Jenis Media: Otomotif

  • Menolak Punah! Yamaha Byson Diperbarui: Pakai Lampu LED Proyektor

    Menolak Punah! Yamaha Byson Diperbarui: Pakai Lampu LED Proyektor

    Jakarta

    Jika Yamaha Byson di Indonesia sudah disuntik mati, maka di India motor naked ini masih terus dijual, bahkan model terbarunya meluncur baru-baru ini. Yamaha Byson baru di India ini disebut sebagai Yamaha FZ-RAVE. Motor ini hadir dengan fitur modern seperti lampu LED proyektor.

    Mengutip situs Indianautosblog, FZ-RAVE kini tampil jauh lebih agresif. Motor ini mengadopsi lampu depan proyektor full LED dengan sein terintegrasi, menjadikannya terlihat futuristis dan premium. Bagian tangki dibuat lebih berotot dengan sentuhan ventilasi udara elegan, sementara knalpot compact-style membuat tampilan keseluruhan semakin rapi.

    Kembaran Yamaha Byson, Yamaha FZ-RAVE, meluncur di India Foto: Dok. Yamaha India

    Di belakang, desain buritan yang ramping dipadukan jok single-piece, memberikan posisi berkendara yang sporty namun tetap nyaman-pas untuk harian maupun riding santai di akhir pekan.

    Di sektor performa, Yamaha FZ-RAVE masih mengandalkan mesin 149 cc, satu silinder, berpendingin udara, tenaga 9,1 kW (12,2 dk), dipadu transmisi 5-percepatan. Karakter mesinnya halus dan efisien, cocok untuk pengguna perkotaan. Untuk urusan pengereman, Yamaha membekali motor ini dengan rem cakram depan-belakang plus ABS kanal tunggal, fitur yang jarang ditemukan di kelasnya.

    Kembaran Yamaha Byson, Yamaha FZ-RAVE, meluncur di India Foto: Dok. Yamaha India

    Bobot motor ini pun ringan, hanya 136 kg, membuatnya lincah di kemacetan. Tangki 13 liter memberi jangkauan lebih jauh, mengurangi frekuensi mampir ke SPBU. Yamaha menyediakan dua warna menarik-Matte Titan dan Metallic Black-yang dirancang untuk kalangan muda.

    Di Indonesia, penjualan Byson memang tidak terlalu bagus dan sudah disuntik mati. Namun di India, model ini sudah terjual sebanyak 2,75 juta unit, dan menjadi salah satu model terlaris di sana.

    (lua/riar)

  • Tubuh Saya Rusak Secara Biologis

    Tubuh Saya Rusak Secara Biologis

    Jakarta

    Hidup Jorge Martin saat ini berubah 180 derajat. Karuan saja, jika musim lalu meraih juara dunia, musim ini dia bolak-balik masuk ruang operasi. Bahkan, kabar terbaru yang diterima, tubuh pebalap Aprilia itu sudah rusak secara biologis!

    Martin dibolehkan membalap di seri penutup yang digelar di Valencia, Spanyol. Meski demikian, dia tak boleh jatuh. Sebab, tubuhnya yang sudah rusak tak boleh mendapat hantaman keras lagi tahun ini.

    “Kemarin saya bertemu dengan para dokter dan mereka mengatakan kepada saya bahwa tahun ini tubuh saya secara biologis rusak dan saya harus sangat berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan. Ini sangat penting karena bisa berbahaya bagi masa depan saya,” ujar Martin, dikutip dari Motorsport, Sabtu (15/11).

    “Jadi saya fokus pada putaran, menemukan ritme saya dan pada hari terakhir, saya sudah bisa mengendarai motor dengan catatan waktu 1:30,” tambahnya.

    Tubuh Jorge Martin rusak secara biologis! Foto: LAT Images/Gold & Goose Photography

    Sadar tubuhnya tak mampu, Martin tak mau memasang target tinggi di MotoGP Valencia, akhir pekan ini. Bahkan, kata dia, bisa finis saja sudah untung.

