Jenis Media: Otomotif

  • Aura Pantura, Viral Bus Pakai Stiker ‘Pulang Malu Tak Pulang Rindu’ Wara-wiri di Jepang

    Aura Pantura, Viral Bus Pakai Stiker ‘Pulang Malu Tak Pulang Rindu’ Wara-wiri di Jepang

    Jakarta

    Slogan unik ‘pulang malu, tak pulang rindu’, hiasan khas itu menempel pada salah satu bus pariwisata di Jepang. Biasanya kalimat ini cuma menempel pada ‘pantat’ truk atau bus di Indonesia.

    Momen itu dibagikan oleh akun TikTok @bismantoro23, terlihat bus dengan potongan kalimat ‘pulang malu, tak pulang rindu’ menempel pada bagian belakang. Meskipun busnya berada di Jepang, namun slogan itu bikin suasana seperti di Indonesia.

    Lanjut area di bawah ‘pantat’ bus hingga samping bus tersemat logo ‘Sahat’s Trans’. Bus sedang melintasi jalan tol di Jepang. Terlihat dari buritannya, bus itu masuk dalam kategori medium-duty, Isuzu Gala.

    Video yang diunggah empat hari yang lalu itu menyedot perhatian dengan sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali. Detikoto sudah menghubungi lewat direct message @sahatstrans_official. PO Bus ini memang berasal dari Indonesia.

    @sahatstrans_official

    Dikutip dari website resminya, Sahat’s Trans merupakan anak perusahaan dari Sahat International Co, Ltd, yang bergerak di bidang penyediaan kebutuhan transportasi di Jepang, terutama Hi-Ace, Fuso Rosa (Micro Bus), dan Isuzu Gala (Big Bus).

    Kantor pusatnya berlokasi di Sapporo Hokkaido dan memulai bisnis transportasi pada tahun 2015. Disebutkan perusahaan ini milik warga negara Indonesia di Jepang yang didirikan pada tahun 2008.

    Pada pertengahan tahun 2018, perusahaan Sahat`s Trans mulai membuka cabang baru di Chiba Tokyo untuk meningkatkan jangkauan layanan.

    Sahat’s Trans juga menyebut setiap armadanya dilengkapi dengan Safety Bus License dan pengemudi yang mampu berbahasa Indonesia.

    (riar/din)

  • Berani Jual Kendaraan tapi Pajaknya Mati

    Berani Jual Kendaraan tapi Pajaknya Mati

    Jakarta

    Banyak kendaraan yang tak dibayar pajaknya. Bahkan dengan status pajaknya mati, pemilik berani menjual kendaraannya.

    Pemilik kendaraan memiliki kewajiban untuk membayar pajak setiap tahunnya. Baik pemilik kendaraan baru ataupun bekas, sama-sama punya kewajiban membayar pajak. Namun nyatanya, banyak kendaraan yang tak dibayar pajaknya. Angka kepatuhan membayar pajak minim.

    Dalam catatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dari total 165 juta kendaraan terdaftar hanya 69 juta kendaraan yang pajaknya terbayarkan. Kendati demikian, dalam status pajak kendaraan mati masyarakat tak ragu menjual kendaraannya.

    “Kalau di luar negeri orang pajak setahun aja udah pusing lho, diproses lho. Di Indonesia ini berani jual motor pajak mati tiga tahun, berani lho jual motor gitu. Di iklan (baris) jual motor STNK mati tiga tahun, nggak bayar pajak,” ungkap Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus kepada detikOto baru-baru ini.

    Yusri mengimbau agar pemilik kendaraan harusnya sadar membayar pajak. Di sisi lain, dalam Undang-undang no.22 tahun 2009 pasal 74 ayat 2 dijelaskan data kendaraan bisa dihapus bila pajaknya tak dibayarkan dua tahun berturut-turut setelah STNK mati (total 7 tahun).

    “Sudah berjalan (sosialisasi) makanya kami minta keseimbangan dari daerah Pergub masalah BBN 2 ayo dong dinolin aja supaya orang pada tertib pajak semua. Balik nama itu kan mahal tuh, tapi kan kewenangan gubernur,” jelas Yusri.

    Untuk diketahui, data kendaraan yang sudah dihapus lantaran tak membayar pajak dua tahun berturut-turut setelah STNK mati, tidak bisa didaftarkan lagi. Adapun kendaraan yang datanya dihapus bakal dikirim surat peringatan sebanyak tiga kali. Peringatan itu diberikan mengacu pada Peraturan Polri nomor 7 tahun 2021. Peringatan yang diberikan juga cukup panjang.

