Jenis Media: Otomotif

  • Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Jakarta

    Produsen bus berlomba-lomba melakukan perakitan dengan penggunaan komponen dalam negeri. SAG misalnya yang menggandeng karoseri lokal untuk mewujudkan hal itu.

    Pemerintah tengah gencar menggenjot percepatan kendaraan listrik di Tanah Air. Tak hanya mobil listrik yang dapat karpet merah berupa insentif PPN dari 11 persen jadi 1 persen, bus listrik juga bisa mendapat keistimewaan tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi para produsen kendaraan listrik untuk bisa mendapat insentif tersebut.

    Persyaratan itu dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

    Pada pasal 3 ayat (1), mobil dan bus listrik tertentu yang berhak mendapatkan insentif PPN ini harus memenuhi kriteria nilai TKDN (tingkat komponen dalam negeri). Adapun kriteria nilai TKDN yang dimaksud sebagai berikut:

    a. KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen);

    b. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen); dan

    c. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) sampai dengan kurang dari 40% (empat puluh persen).

    Guna memenuhi aturan tersebut, produsen bus berlomba-lomba untuk meningkatkan TKDN pada produknya. Salah satunya PT Sinar Armada Globalindo yang menggandeng karoseri lokal PT Piala Mas Industri (Piala Mas) guna merakit bus dengan penggunaan komponen lokal sesuai aturan.

    “SAG bangga mengumumkan kerja sama terbarunya dengan Piala Mas. Kemitraan yang kami lakukan ini memperkuat komitmen kami terhadap transportasi publik yang lebih rendah emisi sehingga berkontribusi terhadap transisi Indonesia menuju ekonomi yang lebih bersih,” ungkap Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis SAG Andre Jodjana dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    SAG gandeng Piala Mas tingkatkan TKDN bus listriknya. Foto: Dok. SAG

    Selain peningkatan penggunaan komponen lokal, kemitraan ini juga diharapkan bisa terjadi transfer teknologi antara kedua belah pihak. Dengan begitu, kualitas komponen buatan lokal bisa meningkat dan dapat bersaing di pasar internasional.

    Di sisi lain, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah meluncurkan Dokumen Peta Jalan Implementasi E-Mobility untuk program transportasi massal berbasis bus rapid transit (BRT) yang bertujuan untuk mencapai target 90 persen elektrifikasi armada transportasi publik perkotaan pada tahun 2030. Atau setara dengan lebih dari 45.000 unit bus listrik di 42 kota, dan target 100 persen pada 2040. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor transportasi darat.

    SAG juga meyakini bahwa dengan penerapan TKDN terhadap bus listrik yang akan diproduksinya dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan kembali menghidupkan industri-industri kecil dalam negeri. Dengan demikian, perekonomian nasional bisa terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan.

    Di industri bus dalam negeri, SAG pada tahun 2019 telah meluncurkan bus Low Deck 12M ke Indonesia. Bus tersebut telah beroperasi pada tahun 2023. SAG rencananya akan mengoperasikan bus High Deck 12M yang akan beroperasi sebagai armada TransJakarta mulai Desember 2024.

    (dry/din)

  • Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Jakarta

    Mobil Daihatsu Ayla yang dikemudikan anggota kepolisian Direktorat Lalulintas Polda Lampung, Bripka Jody Prasetyo dan ditumpangi pegawai PT HKA bernama Melin Dwi menghantam truk dari arah belakang di Jalan Tol Lampung. Bagaimana kondisi kendaraan tersebut?

    Sebagai catatan, Daihatsu Ayla yang dikemudikan Bripka Jody melesat kencang sebelum mengalami kecelakaan tragis. Imbasnya, Bripka Jody mengalami luka parah dan penumpangnya, Melin Dwi dilaporkan meninggal dunia.

    Selain itu, mobil mungil tersebut juga rusak parah dan kondisinya benar-benar mengkhawatirkan. Melalui foto yang detikcom terima, kendaraan itu hancur di bagian depan hingga mesinnya terbuka, beberapa titik juga terlihat meleyot termasuk kap dan area di sekitar roda depan.

    Atapnya ambles hingga kendaraan nyaris gepeng, kemudian kaca-kaca di area jendela hancur dan lepas dari dudukannya. Kerusakan lainnya terlihat di bagian pintu dan ekor kendaraan.

    Crumple Zone di sasis mobil. Foto: Toyota

    Sebagai catatan, mobil punya crumple zone (zona benturan) yang terdapat di area depan. Ini membuat bagian depan kendaraan akan lebih mudah hancur ketika terjadi benturan keras. Crumple zone merupakan zona di kendaraan yang didesain untuk menyerap energi kinetik saat kecelakaan.

