Jenis Media: Otomotif

  • Bagnaia Masih Bisa Juara MotoGP 2024, Ini Syaratnya

    Bagnaia Masih Bisa Juara MotoGP 2024, Ini Syaratnya

    Jakarta

    Francesco Bagnaia masih punya peluang untuk merebut titel juara MotoGP 2024. Begini skema Bagnaia bisa merebut gelar ketiganya itu.

    Peluang Francesco Bagnaia untuk mempertahankan gelar juara MotoGP ketiga masih terbuka. Peluangnya sangat tipis, apalagi kalau Jorge Martin tampil sempurna di seri pemungkas. Martin saat ini unggul 24 poin atas Bagnaia. Sebagai informasi, pada seri terakhir MotoGP 2024, poin maksimal yang bisa dikumpulkan pebalap adalah 37 poin. Saat ini Martin memiliki 485 poin, sementara Bagnaia punya 461 poin, alias selisih 24 poin.

    Jika Martin berhasil menjuarai sprint race terakhir MotoGP 2024, maka Martin mendapatkan 12 poin dan totalnya menjadi 497 poin. Andai Bagnaia bisa finis kedua dan dapat 9 poin, maka total poinnya jadi 470 poin. Dengan selisih 27 poin, Maka Martin sudah bisa mengunci gelar juara MotoGP 2024 tanpa memandang hasil balapan utama hari Minggu.

    Syarat Bagnaia Masih Bisa Menang MotoGP 2024

    Namun Bagnaia masih bisa mengunci gelar juara dunianya yang ketiga di balap motor kelas premier tersebut. Dikutip Sky Sport Italia, Bagnaia harus berusaha menang di balapan hari Minggu namun setelah balapan Sprint Race Sabtu, selisih poin Bagnaia dan Martin tak lebih dari 25.

    Tak cuma itu, bila poin akhir yang dikumpulkan Bagnaia sama besar dengan Martin, maka Bagnaia akan menjadi pemenangnya. Kok bisa? Alasannya, Bagnaia mencatat kemenangan di balapan utama lebih banyak ketimbang Martin. Bagnaia diketahui memenangi 10 seri dari total 20 seri digelar. Sementara Martin tercatat baru memenangi 3 seri balapan utama.

    Tapi di balapan Sprint justru sebaliknya. Martin unggul tipis dengan 7 kemenangan sementara Bagnaia baru 6 kali menang di balapan singkat itu.

    “Saya 24 poin tertinggal tapi di poin Grand Prix saya unggul 24 poin. Tapi sayangnya ada Sprint dan itu ikut dihitung. Apakah bisa saya membatalkan Sprint mulai tahun 2025? Kalau bisa segera bahkan tahun ini,” tuturnya lagi.

    Adapun balapan terakhir musim ini akan digelar di Barcelona. Dorna memastikan seri pemungkas itu akan digelar pada 15-17 November di Sirkuit Catalunya menggantikan Sirkuit Ricardo Tormo yang dilanda banjir besar.

    Secara letak geografis, Barcelona dan Valencia sama-sama terletak di pesisir timur Spanyol. Kedua kota ini dipisahkan jarak 349 km dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam 44 menit, menggunakan jalur darat.

    “MotoGP mengajukan permintaan kepada pihak berwenang untuk menggelar balapan di Barcelona karena ini merupakan pilihan terbaik. Lintasan tersebut merupakan pilihan termudah bagi para penggemar yang sudah berencana untuk menghadiri final MotoGP 2024. Lokasi dan sirkuit ini juga merupakan pilihan yang paling efisien, menyediakan alternatif yang lancar untuk mobilisasi personel dan logistik,” kata Dorna Sports.

    (dry/rgr)

  • 6 Cara Membuat Rem Mobil Pakem agar Lebih Cepat Berhenti dan Efektif

    6 Cara Membuat Rem Mobil Pakem agar Lebih Cepat Berhenti dan Efektif

    Jakarta

    Kinerja sistem rem jadi salah satu aspek terpenting dalam berkendara, baik itu pada mobil atau sepeda motor. Pasalnya, rem sangat mempengaruhi keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

    Oleh karena itu, pemeliharaan dan penyesuaian yang tepat perlu dilakukan. Tujuannya untuk memastikan daya pengereman rem mobil pakem setiap saat.

