Jenis Media: Otomotif

  • Sopir Truk Penabrak Mobil TvOne Microsleep, Kenali Jam-jam Rawan Berkendara

    Sopir Truk Penabrak Mobil TvOne Microsleep, Kenali Jam-jam Rawan Berkendara

    Jakarta

    Mobil yang ditumpangi kru TvOne ditabrak truk boks di Tol Pemalang-Batang KM 315+900, kemarin pagi. Akibat kecelakaan ini, tiga orang meninggal dunia.

    Menurut salah satu korban luka, Felicia, mobil yang dia tumpangi itu sedang menempuh perjalanan dari Jakarta hendak menuju Lamongan, Jawa Timur. Di tengah perjalanan, sopir memutuskan berhenti di bahu jalan untuk membersihkan kaca depan yang buram. Nahas, saat berhenti di bahu jalan, mobil kru TvOne itu ditabrak truk dari belakang.

    “Emang berhenti di bahu jalan, karena mau ngelap kacanya, kacanya itu buram, berdebu, dan air di wipernya nggak nyala, jadi harus manual (membersihkannya). Pas berhenti, pas sopirnya lagi nyiram nyiram, udah kejadian itu (tertabrak truk boks),” ujar Felicia dikutip detikJateng.

    Belakangan diketahui, sopir truk itu mengalami microsleep. Pengakuan menghindari kendaraan oleng di depannya rupanya bohong. Dirlantas Polda Jateng Kombes Sonny Irawan menjelaskan, tersangka tertidur sesaat ketika mengemudi, kemudian laju truknya oleng ke kiri.

    “Berdasarkan pengakuan awal dari J, yang bersangkutan akan menghindari kendaraan di depannya,” ujar Sonny.

    “Kemudian setelah dilakukan pendalaman ternyata yang bersangkutan saat di BAP (Berkas Acara Pemeriksaan) mengaku kehilangan konsentrasi, mengalami ngantuk atau microsleep sesaat kemudian oleng ke kiri sehingga menabrak kendaraan TvOne yang sedang berhenti di bahu jalan,” imbuhnya.

    Menurut instruktur safety driving di Rifat Drive Labs (RDL) dan Road Safety Commission Ikatan Motor Indonesia (IMI) Erreza Hardian, memang saat kaca mobil kotor ada pemicu bahaya blindspot. Maka wajar saja pengemudi mobil kru TvOne memutuskan untuk berhenti dan membersihkan kaca secara manual.

    “Ini keadaan darurat jadi benar bisa henti di bahu jalan buat kendaraan tim TvOne, karena peruntukannya untuk itu. Ada hazard lain yang perlu menjadi perhatian yaitu ketika jalur tol itu di sekitar areal sawah atau ladang, ternyata akan banyak binatang yang bisa membuat kotor kaca dan lampu mobil justru menjadi penarik perhatian serangga itu. Akan ada kaca kotor dan perlu dibersihkan,” kata Reza kepada detikOto, Jumat (1/11/2024).

    Reza menegaskan, pengemudi mesti paham jam-jam rawan yang perlu diwaspadai. Menurut Reza, jam-jam rawan itu mulai dari subuh pukul 05.00 pagi sampai dengan 07.00 pagi.

    “Bahaya jam rawan yaitu subuh dan jam 5-7 pagi, itu pengemudi truk patut diduga berkurang kewaspadaannya,,” katanya.

    Berdasarkan siklus sirkadian, tingkat kewaspadaan seseorang pada jam-jam tersebut sedang dalam kondisi rendah. Apalagi di jam-jam yang harusnya dipakai untuk istirahat justru dimanfaatkan untuk berkendara. Maka dari itu, jika sudah terasa mengantuk seharusnya pengemudi segera mencari tempat istirahat terdekat sehingga tidak membahayakan pengendara lain.

    “Siklus tubuh sirkadian yang mengatur siklus tubuh manusia, efeknya adalah ke tingkat kewaspadaan, ternyata jam 5-7 pagi itu tingkat kewaspadaan manusia sedang dalam kondisi rendah-rendahnya, apalagi di jam tidur sebelumnya dipakai untuk mengemudi atau bekerja,” jelas Reza.

    “Karena ada bahaya penurunan tingkat kewaspadaan semua pengguna jalan khususnya di tol, maka antisipasi dengan sebaiknya tidak henti di bahu jalan lagi, tapi di rest area. Atau antisipasi dengan prosedur keadaan darurat yaitu hazard lampu dan pasang segitiga pengaman sejauh mungkin dari titik henti (minimal tiga kali panjang mobil kita) dan juga seluruh penumpang berada di dalam kendaraan dengan safety belt atau malah jika memungkinkan keluar dari areal jalan sejauh mungkin,” sarannya.

