Jenis Media: Otomotif

  • Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Jakarta

    Komunitas Kalcer Skuter bersama detikOto baru saja menggelar Costume Party di Jakarta, Sabtu (9/11). Pada kesempatan tersebut, selain touring keliling Kota Metropolitan, mereka juga memajang motornya di selasar Kopi Dikolam, Kemang, untuk dipamerkan ke publik yang melintas.

    Sesuai namanya, motor-motor yang dipakai Komunitas Kalcer Skuter mengusung konsep pop culture yang memadukan warna terang dengan sentuhan pop yang khas. Menariknya, tunggangan yang mereka pakai cukup beragam, tak cuma Vespa matik!

    “Memang kita tidak membatasi jenis motornya, yang penting mah skuter matik dan itu boleh empat atau dua tak. Kemudian yang penting juga ada konsepnya,” ujar Adega Anggayasta selaku Founder sekaligus ‘Kepala Suku’ Kalcer Skuter kepada detikOto di Kemang, Jakarta Selatan.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menurut pengamatan kami, Vespa matik memang masih mendominasi di komunitas Kalcer Skuter. Namun, ada motor-motor lain yang tak kalah unik, mulai dari Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Stylo, Honda Spacy, Yamaha Grand Filano, Yamaha Fazzio, hingga TVS Callisto.

    Konsep yang diusung juga cukup beragam. banyak yang hanya memainkan kombinasi warna, namun tak sedikit yang memasukkan unsur pop melalui karakter-karakter kartun atau film lain.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Adega menjelaskan, Kalcer Skuter telah terbentuk sejak April 2024. Kini, mereka punya 150 anggota yang kebanyakan berdomisili di Jakarta. Bukan hanya kalangan umum, anggotanya juga banyak diisi public figure, seperti Rifat Sungkar, Sissy Prescillia, Rigen dan Arif Brata.

    “Jadi kita memang membuka wadah buat teman-teman yang mau modifikasi motor dengan konsep pop culture. Tak banyak ubahan, tapi kelihatan cakep lah dan bertema. Eh, ternyata pas kita buka wadahnya, udah banyak yang punya motornya, jadi pada tinggal gabung,” kata Adega.

    (sfn/rgr)

  • Audi Luncurkan Merek Khusus Mobil Listrik di China, tapi Kok Logonya Beda?

    Audi Luncurkan Merek Khusus Mobil Listrik di China, tapi Kok Logonya Beda?

    Jakarta

    Pabrikan asal Jerman, Audi, meluncurkan merek baru khusus mobil listrik untuk pasar China. Uniknya mereka tak membawa logo khasnya yakni ‘Empat Cincin’ melainkan hanya tulisan AUDI dengan huruf kapital.

    Untuk bergerilya di pasar China, Audi menggandeng grup Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) yang sejak lama terkenal piawai dalam membangun hingga memasarkan mobil listrik. Peluncuran merek baru AUDI ini dilakukan di Shanghai yang notabene markas dari SAIC.

    “Kerja sama kami mencerminkan semangat ‘yang terbaik dari kedua dunia’ dan telah dibentuk untuk bersama-sama mengatur pengembangan, pembelian, produksi, dan penjualan,” ujar Fermin Soneira CEO AUDI yang merupakan eks Head of Product Line for Electric Models di Audi.

    “Dengan kedua belah pihak yang menyumbangkan kekuatan inti mereka, saya yakin Audi akan terus membentuk masa depan mobilitas listrik premium dengan mengintegrasikan kekuatan inovasi pasar,” lanjutnya dikutip dari Audi Media Center.

    Tak dijelaskan secara spesifik mengenai branding ulang atau penggunaan logo yang berbeda untuk pasar China ini. Namun CEO Audi, Gernot Doellner mengklaim bahwa saat ini tengah terjadi transformasi besar di industri otomotif dan di kerja sama mereka dengan China, Audi dituntut untuk melakukan transformasi pula.