    Crumple zone pada mobil akan mudah hancur dengan maksud agar kabin penumpang tidak ikut rusak sehingga penghuni mobil selamat. Hal itu berbeda dengan teori desain kendaraan lama. Crumple zone umumnya berada di bagian depan dan belakang mobil. Zona itu akan menyerap energi kecelakaan yang dikembangkan saat terjadi benturan.

    Crumple zone dirancang secara khusus sehingga memungkinkan mudah terdeformasi. Sementara bagian kabin penumpang diperkuat dengan menggunakan baja berkekuatan tinggi dan bahan lainnya sehingga keselamatan penghuni kendaraan lebih terjamin.

    Kronologi Kejadian

    Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan, kronologi kecelakaan terjadi saat mobil yang dikendarai Bripka Jody Prasetyo melaju dari arah Bakauheni, Lampung Selatan menuju Bandar Lampung.

    “Menurut keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang ditemukan di TKP, awalnya mobil yang dikendarai oleh Bripka Jody berjalan dari arah Bakauheni menuju arah Bandar Lampung, diduga berjalan dengan kecepatan tinggi dan melaju di lajur lambat,” kata dia kepada detikSumbagsel, Jumat (8/11).

    Namun sesampainya di TKP, diduga mobil ini berusaha mendahului kendaraan lain yang berada di depannya dengan cara berpindah ke lajur kanan, bersamaan dengan itu di lajur kanan terdapat jendaraan yang diduga berjenis fuso.

    “Karena jarak sudah terlalu dekat, akhirnya mobil Bripka Jody menabrak bagian bak belakang fuso, setelah itu mobil hilang kendali kekanan menabrak median jalan lalu terbalik,” lanjutnya.

    Dalam peristiwa tersebut, Bripka Jody Prasetyo mengalami luka cukup berat. Bripka Jody langsung dilarikan ke rumah sakit.

    “Untuk korban berat yakni Bripka Jody saat ini tengah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bob Bazaar, sementara pegawai PT HKA Gate Tol atas nama Melin yang meninggal dunia di lokasi telah dibawa ke rumah duka,” kata dia.

    Di kesempatan lain, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, ada batas kecepatan yang harus dipatuhi saat mengemudi mobil di jalan tol. Andai dilanggar, risiko celaka mungkin saja terjadi.

    “Batas kecepatan yg aman adalah 60 – 80 km/jam, jika mendahului boleh di 100 km/jam tetapi biasakan tidak lebih dari 2 menit,” ujar Sony kepada detikOto, Sabtu (9/11).

    “Yang paling masuk akal adalah berjalan di sisi kiri dengan kecepatan 60 km/jam, karena di kecepatan tersebut lah pengemudi paling mampu mengantisipasi ban selip,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Full Tank Bisa Dipakai Jakarta-Purwokerto!

    Full Tank Bisa Dipakai Jakarta-Purwokerto!

    Jakarta

    Honda PCX 125 2025 telah meluncur untuk konsumen di Eropa. Skuter matik bongsor tersebut menawarkan sejumlah keunggulan, mulai dari fiturnya yang ‘segambreng’ hingga mesinnya yang irit bahan bakar.

    Dilansir dari laman Motorcycle News, Sabtu (9/11), Honda PCX 125 2025 menggunakan mesin eSP+ SOHC 125cc dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 12,3 dk dan torsi puncak 11,7 Nm.

    Konsumsi BBM-nya termasuk irit. Honda mengklaim angkanya mencapai 47,6 km/liter. Sementara kapasitas tangkinya mencapai 8,1 liter. Itu tandanya, dalam kondisi full tank, kendaraan bisa dipakai untuk menempuh jarak 386 km!

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Jarak tersebut setara dengan Jakarta-Purwokerto atau Jakarta Pekalongan via jalan umum. Bahkan, jika dipakai untuk pulang-pergi Bandung, bensinnya masih sisa cukup banyak!

    Namun, perlu dicatat, angka tersebut hanya hitung-hitungan kasar. Sementara untuk mengetahui angka pastinya, kita perlu melakukan penghitungan melalui skema fuel to fuel.

