi untuk segmen-segmen yang middle-low ya. Karena kan di Asia Tenggara ini Indonesia rajanya middle-low. Nah kalau middle-low ini bisa cepat masuk ke elektrifikasi, volume-nya kan lebih besar daripada middle-up kan,” kata Bob lagi.

    Bob pun meminta pemerintah supaya menolong industri otomotif yang sudah mapan di dalam negeri, dengan pekerja-pekerja Indonesia, memiliki orientasi ekspor, dan juga sudah memiliki ekosistem.

    “Kenapa sih nggak ditolong gitu ya kan? Yang ditolong bukan industrinya, tapi konsumennya. Jadi kalau pemerintah kasih insentif, yang dikasih insentif itu bukanlah industri.
    Melainkan konsumennya,” terang Bob.

    Bob optimis pemerintahan baru yang dipimpin Prabowo bakal lebih memperhatikan lagi mobil hybrid yang sudah diproduksi di dalam negeri. “Ya, kami (Toyota) optimis,” ujar Bob.

    (lua/rgr)

  • Banjir Bandang Landa Valencia, Mantan Pebalap MotoGP Terpaksa Tidur di Mobil

    Banjir Bandang Landa Valencia, Mantan Pebalap MotoGP Terpaksa Tidur di Mobil

    Jakarta

    Mantan rider MotoGP Tito Rabat terpaksa tidur di mobil saat banjir bandang melanda Valencia. Momen itu diunggah Rabat dalam akun media sosialnya.

    Valencia dilanda banjir bandang. Puluhan orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir bandang tersebut. Banjir bandang ini membuat sejumlah ruas jalan rusak dan membuat warga terjebak. Salah satunya dialami mantan rider MotoGP Tito Rabat.

    Rabat menghabiskan Selasa malam di dalam mobilnya akibat terjebak di jalan tol akibat banjir bandang tersebut. Rabat diketahui tengah berada di Cheste, Valencia, jelang seri pamungkas MotoGP yang digelar dua pekan lagi. Dilansir Crash, Rabat memperlihatkan potret kekacauan di jalanan Spanyol melalui akun media sosialnya.

    “Bangun tidur di A3 setelah terjebak hujan,” demikian unggahan Rabat dalam media sosial X pribadinya.

    A3 adalah jalanan yang menghubungkan Madrid ke Valencia. Jalan ini terputus total di beberapa bagian dan pemilik mobil diminta meninggalkan kendaraan mereka. Rabat menjadi satu dari banyak orang yang tak bisa pulang ke rumah karena buruknya cuaca tersebut, termasuk 100 orang yang berkemah di area aman di Sirkuit Ricardo Tomo.

    [Gambas:Twitter]

    Sementara itu Sirkuit Ricardo Tormo dijadwalkan untuk menggelar seri terakhir musim MotoGP 2024 pada 15-17 November. Ricardo Tormo pada hari Rabu mereka mengkonfirmasi bahwa mereka telah memulai pekerjaan untuk mengecek berbagai kerusakan yang terjadi.

    “Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa kondisi lintasan masih optimal, namun akses dan area parkir mengalami kerusakan parah dan membutuhkan ‘perbaikan segera’” demikian pernyataannya.

    MotoGP dalam pernyataan resmi juga menyampaikan dukungan bagi semua pihak yang terdampak dari banjir di Valencia. Sementara soal gelaran seri pamungkas tak dijelaskan lebih lanjut.

    “MotoGP sudah menghubungi sirkuit dan otoritas setempat untuk menawarkan dukungan dan bantuan untuk bekerja sama untuk memulihkan kondisi sesegera mungkin,” tulis MotoGP dalam keterangannya.

