Jenis Media: Otomotif

  • Jadwal MotoGP Barcelona 2024 Akhir Pekan Ini: ‘Final’ Martin Vs Bagnaia

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024 Akhir Pekan Ini: ‘Final’ Martin Vs Bagnaia

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024 bisa Anda simak di sini. MotoGP Barcelona 2024 bisa Anda saksikan langsung di stasiun televisi Trans7 atau sejumlah aplikasi live streaming berbayar.

    Seri kedua puluh MotoGP 2024 diselenggarakan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada 15-17 November. Ini menjadi kali kedua Sirkuit Catalunya, menggelar MotoGP setelah menjadi tuan rumah pada bulan Mei lalu. Barcelona dipilih menjadi venue pamungkas MotoGP tahun ini menggantikan Valencia yang batal lantaran terkena bencana banjir.

    Dari Valencia ke Barcelona

    Dorna Sports sengaja memilih Kota Barcelona sebagai alternatif sebab kota ini berjarak cukup dekat dari Valencia. Letak geografis Barcelona dan Valencia sama-sama ada di pesisir timur Spanyol. Kedua kota ini dipisahkan jarak 349 km dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam 44 menit menggunakan jalur darat.

    Jorge Martin dan Francesco Bagnaia Foto: AFP/MOHD RASFAN

    Pemilihan Barcelona merupakan bentuk penghormatan terhadap para penggemar MotoGP di Valencia. Dengan jarak yang dekat, Barcelona menjadi pilihan yang tepat untuk para penggemar MotoGP di Valencia.

    “Seri ini sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Valencia sebelum banjir dahsyat berdampak sangat parah di wilayah tersebut. Karena ini adalah Grand Prix terakhir musim 2024, kami berutang kepada para penggemar, paddock, olahraga, dan komunitas di Valencia untuk menyelenggarakan acara ini,” tulis pernyataan Dorna.

    Sirkuit Barcelona-Catalunya Foto: Alex Caparros/Getty Images

    Duel Pamungkas Martin vs Bagnaia

    Seri MotoGP Barcelona 2024 bakal menjadi seri yang sangat seru lantaran menentukan sang juara dunia. Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, di ambang merengkuh gelar juara MotoGP pertamanya. Martin bisa mengunci gelar juara dunia asalkan dia mampu menjuarai sprint race MotoGP Barcelona 2024.

    Sementara itu rival terdekat Martin dari Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, tentunya juga masih memiliki peluang untuk merebut gelar juara dunia. Meski peluang tersebut sangat kecil, tapi Bagnaia akan berjuang sekuat tenaga buat memberikan perlawanan terakhir.

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024

    Jumat (15/11)

    1. 16:45-17:30 WIB: Latihan bebas 1 MotoGP

    2. 21:00-22:00 WIB: Latihan MotoGP

    Sabtu (16/11)

    1. 16:10-16:40 WIB: Latihan bebas 2 MotoGP

    2. 16:50-17:05 WIB: Kualifikasi 1 MotoGP

    3. 17:15-17:30 WIB: Kualifikasi 2 MotoGP

    4. 21:00-22:00 WIB: Sprint race MotoGP (12 lap)

    Minggu (17/11)

    1. 17:00 WIB: Race Moto3 (18 lap)

    2. 18:15 WIB: Race Moto2 (21 lap)

    3. 20:00 WIB: Race MotoGP (24 lap)

    (lua/din)

  • Beli Pertamax Hari Ini Lebih Murah, Cek Syaratnya

    Beli Pertamax Hari Ini Lebih Murah, Cek Syaratnya

    Jakarta

    Pertamina mengadakan program promo harga lebih hemat untuk pembelian bensin jenis Pertamax. Khusus hari Senin, pembelian Pertamax bisa lebih murah. Simak syarat-syaratnya.

    Pertamina mengadakan promo bertajuk “I Like Monday”. Dengan promo ini, pembelian bensin Pertamax di hari Senin bisa lebih hemat Rp 300 per liter.