    Pembaruan di Honda PCX 2025

    Honda PCX 125 2025 kini memiliki tampang lebih agresif dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 125 terbaru juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Geser ke bagian belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu sein. Kini lampu remnya berbetuk huruf ‘V’, berubah dari sebelumnya yang bentuknya mirip huruf ‘X’. Sementara lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Nah, yang menarik, area setang yang biasanya telanjang mirip setang motor sport, kini menggunakan cover seperti Honda Forza. Ini tentunya menghilangkan identitas Honda PCX yang sebelumnya selalu menggunakan setang model telanjang. Cover setang PCX 125 2025 menggunakan paduan warna hitam dan silver.

    Honda PCX 125 2025 juga ditawarkan dalam varian DX. Varian DX ini memiliki panel instrumen atau speedometer baru. Menggunakan layar TFT ukuran 5 inci, panel layar ini bisa menjalankan fungsi konektivitas smartphone Honda RoadSync.

    Honda PCX 125 juga dilengkapi beberapa fitur penting lainnya, seperti Idling Stop System (ISS) dan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC), untuk mencegah roda belakang tergelincir saat kehilangan traksi.

    (sfn/dry)

  • Klasemen Paling Buncit, Adik Rossi Lebih Bahagia di Honda Ketimbang Ducati

    Klasemen Paling Buncit, Adik Rossi Lebih Bahagia di Honda Ketimbang Ducati

    Jakarta

    Luca Marini belum kompetitif bersama Honda, jangankan podium, finis 10 besar saja tidak pernah. Tapi Marini merasa lebih bahagia dengan Honda ketimbang saat berseragam Ducati.

    Musim lalu Marini berhasil menduduki peringkat delapan klasemen MotoGP 2023. Dia mengemas 201 poin, adik tiri Valentino Rossi ini pernah menjadi runner up di MotoGP Amerika dan posisi ketiga di MotoGP Qatar. Marini juga rajin finis 10 besar.

    Sejak berseragam Honda, Luca Marini kesulitan meraih poin. Dia meraih poin perdana setelah 9 seri digelar. Tepatnya di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

    Marini mengakui motor RC213V yang dikendarainya saat ini kalah saing dengan para rival. Hal itu berpengaruh pada performanya di lintasan, termasuk sulitnya merebut poin di MotoGP 2024.

    Saat ini Marini berada di posisi 23 klasemen sementara MotoGP 2024. Sebagai pebalap regular, Marini berada paling buncit dengan sudah mengoleksi 14 poin.

    Di balik kesulitan ini, Marini coba mendapatkan kisah positif. Dia mengaku lebih bahagia di Honda ketimbang saat membela Honda.

    “Saya tahu betul bahwa jika saya bisa melakukan semua langkah yang benar, atau peningkatan yang benar pada diri saya sendiri dan juga pada proyek motor, hasilnya akan tiba,” katanya kepada situs resmi MotoGP.

    “Dan bagi saya saat ini, membuat dua poin, nol, atau 10 poin tidak ada bedanya. Tahun lalu saya finis kedelapan, tapi saya tidak senang.”

    “Jadi, tahun ini saya akan finis di urutan ke-20, tetapi tahun ini saya lebih bahagia karena saya tahu saya adalah bagian dari proyek yang bisa menjadi hebat untuk masa depan dan tiba untuk memperebutkan gelar dalam beberapa tahun ke depan,” jelasnya lagi.

    Baginya Honda merupakan pabrikan besar dengan visi yang jelas. Marini bilang masa depannya tetap cerah ketika berada di sini.

    “Jadi, masa depan saya di sini sangat bagus, cerah, dan saya hanya ingin terus bekerja seperti ini dan meningkatkan diri saya setiap hari dengan waktu di atas motor karena kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Marini.

    “Yang pasti, menyelesaikan balapan dan mengumpulkan lebih banyak data sangat penting bagi para insinyur untuk memiliki data yang bisa dianalisis, karena ketika Anda hanya melakukan latihan singkat, Anda hanya memiliki dua, tiga lap untuk dianalisis,” kata dia.

    “Jika Anda melakukan balapan penuh, Anda memiliki 27 lap. Jadi, ini adalah jumlah data yang lebih banyak,” jelasnya lagi.

    (riar/dry)

  • Urus SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan Berlaku 1 Desember 2024? Begini Kata Polisi

    Urus SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan Berlaku 1 Desember 2024? Begini Kata Polisi

    Jakarta

    Urus SIM wajib memiliki BPJS Kesehatan disebut bakal berlaku resmi mulai 1 Desember 2024. Begini penjelasan polisi soal hal itu.