    “Akan sangat sulit menyelesaikan sprint dan balapan. Yang penting adalah melalui putaran dengan baik. Itu jauh lebih baik dari yang saya harapkan. Saya tidak ingin mendapat masalah, jadi saya tak akan memaksakan diri untuk menyelesaikan balapan,” tuturnya.

    “Jika saya bisa keluar (balapan) tanpa ada orang di belakang saya, lebih baik saya tidak terlibat masalah untuk menghindari risiko,” lanjutnya.

    Martin lantas teringat kejadian di Losail, Qatar. Ketika itu, dia memang merasa tak mampu dan ingin sekali berhenti. Namun, dia memaksakan diri dan berakhir pada kecelakaan. Dia tak mau situasi itu terulang kembali di Valencia.

    “Tentunya, saya telah belajar dari pengalaman di Qatar, dan jika saya harus berhenti, saya akan berhenti. Yang terpenting adalah melakukan yang terbaik untuk saya dan itu adalah membalap, tentu saja dengan mencatatkan waktu 1.30 saya mengambil risiko yang seharusnya tidak saya lakukan,” kata Martin.

    (sfn/lua)

  • Toyota Starlet Menolak Tua, Digeber Drag Race di Bandara

    Toyota Starlet Menolak Tua, Digeber Drag Race di Bandara

    Jakarta

    Mobil-mobil klasik Toyota Starlet menolak tua. Komunitas otomotif Indonesia Starlet Club (ISC) menggelar ajang adu cepat Toyota Starlet di Bandara Kertajati.

    Toyota Starlet merupakan hatchback andalan Toyota pada masanya. Mobil ini diproduksi di rentang tahun 1973 sampai 1999. Meski begitu, masih banyak Toyota Starlet yang kondisinya sehat. Bahkan, Komunitas Indonesia Starlet Club mengadakan ajang drag race mobil tersebut.

    Ajang drag race itu merupakan salah satu rangkaian acara Jambore Starlet di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Acara Jambore ISC ini dihadiri sekitar 1.000 anggota yang berasal dari 60 chapter dan 500 unit Toyota Starlet.

    Jambere komunitas Indonesia Starlet Club diramaikan dengan rangkaian acara donor darah, aktivitas Go Green berupa penanaman pohon, kompetisi modifikasi Starlet, Starlet Market, sampai lomba drag race. Sementara acara utama diisi dengan kegiatan servis bersama THS yang didukung oleh Auto2000 Jatiwangi, Majalengka.

    Ketua Umum ISC Ari Pelangi menjelaskan acara Drag Race merupakan implementasi dari semangat Gazoo Racing ‘Pushing the Limits for Better’. Di acara Drag Race Starlet, mobil yang diadu cepat sebanyak 33 unit. Seluruh peserta wajib mengikuti rangkaian servis bersama dan pengecekan untuk menjaga performa mesin tetap maksimal di lintasan balap.

    “Kegiatan drag race di Jambore Starlet merupakan salah satu agenda utama yang sangat dinantikan para anggota ISC dan peserta. Kami membuktikan durability dan performa Starlet sebagai kendaraan klasik masih gahar di arena balap, selain masih nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh oleh para anggota kami yang berasal dari Sumatra dan Jawa Timur,” kata Ari.

    Jambore ISC 2025 ditutup dengan ramah-tamah dengan tema “Meet & Greet Starletster Indonesia”. Acara ini turut dihadir oleh para anggota yang membawa mobil Starlet dengan jarak terjauh, yakni dari Banyuwangi, Palembang, Samarinda, Pontianak, Jambi, dan Medan.

    Saat ini komunitas otomotif ISC memiliki lebih 2.000 anggota yang tersebar di 60 wilayah seluruh Indonesia.

