Jenis Media: Otomotif

  • Indonesia Jadi Basis Produksi Chery di Asia Tenggara

    Indonesia Jadi Basis Produksi Chery di Asia Tenggara

    Jakarta

    Produsen mobil asal China, Chery, menjadikan Indonesia sebagai negara basis produksi mobil Chery di kawasan Asia Tenggara. Terbaru, Chery Indonesia baru saja mengirim sebanyak 120 unit Omoda 5 untuk pasar Vietnam.

    “Ekspor perdana Chery Omoda 5 ke Vietnam merupakan momen bersejarah bagi Chery Motor Indonesia. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus berkembang dan memperluas pasar. Kami optimis bahwa Chery Omoda 5 akan mendapatkan sambutan yang hangat di pasar Vietnam, seperti halnya di Indonesia. Chery Indonesia akan jadi produsen mobil dengan pertumbuhan ekspor tercepat,” ujar Executive Vice President of Chery International Chen Chunqing, di Cikarang Dry Port, Jumat (1/11/2024).

    Setelah Vietnam, Chen menjelaskan akan ada lagi negara lain yang dituju. Saat ini, PT Chery Motor Indonesia telah siap melakukan perakitan untuk kebutuhan market dalam negeri juga ekspor ke negara tetangga.

    Chery Indonesia ekspor perdana 120 unit Omoda 5 ke Vietnam Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Bersamaan dengan mulainya ekspor ke Vietnam, kami terus melakukan evaluasi dan melakukan persiapan secara internal. Hal ini guna mempersiapkan ekspor untuk model-model lainnya yang diproduksi di Indonesia agar dapat berkontribusi mendukung perkembangan industri otomotif negara lain,” ucapnya lagi.

    Chen mengatakan, Indonesia menjadi basis produksi penting di Asia Tenggara bagi Chery dan akan memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Tidak hanya itu, faktor kualitas pun menjadi salah satu hal yang dilihat, sebab Chery Motor Indonesia berkomitmen untuk memastikan kualitas produksi.

    Sebagai informasi, Chery Omoda 5 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2023 dan berhasil memikat hati konsumen dengan desain futuristis, performa tangguh, dan fitur-fitur canggih. Sistem keamanan Chery Omoda 5 yang lengkap dengan 12 ADAS juga telah mendapat pengakuan bintang lima dari Australasian NCAP (ANCAP). Di Indonesia, Omoda Series sejak pertama kali diluncurkan hingga kini telah terjual lebih dari 8.000 unit.

    Komitmen Chery Motor Indonesia untuk Pasar Global

    Ekspor Chery Omoda 5 ke Vietnam adalah langkah awal dari rencana ekspansi Chery Motor Indonesia ke pasar global. Selain melakukan kegiatan Completely Knocked Down (CKD) di Indonesia, Chery Motor Indonesia juga berkomitmen untuk mengekspor produk-produk terbaiknya ke berbagai negara di dunia.

    “Kami percaya bahwa produk-produk Chery memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global. Dengan kualitas dan teknologi yang terus ditingkatkan, kami yakin dapat memenuhi ekspektasi konsumen di berbagai negara,” tambah Chen.

    Sejak pertama kali Chery Motor Indonesia berdiri pada 2022, kini sudah terdapat 67 jaringan dealer di seluruh Indonesia. Pendekatan dealer kepada pasar otomotif Indonesia selalu mendapatkan respons yang positif, baik untuk model Tiggo series maupun Omoda series.

    “Penerimaan yang positif di Indonesia juga merupakan gambaran penerimaan di pasar global. Chery berhasil masuk Fortune 500 dengan peringkat ke-385 dan menduduki peringkat nomor satu untuk ekspor mobil penumpang asal China selama 21 tahun berturut-turut,” tutup Chen.

    (lua/rgr)

  • Dari Kapal Apollo sampai Konsep Elegan, Ini Inspirasi Pemenang Desain Fazzio GGWP

    Dari Kapal Apollo sampai Konsep Elegan, Ini Inspirasi Pemenang Desain Fazzio GGWP

    Jakarta

    Yamaha menghadirkan ajang modifikasi Fazzio GGWP (Gaya Gue Wow and Playful). Beberapa desain yang jadi pemenang diwujudkan dalam bentuk nyata yang sedang dipamerkan dalam ajang Indonesia Motorcycle Show 2024.