    Uji coba kepemilikan BPJS Kesehatan sekaligus menjadi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi syarat wajib untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah mulai diuji coba secara nasional per 1 November 2024. Dikabarkan aturan itu bakal resmi diterapkan pada 1 Desember 2024. Adapun untuk penerapan secara nasional belum dapat dipastikan. Setelah masa uji coba, pihak kepolisian dan BPJS Kesehatan akan lebih dulu melakukan evaluasi dari penerapan aturan tersebut.

    “Masih kita uji coba dulu nanti kita kaji lagi, kan kita harus dengar apresiasi dari masyarakat juga, nanti tunggu sabar, sabar. Desember Pak? Kata sopo belum, sabar, sabar,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Yusri Yunus saat dihubungi detikOto, Sabtu (9/11/2024).

    Yusri menegaskan selama masa uji coba, pemohon masih bisa mengurus SIM. SIM tersebut juga akan tetap diberikan kepada pemohon. Meski begitu, pemohon SIM bakal tetap diingatkan untuk mendaftar dalam BPJS Kesehatan.

    “Orang tanya, bagaimana kalau diuji coba saya belum punya BPJS tapi mau bikin SIM, mati SIM saya. Oh boleh masih boleh, cuma kan kita tambahkan lagi plus sosialisasikan ayo dong, ikut aktif BPJS,” tegas Yusri.

    Sebelumnya, Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan, David Bangun menjelaskan bahwa uji coba se-nasional mulai 1 November 2024 ini sebagai kelanjutan dan perluasan pelaksanaan uji coba yang sebelumnya telah dilaksanakan mulai 1 Juli 2024 sampai 30 September 2024 di tujuh Polda dengan 105 Polres. David menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi pelaksanaan uji coba yang dilakukan mendapat hasil dan respon positif dari masyarakat.

    “Dari hasil evaluasi pelaksanaan uji coba sebelumnya dapat terlaksana dengan dengan baik dan mendapat respon positif dari masyarakat, meskipun masih terdapat beberapa area yang perlu ditingkatkan. Namun, perlu ditekankan bahwa ketentuan ini diberlakukan sebagai upaya pemerintah untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan, bukan untuk menjadi beban atau mempersulit,” ungkap David dalam keterangan resminya.

    Aturan Bikin SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

    Adapun kewajiban menyertakan BPJS Kesehatan atau terdaftar sebagai peserta JKN aktif dalam pengurusan SIM itu tercantum dalam Perpol Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi pasal 9. Berikut ini bunyi lengkap aturannya.

    “Persyaratan administrasi untuk penerbitan SIM sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 huruf b, dilakukan dengan ketentuan:
    a. untuk penerbitan SIM ranmor perseorangan dan SIM ranmor umum, meliputi:
    1. mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran SIM secara manual atau menunjukkan tanda bukti pendaftaran secara elektronik
    2. melampirkan fotokopi dan memperlihatkan identitas diri Kartu Tanda Penduduk bagi warga negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing.
    3. melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi dengan memperlihatkan yang aslinya
    3a. melampirkan surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, bagi pemohon SIM perorangan yang tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan mengemudi atau belajar sendiri
    4. melampirkan fotokopi surat izin kerja asli dari kementerian yang membidangi ketenagakerjaan warga negara asing yang bekerja di Indonesia
    5. melaksanakan perekaman biometri berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata
    5a. melampirkan tanda bukti kepesertaan aktif dalam program jaminan kesehatan nasional, dan
    6. menyerahkan bukti pembayaran penerimaan bukan pajak,” demikian bunyi aturannya.

    (dry/din)

  • Mengenal Pesawat Pengebom B-52 AS yang Siaga di Qatar

    Mengenal Pesawat Pengebom B-52 AS yang Siaga di Qatar

    Jakarta

    Enam pesawat pengebom berat B-52 milik Amerika Serikat dilaporkan bergeser ke Qatar, pekan ini. Pergerakan terjadi usai konflik antara Israel dan Iran memanas.

    B-52 bergerak ke Qatar setelah banyak pasukan dan pertahanan udara AS dikerahkan di Israel. Disinyalir pergerakan itu untuk mewanti-wanti serangan balasan dari Iran terhadap negara Yahudi tersebut.

    Seperti dikutip dari Iran International, Jumat (8/11/2024), pergeseran B52 ditangkap dari citra dari Planet Labs. Amerika Serikat mendorong aset udaranya yang paling kuat bahkan lebih dekat ke Iran.

    “Keenam pembom B-52 USAF di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar. Gambaran yang bagus dari hari ini melalui teman-teman kami di Planet Labs,” Hans Kristensen, Direktur Proyek Informasi Nuklir, mengatakan di X.