    Pemilik kendaraan total diberikan waktu selama enam bulan. Pertama Polri akan memberi surat peringatan selama 5 bulan, pemblokiran registrasi kendaraan bermotor selama satu bulan, kemudian menghapus dari data induk ke data record selama 12 bulan. Pada tahap akhir, baru akan dilakukan penghapusan data registrasi kendaraan bermotor secara permanen.

    (dry/din)

  • Kecelakaan Maut Truk Rem Blong Terulang Terus, Salah Siapa?

    Kecelakaan Maut Truk Rem Blong Terulang Terus, Salah Siapa?

    Jakarta

    Kecelakaan maut akibat truk rem blong lagi-lagi terjadi. Kecelakaan yang dipicu truk rem blong itu kerap membuat nyawa melayang sia-sia. Siapa yang harus bertanggung jawab?

    Kemarin sore, terjadi tabrakan beruntun yang diduga dipicu oleh truk yang mengalami rem blong. Truk yang rem blong itu mengakibatkan kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan. Akibat kecelakaan ini, satu orang meninggal dunia dan 29 orang lainnya mengalami luka ringan hingga luka berat.

    Polisi menyampaikan kronologi kecelakaan yang membuat sejumlah kendaraan bertumpukan. Menurut keterangan pihak polisi, kecelakaan beruntun itu dipicu rem truk blong.

    “Jadi ada truk yang membawa muatan cukup berat remnya blong sehingga menabrak kendaraan di depannya, jadi terjadi kecelakaan beruntun,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abass dikutip dari detikNews.

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Instruktur & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kecelakaan akibat truk atau bus yang mengalami rem blong menjadi tanggung jawab semua pihak.

    “Sebenarnya ini tanggung jawab semuanya. Pertama mulai yang paling dekat adalah tanggung jawab sopir,” kata Jusri dalam perbincangan dengan detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (12/11/2024).

    Kebiasaan buruk sopir truk, kata Jusri, kerap membuat rem truk yang dibawanya blong. Menurut Jusri, sering ditemukan sopir truk yang menetralkan gigi transmisi di jalanan turunan hanya untuk menghemat BBM. Alhasil, tanpa engine brake atau pengereman dari putaran mesin, konstruksi rem truk menjadi panas dan berakibat ngeblong.

    “Ngeblong itu menetralkan trnamsisi dengan harapan menghemat konsumsi bahan bakar. Sehingga selisih budget bisa dibawa pulang. Tapi perilaku ini adalah hal yang membahayakan, hal yang bodoh,” ujar Jusri.

    Lanjutnya, pihak pengusaha transportasi juga turut bertanggung jawab terhadap keselamatan armadanya. Salah satu hal paling penting adalah perawatan kendaraan.

    “Kita bicara seputar rem, apakah ada pemeriksaan yang namanya brake check? Memeriksa, mulai membuang angin rem, menaikkan angin, terus menseleraskan chamber kiri-kanan setiap mau jalan supaya tidak terjadi kepincangan dari pressure rem antara kanan dan kiri? Itu jelimet loh. Pemeriksaannya aja bisa 1 jam semuanya,” katanya.

    Pemerintah sebagai regulator juga kurang tegas menindak pelanggaran-pelanggaran angkutan logistik. Menurut Jusri, pemerintah harusnya bisa memfasilitasi dengan memberikan standar edukasi atau standar keselamatan.

    “Kemudian mensosialsiasi, kemudian memonitoring, kemudian melakukan punishment. Pengusaha melakukan hal yang sama, pengemudi harus melaksanakan karena kebutuhan keselamatan. Harus menjadikan keselamatan itu adalah lifestyle. Kalau nggak ya saling lempar lah,” kataya.

    Angkutan Logistik Amburadul

    Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menganggap pemerintah tidak memiliki solusi konkret untuk menekan kasus kecelakaan truk. Kata Djoko, banyaknya kecelakaan truk merupakan buah dari sistem yang carut marut.

    “Ini adalah kejadian yang selalu berulang, tidak pernah ada solusi dari negara,” ungkap Djoko kepada detikOto, Senin (12/11/2024).

    “Ini merupakan akumulasi dari carut-marut penyelenggaraan angkutan logistik di Indonesia. Yang bisa membereskan hanya menunggu ketegasan Presiden,” lanjut akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata itu.