    (rgr/lua)

  • Gran Max Laku Keras, Topang Penjualan Daihatsu di Indonesia

    Gran Max Laku Keras, Topang Penjualan Daihatsu di Indonesia

    Jakarta

    Gran Max laku keras. Moncernya penjualan Gran Max menjadikan mobil niaga itu kontributor utama dari total penjualan Daihatsu di Tanah Air.

    Penjualan Daihatsu Gran Max masih moncer. Bahkan di daftar model terlaris, mobil niaga itu bersaing dengan deretan mobil penumpang pada periode Oktober 2025. Berdasarkan catatan Daihatsu, Gran Max pikap sebanyak 4.436 unit atau berkontribusi sebesar 36,4 persen, disusul Gran Max Mini Bus 2.408 unit (19,7 persen), serta segmen LCGC (Low Cost Green Car) seperti Sigra 2.348 unit (19,3 persen) dan Ayla 764 (6,3 persen).

    “Pencapaian ini tentunya berkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan Daihatsu di seluruh Indonesia. Kami bersyukur, sepanjang Oktober 2025 lebih dari 80% penjualan Daihatsu didukung oleh segmen commercial low dan LCGC. Khusus segmen Commercial Low mendominasi penjualan Daihatsu sekitar 56% yang berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia karena menjadi mitra bisnis bagi para pelaku usaha dan UMKM baik perorangan maupun perusahaan,” ujar Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    Secara bulanan, penjualan ritel (retail sales) Daihatsu pada Oktober 2025 mencatatkan capaian sebanyak 12.196 unit, atau naik 7 persen dibandingkan bulan September 2025 lalu sejumlah 11.390 unit. Secara nasional, mobil Daihatsu khususnya pada segmen Commercial Low juga menjadi pilihan utama dengan kenaikan shares menjadi 65,5 persen, atau naik sebesar 2,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2024 lalu sebesar 63,1 persen.

    Segmen Commercial Low ini didukung oleh 2 model Daihatsu yang terdiri dari Gran Max Pikap sebanyak 34.340 unit yang mendominasi segmen Pikap Low sebesar 58,6 persen atau naik sebesar 1,5 persen dibanding tahun 2024 lalu; disusul Gran Max Mini Bus 14.098 unit dengan shares sebesar 91,8 persen di segmen Semi Commercial dengan kenaikan sebesar 0,9 persen dibandingkan tahun 2024 lalu.

    Capaian ini juga semakin memperkuat Daihatsu dengan perolehan market share sebesar 17 persen dengan capaian 112.530 unit dari pasar otomotif nasional sebanyak sekitar 660 ribu unit.

    Sebagaimana diketahui, terdapat beragam alasan konsumen memilih mobil Daihatsu sebagai kendaraan yang best value, seperti efisiensi bahan bakar optimal, harga kendaraan yang terjangkau, total cost ownership yang memberikan nilai ekonomis jangka panjang, kemudahan perawatan melalui jaringan layanan purnajual luas, serta harga jual kembali (resale value) yang stabil bahkan setelah beberapa tahun penggunaan yang menjadikan Daihatsu sebagai solusi tepat bagi masyarakat menginginkan kendaraan sebagai aset investasi.

    (dry/lua)

  • Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Jakarta

    Honda Bikers Days 2025 dipadati 32.373 bikers yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Acara kali ini mengusung tema “Brotherhood Festival”, pesertanya tembus 30 ribuan pemotor.

    Sebenarnya rangkaian HBD sudah diselenggarakan sejak jauh hari, di empat bulan besar di Indonesia, antara lain dimulai dari Istana Maimun, Medan (11 Oktober), dihadiri 1.567 bikers wilayah Sumatera. Dilanjutkan HBD Kalimantan di Dome Balikpapan (25 Oktober) yang disambut antusias 5.857 bikers, serta HBD Sulawesi di lapangan KONI Manado (1 November) yang menjadi ajang silahturahmi 4.485 pecinta sepeda motor Honda.