    “Industri otomotif tengah mengalami transformasi terbesar dalam sejarahnya. Dengan kemitraan kami di Tiongkok, kami memainkan peran yang menentukan dalam transformasi ini,” ujar Doellner di siaran pers-nya.

    “Pada saat yang sama, pelanggan premium Tiongkok berbeda dari pelanggan internasional mereka dan memiliki ekspektasi yang berbeda, mereka lebih muda dibandingkan dengan pelanggan di belahan dunia lainnya. Mereka lebih paham teknologi. Mereka mengharapkan konektivitas terdepan serta pengemudian otomatis dan, yang lebih penting, pengalaman yang menarik dan tak terlupakan dalam interior yang familiar sekaligus mengejutkan,” tutur Doellner.

    Model pertama dari kerja sama Audi dan SAIC ini direncanakan mulai dijual pada 2025 mendatang. AUDI akan memulai dengan tiga model BEV di segmen medium dan full-size.

    (mhg/rgr)

  • Stoner Favoritkan Marquez Jadi Juara MotoGP 2025

    Stoner Favoritkan Marquez Jadi Juara MotoGP 2025

    Jakarta

    Mantan pebalap MotoGP, Casey Stoner, memprediksi Marc Marquez akan menjuarai MotoGP 2025. Tahun depan, Marquez akan membela tim pabrikan Ducati Lenovo. Artinya, Marquez akan mendapatkan dukungan penuh dari pabrikan, termasuk motor Ducati Desmosedici terbaru.

    Tentunya bukan tanpa alasan Stoner mendukung pebalap asal Spanyol tersebut. Menurut Stoner, Marquez bisa dikatakan sebagai pebalap MotoGP terbaik saat ini. Hal itu bisa dilihat dari performa musim pertama Marquez bersama tim satelit Ducati, Gresini Racing.

    Kendati Marquez hanya menggunakan motor Ducati Desmosedici spek tahun 2023, Marquez tetap bisa menampilkan performa baik. Marquez bahkan bisa menyodok ke posisi tiga besar dan mengalahkan pebalap Ducati lainnya yang menggunakan motor Ducati Desmosedici spek 2024 seperti Enea Bastianini dan Franco Morbidelli.

    “Sangat sulit buat mengetahui perbedaan antara model 2023 dan 2024, mereka dapat mengatakan bahwa ada beberapa perubahan pada motornya. Ketika Marc Marquez tiba tahun depan (di tim pabrikan), saya pikir motornya tidak akan terlalu berbeda dan saya yakin Marc akan merasa nyaman (dengan dukungan tim pabrikan),” ungkap Stoner dalam wawancara dengan Motosan.

    “Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi. Tapi sejujurnya, menurut saya Marquez akan merebut gelar MotoGP pada 2025, karena dia adalah pebalap terbaik saat ini. Tentu saja asalkan regulasi atau perangkat elektronik tidak terlalu mengganggu performa motornya,” sambung Stoner.

    Stoner tampaknya memang tidak mendukung Francesco Bagnaia untuk menjadi juara tahun ini atau tahun depan. Bahkan Stoner lebih menjagokan Jorge Martin untuk menjuarai MotoGP tahun ini.

    “Dalam dua atau tiga tahun terakhir mereka selalu berada di puncak. Tahun lalu Martin bikin beberapa kesalahan. Dan tahun ini gantian Pecco yang melakukan kesalahan pada momen-momen penting. Pecco perlu memenangkan perlombaan dan menunggu untuk melihat apa yang terjadi dengan Jorge, dan saya sangat berharap Jorge Martin memiliki sedikit keberuntungan. Kami akan menunggu hingga balapan terakhir untuk mengetahui apa yang akan terjadi. Tapi saya pikir Jorge pantas menjadi juara tahun ini,” ungkap legenda balap asal Australia itu.

    (lua/rgr)

  • Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Jakarta

    Sejak pertama muncul 14 tahun lalu, Honda Scoopy langsung menjadi buruan konsumen di Indonesia. Itulah mengapa, pabrikan terus melakukan pembaruan hingga memasuki generasi keenam.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim, Honda Scoopy kerap menyumbang 20-23 persen penjualan mereka di Indonesia. Itu tandanya, skuter matik retro tersebut terjual 1 juta unit per tahun!

