Jenis Media: Otomotif

  • Catat Aturan Baru Pajak Progresif Kendaraan di Jakarta, Ada yang Naik!

    Catat Aturan Baru Pajak Progresif Kendaraan di Jakarta, Ada yang Naik!

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera menerapkan tarif pajak progresif baru untuk kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor (PKB) kepemilikan kedua dan hingga kelima naik dari pajak progresif sebelumnya.

    Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Aturan itu sudah diundangkan sejak 5 Januari 2024. Namun, penerapan tarif pajak progresif baru mulai berlaku 5 Januari 2025.

    Tertuang dalam Pasal 7 Perda DKI Jakarta No. 1 Tahun 2024, tarif pajak kendaraan bermotor (PKB) khusus kendaraan kedua sampai kelima naik 0,5 persen dari aturan sebelumnya. Sementara itu, untuk kepemilikan kendaraan kelima dan seterusnya ditetapkan hanya sebesar 6 persen.

    Berikut rincian tarif PKB kepemilikan dan/atau penguasaan oleh orang pribadi:

    2% (dua persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor pertama;3% (tiga persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kedua;4% (empat persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor ketiga;5% (lima persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor keempat; dan6% (enam persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kelima dan seterusnya.

    Kepemilikan Kendaraan Bermotor didasarkan atas nama, nomor induk kependudukan, dan/atau alamat yang sama.

    [Gambas:Instagram]

    Tarif pajak progresif kendaraan di Jakarta tersebut disederhanakan daripada peraturan sebelumnya. Sebagai pembanding, berikut tarif pajak progresif untuk wilayah DKI Jakarta sebelumnya, berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 tahun 2015:

    Kendaraan pertama pajak 2%Kendaraan kedua pajak 2,5%Kendaraan ketiga pajak 3%Kendaraan keempat pajak 3,5%Kendaraan kelima pajak 4%Kendaraan keenam pajak 4,5%Kendaraan ketujuh pajak 5%Kendaraan kedelapan pajak 5,5%Kendaraan kesembilan pajak 6%Kendaraan kesepuluh pajak 6,5%Kendaraan kesebelas pajak 7%Kendaraan keduabelas pajak 7,5%Kendaraan ketiga belas pajak 8%Kendaraan keempat belas pajak 8,5%Kendaraan kelima belas pajak 9%Kendaraan keenam belas pajak 9,5%Kendaraan ketujuh belas dan seterusnya pajak 10%.

    Sementara itu, kendaraan yang dimiliki dan/atau dikuasai oleh badan usaha tidak dikenakan pajak progresif. Pajak kendaraan milik badan usaha ditetapkan sebesar 2 persen. “Hal ini dimaksudkan sebagai dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada pelaku usaha,” demikian dikutip dari Penjelasan Perda No. 1 Tahun 2024.

    Selain itu, tarif PKB atas kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor yang digunakan untuk angkutan umum, angkutan karyawan, angkutan sekolah, ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, Pemerintah, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ditetapkan sebesar 0,5 persen.

    (rgr/din)

  • Ditumpangi Presiden Prabowo Subianto, Ini Kelebihan SUV Mewah China GWM Tank 500

    Ditumpangi Presiden Prabowo Subianto, Ini Kelebihan SUV Mewah China GWM Tank 500

    Jakarta

    GWM Tank 500 jadi tunggangan Presiden Prabowo Subianto saat berkunjung ke Papua belum lama ini. Apa kelebihan SUV mewah dengan banderol Rp 1 miliar itu?

    SUV mewah China GWM Tank 500 dipilih jadi tunggangan RI 1 saat melakukan kunjungan kerja di Papua Selatan. Sebagaimana terlihat dalam unggahan di laman Instagram sekretariat kabinet, seperti mobil kepresidenan pada umumnya, GWM Tank 500 yang ditumpangi Prabowo itu juga tersemat pelat merah dengan tulisan ‘Indonesia 1’.