    Dikutip dari situs resmi MyPertamina, Promo harga lebih hemat Rp 300 per liter ini berlaku untuk pembelian khusus produk Pertamax pakai aplikasi MyPertamina. Program ini berlaku setiap hari Senin pukul 06.00-20.00 WIB.

    Untuk mendapatkan promo ini, konsumen harus melakukan transaksi minimal Rp 30.000 setiap hari Senin sampai dengan 30 Desember 2024. Promo berlangsung setiap hari Senin mulai tanggal 4, 11, 18, dan 25 November 2024 serta 2, 9,16, 23, dan 30 Desember 2024 pukul 06.00-20.00 WIB.

    Promo berlaku khusus pembelian produk Pertamax menggunakan aplikasi MyPertamina dengan seluruh metode pembayaran.

    Aplikasi MyPertamina. Foto: Grandyos Zafna

    Harga lebih hemat Rp 300 per liter secara otomatis berlaku di aplikasi MyPertamina untuk konsumen mobil atau motor dengan melakukan transaksi minimal Rp 30.000 dan dengan maksimal volume transaksi sebesar 5 (lima) liter dalam 1 (satu) struk.

    Setiap konsumen maksimal mendapatkan satu kali promo selama satu hari dan berkesempatan mendapatkan promo kembali di hari Senin berikutnya. Promo ini diperoleh dengan pemberlakuan ketentuan pembatasan kuota harian.

    Promo ini tidak dapat digabungkan dengan promo sejenis lainnya. Promo ini berlaku di seluruh SPBU Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina. Kamu bisa cari tahu Daftar SPBU Pertamina yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina di https://mypertamina.id/spbu.

    Sebagai informasi, harga bensin jenis Pertamax hari ini masih tetap alias tidak mengalami kenaikan. Di Pulau Jawa, Pertamax dijual seharga Rp 12.100 per liter.

    (rgr/din)

  • Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Menariknya, momen peluncurannya digelar di Cikarang, Jawa Barat, dua hari setelah pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024.

    Keputusan AHM meluncurkan Honda Scoopy baru di luar IMOS 2024 tentu membuat sebagian pihak terheran-heran. Sebab, produsen umumnya memilih pameran otomotif sebagai momen peluncuran produk baru.

    Lebih lagi, IMOS 2024 merupakan hajat Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang salah satu membernya merupakan Honda. Lantas, apa alasan mereka mengambil langkah unik tersebut?

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Octavianus Dwi selaku Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan, pihaknya ingin memberikan banyak ruang untuk motor-motor listriknya di IMOS 2024. Itulah mengapa, AHM lebih mengutamakan customer experience ketimbang meluncurkan produk baru.

    “Di IMOS 2024 kemarin kita memang mau fokus memberikan experience ke konsumen terutama motor listrik yang baru meluncur. Ya meskipun selain motor listrik, motor ICE kita juga mendapat perhatian juga,” ujar Octa di Cikarang, Jawa Barat.

    “Event is one thing, tapi kami ingin menghadirkan experience lebih saja untuk pengunjung di pameran itu,” tambahnya.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/sfn)

  • Pindad Klaim Mobil Maung Dikembangkan Sepenuhnya di RI: Desain sampai Produksi

    Pindad Klaim Mobil Maung Dikembangkan Sepenuhnya di RI: Desain sampai Produksi

    Jakarta

    PT Pindad mengembangkan mobil Maung MV3 secara lokal di Indonesia. Mobil ini dikembangkan di dalam negeri mulai dari desain sampai produksi.

    Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa mengatakan, tahapan panjang telah dilalui dalam pengembangan MV3 (Maung Vehicle Generasi 3). Menurutnya, mobil ini sepenuhnya dikembangkan di dalam negeri.

