Jenis Media: Otomotif

  • Inikah Motor Baru Honda yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Inikah Motor Baru Honda yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan produk baru di Indonesia pekan depan. Mari menerka-nerka, motor apa yang sebentar lagi akan mengaspal di Tanah Air tersebut?

    Kepastian PT AHM meluncurkan motor di Indonesia dibenarkan melalui undangan resmi yang masuk ke meja redaksi detikOto. Mereka, seperti biasa, hanya menyertakan tanggal dan lokasi peluncuran tanpa menulis model yang dikenalkan.

    “Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda, bersama ini kami mengundang bapak/ibu wartawan yang ditugaskan untuk hadir dalam sesi press conference yang digelar Selasa (5/11) di AHM Safety Riding and Training, Cikarang,” demikian bunyi undangan tersebut, dikutip Jumat (1/11).

    Motor baru Honda Foto: Pradita Utama

    AHM terlihat rajin meluncurkan produk baru sebelum pergantian tahun. Padahal, bulan lalu, mereka baru saja mengenalkan dua motor listrik anyarnya, yakni Honda ICON e: dan Honda CUV e:.

    Tak berselang lama, mereka memastikan akan menambah produk baru lagi. Meski tak disebutkan nama modelnya, namun sudah ada beberapa nama yang beredar di tengah publik.

    Pertama dan yang paling terkuat adalah Honda Scoopy baru. Skuter matik bertampang retro tersebut sudah empat tahun tak mendapat pembaruan besar. Bahkan, meski meleset, Honda Scoopy baru sempat digadang-gadang nongol di pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024.

    Honda Scoopy. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Selain Scoopy baru, muncul dugaan Genio generasi kedua yang akan mengaspal di Indonesia pekan depan. Motor tersebut juga tak pernah mendapat riasan total sejak pertama kali meluncur empat-lima tahun lalu.

    Bukan hanya Scoopy dan Genio baru, Honda PCX 160 baru juga berpeluang meluncur pekan depan. Skuter matik gambot tersebut kemungkinan akan mendapat penyempurnaan, baik dari segi tenaga maupun fitur, untuk menantang rival utamanya, Yamaha NMax ‘Turbo’.

    Lantas, apakah salah satu dari nama tersebut yang dimaksud AHM? Mari kita nantikan kabarnya pekan depan! Nah, sembari menunggu peluncuran motor, kalian bisa buka detikOto untuk memantau kelanjutan kabarnya.

    (sfn/din)

  • Pindad Maung Disebut Pakai Komponen Mercy, Mercedes-Benz Jawab Begini

    Pindad Maung Disebut Pakai Komponen Mercy, Mercedes-Benz Jawab Begini

    Jakarta

    Istana menyebut beberapa komponen Pindad Maung diambil dari beberapa produsen salah satunya Mercy. Begini kata Mercedes-Benz terkait hal itu.

    Mercedes-Benz buka suara soal pernyataan pihak Istana yang menyebut Pindad Maung menggunakan komponen dari produsen Jerman itu. Sebagai informasi, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) AM Putranto mengungkap Pindad Maung memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup tinggi.

    Kata Putranto, TKDN Pindad Maung itu sudah menyentuh 70 persen. Sementara itu, 30 persennya masih berasal dari banyak sumber seperti Mercedes-Benz dan juga merek Korea Selatan Ssangyong.

    “Itu mobil itu luar biasa. TKDN-nya sudah 70 persen. Kemudian untuk yang 30 persen dari Korea, Mercy, Ssangyong ya dari lantai dasar, mesin sama kerangka. Bagus itu mobil luar biasa. Dan sampeyan harus punya ya,” kata Putranto dikutip dari video 20detik.

    Namun menurut Sales and Marketing Director PT Inchape Indomobil Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, saat ini tidak ada kerjasama antara Mercedes-Benz Indonesia dengan Pindad.

