Jenis Media: Otomotif

  • Lebih Murah, Pajak Kendaraan Ini Cuma 0,5 Persen di Jakarta

    Lebih Murah, Pajak Kendaraan Ini Cuma 0,5 Persen di Jakarta

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan skema baru untuk pengenaan pajak kendaraan bermotor. Ada kendaraan tertentu yang ditetapkan pajak yang rendah, apa saja?

    Aturan baru pengenaan pajak kendaraan bermotor itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Ketentuan pajak kendaraan sesuai Perda No. 1 Tahun 2024 diterapkan pada 5 Januari 2025.

    Tertulis pada Pasal 7 Ayat (2) Perda No. 1 Tahun 2024, kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum sampai kendaraan pemerintah ditetapkan pajak kendaraan bermotor (PKB) lebih rendah.

    “Tarif PKB atas kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor yang digunakan untuk angkutan umum, angkutan karyawan, angkutan sekolah, ambulans, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, Pemerintah, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ditetapkan sebesar 0,5 persen,” demikian dikutip dari Pasal 7 Ayat (2) Perda No. 1 Tahun 2024.

    Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta memperbarui skema pajak progresif kendaraan bermotor. Sesuai Pasal 7 Perda DKI Jakarta No. 1 Tahun 2024, tarif pajak kendaraan bermotor (PKB) khusus kendaraan kedua sampai kelima naik dari aturan sebelumnya. Sementara itu, untuk kepemilikan kendaraan kelima dan seterusnya ditetapkan hanya sebesar 6 persen.

    Hal ini berbeda dari peraturan pajak progresif sebelumnya. Di aturan sebelumnya, pajak progresif bahkan sampai 10 persen kalau seseorang memiliki kendaraan 17 unit atau lebih.

    Berikut rincian tarif PKB kepemilikan dan/atau penguasaan oleh orang pribadi dalam aturan terbaru yang akan diterapkan pada 5 Januari 2025:

    a. 2% (dua persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor pertama;

    b. 3% (tiga persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kedua;

    c. 4% (empat persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor ketiga;

    d. 5% (lima persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor keempat; dan

    e. 6% (enam persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kelima dan seterusnya.

    (rgr/din)

  • Intip Proses Pembuatan Pindad Maung MV3, dari Desain Sampai Produksi

    Intip Proses Pembuatan Pindad Maung MV3, dari Desain Sampai Produksi

    Jakarta

    PT Pindad (Persero) sudah memproduksi mobil Maung MV3 di dalam negeri. Proses pembuatan mulai dari desain, sampai perakitan dilakukan di Indonesia.

    Pindad memamerkan proses pembuatan mobil Maung MV3 melalui video yang diunggah di akun YouTube-nya. Menurut Pindad, proses produksi dimulai dengan menyusun spesifikasi teknis dan kebutuhan pengguna yang dituangkan dalam System Requirement Specification (SRS) serta Test & Evaluation Master Plan.

    Selanjutnya tim engineering PT Pindad mengembangkan desain mulai dari konseptual sketching hingga engineering design, mencakup penyesuaian performa, desain eksterior, desain interior, penentuan material interior dan eksterior serta berbagai detail komponen yang sesuai dengan dimensi dan regulasi kendaraan.

    Tahap produksi berikutnya adalah Manufacturing & Assembly yang memvalidasi hasil desain. Proses Manufacturing diawali dengan proses pembuatan dies menjadi cetakan komponen utama seperti body side, pintu, kap mesin, fender, dan bagian inner body, termasuk juga komponen pelengkap seperti bracket, bumper, dan komponen interior. Komponen tersebut dihubungkan dalam proses body welding, kemudian dilanjutkan proses painting, dan final assembly di area trimming. Setelah perakitan akhir, kendaraan menjalani proses Quality Control, uji fungsi, serta sertifikasi untuk memastikan performa optimal sesuai dengan kriteria pengguna.