    Puncak kebersamaan HBD 2025 digelar di Lapangan Yonif Raider 303 Cikajang, Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (15/11). Sebanyak 20.464 bikers bersatu dalam keseruan dan cerita sesama pecinta sepeda motor Honda dari berbagai penjuru negeri.

    Selama acara, para peserta dimanjakan dengan penampilan musik dari artis nasional dan lokal, berbagai kegiatan menarik seperti Honda Modif Contest (HMC) Final Battle, kompetisi esport dan K-Pop, serta talkshow bersama HBD Founder.

    “Honda Bikers Day bukan sekadar pertemuan bikers, tetapi sebuah perayaan persaudaraan dari keberagaman. HBD telah menjadi acara tahunan yang telah mendapatkan ruang khusus di hati para pecinta sepeda motor dari berbagai lintas generasi dalam suasana yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan. Tahun ini, kami bangga karena semangat itu semakin kuat terasa di Garut,” ujar General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya.

    Kehadiran puluhan ribu bikers Honda di Garut turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama bagi pelaku UMKM lokal yang berpartisipasi di area acara maupun di jalur wisata Garut dan Tasikmalaya. Puluhan pelaku UMKM lokal hadir di puncak HBD 2025. Tak hanya menjual makanan dan minuman bagi peserta HBD, mereka juga menawarkan beragam produk khas lokal dan juga perlengkapan maupun aksesoris riding bagi pengguna sepeda motor.

    HBD telah menjadi tradisi ikonik selama lebih dari satu dekade, di mana ribuan bikers dari berbagai komunitas dan model motor Honda berkumpul. General Manager Corporate Communication PT AHM (Astra Honda Motor) Ahmad Muhibbuddin mengatakan total peserta dari tahun ke tahun sudah mencapai 220 ribu orang.

    Astra Honda Motor (AHM) menyebut HBD sebagai kegiatan silaturahmi akbar pengguna sepeda motor terbesar di dunia karena besarnya animo dan jumlah peserta yang terkumpul di satu lokasi untuk satu merek motor.

    “HBD adalah event kumpul para bikers Honda terbesar di dunia, brand Honda. Untuk event kumpul-kumpul seperti ini, yang terbesar hanya di Indonesia,” sambung Muhib.

    “Ada acara tradisi seperti ini, misalkan Philips Island sebelum MotoGP ada bikers-bikers yang riding ke Philip Island, tapi tidak sebesar ini,” tambahnya.

    (riar/lua)

  • Intip Spesifikasi Mobil Terlaris di Indonesia Oktober 2025, Harga Mulai Rp 195 Juta

    Intip Spesifikasi Mobil Terlaris di Indonesia Oktober 2025, Harga Mulai Rp 195 Juta

    Jakarta

    Bukan Toyota Avanza, bukan pula Honda Brio, tapi BYD Atto 1 lah yang berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Oktober 2025. Mobil listrik buatan China itu terjual sebanyak 9.396 unit bulan lalu. Ini menjadi bukti bahwa mobil listrik bisa juga laris asal harganya kompetitif. Seperti apa spesifikasi mobil listrik yang dijual mulai Rp 195 jutaan itu?

    Desain dan Dimensi

    Dari segi desain, BYD Atto 1 memiliki tampang modern dan sporty ala hatchback kekinian. Bahkan siluet di bagian muka acap disamakan dengan supercar Lamborghini asal Italia. Coba lihat lampu depan Atto 1, punya tarikan garis tajam yang mengingatkan pada Lamborghini Huracan.

    Selain itu, desain modern Atto 1 juga mengalir ke bagian samping hingga ke bagian belakang. Tambahan spoiler belakang dan antena bergaya shark fin makin menegaskan kesan modern. Detail-detail kecil inilah yang membuatnya punya daya tarik ekstra bagi pemilik pertama yang ingin tampil beda di jalan.