    Menurut Djoko, banyak masalah yang harus diselesaikan langsung oleh Presiden supaya kecelakaan truk bisa ditekan jumlahnya. Mulai dari masalah penerapan aturan ODOL (over dimension over load) yang selalu ditunda, pengaturan upah standar minimum yang layak buat pengemudi truk, hingga masalah pungutan liar yang kerap dialami pengemudi truk di lapangan.

    “Sekarang Presiden sudah bilang bahwa tidak boleh ada ego sektoral. Kita lihat saja, berani nggak Presiden menghilangkan praktik oknum aparat penegak hukum? Atau bisa nggak Presiden beresin pungli? Bisa nggak Presiden kasih upah standar buat pengemudi truk? Kasihan mereka lho. Mereka (pengemudi truk) adalah korban dari sistem kita yang amburadul,” tegas Djoko.

    (rgr/din)

  • Harganya Rp 120 Jutaan, Konsumsi BBM Sedan Baru Suzuki Tembus 25,7 KM/L

    Harganya Rp 120 Jutaan, Konsumsi BBM Sedan Baru Suzuki Tembus 25,7 KM/L

    Jakarta

    Suzuki Dzire baru telah meluncur di India. Mobil sedan entry level tersebut punya segudang keunggulan, mulai dari harganya yang murah hingga mesinnya yang irit bahan bakar!

    Disitat dari Financial Express, Selasa (12/11), Suzuki Dzire baru menggunakan mesin yang sama seperti Suzuki Swift generasi anyar. Kendaraan itu menggendong mesin berkode Z12E bersilinder tiga dengan semburan tenaga 82 dk dan torsi 112 Nm. Sementara transmisinya otomatis dan manual lima-percepatan.

    Pembekalan tersebut membuat konsumsi BBM Suzuki Dzire baru tergolong irit. Bahkan, hanya dengan satu liter bensin, sedan ‘murah’ tersebut bisa dipakai untuk menempuh jarak 25,7 km!

    Konsumsi BBM Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Suzuki Dzire baru punya kapasitas bahan bakar 37 liter. Maka, dalam kondisi full tank, mobil itu bisa dikendarai sejauh 950 km.

    Namun, perlu dicatat, angka tersebut merupakan hitung-hitungan kasar. Bisa jadi, saat dites di jalanan, angkanya lebih rendah atau lebih tinggi.

    Spesifikasi Suzuki Dzire Baru

    Dimensi Suzuki Dzire baru masih sama seperti model sebelumnya. Panjangnya tetap 3.955 mm dan lebarnya 1.735 mm. Namun, tingginya sedikit bertambah dari yang semula 1.515 mm menjadi 1.525 mm. Kemudian ground clearance-nya juga masih 163 mm.

    Mobil perkotaan tersebut mendapat rating bintang lima saat uji tabrak. Ada beberapa fitur standar yang telah disematkan, yakni enam kantung udara, antilock braking system (ABS) dengan EBD, hill-hold assist, ESP, traction control, reverse parking sensors, rear defogger, seat belt reminder dan lainnya.

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Kemudian fitur lainnya ada layar sentuh hiburan berukuran 9 inch, wireless Android Auto & Apple CarPlay, kamera 360 derajat dan sistem nirkunci pintar. Selain itu, di model baru tersebut juga sudah ada panoramic sunroof yang belum ada di generasi sebelumnya.

    Suzuki Dzire baru kini tersedia dalam varian Z yang melengkapi varian L dan X. Sementara warnanya ada tujuh, yakni merah, coklat, biru, hitam, abu-abu, putih dan perak.

    Berikut Harga Suzuki Dzire BaruLXI Manual – 6.79 Lakh (Rp 126 juta)VXI Manual – 7.79 Lakh (Rp 145 juta)VXI AGS – 8.24 Lakh (Rp 153 juta)VXI CNG – 8.74 Lakh (Rp 163 juta)ZXI Manual – 8.89 Lakh (Rp 166 juta)ZXI AGS – 9.34 Lakh (Rp 174 juta)ZXI CNG – 9.84 Lakh (Rp 183 juta)ZXI+ Manual – 9.69 Lakh (Rp 180 juta)ZXI+ AGS – 10.14 Lakh (Rp 190 juta). (sfn/din)

  • Ducati Sulit Lakukan Team Order Demi Muluskan Bagnaia

    Ducati Sulit Lakukan Team Order Demi Muluskan Bagnaia

    Jakarta

    Perebutan gelar juara dunia 2024 masih harus dituntaskan hingga seri terakhir. Pebalap pabrikan Ducati Lenovo Francesco Bagnaia vs rider Pramac Ducati Jorge Martin bakal tampil mati-matian. Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi menyebut situasinya sulit untuk meminta team order.