    “Belum ada pabrikan di Indonesia yang melakukan full cycle vehicle development di dalam negeri, yaitu pengembangan yang dimulai dari tahapan desain, pengembangan produk, validasi, sertifikasi, dan produksi massal. Maka dari itu, PT Pindad harus hadir untuk membangun ekosistem yang lengkap untuk mendukung pengembangan dan produksi industri otomotif nasional,” ujar Sigit P. Santosa dalam keterangan tertulisnya.

    Lanjut Sigit mengatakan, tim rekayasa Pindad menjabarkan desain konsep kendaraan Maung dengan konten kearifan lokal dalam bentuk design dan development, requirement, manufacturing & assembly, serta tahapan uji dan evaluasinya.

    “Pengembangan kemampuan rekayasa dan produksi massal tidak hanya dibangun di PT Pindad, tetapi juga di ekosistem supplier yang jumlahnya ratusan dan tersebar di seluruh Indonesia. Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri sehingga memprioritaskan komponen lokal. Untuk komponen yang belum tersedia dari dalam negeri seperti mesin, transmisi dan lain-lain, kami bekerja sama dengan mitra strategis global, yang dalam dunia industri otomotif merupakan hal yang biasa. Tentunya semua berproses dan kita bangun industri otomotif nasional kita tahap demi tahap,” lanjut Sigit.

    Proses produksi dimulai dengan menyusun spesifikasi teknis dan kebutuhan pengguna yang dituangkan dalam System Requirement Specification (SRS) serta Test & Evaluation Master Plan.

    Selanjutnya tim engineering PT Pindad mengembangkan desain mulai dari konseptual sketching hingga engineering design, mencakup penyesuaian performa, desain eksterior, desain interior, penentuan material interior dan eksterior serta berbagai detail komponen yang sesuai dengan dimensi dan regulasi kendaraan.

    Tahap produksi berikutnya adalah Manufacturing & Assembly yang memvalidasi hasil desain. Proses Manufacturing diawali dengan proses pembuatan dies menjadi cetakan komponen utama seperti body side, pintu, kap mesin, fender, dan bagian inner body, termasuk juga komponen pelengkap seperti bracket, bumper, dan komponen interior.

    Komponen tersebut dihubungkan dalam proses body welding, kemudian dilanjutkan proses painting, dan final assembly di area trimming. Setelah perakitan akhir, kendaraan menjalani proses Quality Control, uji fungsi, serta sertifikasi untuk memastikan performa optimal sesuai dengan kriteria pengguna.

    (rgr/din)

  • Awas Penipuan! Iklan Bikin SIM Mudah di Medsos Berujung Dapat SIM Palsu

    Awas Penipuan! Iklan Bikin SIM Mudah di Medsos Berujung Dapat SIM Palsu

    Jakarta

    Kepolisian mewanti-wanti masyarakat untuk tidak tergiur dengan iklan di media sosial yang menawarkan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara instan. Bisa jadi, penawaran itu adalah modus penipuan. Bukannya dapat SIM asli, korban malah mendapatkan SIM palsu.

    Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Tengah melalui akun instagram resminya meminta masyarakat untuk waspada terhadap modus pemalsuan SIM. Pemalsuan SIM ini biasanya menawarkan jasa pembuatan SIM ‘tembak’ tanpa harus mendatangi kantor Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas).

    “Jangan mudah percaya dengan ajakan di media sosial seperti Facebook dan Instagram tentang pembuatan SIM dengan mudah maupun langsung dari rumah,” tulis Ditlantas Polda Kalteng di Instagramnya.

    Baru-baru ini, modus pemalsuan SIM dengan menawarkan jasa bikin SIM secara online terungkap. Pelaku menawarkan jasa pembuatan SIM secara online. Korban hanya diminta mengirimkan foto setengah badan, foto KTP da foto tanda tangan ke nomor WhatsApp yang tercantum dalam iklan di media sosial. Namun, yang diterima korban bukan SIM asli, melainkan SIM palsu.

