Jenis Media: Otomotif

  • Harga Tembus Rp 850 Juta, Apa Keunggulan Moto Guzzi Stelvio?

    Harga Tembus Rp 850 Juta, Apa Keunggulan Moto Guzzi Stelvio?

    Jakarta

    PT Piaggio Indonesia (PTPI) resmi memasarkan moge premium terbaru mereka, Moto Guzzi Stelvio. Tampil dengan gaya motor petualang, Moto Guzzi Stelvio dijual dengan harga fantastis, tembus Rp 850 juta. Lantas apa saja keunggulan moge racikan Italia ini?

    “Kami dengan bangga menghadirkan Moto Guzzi Stelvio terbaru, sebuah kendaraan roda dua penjelajah bergaya modern dengan gaya unik dan teknologi mutakhir. Jajaran model Moto Guzzi terus berkembang dan mendobrak batasan dalam berkendara on-road dan off-road, dengan karakter motor tangguh untuk menjelajahi berbagai rute di Indonesia,” ungkap Marco Noto La Diega selaku Managing Director dan Country CEO PT Piaggio Indonesia, dalam keterangannya.

    Kehadiran Moto Guzzi Stelvio menandai kesuksesan Moto Guzzi di abad keduanya, dengan melanjutkan warisan dalam menciptakan kendaraan roda dua yang otentik, serta terobosan inovatif untuk memenuhi kebutuhan setiap pengendara.

    Motor ini mengusung perpaduan sempurna antara warisan brand Moto Guzzi yang memiliki pengalaman dan keahlian selama lebih dari 100 tahun, serta dilengkapi teknologi terkini, sehingga cocok buat para petualang yang mencari keseruan berkendara. Tidak ketinggalan, Moto Guzzi Stelvio juga dirancang dengan teknologi mutakhir, sehingga menawarkan perjalanan yang sempurna, berkat kombinasi kenyamanan dan kepuasan berkendara, serta semangat untuk bertualang.

    Nama Stelvio diambil dari nama jalan pegunungan tertinggi di Italia dan telah menjadi rute paling legendaris untuk kendaraan roda dua. Dengan 48 tikungan tajam, rute ini merefleksikan keseruan, eksplorasi, dan pencapaian setiap petualang.

    Moto Guzzi Stelvio Foto: Dok. Moto Guzzi

    Motor pertama dengan sensor radar

    Moto Guzzi Stelvio adalah model pertama dari jajaran produk Moto Guzzi yang dilengkapi dengan PFF Rider Assistance Solution. Teknologi canggih ini menggunakan radar 4D Imaging, dengan sensor yang terletak di atas dan di bawah lampu depan, menawarkan cakupan yang lebih luas dan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan sensor ultrasonik tradisional.

    Didesain khusus untuk kendaraan roda dua, inovasi ini menjawab tantangan dinamis yang berbeda dengan mobil, terutama dengan sudut kemiringan saat melintasi tikungan. Moto Guzzi Stelvio menawarkan mode berkendara yang lebih luas, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi dan preferensi pengendara, yang meliputi:

    · Tour: Cocok untuk perjalanan jarak jauh.

    · Rain: Dioptimalkan saat cuaca kurang baik.

    · Road: Disesuaikan untuk kondisi jalan sehari-hari.

    · Sport: Dirancang untuk pengendaraan yang penuh tantangan dan performa tinggi.

    · Off-Road: Dirancang untuk petualangan off-road yang menantang.

    Moto Guzzi Stelvio Foto: Dok. Moto Guzzi

    Performa mesin maksimal

    Model ini dilengkapi mesin V-twin melintang 90° compact block, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 113,4 dk pada 8.700 rpm dan torsi maksimum 105 Nm pada 6.750 rpm. Selain itu, agar emisi yang dihasilkan lebih efisien, pengendara disarankan untuk menggunakan bahan bakar RON 95 untuk mengoptimalkan standar emisi Euro 5+ yang dirancang khusus untuk kendaraan ini.