    Berdasarkan website resmi Angkatan Udara AS, B-52 Stratofortress merupakan pesawat pembom berat jarak jauh yang dapat melakukan berbagai misi.

    Selama lebih dari 60 tahun, B-52 telah menjadi tulang punggung pasukan pembom strategis Amerika Serikat. B-52 mampu menjatuhkan atau meluncurkan berbagai macam senjata, termasuk bom gravitasi, bom klaster, rudal berpemandu presisi dan amunisi serangan langsung.

    Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan subsonik tinggi di ketinggian hingga 50 ribu kaki (15.166,6 meter).

    Pesawat ini juga mampu membawa persenjataan nuklir hingga alat navigasi paling presisi di dunia. B-52 bisa dibekali persenjataan campuran, antara lain bom, ranjau, dan rudal, serta dimodifikasi untuk membawa rudal jelajah yang diluncurkan dari udara.

    B-52 juga dapat melakukan serangan strategis, serangan jarak dekat, serangan balik udara, dan operasi maritim.
    Dalam dua jam, dua B-52 dapat memantau 140 ribu mil persegi (364 ribu kilometer persegi) permukaan laut.

    Semua B-52 juga dapat dilengkapi dengan dua sensor penglihatan elektro-optik, inframerah yang melihat ke depan dan pod penargetan lanjutan untuk menambah penargetan, penilaian pertempuran dan keselamatan penerbangan, yang selanjutnya meningkatkan kemampuan tempurnya.

    B-52 memiliki jangkauan tempur tidak mengisi bahan bakar lebih dari 8.800 mil (14.080 kilometer).

    Secara dimensi B-52 itu memiliki panjang 48,5 meter, tinggi 12,4 meter, lebar sayap 56,2 meter dan berat sekitar 83.250 kilogram. Pesawat ini dibekali delapan mesin Pratt & Whitney TF33-P-3/103 turbofan.

    (riar/dry)

  • Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Daihatsu Ayla Bripka Jody Remuk Hantam Truk, Diduga Ngebut di Jalur Lambat

    Jakarta

    Mobil Daihatsu Ayla yang dikemudikan anggota kepolisian Direktorat Lalulintas Polda Lampung bernama Bripka Jody Prasetyo mengalami kecelakaan maut di Jalan Tol Lampung. Akibatnya, penumpang bernama Melin Dwi yang merupakan pegawai PT HKA Gate Tol Kalianda meninggal dunia.

    Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan, kronologi kecelakaan terjadi saat mobil yang dikendarai Bripka Jody Prasetyo melaju dari arah Bakauheni, Lampung Selatan menuju Bandar Lampung.

    “Menurut keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang ditemukan di TKP, awalnya mobil yang dikendarai oleh Bripka Jody berjalan dari arah Bakauheni menuju arah Bandar Lampung, diduga berjalan dengan kecepatan tinggi dan melaju di lajur lambat,” katanya kepada detikSumbagsel, Jumat (8/11).

    Namun sesampainya di TKP, diduga mobil ini berusaha mendahului kendaraan lain yang berada di depannya dengan cara berpindah ke lajur kanan, bersamaan dengan itu di lajur kanan terdapat kendaraan yang diduga berjenis Fuso.

    “Karena jarak sudah terlalu dekat, akhirnya mobil Bripka Jody menabrak bagian bak belakang fuso, setelah itu mobil hilang kendali ke kanan menabrak median jalan lalu terbalik,” lanjutnya.

    Dalam peristiwa tersebut, Bripka Jody Prasetyo mengalami luka cukup berat. Bripka Jody langsung dilarikan ke rumah sakit.

    “Untuk korban berat yakni Bripka Jody saat ini tengah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bob Bazaar, sementara pegawai PT HKA Gate Tol atas nama Melin yang meninggal dunia di lokasi telah dibawa ke rumah duka,” kata dia.

    Batas Kecepatan Aman di Tol

    Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, ada batas kecepatan yang harus dipatuhi saat mengemudi mobil di jalan tol. Andai dilanggar, risiko celaka mungkin saja terjadi.

    “Batas kecepatan yg aman adalah 60 – 80 km/jam, jika mendahului boleh di 100 km/jam tetapi biasakan tidak lebih dari 2 menit,” ujar Sony kepada detikOto, Sabtu (9/11).

    “Yang paling masuk akal adalah berjalan di sisi kiri dengan kecepatan 60 km/jam, karena di kecepatan tersebut lah pengemudi paling mampu mengantisipasi ban selip,” tambahnya.