    [Gambas:Youtube]

    “Belum ada pabrikan di Indonesia yang melakukan full cycle vehicle development di dalam negeri, yaitu pengembangan yang dimulai dari tahapan desain, pengembangan produk, validasi, sertifikasi, dan produksi massal. Maka dari itu, PT Pindad harus hadir untuk membangun ekosistem yang lengkap untuk mendukung pengembangan dan produksi industri otomotif nasional,” kata Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa dalam siaran persnya.

    “Tim rekayasa Pindad menjabarkan desain konsep kendaraan Maung dengan konten kearifan lokal dalam bentuk design & development, requirement, manufacturing & assembly, serta tahapan uji dan evaluasinya. Pengembangan kemampuan rekayasa dan produksi massal tidak hanya dibangun di PT Pindad, tetapi juga di ekosistem supplier yang jumlahnya ratusan dan tersebar di seluruh Indonesia. Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri sehingga memprioritaskan komponen lokal. Untuk komponen yang belum tersedia dari dalam negeri seperti mesin, transmisi dan lain-lain, kami bekerja sama dengan mitra strategis global, yang dalam dunia industri otomotif merupakan hal yang biasa. Tentunya semua berproses dan kita bangun industri otomotif nasional kita tahap demi tahap,” lanjut Sigit.

    Platform MV3 saat ini telah digunakan untuk berbagai kendaraan operasional dengan varian seperti Tangguh, Jelajah, dan Komando serta pengembangan lainnya dari basis kendaraan ini yakni MV3 Garuda Limousine untuk kendaraan operasional kepresidenan RI 1 dan RI 2. Maung varian Tangguh juga dapat menyesuaikan kebutuhan untuk berbagai acara kenegaraan, salah satunya Popemobile untuk kendaraan operasional Paus Fransiskus saat kunjungan apostolik ke Indonesia, Kendaraan Inspektur Upacara (Irup) yang digunakan Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dalam berbagai kegiatan kenegaraan, serta dikembangkan menjadi kendaraan Mobile Jammer Anti Drone.

    (rgr/mhg)

  • Waspada Penipuan! Jangan Tergiur Jasa Bikin SIM Online di Medsos

    Waspada Penipuan! Jangan Tergiur Jasa Bikin SIM Online di Medsos

    Jakarta

    Kepolisian baru-baru ini mengungkap kasus pemalsuan surat izin mengemudi (SIM). Modus pemalsuan SIM ini menawarkan jasa bikin SIM secara online (daring).

    Kapolres Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) AKBP Theodorus Priyo Santosa meminta masyarakat mewaspadai penawaran jasa pembuatan SIM yang ditawarkan secara online. Sebab, ada kasus penipuan yang baru saja diungkap.

    “Kami baru saja menangkap NW (39) dan MPR (30), pasangan suami istri yang menikah siri, yang diduga pelaku pemalsuan SIM,” katanya seperti dikutip Antara.

    Menurutnya, awalnya Satlantas melaksanakan sosialisasi Operasi Telabang 2024 di Kuala Kurun, pada Selasa (22/10). Saat itu ada kendaraan yang melintas, yang dikendarai oleh Selwi Laut. Petugas kemudian menanyakan SIM kepada Selwi yang kemudian ditunjukkan SIM B II Umum. Namun, ditemukan kejanggalan pada SIM tersebut.

    “Saat itu personel yang memeriksa SIM tersebut menemukan beberapa kejanggalan,” katanya.

    Kejanggalan yang dimaksud antara lain warna SIM yang agak buram serta tidak sesuai dengan SIM asli. Selain itu, kode Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) Satlantas Polres Gumas juga tidak sesuai, serta barcode lebih besar dan berbeda dengan barcode yang tertera di SIM asli.

    Dari pengakuan Selwi, dia membuat SIM dengan memanfaatkan jasa pembuatan SIM online yang ditawarkan oleh salah satu akun di media sosial. Selanjutnya Satreskrim Polres Gumas melakukan penyelidikan terhadap dugaan pemalsuan SIM tersebut.