    Cara Membuat Rem Mobil Pakem

    Rem pakem adalah kondisi di mana sistem rem kendaraan mampu menghentikan atau memperlambat laju kendaraan dengan efektif serta cepat.

    Rem hanya akan berfungsi kalau ban dan suspensi memungkinkannya berfungsi. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rem mobil lebih pakem:

    1. Tingkatkan Radius Cakram

    Dilansir laman, Car Throttle, torsi rem yang lebih besar akan meningkatkan cengkeraman rem. Torsi rem sama dengan gaya yang diberikan oleh bantalan dikalikan dengan jarak penerapan gaya dari pusat roda.

    2. Tingkatkan Gesekan antara Bantalan Pengereman dan Rotor

    Mengutip Autos Community, bantalan rem dan rotor termasuk dua bagian penting dari roda. Keduanya akan menciptakan gesekan yang diperlukan, untuk menghentikan kendaraan.

    Kalau salah satunya aus, maka mobil akan tergelincir. Bantalan rem yang lebih tebal mendorong rotor dan bahan yang menyerap lebih banyak panas untuk rotor bisa membantu pengemudi meningkatkan daya pengereman.

    3. Pakai Ban dengan Cengkeraman Lebih Baik

    Untuk menciptakan traksi ketika melaju di jalan, ban memerlukan daya cengkeram tertentu. Daya cengkeram diperoleh dari karet dan telapak ban yang kuat di permukaan ban.

    Pola-pola di telapak ban akan membantu ban mencengkeram jalan/bagian jalan yang tidak rata, contohnya lubang di jalan.

    Karet ban perlu daya tahan dan kekuatan tekstil, agar bisa sesuai dengan permukaan jalan. Hal tersebut akan memungkinkan pengemudi melaju dengan kecepatan tetap (terlepas dari kondisi jalan).

    Faktor ban tersebut penting untuk meningkatkan daya pengereman. Mobil bisa berhenti berkat cengkeraman ban, mobil bisa berhenti.

    Rotasi ban secara teratur juga penting untuk memastikan ban tidak cepat aus di jalan, akibat terus-menerus berhenti dan tidak selip saat direm.

    4. Terapkan Disk yang Lebih Besar

    Cakram pada roda adalah komponen utama yang menyebabkan roda berhenti bergerak, sehingga memungkinkan mobil mengerem. Ketika roda bergerak, cakram bergerak mengikuti gerakan roda.

    Saat pengemudi menginjak rem mobil, cakram akan menjepit roda lalu menciptakan gesekan untuk menghentikan roda berputar. Jika roda ini lebih besar, maka akan ada lebih banyak permukaan yang mendorong roda. Hal ini menyebabkan penghentian yang lebih cepat, yang akan membantu rem pakem.

    5. Tingkatkan Area Piston Kaliper

    Meningkatkan ukuran piston (atau jumlah piston) bisa membuat lebih banyak area yang menerapkan tekanan tertentu. Kalau tekanan tetap konstan dan area meningkat, maka gaya yang diberikan akan meningkat artinya rem akan lebih pakem.

    6. Tekanan Saluran Udara

    Dorong kaki lebih keras ke rem, maka mobil akan mengerem lebih keras. Mengapa? Karena tekanan saluran udara meningkat.

    Jika pengemudi bisa meningkatkan tekanan saluran udara (mungkin dengan membuat lengan tuas yang lebih besar supaya pedal rem bisa bekerja), maka hal ini akan akan meningkatkan torsi rem.

    Rem mobil perlu diservis setiap enam bulan. Hal ini untuk memastikan bahwa komponennya terawat dengan baik dan bisa membuat kendaraan berhenti.

    Mengutip buku Cara Mudah Merawat Mobil karya Panuwun Budi, disebutkan bahwa pemeriksaan rem untuk mobil biasanya dilakukan mengikuti jadwal servis rutin yang ditetapkan produsen mobil. Ketika pemeriksaan rem, bengkel akan mengganti minyak dan saringannya.