    (dry/rgr)

  • Terungkap! Ini Alasan Raffi Ahmad Beli Motor Listrik Rp 750 Juta

    Terungkap! Ini Alasan Raffi Ahmad Beli Motor Listrik Rp 750 Juta

    Jakarta

    Raffi Ahmad membeli motor listrik seharga Rp 750 juta di pameran IMOS 2024. Rupanya ini alasan Raffi rela merogoh Rp 750 juta demi motor listrik Hunter itu.

    Utusan Khusus Presiden untuk Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad, terlihat mampir di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024. Tak sekadar mampir, Raffi juga membeli motor listrik seharga Rp 750 juta garapan Hunter Motorcycle.

    Ada tiga alasan utama di balik presenter kondang itu rela merogoh duit ratusan juta demi motor listrik Hunter Davinci. Raffi menuturkan, motor listrik Hunter itu dibuat di Indonesia.

    “Kenapa aku beli pertama alasannya yang pertama jelas ini karena merek Indonesia, yang kedua karena ini dibuatnya di Indonesia, yang ketiga ini elektrik,” ungkap Raffi dalam laman Instagram pribadinya raffinagita1717.

    [Gambas:Instagram]

    Raffi menjelaskan bahwa motor listrik Hunter ini digarap oleh perusahaan yang didominasi orang-orang Indonesia. Suami Nagita Slavina itu juga mengungkap dia merupakan pembeli pertama motor listrik seharga Rp 750 juta tersebut.

    “Dan juga katanya ini 3 detik 100 km, kita support merek Indonesia apalagi ini dibuat di Indonesia. Ini Mr.Dev udah jadi WNI juga ternyata ya memang ini kan kolaborasi lah. Ada yang profesionalnya dari Swedia jadi ya ini kolaborasi nggak apa-apa,” lanjut Raffi.

    Motor listrik itu punya desain yang futuristis. Bahkan tidak lazim seperti motor kebanyakan. Di atas kertas motor ini bisa memuntahkan tenaga puncak 127 hp dan torsi 850 Nm. Kecepatan maksimalnya 200 km per jam. Jarak tempuhnya bisa sampai 400 kilometer (km). Davinci memiliki baterai berkapasitas 17.7 kWh, dengan pengisian arus DC nol hingga 100 persen cuma 30 menit.

    Motor ini punya lebih dari 200 sensor, yang memantau setiap fungsi sepeda termasuk lokasi, kondisi baterai, sudut kemiringan, kondisi jalan, performa suspensi, lokasi stasiun pengisian terdekat, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia juga beberapa fitur mode berkendara pada Hunter Davinci ini. Motor listrik Davinci juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, kontrol traksi, hingga hill start assist.

    Raffi memang diketahui memiliki hobi di dunia otomotif. Dia memiliki ragam model mobil dengan banderol fantastis seperti Rolls-Royce, Range Rover, hingga Lamborghini. Selain mobil, Raffi juga mengoleksi deretan motor seperti Vespa hingga Ducati.

    (dry/rgr)

  • BPKB Elektronik Masih Dikaji, Biaya Masih Sama

    BPKB Elektronik Masih Dikaji, Biaya Masih Sama

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas Polri mulai menguji coba Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BKPB) elektronik. Nantinya Korlantas akan melakukan evaluasi soal penerapan BPKB elektronik. Bila evaluasi selesai, BPKB elektronik diharapkan bisa diterapkan mulai tahun 2025.

    “Ya ini sedang kita kaji, evaluasi hasil uji coba, setelah ada hasil uji coba akan kita terapkan di seluruh Indonesia. Ini akan jadi pilihan, dari para yang mendaftar kendaraan dari BPKB elektronik atau BPKB konvensional,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan saat ditemui di arena Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 di ICE BSD Tangerang, Rabu (30/10/2024).

    Di dalam BPKB elektronik itu sudah terintegrasi dengan beberapa hal seperti histori kendaraan, data kendaraan, hingga bisa terkoneksi dengan NFC di smartphone.