    “Setelah dilakukan penyelidikan, diduga pelaku berada di Kudus, Jateng. Pada Minggu (27/10), Tim Satreskrim Polres Gumas berangkat menuju lokasi yang dimaksud,” katanya.

    Satreskrim Polres Gumas, yang mendapat ‘back up’ dari Resmob Polda Jateng dan Polres Kudus, kemudian mendeteksi rumah pelaku. Saat tim gabungan melakukan penggerebekan, pelaku sedang berada di rumah disertai sejumlah barang bukti.

    Barang bukti itu antara lain printer, mesin laminating, laptop, keyboard, plastik laminasi pelangi ukuran besar dan kecil, belasan lembar SIM palsu yang sudah dicetak, dan lainnya.

    Menurut pengakuan pelaku pemalsuan SIM, mereka menawarkan jasa pembuatan SIM secara online di media sosial (medsos). Korban diiming-imingi langsung mendapatkan SIM tanpa harus mengikuti ujian. Korban hanya diminta mengirimkan foto setengah badan, foto KTP dan foto tanda tangan ke nomor WhatsApp yang sudah mereka cantumkan di media sosial.

    Tarif pembuatan SIM palsu ini bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,1 juta tergantung jenis SIM. Tarif juga bisa dinego. Korbannya berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

    “Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 263 ayat (1) KUHPidana tentang pemalsuan surat, dengan ancaman hukuman penjara paling lama enam tahun,” kata Theodorus.

    (rgr/din)

  • Beda Cara Balik Nama STNK dan BPKB Kendaraan

    Beda Cara Balik Nama STNK dan BPKB Kendaraan

    Jakarta

    Cara untuk melakukan balik nama STNK dan BPKB kendaraan ternyata berbeda. Simak penjelasannya.

    Balik nama Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dilakukan setelah kamu melakukan pembelian kendaraan bekas. Namun perlu diketahui, pengurusan balik nama STNK dan BPKB ini tak bisa dilakukan sekaligus karena lokasi yang berbeda.

    Beda Lokasi Urus Balik Nama STNK dan BPKB

    Mengurus balik nama STNK bisa dilakukan di Samsat. Sedangkan balik nama BPKB harus dilakukan di Polda setempat. Persyaratan yang dibutuhkan juga berbeda. Nah berikut ini syarat yang dibutuhkan untuk balik nama STNK dan BPKB kendaraan.

    Syarat Balik Nama STNK Kendaraan

    BPKB asliSTNK asliKTP pemilik baruKwitansi pembelian kendaraan (usahakan terdapat nomor rangka dan mesin, warna kendaraan, dan pelat nomor secara jelas).

    Syarat Balik Nama BPKB Kendaraan

    STNK yang telah balik namaKTP pemilik kendaraan yang baruBPKB asliHasil pengesahan cek fisikKwitansi pembelian kendaraan

    Kalau syarat sudah terkumpul, berikut ini langkah-langkah melakukan balik nama STNK dan BPKB.

    Cara Balik Nama STNK

    1. Kunjungi Samsat tempat STNK diterbitkan untuk pencabutan berkas
    2. Kendaraan akan melalui proses cek fisik
    3. Serahkan hasil cek fisik dan dokumen persyaratan kepada petugas di loket
    4. Petugas akan melakukan legalisir dokumen persyaratan
    5. Berkas dikembalikan, lalu datangi loket fiskal
    6. Isi formulir yang disediakan dengan lengkap
    7. Lalu, lakukan pembayaran cabut berkas dan melunasi pajak yang belum terbayar di kasir
    8. Pemohon akan mendapat dua rangkap kwitansi. Satu untuk petugas, satu lagi dibawa saat mengambil berkas
    9. Serahkan semua dokumen persyaratan yang telah dilegalisir ke bagian mutasi
    10. Isi formulir yang telah disediakan
    11. Serahkan bukti pembayaran kepada petugas
    12. Datang kembali ke Samsat pada hari yang ditentukan
    13. Serahkan bukti pembayaran
    14. Selanjutnya datang ke Samsat tujuan pendaftaran STNK baru
    15. Datangi loket cek fisik untuk melegalisir semua berkas yang didapat dari kantor sebelumnya
    16. Serahkan berkas yang sudah dilegalisir ke bagian mutasi
    17. Datang kembali ke Samsat pada hari yang ditentukan
    18. Lakukan pembayaran biaya penerbitan STNK baru
    19. STNK baru atas nama sendiri sudah bisa didapatkan