    Pastikan kamu mempertimbangkan kiat-kiat tadi untuk membantu meningkatkan pakem rem mobil. Dengan begitu, pengereman lebih reaktif sehingga bisa mencegah kecelakaan.

    (khq/fds)

  • Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Jakarta

    Honda Scoopy baru mendapat banyak pembaruan dibandingkan generasi sebelumnya. Skuter matik bertampang retro tersebut kini menggunakan setang model tertutup, bukan telanjang seperti model-model terdahulu!

    Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia menjelaskan, Honda Scoopy baru hadir dengan konsep ‘Totally Unique’ yang mendefinisikan kebaruan total. Dia ingin, kendaraan tersebut tampil benar-benar berbeda dibandingkan model sebelumnya.

    Selain itu, kata dia, dengan keberadaan cover pelindung di area setang, pengendara jadi punya pandangan baru ketika berkendara.

    “Jadi kami ingin memberikan kesan premium di Honda Scoopy baru. Kami menambahkan itu (cover di area setang), agar ketika user mengendarai motor, dia bisa melihat sesuatu yang baru dan berbeda dari motor ini,” ujar Nattawat saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    “Memang kita ingin menjaga tampilan Scoopy sendiri yang sudah diminati konsumen di Indonesia. Makanya kita berikan kesan premium, termasuk di bagian lampu utamanya,” tambahnya.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Keputusan AHM menambahkan cover di area setang memang membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Sebab, sejak dulu, Scoopy selalu identik dengan setang telanjang. Namun, perubahan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih ‘kalcer’ dan kekinian.

    Spesifikasi Honda Scoopy Baru

    Selain setang, banyak detail lain di Honda Scoopy baru yang mengalami perubahan. Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • BYD Kian Merajai Pasar Mobil Listrik China, Ini Buktinya

    BYD Kian Merajai Pasar Mobil Listrik China, Ini Buktinya

    Jakarta

    BYD makin jadi raja mobil listrik di negara sendiri. Tercatat 1 dari 2,8 mobil elektrifikasi yang terjual di China merupakan merek BYD.

    Penjualan kendaraan energi baru (mobil listrik, mobil hybrid, dan PHEV) di China melonjak cukup tajam. Berdasarkan data yang dirilis China Passenger ar Association (CPCA), sepanjang Oktober, penjualan kendaraan energi terbarukan itu mencapai 1,4 juta unit. Tercatat kenaikan mencapai 58 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan juga 14 persen kenaikan dari bulan sebelumnya.

    Dari data tersebut BYD sangat mendominasi. Penjualannya bahkan lima kali lipat lebih banyak dari Geely yang menduduki posisi kedua. Pangsa pasar BYD tercatat 35,7 persen dari total penjualan atau sekiranya 1 dari setiap 2,8 kendaraan energi terbarukan yang terjual di China.

    BYD tercatat menjual 500.526 unit mobilnya pada Oktober 2024. Jauh meninggalkan rival-rivalnya di posisi lima besar. Geely misalnya yang menghuni posisi kedua mencatatkan penjualan 108.722 unit. Di tempat ketiga ada SAIC-GM-Wuling yang membukukan penjualan 96.172 unit.

    Torehan itu juga membuat BYD unggul jauh dari Tesla. Tesla diketahui menghuni posisi kelima dengan penjualan sebanyak 68.280 unit. Berikut ini 10 besar daftar merek mobil elektrifikasi terlaris di China.

    1. BYD: 500.526 unit
    2. Geely: 108.722 unit
    3. SAIC-GMW-Wuling: 96.172 unit
    4. Changan: 85.272 unit
    5. Tesla (China): 68.280 unit
    6. Chery: 66.868 unit
    7. Li Auto: 51.443 unit
    8. GAC Aion: 40.052 unit
    9. Leapmotor: 38.1777 unit
    10. Seres: 36.011 unit

    Peningkatan penjualan BYD juga terjadi di Indonesia. Dalam catatan detikOto, BYD sudah dua bulan berturut-turut masuk dalam daftar merek mobil terlaris di Indonesia.

