Jenis Media: Otomotif

  • Wujud Mazda MX-30: Desain Istimewa Pakai Suicide Door, Jarak Tempuh Biasa Saja

    Wujud Mazda MX-30: Desain Istimewa Pakai Suicide Door, Jarak Tempuh Biasa Saja

    Wujud Mazda MX-30: Desain Istimewa Pakai Suicide Door, Jarak Tempuh Biasa Saja

  • Pindad Siapkan Maung untuk Sipil, Siapa Mau?

    Pindad Siapkan Maung untuk Sipil, Siapa Mau?

    Jakarta

    Kendaraan taktis (rantis) Maung buatan Pindad akan diproduksi dalam bentuk kendaraan sipil. Mobil Maung MV3 juga akan menjadi kendaraan menteri di Kabinet Merah Putih.

    Saat ini PT Pindad telah memproduksi Maung MV3 dalam berbagai varian. Platform MV3 saat ini telah digunakan untuk berbagai kendaraan operasional dengan varian seperti Tangguh, Jelajah, dan Komando serta pengembangan lainnya dari basis kendaraan ini yakni MV3 Garuda Limousine untuk kendaraan operasional kepresidenan RI 1 dan RI 2.

    Maung varian Tangguh juga dapat menyesuaikan kebutuhan untuk berbagai acara kenegaraan, salah satunya Popemobile untuk kendaraan operasional Paus Fransiskus saat kunjungan apostolik ke Indonesia, Kendaraan Inspektur Upacara (Irup) yang digunakan Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dalam berbagai kegiatan kenegaraan, serta dikembangkan menjadi kendaraan Mobile Jammer Anti Drone.

    “Tidak berhenti sampai di situ MV3 yang awalnya dikembangkan untuk kebutuhan operasional militer, juga ke depan dikembangkan untuk varian sipil. Hadirnya kendaraan-kendaraan PT Pindad merupakan komitmen kuat perusahaan dalam mendukung daya saing dan kemandirian industri Indonesia,” demikian dikutip dari siaran pers resmi PT Pindad.

    Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose juga mengatakan, Pindad tengah menyiapkan Maung MV3 Garuda untuk kendaraan dinas menteri.

    “Berikutnya sesuai arahan Bapak Presiden RI, kami sedang mempersiapkan MV3 Garuda untuk kendaraan dinas atau operasional para Menteri beserta jajaran. Semuanya masih dalam proses koordinasi secara aktif dengan pemerintah, mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat agar semua berjalan lancar,” ujar Abraham Mose.

    Pindad MV3 Maung menggunakan mesin berkapasitas 2.200 cc. Mesin yang tersemat di dalam MV3 Maung diklaim mampu menyemburkan daya maksimum 202 PS atau setara dengan 199 HP. Torsinya mencapai 441 Nm.

    Berkat mesin itu, mobil bisa melaju hingga kecepatan aman 100 km/jam dan jarak tempuh hingga 500 km. Sementara transmisinya menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

    (rgr/din)

  • Kecelakaan Horor di KM 92 Tol Cipularang, Rem Blong dan Jalanan Menurun yang ‘Angker’

    Kecelakaan Horor di KM 92 Tol Cipularang, Rem Blong dan Jalanan Menurun yang ‘Angker’

    Jakarta

    Terjadi kecelakaan beruntun di KM 92 tol Cipularang sore ini (11/11) yang melibatkan 17 kendaraan dan menimbulkan korban jiwa satu orang meninggal. Menurut keterangan polisi, kecelakaan itu dipicu oleh insiden truk yang mengalami rem blong.

    “Jadi ada truk yang membawa muatan cukup berat remnya blong sehingga menabrak kendaraan di depannya, jadi terjadi kecelakaan beruntun,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abass, kepada wartawan, Senin (11/11/2024).

    Praktisi Road Safety & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pernah menjelaskan terkait ‘angkernya’ ruas tol Cipularang arah Jakarta dari KM 90 sampai KM 100. Ruas tol tersebut angker lantaran kerap terjadi kecelakaan melibatkan sejumlah besar kendaraan. Kata Jusri, itu terjadi karena kondisi jalanan yang menurun.