    (rgr/din)

  • Kenapa Mobil di Indonesia Pakai Setir Kanan? Ternyata Ini Sejarahnya

    Kenapa Mobil di Indonesia Pakai Setir Kanan? Ternyata Ini Sejarahnya

    Jakarta

    Indonesia termasuk negara yang menggunakan sistem setir mobil kanan dan mengemudi di jalur kiri. Di dunia, hanya sekitar 35 persen negara yang menggunakan sistem ini, termasuk Inggris, Jepang, dan kebanyakan negara Asia Tenggara.

    Sementara mayoritas negara di dunia, termasuk hampir seluruh Eropa menggunakan sistem setir kiri dan mengemudi di jalur kanan. Ternyata ada sejarah mengenai hal ini.

    Simak penjelasan mengenai sejarah mengapa mobil di Indonesia pakai setir kanan dan mengemudi di jalur kiri, lengkap dengan daftar negara yang menggunakan aturan serupa.

    Sejarah Mobil di Indonesia Pakai Setir Kanan

    Sejarah penggunaan setir mobil kanan dan mengemudi di jalur kiri berkaitan dengan sejarah dunia di masa lampau. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak.

    Berikut ini sejarah yang akan menjelaskan alasan kenapa menganut sistem setir mobil kanan dan mengemudi di jalur kiri.

    1. Mengikuti Aturan Negara yang Menjajah

    Sudah menjadi hal umum jika negara yang dijajah harus mengikuti aturan yang dibuat negara penjajah. Seperti halnya sistem setir di kanan dan jalur kiri adalah warisan dari bangsa kolonial yang pernah datang ke Indonesia, terutama Inggris.

    2. Tangan Kanan Ksatria Berkuda Memegang Pedang

    Dikutip dari Historic UK, aturan ini berkaitan dengan kebiasaan ksatria berkuda yang memegang pedang dengan tangan kanan karena kebanyakan tidak kidal. Ketika berada di jalan dan menemui bahaya dari arah sebaliknya, maka mereka akan lebih mudah menggunakan pedangnya.

    Aturan lalu lintas ini bahkan diresmikan pada 1300 M ketika Paus Bonifasius VIII mengatur agar semua peziarah yang datang ke Roma harus berada di jalur kiri.

    3. Napoleon Mengubah Aturan

    Dilansir dari National Motor Museum, Prancis awalnya juga menganut sistem jalur kiri. Para bangsawan yang melintas dengan keretanya di jalur kiri, sering memaksa orang miskin berada di sisi kanan. Namun Revolusi Prancis pada 1789 dan adanya deklarasi hak asasi manusia pada 1791, mengubah semuanya.

    Banyak bangsawan yang kemudian berada di jalur kanan agar tidak menarik perhatian. Berada di jalur kanan juga sebagai perlawanan kepada dekrit Paus sebelumnya.

    Di bawah Napoleon Bonaparte, Prancis berhasil menaklukkan berbagai negara dan memperluas aturan berada di jalur kanan untuk menghindari kemacetan selama manuver militer.

    Aturan ini lama-kelamaan juga diterapkan di berbagai negara, termasuk Belanda yang baru mengubah aturan pada 1795. Sementara Inggris masih tetap menggunakan aturan lamanya.

    4. Indonesia Tetap Pakai Jalur Kiri dan Setir Kanan

    Indonesia tidak ikut berpindah ke jalur kanan, meski lama dijajah Belanda. Berdasarkan World Population Review, Indonesia masih mengikuti kebiasaan Inggris karena jalan raya di Indonesia dibuat oleh Inggris.

    Hal tersebut juga sejalan dengan Jepang, meski hanya menduduki Indonesia 3,5 tahun. Sementara rel kereta api dibangun oleh Belanda, sehingga kebanyakan kereta menggunakan sisi kanan ketika berada di jalur ganda.

    Daftar Negara yang Pakai Setir Mobil di Kanan

    Berdasarkan situs World Standards, ada sekitar 81 negara yang menggunakan setir mobil kanan dan berada di jalur kiri. Selain negara-negara ini, menggunakan jalur kanan dan setir mobil kiri.