    [Gambas:Instagram]

    Dikutip Antara, terungkapnya pemalsuan SIM ini berawal dari kegiatan sosialisasi Operasi Telabang 2024 di Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Saat itu, petugas menanyakan kelengkapan surat-surat dari seorang pengendara dan ditunjukkan SIM B Ii Umum. Namun, ditemukan kejanggalan pada SIM tersebut.

    Kejanggalan yang dimaksud antara lain warna SIM yang agak buram serta tidak sesuai dengan SIM asli. Selain itu, kode Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) Satlantas Polres Gumas juga tidak sesuai, serta barcode lebih besar dan berbeda dengan barcode yang tertera di SIM asli.

    Dari pengakuan pengendara tersebut, dia membuat SIM dengan memanfaatkan jasa pembuatan SIM online yang ditawarkan oleh salah satu akun di media sosial. Selanjutnya Satreskrim Polres Gumas melakukan penyelidikan terhadap dugaan pemalsuan SIM tersebut.

    Terungkap ternyata ada modus pemalsuan SIM yang ditawarkan secara online di media sosial. Tarif pembuatan SIM palsu ini bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,1 juta tergantung jenis SIM. Tarif juga bisa dinego. Korbannya berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

    (rgr/din)

  • Cedera Dulu, Kalah dan Menang Lagi, Sensasinya Luar Biasa

    Cedera Dulu, Kalah dan Menang Lagi, Sensasinya Luar Biasa

    Jakarta

    Musim 2024 bikin Marc Marquez tersenyum lagi. Dia memilih pergi daripada tak kompetitif bersama Honda. Dulu saat berseragam Honda, kemenangan bagi Marquez biasa-biasa saja karena saking seringnya menang. Pasang surut karier Marquez dalam ajang balapan kelas wahid itu bikin dirinya tersadar.

    Wajar Marquez berpikir menang itu terasa biasa saja, pasalnya Marquez tampil impresif saat usianya masih muda.

    Marquez pernah jadi pebalap termuda yang memenangkan gelar juara dunia kelas MotoGP berturut-turut pada usia 21 tahun 237 hari di musim 2014. Rider kelahiran Lleida ini terus menorehkan rekor-rekor bersama Repsol Honda. Dia enam kali juara bersama Repsol Honda pada musim 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

    Lebih rinci, Marquez sudah 62 kali pole position, 95 kali naik podium, dan 56 kali menang balapan yang dilakukannya selama di kelas MotoGP dengan Repsol Honda.

    Repsol Honda pernah menjadi tim yang paling ditakutkan di MotoGP pada rentang 2012-2019. Pabrikan Jepang itu menjadi jawara kategori tim dan konstruktor 6 kali dalam 7 tahun.

    Marquez menjadi andalan Repsol Honda dalam periode tersebut. The Baby Alien mampu meraih 6 gelar juara dan terakhir kali melakukannya pada 2019.

    Namun sejak musim balap 2019, Marquez mulai diganggu oleh cedera. Cedera tulang humerus lengan kanan dan masalah penglihatan diplopia jadi mimpi buruk buat Marc Marquez. Musim 2022 dia harus absen panjang dari MotoGP.

    Belum berhenti di situ, rusuk dan beberapa jari kakinya juga patah pada musim 2023.

    Marquez lalu mengubah persepsi tentang kemenangan MotoGP. Pandangan ini diakui Marquez sebelum cedera menghantuinya.

    Marquez menyudahi puasa jadi juara MotoGP setelah 1.043 hari. Terakhir dilakukannya adalah pada MotoGP San Marino di tahun 2021.

    “Sensasinya luar biasa, saya sudah menunggu lama untuk itu. Pada tahun 2014, saya memenangkan sepuluh balapan berturut-turut, tapi sekarang? Hanya satu dalam dua tahun. Jadi nilai-nilai berubah. Sebelum kecelakaan saya (berpikir) menang adalah sesuatu yang normal, bukanlah hal istimewa,” kata Marquez dikutip dari Marca.