    Soal biaya, saat ini penerbitan BPKB baru masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif PNBP yang Berlaku pada Polri. Namun untuk biaya kenaikan BPKB elektronik belum diungkap lebih lanjut. Yang jelas, dalam masa uji coba ini, masih berlaku tarif lama.

    “Belum, masih sama,” jelas Aan.

    Pengembangan dan uji coba BPKB elektronik ini memang gencar dilakukan Korlantas sejak tahun lalu. Bukan tanpa alasan, BPKB elektronik ini memiliki sejumlah keunggulan.

    Penerapan BPKB elektronik akan membuat proses mutasi kendaraan jadi lebih cepat. Bahkan diklaim prosesnya tak lebih dari satu hari. Seperti diketahui proses mutasi atau duplikasi BPKB hilang harus memakan waktu berbulan-bulan.

    Aan berharap jika hasil evaluasi sudah diselesaikan, penggunaan BPKB elektronik bisa digunakan mulai tahun depan.

    “Mudah-mudahan kalau hasil evaluasi kita bisa diterapkan, Insya Allah tahun depan bisa kita terapkan,” ujarnya lagi.

    (riar/dry)

  • Mobil Listrik yang Siap Dibawa Blusukan!

    Mobil Listrik yang Siap Dibawa Blusukan!

    Chery sah menjadi pabrikan pertama di skena otomotif Indonesia yang punya lini mobil listrik off-road. Namanya kini berubah dari Jaecoo J6 secara global, ke Chery iCar 03, dan kini resmi dijual dengan nama Chery J6.

    detikOto total sudah tiga kali ‘berkencan’ dengan mobil listrik berwujud boxy ini. Namun kali ini berbeda, kami ditantang untuk membawa Chery J6 off-road untuk melihat kemampuannya. Lantas seperti apa hasil tesnya? Simak di program Otobuzz kali ini!

  • Nggak Jadi iCar, Mobil Listrik Off-road Pertama di Indonesia Ini Dikasih Nama Chery J6

    Nggak Jadi iCar, Mobil Listrik Off-road Pertama di Indonesia Ini Dikasih Nama Chery J6

    Bogor

    PT Chery Sales Indonesia (PT CSI) sempat mengagetkan pasar mobil listrik Tanah Air dengan kehadiran iCar 03 di GIIAS 2024 silam. Namun kini, mobil listrik off-road pertama di Indonesia itu berganti nama menjadi Chery J6.

    Digantinya nama mobil listrik dengan desain ikonik ini bukan tanpa alasan. Menurut Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT CSI, hal itu dilakukan karena iCar merupakan merek yang dikhususkan untuk pasar domestik China.

    “Itu memang kalau iCar kan buat domestic market China, kalau keluar biasanya diboyong sama brand Jaecoo,” ujar Rifkie kepada awak media di ajang Chery J6 Media Test Drive di Bogor pada Rabu (30/10/24) ini.

    Di sisi lain, menggunakan sub merek Jaecoo untuk induk dari SUV listrik mereka ini juga tak bisa dilakukan sebab Jaecoo belum dibawa ke Indonesia. Itu sebabnya, nama yang dipakai oleh PT CSI untuk mobil ini adalah Chery J6.

    “Nah kita posisi juga di luar domestik China, kan. Dan harusnya kan dia biasanya pakai Jaecoo. Nah jadi kan kita belum ada Jaecoo, tapi kebutuhan untuk market-nya di Indonesia udah ada, opportunity-nya ada, nah untuk itu kita pasarin di Indonesia kita harus pakai brand Chery, makanya pakai Chery nama produknya J6,” ujar Rifkie.

    Perlu diketahui, pergerakan Chery di kancah otomotif dunia dipayungi oleh Chery Group. Perusahaan besar ini punya subsidiari yakni Chery International dan Chery Automobile. Seperti namanya, Chery International diplot untuk gerilya di pasar luar China.