    Berikut daftar negara yang dimaksud termasuk Indonesia:

    Afrika SelatanAnguillaAntigua dan BarbudaAustraliaBahamaBangladeshBarbadosBermudaBhutanBotswanaBritania Raya (Inggris)BruneiDominikaEswatiniFijiGrenadaGuernseyGuyanaHong KongIndiaIndonesiaInggrisIrlandia (Eire)Irlandia UtaraJamaikaJepangJerseyKenyaKepulauan CaymanKepulauan Channel (Guernsey & Jersey)Kepulauan Cocos (Keeling)Kepulauan CookKepulauan FalklandKepulauan PitcairnKepulauan SolomonKepulauan Turks dan CaicosKepulauan Virgin (Amerika Serikat)Kepulauan Virgin (Inggris)KiribatiLesothoMakauMaladewaMalawiMalaysiaMaltaMauritiusMontserratMozambikNamibiaNauruNepalNiuePakistanPapua NuginiPulau ManPulau NatalPulau NorfolkSaint HelenaSaint Kitts dan Nevis (secara resmi Federasi Saint Christopher dan Nevis)Saint LuciaSaint Vincent dan GrenadinesSamoaSelandia BaruSeychellesSingapuraSiprusSiprus Utara (tidak diakui, negara yang dideklarasikan sendiri)SkotlandiaSri LankaSuriname (Suriname)TanzaniaThailandTimor Leste (Timor-Leste)TokelauTongaTrinidad dan TobagoTuvaluUgandaWalesZambiaZimbabwe.

    Demikian tadi informasi mengenai alasan mengapa Indonesia menggunakan setir mobil kanan dan jalur kiri berdasarkan sejarah dunia.

    (row/row)

  • Kata Bagnaia Usai Tunda Pesta Kemenangan Juara Dunia Jorge Martin

    Kata Bagnaia Usai Tunda Pesta Kemenangan Juara Dunia Jorge Martin

    Jakarta

    Kans Jorge Martin menjadi juara dunia MotoGP 2024 masih terbuka lebar. Pesta kemenangannya ditunda usai Bagnaia menjadi pemenang MotoGP Malaysia 2024.

    Hasil MotoGP Malaysia 2024 bikin Bagnaia menorehkan rekor 10 kali menang di balapan utama. Uniknya dia masih tertinggal 24 poin dari Martin, yang hanya tiga kali memenangkan balapan utama.

    Situasi itu belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mencerminkan dampak balapan Sprint terhadap kejuaraan serta konsistensi rider Spanyol.

    “Pada akhirnya, ketika Anda memenangkan sepuluh balapan dan masih tertinggal 24 poin, Anda tahu bahwa Anda harus meningkatkan sesuatu,” kata Bagnaiadikutip dari Todocircuito, Minggu (3/11/2024).

    Martin bisa mengunci gelar juara dunia di seri terakhir MotoGP 2024. Syaratnya Martin cukup menjuarai balap sprint.

    Martin hanya membutuhkan dua poin lebih banyak dari Bagnaia saat sprint race seri terakhir.

    Bagnaia hanya mencoba tenang dan bermain se-rileks mungkin.

    “Saya pergi dengan harapan untuk menikmati diri saya sendiri, seperti yang saya katakan, tidak semua orang bisa bermain untuk meraih gelar.Tentunya tidak ada seorang pun tidak pernah tertinggal 24 poin dengan 10 kemenangan. Mari kita nikmati,” kata Bagnaia.

    Sebagai informasi, pada seri terakhir MotoGP 2024, poin maksimal yang bisa dikumpulkan pebalap adalah 37 poin. Saat ini Martin memiliki 485 poin, sementara Bagnaia punya 461 poin, alias selisih 24 poin.

    Jika Martin berhasil menjuarai sprint race terakhir MotoGP 2024, maka Martin mendapatkan 12 poin dan totalnya menjadi 497 poin. Andai Bagnaia bisa finis kedua dan dapat 9 poin, maka total poinnya jadi 470 poin. Dengan selisih 27 poin, Maka Martin sudah bisa mengunci gelar juara MotoGP 2024 tanpa memandang hasil balapan utama hari Minggu.

    (riar/din)

  • Kunjungan Kerja, Prabowo Naik Mobil China GWM Tank 500 di Papua

    Kunjungan Kerja, Prabowo Naik Mobil China GWM Tank 500 di Papua

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto berkunjung ke Desa Wanam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, pada Minggu (3/11/2024). Dalam kunjungan kerja tersebut, Prabowo terlihat menggunakan mobil buatan China, GWM Tank 500.