    Fitur-fitur pendukung

    Moto Guzzi Stelvio semakin unggul dengan hadirnya sistem kelistrikan dan kemampuan pengisian daya yang juga lebih efisien. Fitur standarnya meliputi sistem pencahayaan LED lengkap dengan Daytime Running Lights (DRL) dan sistem ‘lampu tekuk’ yang inovatif, dimana terdapat lampu depan tambahan di kaca depan untuk menerangi bagian dalam tikungan, sehingga meningkatkan visibilitas saat pengguna berada di posisi berkendara. Selain itu, tersedia pula port USB yang terletak di sebelah layar indikator.

    Moto Guzzi Stelvio Foto: Dok. Moto Guzzi

    (lua/din)

  • Ini Jenis Baterai Kendraan Listrik yang Diproduksi UABS Indonesia

    Ini Jenis Baterai Kendraan Listrik yang Diproduksi UABS Indonesia

    Jakarta

    PT Unified Advanced Battery System (UABS) resmi mengoperasikan pabrik battery pack pertama mereka di Indonesia. Pabrik ini masih satu kompleks dengan fasilitas pabrik milik SAIC International Industrial Park. Lantas seperti apa spesifikasi baterai yang diproduksi pabrik seluas 5.000 meter persegi ini?

    Sekadar informasi, UABS Indonesia merupakan perusahaan yang didirikan oleh SAIC-CATL dengan Kentjana Group (PT Agung Kentjana Abadi). Shareholding SAIC-CATL 67% (SAIC 51%-CATL 49%), sementara 33% sisanya dimiliki Kentjana Group.

    Pabrik yang didirikan UABS Indonesia memiliki nilai investasi sekitar 45 juta yuan atau setara Rp 100 miliar. Pada tahap awal, pabrik ini akan mendatangkan komponen, serta modul CKD dari China yang nantinya akan dikemas menjadi sebuah baterai utuh. Pabrik ini mampu memproduksi battery pack sebanyak 20 ribu unit per tahun.

    Adapun jenis baterai yang diproduksi dalam fasilitas manufaktur PT UABS Indonesia adalah baterai lithium iron phosphate (LFP) dan nikel mangan kobalt (NMC) yang memiliki nama E1 dan E2. Saat ini, PT UABS Indonesia sudah memproduksi tiga produk baterai, E1-51 kWh, E2-51 kWh, dan E2-64 kWh. Seluruh baterai ini telah melewati berbagai pengujian terpadu untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

    “CATL adalah merek baterai nomor satu di dunia, tidak hanya di China. Mereka punya pangsa pasar sekitar setengah dari seluruh dunia. Sementara itu SAIC Group, jadi merek kendaraan nomor satu. SAIC sangat besar di China, memiliki lini produk mobil, bus, dan truk, di mana MG menjadi salah satu mereknya,” kata Presiden Direktur PT UABS Indonesia Wang Wei.

    MG Motor Indonesia menjadi pengguna pertama baterai buatan PT UABS di Indonesia pada tahun 2024. Baterai buatan PT UABS Indonesia siap disematkan di kendaraan listrik MG seperti MG 4 EV dan MG ZS EV yang saat ini sudah dirakit di fasilitas pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

    Sejak didirikan pada 2017 di China, UABS telah dikenal sebagai pemasok power battery kualitas tinggi dan andal untuk SAIC Group, dengan lebih dari 500.000 sistem baterai yang mengutamakan kualitas dan aspek keamanan.

    “Dengan semangat baru ‘We Care’ yang kami pegang di MG Indonesia, kami percaya bahwa langkah strategis ini dapat berdampak positif bagi lingkungan hidup di Indonesia melalui kendaraan listrik berkualitas yang kompetitif serta bagi masyarakat melalui lapangan pekerjaan baru. MG pun melihat kemitraan ini menjadi langkah baru untuk mobilitas hijau di Tanah Air,” bilang Chief Executive Officer MG Motor Indonesia, He Guowei, dalam keterangan resminya.

    (lua/dry)

  • Sepi Peminat, Hyundai Tak Berencana Suntik Mati Ioniq 6 di Indonesia

    Sepi Peminat, Hyundai Tak Berencana Suntik Mati Ioniq 6 di Indonesia

    Jakarta

    Hyundai Ioniq 6 tidak begitu laris di segmen mobil listrik Tanah Air. Pasar mobil sedan di Indonesia memang tak sebesar model lain. Apalagi Ioniq 6 menyasar kalangan atas dengan banderolan di atas Rp 1 miliar.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales September 2024, Ioniq 6 hanya laku 8 unit. Secara total dari Januari-September, mobil itu terdistribusi sebanyak 39 unit.