    “Untuk saat ini baik Inchcape Indomobil Distribution Indonesia (IIDI) maupun Inchcape Indomobil Manufacturing Indonesia (IIMI) belum ada skema kerjasama dengan Pindad sehingga kami tidak bisa memberikan komentar lebih jauh perihal tersebut,” tegas Kariyanto saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (1/11/2024).

    Meski begitu, Kerry tak menutup kemungkinan adanya kerjasama antara Pindad langsung dengan prinsipal Mercedes-Benz di Jerman.

    “Namun jika kerjasama tersebut terjalin secara langsung antara Pindad dengan OEM kami di Germany maka bisa ditanyakan kepada pihak Pindad,” lanjut Kerry.

    Adapun kerjasama yang terjalin antara pihak Istana dan juga Mercedes-Benz berkaitan dengan mobil kepresidenan S 600 Guard. Untuk diketahui Mercedes-Benz S 600 Guard itu memang menjadi mobil kepresidenan sejak era kepemimpinan Presiden ke-7 Joko Widodo. Belakangan di era Presiden ke-8 Prabowo Subianto, mobil tersebut terlihat masih digunakan.

    Tampak Mercedes-Benz S 600 Guard itu tersemat pelat ‘Indonesia 1’. Bedanya, mobil itu terlihat menggunakan warna putih bukan warna hitam sebagaimana dulu digunakan Jokowi.

    (dry/din)

  • Tampilan Grand Filano yang Baru, Lebih Fresh!

    Tampilan Grand Filano yang Baru, Lebih Fresh!

    Tampilan Grand Filano yang Baru, Lebih Fresh!

  • Cerita Andrea Iannone Diminta Valentino Rossi Geber Motor MotoGP Lagi

    Cerita Andrea Iannone Diminta Valentino Rossi Geber Motor MotoGP Lagi

    Jakarta

    Andrea Iannone tak menolak saat diminta Valentino Rossi untuk menggantikan Fabio Diggia. Iannone bahkan sangat senang bisa kembali membalap di MotoGP lagi.

    Andrea Iannone kembali ke MotoGP. Kembalinya Iannone ke ajang balap motor kelas premier itu bukan sebagai pebalap utama, melainkan menggantikan Fabio Di Giannantonio di VR46 Racing Team. Ya, Fabio Diggia dipastikan absen di MotoGP Malaysia dan Valencia. Diggia akan menjalani operasi dislokasi bahu yang dialaminya pada MotoGP Austria Agustus 2024.

    Sebagai gantinya, bos VR46 Racing Team Valentino Rossi meminta Iannone untuk menggeber Ducati Desmosedici GP23. Iannone sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan The Doctor itu.

    “Sangat penting untuk berterima kasih ke Valentino, WRC Team, Ducati, karena tanpa mereka, saya mungkin tidak akan bisa membalap lagi di MotoGP. Jadi saya sangat senang,” kata Iannone dalam wawancara dengan MotoGP.

    Iannone menceritakan awal mula dia mendapat tawaran dari Rossi. Rossi katanya langsung menelepon Iannone. Namun karena Iannone sedang dalam penerbangan ponselnya mati. Setelah mendarat dan menyalakan ponsel, dia mendapat pesan dari Rossi.

    “Dia bilang, Andrea saya telepon kamu tapi teleponnya mati, telepon saya ya, ini pening. Saya jawab oke dan saya langsung meneleponnya,” cerita Iannone.

    “Saya bilang ‘oke, dimana kamu? dan dia jawab ‘saya menelepon kamu dua jam lalu’. Lalu saya bilang ‘saya sedang di pesawat dan baru mendarat di Jerez, memang tidak tahu ada seri terakhir Superbike?’ Dia bilang, ‘oke, oke tapi bagaimana baik jika kamu mengendarai motor kami di MotoGP untuk dua balapan terakhir’” sambung Iannone.