    “Penjualannya bagus, kontribusinya di atas 20 persen. Jadi kurang lebih 1 juta unit lah ya atau 20-23 persen dari total penjualan kita,” ujar Thomas Wijaya saat ditemui awak media di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Thomas menegaskan, Honda Scoopy masuk dalam tiga besar penjualan AHM di Indonesia. Kendaraan tersebut bersanding dengan skuter matik tenar lainnya.

    “Pokoknya (Honda Scoopy) masuk tiga besar (penjualan tertinggi). Jadi ada BeAT, ada Vario dan Scoopy,” ungkapnya.

    Honda Scoopy hanya dipasarkan di dua negara, yakni Thailand dan Indonesia. Namun, pasar terbesarnya tetap di Indonesia dengan populasi 8,5 juta unit semenjak kemunculan perdana di tahun 2010.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/rgr)

  • Gaikindo Harap Pemerintah Tahan Aturan Baru Pajak Kendaraan-Bea Balik Nama

    Gaikindo Harap Pemerintah Tahan Aturan Baru Pajak Kendaraan-Bea Balik Nama

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap pemerintah bisa menahan penerapan aturan baru terkait Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Menurut Gaikindo, penerapan aturan PKB dan BBNKB baru bisa berimbas pada konsumen Indonesia.

    Perubahan aturan PKB dan BBNKB tercantum pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD).

    Dengan terbitnya aturan tersebut, sekarang pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menambahkan pungutan tambahan atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau yang disebut sebagai opsen. Aturan tersebut diundangkan pada 5 Januari 2022 dan berlaku tiga tahun setelahnya, yang artinya bakal diterapkan pada 5 Januari 2025 tahun depan.

    Dijelaskan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, pihaknya berharap pemerintah tidak jadi menerapkan aturan tersebut. Soalnya itu bisa berdampak ke harga jual mobil.

    “Sudah mulai ramai didengungkan, ada peraturan di 2022 yang akan dilaksanakan di 2025 mengenai BBNKB, dan lain-lain. Harapan kita, pemerintah tidak menaikkan yang namanya pajak atau tax tersebut, karena (konsumen) mobil itu price sensitive di Indonesia,” ungkap Nangoi di Jakarta belum lama ini.

    “Jadi diharapkan tidak naik pajak, supaya industri otomotif bisa bertahan. Investasi juga jalan terus, ekspor membaik, dan employment tidak terganggu,” sambung Nangoi.

    Diketahui aturan PKB terbaru mengalami kenaikan. Misalnya di Jakarta, pada tahun 2025 nanti, kenaikan pajak progresif berkisar 0,5%. Sebagai gambaran, dalam aturan saat ini, pajak progresif kendaraan kedua dikenakan tarif 2,5%. Nanti pada aturan terbaru, tarif pajak progresif kendaraan kedua jadi 3%.

    Sementara itu tarif BBNKB terdapat pada Pasal 13 Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024. Pasal itu menjelaskan besaran tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ditetapkan sebesar 12,5%.

    (lua/rgr)

  • Ini Alasan Maung Masih Pakai Mesin-Transmisi dari Merek Luar: Hal Biasa

    Ini Alasan Maung Masih Pakai Mesin-Transmisi dari Merek Luar: Hal Biasa

    Jakarta

    PT Pindad (Persero) mengakui Maung masih menggunakan beberapa komponen dari merek luar. Komponen seperti mesin hingga transmisi masih didatangkan dari mitra strategis Pindad.

    Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa mengatakan Pindad Maung MV3 memang telah dirancang di dalam negeri. Berbagai tahapan panjang yang dilalui dalam pengembangan MV3 itu dimulai dari desain, pengembangan produk, validasi, sertifikasi, hingga akhirnya diproduksi massal.