    Empat pebalap teratas MotoGP 2024 saat ini dihuni para penunggang Ducati. Jorge Martin memimpin 24 poin dari Francesco Bagnaia. Kemudian posisi tiga besar ditempati oleh Marc Marquez, namun selisihnya cuma satu poin dari Enea Bastianini.

    Tardozzi bilang setiap pebalap Ducati sekarang punya kepentingan masing-masing. Bagnaia harus fokus demi mengejar juara dunia 2024, sementara Bastianini berjuang untuk bisa menyelesaikan balapan demi posisi tiga besar di akhir klasemen.

    “Ini sangat sulit karena Jorge dan Pecco bermain untuk nomor satu, tapidua pembalap yang bisa membantu dalam situasi inidengan satu atau lain cara adalah Marc dan Enea. Dan mereka bermain untuk posisi ketiga,” kata Tardozzi dikutip dari Diario AS, Selasa (12/11/2024).

    “Kami mengatakan apa yang telah kami katakan sejak pertengahan tahun, jangan melakukan hal-hal bodoh di antara kalian,” kata Tardozzi.

    “Kami tidak ingin ada perasaan buruk atau semacamnya di antara para pebalap terbaik kami,” jelasnya lagi.

    Jika para pebalap tidak punya urusan masing-masing, mantan pebalap Ducati, Casey Stoner yakin Ducati bakal menerapkan team order guna memuluskan langkah Bagnaia jadi juara dunia.

    “Saya kenal pabrikan itu, dan saya tahu apa yang mampu mereka lakukan untuk menang,” kata Stoner.

    Pesan “Mapping 8” ini pernah digunakan Ducati saat masih ada Jorge Lorenzo. Pada 2017, ketika Andrea Dovizioso memperebutkan gelar juara dunia, Ducati mengeluarkan pesan Mapping 8 kepada Lorenzo, rekan setim Dovi.

    Kala itu pesan Mapping 8 itu dipercaya sebagai team order karena setelah Lorenzo dapat pesan tersebut langsung terlihat loyo.

    (riar/din)

  • Jepang Bakal Wajibkan Seluruh Mobilnya Bisa Tenggak Biofuel di 2030

    Jepang Bakal Wajibkan Seluruh Mobilnya Bisa Tenggak Biofuel di 2030

    Jakarta

    Pemerintah Jepang berencana mengeluarkan aturan yang mewajibkan seluruh produsen mobil di dalam negeri memproduksi mesin yang bisa menenggak biofuel pada 2030. Ini jadi strategi negara tersebut menekan emisi.

    Alih-alih menetapkan rencana 100% mobil listrik dalam beberapa tahun mendatang, sebagaimana dilakukan banyak negara, Jepang memilih jalan yang berbeda dalam upayanya menekan emisi. Bukan full elektrifikasi yang ditargetkan Jepang saat ini, namun adaptasi terhadap bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan.

    Dikutip dari Nippon, Kemetrian Perindustrian Jepang menargetkan seluruh pabrikan mobil memproduksi mesin yang bisa menenggak biofuel. Usulan tersebut muncul setelah Kementrian Perindustrian melakukan pertemuan dengan Komite Penasihat Energi dan Kekayaan Alam.

    Selain mendorong industri otomotif, pemerintah Jepang juga memerintahkan produsen bahan bakar untuk menyediakan suplai bensin bioethanol. Ditargetkan pada 2030, produsen BBM telah mampu menyediakan bioethanol 10%, angkanya meningkat menjadi 20% bioethanol pada 2040.

    Untuk memastikan keberlanjutan rencana ini, pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan penerapan regulasi yang mengikat melalui undang-undang.

    Kolaborasi Pertamina–Toyota, Uji Coba Bioethanol 100% di GIIAS 2024 Foto: Pertamina

    Rencana tersebut diharapkan akan menjadi bagian dari agenda aksi pemerintah yang akan difinalisasi pada pertengahan 2025. Pemerintah Jepang juga menyatakan akan menyediakan dukungan teknis maupun finansial bagi pom bensin yang memerlukan renovasi agar sesuai dengan standar baru tersebut.