    “Saya berkata ‘oke,oke’ tanpa berpikir panjang, saya berkata ‘ya, ya, oke, sempurna’. Kami tidak berbicara tentang uang karena itu tidak penting, saya telah kehilangan begitu banyak dalam beberapa tahun ini sehingga itu bukan jadi masalah. Hasrat (membalap di MotoGP) itu tidak akan hilang seperti uang,” lanjutnya lagi.

    Sekadar informasi, Andrea Iannone sebelumnya dilarang membalap selama 4 tahun karena kasus penggunaan doping. Pada akhir 2019, Iannone yang kala itu membalap bersama Aprilia dinyatakan positif menggunakan Dostranolone dalam tes anti-doping saat Grand Prix Malaysia 2019.

    Iannone awalnya dilarang balapan oleh FIM selama 18 bulan. Namun Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengajukan banding atas keputusan ini, dan meminta pebalap berjuluk The Maniac itu disanksi empat tahun. Ianonne kemudian menjalani hukuman itu dan diberi kesempatan oleh Gigi Dall’Igna untuk membalap bagi tim satelit Ducati di WSBK pada musim 2024.

    (dry/din)

  • Peran Air Wiper Sepele tapi Penting

    Peran Air Wiper Sepele tapi Penting

    Jakarta

    Toyota Avanza yang ditumpangi kru TvOne ringsek diseruduk truk boks di Tol Pemalang-Batang KM 315+900, kemarin pagi. Satu sopir dan dua penumpang mobil Avanza berlogo TvOne itu tewas.

    Menurut salah satu korban luka, Felicia, mobil yang dia tumpangi itu sedang menempuh perjalanan dari Jakarta hendak menuju Lamongan, Jawa Timur. Di tengah perjalanan, sopir memutuskan berhenti di bahu jalan untuk membersihkan kaca depan yang buram.

    “Emang berhenti di bahu jalan, karena mau ngelap kacanya, kacanya itu buram, berdebu, dan air di wipernya nggak nyala, jadi harus manual (membersihkannya). Pas berhenti, pas sopirnya lagi nyiram nyiram, udah kejadian itu (tertabrak truk boks),” ujar Felicia dikutip detikJateng.

    Saat kejadian, Felicia mengaku mobil yang ditumpanginya itu tiba-tiba terdorong begitu hebat.

    “Aku nggak tahu awalnya itu (tertabrak) truk, aku baru tahu pas keluar. Iya aku di dalam (mobil), (duduk) di depan, di samping sopir,” imbuh dia.

    Belajar dari kecelakaan maut ini, pengemudi atau pemilik mobil tidak boleh menyepelekan peran penting air wiper. Air wiper pada mobil berfungsi untuk membersihkan kaca depan. Kaca depan yang jernih dan bersih dari kotoran atau debu berperan penting agar visibilitas pengemudi tetap terjaga.

    Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, fungsi dari air wiper yaitu menjadi alat pembersih kaca depan maupun belakang mobil agar pemandangan pengemudi jernih, tidak buram tertutup debu atau kotoran yang menempel.Sebuah kaca tanpa air wiper akan rentan kusam dan buram karena debu maupun kotoran, yang dapat menyebabkan visibilitas pengemudi terganggu hingga berakibat fatal.

    Menurut Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab air wiper pada mobil tidak aktif. Bisa jadi ada debu atau kotoran yang menumpuk, karenanya penting untuk mengecek dan membersihkan air wiper serta komponennya mulai dari selang, tangki, hingga motor, untuk menghindari penumpukan debu maupun kotoran.

    Kemungkinan lain, air pada tabung reservoir habis. Makanya, sebelum melakukan perjalanan pengemudi diminta untuk mengecek semua kondisi mobil terutama air wiper.

    Penyebab air wiper mobil macet juga bisa dipicu oleh kondisi motor yang telah aus atau mati, sehingga air pada wiper pun tidak akan keluar.Atau, bisa jadi selang wiper bermasalah. Selang bisa terlepas dari tempatnya, memiliki endapan kotoran, hingga mengalami kebocoran.