    Di segmen yang sama, BYD justru unggul. BYD Seal menempati urutan empat dalam daftar mobil listrik terlaris selama September 2024. Mobil ini sama-sama mengisi segmen sedan listrik.

    “Ioniq 6 belum ada rencana untuk menghentikan,” kata Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia, Budi Nur Mukmin di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11).

    “Kita berbicara pasar sedan di level premium, memang tidak sebesar kategori Ioniq 5 di pasar SUV yang sekarang ini mungkin sekitar 30 persenan segmen otomotif di Indonesia dikuasai SUV,” tambahnya lagi.

    Meski sama-sama sedan listrik, namun harga Ioniq 6 dan BYD Seal sangat berbeda. Jika BYD Seal hanya Rp 600-700 jutaan, sementara Hyundai Ioniq 6 tembus Rp 1,2 miliar.

    Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan Ioniq 6 menyasar segmen menengah atas. Di sisi lain menjual mobil listrik di atas Rp 1 miliar punya pendekatan berbeda dibandingkan mobil listrik ‘murah’. Sebab, target market-nya sangat terbatas dan hanya menyentuh kalangan tertentu saja.

    “Ioniq 6 karena styling, dia enggak begitu besar penjualannya. Intinya, dia memenuhi segmen pasar tertentu yang ingin punya mobil EV dengan high performance, baik itu interior, eksterior ataupun teknologinya. Itu yang kita dapatkan di situ. Sehingga kita memperkenalkan namanya Ioniq 6,” jelas Frans.

    (riar/dry)

  • Motor Listrik Buatan Mojokerto Savart Diuji Ketahanan Sejauh 3.000 Km

    Motor Listrik Buatan Mojokerto Savart Diuji Ketahanan Sejauh 3.000 Km

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Indonesia, Savart menguji ketahanan motor listrik Savart S-1P sejauh 3.000 km! Tunggangan ramah lingkungan tersebut melintas dari Pulau Jawa ke Pulau Bali.

    Uji ketahanan itu berlangsung mulai 24 Oktober hingga 5 November 2024. Rute yang dipilih terbilang berat, yakni Depok, Sukabumi, Garut, Kebumen, Pacitan, Blitar, Lumajang, Banyuwangi dan berakhir di Bali.

    Perjalanan tersebut menggunakan dua unit motor listrik Savart S-1P. Hasilnya, meski perjalanannya cukup berat, tunggangan tersebut mampu finis di pemberhentian terakhir.

    “Uji ketahanan ini bukan hanya untuk melihat sejauh mana Savart S-1P dapat bertahan, tetapi juga menunjukkan kekuatan produksi kami,” ujar Garry S. P. Taifan selaku Chief Operating Officer (COO) Savart Motors melalui keterangan resmi, Kamis (7/11).

    “Motor ini dibangun dengan standar manufaktur tinggi untuk menghadapi kondisi ekstrem. Hasil uji ini membuktikan bahwa kami siap menghadapi tantangan mobilitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam berbagai medan,” tambahnya.

    Motor listrik Savart. Foto: Doc. Savart.

    Savart S-1P merupakan motor listrik yang dirakit secara lokal di Jetis, Mojokerto, Jawa Timur. Kendaraan tersebut mengusung desain skuter matik dengan dimensi bongsor.

    Savart S-1P menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 19 dk. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 120 km/jam dengan tiga mode berkendara.

    Baterainya NCM 4,7 kwh dengan jarak tempuh 100-110 km! Sementara untuk mengecasnya dari nol ke 100 persen memerlukan waktu 4-5 jam. Savart S-1P dibanderol mulai dari Rp 56 juta dengan status on the road Jakarta.

    Motor listrik Savart. Foto: Doc. Savart.

    Di kesempatan yang sama, Savart Motors juga mengumumkan kemitraan dengan Planet Ban. Konsumen motor listrik tersebut kini dapat mengakses layanan pemeliharaan kendaraan di delapan toko Planet Ban di Jakarta selama fase pertama komersialisasi.