    Tangkapan layar kecelakaan di Tol Cipularang KM 92, Senin (11/11/2024) Foto: Istimewa

    “Sehingga membuat beban kerja rem itu akan lebih berat daripada kondisi-kondisi di permukaan datar. Lebih-lebih kalau kendaraan tersebut adalah angkutan barang ataupun angkutan penumpang. Artinya, semakin berat bobot kendaraan, semakin berat beban kerja rem,” ujar Jusri kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Jusri menambahkan, handicap atau rintangan di tol Cipularang KM 90-100 arah Jakarta adalah jalanan menurun dengan gaya momentum yang kerap jadi pemicu mobil hilang kendali. Ditambah penanganan sopir yang salah, kecelakaan bisa tak terhindarkan.

    “Bisa diawali kemampuan rem menyusut atau kemampuan shock asbsorber berkurang sehingga mobil kadang-kadang ketika menikung ada bodyroll tinggi, kadang-kadang ini membuat kendaraan hilang kendali. Belum lagi cengkeraman ban akan menurun seiring perpindahan bobot dari belakang ke depan (saat turunan), sehingga bobot kendaraan bertumpu pada roda depan. Saat pengereman darurat, kadang-kadang bisa membuat roda belakang terkunci, karena nggak ada beban (beban kendaraan ditransfer ke depan saat turunan), akibatnya sering mobil melintir atau oversteer. Bagi orang yang nggak sadar itu kaget, dia malah ngerem habis,” jelas Jusri lagi.

    Jusri menambahkan, saat jalanan terus menurun, komponen kendaraan bakal mengalami penyusutan kinerja. Termasuk potensi gejala brake fading, atau penyusutan kinerja rem, hingga rem jadi blong.

    “Kalau kita bicara penyebab langsung, pengemudinya tidak memahami atau tidak memiliki pemahaman bagaimana mengendarai kendaraan di daerah berbukit. Sehingga cara pengereman mereka hanya mengandalkan service brake, atau rem kaki. Sehingga ketika dia mengandalkan service brake saja, maka akibatnya konstruksi rem mulai teromol, piringan atau sepatu rem itu akan mengalami suhu panas berlebih. Ini akibat pengemudi yang terlalu over menggunakan rem kaki terus menerus. Akibatnya kemampuan rem akan menyusut. Maka jarak pengereman akan jauh, bahkan kendaraan hilang kendali,” ungkap Jusri.

    Kecelakaan beruntun yang terjadi di KM 92 tol Cipularang sore ini memang bukan kali pertama terjadi. Kilas balik ke tahun 2022, ketika itu juga terjadi kecelakaan besar yang juga melibatkan 17 kendaraan. Kecelakaan yang terjadi pada Juni 2022 itu dipicu bus yang mengalami rem blong.

    Lihat Video ‘Ada 17 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang’:

    (lua/din)

  • 7 Penyebab Motor Ngebul yang Penting Diketahui Pengendara

    7 Penyebab Motor Ngebul yang Penting Diketahui Pengendara

    Jakarta

    Motor yang mengeluarkan asap putih atau hitam atau ngebul seringkali menjadi pertanda adanya masalah pada mesin. Fenomena ini bisa menyebabkan kekhawatiran bagi pemilik motor.

    Kondisi tersebut memang bisa berisiko pada keselamatan berkendara. Jadi, penting untuk memahami faktor apa saja yang menyebabkan motor ngebul.

    Penyebab Motor Ngebul

    Motor yang ngebul bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari karburator yang rusak, mesin yang aus, sampai sistem pengapian yang kurang optimal. Berikut penjelasannya mengutip laman Suzuki dan Planet Ban.

    1. Karburator Rusak atau Kotor

    Penyebab umum dari motor ngebul adalah karburator yang rusak. Tak hanya itu, karburator yang kotor juga memicu kondisi ini.

    Sehingga, dampaknya yaitu campuran bahan bakar karburator yang tidak bisa bekerja secara optimal. Hal itu kemudian membuat asap keluar dari knalpot motor.