    Seperti dilihat detikOto di laman Instagram @sekretariat.kabinet, kunjungan Prabowo tersebut dalam rangka meninjau secara langsung, pengembangan program pertanian berkelanjutan. Dalam kunjungan ini, Prabowo melihat persiapan demplot (Demontration Plot) padi untuk meningkatkan produktivitas pangan di wilayah timur Indonesia.

    “Setibanya di lokasi, Presiden Prabowo langsung menuju lahan percontohan yang digunakan buat praktik teknik budidaya padi terbaru. Di sana, kepala negara menyaksikan bagaimana para petani dengan cermat menyiapkan lahan agar optimal untuk musim tanam berikutnya. Demplot padi ini diharapkan menjadi percontohan bagi para petani lokal, dengan teknik pertanian yang dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas padi,” tulis caption dalam unggahan di akun Instagram @sekretariat.kabinet.

    Prabowo turut menyaksikan secara langsung proses pengolahan lahan dan tabur dolomit, sebuah langkah penting untuk meningkatkan kesuburan tanah. Para petani tampak menyebarkan dolomit di atas lahan, sebuah bahan alami yang berguna untuk menetralkan keasaman tanah, memperbaiki struktur tanah, dan meningkatkan ketersediaan unsur hara.

    Menarik memperhatikan tunggangan Presiden Prabowo selama melakukan kunjungan kerja ke Tanah Papua itu. Jika saat di Jakarta atau di ketika retreat kabinet di Magelang, Prabowo menggunakan MV3 Garuda Limousine garapan PT Pindad. Maka ketika kunjungan kerja ke Papua, Prabowo memilih menggunakan GWM Tank 500.

    [Gambas:Instagram]

    GWM Tank 500 merupakan mobil buatan perusahaan Great Wall Motor (GWM) asal China. GWM Tank 500 menjadi produk SUV flagship mereka di Indonesia dengan banderol mencapai Rp 1.196.000.000. GWM Tank 500 menjadi mobil buatan China termahal di Indonesia dengan harga lebih dari Rp 1 miliar.

    GWM Tank 500 yang dihadirkan di Indonesia merupakan luxury off-road SUV yang didukung mesin bertenaga powertrain-hybrid (2.0L turbo engine HEV 342 dk dan 648 Nm).

    Mobil ini memiliki desain kokoh dengan struktur rangka yang dikonsepkan untuk keselamatan tingkat tinggi, dilengkapi dengan Intelligent Driving Assistance Level 2, seperti lane-keeping, automatic emergency braking (pejalan kaki dan pesepeda), dan front and rear cross-traffic assistance, juga ada fitur jok ISOFIX untuk anak-anak.

    GWM Tank 500 HEV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/riar)

  • BPKB Ada Pilihan, Nggak Semuanya Elektronik

    BPKB Ada Pilihan, Nggak Semuanya Elektronik

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas Polri mulai menguji coba Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BKPB) elektronik. Tapi BPKB elektronik ini merupakan opsi yang bisa dipilih oleh masyarakat.

    Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan BPKB elektronik bakal menjadi pilihan.

    “Ya ini sedang kita kaji, evaluasi hasil uji coba, setelah ada hasil uji coba akan kita terapkan di seluruh Indonesia. Ini akan jadi pilihan, dari para yang mendaftar kendaraan dari BPKB elektronik atau BPKB konvensional,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan saat ditemui di arena Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 di ICE BSD Tangerang, Rabu (30/10/2024).

    Lewat sistem berbasis teknologi itu, Korlantas berharap evaluasi selesai dan bisa diterapkan mulai tahun 2025.

    Di dalam BPKB elektronik itu sudah terintegrasi dengan beberapa hal seperti histori kendaraan, data kendaraan, hingga bisa terkoneksi dengan NFC di smartphone.

    Soal biaya, saat ini penerbitan BPKB baru masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif PNBP yang Berlaku pada Polri.

    Namun untuk biaya kenaikan BPKB elektronik belum diungkap lebih lanjut. Yang jelas, dalam masa uji coba ini, masih berlaku tarif lama.

    “Belum, masih sama,” jelas Aan.

    Pengembangan dan uji coba BPKB elektronik ini memang gencar dilakukan Korlantas sejak tahun lalu. Bukan tanpa alasan, BPKB elektronik ini memiliki sejumlah keunggulan. Penerapan BPKB elektronik akan membuat proses mutasi kendaraan jadi lebih cepat. Bahkan diklaim prosesnya tak lebih dari satu hari. Seperti diketahui proses mutasi atau duplikasi BPKB hilang harus memakan waktu berbulan-bulan.