    “Motor listrik Savart dirancang dengan mempertimbangkan pemeliharaan dan ketahanan jangka panjang, yang sangat sesuai dengan visi kami di Planet Ban. Sebagai mitra purna jual resmi Savart, kami antusias memberikan layanan yang menjamin kendaraan tetap optimal di jalan,” kata Wisnu Satriya selaku Chief Innovation Officer Planet Ban.

    (sfn/dry)

  • Nasib Industri Kendaraan Listrik di Tangan Donald Trump

    Nasib Industri Kendaraan Listrik di Tangan Donald Trump

    Jakarta

    Donald Trump kembali terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat setelah mengalahkan Kamala Harris. Nasib industri otomotif, khususnya kendaraan listrik, di tangan Donald Trump diprediksi berada dalam periode ketidakpastian.

    Dikutip CNBC, kemenangan Donald Trump atas Kamala Harris diperkirakan akan membawa industri kendaraan listrik Amerika Serikat ke dalam periode ketidakpastian. Diketahui, Partai Republik yang dipimpin Trump sebagian besar mengutuk kendaraan listrik. Mereka menyebut kendaraan listrik terlalu dipaksakan untuk konsumen.

    Trump telah berjanji untuk mencabut atau menghilangkan banyak standar emisi kendaraan di bawah Badan Perlindungan Lingkungan serta insentif untuk mempromosikan produksi dan adopsi kendaraan listrik peninggalan pemerintahan Biden, seperti Undang-Undang Pengurangan Inflasi (Inflation Reduction Act/IRA).

    Banyak investasi dalam hal produksi kendaraan listrik di bawah undang-undang IRA. Orang dalam industri otomotif dan pejabat lainnya mengatakan akan sulit bagi Trump untuk benar-benar memusnahkan IRA. Namun, Trump bisa saja menghentikan dana atau membatasi subsidi kendaraan listrik melalui perintah eksekutif atau tindakan kebijakan lainnya.

    “Setiap kali ada perubahan pemerintahan, itu adalah waktu yang menarik bagi industri karena kita harus melalui kebijakan dan peraturan baru dan harus memberi tahu orang-orang baru tentang siapa kita dan apa yang kita lakukan,” kata David Christ, Wakil Presiden Grup dan Manajer Umum Toyota Amerika Utara.

    “Pemerintahan terkadang berubah setiap empat tahun, jadi kami tidak benar-benar melakukan banyak modifikasi strategi,” katanya.

    Beberapa analis Wall Street berspekulasi bahwa produsen mobil khususnya perusahaan Detroit seperti General Motors dan Ford Motor akan menjadi pemenang terbesar di masa jabatan Trump.

    “Kami melihat F (Ford) dan GM sebagai penerima manfaat utama dari pemerintahan Trump,” kata analis BofA Securities John Murphy. “Rezim lingkungan saat ini akan menekan bisnis inti dari (produsen mobil) lama untuk melakukan dekarbonisasi pada akhir dekade ini sambil beralih dengan cepat ke portofolio EV.”

    Toyota juga bisa diuntungkan jika regulasi kendaraan listrik dikurangi atau dihilangkan. Sebab, produsen mobil Jepang itu belum berinvestasi pada kendaraan listrik murni. Toyota lebih banyak menggarap kendaraan hybrid.

    (rgr/dry)

  • Wuling Jamin Harga Almaz dan Alvez Bekas Tetap Tinggi di Tahun Ketiga

    Wuling Jamin Harga Almaz dan Alvez Bekas Tetap Tinggi di Tahun Ketiga

    Jakarta

    Wuling Motors memberikan jaminan harga jual kembali mobil-mobil SUV-nya tetap tinggi. Wuling memberikan jaminan harga bekas dua mobil SUV-nya yaitu Wuling Almaz dan Wuling Alvez tetap stabil.

    Wuling membuat terobosan dengan memperkenalkan program “Berani Lebih Bersama Wuling SUV” untuk konsumen Wuling New Almaz RS dan Wuling Alvez. Program ini menawarkan berbagai keuntungan, mulai dari Resale Value Guarantee atau jaminan nilai jual sebesar 70% di tahun ketiga, gratis biaya jasa perawatan, serta garansi seumur hidup untuk komponen inti HEV (Hybrid Electric Vehicle) bagi kendaraan Wuling Hybrid.