    Cara Balik Nama BPKB

    1. Datang ke Polda setempat untuk balik nama BPKB kendaraan
    2. Serahkan semua berkas persyaratan ke loket bagian Ditlantas
    3. Isi formulir untuk menerbitkan BPKB baru. Petugas ka melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas persyaratan
    4. Petugas akan memberi tanda pembayaran
    5. Lakukan pembayaran di bank
    6. Serahkan berkas persyaratan dan anda lunas pembayaran dari bank. Petugas akan memberikan tanda terima untuk mengambil BPKB sesuai dengan tanggal yang ditentukan
    7. Datang kembali ke Polda untuk mengambil BPKB baru dengan membawa tanda terima dan berkas persyaratan
    8. Setelah dipanggil, petugas akan mencocokkan semua data dan memberikan BPKB baru.

    Biaya Balik Nama Kendaraan

    Soal biaya, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang jenis dan tarif PNBP Polri, secara umum berikut adalah biaya balik nama:

    Biaya pendaftaran balik nama: Rp 35.000 (motor), Rp 100.000 (mobil)Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB): sekitar 1% dari harga beli. Contoh untuk mobil Rp 400 juta, maka biaya BBNKB akan sekitar Rp 4 juta.Biaya penerbitan STNK baru: Rp 200.000.Biaya Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Baru (TNKB): Rp 100.000.Biaya untuk mengurus surat atau dokumen mutasi: Rp 250.000.Biaya pembuatan BPKB baru: Rp 375.000.

    Perlu dicatat, di Jakarta kini biaya balik nama sudah Rp 0. Dengan demikian, pemilik kendaraan di Jakarta hanya perlu membayar biaya penerbitan STNK, penerbitan TNKB, pengurusan mutasi, hingga BPKB baru.

    (dry/rgr)

  • Kenapa Ban Motor Goyang? Ini 9 Kemungkinan Penyebabnya

    Kenapa Ban Motor Goyang? Ini 9 Kemungkinan Penyebabnya

    Jakarta

    Masalah pada ban motor biasanya tidak perlu waktu lama hingga diketahui pengendara. Misalnya, ban motor goyang yang berdampak pada kenyamanan dan stabilitas selama berkendara.

    Jika ban motor detikers terasa goyang, sebaiknya segera menepi dan bawa ke bengkel terdekat untuk mengetahui penyebabnya. Selanjutnya, penanganan ban motor goyang dilakukan sesuai faktor penyebabnya.

    9 Penyebab Ban Motor Goyang

    Dilansir dari situs Astra Motor dan Yamaha Deta, berikut ini 9 penyebab kenapa ban motor goyang atau terasa oleng:

    1. Pemasangan Ban Tidak Rata

    Jika detikers mengalami ban goyang setelah mengganti ban baru, mungkin penyebabnya adalah proses pemasangan yang salah. Pemasangan ban harus dilakukan dengan benar.

    Pemasangan yang tidak sejajar dengan velg bisa menyebabkan ban motor goyang saat berkendara. Bukan hanya tidak nyaman, hal ini bisa membahayakan keselamatan.