    “Menjadi peringkat kedua berarti kalah.”

    “Ini telah mengubah persepsi saya tentang olahraga dan balap,” tambahnya lagi.

    Keputusannya untuk pindah ke tim satelit bukan mencari gelar lagi. Marquez ingin membuktikan apakah dirinya sudah tidak kompetitif lagi. Pria asal Lleida ini menyebut sudah memasuki babak baru.

    “Rencana saya sudah dibuat. Ketika saya tiba di Gresini, saya punya rencana. Prioritasnya adalah memahami apakah saya bisa kompetitif lagi. Rencananya adalah mendapat kesempatan berada di tim pabrikan, tim terbaik dan motor terbaik. Itu adalah Ducati Lenovo,” kata Marquez.

    “Tapi saya perlu menunjukkan kecepatan, karena Anda layak mendapatkan nilai balapan terakhir Anda, bukan apa yang telah Anda capai di masa lalu,” katanya.

    Tahun depan Marquez akan membela tim pabrikan Ducati. Dia menjadi rekan setim Francesco Bagnaia. Musim 2025 belum dimulai, Marquez sudah menabuh genderang perang.

    “Saya ingin menang dan jika ingin menang harus memiliki motor yang tepat, agar mendapat peluang. Lalu, tentu saja harus punya nyali untuk melakukannya. Saya akan bertarung dengan rekan setim yang merupakan juara dunia dan telah membalap bersama Ducati selama enam tahun. Dia tahu semua rahasia sepeda motor,” tutupnya.

    (riar/rgr)

  • Mobil Listrik Maxus Mifa 7 dan 9 Mulai Bisa Dipesan di GJAW 2024

    Mobil Listrik Maxus Mifa 7 dan 9 Mulai Bisa Dipesan di GJAW 2024

    Jakarta

    Maxus Motors Indonesia memastikan Maxus Mifa 7 dan 9 sudah bisa dipesan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Harga dua kendaraan listrik itu juga akan diumumkan di acara yang digelar mulai 22 November hingga 3 Desember tersebut.

    Menurut sejumlah bocoran, Mifa 9 akan dibanderol Rp 1,1 miliar dengan status on the road Jakarta. Sementara untuk Mifa 7 belum ada bocoran. Namun, besar kemungkinan, kendaraan itu akan ditawarkan di bawah Rp 1 miliar.

    “Iya, sudah bisa dipesan di GJAW 2024. Pengumuman harga juga nanti di sana,” ujar Yudhy Tan selaku Chief Operating Officer (COO) Maxus Indonesia di Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (7/11).

    Maxus Mifa 7 dan 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Konsumen yang melakukan pemesanan di GJAW 2024 akan menerima unitnya sebelum pergantian tahun. Sebagai permulaan, Maxus Mifa 7 dan 9 masih diimpor utuh atau completely built up (CBU) dari China. Namun, dalam waktu dekat, keduanya akan dirakit secara lokal di pabrik Purwakarta, Jawa Barat.

    Disitat dari laman resmi Maxus, Maxus Mifa 9 punya nilai keamanan ENCAP bintang lima. Kendaraan listrik tersebut menggunakan baterai 90 kWh dengan jarak tempuh 435 km dalam kondisi penuh. Sementara lama pengecasan dari 30 ke 80 persen hanya 30 menit dengan fitur fast charger.

    Teknologi yang tertanam di dalamnya cukup lengkap, misalnya seperti kursi captain seat dengan fitur pijat, pengecasan nirkabel, layar hiburan sentuh berukuran 12,3 inch, pengeras suara buatan JBL, driver assistance, tujuh airbags, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    Maxus Mifa 7 dan 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sementara Maxus Mifa 7 diposisikan sebagai adik kandung Mifa 9. Kendaraan tersebut juga punya nilai keamanan ENCAP bintang lima. Baterainya sama dengan Mifa 9, yakni 90 kWh. Namun, ukurannya yang lebih mungil membuat jarak tempuh kendaraan lebih jauh, yakni 480 km!