    Selain itu, penyebab air wiper mati bisa karena sistem kelistrikan mobil bermasalah. Motor penggerak jadi komponen wiper yang terdampak, sebab tidak bisa memompa air ketika suplai arus listriknya kecil dan tidak cukup.

    Selanjutnya, wiper juga bisa macet akibat switch wiper atau tombol operasi wiper pada kemudi mengalami kerusakan.Switch wiper dapat rusak karena tegangan listrik yang diterima terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi karena korsleting pada mobil.

    (rgr/din)

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Rp 0 Berlaku Sekarang dan Seterusnya

    Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Rp 0 Berlaku Sekarang dan Seterusnya

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membebaskan bea balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya (BBNKB II). Artinya, bea balik nama kendaraan bekas kini sudah Rp 0. Sampai kapan berlakunya?

    Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024 tentang Insentif Pajak Daerah Berupa Pengenaan Sebesar 0% (nol Persen) untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya.

    Pada pasal 2 ayat (1) Pergub Nomor 41 Tahun 2024 disebutkan Gubernur memberikan insentif pajak daerah berupa pengenaan BBNKB untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan BBNKB. Pengenaan sebesar 0% (nol persen) tersebut diberikan secara jabatan tanpa permohonan wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

    Insentif Pajak Daerah berupa pembebasan BBNKB untuk kendaraan bekas ini diberikan sejauk mulai berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024. Peraturan ini sudah berlaku sejak 23 Oktober 2024.

    “Untuk PERGUB 41/2024, betul untuk BBNKB penyerahan kedua dan seterusnya sudah 0, berlaku sampai dengan ketentuan Perda 1 tahun 2024 yaitu tanggal 5 Januari 2025,” kata Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu kepada detikOto, Kamis (31/10/2024).

    Setelah 5 Januari 2024, ketentuan soal BBNKB kendaraan bekas itu akan mengacu kepada Perda No. 1 Tahun 2024. Berdasarkan Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2024, bea balik nama (BBN) kendaraan bekas akan dihapus tahun depan. Tertulis pada Pasal 10 ayat (1), objek BBNKB hanya kendaraan penyerahan pertama. Sedangkan penyerahan kendaraan bekas bukan termasuk objek BBN.

    Artinya, kini balik nama kendaraan bekas tidak dikenakan BBN lagi. Kebijakan itu sudah berlaku sekarang dan seterusnya.

    “Untuk saat ini (BBNKB kendaraan bekas Rp 0) juga sudah berlaku karena ada Pergub 41 tersebut. Setelah itu Pergub 41 Tahun 2024 akan digantikan ketentuan dari Perda 1 Tahun 2024,” ucap Ayu.

    “Pergub 41 (berlaku) saat ini sampai dengan 5 Januari 2025. Perda 1 (berlaku) 5 Januari 2025 sampai seterusnya,” katanya.

    (rgr/din)

  • Bagnaia Tetap Ilmu Padi Jelang MotoGP Malaysia 2024

    Bagnaia Tetap Ilmu Padi Jelang MotoGP Malaysia 2024

    Jakarta

    Francesco Bagnaia tetap membumi menjelang MotoGP Malaysia 2024 akhir pekan ini. Bagnaia sedang dalam optimisme tinggi lantaran berhasil menjuarai MotoGP Thailand 2024. Perjuangan Bagnaia mempertahankan gelar juara dunia masih cukup berat karena dia berjarak 17 poin dari Jorge Martin di puncak klasemen.

    “Saya belum pernah menang balapan di kondisi basah dan inilah mengapa kemenangan pada hari Minggu (di Thailand) sangat penting mengingat akhir pekan berikutnya di Sepang cuacanya tidak menentu,” ungkap Bagnaia dikutip dari Motosan.