    2. Mesin Aus

    Penyusunan cincin piston dan piston menjadi salah satu faktor yang memicu keausan mesin. Jika kondisi ini terjadi, pembakaran motor kurang efisien dan knalpot menghasilkan asap yang berlebihan.

    Mesin yang aus juga bisa disebabkan karena kerusakan klep. Saat klep tidak berfungsi optimal, kompresi mesin terganggu. Sehingga, asap bisa keluar dari knalpot saat motor digunakan.

    Penyebab aus mesin berikutnya adalah kebocoran di sistem peredam. Kondisi itu membuat udara yang masuk ke mesin tidak terkontrol dan membuat pembakaran kurang maksimal.

    3. Oli Masuk ke Ruang Bakar

    Oli yang masuk ke dalam ruang bakar juga bisa menyebabkan motor ngebul. Saat oli masuk ke ruang bakar, cairan tersebut ikut terbakar bersama campuran bahan bakar dan udara. Pada akhirnya dihasilkan asap tebal berwarna biru atau putih dari knalpot.

    4. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

    Penyebab selanjutnya adalah oli dengan kualitas rendah atau yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Jika oli yang terlalu encer atau tidak sesuai dengan standar mesin, maka bisa menyebabkan pelumasan yang tidak optimal. Hal tersebut membuat bagian mesin mungkin mengalami overheat dan mengeluarkan asap

    5. Knalpot Bermasalah

    Jenis knalpot tertentu bisa menjadi penyebab kondisi ngebul pada motor selanjutnya. Dampak dari knalpot yang bermasalah adalah gas yang berasal dari emisi akan memanas, lalu menghasilkan asap putih pada knalpot.

    6. Malfungsi Sistem Pendingin

    Biasanya, malfungsi pada sistem pendingin terjadi akibat dua faktor. Pertama, memburuknya kondisi radiator, dan kedua kerusakan pada kipas pendingin.

    Radiator yang bocor atau kotor akan menghambat proses perpindahan panas yang berasal dari mesin menuju udara sekitar. Jika terhambat, mesin akan overheat dan motor mengebul.

    Kipas pendingin yang tidak bekerja dengan baik juga akan membuat mesin mengalami kenaikan suhu. Sebab kondisi tersebut, motor mengeluarkan asap.

    7. Sistem Pengapian Kurang Optimal

    Motor yang ngebul juga bisa dipicu oleh sistem pengapian yang kurang optimal.Busi berperan dalam memastikan bahwa sistem pengapian berjalan lancar.

    Busi bisa kotor karena ada pembentukan lapisan karbon di atas komponen elektroda busi. Elektroda busi yang retak atau aus bisa membuat busi rusak.

    Busi yang tidak dalam kondisi baik membuat kinerja sistem pengapian penurun. Kerusakan busi sebagai suku cadang menjadi salah satu penyebab signifikan motor mengalami ngebul.

    Saksikan juga video: Pemuda Cirebon Bakar Rumah Ortu Gegara Tak Dibelikan Motor

    (elk/row)

  • Brand Mobil China Sudah Banyak di Indonesia, Apa yang Bikin Maxus Beda?

    Brand Mobil China Sudah Banyak di Indonesia, Apa yang Bikin Maxus Beda?

    Jakarta

    Maxus resmi mengumumkan jajaran produknya di Indonesia. Sebagai permulaan, mereka membawa dua mobil listrik terbarunya, yakni Mifa 7 dan Mifa 9. Apa yang membuat Maxus berbeda dibandingkan mobil-mobil China lain?

    Sebagai catatan, sejak satu-dua tahun terakhir, pasar kendaraan di Indonesia diserbu merek-merek asal China. Sebelum Maxus, sudah ada nama-nama lain yang menjejakkan kakinya lebih dulu. Sebut saja BYD, BAIC, GAC AION, Jetour, Zeekr dan masih banyak lagi.

    Dengan penuhnya daftar tersebut, Maxus tentu membawa keunggulan unik yang tak ditawarkan brand-brand senegaranya. Sebab, jika tidak, mereka hanya akan menjadi penonton abadi.