    Kategori modifikasi online pada Fazzio GGWP ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu Future Wave, Playful Twist serta Simple & Elegant.

    Para pemenang dari setiap kategori berhak mendapatkan berbagai hadiah menarik dengan total ratusan juta rupiah. Adapun pemenang juara 1 mendapatkan motor Yamaha Fazzio Hybrid hasil desain juara, merchandise & sertifikat.

    Fazzio GGWP sudah berlangsung serentak secara nasional mulai dari 20 Agustus-30 September 2024 yang lalu. Selama periode tersebut, Fazzio GGWP berhasil menjaring ratusan desain yang menampilkan berbagai macam konsep yang menarik.

    Salah satu jurinya adalah Fivust Agriwastora atau yang akrab dikenal Fivust. Seniman visual sekaligus desainer ini kerap memadukan gaya khasnya berupa warna dan suasana yang eksplosif.

    “Kita menilai berdasarkan beberapa aspek, ada kreativitas, originalitas. Dari beberapa aspek itu kita kasih range dari satu sampai 100, beberapa tema ada yang susah banget milihnya, karena desainnya mirip-mirip dan bagus semua,” kata Fivust kepada detikOto di ICE BSD Tangerang, Jumat (1/11/2024).

    Dari ratusan desain yang masuk, lalu memilih desain terbaik berdasarkan ketersesuaian dengan masing-masing konsep. Ratusan desain yang masuk ini difilter secara mendalam dengan melibatkan banyak pihak terkait.

    “Untungnya ada juri lain, jadi kita kolaborasi buat nilai. Jadinya pasti yang bikin beda, di situ,” tambah dia.

    Desain dari para juara setiap kategori lalu diwujudkan dalam bentuk real dan sedang ditampilkan pada gelaran IMOS 2024.

    Pertama, kategori tema Future Wave. Pemenangnya adalah Tubagus Rohmatullah.

    Dia membuat kelir yang menyerupai pesawat luar angkasa. Anak muda asal Jakarta ini mengombinasikan desain Fazzio Hybrid yang simple dan stylish menjadi lebih futuristik.

    Yamaha Fazzio dengan tema Future Wave Foto: Ridwan Arifin

    Dengan tarikan garis yang tegas dan sedikit aksen orange seperti warna pada launcher pesawat luar angkasa, modifikasi ini mampu menampilkan kesan yang futuristik. Serta hadirnya Hook Carabiner dengan CNC metal technology yang kuat, semakin menambah kesan canggih dan modern.

    “Ambil arah desainnya ke kapal Apollo NASA,” kata Bagus.

    “Ini sebenarnya ngambil futuristis, seperti di cyberpunk,” jelasnya lagi.

    “Sebetulnya dari segi body-nya paling enak dibentuk. Maksudnya banyak hal-hal bisa dieksplor, sisi depan, belakang banyak lekukan. Sebenarnya masih banyak yang bisa dimainkan,” kata dia.

    Yamaha Fazzio Playful Twist Foto: Ridwan Arifin

    Kategori kedua Playful Twist, pemenangnya adalah Kurnia Afdillah. Dia menghadirkan tampilan Fazzio Hybrid yang out of the box dengan sentuhan imajinasi warna kosmik tanpa batas, tetapi tetap dengan harmoni warna yang elegan dan matching.

    Yamaha Fazzio Simple and Elegant Foto: Ridwan Arifin

    Apalagi ditambah dengan hadirnya Headlight, Tail Light & Flassher Cover custom berkelir ungu yang dimodifikasi dari aksesoris resmi Yamaha.

    Kategori ketiga, simple and elegant yang dimenangkan oleh Irfan Thariq dalam balutan dominasi warna coklat. Desainnya memunculkan kesan seamless, sederhana tapi tetap elegant. Dia memberikan nama modifikasinya itu dengan jargon Noble Voyager.

    “Elegannya ngambil warna emas, kalau permainan garisnya buat ngambil simple-nya, mengikuti lekuk body-nya,” kata Irfan.

    (riar/rgr)

  • Potret Jalan di Spanyol Penuh Tumpukan Mobil Terseret Banjir

    Potret Jalan di Spanyol Penuh Tumpukan Mobil Terseret Banjir

    Potret Jalan di Spanyol Penuh Tumpukan Mobil Terseret Banjir

  • Jumlah Bertambah, Korlantas Sudah Siapkan Pelat Dinas Menteri Kabinet Prabowo

    Jumlah Bertambah, Korlantas Sudah Siapkan Pelat Dinas Menteri Kabinet Prabowo

    Jakarta

    Kabinet Merah Putih di bawah pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terdiri dari 48 kementerian. Jumlahnya bertambah dari sebelumnya 34 kementerian. Imbasnya bakal ada penyesuaian pelat nomor dinas.

    Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah melantik 109 menteri dan wakil menteri termasuk kepala badan/lembaga di kabinet Merah Putih. Kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran ini terdiri dari 7 menteri koordinator (menko), 41 menteri, dan 56 wakil menteri (wamen), dan 5 kepala badan/lembaga.

    Pelat nomor khusus menteri menggunakan huruf depan berkode ‘RI’ dan diikuti angka. Di belakang angka, tidak ada huruf sebagaimana pelat nomor umum.

    Selain menteri, para pejabat juga mendapatkan pelat nomor khusus dengan kode huruf depan ‘RI’.

    Dengan bertambahnya jumlah Kementerian, terdapat penyesuaian dengan pelat dinas menteri dan pejabat.

    Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan menyebut sudah berkoordinasi dengan Sekretariat Negara untuk menyediakan pelat nomor khusus tersebut.

    “Sudah, karena selama ini (juga) koordinasi,” kata Aan saat ditemui di Tangerang.

    Berkaca dari pelat dinas sebelumnya, RI 1 merupakan untuk presiden, selanjutnya RI 2 untuk wakil presiden. Sedangkan RI 3 sebagai pelat dinas untuk istri presiden dan RI 4 diperuntukkan istri wakil presiden. Sedangkan untuk selevel Menteri dimulai dari RI 14 hingga selanjutnya.

    Jumlah kabinet pemerintahan Indonesia berubah-ubah dari tahun ke tahun, dari presiden ke presiden lainnya. Dalam dua dekade terakhir, anggota kabinet berjumlah 34 orang.

    Adapun para menteri itu menggunakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai mobil dinasnya. Mobil itu sudah menemani menteri-menteri Jokowi bertugas sejak tahun 2019.

    Para menteri memang tidak diwajibkan menggunakan mobil dinas tersebut. Menteri boleh menggunakan mobil lain sebagai kendaraan dinas.

    Namun belakangan, Presiden RI Prabowo meminta jajarannya untuk mendorong penggunaan produk lokal. Salah satunya menggunakan Maung Pindad.

    (riar/dry)

  • Penentuan Juara MotoGP 2024 Diprediksi Tidak Terjadi di Malaysia

    Penentuan Juara MotoGP 2024 Diprediksi Tidak Terjadi di Malaysia

    Jakarta

    Penentuan juara MotoGP 2024 antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia diprediksi tidak terjadi di Sirkuit Sepang, Malaysia. Menurut legenda MotoGP, Mick Doohan, juara MotoGP 2024 akan ditentukan di seri terakhir MotoGP 2024 yang rencananya digelar di Valencia, Spanyol.

    “Pertandingannya ketat antara Bagnaia dan Martin. Mereka mengendarai motor yang sama, meski warnanya berbeda. Satunya menggunakan kit pabrikan dan yang lainnya menggunakan kit Pramac. Tapi Bagnaia memiliki banyak pengalaman dan sedang mengincar gelar juara ketiganya,” ungkap Doohan kepada laman MotoGP.

    “Diperlukan sedikit keberuntungan. Mereka berdua sangat, sangat kuat. Tapi hal baiknya adalah kejuaraan semakin seru dan saya pikir itu akan ditentukan di Valencia,” ujar Doohan yang berasal dari Australia.

    Sekadar informasi, perebutan gelar juara MotoGP 2024 menyisakan Martin dan Bagnaia. Memimpin puncak klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin, Martin bisa saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Sepang.

    Tapi syaratnya, Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Bagnaia di Malaysia. Bila itu terjadi, Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Martin bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Sebab, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 poin dengan pebalap tersebut harus memenangkan sprint race dan main race.

    “Siapa yang berusaha lebih keras? Bagnaia tetap termotivasi meraih gelar juara ketiganya. Sementara Martin tahu bahwa dia tidak boleh melakukan kesalahan apapun. Oleh karena itu, ini adalah pertandingan yang sulit. Tapi itulah mengapa kami menyukai olahraga ini dan saya pikir itulah mengapa kami menyukai kedua karakter ini dan kita tunggu saja finalnya,” bilang Doohan.