    MV3 diklaim menggunakan banyak komponen lokal. Meski begitu, Sigit tak menampik masih ada beberapa komponen Pindad MV3 yang belum diproduksi sendiri. Contohnya seperti mesin dan transmisi yang masih didatangkan dari pemasok lain. Alasannya, komponen-komponen tersebut belum tersedia di dalam negeri.

    “Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri sehingga memprioritaskan komponen lokal. Untuk komponen yang belum tersedia dari dalam negeri seperti mesin, transmisi dan lain-lain, kami bekerja sama dengan mitra strategis global, yang dalam dunia industri otomotif merupakan hal yang biasa,” jelas Sigit dalam siaran persnya dikutip Minggu (10/11/2024).

    Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) AM Putranto mengatakan, mobil Maung memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 70 persen. Menurutnya, sisa 30 persennya berasal dari Korea.

    “Itu mobil itu luar biasa. TKDN-nya sudah 70 persen. Kemudian untuk yang 30 persen dari Korea, Mercy, Ssangyong ya dari lantai dasar, mesin sama kerangka. Bagus itu mobil luar biasa. Dan sampeyan harus punya ya,” kata Putranto dikutip dari video 20detik beberapa waktu lalu.

    Beredar kabar di media sosial bahwa Maung mirip dengan mobil Korea Ssangyong Rexton. Beberapa warganet menyandingkan desain interior, terutama bagian dasbor mobil MV3 Garuda Limousine dengan mobil Ssyangyong Rexton. Ssayngyong Rexton sendiri tidak dijual secara resmi di Indonesia, tapi di beberapa negara seperti Australia mobil ini cukup populer.

    Jeroan mobil MV3 Garuda Limousine (dok. Pindad) Foto: Jeroan mobil MV3 Garuda Limousine (dok. Pindad)

    Bagian dasbornya memang terbilang mirip antara mobil MV3 Garuda Limousine dengan Ssangyong Rexton. Kemiripan bisa dilihat dari bagian dasbor, pengontrol AC, konsol tengah, tuas persneling, hingga setirnya.

    Interior Ssangyong Rexton Foto: Dok. KGM Motors

    Secara spesifikasi mesin pun mirip antara mobil Maung dengan Ssangyong Rexton. Diketahui, Pindad MV3 Maung menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Soal performa, mesin yang tersemat di dalam MV3 Maung diklaim mampu menyemburkan daya maksimum 202 PS.

    Ssangyong Rexton juga menggendong mesin turbodiesel 2.200 cc, tepatnya 2.157 cc. Figur tenaga dan torsinya juga sama, yaitu 202 PS dengan torsi maksimal 441 Nm.

    Bedanya, Ssangyong Rexton menjadi SUV 7-seater. Sedangkan Maung MV3 dirancang sebagai mobil untuk melibas segala medan.

    (rgr/mhg)

  • Intip Kemewahan Limousine China Tunggangan Prabowo di Beijing

    Intip Kemewahan Limousine China Tunggangan Prabowo di Beijing

    Intip Kemewahan Limousine China Tunggangan Prabowo di Beijing

  • BMW R 1300 GS Adventure Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,4 Miliaran

    BMW R 1300 GS Adventure Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,4 Miliaran

    Jakarta

    BMW Motorrad Indonesia resmi merilis model teratas dari lini adventure mereka, yakni R 1300 GS Adventure. Moge ikonik dari BMW ini dibanderol mulai dari Rp 1,4 miliaran.

    Embel-embel ‘Adventure’ di namanya, tak sekadar mengartikan varian baru dari BMW R 1300 GS (KA1) yang sudah ada. Sebab BMW R 1300 GS Adventure ini sejatinya merupakan generasi baru berkode bodi KA2.

    Lantas sebagai versi ‘upgrade’ dari R 1300 GS, BMW menghadirkan R 1300 GS Adventure dengan rangka, teknologi mesin, fitur, hingga desain yang benar-benar baru.

    Kehadiran ASA di BMW R 1300 GS Adventure membuatnya tak dibekali tuas kopling Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Satu teknologi baru yang paling mencolok dan menjadi terobosan bagi lini adventure BMW Motorrad adalah Automated Shift Assistant (ASA). Hadirnya teknologi ini diklaim membuat aktivitas berkendara menggunakan BMW R 1300 GS Adventure lebih sederhana.