    Laporan Japan Times menyebutkan bahwa sektor transportasi Jepang menyumbang sekitar 18,5% dari total emisi karbon dioksida pada tahun fiskal 2022. Dari jumlah tersebut, kendaraan bermotor menjadi kontributor terbesar, yaitu 85,8%. Dengan penerapan bahan bakar nabati, pemerintah Jepang berharap dapat mengurangi emisi di sektor ini secara signifikan, sejalan dengan upaya global dalam menghadapi perubahan iklim.

    Langkah ini juga diharapkan memacu inovasi dalam industri otomotif Jepang, mengingat permintaan kendaraan ramah lingkungan terus meningkat di seluruh dunia. Dengan kebijakan ini, Jepang berupaya memperkuat posisinya dalam teknologi kendaraan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan. Selain itu, Jepang juga turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca secara global.

    Bioethanol adalah ethanol yang didapat dari bahan organik, misalnya dari jagung atau tebu. Ini membuat bioethanol sebagai sumber energi berkelanjutan dan ramah lingkungan. Di banyak negara di dunia, bioethanol telah menjadi bahan bakar alternatif kendaraan bermotor karena lebih ramah lingkungan.

    (din/din)

  • Stoner Nggak Setuju Ducati Pilih Marquez: Tidak Adil buat Martin

    Stoner Nggak Setuju Ducati Pilih Marquez: Tidak Adil buat Martin

    Jakarta

    Casey Stoner melihat keputusan Ducati dalam merekrut Marc Marquez sebagai tandem Francesco Bagnaia tidak tepat. Sebab yang pantas naik ke kursi pebalap pabrikan adalah Jorge Martin.

    Martin sedang menunjukkan statusnya sebagai pebalap superior di atas motor Ducati. Orang Spanyol itu jadi kandidat juara dunia MotoGP 2024.

    Tim Ducati merah pada akhirnya sudah lebih memilih Marquez. Padahal Martin sudah mengincar slot kursi pabrikan dari jauh-jauh hari.

    Martin bakal memberikan perpisahan yang manis dengan Ducati. Saat hengkang dari tim satelit Ducati terjadi, Martin memilih Aprilia. Dia ingin menggunakan nomor satu musim depan.

    Bagi Stoner, hal ini terkesan tidak adil bagi Martin. Ya, saat Ducati mengesampingkan pebalap muda seperti Enea Bastianini dan Jorge Martin.

    “Saya rasa tidak tepat jika mereka memilihnya (Marc Marquez) ketimbang Martín atau Enea. Khususnya Jorge, dia telah menunjukkan kemampuannya; dia layak mendapatkan gelar juara dan berada dalam posisi yang tepat untuk mendapatkannya (rekan setim Bagnaia),” kata Stoner dikutip dari Motosan.

    Stoner mengatakan begitulah budaya di dalam Ducati. Dia tidak terkejut dengan keputusan Borgo Panigale. Imbasnya selain kehilangan Martin, Pramac selaku tim satelit juga pindah ke Yamaha.

    “Begitulah cara Ducati bekerja dan itulah mengapa mereka kehilangan begitu banyak pebalap,” kata Stoner.

    “Saya rasa itu tidak adil. Anda tidak hanya membalap untuk bisnis, Anda membalap untuk hasrat dan kesenangan. Dan ketika Anda memiliki orang-orang yang berpaling dari Anda dengan begitu cepat, Anda akan menemukan motivasi untuk pergi ke tempat lain. Mereka telah kehilangan pelari dan tim yang hebat,” lanjutnya.

    (riar/din)

  • Pasar Mobil Turun, Mazda Ikut Revisi Target Penjualan di Indonesia

    Pasar Mobil Turun, Mazda Ikut Revisi Target Penjualan di Indonesia

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2024 tembus 850 ribu unit. Target itu turun dari awal tahun yang sudah dicanangkan, Mazda sebagai salah satu anggota Gaikindo juga turut merevisi target.

    Berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan Januari-September 2024 totalnya 3.447 unit. Mazda sudah merevisi target tahun ini tidak akan tembus 5.300 unit.

    “Memang market lagi down tren, saya rasa bukan cuma di Mazda, merek lain juga sedang penurunan. Tentunya kita punya strategi, penjualan naik turun itu biasa. Tentunya kita sudah menyiapkan program-program, sebentar lagi GJAW, salah satunya mencoba memberikan program terbaik dengan konsumen,” kata Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    “Kita mungkin koreksi di bawah 5.000, probably sekitar hampir 5.000-lah. Nggak jauh dari itu,” jelasnya lagi.