    (lua/dry)

  • Truk Seruduk Mobil TvOne hingga Tewaskan 3 Orang, Microsleep Bikin Fatal

    Truk Seruduk Mobil TvOne hingga Tewaskan 3 Orang, Microsleep Bikin Fatal

    Jakarta

    Mobil TvOne tengah menepi di bahu jalan sebelum dihantam truk karena kondisi kaca buram. Sopir truk rupanya kehilangan konsentrasi dan mengalami microsleep

    Toyota Avanza yang mengangkut kru TvOne remuk dihantam truk Rosalia Express dari belakang. Insiden tersebut terjadi saat Toyota Avanza berkelir putih itu tengah berhenti di bahu jalan. Dituturkan Felicia Amelinda yang menjadi korban selamat dari insiden itu, mobil berhenti karena kacanya buram. Sopir berusaha membersihkan kaca mobil karena wiper mati. Kemudian datang dari belakang truk Rosalia Express menghantam Avanza berkelir putih itu.

    “Emang berhenti di bahu jalan, karena mau ngelap kacanya, kacanya itu buram, berdebu, dan air di wipernya nggak nyala, jadi harus manual (membersihkannya). Pas berhenti, pas sopirnya lagi nyiram nyiram, udah kejadian itu (tertabrak truk boks),” aku Felicia dikutip detikJateng.

    Belakangan diketahui, sopir truk itu mengalami microsleep. Pengakuan sebelumnya yang menyebut truk menghindari kendaraan oleng di depannya rupanya bohong. Dirlantas Polda Jateng Kombes Sonny Irawan menjelaskan, tersangka tertidur sesaat ketika mengemudi, kemudian laju truknya oleng ke kiri dan menghantam mobil TvOne yang sedang menepi di bahu jalan itu.

    “Berdasarkan pengakuan awal dari J, yang bersangkutan akan menghindari kendaraan di depannya,” ujar Sonny.

    “Kemudian setelah dilakukan pendalaman ternyata yang bersangkutan saat di BAP (Berkas Acara Pemeriksaan) mengaku kehilangan konsentrasi, mengalami ngantuk atau microsleep sesaat kemudian oleng ke kiri sehingga menabrak kendaraan TvOne yang sedang berhenti di bahu jalan,” imbuhnya.

    Microsleep Berakibat Fatal

    Microsleep memang kerap menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Microsleep bisa dikenali dengan gejala yaitu tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik. Microsleep sering terjadi saat melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama.

    Saat terserang microsleep, banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tersebut. Yang paling ringan mungkin mobil bisa pindah jalur tanpa disadari. Terburuknya bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari bahaya microsleep adalah tidak mengemudi ketika mengantuk.

    Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan lebih lanjut soal microsleep. Bahkan saking singkatnya, microsleep seringkali seseorang tak menyadari telah tertidur. Terkadang, microsleep terjadi dengan mata terbuka.

    “Ada dua, ABS (auto behavior syndrome) dan microsleep, kalau microsleep itu tingkat keletihan akibat monoton, kejenuhan yang biasanya terjadi pada highway tol kalau ABS itu keletihan yang memang letih karena sudah berjam-jam membawa mobil, sebelum melakukan perjalanan kurang tidur dari 7 sampai 8 jam,” kata Jusri beberapa waktu yang lalu.

    “Oleh karena itu sebelum mengemudi, pengendara harus memiliki stamina yang baik diperoleh dari istirahat yang cukup, dan asupan nutrisi yang diperoleh seperti karbohidrat, protein bahkan lemak,” ujar Jusri.

    Jusri sangat menyarankan agar pengendara tidak mengabaikan kondisi microsleep yang berawal dari kelelahan ini. Selain asupan nutrisi, salah satu yang perlu diperhatikan adalah dengan beristirahat yang terjadwal.

    (dry/din)

  • Katanya Sold Out, Kok Kawasaki Ninja Listrik Tak Pernah Kelihatan di Jalan?

    Katanya Sold Out, Kok Kawasaki Ninja Listrik Tak Pernah Kelihatan di Jalan?

    Jakarta

    PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengklaim, Kawasaki Ninja listrik yang terdiri dari model e-1 dan Z e-1 sudah sold out di Tanah Air. Namun, mengapa unitnya tak pernah muncul di jalan raya?

    Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT KMI menjelaskan, pihaknya hanya kebagian jatah 15 unit Ninja listrik dari Kawasaki global. Itulah mengapa, meski dibilang sold out, namun populasinya di Indonesia masih sangat terbatas.

    “Memang itu motor untuk Kawasaki Lovers banget, orang yang memang mau koleksi motor Kawasaki. (Kenapa jarang ada di jalan?), karena sebarannya cuma ada 15 unit di Indonesia,” ujar Michael saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Kawasaki Ninja Listrik. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Michael menegaskan, pihaknya tak berencana menambah kuota Ninja listrik tahun depan. Sebab, ketimbang mengimpor motor tersebut yang pasarnya segmented, KMI lebih memilih memasukkan produk lain yang lebih massal.

    “Belum ada rencana tambah, karena ketimbang kuota impornya dipakai untuk itu (Ninja listrik), mending buat model lain yang CBU,” kata dia.

    Sebagai catatan, Kawasaki Ninja listrik terbagi menjadi dua model berbeda, yakni e-1 dan Z e-1. Keduanya sangat berbeda secara tampilan. Jika e-1 dibuat bersayap, maka Z e-1 dirancang naked atau terbuka.

    Kedua motor listrik tersebut dibekali motor listrik dengan tenaga 12 PS pada rentang 2.600-4.000 rpm dan torsi 40,5 Nm pada 0-1.600 rpm. Keduanya juga diklaim dapat menempuh kecepatan maksimal 88,5 km/jam di mode Road dan 64 km/jam di mode Eco.

    Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Foto: Ridwan Arifin

    Namun, dengan mode e-boost, keduanya punya sedikit perbedaan tenaga. Dengan e-boost, Ninja e-1 bisa melaju hingga 105 km/jam dalam mode Road. Sementara Z e-1 bisa melesat jingga 101 km/jam dalam mode yang sama.

    Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 juga dilengkapi beragam fitur seperti Walk Mode yang membantu pengendara bermanuver di tempat parkir. Ada juga layar TFT penuh warna yang sudah tersambung ke smartphone. Sementara baterainya lithium-ion ganda dengan berat masing-masing 11.5 kg.

    Kawasaki membanderol Ninja e-1 seharga Rp 149,9 juta dan Z e-1 Rp 3 jutaan lebih murah. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Bagnaia Tercepat, Pebalap Yamaha Bikin Kejutan

    Bagnaia Tercepat, Pebalap Yamaha Bikin Kejutan

    Jakarta

    Sesi Free Practice 1 dan Practice MotoGP Malaysia 2024 sudah dirampungkan, Jumat (1/11/2024). Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menjadi yang tercepat di sesi FP1 dan Practice.

    MotoGP Malaysia 2024 yang digelar akhir pekan ini di Sirkuit Sepang, Malaysia, akan menjadi salah satu penentuan gelar juara dunia MotoGP 2024. Jorge Martin yang sekarang menjadi pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 dibayang-bayangi oleh Pecco Bagnaia di urutan kedua. Keduanya hanya berselisih 17 poin.

    Pecco Bagnaia, yang juga menguasai sesi FP1 pagi tadi, berhasil mengungguli Jorge Martin di sesi Practice, Jumat sore. Di sesi ini, Bagnaia hanya unggul 0,050 detik dari Jorge Martin di urutan kedua.

    Martin tidak punya kesempatan untuk mengalahkan Bagnaia. Sebab, pebalap Prima Pramac Racing itu mengalami kecelakaan di tikungan pertama saat sesi Practice tinggal 2 menit 50 detik lagi.

    Awalnya, Martin tampil impresif selama sesi Practice. Sedangkan Bagnaia hanya mengisi urutan ke-11. Namun, Bagnaia langsung gaspol di run keempat dan menjadi yang tercepat di sesi Practice.

    Rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini berada di urutan ketiga. Maverick Vinales sebagai pembalap terbaik non-Ducati di urutan keempat. Kemudian diikuti Alex Marquez menjadi pebalap tercepat kelima.

    Dua pebalap Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins tampil cukup impresif di sesi Practice ini. Fabio Quartararo menjadi pebalap motor Jepang tercepat sekaligus menempati posisi keenam di sesi ini. Sedangkan Alex Rins yang menggunakan mesin baru menjadi yang tercepat kedelapan. Di depan Alex Rins di urutan ketujuh ada Franco Morbidelli.