    Aan berharap jika hasil evaluasi sudah diselesaikan. Penggunaan BPKB elektronik bisa digunakan mulai tahun depan.

    “Mudah-mudahan kalau hasil evaluasi kita bisa diterapkan. Insya Allah tahun depan bisa kita terapkan,” ujarnya lagi.

    Meski begitu, nantinya akan ada penyesuaian penerbitan atau penggantian BPKB. Baru-baru ini Kasubdit BPKB Ditregiddent Korlantas Polri Kombes Pol Sumardji menjelaskan, penyesuaian biaya dilakukan karena adanya biaya komponen terkait penerbitan BPKB elektronik.

    “Ke depan kita akan menyesuaikan dengan PNPB karena itu komponennya cukup mahal sehingga kalau itu harus diganti semua dengan elektronik secara otomatis PNBP-nya juga harus berubah,” kata Sumardji.

    (riar/lua)

  • Martin Hanya Butuh Juara Sprint Race di Seri Terakhir Buat Kunci Gelar MotoGP 2024

    Martin Hanya Butuh Juara Sprint Race di Seri Terakhir Buat Kunci Gelar MotoGP 2024

    Jakarta

    Jorge Martin gagal mengunci gelar juara MotoGP 2024 di Malaysia usai Francesco Bagnaia memenangi race utama dan dirinya hanya finis kedua. Meski begitu, peluang Martin untuk menjuarai MotoGP 2024 masih terbuka lebar. Bahkan pebalap asal Spanyol itu hanya perlu juara sprint race di seri terakhir MotoGP 2024 buat mengunci gelar juara dunia.

    Francesco Bagnaia tampil menggila pada balap utama MotoGP Malaysia 2024, yang digelar siang ini (3/11) di Sirkuit Sepang. Pebalap Ducati Lenovo menuntaskan 19 putaran dalam waktu 38 menit 04,563 detik. Bagnaia sukses menebus kesalahannya pada sprint race hari Sabtu, di mana ia mengalami crash dan tak melanjutkan balapan.

    Kemenangan Bagnaia ini menunda pesta juara Martin di Sepang. Seperti diberitakan sebelumnya, rider Pramac Racing itu bisa mengunci gelar juara MotoGP 2024 di Malaysia asalkan bisa meraih sembilan poin lebih banyak dari Bagnaia pada race utama hari Minggu.

    Jorge Martin dan Francesco Bagnaia Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

    Yang terjadi, Bagnaia finis pertama dan mendapatkan 25 poin. Sementara Martin mengamankan posisi kedua dan memperoleh 20 poin. Artinya, selisih poin yang sebelumnya 29 poin, kini mengecil menjadi 24 poin. Kendati begitu, Martin masih memiliki peluang paling besar buat juara MotoGP tahun ini.

    Setelah balap MotoGP Malaysia 2024 usai, layar MotoGP memberikan informasi bahwa Martin bisa mengunci gelar juara dunia di seri terakhir MotoGP 2024, asalkan Martin bisa menjuarai balap sprint. Martin hanya membutuhkan dua poin lebih banyak dari Bagnaia pada sprint race di seri terakhir MotoGP.

    Sebagai informasi, pada seri terakhir MotoGP 2024, poin maksimal yang bisa dikumpulkan pebalap adalah 37 poin. Saat ini Martin memiliki 485 poin, sementara Bagnaia punya 461 poin, alias selisih 24 poin.

    Jika Martin berhasil menjuarai sprint race terakhir MotoGP 2024, maka Martin mendapatkan 12 poin dan totalnya menjadi 497 poin. Andai Bagnaia bisa finis kedua dan dapat 9 poin, maka total poinnya jadi 470 poin. Dengan selisih 27 poin, Maka Martin sudah bisa mengunci gelar juara MotoGP 2024 tanpa memandang hasil balapan utama hari Minggu.

    (lua/riar)

  • Dengan Perawatan Ini, Mencuci Mobil Tak Perlu Sampo Lagi

    Dengan Perawatan Ini, Mencuci Mobil Tak Perlu Sampo Lagi

    Jakarta

    Mencuci adalah perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan pemilik mobil di rumah. Dalam prakteknya, mencuci mobil biasanya dilakukan dengan menggunakan sampo khusus cuci mobil. Tapi tahukah Anda, ada treatment khusus yang bisa diterapkan di mobil kendaraan Anda, sehingga tidak perlu lagi menggunakan sampo ketika mencuci mobil.