    GWM Tank 500 HEV. Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Bisa dipilih orang nomor satu di Indonesia, GWM Tank 500 diklaim memiliki sejumlah keunggulan, utamanya dari sisi mesin maupun fitur-fitur di dalamnya.

    “GWM Tank 500 HEV bukan sekedar SUV biasa, mobil ini mampu memberikan kenyamanan kelas premium dengan keandalan di berbagai bentuk medan menantang berkat sumber tenaga dari mesin Powertrain-Hybrid 2.0L Turbo Engine HEV yang tangguh,” jelas General Manager GWM Indonesia Constantinus Herlijoso saat dihubungi detikOto.

    GWM Tank 500 menggendong mesin 2.0 L turbo engine HEV yang bisa memuntahkan tenaga 342 daya kuda dan torsi maksimum 648 Nm. Tenaga itu disalurkan ke seluruh roda berkat sistem penggerak Intelligent 4WD. GWM Tank 500 juga memiliki differential lock di depan dan belakang. Fitur lainnya berupa tank turn hingga cruise control off-road.

    Dari sistem hiburan terdapat layar sentuh multimedia berukuran 14,6 inch dengan 12 speaker. Kemudian mobil ini juga sudah terintegrasi ke Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth, MP5 online music, serta speed sensitive volume control.

    Di interior juga terdapat layar MID berukuran 12,3 inch, wireless charger, active and walk away system, auto AC, cabin air quality system, N95 air filtration, dan control panel AC di baris kedua.

    “Selain itu, GWM Tank 500 HEV mampu memberikan kenyamanan maksimal di setiap proses penggunaannya, mulai dari electric side step untuk kemudahan menaiki mobil, nappa leather seats, ventilated seats di baris pertama dan kedua, massage function di kursi baris pertama, panoramic sunroof, dan banyak fitur lainnya,” lanjut Joso.

    Di Indonesia, GWM Tank 500 ini merupakan mobil China termahal. SUV premium ini punya banderol harga Rp 1,196 miliar.

    (dry/din)

  • Digadang-gadang Jadi Pengganti MotoGP Valencia, Barcelona Juga Kebanjiran

    Digadang-gadang Jadi Pengganti MotoGP Valencia, Barcelona Juga Kebanjiran

    Jakarta

    Sirkuit Catalunya di Barcelona diproyeksikan menjadi venue pengganti MotoGP Valencia 2024 yang batal karena banjir besar. Namun pada Senin (4/11) kemarin, Barcelona ternyata juga mengalami musibah banjir.

    Dikutip dari Crash, pada Senin (4/11) AEMET (Badan Meteorologi negara Spanyol) telah memperingatkan bahwa Baix Llobregat, sekitar 37 km dari Sirkuit Catalunya, dapat mengalami banjir hingga 180 l/m² dalam kurun waktu 24 jam.

    Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan jalanan di Barcelona yang sudah tergenang air, dengan beberapa kendaraan roda empat terjebak situasi banjir.

    ⚠️ AVISO ROJO | Litoral de Barcelona.

    Peligro extremo por lluvias torrenciales: un chubasco muy intenso ha dejado81 l/m² en el aeropuerto de El Prat.
    En el Baix Llobregat pueden acumularse más de 180 l/m² en 24 horas ¡Mucha precaución! ¡No viaje si no es estrictamente necesario! pic.twitter.com/FdDSzOkcwJ

    — AEMET (@AEMET_Esp) November 4, 2024

    Hingga berita ini ditulis, belum ada pengumuman dari pemerintah Spanyol, apakah Sirkuit Catalunya bisa menyelenggarakan seri penutup MotoGP 2024. Jika Catalunya tidak bisa menggelar MotoGP, maka sepertinya Dorna Sports harus mencari opsi sirkuit lain di luar Spanyol.