    Sesuai namanya, teknologi ASA tersebut membuat pengendara tak perlu repot menekan kopling untuk memindahkan gigi. Penggunaan dua aktuator elektromekanis dapat membuat perpindahan gigi yang halus tanpa perlu menekan kopling secara manual.

    Sistem kerjanya, yang tidak mekanikal seperti transmisi konvensional, juga diklaim membuat perpindahan gigi lebih cepat dan tepat. BMW bahkan mengklaim kehadiran ASA ini dapat menghilangkan kemungkinan mesin mati karena perpindahan gigi yang tidak tepat saat adventure.

    Namun ASA di BMW R 1300 GS Adventure menjadi opsi. Pencinta moge adventure yang lebih ‘konvensional’ untungnya masih dapat membeli varian non-ASA, sehingga masih dapat menggunakan motor ini dengan transmisi manual 6-percepatan yang dapat diatur dengan kopling.

    BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan generasi terbaru BMW R 1300 GS Adventure. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Lantas selain teknologi ASA, BMW Motorrad merancang generasi baru dari R 1300 GS Adventure ini dengan desain yang lebih bongsor. Tampilannya sangat kontras dengan model KA1 yang ramping.

    Secara dimensi, BMW R 1300 GS Adventure berukuran mirip dengan model legendaris mereka K52 atau BMW R 1250 GS. Panjangnya tembus 2.280 mm, lebar 1.012 mm, dan wheelbase-nya 1.534 mm.

    R 1300 GS Adventure juga membawa tangki yang besar dengan desain yang ikonik. Tangki ini berkapasitas 30 liter. Total bobot motor ini menjadi 269 kg yang artinya jauh lebih berat ketimbang model KA1.

    BMW Motorrad mempercayakan mesin boxer 2-silinder 1.300 cc generasi terbaru untuk R 1300 GS Adventure ini. Diklaim tenaganya tembus 145 HP di 7.750 RPM dan torsi 149 Nm di 6.500 RPM.

    Khasnya BMW pula, moge adventure lini teratas mereka ini masih dibekali dengan beragam fitur canggih. Ada empat mode berkendara di motor ini mulai dari Enduro, Rain, Road, hingga Eco.

    Selain itu, fitur ‘penjaga’ seperti Engine Drag Torque Control, Dynamic Brake Control, Hill Start Control, dan lain sebagainya juga disertakan sebagai standar di R 1300 GS Adventure.

    BMW R 1300 GS Adventure 719 Option with ASA Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Untuk harganya, PT Layur Astiti Bumi Kencana selaku importir dan distributor resmi dari merek BMW Motorrad Indonesia membanderol motor ini dengan harga mulai dari Rp 1,4 miliaran. Berikut daftar harga BMW R 1300 GS Adventure di Indonesia:

    BMW R 1300 GS Adventure Trophy Rp 1.460.000.000
    BMW R 1300 GS Adventure Trophy with ASA Rp 1.480.000.000
    BMW R 1300 GS Adventure Triple Black Rp 1.460.000.000
    BMW R 1300 GS Adventure Triple Black with ASA Rp 1.480.000.000
    BMW R 1300 GS Adventure Option 719 Rp 1.530.000.000
    BMW R 1300 GS Adventure Option 719 with ASA Rp 1.550.000.000

    (mhg/rgr)

  • Prabowo Tak Terima Indonesia Tidak Bisa Bikin Mobil-Motor Sendiri

    Prabowo Tak Terima Indonesia Tidak Bisa Bikin Mobil-Motor Sendiri

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menginginkan agar Indonesia bisa membuat kendaraan sendiri. Prabowo tak terima, Indonesia yang diberi anugerah begitu banyaknya tidak bisa menciptakan mobil dan motor sendiri.

    Hal itu diungkapkan Prabowo di Rakornas Pemerintah Pusat dan Daerah, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11).