    Maxus Mifa 7 dan 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Faktor pembeda yang ditawarkan Maxus ke konsumen Indonesia adalah melalui segmentasi produknya. Mereka merupakan produsen pertama yang menjual MPV premium bertenaga listrik di Tanah Air.

    Selain itu, Maxus juga menjalin kemitraan bisnis dengan Indomobil Group yang sudah puluhan tahun berkecimpung di industri otomotif Indonesia. Hal tersebut yang membuat mereka yakin mampu bersaing di dalam negeri.

    “Kalau ngomongin brand China, menarik ya. Saya rasa setiap tahun brand China selalu ada yang masuk (Indonesia). Tahun ini masuk, tahun depan juga ada lagi yang masuk. Padahal (pasarnya) lagi turun sekarang,” ujar Yudhy Tan selaku Chief Executive Officer (CEO) Maxus Indonesia di Menteng, Jakarta Selatan.

    “Karena persaingan menarik, makanya kita juga punya strategi juga. Fokus kami ke pelanggan, brand yang tidak berhasil kadang-kadang karena tidak memperhatikan kepuasan pelanggan, tapi kalau mereka puas, saya rasa kita tak perlu khawatir,” tambahnya.

    Maxus Mifa 7 dan 9. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Ketika ditanya mengenai kemungkinan mengikuti jejak produsen China lain dengan menawarkan garansi panjang, Yudhy belum bisa menjawabnya. Sebab, produknya baru secara resmi meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024.

    “Jadi tunggu di GJAW 2024 saja ya,” kata dia.

    Harga Maxus Mifa 7 dan 9 akan diumumkan di GJAW 2024. Kabarnya, Mifa 9 akan dibanderol Rp 1,1 miliar dengan status on the road Jakarta. Sementara untuk Mifa 7 masih belum ada bocoran hingga sekarang.

    Kendaraan yang dijual Maxus di Indonesia masih berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) dari China. Namun, dalam waktu dekat, mereka akan merakitnya secara lokal di Purwakarta, Jawa Barat.

    (sfn/dry)

  • Honda HR-V Facelift Meluncur, Segini Harganya

    Honda HR-V Facelift Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    Honda resmi meluncurkan HR-V Facelift di Thailand. Mobil ini mendapatkan penyegaran eksterior dan sudah dibekali dengan teknologi hybrid.

    Honda HR-V facelift menerima penyegaran ringan pada eksteriornya. Pembaruannya berpusat di sekitar bumper depan yang sedikit lebih ramping dan grill yang lebih lebar. Ada juga lampu belakang yang memberikan tampilan yang lebih ramping pada mobil.

    Model RS untuk pasar Thailand mempertahankan bodykit hitam mengilap dengan spoiler depan yang menonjol. Yang baru untuk varian flagship adalah lampu depan LED proyektor matriks dengan fitur active cornering lamps, bersama dengan lampu belakang smoke.

    Honda HR-V Facelift Foto: Dok. Honda

    Honda HR-V tetap menawarkan pilihan velg 17 dan 18 inci. Khusus velg 18 inci mendapatkan lapisan dua warna. Untuk pilihan warna eksteriornya, kini tersedia Sand Khaki Pearl dengan atap hitam yang tersedia pada varian EL dan RS.

    Honda HR-V Facelift Foto: Dok. Honda

    Beralih ke interiornya, konsol tengah diganti dengan unit simetris yang lebih konvensional dengan kompartemen penyimpanan tambahan di bawah kontrol AC. Head unit baru hadir dengan layar sentuh delapan inci. Head unit itu sudah mendapatkan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto wirless. Ventilasi AC belakang, enam speaker, dan dua cermin rias dengan lampu kini menjadi standar.

    Honda HR-V tipe EL mendapatkan port USB-C di bagian depan dan belakang, jok pengemudi yang dapat disetel delapan arah secara elektrik, serta pengisian daya nirkabel Qi.

    Seperti sebelumnya, HR-V terus hadir sebagai standar dengan paket Honda Sensing. Di dalamnya termasuk fitur autonomous emergency braking, adaptive cruise control dengan Low Speed Follow, lane centring assist serta front departure alert.