    Mifa 7 juga menggunakan kursi model captain seat. Hanya saja, tak ada fitur pijat seperti kakak kandungnya. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi tingkat kenyamanannya.

    Kendaraan itu sudah dibekali panel instrumen yang dibuat terhubung dengan layar hiburan, punya delapan pengeras suara premium, driver assistance, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    (sfn/rgr)

  • Tampang Moge Turing Tanpa Kopling BMW R 1300 GS Adventure

    Tampang Moge Turing Tanpa Kopling BMW R 1300 GS Adventure

    Sesuai namanya, Automated Shift Asisstant atau asisten penggantian gigi otomatis, teknologi ASA membuat pengendara tak perlu repot menekan kopling untuk memindahkan gigi. Hadirnya dua aktuator elektromekanis dapat membuat perpindahan gigi yang halus tanpa perlu menekan kopling secara manual.

    Sistem kerjanya, yang tidak mekanikal seperti transmisi konvensional, diklaim membuat perpindahan gigi lebih cepat dan tepat. BMW bahkan mengklaim kehadiran ASA ini dapat menghilangkan kemungkinan mesin mati karena perpindahan gigi yang tidak tepat saat adventure. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

  • Daun Gugur Bisa Bikin Cat Mobil Rusak! Ini Cara Mencegahnya

    Daun Gugur Bisa Bikin Cat Mobil Rusak! Ini Cara Mencegahnya

    Jakarta

    Daun yang berguguran di musim hujan mungkin terlihat sepele. Namun bagi pemilik mobil, daun-daun ini bisa menjadi ancaman serius bagi tampilan dan kondisi mobil.

    Daun yang menumpuk di permukaan mobil ternyata bisa menyebabkan kerusakan jika dibiarkan terlalu lama. Tanpa perawatan yang tepat, daun yang menumpuk di permukaan mobil dapat memicu kerusakan cat, menimbulkan noda, bahkan menyebabkan karat di bagian logam yang terekspos.

    Mengapa Daun Gugur Dapat Merusak Mobil?

    Saat daun basah terkena hujan, proses pembusukan menghasilkan kandungan asam dan jamur yang dapat merusak lapisan pelindung mobil atau clear coat. Jika dibiarkan menempel, daun basah ini dapat meninggalkan noda permanen atau merusak lapisan pelindung hingga membuat cat mengelupas. Begitu lapisan pelindung rusak, cat yang terkelupas tersebut dapat memicu karat pada permukaan logam mobil, terutama pada bagian yang terekspos.

    Mengutip Real Simple, seorang ahli dari Eastwood Automotive, James Naylor, menjelaskan bahwa daun yang terselip di celah kecil seperti di bawah kap mesin atau di sekitar sunroof juga bisa menahan kelembapan. Hal tersebut akan memicu terbentuknya karat. Selain itu, ranting dan tangkai daun yang keras juga bisa menggores kaca atau permukaan lain jika tidak hati-hati saat membersihkannya.

    Tak hanya permukaan luar, daun gugur juga bisa menyumbat komponen penting mobil. Misalnya, daun sering tersangkut di sekitar wiper kaca depan atau saluran udara. Jika dibiarkan terlalu lama, daun ini bisa semakin masuk dan menyulitkan proses pembersihan. Bahkan hal ini dapat mengganggu kinerja komponen mobil.

    Lantas, bagaimana cara membersihkan daun dari mobil dengan aman? Berikut caranya dilansir dari Real Simple.

    Cara Membersihkan Daun dari Mobil dengan Aman

    Untuk mencegah kerusakan, segera bersihkan daun yang menempel di mobil Anda. Naylor menyarankan untuk membersihkan daun secara hati-hati dengan tangan atau menggunakan blower agar cat tidak tergores. Jika mobil sering parkir di bawah pohon, disarankan untuk menggunakan penutup mobil yang bisa melindungi dari daun gugur.