    “Salah satunya itu, kita nggak bisa menggabungkan dua brand dalam satu produk. iCar ini kan brand. Jadi kalau ngomongin Chery Group di otomotif, dia ada dua, kan, Chery International sama Chery Automobile. Chery International itu membawa tiga brand, ada Chery, Jaecoo, sama Exceed yang flagship-nya,” ujar Rifkie.

    “Nah sedangkan Chery Automobile itu membawahi banyak brand, termasuk Jaguar Land Rover, Jetour, terus juga ada Karry, termasuk iCar gitu. Jadi (iCar) ini brand, nih. Jadi nggak bisa brand (Chery) sama brand (iCar disatukan), makanya kenapa kita pakai (Chery) J6,” tegasnya.

    Meski namanya berubah, Chery Sales Indonesia nyatanya tak banyak merevisi spesifikasi hingga desain dari mobil ini. Chery J6 tetaplah ikonik dan perkasa sebagai mobil listrik pertama di Indonesia yang siap dipakai off-road.

    Chery rencananya menjual J6 dalam dua tipe yakni dengan penggerak dua roda atau rear wheel drive (RWD) dan penggerak semua roda atau yang mereka sebut dengan IWD. Belum ada harga resmi dari mobil ini, namun akan diplot sekitar Rp 500-600 jutaan.

    (mhg/din)

  • Ramai-ramai Produsen Bikin Mobil Hybrid, Begini Respons Toyota

    Ramai-ramai Produsen Bikin Mobil Hybrid, Begini Respons Toyota

    Jakarta

    Mobil hybrid semakin menjamur di Indonesia. Bahkan merek-merek yang dulunya mulai berniaga di Indonesia dengan mobil listrik, kini juga ikutan melahirkan mobil hybrid, contohnya Hyundai yang baru merilis All New Santa Fe Hybrid. Bagaimana respons Toyota selaku merek Jepang yang mempopulerkan mobil hybrid di Indonesia?

    Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto menjelaskan, tidak masalah dengan semakin banyaknya mobil hybrid di pasar Indonesia. Menurut Nandi, mobil hybrid bisa menjadi opsi bagi konsumen yang menginginkan mobil ramah lingkungan, namun tidak ingin dibuat sulit dengan kekurangan-kekurangan seperti yang ada di mobil listrik full baterai (BEV).

    Toyota Innova Zenix Hybrid Foto: Dok. Moch Prima Fauzi/detikcom

    “Kalau menurut saya, customer itu maunya peace of mind. Kalau dia peace of mind-nya tidak mau mikir ganjil genap ya pilih listrik. Kalau peace of mind dia nggak mau ribet ngecas ya hybrid. Kalau cuma buat PP (pergi-pulang) dengan jarak tetap bisa juga pilih (mobil listrik) baterai,” ungkap Nandi di Universitas Indonesia, Depok (30/10/2024).

    Saat ini lini produk hybrid Toyota sangat lengkap. Di segmen SUV kompak ada Yaris Cross Hybrid, di segmen MPV ada Innova Zenix Hybrid, lantas di segmen SUV ada Corolla Cross Hybrid dan RAV4 PHEV, juga ada Alphard Hybrid dan Vellfire Hybrid di segmen MPV premium.

    Toyota Alphard Hybrid Foto: Grandyos Zafna

    Selain Toyota, kini Hyundai juga mulai bermain di segmen hybrid dengan memperkenalkan All New Santa Fe Hybrid belum lama ini. Sebelumnya merek dari Inggris, MG, juga memperkenalkan mobil hybrid terbarunya MG VS.

    Dengan makin banyaknya produsen bermain di segmen hybrid, apakah nantinya mobil hybrid bisa mendapatkan insentif dari pemerintah, sama seperti mobil listrik full baterai?

    “Waktu diskusi kemarin, konsep pemerintah yang masih menggunakan fuel tak dapat insentif. Tetapi kalau konsepnya nanti pengurangan emisi, hitungannya selama model itu bisa mengurangi emisi, maka bisa dapat insentif,” bilang Nandi.