    Sementara itu, Marc Marquez hampir saja tidak lolos ke sesi Q2. Di sesi Practice, Marc Marquez menghuni urutan ke-10, dan bisa langsung masuk Q2 besok.

    Berikut hasil Practice MotoGP Malaysia 2024:

    Francesco Bagnaia: 01:57.679Jorge Martin: 01:57.729 (+0.050)Enea Bastianini: 01:57.877 (+0.198)Maverick Vinales: 01:58.141 (+0.462)Alex Marquez: 01:58.296 (+0.617)Fabio Quartararo: 01:58.303 (+0.624)Franco Morbidelli: 01:58.310 (+0.631)Alex Rins: 01:58.336 (+0.657)Jack Miller: 01:58.360 (+0.681)Marc Marquez: 01:58.362 (+0.683)Pedro Acosta: 01:58.438 (+0.759)Marco Bezzecchi: 01:58.460 (+0.781)Johann Zarco: 01:58.625 (+0.946)Brad Binder: 01:58.649 (+0.970)Takaaki Nakagami: 01:59.000 (+1.321)Raul Fernandez: 01:59.107 (+1.428)Aleix Espargaro: 01:59.188 (+1.509)Luca Marini: 01:59.375 (+1.696)Augusto Fernandez: 01:59.402 (+1.723)Joan Mir: 01:59.535 (+1.856)Andrea Iannone: 01:59.618 (+1.939)Lorenzo Savadori: 02:00.108 (+2.429)

    (rgr/dry)

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Resmi Dihapus, Ini Aturan Lengkapnya

    Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Resmi Dihapus, Ini Aturan Lengkapnya

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membebaskan bea balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya (BBNKB II). BBNKB II ini berarti bea balik nama kendaraan bekas.

    Kini, pembeli kendaraan bekas tidak akan dibebankan BBN lagi kalau mau mengganti identitas kendaraan yang dibelinya. Aturan itu sudah berlaku sejak 23 Oktober 2024.

    Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024 tentang Insentif Pajak Daerah Berupa Pengenaan Sebesar 0% (nol Persen) untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya.

    Pada pasal 2 ayat (1) Pergub Nomor 41 Tahun 2024 disebutkan Gubernur memberikan insentif pajak daerah berupa pengenaan BBNKB untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya sebesar 0% (nol persen) dari dasar pengenaan BBNKB. Pengenaan sebesar 0% (nol persen) tersebut diberikan secara jabatan tanpa permohonan wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

    Insentif Pajak Daerah berupa pembebasan BBNKB untuk kendaraan bekas ini diberikan sejak mulai berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2024. Peraturan ini sudah berlaku sejak 23 Oktober 2024. Pergub itu berlaku sampai Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah diberlakukan pada tanggal 5 Januari 2025. Selanjutnya, mulai 5 Januari 2025 dan seterusnya kendaraan bekas tidak lagi dikenakan bea balik nama.

    “Untuk PERGUB 41/2024, betul untuk BBNKB penyerahan kedua dan seterusnya sudah 0, berlaku sampai dengan ketentuan Perda 1 tahun 2024 yaitu tanggal 5 Januari 2025,” kata Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu kepada detikOto, Kamis (31/10/2024).

    Lebih lanjut, pada pasal 4 Pergub Nomor 41 Tahun 2024, Gubernur juga menghapuskan sanksi administrasi berupa bunga dan/atau denda yang terutang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan terhadap objek BBNKB, untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya yang menerima insentif pajak daerah berupa pengenaan sebesar 0% (nol persen). Artinya, keterlambatan balik nama akan dibebaskan dari sanksi administrasi.

    Penghapusan sanksi administrasi diberikan secara jabatan tanpa permohonan wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

    Kemudian, setelah tanggal 5 Januari 2025, berlaku Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam Perda itu, balik nama kendaraan bekas tidak akan dibebankan bea balik nama lagi.

    Tertulis pada Pasal 10 ayat (1) Perda No. 1 Tahun 2024, objek BBNKB hanya kendaraan penyerahan pertama. Sedangkan penyerahan kendaraan bekas bukan termasuk objek BBN.

    “Objek BBNKB merupakan penyerahan pertama atas Kendaraan Bermotor yang wajib didaftarkan di wilayah Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” begitu bunyi pasal 10 ayat (1) Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

    Dilanjutkan dalam lampiran penjelasan Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 dijelaskan bahwa kendaraan bekas bukan objek BBNKB.