    Menurutnya, semua orang bisa menginjak gas mobil. Namun, hanya sedikit yang memahami cara kerjanya dengan benar.

    “Menginjak pedal gas paling mudah tetapi banyak pengemudi kurang memperhatikan resiko-risiko bahayanya, apalagi dikombinasi dengan zig-zag yg justru membuat keseimbangan mobil mudah hilang,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Pajak Kendaraan Dibayar Setiap Tahun, Uangnya Lari ke Mana, Sih?

    Pajak Kendaraan Dibayar Setiap Tahun, Uangnya Lari ke Mana, Sih?

    Jakarta

    Pemilik kendaraan bermotor diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan setiap tahun. Apa manfaat membayar pajak kendaraan?

    Pembayaran pajak kendaraan setiap tahun merupakan salah satu syarat untuk pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Pajak kendaraan bermotor atau PKB menjadi salah satu jenis pajak yang termasuk dalam kategori pajak daerah atau pajak provinsi. Pajak kendaraan ini merupakan salah satu sumber pemasukan pemerintah daerah untuk membiayai berbagai program dan proyek pembangunan.

    Dikutip situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, ada beberapa manfaat utama dari pembayaran pajak kendaraan bermotor.

    1. Sumber Pendapatan Daerah

    PKB berfungsi sebagai salah satu sumber pendapatan utama bagi daerah. Dana ini digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas pemerintah daerah, termasuk program-program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur. Tanpa pendapatan ini, banyak program pembangunan daerah mungkin tidak akan dapat berjalan dengan optimal.

    2. Pembiayaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

    Sebagai bagian dari pajak provinsi, PKB menjadi salah satu komponen penting dalam pembiayaan operasional pemerintah daerah. Pendapatan ini digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi pemerintahan, mulai dari pengelolaan administrasi hingga penyediaan layanan publik.

    3. Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan

    Salah satu alokasi utama dari dana pajak kendaraan adalah untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan. Infrastruktur jalan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung mobilitas masyarakat dan distribusi barang. Dengan menggunakan dana dari PKB, pemerintah dapat memperbaiki jalan yang rusak dan membangun jalur-jalur baru yang memudahkan akses bagi masyarakat. Hal ini juga membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk.

    4. Peningkatan Moda dan Sarana Transportasi Umum

    Selain untuk pembangunan jalan, sebagian dana PKB juga dialokasikan untuk meningkatkan moda transportasi umum. Dengan fasilitas transportasi umum yang lebih baik, masyarakat memiliki alternatif yang lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan. Hal ini juga berkontribusi dalam mengurangi kemacetan dan menurunkan emisi kendaraan pribadi.

    5. Meningkatkan Pendapatan Kota

    Tak cuma untuk meningkatkan pendapatan pemerintah provinsi, pajak kendaraan juga membantu meningkatkan pendapatan di tingkat kabupaten atau kota. Sebagian dari pajak yang terkumpul akan dibagikan ke kabupaten atau kota untuk mendukung program-program pembangunan di daerah tersebut. Ini berarti, pembayaran pajak dari pemilik kendaraan bermotor turut serta dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di setiap kota atau kabupaten.

    6. Memberikan Kepastian Hukum bagi Wajib Pajak

    Dengan membayar PKB tepat waktu, pemilik kendaraan bermotor dapat merasa lebih tenang karena telah mematuhi peraturan yang berlaku. Ini juga memberikan kepastian hukum dan menghindari sanksi yang mungkin timbul dari keterlambatan pembayaran pajak. Selain itu, membayar PKB memastikan bahwa data kendaraan tercatat dengan benar di sistem pemerintahan. Hal itu penting untuk urusan administratif seperti perpanjangan STNK atau penjualan kendaraan.

    7. Kontribusi untuk Dana Asuransi Kecelakaan

    Pembayaran pajak setiap tahun juga dibarengi dengan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) yang dikelola oleh Jasa Raharja. Dana ini digunakan untuk memberikan santunan kepada korban kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor, baik korban pengendara maupun pejalan kaki. Dengan adanya dana ini, korban kecelakaan bisa mendapatkan bantuan finansial yang dapat meringankan beban akibat kejadian tersebut.