    (lua/din)

  • Asyik! Bea Balik Nama Kendaraan Bekas di Jakarta Rp 0, Sudah Berlaku

    Asyik! Bea Balik Nama Kendaraan Bekas di Jakarta Rp 0, Sudah Berlaku

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai menerapkan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya (BBNKB II). Artinya, bea balik nama kendaraan bekas akan digratiskan. Ini sudah berlaku di Jakarta.

    Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024 tentang Insentif Pajak Daerah Berupa Pengenaan Sebesar 0% (nol Persen) untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya.

    Pada pasal 2 ayat (1) Pergub Nomor 41 Tahun 2024 disebutkan Gubernur memberikan insentif pajak daerah berupa pengenaan BBNKB untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan BBNKB. Pengenaan sebesar 0% (nol persen) tersebut diberikan secara jabatan tanpa permohonan wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

    Insentif Pajak Daerah berupa pembebasan BBNKB untuk kendaraan bekas ini diberikan sejauk mulai berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024. Peraturan ini sudah berlaku sejak 23 Oktober 2024.

    Insentif ini berlaku sampai dengan ketentuan BBNKB berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah diberlakukan pada tanggal 5 Januari 2025. Berdasarkan pada Perda No. 1 Tahun 2024, bea balik nama (BBN) kendaraan bekas akan dihapus tahun depan. Tertulis pada Pasal 10 ayat (1), objek BBNKB hanya kendaraan penyerahan pertama. Sedangkan penyerahan kendaraan bekas bukan termasuk objek BBN.

    Lebih lanjut, pada pasal 4 Pergub Nomor 41 Tahun 2024, Gubernur juga menghapuskan sanksi administrasi berupa bunga dan/atau denda yang terutang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan terhadap objek BBNKB, untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya yang menerima insentif pajak daerah berupa pengenaan sebesar 0% (nol persen). Artinya, keterlambatan balik nama akan dibebaskan dari sanksi administrasi.

    Penghapusan sanksi administrasi diberikan secara jabatan tanpa permohonan wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

    “Terhadap BBNKB untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya yang telah dibayarkan sebelum berlakunya Peraturan Gubernur ini, tidak dapat diajukan permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak daerah,” bunyi pasal 5 Pergub No. 41 Tahun 2024.

    [Gambas:Instagram]

    Namun, insentif ini hanya berupa pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) penyerahan kedua dan seterusnya atau kendaraan bekas dan pembebasan sanksi administrasi balik nama. Jika kendaraan bekas yang akan dibalik nama telah menunggak pajak maka harus tetap dibayarkan pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) dan dendanya.

    “Program pembebasan dan penghapusan sanksi administrasi BBNKB yaitu diberikan pembebasan pokok dan sanksi administrasi BBNKB. Untuk sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor tetap dibayarkan,” tulis akun Instagram Bapenda DKI Jakarta di kolom komentar.

    (rgr/din)

  • High MPV Lega, Nyaman, Efisien

    High MPV Lega, Nyaman, Efisien

    PLUSMINUSKESIMPULANWajah baru yang lebih mewah, kabin luas dan nyaman di semua baris, mesin baru yang lebih efisien.Kekedapan kabin harusnya bisa lebih baik, sistem pelipatan jok terasa kurang praktis.Nissan Serena e-POWER menawarkan banyak hal yang sulit ditolak. MPV yang solid, dengan efisiensi bahan bakar tinggi, fitur modern, dan kenyamanan optimal.

    Hadir dengan look & feel MPV premium, mesin irit, dan teknologi elektrifikasi yang berbeda, Nissan Serena e-POWER jadi pilihan Editors’ Choice detikoto.