    BYD bertarung dengan merek-merek Jepang yang kebanyakan masih menjual mobil bermesin konvensional. Sementara BYD diketahui menawarkan empat model mobil yang keseluruhannya menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

    (dry/din)

  • Honda Pamer 2 Konsep Motor Listrik Futuristik

    Honda Pamer 2 Konsep Motor Listrik Futuristik

    Milan

    Honda memamerkan dua konsep motor listrik yang futuristik, yaitu EV Fun Concept dan EV Urban Concept. Dua motor listrik itu diluncurkan di pameran sepeda motor EICMA di Milan, Italia.

    Honda bertujuan untuk mencapai netralitas karbon melalui semua produk dan aktivitas perusahaannya pada tahun 2050. Produsen otomotif asal Jepang ini memiliki target untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk sepeda motornya pada tahun 2040-an. Untuk mencapai tujuan ini, Honda berupaya untuk mengelektrifikasi sepeda motornya sebagai andalan strategi lingkungan masa depannya.

    “Honda akan mempercepat upayanya untuk mengembangkan jajaran lengkap sepeda motor listrik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam dan mempromosikan pengembangan berbagai macam kendaraan listrik. Melalui upayanya, Honda bertujuan untuk memperluas pangsa pasar globalnya dan menjadi perusahaan terkemuka juga di bidang sepeda motor listrik,” demikian dikutip dari siaran pers Honda.

    Sebagai salah satu strateginya itu, Honda meluncurkan dua konsep motor listrik sekaligus. Berikut profil lengkapnya.

    EV Fun Concept

    EV Fun Concept adalah sepeda motor listrik yang dirancang untuk penggunaan yang menyenangkan. Ini adalah motor sport naked yang setara dengan sepeda motor bermesin pembakaran internal (ICE) berukuran sedang. Dilengkapi dengan baterai fix, EV Fun Concept adalah motor sport listrik pertama Honda dan dijadwalkan untuk dikomersialkan pada tahun 2025.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    EV Fun Concept sedang dikembangkan sebagai sepeda motor listrik generasi berikutnya yang menawarkan sensasi baru berkendara yang tenang dan perasaan emosional yang unik untuk sepeda motor listrik.

    Motor ini menawarkan tingkat “berkendara, berbelok, dan berhenti” yang tinggi yang diciptakan oleh teknologi sepeda motor Honda yang telah lama dikembangkan. Honda EV Fun Concept juga menghadirkan pengendaraan yang senyap dan bebas getaran yang hanya dimungkinkan dengan tenaga listrik dan paket sasis yang ramping dan mudah diatur.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    Sistem dan pengisian daya EV Fun Concept dikembangkan dengan menerapkan pengetahuan dan teknologi Honda yang dikembangkan pada mobil Honda. Baterainya kompatibel dengan pengisi daya cepat CCS2 (standar yang sama dengan mobil listrik) dan telah dikembangkan untuk mengoptimalkan keseimbangan antara bobot yang ringan dan kinerja pengisian daya yang cepat, serta untuk memberikan jarak tempuh lebih dari 100 km, yang cukup untuk penggunaan di dalam kota.

    EV Urban Concept

    Selanjutnya EV Urban Concept. Ini adalah motor listrik yang mewujudkan visi Honda tentang mobilitas listrik perkotaan dengan desain yang berfokus pada fungsi, teknologi yang terhubung, dan paket baterai yang dikembangkan sendiri oleh Honda.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    Konsep motor listrik ini merekonstruksi dari awal visi Honda tentang seperti apa seharusnya mobilitas listrik perkotaan. Motor ini mewujudkan visi mobilitas masa depan yang bekerja sama dan selaras dengan masyarakat melalui gaya yang canggih, antarmuka manusia-mesin (human-machine interface/HMI) yang intuitif, dan pengalaman baru yang diciptakan oleh perpaduan perangkat lunak dan perangkat keras. Tujuan Honda adalah untuk membuka kebebasan mobilitas bagi sebanyak mungkin pelanggan, dan memperluas kemungkinan mobilitas bagi setiap pelanggan.

    (rgr/dry)

  • Kia Bakal Manfaatkan Pabrik Baterai dan Mobil Listrik Hyundai di Indonesia?

    Kia Bakal Manfaatkan Pabrik Baterai dan Mobil Listrik Hyundai di Indonesia?