    8. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

    Dengan adanya pendapatan yang stabil dari PKB, pemerintah daerah bisa menjalankan berbagai proyek pembangunan yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Misalnya, perbaikan infrastruktur jalan dapat memperlancar distribusi barang dan jasa, yang membantu pengusaha lokal meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Selain itu, investasi dalam transportasi umum yang lebih baik bisa meningkatkan aksesibilitas warga ke tempat kerja atau pasar.

    “Membayar pajak kendaraan bermotor bukan hanya kewajiban hukum, tetapi juga merupakan bentuk partisipasi aktif dalam mendukung pembangunan daerah. Dana yang terkumpul dari PKB digunakan oleh pemerintah daerah untuk membangun dan memelihara infrastruktur, meningkatkan moda transportasi umum, serta memperkuat administrasi pemerintahan. Dengan membayar PKB tepat waktu, kita berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan dan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan program-program yang bermanfaat bagi publik,” demikian dikutip dari situs Bapenda DKI Jakarta.

    (rgr/din)

  • Pindad Siapkan Produksi MV3 Garuda Buat Mobil Dinas Menteri

    Pindad Siapkan Produksi MV3 Garuda Buat Mobil Dinas Menteri

    Jakarta

    PT Pindad mulai menyiapkan produksi MV3 Garuda yang akan digunakan oleh para menteri di jajaran Kabinet Merah Putih. Langkah ini merupakan tindak lanjut sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto yang menginginkan para pembantunya menggunakan mobil buatan dalam negeri.

    “Berikutnya sesuai arahan Bapak Presiden RI, kami sedang mempersiapkan MV3 Garuda untuk kendaraan dinas atau operasional para Menteri beserta jajaran. Semuanya masih dalam proses koordinasi secara aktif dengan pemerintah, mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat agar semua berjalan lancar,” ungkap Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dalam siaran persnya.

    Abraham mengungkap Prabowo memiliki peran besar dalam pengembangan kendaraan Maung. Saat masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo kerap menyampaikan inovasi akan kendaraan taktis dan kendaraan operasional tersebut hingga akhirnya tercipta MV1. Pengembangan terus berlanjut hingga akhirnya Pindad juga bisa membuat MV3 Garuda Limousine yang diperuntukkan menjadi kendaraan RI 1.

    Bisa menjadi kendaraan kepresidenan dan bakal menjadi tunggangan menteri, MV3 mengalami masa pengembangan yang cukup panjang. Diungkap Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P Santosa, saat ini belum ada pabrikan yang melakukan siklus penuh pengembangan dalam negeri mulai dari desain, pengembangan produk, validasi, dan produksi massal .

    “Maka dari itu, PT Pindad harus hadir untuk membangun ekosistem yang lengkap untuk mendukung pengembangan dan produksi industri otomotif nasional,” ujar Sigit.

    Sigit tak menampik MV3 ini dikembangkan dengan berbagai dukungan dari para pemasok. Terlebih untuk beberapa komponen yang belum tersedia di dalam negeri. Pindad diketahui menjalin kerjasama dengan beberapa mitra strategis yang mendukung pengembangan MV3.

    “Pengembangan kemampuan rekayasa dan produksi massal tidak hanya dibangun di PT Pindad, tetapi juga di ekosistem supplier yang jumlahnya ratusan dan tersebar di seluruh Indonesia. Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri sehingga memprioritaskan komponen lokal. Untuk komponen yang belum tersedia dari dalam negeri seperti mesin, transmisi dan lain-lain, kami bekerja sama dengan mitra strategis global, yang dalam dunia industri otomotif merupakan hal yang biasa. Tentunya semua berproses dan kita bangun industri otomotif nasional kita tahap demi tahap,” lanjut Sigit.

    Adapun proses produksi Pindad MV3 untuk kendaraan dinas menteri ini akan dimulai dari menyusun spesifikasi teknis dan kebutuhan pengguna yang dituangkan dalam System Requirement Specification (SRS)serta Test & Evaluation Master Plan.

    Selanjutnya tim engineering PT Pindad mengembangkan desain mulai dari konseptual sketching hingga engineering design, mencakup penyesuaian performa, desain eksterior, desain interior, penentuan material interior dan eksterior serta berbagai detail komponen yang sesuai dengan dimensi dan regulasi kendaraan.

    Tahap produksi berikutnya adalah Manufacturing & Assembly yang memvalidasi hasil desain. Proses Manufacturing diawali dengan proses pembuatan dies menjadi cetakan komponen utama seperti body side, pintu, kap mesin, fender, dan bagian inner body, termasuk juga komponen pelengkap seperti bracket, bumper, dan komponen interior. Komponen tersebut dihubungkan dalam proses body welding, kemudian dilanjutkan proses painting, dan final assembly di area trimming. Setelah perakitan akhir, kendaraan menjalani proses Quality Control, uji fungsi, serta sertifikasi untuk memastikan performa optimal sesuai dengan kriteria pengguna.