    Media-media luar mencatat beberapa opsi seri pamungkas MotoGP 2024. Selain Barcelona, ada sirkuit lain di Spanyol yang bisa menjadi opsi, yakni Jerez dan Aragon. Lantas untuk kandidat sirkuit di luar Spanyol, ada nama Portimao di Portugal dan Sirkuit Lusail di Qatar.

    Sebelumnya pada Minggu (3/11) kemarin, Dorna Sports telah menjatuhkan pilihan kepada Sirkuit Catalunya sebagai pengganti Valencia. Alasannya, Catalunya lokasinya dekat dengan Valencia. Kedua wilayah ini bahkan memiliki garis pantai yang sama.

    “Kami pikir Barcelona adalah tempat terbaik, mengingat lokasinya sangat dekat dengan Valencia. Itu bagus buat para penggemar MotoGP,” ungkap CSO Dorna Sports Carlos Ezpeleta dalam wawancara dengan laman MotoGP.

    Així és troba l’autovia direcció Castelldefels 🚨

    Carretera sapultada d’aigua ⛈️ i el trànsit aturar ⚠️

    Minimitzem els desplaçaments 🙏🏼#Projecte4Estacions pic.twitter.com/1IEDF3DM6p

    — Projecte 4 Estacions (@P4Estacions) November 4, 2024

    Dorna Sports sudah meminta kepada pemerintah Spanyol untuk menyiapkan Sirkuit Catalunya sebagai venue pamungkas MotoGP 2024. Dorna berharap kesediaan Sirkuit Catalunya menggelar seri terakhir MotoGP 2024 bisa dikonfirmasi dalam waktu 48 jam ke depan.

    “Begitu dikonfirmasi, kami akan mulai bekerja sekeras mungkin karena itu benar-benar tantangan yang berat. Kami pikir ada banyak hal baik yang bisa kami lakukan. Kami merasa punya utang kepada para penggemar MotoGP. Dan kami ingin berterima kasih kepada komunitas MotoGP, para pebalap, dan tim atas keaktifan mereka membantu, serta memberi dukungan di masa-masa seperti ini,” bilang Ezpeleta.

    (lua/din)

  • Inikah Motor Baru Honda yang Meluncur di Indonesia Hari Ini?

    Inikah Motor Baru Honda yang Meluncur di Indonesia Hari Ini?

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan produk baru di Indonesia hari ini, Selasa (5/11). Mari menerka bersama, kira-kira motor apa yang sebentar lagi mengaspal di Tanah Air itu?

    Sebelumnya, PT AHM telah mengirim undangan ke redaksi detikOto mengenai peluncuran produk baru tersebut. Namun, seperti yang sudah-sudah, mereka tak menyebut nama modelnya. Produsen asal Jepang itu hanya menulis alamat dan waktu peluncuran.

    “Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda, bersama ini kami mengundang bapak/ibu wartawan yang ditugaskan untuk hadir dalam sesi press conference yang digelar Selasa (5/11) di AHM Safety Riding and Training, Cikarang,” demikian bunyi undangan tersebut, dikutip Selasa (5/11).

    Honda Scoopy. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski tak disebut nama modelnya, namun sudah ada beberapa bocoran yang kami terima. PT AHM kemungkinan besar akan meluncurkan Honda Scoopy baru di kesempatan tersebut. Skuter retro itu kabarnya bakal berubah total dibandingkan model sebelumnya.

    Honda Scoopy sejatinya sudah empat tahun lebih tak mendapat pembaruan total. Bahkan, meski meleset, Honda Scoopy baru sempat digadang-gadang nongol di pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024.

    Selain Scoopy baru, muncul dugaan Genio generasi kedua yang akan mengaspal di Indonesia pekan depan. Motor tersebut juga tak pernah mendapat riasan total sejak pertama kali meluncur empat-lima tahun lalu.

    Logo Honda. Foto: Pradita Utama

    Bukan hanya Scoopy dan Genio baru, Honda PCX 160 baru juga berpeluang meluncur pekan depan. Skuter matik gambot tersebut kemungkinan akan mendapat penyempurnaan, baik dari segi tenaga maupun fitur, untuk menantang rival utamanya, Yamaha NMax ‘Turbo’.