    2. Tekanan Angin Tidak Pas

    Terkadang ban motor terasa oleng karena masalah sepele, yaitu tekanan angin ban yang tidak pas. Tekanan terlalu tinggi menyebabkan terlalu keras sehingga getaran tidak dapat diredam. Sebaliknya jika tekanan terlalu rendah atau kempes, maka akan terasa oleng seperti mau bocor.

    3. Velg Bengkok

    Masalah lainnya adalah velg bengkok, retal, atau tidak melingkar sempurna. Jika velg mengalami masalah ini, salah satu gejalanya adalah ban motor goyang atau oleng. Masalah velg biasanya bisa diservis, tetapi jika terlalu berat, detikers bisa menggantinya dengan velg baru.

    4. Permukaan Ban Menipis

    Alasan ban motor goyang berikutnya adalah permukaan ban yang sudah menipis. Hal ini juga menyebabkan gesekan ban dengan jalan akan sangat terasa. Bahkan jika sudah sangat tipis, ban juga akan mudah bocor.

    5. Motor Pernah Jatuh atau Tabrakan

    Jika ban motor kamu terasa goyang, coba ingat-ingat lagi apakah motor tersebut pernah jatuh atau tabrakan. Tabrakan mungkin membuat kondisi sasis motor rusak yang mengakibatkan ban depan dan belakang menjadi tidak rata tengah. Jika ban depan dan belakang tidak rata, maka ban motor terasa oleng.

    6. Bearing Motor Aus

    Dikutip dari NSK Global, bearing adalah komponen motor yang berfungsi mengurangi gesekan di berbagai bagian motor, salah satunya adalah roda. Tapi jika bearing sudah rusak atau aus, ban bisa menjadi tidak stabil atau goyang.

    7. Tekanan Shockbreaker Tidak Seimbang

    Masalah shockbreaker juga bisa menyebabkan ban terasa oleng. Hal ini terjadi ketika shockbreaker sepeda motor tidak seimbang. Hal ini terjadi terutama ketika melakukan pengereman, ban akan terasa goyang.

    8. Oli Garpu Depan Tidak Pas

    Dilansir dari Motofomo, garpu motor termasuk bagian suspensi depan. Bagian ini akan meredam gesekan atau guncangan saat mengerem, berbelok, atau melintasi jalanan tidak rata.

    Di dalam garpu terdapat oli yang mengoptimalkan kinerjanya. Jika oli ini terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka akan berpengaruh pada ban yang terasa oleng.

    9. Rantai Aus dan Gir Belakang Kendur

    Kemungkinan penyebab terakhir adalah rantai aus atau gir belakang kendur. Hal ini bisa terjadi pada motor dengan penerus tenaga gerak rantai. Masalah ini akan berdampak pada ban belakang yang terasa oleng.

    Itulah 9 kemungkinan penyebab kenapa ban motor goyang atau oleng. Jika detikers merasakan ban motor goyang tetapi tidak mengetahui penyebabnya, kalian bisa membawanya ke bengkel terpercaya.

    (row/row)

  • Rayakan Halloween, Kalcer Skuter Touring di Jakarta Pakai Kostum Unik

    Rayakan Halloween, Kalcer Skuter Touring di Jakarta Pakai Kostum Unik

    Jakarta

    Komunitas Kalcer Skuter mengadakan touring jarak pendek di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (9/11). Menariknya, seluruh anggota mengenakan kostum unik untuk merayakan Halloween Day.

    Menurut pantauan kami di lokasi, anggota Kalcer Skuter mengenakan kostum dari film dan karakter terkenal, mulai dari Star Wars, Mario Bros, Monster Inc, Cinderella dan lainnya. Selain itu, ada juga yang mengenakan kostum dokter, pegawai Alfamart dan tahanan penjara.

    Founder sekaligus ‘Kepala Suku’ Kalcer Skuter, Adega mengatakan, dia dan tim mulanya berencana mengelilingi Jakarta Selatan dan Pusat. Namun, karena hujan lebat, rutenya diubah menjadi Kebayoran Baru-Kemang. Meski singkat, namun perjalanan tersebut tetap berkesan.