    Secara dimensi, BYD Atto 1 menghadirkan desain yang kompak dan efisien, menjadikannya ideal buat mobilitas perkotaan yang dinamis. Mobil ini punya panjang 3.925 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.590 mm, dengan jarak sumbu roda 2.500 mm dan ground clearance 155 mm.

    Interior BYD Atto 1 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Bagasi dan Akomodasi

    Sebagai mobil yang dirancang untuk pembeli mobil pertama, Atto 1 tentunya harus memiliki kapasitas bagasi yang baik dan kabin yang luas. Atto 1 mempunyai banyak cup holder di bagian pintu dan konsol tengah depan.

    Bagasi belakang mobil ini bisa menampung kapasitas 230 liter, cukup untuk menaruh tiga tas besar. Selain itu, ketika kursi baris dua dilipat, kapasitas bagasi mobil ini bisa bertambah menjadi 930 liter.

    Baterai dan Performa

    BYD Atto 1 mempunyai dua pilihan baterai dan jarak tempuh. Atto 1 tipe Dynamic punya kapasitas baterai 30,08 kWh dengan jarak tempuh 300 km, sementara Atto 1 tipe Premium punya kapasitas baterai 38,88 kWh dengan jarak tempuh hingga 380 km.

    Untuk pengecasan, versi Dynamic dibekali sistem DC charging 30 kW, sementara versi Premium dilengkapi DC charging 40 kW. Sistem pengisian cepat ini bisa bikin Atto 1 dicas dari 30-80% hanya dalam 30 menit.

    Di atas kertas, BYD Atto 1 punya tenaga 55 kW dan torsi 135 Nm. Mobil ini diklaim bisa berakselerasi 0-50 km/jam dalam 4,9 detik, serta kecepatan maksimal hingga 130 km/jam. Performa tersebut tentunya sudah lebih dari cukup untuk sebuah mobil perkotaan.

    BYD Atto 1 Foto: Dok. BYD Motor Indonesia

    Fitur dan Safety

    Meski harganya relatif terjangkau, BYD Atto 1 sudah dilengkapi banyak fitur. Contohnya seperti pengaturan elektrik kursi pengemudi di varian Premium. Masih di varian itu, terdapat fitur wireless charging, juga fitur kaca depan auto up down. Mobil ini juga sudah dilengkapi headunit touchscreen dengan fitur Apple Car Play dan Android Auto.

    Soal safety, mobil listrik ini sudah dilengkapi 4 airbag untuk pengemudi dan penumpang di versi Dynamic. Kalau mau yang lebih lengkap, versi Premium siap memberikan proteksi ekstra lewat 6 airbag, termasuk tirai samping yang melindungi kepala saat ada benturan dari arah samping.

    Atto 1 juga dibekali sederet fitur keselamatan aktif. Ada ABS yang bikin mobil tetap bisa dikendalikan saat rem mendadak, ditambah EBD untuk distribusi pengereman yang lebih merata. Selain itu masih ada fitur Traction Control, Electronic Stability Control, hingga Hill-Start Assist.

    Harga

    BYD Atto 1 dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Atto 1 versi Dynamic dijual Rp 195.000.000. Sedang versi Premium dipasarkan dengan harga Rp 235.000.000. Harga tersebut berstatus OTR Jakarta.

    (lua/riar)

  • Komitmen VinFast di Indonesia, Gandeng dan Berdayakan Sekolah di Sekitar Pabrik

    Komitmen VinFast di Indonesia, Gandeng dan Berdayakan Sekolah di Sekitar Pabrik

    Jakarta

    VinFast siap menggandeng sekolah dan universitas di Indonesia untuk bersama-sama belajar mengembangkan mobil listrik. VinFast bakal memberdayakan sekolah-sekolah di sekitar pabrik baru mereka yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

    Produsen mobil listrik asal Vietnam terus menegaskan komitmennya di Indonesia. Tidak hanya membangun pabrik dan ekosistem listrik terpadu, VinFast juga siap melakukan transfer pengetahuan kepada sumber daya lokal Indonesia.