    Lantas, apakah salah satu dari nama tersebut yang dimaksud AHM? Mari kita nantikan kabarnya siang ini! Nah, sembari menunggu peluncuran motor, kalian bisa baca detikOto untuk memantau kelanjutan kabarnya.

    (sfn/din)

  • Kenapa Harus Ganti Aki Meski Mobil Masih Kuat Starter?

    Kenapa Harus Ganti Aki Meski Mobil Masih Kuat Starter?

    Jakarta

    Ketika mobil masih bisa distater banyak yang menganggap kondisi aki baik-baik saja. Namun kenyataannya tidak selalu demikian, karena kondisi aki hanya bisa diketahui dengan tepat menggunakan accu tester atau baterai tester.

    Seperti komponen lainnya, aki memiliki masa pakai terbatas lalu mengalami penurunan performa seiring waktu. Sehingga, aki harus diganti saat sudah melebihi umur pakai meski masih bisa menyalakan mesin mobil.

    Kenapa Disarankan Ganti Aki Saat Mobil Masih Kuat Distarter?

    Ada beberapa indikasi aki harus diganti, salah satunya usia pakai. Mengutip laman Astra-Daihatsu, rentang usia aki mobil adalah 2-5 tahun. Dalam penggunaan normal, aki biasanya akan tetap baik selama 1-3 tahun.

    Menurut laman dealer Suzuki, umur pemakaian aki yang direkomendasikan adalah dua tahun atau 50.000 km. Hal tersebut bergantung pada pemakaian dan perawatan kendaraan. Usia pakai bisa kurang atau lebih dari yang direkomendasikan.

    Jika usia pakai aki sudah cukup lama, maka direkomendasikan untuk diganti meski mobil masih kuat distarter. Penggantian aki untuk menjamin mobil masih bisa digunakan tanpa gangguan setiap saat.

    Tanda-tanda Aki Harus Diganti

    Selain usia pemakaian aki, ada sejumlah tanda bahwa aki harus diganti. Mengutip laman Mitsubishi Motor, berikut di antaranya:

    1. Cairan Aki Keruh

    Aki yang bermasalah bisa dilihat dari cairannya yang keruh. Hal ini karena kotoran-kotoran yang sudah menumpuk lama. Selain itu, tanda selanjutnya adalah sel-sel di dalamnya juga terlihat bengkok dan ada warna putihnya.

    2. Voltase Aki Tidak Normal

    Untuk mengecek voltase normal pada aki, kamu bisa menggunakan alat tester aki. Dalam keadaan mesin mati, normalnya voltase aki 12,45 volt dan saat mesin menyala voltase normal jadi 13-14 volt. Jika aki kekurangan atau kelebihan voltase normal, berarti aki tidak baik atau bermasalah.

    3. Lampu Kendaraan Meredup

    Kondisi kendaraan tertentu juga bisa menjadi indikasi aki harus diganti. Misalnya, lampu-lampu mulai meredup atau proses menyalakan mesin berjalan lambat.

    4. Mesin Tersendat

    Komponen yang paling banyak menggunakan energi aki adalah motor starter. Jika mesin tersendat yaitu saat motor starter tidak mendapat cukup energi, maka bisa berarti aki harus diganti.

    Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet

    Ada beberapa cara merawat aki agar tetap awet, sehingga tidak cepat ganti. Mengutip laman Astra Daihatsu dan Nissan, berikut di antaranya:

    1. Pastikan Aki Terisi Penuh

    Pastikan bahwa aki selalu terisi penuh. Jika memiliki aki kering, maka periksa level aki secara berkala dan tambahkan dengan air bersih jika diperlukan. Aki basah juga perlu perawatan untuk menjaga tingkat airnya.