    “Jadi semula rutenya tuh ke Jakpus juga, muter lewat Sudirman. Eh, tiba-tiba ujan. Jadi dari Taman Mataram Kebayoran, langsung ke Kafe Dikolam, Kemang. Tapi tetep seru lah,” ujar Adega kepada detikOto di Kemang, Jakarta Selatan.

    Bukan hanya kalangan umum, peserta touring juga diramaikan sejumlah publik figure terkenal, mulai dari Rifat Sungkar, Sissy Prescillia, Rigen dan Arif Brata. Kabarnya, mereka juga bagian dari komunitas yang baru berdiri tahun 2024 tersebut.

    Sementara motor yang dipakai juga beragam, mulai dari Vespa matik, Honda Saluto, Honda Spacy dan masih banyak lagi. Tunggangan tersebut bukan versi standar, melainkan sudah dirombak dengan menyematkan ornamen ‘kalcer’ dan kombinasi warna yang mencolok.

    Setelah touring, komunitas Kalcer Skuter kumpul-kumpul di Kafe Dikolam. Di sana, mereka memajang motor modifikasi, menggelar mini games, kontes kostum, kuis dan masih banyak lagi.

    “Harapannya, acara seperti ini bisa digelar lagi di lain waktu,” kata Adega.

    (sfn/dry)

  • Belum Ada di Dalam Negeri, Pindad Masih ‘Nyomot’ Mesin-Transmisi Buat Maung

    Belum Ada di Dalam Negeri, Pindad Masih ‘Nyomot’ Mesin-Transmisi Buat Maung

    Jakarta

    Pindad menyebut tidak semua komponen penyokong Maung berasal dari lokal. Komponen seperti mesin hingga transmisi masih didatangkan dari mitra strategis Pindad.

    Pindad tengah menyiapkan produksi kendaraan operasional bagi para menteri dan pejabat setingkat. Kendaraan operasional yang bakal menemani para pembantu presiden dalam bertugas itu adalah MV3 Garuda. Mobil ini sepenuhnya dikembangkan oleh Pindad dalam waktu yang cukup panjang.

    Diungkap Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa, tahapan panjang yang dilalui dalam pengembangan MV3 itu dimulai dari desain, pengembangan produk, validasi, sertifikasi, hingga akhirnya diproduksi massal. MV3 diklaim menggunakan banyak komponen lokal. Meski begitu, Sigit tak menampik masih ada beberapa komponen Pindad MV3 yang belum diproduksi sendiri. Contohnya seperti mesin dan transmisi yang masih didatangkan dari pemasok lain.

    “Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri sehingga memprioritaskan komponen lokal. Untuk komponen yang belum tersedia dari dalam negeri seperti mesin, transmisi dan lain-lain, kami bekerja sama dengan mitra strategis global, yang dalam dunia industri otomotif merupakan hal yang biasa,” jelas Sigit dalam siaran persnya.

    Saling meminjam bertukar teknologi dalam pengembangan kendaraan memang bukan hal baru di industri otomotif. Terlebih bila kedua belah pihak memang memiliki kesepakatan untuk kerjasama dalam pengembangan kendaraan.

    Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) AM Putranto mengatakan, mobil Maung memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 70 persen. Menurutnya, sisa 30 persennya berasal dari Korea.

    “Itu mobil itu luar biasa. TKDN-nya sudah 70 persen. Kemudian untuk yang 30 persen dari Korea, Mercy, Ssangyong ya dari lantai dasar, mesin sama kerangka. Bagus itu mobil luar biasa. Dan sampeyan harus punya ya,” kata Putranto.