    Nissan Serena kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan membawa inovasi terbaru, dengan kini disematkan teknologi e-POWER. Mesin hybrid besutan Nissan ini adalah opsi superior buat mereka yang mencari pengalaman berkendara mobil listrik dan ingin merdeka dari kekhawatiran jarak tempuh baterai BEV.

    Satu lagi, Serena e-POWER juga unggul dalam konsumsi bahan bakar — kalau kamu masih dalam kategori menimbang-timbang harga BBM berpeluang naik tahun depan.

    e-POWER: Mobil Bensin Rasa BEV, Bebas Ribet

    Teknologi e-POWER menjadi jantung dari Serena e-POWER. Mesin bensin 1.4L berperan sebagai generator listrik, mengisi baterai yang kemudian menggerakkan motor listrik untuk memutar roda. Sistem ini memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik murni dengan akselerasi instan dan hening, namun tanpa perlu khawatir mencari stasiun pengisian daya.

    Tak main-main, motor listrik pada mobil ini bertenaga 163 PS dan mesin bensinnya bertenaga 98 PS. Serena e-POWER menawarkan efisiensi bahan bakar yang mengesankan, mencapai 18,5 km/liter di perkotaan dan 20,3 km/liter di jalan tol.

    Mesin e-Power di All New Nissan Serena Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sederhananya, mobil ini adalah pilihan ideal bagi keluarga yang ingin mobil hemat bahan bakar tanpa mengorbankan performa.

    Mesin hybrid besutan Nissan ini adalah opsi superior buat mereka yang mencari pengalaman berkendara mobil listrik dan ingin merdeka dari kekhawatiran jarak tempuh baterai BEV.

    detikOto

    Keselamatan Jempolan, Fitur Teknologi Terdepan

    Nissan Serena e-POWER dilengkapi dengan rangkaian teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360, termasuk pengereman darurat otomatis, peringatan keluar jalur, pemantauan titik buta, dan kamera 360 derajat.

    Teknologi ProPILOT Park yang dimiliki mobil ini dapat membantu pengemudi melakukan parkir otomatis dengan mudah. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur e-Pedal Step yang memungkinkan pengendalian akselerasi dan deselerasi hanya dengan satu pedal, memberikan pengalaman berkendara yang lebih santai dan efisien.

    Nyaman-Lega, Nyaman-Lega, Nyaman-Lega

    Serena e-POWER memiliki kabin yang luas dan nyaman. Mobil ini memiliki banyak ruang untuk penumpang dan barang bawaan. Selain itu, mobil ini dapat menampung hingga 7 penumpang sehingga cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Tak hanya luas dan nyaman, desain interior dari mobil ini juga terkesan modern dan elegan.

    Dari hasil eksplorasi kami di semua baris, nyaman dan leganya Serena e-PoWER ini terasa sampai baris ketiga. Jadi, di manapun duduk, rasanya masih sama.

    Beralih ke fiturnya, terdapat berbagai fitur canggih di dalam mobil ini. Salah satunya adalah 12,3 inch Entertainment Display yang bisa terhubung dengan NissanConnect. Selain itu, terdapat juga fitur pendukung lainnya seperti USB-C Fast Charging Port dan Wireless Charger.

    Nissan Serena e-Power meluncur di GIIAS 2024 membawa banyak teknologi canggih. Foto: Lutfhi Andhika Anshori/detikOto

    Harga Bersaing

    Nissan Serena e-POWER hadir dalam dua varian yakni Highway Star Single Tone dengan harga Rp 635 Juta dan Highway Star Two Tone dengan harga Rp 639,5 Juta. Mobil ini sudah tersedia di seluruh dealer Nissan di Indonesia.

    Kesimpulan

    Nissan Serena e-POWER adalah pilihan menarik bagi keluarga modern yang mencari mobil MPV dengan efisiensi bahan bakar tinggi, fitur modern, dan kenyamanan optimal. Teknologi e-POWER memberikan pengalaman berkendara yang unik dan menyenangkan, sementara interior luas dan fitur-fitur canggih menjadikan Serena e-POWER sebagai teman perjalanan yang ideal bagi keluarga.