    HR-V untuk pasar Thailand mengandalkan teknologi hybrid. Mobil ini ditenagai motor listrik yang menghasilkan tenaga 131 PS dan torsi 253 Nm, yang dikombinasikan dengan mesin i-VTEC 1,5 liter bertenaga 106 PS dengan torsi 127 Nm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 25,6 km per liter. Sekali full tank, mobil ini bisa menjangkau jarak 800 km..

    Honda HR-V Facelift di Thailand dijual mulai 899.000 baht (Rp 410,6 juta) untuk varian terendah HR-V e:HEV E. Harga tersebut berlaku terbatas dan akan naik menjadi 949.000 baht (Rp 433,4 juta) setelah 1 Januari 2025.

    Sementara itu, dua varian lainnya harganya sama seperti sebelumnya. HR-V e:HEV EL dijual seharga 1.079.000 baht (Rp 492,8 juta) dan e:HEV RS yang merupakan varian tertinggi seharga 1.179.000 baht (Rp 538,5 juta).

    (rgr/dry)

  • Intip Ketangguhan Mobil Tunggangan Prabowo di Amerika

    Intip Ketangguhan Mobil Tunggangan Prabowo di Amerika

    Washington

    Presiden Prabowo Subianto tiba di Washington DC, Amerika Serikat. Di Amerika, Prabowo menunggangi mobil gagah Chevrolet Suburban.

    Dari bandar udara di Washington DC, Prabowo langsung menuju ke hotel dan disambut oleh diaspora Indonesia yang sudah menanti di depan hotel tempat Kepala Negara bermalam. Selama perjalanan darat itu, Prabowo menumpangi mobil Chevrolet Suburban. Mobil ini memang kerap menjadi kendaraan tamu negara yang berkunjung ke Amerika Serikat.

    Chevrolet Suburban sering terlihat sebagai mobil petinggi negara Amerika Serikat. Chevrolet Suburban merupakan mobil dinas ‘pelapis’ Presiden AS selain The Beast. Mobil ini juga kerap menjadi mobil Secret Service yang mengawal Presiden AS.

    Mobil yang kerap menjadi kendaraan secret service Amerika Serikat itu adalah Chevrolet Suburban Limousine Edition. Mobil ini hadir dengan gaya SUV, namun dengan kabin yang panjang dan lapang layaknya mobil-mobil Limousine.

    Dikutip dari The War Zone, Chevrolet Suburban Limousine Edition memang menjadi kendaraan operasional anggota United States Secret Service (USSS) setiap menjalankan tugas atau misinya. Tak jarang, mobil ini digunakan juga untuk tamu negara. Mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Amerika Serikat juga disediakan mobil Chevrolet Suburban.

    Chevrolet Suburban Limousine Edition Foto: The War Zone

    Chevrolet Suburban Limousine Edition tak diperjualbelikan secara bebas. Sebab mobil ini digunakan khusus buat Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Karena dipakai untuk keamanan pejabat negara, maka spesifikasi detail mobil ini pun tidak diumbar.

    Namun bisa dipastikan mobil ini menggunakan rangka dan mesin yang kuat. Selain itu, Secret Service sebagai operator mobil ini juga bisa melakukan berbagai konfigurasi di Chevrolet Suburban Limousine Edition, entah dengan menambah perlengkapan berat, melapisi mobil dengan baja tambahan, maupun menambah peralatan komunikasi, juga sistem pertahanan dan elektronik lainnya.

    Chevrolet Suburban versi standar juga dijual secara bebas untuk konsumen umum di Amerika Serikat. Versi standar mobil ini hadir dengan beberapa opsi mesin, dari V8 5.300 cc bertenaga 355 dk @ 5.600 rpm dengan torsi maksimal 383 lb-ft @ 4.100 rpm, hingga pilihan mesin yang lebih besar berkonfigurasi V8 berkapasitas 6.200 cc yang mampu memuntahkan tenaga 420 dk @ 5.600 rpm dengan torsi maksimal 460 lb-ft @ 4.100 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan.

    (rgr/dry)

  • Mobil Listrik Konsep Audi E Concept Melantai di China, Performanya Sangar!

    Mobil Listrik Konsep Audi E Concept Melantai di China, Performanya Sangar!