    “Kami ingin konsumen merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam memiliki kendaraan SUV Wuling, dengan jaminan nilai jual kembali yang tinggi serta berbagai layanan purnajual yang menguntungkan. Dengan peluncuran program ini, kami berharap dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun kepercayaan yang semakin kuat terhadap brand Wuling,” papar Ricky Christian, Marketing Operation Director Wuling Motors, dalam siaran persnya.

    Dalam program Resale Value Guarantee sebesar 70 persen, Wuling menjamin bahwa pemilik Wuling Almaz RS dan Alvez bisa mendapatkan kembali 70 persen dari harga pembelian saat menjual kembali mobilnya pada tahun ketiga. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, termasuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Wuling dan tidak adanya modifikasi pada kendaraan. Ada juga program gratis biaya jasa perawatan gratis hingga 8 tahun atau 100.000 km guna memastikan bahwa kendaraan selalu dalam kondisi terbaik tanpa tambahan biaya perawatan selama periode tersebut.

    Wuling menghadirkan garansi seumur hidup untuk komponen inti pada kendaraan Hybrid Electric Vehicle. Komponen inti itu mencakup drive motor, power battery, dan motor control unit. Dengan adanya garansi ini, Wuling menjamin keandalan kendaraan hybrid untuk jangka panjang dan memberikan rasa tenang serta aman kepada para pemilik Wuling New Almaz RS Hybrid.

    “Garansi seumur hidup untuk komponen inti HEV merupakan layanan purnajual kami yang memberikan konsumen pengalaman berkendara menggunakan teknologi hybrid dengan rasa tenang. Kami percaya bahwa komitmen ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memilih Wuling sebagai kendaraan pilihan yang berinovasi di segmen new energy vehicle,” kata Maulana Hakim, selaku Aftersales Director Wuling Motors.

    (rgr/dry)

  • Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Lantas, untuk konsumen yang melakukan pemesanan sekarang, kapan mereka menerima unitnya?

    Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengatakan, Honda Scoopy baru akan diproduksi dalam waktu dekat. Dia memastikan, pengiriman unitnya akan dimulai sebelum pergantian bulan.

    “Mulai diproduksinya bulan November ini, mulai delivery ke konsumen juga November,” ujar Thomas Wijaya kepada awak media di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11).

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Meski demikian, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan unit di dealer-dealer sehari setelah peluncuran. Dia memastikan, sejauh ini tak ada inden kendaraan.

    “Jadi konsumen sudah bisa memesan unitnya di dealer-dealer, ke showroom kami lah, ke jaringan kami,” kata dia.

    Ketika ditanya mengenai target penjualan, tak biasanya, Thomas tak mengungkapnya secara detail. Dia hanya menegaskan, angkanya tergantung minat konsumen dan kondisi pasar di Indonesia.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru merupakan generasi keenam yang banyak berubah dibandingkan model sebelumnya. Perubahan yang paling kentara dari kendaraan tersebut berada di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Potret Mobil Retro Polandia yang Sudah Ada Sejak Perang Dunia II

    Potret Mobil Retro Polandia yang Sudah Ada Sejak Perang Dunia II

    Foto Oto

    AP Photo/Czarek Sokolowski – detikOto

    Kamis, 07 Nov 2024 18:04 WIB

    Polandia – Mobil M-20 Warszawa dengan nomor seri 000001 merupakan kendaraan pertama yang meninggalkan pabrik mobil di Polandia setelah Perang Dunia II. Begini potretnya.

  • Ducati Pede Marquez Lebih Moncer dari Martin di Tim Pabrikan

    Ducati Pede Marquez Lebih Moncer dari Martin di Tim Pabrikan

    Jakarta

    Ducati bakal ditinggal Jorge Martin musim depan. Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 itu memutuskan hengkang dari Ducati setelah tidak mendapat promosi ke tim pabrikan. Ducati begitu yakin dengan memilih Marc Marquez.

    Kepergian Martin dari Ducati memang cukup mengejutkan. Pasalnya, Martin tak buruk-buruk amat jika dilihat dari kacamata orang luar. Tahun lalu dia runner up, sekarang memimpin klasemen sebagai kandidat calon juara dunia 2024.