    2. Periksa Alternator

    Pastikan alternator kendaraan bekerja dengan baik dan mengisi aku saat mesin berjalan. Periksa apakah terdapat masalah dengan sistem pengisian kendaraan.

    3. Panaskan Mobil secara Berkala

    Mobil yang jarang mendapat perhatian dan mesinnya tidak pernah dipanaskan secara berkala akan memberikan dampak buruk pada aki. Pada kondisi ini, aku akan lebih cepat soak meski sering diganti. Jadi, panaskan mobil minimal 5-10 menit.

    4. Bersihkan Aki Secara Rutin

    Jika jarang dibersihkan, terminal aki akan lebih sering tertutupi debu dan kotoran. Jadi, aki sulit menghantarkan listrik ke komponen mobil lainnya. Kamu bisa menggunakan bantuan sikat kawat atau sikat plastik untuk membersihkannya.

    Itulah penjelasan mengenai alasan aki disarankan ganti saat mobil masih bisa distarter, yaitu terkait dengan usia pemakaian aki. Jika aki sudah cukup lama dipakai, maka sebaiknya diganti agar tidak terjadi masalah pada kendaraan.

    (elk/row)

  • Segini Harga Mobil China Tunggangan Prabowo di Papua

    Segini Harga Mobil China Tunggangan Prabowo di Papua

  • Syarat, Cara Buat Baru, dan Perpanjangan

    Syarat, Cara Buat Baru, dan Perpanjangan

    Jakarta

    Pengemudi mobil diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi golongan A atau disingkat SIM A. SIM golongan ini berlaku untuk pengemudi mobil penumpang, mobil bus, atau mobil barang dengan jumlah berat tidak lebih dari 3.500 kg.

    Bagi detikers yang belum memilikinya, kalian dapat membuat SIM A baru di kantor Satlantas setempat. Sedangkan bagi yang sudah memilikinya, harus diperpanjang setiap lima tahun sekali.

    Salah satu syarat membuat baru atau perpanjangan adalah membayar biaya SIM A. Persyaratan, besar biaya, dan prosedurnya berbeda antara membuat SIM baru dengan memperpanjang SIM.

    Simak artikel ini untuk mengetahui biaya SIM A, lengkap dengan persyaratan, cara atau prosedur membuat SIM A baru maupun perpanjangan.

    Biaya SIM A Baru dan Perpanjangan

    Dikutip dari situs Satlantas Polrestabes Surabaya, biaya SIM A diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Adapun biaya penerbitan SIM A baru dan perpanjangan adalah sebagai berikut:

    Biaya SIM A Baru: Rp 120.000Biaya SIM A Perpanjangan: Rp 80.000

    Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya lain-lain, seperti pemeriksaan kesehatan, dan sebagainya.

    Syarat SIM A Baru dan Perpanjangan

    Berikut ini syarat-syarat yang harus dilengkapi sebelum datang ke kantor Satlantas:

    Berusia 17 tahun untuk SIM A dan berusia 20 tahun untuk SIM A Umum.KTP asli setempat bagi Warga Negara Indonesia (WNI) atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA).Surat Keterangan Kesehatan Jasmani dari Dokter.Surat Keterangan Kesehatan Rohani dari Biro Psikologi.SIM A lama yang masih aktif. (jika mengajukan perpanjangan SIM).Untuk pengalihan golongan SIM, wajib disertai Surat Lulus Uji Keterampilan Simulator.