    Jakarta

    Dengan logo serta nama yang unik, Audi meluncurkan merek khusus mobil listrik untuk pasar China, yakni AUDI. Bertepatan dengan peluncuran mereknya, mereka sekaligus memperkenalkan AUDI E concept.

    Meski berupa konsep, AUDI merancang mobil ini dengan spesifikasi yang dapat diterapkan pada mobil produksi massalnya. AUDI E Concept juga mengusung desain yang cukup masuk akal dan potensial untuk diproduksi.

    Mobil ini dirancang dengan kolaborasi bersama Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) yang menjadi partner bisnis Audi di China. Bahkan diklaim bahwa AUDI E concept merupakan preview atau pratinjau dari tiga produk yang akan mereka rilis pada pertengahan 2025 mendatang.

    Mobil listrik AUDI E concept diluncurkan di Shanghai, China oleh CEO Audi Gernot Döllner Foto: dok. AUDI

    AUDI E concept dirancang sebagai mobil full elektrik dengan bodi Sportback. Mereka menggunakan platform baru untuk merancang mobil ini, yakni dengan new Advanced Digitized Platform.

    “AUDI E concept hadir dengan proporsi yang sempurna dan bahasa desain eksterior yang sangat berbeda. Di bagian dalam, interior yang luas, bergaya, dan digital menawarkan kepraktisan yang luar biasa dan pengalaman berkendara yang sepenuhnya terhubung,” tulis AUDI pada keterangan resminya.

    Di atas kertas, AUDI E diklaim bisa melesat dari 0-100 km per jam dalam hitungan 3,6 detik saja. Mobil ini ditenagai dengan motor listrik ganda di roda depan dan belakang, sehingga membuatnya menjadi all wheel drive atau Audi menyebutnya dengan quattro.

    Total tenaga yang dapat dihasilkan motor listrik ganda di AUDI E concept mencapai 570 kW atau sekitar 764 HP dan torsi tembus 800 Nm.

    Mobil listrik AUDI E concept Foto: dok. AUDI

    Di sisi lain, AUDI E concept diklaim menggunakan baterai berkapasitas 100 kWh. Di mana, saat dites dengan uji CLTC, mobil ini dapat melaju hingga 700 km dengan satu kali pengisian penuh.

    Lantas untuk pengisian ulangnya, AUDI E concept yang mengusung platform khusus, bisa dicas dengan sistem pengecasan super cepat atau super-fast charging. Di mana, 10 menit pengecasan dapat menghasilkan jarak tempuh 370 km.

    AUDI E concept didesain dengan bahasa desain yang minimalis, lembut, namun tetap terlihat mencolok. Belum lagi beberapa part di mobil ini, khususnya bagian lampu-lampuannya dirancang secara ikonik dan berkarakter.

    Untuk urusan desain, AUDI mengklaim, mobil ini dirancang dengan membawa unsur tradisional China dan mengedepankan keinginan konsumen di pasar tersebut. Di mobil ini juga tersedia layar headunit yang besar dengan AUDI OS atau operating system.

    (mhg/dry)

  • Avanza-Rush Saling Tumpukan, Begini Horornya KM 92 Tol Cipularang

    Avanza-Rush Saling Tumpukan, Begini Horornya KM 92 Tol Cipularang

    Jakarta

    Terjadi kecelakaan di KM 92 ruas tol Cipularang arah Jakarta pada pukul 15.15 WIB. Kecelakaan tersebut mengakibatkan sejumlah mobil saling bertabrakan, bahkan juga ada yang saling bertumpukkan. Diketahui ruas tol Cipularang, terutama KM 90 hingga KM 100 memang rawan kecelakaan.

    “Rata-rata di situ rawan kecelakaan,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardiansyah dikutip dari detikJabar, Senin (11/11/2024).

    Praktisi Road Safety & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan, tol Cipularang terutama di KM 90-100 arah Jakarta kerap terjadi kecelakaan lantaran topografi jalannya yang kebanyakan turunan.