    Tapi, Martin seperti mendapat harapan palsu. Dia tak kunjung mendapat promosi ke tim pabrikan. Apalagi setelah Marquez bergabung ke Gresini Racing, Ducati justru memilih Marquez sebagai tandem Bagnaia mulai musim 2025.

    Jika Martin juara musim ini, Ducati tidak akan bisa memakai nomor juara 1 di salah satu motornya musim depan, karena Jorge Martín akan berlabuh ke garasi Aprilia.

    Pabrikan asal Borgo Panigale ini yakin betul dengan performa Marc Marquez. The Baby Alien disinyalir bisa menghadirkan performa yang jempolan bersama seragam merah.

    “Akan sangat sulit kehilangan dia, dari sudut pandang humanis, saya sangat menyukai Jorge, dan dari sudut pandang olahraga tentunya juga, karena dia sedang menjalani akhir musim yang mengesankan,” kata Sporting Director Ducati Corse, Muaro Grassilli.

    “Kami berharap, namun kami sangat yakin, bahwa di awal musim depan kehilangan itu akan terkompensasi oleh performa Márquez,” tambah dia lagi.

    Apa yang diharapkan Muaro bisa saja terjadi, mengingat penampilan Marquez bersama Ducati moncer. Musim perdananya, dia yang menggunakan motor setahun lebih tua dari Ducati Desmosedici GP24 berada di podium ketiga klasemen sementara MotoGP. Marquez berpeluang menjadi runner-up kedua musim ini.

    (riar/din)

  • 27 Merek Mobil Ikut GJAW 2024: Ford Comeback, Ada Zeekr-Aletra

    27 Merek Mobil Ikut GJAW 2024: Ford Comeback, Ada Zeekr-Aletra

    Jakarta

    Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember, di ICE-BSD City, Tangerang. Ada sekitar 27 merek mobil yang ikut pameran ini, beberapa merek baru yang bakal hadir di pameran ini adalah Zeekr, Aletra, dan Ford.

    “Di penutup akhir tahun kami adakan Gaikindo Jakarta Auto Week, kali ini Mandiri Utama Finance GJAW. Karena akhir tahun kita ingin menggencarkan penjualan otomotif Indonesia. Harapannya para peserta bisa memberi special promotion atau diskon di pameran ini, agar meningkatkan penjualan otomotif Indonesia,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    GJAW 2024 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Lonjakan peserta GJAW kali ini cukup drastis, ada sekitar 27 merek mobil 12 sepeda motor dan total 80 brand ikut masuk industri pendukung. Nangoi berharap pameran yang lokasinya sama dengan pameran GIIAS ini bisa dibanjiri para peserta dan promosi dari APM masing-masing, sehingga industri otomotif bisa terkoreksi cukup baik akhir tahun.

    Sementara itu Ketua III Gaikindo, sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsyah mengatakan, pameran Mandiri Utama Finance GJAW 2024 bakal ada sejumlah perbaikan.

    “Karena akan lebih fokus dalam penjualan, kami bersama dengan Mandiri Auto Finance, supaya bisa secara masif mendukung penjualan di GJAW 2024 ini. Kami juga sudah merubah acaranya di kuartal 4 tahun ini karena kami anggap pas untuk melakukan penjualan akhir tahun,” bilang Rizwan dalam kesempatan yang sama.

    GJAW 2024 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    GJAW kali ini begitu besar, ada kenaikan 42 persen dari jumlah peserta, dari 19 merek sekarang sudah 27 merek. Totalnya yang ikut 85 peserta, ini berarti ada kenaikan 32 persen.

    “Tempatnya pun kami sudah pindahkan ke ICE BSD City. Enam hall. Kami harapkan bahwa GJAW tahun ini akan lebih meriah lagi dan lebih sukses apalagi kami didukung oleh Mandiri Auto Finance,” terang Rizwan.

    Selain itu, ada merek-merek baru yang berpartisipasi dalam GJAW 2024 kali ini, yakni dua merek asal China, Zeekr dan Aletra. “Dan juga yang menggembirakan, brand lama datang kembali, Ford ikut lagi,” ungkap Rizwan.

    (lua/dry)