    Adapun dokumen keimigrasian bagi WNA adalah sebagai berikut:

    Paspor dan kartu izin tinggal tetap (KITAP) bagi WNA yang berdomisili tetap di Indonesia.Paspor, visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, dan identitas diri lain bagi yang merupakan staf atau keluarga kedutaan.Paspor dan visa dinas atau kartu izin tinggal sementara (KITAS) bagi yang bekerja sebagai tenaga ahli atau pelajar yang bersekolah di Indonesia.Paspor dan kartu izin kunjungan atau singgah bagi yang tidak berdomisili di IndonesiaCara Membuat SIM A Baru dan Perpanjangan

    Cara membuat SIM A baru lebih lama daripada melakukan perpanjangan, karena harus melakukan uji teori dan uji praktik. Berikut ini prosedur atau cara membuat SIM A baru maupun perpanjangan;

    Buat SIM A Baru

    Lengkapi seluruh persyaratan pembuatan SIM A baru.Untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, detikers bisa melakukannya di tempat disediakan, biasanya masih satu kawasan dengan kantor Satlantas.Setelah syarat lengkap, pemohon datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).Berkas akan diperiksa. Jika lengkap maka detikers diminta mengisi formulir pemohon SIM.Registrasi akan dilakukan oleh petugas.Pemohon akan difoto dan melakukan identifikasi.Kemudian pemohon harus melakukan uji teori.Setelah lolos, maka detikers harus mengikuti uji praktek.Jika lolos, lakukan pembayaran.SIM akan dicetak dan diserahkan.

    Perpanjangan SIM A

    Lengkapi seluruh persyaratan perpanjangan SIM A.Untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, detikers bisa melakukannya di tempat disediakan, biasanya masih satu kawasan dengan kantor Satlantas.Setelah syarat lengkap, pemohon datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).Berkas akan diperiksa. Jika lengkap maka detikers diminta mengisi formulir pemohon SIM.Registrasi akan dilakukan oleh petugas.Pemohon akan difoto dan melakukan identifikasi.Lakukan pembayaran.SIM akan dicetak dan diserahkan.

    Catatan

    Pemohon SIM yang sudah mengikuti proses di aplikasi Digital Korlantas Polri, maka akan mendapat Nomor Registrasi. Tunjukkan Nomor Registrasi tersebut kepada petugas, maka pemohon akan diarahkan langsung ke loket selanjutnya.Jika pemohon tidak lulus uji teori, maka dapat mengulang dalam waktu 14 hari ke depan.Jika pemohon tidak lulus uji praktik, maka dapat mengulang dalam waktu 14 hari ke depan.Perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan jika masa berlakunya belum habis. Jika terlewat walaupun sehari, maka harus mengikuti prosedur pembuatan SIM baru dan mengikuti uji teori dan praktik.

    Nah, itulah informasi mengenai biaya SIM A, lengkap dengan syarat dan cara membuat SIM A baru maupun perpanjangan. Semoga bermanfaat!

    (bai/row)

  • Penjualan Mobil Turun, Kok Permintaan Motor Malah Naik?

    Penjualan Mobil Turun, Kok Permintaan Motor Malah Naik?

    Jakarta

    Berbeda dengan mobil, penjualan motor di Indonesia tahun ini tetap tinggi. Bahkan, angka akhirnya diprediksi meningkat dibandingkan tahun lalu. Kok bisa begitu, ya?

    Sebagai catatan, menurut data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales pada September lalu turun 4,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

    Selama sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan mobil di Indonesia baru mencapai 633 ribu unit. Kondisi tersebut membuat Gaikindo menurunkan target dari yang semula 1 juta unit setahun menjadi hanya 850 ribu unit.

    Motor listrik Honda ICON e: dan CUV e: di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Di sisi lain, penjualan motor justru stabil. Bahkan mengalami sedikit kenaikan dibandingkan tahun lalu.

    Selama Januari-September 2024, penjualan motor di Indonesia sudah mencapai 4,87 juta unit. Angka tersebut naik 3,19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pabrikan hanya tinggal menjual 1,33 juta unit lagi untuk mencapai target 6,2 juta unit.

    PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai market leader di segmen roda dua mengatakan, motor merupakan kendaraan terjangkau yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Motor juga kerap dipakai untuk mendukung mobilitas masyarakat di berbagai sektor.