    “Sehingga membuat beban kerja rem itu akan lebih berat daripada kondisi-kondisi permukaan datar. Lebih-lebih kalau kendaraan tersebut adalah angkutan barang ataupun angkutan penumpang. Artinya semakin berat bobot kendaraan, semakin berat beban kerja rem,” ujar Jusri kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Menurut Jusri, handicap atau rintangan di tol Cipularang KM 90-100 arah Jakarta adalah jalanan menurun dengan gaya momentum yang kerap menjadi pemicu mobil hilang kendali. Ditambah penanganan sopir yang salah, kecelakaan bisa tak terhindarkan.

    “Bisa diawali kemampuan rem menyusut atau kemampuan shock absorber berkurang sehingga mobil kadang-kadang ketika menikung ada bodyroll yang tinggi, kadang-kadang membuat kendaraan hilang kendali. Belum lagi cengkeraman ban akan menurun seiring adanya perpindahan bobot dari belakang ke depan (saat turunan), sehingga bobot kendaraan bertumpu pada roda depan. Pada saat pengereman darurat, kadang-kadang bisa membuat roda belakang terkunci karena nggak ada beban (beban kendaraan ditransfer ke depan saat turunan), akibatnya sering mobil melintir atau oversteer. Bagi orang yang nggak sadar itu kaget, dia malah ngerem habis,” jelas Jusri.

    Dia bilang, saat jalanan terus menurun komponen kendaraan akan mengalami penyusutan kinerja. Termasuk potensi gejala brake fading atau penyusutan kinerja rem hingga rem blong.

    Kecelakaan beruntun di tol Cipularang Foto: dok. detikcom

    “Kalau kita bicara penyebab langsung, pengemudinya tidak memahami atau tidak memiliki pemahaman bagaimana mengendarai kendaraan di daerah berbukit. Sehingga cara pengereman mereka hanya mengandalkan service brake atau rem kaki. Sehingga ketika dia mengandalkan service brake saja, akibatnya konstruksi rem mulai teromol, piringan atau sepatu rem itu akan mengalami suhu panas yang berlebih. Ini akibat pengemudi yang terlalu over menggunakan rem kaki terus. Akibatnya kemampuan rem akan menyusut. Maka jarak pengereman akan jauh, bahkan kendaraan hilang kendali,” ungkap Jusri.

    Kronologi Kecelakaan KM 92 Cipularang

    Polisi menyampaikan kronologi kecelakaan yang membuat sejumlah kendaraan bertumpukan. Menurut keterangan pihak polisi, kecelakaan beruntun itu dipicu rem truk blong.

    “Jadi ada truk yang membawa muatan cukup berat remnya blong sehingga menabrak kendaraan di depannya, jadi terjadi kecelakaan beruntun,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abass dikutip dari detikNews Senin (11/11/2024).

    “Kurang lebih ada 10 orang personel sudah berada di lokasi kejadian saat ini, lagi melakukan normalisasi dan membantu evakuasi dari kendaraan maupun korban yang terlibat kecelakaan,” kata Jules.

    “Kurang lebih ada 10 orang personel sudah berada di lokasi kejadian saat ini, lagi melakukan normalisasi dan membantu evakuasi dari kendaraan maupun korban yang terlibat kecelakaan,” kata Jules.

    Polisi saat ini berupaya mengurai kemacetan di lokasi kecelakaan. Rekayasa lalu lintah ke arah Jakarta dilakukan.

    “Kita memberlakukan untuk kendaraan yang ke arah Jakarta khususnya, kita keluarkan di jalur exit Tol Cikamuning, kemudian nanti melalui jalur arteri Purwakarta, jalur biasa, nanti akan masuk lagi di Sadang, jadi akan masuk lagi di Sadang untuk melanjutkan melalui tol berikutnya,” ucap Jules.

    (lua/dry)

  • Harga Mazda MX-30 Rp 860 Juta, Jarak Tempuh Kok Cuma 200 Km?

    Harga Mazda MX-30 Rp 860 Juta, Jarak Tempuh Kok Cuma 200 Km?

    Jakarta

    Mazda MX-30 punya spesifikasi jarak tempuh 200 kilometer untuk sebuah mobil listrik dengan harga jual Rp 860 juta. Direntang harga tersebut, sebenarnya banyak mobil listrik yang punya jarak tempuh lebih jauh disertai fitur lengkap.

    Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan Mazda MX-30 memiliki filosofi dasar ‘Jinba Ittai’, filosofi dari sekian banyak model besutan Mazda, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi.

    “Kita menargetkan lebih kepada menargetkan orang-orang yang suka Mazda, orang-orang yang suka Jinba Ittai, tapi kepengin mobil EV juga. Nah ini mobil ini,” kata Ricky Thio di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    MX-30 diperuntukkan untuk mobilitas perkotaan. Di sisi lain makin maraknya infrastruktur pendukung untuk pengisian daya ulang baterai.

    “Kita sudah ukur pengguna mobil ini, kalau saya tinggal di Kelapa Gading, dari rumah saja jalan pakai mobil ini, sampai ke kantor saya charge, setelah itu saya mau pakai ke kantor Porsche, sampai sana, balik lagi saya charge. (ditinggal) makan siang. Jadi memang mesti ada trip planner-nya untuk mobil ini,” jelas Thio.

    Mobil listrik Mazda MX-30 meluncur di Indonesia. Ini jadi mobil listrik pertama Mazda di RI. Foto: Ridwan Arifin/detikOto

    Product & Dealer Marketing Asst. Manager PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia) Glen Reinner menyebut lebih lanjut jarak tempuh Mazda MX-30 itu didesain sudah oke untuk konsumen Indonesia.

    “Pas, karena baterai itu ujung-ujungnya ngaruh ke bobot. Bobot itu ngaruhnya ke Jinba Ittai,” kata Glen.

    “Ukuran yang pas dalam hal dua aspek, pertama bobot kendaraan, kedua penggunaannya. Karena penggunaan ini untuk urban, penggunaan dalam kota. 200 kilometer itu sebenarnya sudah banyak (jarak tempuhnya),” tambahnya lagi.

    Soal dapur pacunya, Mazda MX-30 dibekali motor listrik e-SkyActiv dengan baterai kapasitas 35,5 kWh yang dapat menempuh jarak 200 km (WLTP) dalam satu kali pengecasan penuh. Motor listrik yang diusung oleh mobil ini diklaim bertenaga 145 PS pada 4.500 hingga 11.000 rpm dan torsi 271 Nm pada 0 hingga 3.243 rpm.

    Untuk mengisi daya mulai dari 20 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 25 menit dari pengisi daya Fast Charging. Mazda MX-30 memiliki port pengisian cepat CCS2.

    Mazda MX-30 juga memiliki fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) pada Mazda MX-30 yang memastikan stabilitas kendaraan dengan menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. Selain itu, Paddle pada setir memberikan kontrol halus dan responsif.

    Mazda tidak menargetkan berapa besaran mobil yang masih diimpor utuh dari Hiroshima, Jepang ini. Namun unitnya saat ini masih ready stock. Sebab mobil listrik ini harganya Rp 860 juta dan sadar akan menyasar konsumen yang terbatas. Ricky bilang sudah empat orang antre untuk memesan MX-30 yang datang dari Jakarta.

    Tidak ikut-ikutan tren mobil listrik

    Ricky menyebut Mazda MX-30 tidak diperuntukkan menyasar segmen mobil listrik seperti kebanyakan crossover di Indonesia. Mobil listrik merek China misalnya menawarkan harga lebih kompetitif dan daya tempuh yang lebih jauh.

    “Kami melihat bahwa memang sekarang kan EV itu rata-rata range harganya di level itu [mobil China]. Tetapi kami tetap berpegang pada idealisme kami dan tidak terburu-buru mengikuti tren EV. Kami memprioritaskan strategi yang mencakup berbagai jenis kendaraan, dari EV, hybrid, hingga ICE,” kata Ricky.

    “Jadi kami tetap mengikuti idealisme kami, dibandingkan hanya mengikuti tren sesaat. Kami nggak tahu apakah EV ini akan mampu bertahan sampai 10 tahun lagi? Mungkin ke depannya bukan EV, mungkin ada lagi teknologi baru,” jelas dia lagi.

    (riar/dry)