    Spesifikasi Mesin dan Transmisi MV3 Mirip Ssangyong Rexton

    Dari sisi spesifikasi, memang ada sejumlah kemiripan antara MV3 Garuda Limousine ataupun Pindad Maung dengan Ssangyong Rexton. Misalnya dari sisi mesin, MV3 Garuda Limousine dan Pindad Maung diketahui mengusung mesin berkapasitas 2.200 cc turbo diesel. Namun Pindad tak menjelaskan detail soal kode mesinnya. Mesin pada Maung itu memiliki tenaga setara 202 PS atau setara dengan 199 HP. Sedangkan torsinya mencapai 441 Nm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

    Mengutip laman resmi Ssangyong Australia, Rexton juga dilengkapi dengan mesin diesel turbo berkode E-XDI 2.200 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 148 kW atau setara dengan 201,2 PS. Torsi maksimumnya juga mencapai 441 Nm. Transmisi yang diusung pada Ssangyong Rexton ini juga otomatis 8 percepatan.

    Bagian dasbornya memang terbilang mirip antara mobil MV3 Garuda Limousine dengan Ssangyong Rexton. Kemiripan bisa dilihat dari bagian dasbor, pengontrol AC, konsol tengah, tuas persneling, hingga setirnya. Ssangyong Rexton memiliki fitur interior berupa dual zone climate control, heated front and rear outer seat, tyre pressure monitoring system, sistem hiburan layar sentuh berikuran 12,3 inch, kamera 360, hingga sunroof.

    Sementara itu dari eksterior tampilannya berbeda total. Pindad Maung ataupun MV3 Garuda Limousine tampak lebih gagah. Terlebih khusus MV3 Garuda Limousine memiliki bodi dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

    (dry/din)

  • Review Mazda MX-30: Desainnya Istimewa, tapi Spesifikasinya Kok Biasa Aja…

    Review Mazda MX-30: Desainnya Istimewa, tapi Spesifikasinya Kok Biasa Aja…

    Review Mazda MX-30: Desainnya Istimewa, tapi Spesifikasinya Kok Biasa Aja…

  • AION Umumkan Harga Hyptec Pintu Gullwing di Indonesia: Rp 835 Juta!

    AION Umumkan Harga Hyptec Pintu Gullwing di Indonesia: Rp 835 Juta!

    Jakarta

    AION akhirnya mengumumkan harga mobil listrik Hyptec HT. Mobil itu dibanderol mulai Rp 685 juta dan versi pintu gullwing Rp 835 juta.

    AION Indonesia baru saja mengumumkan harga resmi dari Hyptec HT Premium dan Ultra. Sebelumnya, mobil tersebut sudah lebih dulu mejeng di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

    Harga Hyptec HT

    Kala itu AION Indonesia memang sudah membuka prebook untuk untuk tipe premium. Sementara model Hyptec HT Ultra yang memiliki pintu gullwing baru dipajang. Hyptec HT tipe Premium kini dibanderol Rp 685 juta sedangkan Hyptect HT Ultra dijual seharga Rp 835 juta.

    AION Hyptec HT Foto: Andhika Prasetia

    “Pada ajang GIIAS 2024 yang lalu harga khusus Hyptec HT mendapat respon sangat positif. Kini kami mengumumkan harga resminya yang tetap menarik. Kami meyakini harga ini akan menjadi salah satu faktor kesuksesan Hyptec HT di pasar EV Indonesia dan mampu menjadi yang terdepan di kelasnya,” ujar CEO AION Indonesia Andry Ciu dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    Spesifikasi Hyptec HT

    Bicara spesifikasi, Hyptec HT dirancang untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang menginginkan performa tinggi, efisiensi energi, serta kenyamanan yang tiada tara.
    Dibangun di atas platform AEP 3.0 yang dirancang khusus untuk kemudahan berkendara di perkotaan, SUV listrik ini memiliki radius putar 5,6 meter, sehingga mampu bermanuver tinggi di ruang terbatas. Fitur ASTC (Active Stability Traction Control) dan Koreksi Kemudi Aktif memastikan kendali yang stabil dan presisi, sehingga memberikan rasa aman saat berkendara.