    “BBNKB hanya dikenakan atas penyerahan pertama Kendaraan Bermotor, sedangkan untuk penyerahan kedua dan seterusnya atas Kendaraan Bermotor tersebut (kendaraan bekas) bukan merupakan objek BBNKB,” tulis lampiran penjelasan pasal 10 ayat (1) itu.

    Kembali ditegaskan di Pasal 14 ayat (2) Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 bahwa saat terutang BBNKB ditetapkan pada saat terjadinya penyerahan pertama Kendaraan Bermotor.

    “Contoh pengenaan BBNKB pada penyerahan pertama Kendaraan Bermotor: Tuan X membeli mobil baru untuk pertama kalinya pada tahun 2025 dan terdaftar atas nama Tuan X. Atas pembelian mobil baru tersebut, terutang BBNKB. Kemudian, pada tahun 2026, Tuan X membeli mobil bekas dan didaftarkan atas nama Tuan X. Atas pembelian mobil bekas yang dilakukan Tuan X tersebut, tidak terutang BBNKB. Lalu, Tuan X kembali membeli mobil baru pada tahun 2027. Atas pembelian mobil baru pada tahun 2O27 tersebut, terutang BBNKB,” demikian dikutip dari lampiran penjelasan Pasal 14 ayat (2) Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024.

    Dalam aturan baru itu, BBNKB untuk kendaraan baru ditetapkan sebesar 12,5 persen, masih seperti saat ini. Bedanya hanya BBNKB untuk kendaraan penyerahan kedua dan seterusnya (balik nama kendaraan bekas) tidak dikenakan BBN lagi.

    (rgr/dry)

  • Panik Setelah Tabrak Mobil, Lalu Kabur

    Panik Setelah Tabrak Mobil, Lalu Kabur

    Jakarta

    Truk ugal-ugalan di Tangerang rupanya panik setelah menabrak kendaraan. Bukannya tanggung jawab, sopir truk malah melarikan diri dan menabrak kendaraan lain.

    Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan sopir truk yang beraksi ugal-ugalan di Tangerang. Dalam video yang beredar, truk terlihat melawan arus tanpa memperdulikan kendaraan di sekitarnya. Truk itu juga tampak menabrak beberapa pengendara motor hingga taksi hingga ringsek.

    Polisi mengungkap aksi ugal-ugalan sopir truk itu dilakukan karena sopir panik setelah menabrak Suzuki Ertiga. Bukannya bertanggung jawab dan berhenti, sopir justru melarikan diri dan menabrak kendaraan lainnya.

    “Panik (setelah nabrak), pelaku lalu melarikan diri ke arah Cipondoh dan dikejar oleh warga sampai Jl KH Hasyim Ashari dan kembali menabrak pengendara sepeda motor,” ungkap Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho dikutip detikNews.

    Sopir truk itu masih terus berupaya melarikan diri walaupun sudah menabrak banyak kendaraan. Hingga akhirnya sopir diamuk massa di Bundaran Tugu Adipura, Cipondoh.

    “Lalu kabur ke arah Nerogtog, Graha Raya, Banjar Wijaya, kembali ke Jl Hasyim Ashari, terakhir dapat dihentikan warga yang mengejar di Bundaran Tugu Adipura Jalan Veteran,” lanjut Zain.

    Adapun dari kejadian itu, polisi memastikan tidak ada korban jiwa. Total korban saat ini tercatat sebanyak 6 orang yang terdiri dari 4 pengendara motor, 1 pengemudi mobil, dan 1 orang pejalan kaki.

    Terlibat Kecelakaan Jangan Melarikan Diri

    Sejatinya ketika terlibat kecelakaan, pengendara tidak boleh langsung melarikan diri. Tertuang dalam Undang-undang no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 231 disebutkan pengendara wajib menghentikan kendaraannya.

    “Pengemudi Kendaraan Bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas, wajib:
    a. menghentikan kendaraan yang dikemudikan,
    b. memberikan pertolongan kepada korban,
    c. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, dan
    d. memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan,” begitu bunyi pasal 231.

    Disebutkan lagi pada pasal 235 ayat 2 jika terjadi cedera terhadap badan atau kesehatan korban akibat kecelakaan lalu lintas sedang atau berat, pengemudi, pemilik, dan/atau Perusahaan Angkutan Umum wajib memberikan bantuan kepada korban berupa biaya pengobatan dengan tidak menggugurkan tuntutan perkara pidana.

    (dry/din)