    Saat membersihkan daun dengan tangan, kenakan sarung tangan yang memadai agar terlindung dari ranting kasar. Setelah itu, buka kap mesin dan bersihkan daun yang mungkin menumpuk di sekitar kaca depan.

    Membersihkan mobil dari daun gugur akan semakin sulit saat musim hujan berlangsung lama. Untuk itu, mencuci mobil secara berkala bisa menjadi solusi yang efektif. Selain menjaga kebersihan, mencuci mobil juga dapat menghilangkan debu dan partikel yang menempel pada cat mobil.

    Meskipun pada umumnya mobil sudah dilapisi pelindung, memberikan lapisan wax tambahan dapat memperkuat perlindungan. Lapisan wax ini menciptakan penghalang yang mencegah zat asam dari daun menembus cat mobil. Naylor merekomendasikan agar mengaplikasikan wax setidaknya sekali setiap beberapa bulan. Dengan perawatan yang rutin dan langkah-langkah pencegahan ini, mobil Anda akan tetap terjaga kondisinya meski terkena daun gugur di berbagai tempat.

    (rgr/rgr)

  • Penjualan Turun, Grup Otomotif Stellantis Pecat Ribuan Karyawan

    Penjualan Turun, Grup Otomotif Stellantis Pecat Ribuan Karyawan

    Jakarta

    Grup raksasa di industri otomotif, Stellantis, dikabarkan memecat lebih dari 1.000 karyawannya di Amerika Serikat. Langkah ini harus mereka ambil untuk melakukan efisiensi di perusahaan.

    Dilansir dari Reuters, grup yang menaungi 14 merek kendaraan ini, mulanya pada Rabu (6/11/24) lalu memecat 1.100 karyawan mereka yang bekerja di Jeep Gladiator plant di Toledo, Ohio, Amerika Serikat.

    Selang beberapa hari, tepatnya pada Jumat (8/11/24) mereka memecat 400 pekerja di Detroit automotive parts facility atau plant yang diplot untuk menggarap bagian-bagian dari kendaraan.

    Total 1.500 pekerja dipecat oleh Stellantis pada awal November 2024 ini. Namun sebelumnya, di Agustus 2024, Stellantis juga tercatat memecat 2.450 pekerja di fasilitas pabrik mereka di Michigan yang menggarap mobil Ram 1500 Classic.

    “Ini merupakan tindakan yang sulit untuk dilakukan, tetapi tindakan ini diperlukan agar perusahaan dapat kembali mendapatkan keunggulan kompetitifnya dan pada akhirnya mengembalikan produksi ke tingkat sebelumnya,” tulis Stellantis dalam sebuah pernyataan resmi.

    Laporan Reuters menyebutkan bahwa Stellantis sejatinya sudah merombak manajemen senior dalam upaya untuk menghidupkan kembali penjualan yang merosot di beberapa wilayah, khususnya Amerika Utara. Mereka juga diklaim telah memangkas tenaga kerja bergaji per jam.

    Dikabarkan bahwa pengurangan jumlah karyawan ini ditujukan agar bisa membalikkan keadaan di sektor penjualan dan keuntungan di pasar Amerika Serikat. Belum lagi, kondisi mereka juga diperparah akibat turunnya saham sekitar 41% di tahun ini.

    Perlu diketahui bahwa grup raksasa Stellantis membawahi berbagai merek mulai dari Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Citroen, Dodge, DS Automobiles, Fiat, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, Peugeot, Ram, Vauxhall, Free2move, hingga Leasys.

    Kabar pemecatan karyawan ini terdampak pada salah satu lini bisnis mereka yang beroperasi di pasar Amerika Serikat, dalam hal ini Jeep.

    (mhg/rgr)