    Platform MV3 saat ini telah digunakan untuk berbagai kendaraan operasional dengan varian seperti Tangguh, Jelajah, dan Komando serta pengembangan lainnya dari basis kendaraan ini yakni MV3 Garuda Limousine untuk kendaraan operasional kepresidenan RI 1 dan RI 2.

    Maung varian Tangguh juga dapat menyesuaikan kebutuhan untuk berbagai acara kenegaraan, salah satunya Popemobile untuk kendaraan operasional Paus Fransiskus saat kunjungan apostolik ke Indonesia, Kendaraan Inspektur Upacara (Irup) yang digunakan Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dalam berbagai kegiatan kenegaraan, serta dikembangkan menjadi kendaraan Mobile Jammer Anti Drone. Tidak berhenti sampai disitu MV3 yang awalnya dikembangkan untuk kebutuhan operasional militer, juga kedepan dikembangkan untuk varian sipil.

    (dry/din)

  • Biar Tak Didatangi ke Rumah Gegara Nunggak Pajak, Begini Cara Perpanjang STNK

    Biar Tak Didatangi ke Rumah Gegara Nunggak Pajak, Begini Cara Perpanjang STNK

    Jakarta

    Tim pembina Samsat bakal mendatangi rumah penunggak pajak kendaraan. Nah supaya tak didatangi, berikut ini cara perpanjang STNK.

    Tingkat kepatuhan pemilik kendaraan di Tanah Air masih sangat minim. Bahkan lebih dari separuh pemilik kendaraan tak membayar pajak. Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkap dari total 165 juta kendaraan, hanya 69 juta kendaraan yang melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan. Sisanya, mengabaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan.

    Terkait hal itu, tim pembina Samsat akan menggunakan cara door to door untuk mengingatkan pemilik kendaraan menunaikan kewajibannya. Penunggak pajak kendaraan itu akan didatangi ke rumah.

    “Pendekatan soft power artinya kita akan proaktif kepada pemegang kendaraan bermotor dengan mendatangi rumah-rumah door to door untuk mengingatkan pengguna sepeda motor ini ada kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi salah satunya membayar pajak dan yang terpenting pengesahan STNK untuk validitas data kendaraan bermotor yang ada di kepolisian,” jelas Aan dikutip laman Korlantas Polri.

    Syarat Perpanjang STNK

    Supaya tak didatangi ke rumah, sejatinya kamu tinggal melakukan perpanjangan STNK. Perpanjangan STNK ini harus dilakukan di kantor Samsat. Namun bila yang mau dibayarkan pajak tahunan, maka bisa melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal). Untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

    STNK asli dan fotokopiBPKB asli dan fotokopiKTP asli pemilik motor dan fotokopi sesuai yang tercantum di data identitas kendaraanSurat kuasa, apabila pemilik kendaraan berhalangan hadir dan diwakilkan pihak lainMembawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya.Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan

    Saat proses perpanjang STNK 5 tahunan, tentu ada biaya yang dikeluarkan. Berikut rincian biayanya.

    Tarif penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) motor: Rp 100.000Tarif penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil: Rp 200.000Tarif penerbitan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) motor: Rp 60.000Tarif penerbitan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) motor: mobil: Rp 100.000Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

    Selain itu, pemilik kendaraan juga dikenakan biaya SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Kalau syarat dan biaya sudah terkumpul, berikut langkah perpanjang STNK 5 tahunan.

    Datang ke kantor Samsat terdekat sambil mengendarai kendaraan yang ingin diperpanjang STNK-nya.Bawa kendaraan ke bagian cek fisik dan lakukan pendaftaran di loket cek fisik.Petugas akan melakukan cek fisik kendaraan atau gesek nomor rangka dan nomor mesin.Hasil cek fisik akan disahkan di loket cek fisik.Lakukan pendaftaran di loket formulir untuk mendapatkan formulir permohonan STNK baru.Serahkan berkas-berkas administrasi untuk pengecekan berkas dan mengambil nomor antrian layanan.Tunggu panggilan dari petugas untuk membayar pajak lima tahunan.Setelah membayar, tunggu panggilan dari loket pengambilan STNK.Setelah mendapatkan STNK, datang ke loket TNKB untuk mengambil pelat nomor baru.

    (dry/din)