    “Ini adalah trek di mana dalam beberapa tahun terakhir saya sangat cepat, namun rival kami juga akan kompetitif. Sekarang penting buat tetap fokus dan memberikan hasil maksimal di setiap sesi,” sambung pebalap Ducati Lenovo.

    Tahun lalu Bagnaia berhasil mengamankan podium ketiga di Sirkuit Sepang, Malaysia. Hasil tersebut menjadi kunci kesuksesan Bagnaia dalam mempertahankan gelar juara dunia. Namun tahun ini situasinya bakal lebih sulit dan menantang lantaran Bagnaia terpaut 17 poin dari Martin.

    “Kami meninggalkan GP Thailand. Sekarang kami harus fokus. Akhir pekan ini kami balapan di Sepang, trek di mana saya memiliki kenangan indah, belum lagi kemenangan tahun lalu. Setiap musim berbeda, jadi kami harus tetap membumi dan selalu memberikan 100%,” kata anak didik Valentino Rossi itu.

    Sekadar informasi, perebutan gelar juara MotoGP 2024 menyisakan Martin dan Bagnaia. Memimpin puncak klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin, Martin bisa saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Sepang.

    Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Bagnaia di Malaysia. Bila itu terjadi, Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Martin bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Sebab, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 dengan pebalap tersebut memenangkan sprint race dan main race.

    (lua/dry)

  • Mobil-mobil Ringsek Tersapu Banjir Penuhi Jalanan di Spanyol

    Mobil-mobil Ringsek Tersapu Banjir Penuhi Jalanan di Spanyol

    Mobil-mobil Ringsek Tersapu Banjir Penuhi Jalanan di Spanyol

  • Citroen Siap Ngegas, Indonesia Jadi Pasar Penting

    Citroen Siap Ngegas, Indonesia Jadi Pasar Penting

    Jakarta

    Produsen mobil asal Perancis Citroen menyadari ketatnya persaingan industri otomotif di Indonesia. Kendati demikian, Citroen sudah siap bersaing dengan semua produsen otomotif yang menginjakkan kaki di Indonesia.

    “Citroen I’s Back,” pernyataan singkat Citroen Brand CEO, Thierry Kokas pada ajang Paris Motor Show 2024 kemarin.

    Kokas menjelaskan comeback-nya Citroen tidak hanya berlaku pada persaingan pasar Eropa, karena produsen mobil dengan logo yang terinspirasi produk sistem roda gigi ‘herringbone’ ini juga berniat untuk menguasai pasar Asia, Amerika Latin dan India.

    “Citroën It’s Back, jelas difokuskan pada pasar Eropa, karena di Eropa Citroën terus-menerus kehilangan pangsa pasar, dan sekarang kami kembali dengan jajaran produk yang sepenuhnya baru, dan kami sangat senang dengan itu,” ucap Kokas saat interview.

    “Strategi Citroën tahap kedua adalah ekspansi di luar Eropa, karena saya tidak ingin hanya dilihat sebagai merek Eropa atau apa pun, dan ada peluang besar. Dua area utama tempat kami ingin tumbuh adalah India dan Asia, itu yang pertama, lalu Amerika Latin. Itulah dua area tempat saya pikir merek ini memiliki banyak potensi untuk tumbuh. Jelas, di Asia, kami memiliki India dan Indonesia. Ini adalah dua negara penting bagi kami, dan di Amerika Latin, terutama di Brasil dan Argentina. Saya tidak ingin melipat gandakan jumlah negara tempat kami seharusnya berada. Saya tidak ingin memasang bendera di banyak negara seperti, saya di sini, saya di sini, saya di sini, atau saya di sini. Saya tidak tertarik dengan itu,” Kokas menegaskan.

    Illustrasi Citroen Ami di Paris Motor Show 2024 Foto: M Luthfi Andika/detikOto

    Namun Kokas menegaskan Citroen akan lebih serius menggarap pasar, yang sudah lebih dulu digarapnya.