    “Untuk transfer teknologi, kami akan menjalin kerjasama dengan istilahnya sekolah-sekolah vokasional ataupun dengan universitas di sekitar pabrik kami, nanti ke depannya,” ungkap CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto dalam acara detikcom Leaders Forum di Jakarta, Kamis (13/11/2025).

    “Kami sudah merekrut tenaga-tenaga yang kerja sudah tersedia. Tapi, kami juga mempersiapkan istilah yang dari fresh, yaitu misalnya dari sisi sekolah kejuruan, atau misal dari sebuah jurusan dari universitas yang terkait dengan bidang yang kami butuhkan,” tambah dia.

    “Kami juga sudah mengirim beberapa SDM, misalnya di level tertentu itu untuk belajar dulu ke Vietnam, untuk mempelajari, sehingga pada saat nanti kembali ke sini, sudah langsung siap, istilahnya menjalankan proses produksi di pabrik kami. Dan itu akan terus kami kembangkan,” terang Kariyanto lagi.

    Kariyanto juga menegaskan bahwa kolaborasi dengan lokal ini nantinya juga akan terus dikembangkan ke ekosistem-ekosistem yang lain, termasuk dengan para stakeholder lainnya.

    Diberitakan sebelumnya, pabrik VinFast di Subang dibangun sejak pertengahan tahun 2024 lalu. Kapasitas pabrik VinFast di Indonesia mencapai 50 ribu unit per tahun dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000 hingga 3.000 orang.

    Fasilitas pabrik VinFast di Subang ini akan mencakup beberapa area produksi utama, seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop, area pengujian, dan masih banyak lainnya. Adapun model mobil listrik pertama yang akan diproduksi di sini adalah mobil listrik mungil VF 3.

    (lua/din)

  • Jadwal MotoGP Valencia 2025 Nanti Malam

    Jadwal MotoGP Valencia 2025 Nanti Malam

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Valencia 2025 bisa Anda simak di sini. MotoGP Valencia 2025 bisa Anda saksikan melalui saluran televisi Trans7 dan sejumlah aplikasi live streaming berbayar seperti SPOTV dan Vision+.

    MotoGP 2025 memasuki pengujung musim. Seri ke-22 alias seri penutup MotoGP musim ini diselenggarakan di Sirkuit Valencia, Spanyol. MotoGP Valencia 2025 digelar 14-16 November 2025.

    Sebagai informasi, musim lalu MotoGP Valencia dibatalkan karena terjadi bencana banjir bandang. Lalu Sirkuit Catalunya di Barcelona yang berdekatan lokasinya ditunjuk jadi pengganti.

    Kali terakhir Valencia menyelenggarakan MotoGP pada 2023 lalu, di mana Francesco Bagnaia keluar sebagai juaranya, diikuti oleh Johann Zarco, dan Jack Miller. Kemenangan ‘Pecco’ Bagnaia di Valencia itu sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia MotoGP 2023, mengungguli Jorge Martin yang jadi pesaing terdekatnya.

    Untuk penggemar MotoGP yang sudah rindu menyaksikan aksi pebalap di Sirkuit Valencia, jangan lupa untuk menyaksikan balap utama nanti malam. Kemarin Sabtu (15/11), sprint race MotoGP Valencia 2025 sudah diselenggarakan dengan Alex Marquez keluar sebagai juaranya, diikuti Pedro Acosta dan Raul Fernandez.

    Sementara Pecco yang pernah menjuarai balap utama MotoGP Valencia 2023, justru tampil buruk di sprint race MotoGP Valencia 2025 dengan hanya mampu finis ke-14. Pecco sendiri memang sudah tampil buruk sejak sesi kualifikasi, di mana dia hanya mampu menempati posisi ke-16.