    Pameran IMOS 2024 Foto: Septian Farhan/detikoto

    Selain itu, secara harga, motor dan mobil juga berbeda. Kondisi ekonomi sekarang mungkin tak terlalu berdampak ke konsumen menengah yang cenderung ke bawah.

    “Jadi memang masih lebih baik lah daripada sektor otomotif yang lain. Mungkin nggak ngaruh-ngaruh banget ke pembeli menengah ke bawah,” ujar Vice President Director PT AHM, Thomas Wijaya saat ditemui di kawasan Tangerang Selatan.

    “Kan yang menurun (kelas) menengah. Nah, kita kalau motor ini mungkin lebih ke bawah dan menengah, jadi menengah bawah,” tambahnya.

    Thomas menjelaskan, permintaan motor Honda di Indonesia tahun ini juga mengalami peningkatan. Harapannya, tahun depan angkanya makin meroket.

    “Kalau dari AISI kan estimasi penjualan 6,4 juta unit. Ya kita inline dengan market lah, (harapannya) kita bisa mendekati 4,9 sampai 5 juta unit,” kata dia.

    (sfn/sfn)

  • Kawasaki W175 Injeksi Bakal Diproduksi Lokal Mulai 2025

    Kawasaki W175 Injeksi Bakal Diproduksi Lokal Mulai 2025

    Jakarta

    PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan memproduksi lokal Kawasaki W175 injeksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat mulai tahun depan. Motor retro tersebut sebelumnya berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) dari India.

    Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT KMI mengatakan, sejak pertama meluncur di PRJ Kemayoran 2024, Kawasaki W175 injeksi langsung menjadi buruan konsumen di Indonesia. Bahkan, penjualannya menjadi salah satu yang tertinggi dibandingkan model-model lain.

    Kondisi tersebut membuat pihaknya yakin untuk merakit lokal Kawasaki W175 injeksi di Indonesia. Harapannya, konsumen bisa membeli motor tersebut tanpa khawatir kehabisan unitnya.

    “Luar biasa bagus permintaannya. Kita cuma dapat jatah 280 unit dari Kawasaki India dan itu semua sudah sold out. Kita harus tunggu tahun depan,” ujar Michael C. Tanadhi saat ditemui di kawasan Tangerang Selatan, belum lama ini.

    “Tahun depan rencananya kita mau langsung menjadikan motor itu CKD, semuanya masih dalam proses,” tambahnya.

    Kawasaki W175L injeksi di PRJ 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Michael kemudian mengurai alasan mengapa Kawasaki W175 injeksi sejak awal tak langsung diproduksi di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut merupakan kebijakan internal perusahaan.

    “Kita waktu mau masukin masih dalam proses pemindahan pabriknya, tidak keburu kalau tahun ini. Tapi dari dealer sudah minta secepatnya dimasukin ke Indonesia,” tuturnya.

    Ketika ditanya apakah harga Kawasaki W175 injeksi lebih murah saat sudah diproduksi lokal, Michael tak bisa menjawabnya dengan tegas. Namun, kata dia, peluang tersebut tak tertutup.

    “Mungkin sama, mungkin juga ada perubahan, tapi belum kita atur ulang,” kata dia.

    Spesifikasi Kawasaki W175 Injeksi

    Secara desain, Kawasaki W175L injeksi sebenarnya masih sama seperti model regular. Hanya saja, ada sejumlah penyempurnaan di kendaraan tersebut. Mulai dari posisi setang yang lebih tinggi, penggunaan spion baru yang membulat, penambahan handle seat dan standar tengah, hingga swingarm serta fender yang dirancang lebih panjang.

    Tak lupa pabrikan juga memberinya warna dan striping baru. Motor tersebut dibuat agak minimalis dengan perpaduan aksen yang tak terlalu mencolok.

    Kawasaki W175L injeksi di PRJ 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Perubahan paling kentara di W175L injeksi adalah mesinnya yang sudah pakai sistem pengabutan injeksi. Sebelumnya, motor tersebut hanya tersedia dalam opsi karburator. Pembaruan tersebut membuat efisiensi bahan bakarnya diklaim lebih baik.