    “Yang saya inginkan adalah melakukan hal-hal yang sedang kita lakukan saat ini dengan baik, karena setiap kali Anda memasuki pasar baru, itu jelas rumit dan membutuhkan banyak usaha. Jadi, ketika Anda memasuki pasar, kita juga perlu mengatakan, kita memasuki pasar karena kita ingin bertahan di pasar ini dan kita ingin hadir dalam strategi jangka panjang dan seterusnya. Dan inilah mengapa saya juga mempertimbangkan, untuk keluar dari beberapa pasar jika saya tidak memiliki kegiatan apa pun di beberapa pasar,” kata Kokas.

    “Tetapi bagi saya, pilar utamanya adalah India dan Indonesia, tentu saja, di Asia, lalu Brasil dan Argentina di Amerika Latin. Jadi, ini adalah bagian dari ekspansi kami. Saya sudah mengungkapkan bahwa saya ingin 30% dari penjualan kami dilakukan di luar Eropa,” tutup Kokas.

    (lth/dry)

  • Tanpa Produk Baru, Suzuki Tebar Diskon Motor sampai Rp 8 Juta!

    Tanpa Produk Baru, Suzuki Tebar Diskon Motor sampai Rp 8 Juta!

    Jakarta

    Suzuki ikut meramaikan pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 dengan membawa delapan model andalannya. Suzuki tidak menghadirkan produk anyar, namun tersaji diskon hingga Rp 8 juta.

    Deretan sepeda motor Suzuki dipajang antara lain: V-Strom 250SX, Burgman Street 125EX, Gixxer SF250, GSX-R150, Satria F150, Address, Nex II, hingga Nex II Crossover.

    Suzuki menyebut Burgman Street 125EX telah berhasil menempatkan 34% dari total penjualan motor Suzuki Indonesia, setelah satu tahun mengaspal.

    Mendampingi pencapaian tersebut, Satria F150 masih menunjukkan keberhasilannya dengan mempertahankan wholesales tertinggi kedua sepanjang Januari hingga September 2024 dengan kontribusi sebesar 30 persen.

    “Saat ini, kami fokus pada penjualan model yang telah ada dan memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan baru agar bisa lebih mudah memiliki sepeda motor sekaligus segera membuktikan kepuasan mengendarai produk Suzuki setiap hari. Dengan keberadaan program itu, sangat disarankan kepada pengunjung IMOS 2024 untuk hadir ke booth Suzuki serta tidak melewatkan kesempatan baik tersebut,”kata Shigemori Keisuke, General Manager 2W Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

    Suzuki Indonesia bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan untuk menawarkan paket kredit menarik. Setiap paket telah mencakup potongan uang muka, skema cicilan ringan dan hadiah spesial bagi calon konsumen yang bertransaksi ke booth selama periode IMOS 2024 berlangsung.

    Imanuel Nanang Nugroho, Area Sales and Marketing 2W PT SIS menjelaskan lebih lanjut terkait ragam promo di ajang IMOS 2024.

    “Promo tanda jadi untuk motor CBU 200 ribu, untuk motor CKD 100 ribu. Terus untuk program motor matic khusus next cross dan Burgman ada potongan angsuran 4 kali,” kata Nanang.

    “Terus kita juga ada potongan harga khusus untuk cicilan 1 tahun, khusus untuk motor V-Strom, Burgman, sama Gixxer,” tambah dia lagi.

    Dia melanjutkan potongan harga Rp 8 juta tersedia untuk model tertentu. Berikut ini rangkumannya.

    Gixxer: Diskon Rp 8 jutaV-Strom: Diskon Rp 5 jutaNext: Diskon Rp 1 jutaBurgman: Diskon Rp 1 jutaGSX: Rp 2 juta – Rp 3 juta.

    “Berlaku (tunai dan kredit) kita konsentrasinya di cash. Kalau yang di kredit nanti akan dibicarakan barang leasing biasanya, karena beda-beda kan,” kata Nanang lagi.

    (riar/dry)