    Treatment yang dimaksud yakni melapisi bodi mobil dengan nano ceramic. Seperti dijelaskan Scuto Indonesia dalam keterangan resminya, salah satu kelebihan perlindungan nano ceramic adalah kemudahan dalam merawat mobil.

    Ilustrasi treatment nano ceramic coating Foto: Dok. Scuto Indonesia

    “Salah satu nilai plus kendaraan yang sudah diberi perlindungan oleh nano ceramic yakni kemudahan merawat mobil. Sebab mobil dapat dicuci secara berkala dengan mudah dan tanpa pantangan, bahkan tanpa sampo mobil sekalipun bodi mobil dapat kembali bersih,” ungkap CEO Scuto Indonesia, Sugiarto.

    Sugiarto menambahkan, lapisan nano ceramic bisa memproteksi atau melindungi pori-pori cat. “Sehingga baik noda jamur ataupun kotoran tak bisa menempel pada pori-pori tersebut,” tambah dia.

    Supaya hasil ‘laminasi mobil’ yang sudah dilakukan teknisi jadi lebih maksimal, dalam durasi 2×24 jam setelah mobil di-treatment nano ceramic, sebaiknya tidak dicuci dengan sampo. Selanjutnya, setelah hari ketiga, mobil harus dicuci dengan sampo.

    “Untuk seterusnya pencucian mobil bisa menggunakan sampo atau cukup bilas dengan air bersih pada area yang kotor,” ungkap Sugiarto. Scuto Indonesia sendiri mempunyai program bagi konsumen yang membeli Nano Ceramic Coating Gold V3 dan Rust Protection, bisa mendapatkan benefit menjadi Paket Coating Nano Platinum, sekaligus bisa menghemat biaya sekitar Rp 1,5 juta. Program ini berlaku mulai 1 Oktober 2024 hingga 30 November 2024.

    “Dan tahun ini menjadi tahun ke-5 Scuto sukses mendapatkan kembali penghargaan Superbrands 2024. Selama lima tahun berturut-turut sejak 2020 silam, Scuto Indonesia meraih predikat Superbrands dalam kategori Car Salon,” tukas Sugiarto.

    (lua/riar)

  • Bagnaia Menang, Martin Kedua, Marquez Jatuh!

    Bagnaia Menang, Martin Kedua, Marquez Jatuh!

    Jakarta

    Hasil MotoGP Malaysia 2024 sudah bisa disimak. Francesco Bagnaia pemenangnya, disusul Jorge Martin sebagai runner up, Enea Bastianini melengkapi podium ketiga.

    Seri ke-19 MotoGP sudah berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (3/11/24) pukul 14.00 WIB. Drama MotoGP Malaysia 2024 sudah dimulai sedari awal balapan. Red flag berkibar!

    Balapan baru dimulai, Pecco Bagnaia dan Martin langsung manuver salip menyalip. Insiden horror terjadi di tikungan dua melibatkan Quartararo, Jack Miller, dan Brad Binder. Balapan dihentikan lebih awal, red flag berkibar!

    Race director memutuskan balapan akan diulang sesuai grid position. Bagnaia dalam posisi memimpin jalannya balapan, lalu diikuti oleh Martin, dan Franco Morbidelli. Balapan dipersingkat menjadi 19 putaran dari 20 putaran.

    Dua pebalap KTM, Brad Binder dan Jack Miller tidak lanjut balapan.

    Pukul 14.20 WIB pitlane terbuka lagi. Francesco Bagnaia langsung ngacir di posisi depan. Aksi salip menyalip kembali terjadi dengan Jorge Martin. Keduanya begitu agresif.

    Satu putaran terlewati, Marquez melengkapi posisi tiga.

    17 lap tersisa, Jorge Martin sempat memimpin jalannya balapan. Namun posisinya tidak bertahan lama. Dia disalip Bagnaia lagi ketika masuk tikungan kedua. Keduanya tidak ada yang mau mengalah.

    Marquez sudah berjarak 0,699 detik dari Martin yang berada di posisi dua. Disusul Morbidelli, Bastianini, Alex Marquez, Pedro Acosta, Fabio Quartararo, Alex Rins, dan Maverick Vinales diposisi 10 besar.

    Lima putaran sudah berjalan, Bagnaia memimpin 0,957 detik dari Jorge Martin. Dengan jarak yang makin jauh, Bagnaia nampaknya bisa menang di MotoGP Malaysia 2024.