    Anda bisa menyaksikan aksi para pebalap MotoGP di Valencia malam ini. Balap utama MotoGP Valencia 2025 dimulai sejak pukul 17.00 WIB, dengan menu balap kelas Moto3, disusul balap Moto2 pada jam 18.15 WIB, dan ditutup dengan balap utama MotoGP pada pukul 20.00 WIB.

    Jadwal MotoGP Valencia 2025

    Minggu (16/11)

    1. 17:00 WIB: Race Moto3 20 Laps
    2. 18:15 WIB: Race Moto2 22 Laps
    3. 20:00 WIB: Race MotoGP 27 Laps.

    (lua/riar)

  • Wujud Motor Pertama Honda yang Desainnya Mirip Sepeda Kumbang

    Wujud Motor Pertama Honda yang Desainnya Mirip Sepeda Kumbang

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Minggu, 16 Nov 2025 07:15 WIB

    Motegi – Redaksi detikOto berkesempatan melihat langsung Honda Type A di Motegi, Jepang. Kendaraan tersebut merupakan motor pertama buatan Honda. Bagaimana wujudnya?

  • Kemeriahan Honda Bikers Day 2025! Diserbu 32 Ribu Pemotor

    Meriah! Honda Bikers Day 2025 Dipadati Pemotor dari Penjuru Negeri

    Jakarta

    Puluhan ribu pemotor memadati malam puncak Honda Bikers Day 2025 di Yonif 303 SSM Cibuluh, Garut, Jawa Barat, Sabtu (15/11/2025). Dalam pantauan detikcom, suasananya tetap ramai meski diguyur hujan.

    Honda Bikers Day tiap tahunnya merupakan sebuah momentum bagi pengguna sepeda motor untuk merayakan kebersamaan dan saling mempererat tali persaudaraan.

    “Saya berharap semua keadaan sehat setelah melewati perjalanan jauh, saya bangga sama semua bikers Honda di sini. Hebat, membanggakan,” ujar Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Susumu Mitsuishi, saat memberikan sambutan di Garut, Jawa Barat, Sabtu (15/11/2025).

    “Bukan hanya penggemar sepeda motor Honda, tapi kita di sini bersatu merayakan kebersamaan, pengalaman tak terlupakan saat perjalanan ke Garut. Selamat bersenang senang dan berbagi cerita dalam acara gathering penggemar sepeda motor Honda, terbesar di bumi,” tambahnya lagi.

    Rangkaian kegiatan HBD dimulai dari Sumatera, tepatnya di Istana Maimun, Medan pada 11 Oktober 2025, dilanjut ke DOME BSCC Balikpapan, Kalimantan Timur pada 25 Oktober 2025, kemudian berlanjut ke pulau Sulawesi yang diadakan di Lapangan KONI Manado, Sulawesi Utara pada 1 November 2025.

    Pada setiap lokasi,bikers Hondadari berbagai klub dan komunitas berkumpul, merasakan kebersamaan yang erat dengan semangat solidaritas yang semakin kuat. Aksi kebersamaan ini semakin lengkap dengan adanya kegiatan kontribusi bagi keberlanjutan bangsa Indonesia melalui kehadiran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga aktivitas sosial bagi masyarakat sekitar.

    HBD telah hadir lebih dari satu dekade sebagai ajang tahunan yang mempertemukan puluhan ribu pengguna sepeda motorHondadari Sabang hingga Merauke. Kali ini peserta yang datang paling jauh ke HBD 2025 dari Aceh. Dia mengatakan target peserta yang datang pada HBD kali ini bisa tercapai sekitar 30 ribuan.

    “Touring terjauh, benar benar full touring dari Aceh, Honda Community Aceh, cuma kalau gak full touring, itu ada dari Papua,” kata General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra HondaMotor (AHM), Andy Wijaya.

    Tak ketinggalan, final battle Honda Modif Contest, aktivitas komunitas dan generasi muda, hingga hiburan musik dari Wali menjadi bagian dari puncak kebersamaan ini.

    (riar/din)