    Menurut Prabowo, Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia yang dititipkan oleh Tuhan dengan segala kekayaan alam yang tidak dimiliki bangsa lain. Makanya, Prabowo tidak terima kalau Indonesia tidak bisa membuat mobil dan motor sendiri.

    “Terus terang saja, saya dalam hati, saya tidak mau terima bahwa bangsa keempat di dunia, bangsa yang diberi kekayaan begitu besar oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dikasih semua elemen untuk menjadi negara maju tidak bisa bikin mobil, tidak bisa bikin motor, tidak bisa bikin komputer, saya tidak terima,” kata Prabowo dalam siaran persnya.

    Makanya, Prabowo ngotot dengan mobil buatan dalam negeri seperti Pindad Maung MV3. Bahkan, Prabowo meminta jajaran menterinya menggunakan mobil buatan Pindad tersebut.

    Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, mengapresiasi komitmen kuat Presiden Prabowo yang secara konsisten mendukung kendaraan lokal Maung. Bahkan, dukungan Prabowo diberikan sejak menjabat Menteri Pertahanan.

    “Kendaraan Maung tidak terlepas dari peran dan dukungan Presiden ke-8 RI, Bapak Prabowo Subianto. Sejak menjabat sebagai Menhan RI, beliau selalu menyampaikan ide inovasi kendaraan taktis dan kendaraan operasional. Komunikasi aktif Bapak Prabowo dengan PT Pindad selama ini telah menghasilkan Maung MV1 yang terus dikembangkan hingga generasi ketiga. Hal ini berbuah kesuksesan bahkan sampai digunakan menjadi kendaraan kepresidenan, yaitu MV3 Garuda Limousine. Ini tentu mendapat respons positif dari masyarakat,” kata Abraham dalam siaran persnya.

    “Berikutnya sesuai arahan Bapak Presiden RI, kami sedang mempersiapkan MV3 Garuda untuk kendaraan dinas atau operasional para Menteri beserta jajaran. Semuanya masih dalam proses koordinasi secara aktif dengan pemerintah, mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat agar semua berjalan lancar,” ujar Abraham Mose.

    (rgr/mhg)

  • Gaikindo Optimis Penjualan Mobil Tahun Depan Bisa 1 Juta Unit Lagi

    Gaikindo Optimis Penjualan Mobil Tahun Depan Bisa 1 Juta Unit Lagi

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakin penjualan mobil di Indonesia tahun depan mampu mencapai angka satu juta unit lagi seperti di tahun 2022. Keyakinan itu berlandaskan beberapa faktor, dari tren penjualan mobil yang semakin meningkat di luar Jawa-Bali, hingga stabilnya politik nasional.

    “Mengenai target satu juta unit. Ya, kita harus mengakui sekarang, bahwa market Indonesia terbuka lebar. Pemerintah telah membangun fasilitas infrastruktur yang luar biasa dan mudah-mudahan berpengaruh terhadap penjualan otomotif, apalagi saat ini penjualan otomotif sudah bergeser keluar daerah di luar Jawa-Bali,” ungkap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    Lanjut Nangoi menambahkan, Gaikindo berharap interest rate atau tingkat suku bunga bisa turun. “Dan tahun depan itu bukan tahun politik. Jadi harapannya, semuanya bisa smooth,” tambah Nangoi lagi.

    Nangoi menegaskan, jika industri otomotif Indonesia mau mencapai target penjualan satu juta unit per tahun, maka paling tidak penjualan mobil di pasar domestik Indonesia setiap bulannya harus menyentuh angka 80 ribu hingga 85 ribu.

    “Sementara kita sendiri punya pengalaman bisa memasarkan hingga 90-100 ribu per bulan, harusnya saya yakin dengan melihat kriteria positif tahun depan bisa mendongkrak penjualan,” jelas Nangoi.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    “Target tahun ini saya targetkan cuma 850 ribu unit, dari 1 juta turun ke 850 ribu unit,” tutur Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menurut pernyataan Sekretaris Gaikindo Kukuh Kumara dikutip CNNIndonesia.

    (lua/rgr)