    Satu pebalap mengalami crash. Joan Mir terjatuh di tikungan sembilan.

    Lanjut Franco Morbidelli yang berada di posisi empat melebar. Motornya sampai terseret ke luar lintasan.

    Tak berselang lama. Pada lap ke-12, Marquez crash di tikungan 15. Dia terjatuh saat berada di posisi ketiga. Marquez bangkit lagi untuk lanjut balapan. Posisinya melorot ke-17.

    Dua pebalap di depannya jatuh menjadi berkah buat Enea Bastianini. Dia naik ke posisi tiga.

    11 lap tersisa, Bagnaia sudah membuat jarak 1,310 detik dengan Martin. Tidak ada manuver salip menyalip lagi. Bagnaia ngacir di depan sendirian.

    14 dari 19 putaran, balapan berlangsung adem ayem. Tidak ada aksi agresif seperti awal balapan. Martin pelan-pelan memangkas waktu, jadi 1,650 detik, setelah sebelumnya tembus 2 detik.

    Bagnaia diketahui menggunakan tipe ban soft (depan) dan medium (belakang). Sedangkan Martin memakai ban medium (depan) dan medium (belakang).

    Fokus, begitu pesan tim kepada Martin. Sebab Martin sempat melebar dan membuat jarak jadi dua detik lagi

    Dalam prosesnya, Bagnaia menjadi pebalap yang menyentuh garis finis. Dia menang balapan MotoGP Malaysia 2024. Diikuti Jorge Martin, dan Bastianini yang melengkapi podium.

    Saat ini Martin masih kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 485 poin. Martin unggul 24 poin dari Bagnaia di tempat kedua yang mengemas 461 poin.

    Pecco masih punya peluang untuk menang lagi, sehingga perebutan gelar tetap terjadi hingga seri terakhir MotoGP 2024.

    Hasil MotoGP Malaysia 2024

    1. Francesco Bagnaia
    2. Jorge Martin
    3. Enea Bastianini
    4. Alex Marquez
    5. Pedro Acosta
    6. Fabio Quartararo
    7. Maverick Vinales
    8. Alex Rins
    9. Marco Bezzecchi
    10. Augusto Fernandez
    11. Johann Zarco
    12. Aleix Espargaro
    13. Marc Marquez
    14. Franco Morbidelli
    15. Luca Marini
    16. Raul Fernandez
    17. Andrea Ianone
    18. Luca Savadori

    (riar/lua)

  • NJS Rilis Helm Carbon Composite Shell, Harga Mulai 2,8 Juta

    NJS Rilis Helm Carbon Composite Shell, Harga Mulai 2,8 Juta

    Jakarta

    PT Surya Motor Shelmindo, produsen merek NJS merilis helm berbahan carbon composite shell dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024. Produk anyar itu tersemat pada model ZX-1R GT dan KAIROZ GT.

    “Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pengguna produk NJS helmet khususnya ZX-1R GT dan KAIROZ GT maka kami meluncurkan varian produk terbaru dengan berbahan Carbon Composite Shell. Selain itu juga terdapat pembaruan dari segi interior dan segi keamanan,” ujar Meydiana Sari, General Manager PT Surya Motor Shelmindo.

    NJS ZX-1R GT Carbon dan NJS KAIROZ GT Carbon memiliki beberapa jenis carbon di antaranya adalah carbon twill, carbon forged dan carbon spreadtow. Ketiga carbon tersebut adalah 100% carbon composite. Selain itu juga terdapat lapisan carbon fiber hybrid Kevlar yang dkombinasikan dengan biaxial fiber glass.

    Susunan carbon ini akan menghasilkan lapisan helm yang ringan, namun diklaim tetap aman terhadap benturan.

    Dari segi eksterior, khusus untuk varian carbon, terdapat penambahan ventilasi depan untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam helm.

    Berlanjut interior, NJS ZX-1R GT dan NJS KAIROZ GT mengambil konsep all black yang memberi kesan elegan dan sporty. Helm bagian dalam juga dilapis kain lembut sehingga tetap nyaman saat berkendara dan terdapat penambahan bahan scothlite pada interior agar tetap aman berkendara pada malam hari.

    Tak lupa juga interior ZX-1R GT Carbon sudah memiliki Emergency Quick Release System yang berguna dalam keadaan darurat atau ketika terjadi insiden saat berkendara.

    Tak hanya itu, untuk mendukung keamanan NJS ZX-1R GT Carbon dan KAIROZ GT Carbon mengusung jenis tali pengikat baru.