    Meskipun memiliki beberapa keterbatasan seperti tidak adanya opsi penggerak roda depan dan transmisi manual, serta kekedapan kabin yang kami rasa harusnya bisa lebih baik, Serena e-POWER tetap menjadi pilihan yang sangat layak dipertimbangkan bagi mereka yang menginginkan MPV nyaman dengan keunggulan efisiensi bahan bakar dan teknologi terkini.

  • Mitsubishi Resmikan Training Center Terbesar di ASEAN

    Mitsubishi Resmikan Training Center Terbesar di ASEAN

    Bekasi

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meresmikan Mitsubishi Motors Training Center terbesar di ASEAN yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas ini dihadirkan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di jaringan dealer Mitsubishi di Indonesia dan memastikan kualitas layanan yang kompetitif di industri otomotif.

    Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, menyampaikan bahwa training center ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk terus mendukung pelanggan di Indonesia.

    “Training Center baru ini merupakan salah satu pilar penting bagi nilai brand kami yakni Life’s Adventure, di mana kami ingin menjadi brand yang dapat diandalkan dan dapat mendukung setiap perjalanan dari konsumen kami di Indonesia dengan produk yang dapat diandalkan, layanan yang sesuai, dan juga pengalaman-pengalaman yang berkesan,” ujar Kurita saat peresmian Mitsubishi Motors Training Center di Cibitung, Bekasi, Rabu (30/10/2024).

    Kurita juga menambahkan bahwa fasilitas pelatihan ini akan memainkan peran penting dalam menghadapi tantangan industri otomotif di Indonesia yang semakin cepat berubah.

    “Sebagai Training Center Mitsubishi Motors terbesar di wilayah ASEAN, fasilitas ini akan memainkan peranan penting dalam memastikan kesiapan kami untuk menjaga brand tetap kompetitif dalam persaingan dan tantangan yang serba cepat di industri otomotif di Indonesia, juga sebagai Training Center global. Dalam perjalanan menuju eksistensi brand Mitsubishi Motors ke-55 tahun bersama Indonesia, investasi berharga ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk terus berkembang di Indonesia,” tambahnya.

    Pemilihan lokasi di Bekasi dipengaruhi oleh kontribusi besar wilayah Jabodetabek terhadap penjualan Mitsubishi secara nasional, yang mencapai 40% dari total penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan. Selain itu, pada tahun 2023 tercatat lebih dari 200.000 kendaraan Mitsubishi melakukan perawatan di berbagai dealer resmi di kawasan Jabodetabek. Hal tersebut menunjukkan kebutuhan akan layanan yang tinggi khususnya di wilayah ini.

    Mitsubishi Motors Training Center ini berdiri di atas lahan seluas 20.200 meter persegi dengan bangunan dua lantai seluas 8.895 meter persegi. Didesain dengan konsep modern yang sesuai dengan nilai dan semangat Mitsubishi, fasilitas ini menawarkan area pelatihan yang mencakup ruang kelas yang nyaman, area simulasi, serta lapangan uji kendaraan outdoor seluas 5.625 meter persegi.

    Fasilitas ini memberikan pelatihan teknis dan non-teknis mulai dari tingkat dasar hingga lanjut. Kurikulum pelatihan mencakup program seperti MSA (Mitsubishi Service Advisor), MSTEP (Mitsubishi Service Technician Education Program), dan M-BaP (Mitsubishi Body and Paint) Training, serta pelatihan untuk tenaga penjual, yang sesuai dengan standar Mitsubishi Motors Global Training Center.

    Dengan target kapasitas pelatihan mencapai 6.000 peserta per tahun, PT MMKSI berharap fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terlatih dan berkualitas di jaringan dealer Mitsubishi seluruh Indonesia.

    (rgr/dry)