    Sebagai pembanding, data tahun lalu menunjukkan Mazda berhasil mendistribusikan sebanyak 5.320 unit. Sedangkan periode Januari-September 2023 membukukan angka lebih banyak, yakni 4.193 unit.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    Sementara untuk penjualan retail, tercatat baru mencapai 657.223 unit atau turun 11,9 persen dibandingkan Januari-September 2023 yang menyentuh 746.246 unit. Lesunya permintaan akan mobil baru itu membuat Gaikindo merevisi target penjualan. Bila semula ditargetkan mencapai 1 juta unit, maka hingga akhir tahun 2024 diprediksi hanya 850 unit mobil baru terjual.

    Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit. Tetapi angkanya terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.

    (riar/din)

  • Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Di atas kertas, Yamaha Nmax 125 versi Eropa dibekali mesin satu silinder, SOHC, 125 cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini tentunya juga sudah dibekali fitur VVA alias Variable Valve Actuation. Foto: Dok. Yamaha

  • Harganya Rp 120 Jutaan, Konsumsi BBM Sedan Baru Suzuki Tembus 25,7 KM/L

    Suzuki Luncurkan Mobil Sedan Baru, Harganya Rp 120 Jutaan

    Jakarta

    Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan Suzuki Dzire generasi baru. Mobil sedan entry level tersebut mendapat sejumlah pembaruan dibandingkan model sebelumnya.

    Disitat dari Gaadiwaadi dan Financial Express, Selasa (12/11), Suzuki Dzire bukan meluncur di Indonesia, melainkan India. Selain mendapat varian Z bensin, kendaraan tersebut secara tampang juga berubah total!

    Suzuki Dzire baru yang merupakan generasi keempat tersebut kini tampil lebih garang berkat headlamp atau lampu depan yang memicing tajam. Sebelumnya, mobil itu menggunakan pencahayaan utama dengan ukuran besar dan lebar.

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Grilnya dibuat minimalis namun kekinian, sementara logo ‘S’-nya terpasang di posisi sentral dengan garis kap yang dirancang terhubung ke lampu depan. Sentuhan tersebut membuat Suzuki Dzire baru terlihat lebih modern.

    Dimensinya hampir tak berubah, panjangnya tetap 3.955 mm dan lebarnya 1.735 mm. Namun, tingginya sedikit bertambah dari yang semula 1.515 mm menjadi 1.525 mm. Kemudian ground clearance-nya juga masih 163 mm.

    Suzuki Dzire baru menggunakan mesin yang sama seperti Swift generasi anyar. Kendaraan tersebut mengadopsi mesin berkode Z12E bersilinder tiga dengan muntahan tenaga 82 dk dan torsi 112 Nm. Sementara transmisinya otomatis dan manual lima-percepatan.

    Mobil perkotaan tersebut mendapat rating bintang lima saat uji tabrak. Ada beberapa fitur standar yang telah disematkan, yakni enam kantung udara, antilock braking system (ABS) dengan EBD, hill-hold assist, ESP, traction control, reverse parking sensors, rear defogger, seat belt reminder dan lainnya.

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Kemudian fitur lainnya ada layar sentuh hiburan berukuran 9 inch, wireless Android Auto & Apple CarPlay, kamera 360 derajat dan sistem nirkunci pintar. Selain itu, di model baru tersebut juga sudah ada panoramic sunroof yang belum ada di generasi sebelumnya.

    Suzuki Dzire baru kini tersedia dalam varian Z yang melengkapi varian L dan X. Sementara warnanya ada tujuh, yakni merah, coklat, biru, hitam, abu-abu, putih dan perak.

    Berikut Harga Suzuki Dzire BaruLXI Manual – 6.79 Lakh (Rp 126 juta)VXI Manual – 7.79 Lakh (Rp 145 juta)VXI AGS – 8.24 Lakh (Rp 153 juta)VXI CNG – 8.74 Lakh (Rp 163 juta)ZXI Manual – 8.89 Lakh (Rp 166 juta)ZXI AGS – 9.34 Lakh (Rp 174 juta)ZXI CNG – 9.84 Lakh (Rp 183 juta)ZXI+ Manual – 9.69 Lakh (Rp 180 juta)ZXI+ AGS – 10.14 Lakh (Rp 190 juta).

    (sfn/din)