    “Dari segi keamanan ZX-1R GT Carbon dan KAIROZ GT Carbon sudah dilengkapi dengan jenis tali pengikat baru yang disebut Micromagnetic Buckle Safety System. Jenis tali pengikat helm Micromagnetic Buckle Safety System merupakan yang pertama di Indonesia,” terang Temmy, Supervisor Research & Development NJS.

    NJS helm Foto: NJS

    Micromagnetic Buckle Safety System mampu memberikan keamanan maksimal dalam berkendara dan sangat mudah digunakan sewaktu melepas dan mengunci helm. Selain itu, pilihan tali pengikat Double D-ring juga tersedia pada ZX-1R GT dan KAIROZ GT.

    Terdapat juga fitur easy visor lock, holder action cam dan spoiler extension GT series pada ZX-1R Carbon dan KAIROZ GT CARBON. Holder action cam dan spoiler extension GT bisa didapatkan secara gratis pada setiap pembelian.

    NJS ZX-1R GT Carbon dibanderol dengan harga Rp 3.450.000. Sedangkan model NJS KAIROZ GT Carbon dipasarkan dengan harga Rp 2.800.000.

    (riar/din)

  • NJS Rilis Helm Carbon Composite Shell, Harga Mulai 2,8 Juta

    NJS Rilis Helm Carbon Composite Shell, Harga Mulai Rp 2,8 Juta

    Jakarta

    PT Surya Motor Shelmindo, produsen merek NJS merilis helm berbahan carbon composite shell dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024. Produk anyar itu tersemat pada model ZX-1R GT dan KAIROZ GT.

    “Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pengguna produk NJS helmet khususnya ZX-1R GT dan KAIROZ GT maka kami meluncurkan varian produk terbaru dengan berbahan Carbon Composite Shell. Selain itu juga terdapat pembaruan dari segi interior dan segi keamanan,” ujar Meydiana Sari, General Manager PT Surya Motor Shelmindo.

    NJS ZX-1R GT Carbon dan NJS KAIROZ GT Carbon memiliki beberapa jenis carbon di antaranya adalah carbon twill, carbon forged dan carbon spreadtow. Ketiga carbon tersebut adalah 100% carbon composite. Selain itu juga terdapat lapisan carbon fiber hybrid Kevlar yang dkombinasikan dengan biaxial fiber glass.

    Susunan carbon ini akan menghasilkan lapisan helm yang ringan, namun diklaim tetap aman terhadap benturan.

    Dari segi eksterior, khusus untuk varian carbon, terdapat penambahan ventilasi depan untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam helm.

    Berlanjut interior, NJS ZX-1R GT dan NJS KAIROZ GT mengambil konsep all black yang memberi kesan elegan dan sporty. Helm bagian dalam juga dilapis kain lembut sehingga tetap nyaman saat berkendara dan terdapat penambahan bahan scothlite pada interior agar tetap aman berkendara pada malam hari.

    Tak lupa juga interior ZX-1R GT Carbon sudah memiliki Emergency Quick Release System yang berguna dalam keadaan darurat atau ketika terjadi insiden saat berkendara.

    Tak hanya itu, untuk mendukung keamanan NJS ZX-1R GT Carbon dan KAIROZ GT Carbon mengusung jenis tali pengikat baru.

    “Dari segi keamanan ZX-1R GT Carbon dan KAIROZ GT Carbon sudah dilengkapi dengan jenis tali pengikat baru yang disebut Micromagnetic Buckle Safety System. Jenis tali pengikat helm Micromagnetic Buckle Safety System merupakan yang pertama di Indonesia,” terang Temmy, Supervisor Research & Development NJS.

    NJS helm Foto: NJS

    Micromagnetic Buckle Safety System mampu memberikan keamanan maksimal dalam berkendara dan sangat mudah digunakan sewaktu melepas dan mengunci helm. Selain itu, pilihan tali pengikat Double D-ring juga tersedia pada ZX-1R GT dan KAIROZ GT.

    Terdapat juga fitur easy visor lock, holder action cam dan spoiler extension GT series pada ZX-1R Carbon dan KAIROZ GT CARBON. Holder action cam dan spoiler extension GT bisa didapatkan secara gratis pada setiap pembelian.

    NJS ZX-1R GT Carbon dibanderol dengan harga Rp 3.450.000. Sedangkan model NJS KAIROZ GT Carbon dipasarkan dengan harga Rp 2.800.000.

    (riar/din)