    Jakarta

    Hyundai sudah memiliki pabrik mobil listrik dan baterainya di Indonesia. Kia sebagai saudara Hyundai bisa saja memanfaatkan pabrik mobil listrik dan baterai yang dimiliki Hyundai di Indonesia.

    Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Ario Soerjo mengatakan Kia masih mempelajari semua kemungkinan yang ada. Namun, bicara strategi produksi mobil listrik, mengingat Hyundai sudah punya pabrik baterai, maka Kia bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.

    “Kan kalau dia (Hyundai) udah ada pabrik baterai di sini yang compatible sama (mobil) Kia yang bisa dibikin di sini ya lebih bagus,” kata Ario saat berkunjung ke kantor redaksi detikcom di Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu (6/11/2024).

    Menurut Ario, berdasarkan peta jalan pemerintah Indonesia terkait kendaraan listrik, maka Kia harus memproduksi mobil listrik secara lokal. Kalau memproduksi mobil listrik di Indonesia, maka Kia akan memanfaatkan fasilitas Hyundai di Indonesia.

    “Pasti di pabrik mereka, karena supply baterai udah lokal. Jadi yang bisa localize baterainya dulu. Itu kan kalau secara regulasi bisa ngurangin PPN dan PPnBM,” sebut Ario.

    Soal mobil listrik Kia apa yang berpotensi diproduksi lokal di pabrik Hyundai, Ario masih belum bisa berkomentar. Menurutnya, semuanya masih harus dipelajari kemungkinannya.

    “Intinya kita akan pelajari. Dia (Hyundai) bikin apa-apa saja yang dibikin di sini EV-nya, baterainya ada apa saja, nanti kan mereka akan kasih rekomendasi. Kalau kita maunya bikin A tapi mereka nggak bisa karena nggak cocok, malah nyusahin, kan mereka juga nggak mau,” ucapnya.

    Diketahui, saat ini Kia sudah jualan mobil listrik di Indonesia. Adapun mobil listrik Kia yang sudah dijual di Indonesia antara lain Kia EV6 dan EV9.

    (rgr/dry)

  • Manfaat Cairan Ban Tubeless, Ketahanan, dan Efek Sampingnya

    Manfaat Cairan Ban Tubeless, Ketahanan, dan Efek Sampingnya

    Jakarta

    Cairan ban tubeless menjadi salah satu komponen penting yang dalam perawatan ban kendaraan. Cairan ini juga berperan dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

    Mulai dari mengurangi risiko kebocoran hingga kenyamanan yang lebih baik ketika berkendara. Simak manfaat dan fungsinya berikut ini.

    Apakah Bagus Ban Tubles Dikasih Cairan Penambal?

    Mengutip situs OC1, nama cairan untuk ban tubeless adalah sealant, yakni cairan yang diformulasikan secara khusus yang dimasukkan ke dalam ban tubeless.

    Fungsi utama cairan ban tubeless adalah untuk mencegah kebocoran udara, menutup kebocoran saat terjadi, dan menjaga tekanan ban tetap optimal.

    Sealant ban tubeless biasanya terbuat dari larutan berbasis lateks, yang mengandung partikel tersuspensi. Kandungan tersebutlah yang menempel pada kebocoran dan membentuk segel pada ban.

    Manfaat Penggunaan Cairan Ban Tubeless

    Berikut adalah beberapa manfaat dari ban tubeless pada kendaraan:

    1. Mencegah Kebocoran Ban

    Cairan ban tubeless berguna agar menjaga kerapatan ban, sehingga tidak mudah mengalami kebocoran jika terkena benda tajam (paku, pecahan kaca, dan lainnya). Jadi, jika terkena benda tajam, ban tidak akan mudah bocor.

    2. Memperkuat Ketahanan Ban

    Cairan tersebut juga memberikan perlindungan pada ban, dengan menutup celah ban saat ada bagian yang terbuka. Hal ini membuat ban menjadi jadi lebih kuat. sehingga perjalanan bisa lebih aman dan nyaman.

    Sealant ban tubeless digunakan untuk mengatasi kebocoran pada ban. Saat terjadi kebocoran, cairan akan bereaksi dengan udara dan mulai mengering di dalam kebocoran.