    Kawasaki W175L juga sudah menggunakan panel instrumen semi-digital yang menampilkan indikator bensin. Kemudian perubahan lainnya terdapat di bagian pengereman yang sudah menggunakan antilock braking system (ABS) berkanal tunggal.

    Sementara spesifikasinya masih sama, yakni menggunakan mesin SOHC 177cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 13 PS dan torsi 13,2 PS. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima-percepatan.

    Kawasaki W175L injeksi dibanderol Rp 35 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    (sfn/sfn)

  • Ditumpangi Presiden Prabowo Subianto, Ini Kelebihan SUV Mewah China GWM Tank 500

    Mobilnya Dipakai Presiden Prabowo ke Papua, GWM Bilang Begini

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil China GWM Tank 500 saat kunjungan kerja di Papua. Begini kata GWM soal mobilnya dipakai RI 1.

    Mobil yang digunakan Presiden Prabowo Subianto saat berkunjung ke Desa Wanam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan mencuri perhatian. Mobil dengan pelat ‘Indonesia 1’ itu merupakan mobil China garapan produsen Great Wall Motor. Adalah GMW Tank 500, sebuah SUV mewah yang memiliki kemampuan off-road.

    Penggunaan GWM Tank 500 oleh orang nomor wahid di Indonesia tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi Great Wall Motors. Meski digunakan oleh presiden, GWM menegaskan tidak ada kerjasama khusus dengan pemerintah.

    “Namun hal ini tentu menjadi hal yang membanggakan bahwa Luxury Off-road SUV kami menjadi pilihan Presiden RI dalam melaksanakan kunjungan kerjanya,” jelas General Manager GWM Indonesia Constantinus Herlijoso kepada detikOto, Senin (4/11/2024).

    Great Wall Motor Tank 500. Foto: Ridwan Arifin

    “Kami yakin bahwa pilihan tersebut tidak terlepas dari kemampuan GWM Tank 500 HEV yang mumpuni dalam melewati berbagai bentuk medan off-road menantang, serta secara bersamaan juga masih mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya,” lanjut Joso.

    Bagi GWM, Tank 500 memang memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan tersebutlah yang membuat SUV mewah berteknologi hybrid itu bisa digunakan RI 1. GWM Tank 500 menggendong mesin 2.0 L turbo engine HEV yang bisa memuntahkan tenaga 342 daya kuda dan torsi maksimum 648 Nm. Tenaga itu disalurkan ke seluruh roda berkat sistem penggerak Intelligent 4WD.

    Mesinnya dipasangkan dengan transisi 9 HAT (9speed Hybrid Automatic). Mobil ini memiliki desain kokoh dengan struktur rangka yang dikonsepkan untuk keselamatan tingkat tinggi, dilengkapi dengan Intelligent Driving Assistance Level 2, seperti lane-keeping, automatic emergency braking (pejalan kaki dan pesepeda), dan front and rear cross-traffic assistance, juga ada fitur jok ISOFIX untuk anak-anak.

    “Dengan besaran tenaga mencapai 342 hp dan torsi sebesar 648 Nm, GWM Tank 500 HEV memberikan pengalaman berkendara yang dapat diadu serta dilengkapi fitur off-road lengkap, mulai dari sistem penggerak empat roda, differential lock depan dan belakang, Tank Turn, hingga Cruise Control Off-road,” jelas Joso.

    Great Wall Motor Tank 500. Foto: Ridwan Arifin

    “Selain itu, GWM Tank 500 HEV mampu memberikan kenyamanan maksimal di setiap proses penggunaannya, mulai dari electric side step untuk kemudahan menaiki mobil, nappa leather seats, ventilated seats di baris pertama dan kedua, massage function di kursi baris pertama, panoramic sunroof, dan banyak fitur lainnya,” pungkas Joso.

    (dry/din)