    Bagi konsumen dengan mobilitas jarak tempuh yang tinggi, Hyptec HT dapat menjelajah hingga 620 km (NEDC) dalam satu kali pengisian daya secara penuh, sehingga sangat ideal untuk perjalanan sehari-hari maupun jarak jauh. Hyptec HT juga memiliki Teknologi Pemulihan Energi Tanpa Gangguan yang mampu meningkatkan efisiensi secara maksimal. Selain itu, fitur Pengisian Daya Cepat 800V memungkinkan pengisian kapasitas baterai dari 10-70% hanya dalam 15 menit atau setara dalam memiliki jarak tempuh 400 kilometer.

    Untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan, Hyptec HT dilengkapi dengan ruang kepala dan kaki yang luas, lampu depan diamond-cut, pintu gull wing yang lebar, serta kabin kelas satu. Selain itu, ada juga 22 speaker Dolby Atmos, 32 pilihan pencahayaan ambient, atap panoramik, dan pilihan warna interior yang elegan.

    Memiliki fungsi V2L (Vehicle-to-Load) dengan daya 3,3 kW, membuat Hypec HT dapat memberikan kemudahan akses daya untuk kebutuhan di luar ruangan atau dalam keadaan darurat. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang gemar beraktivitas di luar ruangan dan membutuhkan sumber daya listrik yang andal.

    Jika sebelumnya AION Indonesia memberikan Battery Lifetime Warranty hanya untuk 1000 pembeli pertama, kini seluruh pembeli Hyptec HT Premium maupun Ultra akan mendapatkan keuntungan tersebut. Selain itu para pembeli Hyptec HT juga akan mendapatkan garansi kendaraan selama 8 tahun atau 160.000 km dan gratis wall Charger 7 kW (termasuk instalasi) sebagai penawaran eksklusif untuk pemilik varian Premium ataupun Ultra.

    (dry/din)

  • Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Jakarta

    Honda merupakan satu dari sedikit merek yang masih menjual motor 110cc di Indonesia. Padahal, produsen lain asal Jepang, seperti Suzuki, Yamaha dan Kawasaki sudah meninggalkan segmen tersebut. Apa sebenarnya alasan Honda?

    Sebagai catatan, pilihan motor 110cc Honda di Indonesia cukup banyak. Bahkan, sebagian menjadi kontributor utama penjualan mereka di Tanah Air. Misalnya, Honda BeAT, Scoopy, Genio dan Revo.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pasar motor 110cc masih sangat seksi di Indonesia. Sebab, banyak konsumen yang butuh kendaraan kecil untuk mobilitas harian. Itulah mengapa, pihaknya masih bermain di segmen tersebut.

    “Pasarnya masih signifikan karena 110cc itu kan biasanya buat mobilitas harian, produktivitas, sehingga mau tidak mau cari yang ekonomis, yang irit, yang awet, perawatannya juga mudah, penggunanya nyaman,” ujar Thomas saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Lebih jauh, Thomas menjelaskan, lebih dari separuh penjualan motor Honda di Indonesia masih didominasi produk bermesin 110cc. Sehingga, mustahil untuk meninggalkan segmen tersebut dan beralih ke mesin yang lebih besar.

    “Memang 110cc dinilai cukup bisa memenuhi produktivitas, mobilitas para konsumen kita. Jadi masih cukup besar lah buat kita, mungkin di atas 50 persen lah, lebih minus 50-60 persen kita di 110 cc,” tuturnya.

    Berkat alasan itu pula, Honda masih tetap mempertahankan mesin 110cc di Scoopy baru. Padahal, sebelumnya sempat ada isu, skuter matik retro tersebut akan menggunakan jantung mekanis baru yang lebih besar.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mobilitas dan kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” kata Thomas.

    (sfn/dry)