    Karena berbahan dasar lateks, ia akan menempel pada tepi kebocoran dan partikel yang tersuspensi membentuk gumpalan, sehingga lubang tertutup rapat. Begini cara kerja cairan ban tubeless dalam mencegah udara keluar dan menjaga tekanan ban.

    Efek Samping Cairan Ban Tubeless

    Mengutip laman Planet Ban, terdapat kemungkinan efek samping dari penggunaan cairan ban tubeless, di antaranya:

    Berpotensi menyumbat luban penting pada ban, karena kemungkinan terjadi penyumbatan yang bisa membuat ban sulit diisi angin saat diperlukan.Berisiko membuat kerusakan pelek akibat korosi atau karat pada pelek. Pasalnya, kandungan pH atau tingkat asam basa cairan biasanya terlalu tinggi. Ini bisa mengakibatkan pelek mudah berkarat.Berapa Lama Tahan Cairan Ban Tubeless?

    Lama masa pakai cairan ban tubeless bervariasi. Hal ini tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi berkendara, suhu, dan jenis sealant.

    Secara umum, kinerja cairan ban tubeless bisa bertahan lama antara 3 – 12 bulan. Namun, pemeriksaan dan penambahan secara berkala, juga diperlukan untuk mempertahankan kinerja penyegelan optimal.

    Kelebihan Ban Tubeless

    1. Tidak Langsung Kempes jika Tertusuk Benda Tajam

    Mengutip laman Astra Daihatsu, salah satu kelebihan dari ban tubeless adalah mampu membuat pengendara terhindar dari masalah tusukan benda tajam, yang menembus ban luar sehingga bisa merusak ban dalam.

    2. Performa yang Lebih Baik

    Ban tubeless mampu memberikan performa yang lebih baik, terutama dalam m hal traksi dan handling. Pasalnya, ban ini dirancang dengan teknologi yang lebih modern.

    Dengan daya cengkeram terhadap permukaan jalan yang baik, ban ini bisa meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

    3. Minim Risiko Kebocoran

    ban tubeless mampu menahan kebocoran yang lebih baik, karena ia memiliki kemampuan untuk menahan udara lebih lama jika dibandingkan dengan ban biasa. Hal ini membuat pengendara punya waktu yang lebih lama jika ingin melakukan perbaikan.

    4. Membantu Meningkatkan Keamanan saat Berkendara

    Dilansir laman Tyreplus, kendaraan akan sulit dikendalikan jika ban tipe tabung tiba-tiba bocor. Ini akan membuat situs berkendara lebih berbahaya, ketika dalam kecepatan tinggi di jalan raya.

    Namun, risiko tersebut bisa berkurang secara signifikan dengan ban tanpa ban dalam. Mengapa? karena udara keluar secara perlahan dan ban tidak langsung kempes sepenuhnya.

    Dengan begitu, pengemudi tidak mudah kehilangan kendali. Hal ini juga memungkinkan pengemudi memiliki lebih banyak waktu untuk bergerak di sisi jalan.

    Meski begitu, berkendara dengan kecepatan tinggi tetap memiliki risiko keselamatan. Jadi, perhatikanlah batas kecepatan maksimum.

    5. Kenyamanan Berkendara

    Pemasangan ban tanpa ban hanya terdiri dari dua komponen, yakni roda dan ban. Hal ini memungkinkan pemasangan ban yang lebih baik secara keseluruhan ,dan lebih presisi pada roda.

    Hal tersebut pada akhirnya juga berperan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, jika dibandingkan dengan pemasangan ban tipe ban dalam.

    6. Hemat Bahan Bakar

    Karena bobotnya yang lebih ringan, tekanan di mesin berkurang. Artinya, akan lebih sedikit energi yang dikonsumsi. Hal ini membuatnya bisa menempuh jarak lebih jauh, dengan jumlah bahan bakar yang sama.

    (khq/fds)

  • Mobil Harian yang Performanya Kayak ‘Setan’

    Mobil Harian yang Performanya Kayak ‘Setan’

    AMG memang istimewa. Tuner pegangan Mercedes-Benz ini selalu bisa meracik mobil yang sejatinya enak dipakai harian, tapi dengan perfoma yang jauh di atas kemampuan rata-rata. Pun bagi AMG GLA 35 yang notabene rakitan Wanaherang, Jawa Barat.

    Tim detikOto berkesempatan mengetes mobil ini di Proving Ground milik PT Bridgestone Tire Indonesia untuk mengetahui performa sejatinya. Hasilnya? Luar biasa! Kami menilai ini mobil yang buas sekali, namun tetap mudah ditaklukkan. Penasaran dengan hasil lengkap pengetesan Mercedes-AMG GLA 35 model tahun 2024 ini? Simak ulasannya di program Ototest detikOto!

  • Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Jakarta

    Makin banyak pabrikan Jepang yang melahirkan motor matic dengan cita rasa khas Eropa. Tak ayal mereka pun kerap dibenturkan dengan matic ikonik produksi Italia, Vespa. Bagaimana tanggapan Piaggio Indonesia dalam menghadapi persaingan ini?

    Dijelaskan PR Communications & Brand Activation Manager at PT Piaggio Indonesia (PTPI) Ayu Hapsari, Vespa merasa tidak tersaingi dengan kehadiran skutik-skutik bergaya klasik bikinan pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha.

    Yamaha Grand Filano Foto: Ridwan Arifin

    “Karena kami tahu bahwa calon konsumen Vespa itu mau yang original, yang the real one, bukan motor yang look a like (terlihat mirip),” kata Ayu kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/11).

    Ayu menjelaskan, produk-produk motor matic buatan Vespa memiliki ciri khas tersendiri dan tidak akan bisa disaingi oleh merek mana pun. Selain itu, Vespa ibarat kendaraan impian bagi setiap pengguna motor, sehingga tidak bisa digantikan posisinya oleh model-model skutik klasik lainnya.

    “Pasar kami baik-baik saja. Dan makin banyaknya pilihan, berarti kan motor kami menginspirasi banyak orang (banyak brand). Tapi kalau once seseorang punya uang, rezeki, pasti penginnya beli Vespa,” tambah Ayu.

    Vespa LX 2024 Foto: Dok. Piaggio Indonesia

    Diketahui, saat ini motor matic klasik menjadi target pasar yang diincar pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha. Honda memiliki dua model klasik, yakni Scoopy dan Stylo, sementara Yamaha mempunyai Fazzio dan Grand Filano. Keempat model tersebut terbukti laris di pasaran dan sering ditemui di jalanan Jabodetabek.

    Vespa sendiri memiliki banyak lini model motor matic, dari model basic seperti LX, Primavera, Sprint, hingga model-model yang lebih premium lagi seperti seri GTS, GTS Super Tech, GTV, hingga 946 Dragon. Vespa juga telah membangun fasilitas pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat, yang memproduksi seri LX.

    (lua/rgr)

  • Kenapa Honda Scoopy Baru Belum Pakai Mesin 125Cc?

    Kenapa Honda Scoopy Baru Belum Pakai Mesin 125Cc?

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik bertampang retro tersebut masih menggunakan mesin berkapasitas 110cc. Kenapa bukan 125cc?

    Beberapa bulan lalu, sempat muncul rumor, Honda akan menanamkan mesin 125cc di Scoopy generasi terbaru. Sebab, skutik retro buatan merek sebelah, yakni Yamaha Fazzio dan Grand Filano bermain di segmen tersebut.

    Namun, Honda akhirnya tetap mempertahankan mesin 110cc. Sebab, kapasitas tersebut dianggap telah sesuai dengan karakter dan kebutuhan konsumen Honda Scoopy di Indonesia.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mereka, kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” ujar Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Thomas menegaskan, kehadiran Honda Scoopy baru tak akan merusak pasar Honda Genio di segmen skutik retro 110cc. Sebab, meski mesinnya sama, karakter konsumennya berbeda.

    “Beda, keduanya beda segmen. Meski fashion tapi kalau Genio benar-benar yang entry level. Kalau Scoopy kan sudah kelas yang unik dan benar-benar suka fashion,” kata Thomas.

    Sebagai catatan, Honda Scoopy baru menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT baru. Hanya saja, pabrikan melakukan optimalisasi di bagian FI. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan karakter kendaraan yang nyaman dipakai santai.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru mengadopsi mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    (sfn/rgr)