Jenis Media: Otomotif

  • Toyota Eco Youth Saring 1.125 Proposal Karya Anak Bangsa

    Toyota Eco Youth Saring 1.125 Proposal Karya Anak Bangsa

    Jakarta

    Program Toyota Eco Youth (TEY) kembali digelar tahun ini. Tercatat ada 1.125 proposal karya anak bangsa yang terdaftar dari seluruh wilayah Indonesia di antaranya Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, setelah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, program TEY yang diselenggarakan Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor), mengumumkan 25 proposal terbaik karya anak bangsa, dan masuk ke dalam program Toyota Eco Youth (TEY).

    Program TEY merupakan kompetisi proyek inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk SMA dan sederajat yang diinisiasi pada tahun 2005. Memasuki 2 dasawarsa, program TEY ke-1 hingga ke-13 ini telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 2.033 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai hampir 9.972 proposal.

    “Selamat kepada 25 proposal terpilih dari ribuan proposal yang sudah mengikuti kompetisi TEY ke-13 kali ini. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan kreativitas para pelajar, atas kepedulian melalui ide-ide gagasan yang tertuang dalam proposal TEY, untuk mengelola serta memperbaiki kondisi lingkungan bahkan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar. Memasuki era transisi energi dan kemajuan teknologi, siswa-siswi SMA dan sederajat berhasil memanfaatkan ketersediaan energi baru terbarukan, sumber daya alam sekitar, bahkan melibatkan teknologi IoT (Internet of Things) dalam proposal TEY terbaik yang diberikan,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam.

    Dijelaskan keberlanjutan dan konsistensi TEY tidak dapat berlangsung tanpa antusiasme siswa-siswi generasi muda dalam mengirimkan proposal kepedulian lingkungan demi keberlangsungan kelestarian alam.

    Dengan bertemakan pengembangan unsur energi, sampah, udara, dan air, para siswa-siswi peserta TEY berlomba untuk mengasah inovasi dan kreativitasnya guna mencari solusi untuk perbaikan kondisi lingkungan yang juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    Melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, Toyota Indonesia akhirnya mengumumkan 25 proposal terbaik dari 1.125 proposal peserta Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 yang dikirimkan oleh sekolah peserta kompetisi lingkungan tersebut yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Dalam mengkurasi 25 proposal yang dinilai kreatif dan atraktif tersebut, Toyota Indonesia menetapkan penilaian yang juga didasarkan atas komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi lingkungan global, seperti perubahan iklim, kelangkaan air, serta hilangnya kenaekaragaman hayati dalam jangka panjang. Tampak dalam gambar, aktivitas para pelajar dari salah satu SMA peserta TEY-13 yang tengah melakukan riset terkait proposal yang dilombakan dalam kompetisi lingkungan tersebut. Foto: Pool (Toyota Indonesia)

    “Pertama-tama selamat kepada 25 proposal terpilih, namun untuk pelajar yang tidak terpilih tidak perlu berkecil hati. Setiap peserta yang telah mengirimkan proposal dalam Toyota Eco Youth telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa, kami menghargai setiap usaha dan inovasi yang telah ditampilkan. Setiap langkah yang diambil menuju keberlanjutan adalah langkah yang berarti bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Kami berharap semua peserta terus berkontribusi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan sekitar,” ucap Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto.

    Dalam mengkurasi 25 proposal terbaik, terdapat sejumlah kriteria penilaian yang diterapkan baik kriteria umum dan khusus. Secara umum, penilaian proposal ini juga tidak dilepaskan dari komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi masalah lingkungan global. Di antaranya seperti perubahan iklim, kelangkaan air, kekurangan sumber daya alam serta hilangnya keanekaragaman hayati dalam jangka panjang.

    Secara khusus, penilaian proposal TEY ke-13 meliputi berbagai aspek diantaranya orisinalitas proposal, proyeksi solusi yang dipaparkan untuk menyelesaikan isu-isu yang terjadi di lingkungan, keterlibatan pemangku kepentingan/stakeholder dalam mengimplementasikan ide-ide dari inovasi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar secara keberlanjutan.

    Pada TEY ke-13 kali ini, TEY juga memulai program “TEY Mencari Bintang” untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan pada sekolah-sekolah dengan kriteria tertentu.

    Tahapan Kompetisi TEY Selanjutnya: Pendampingan Realisasi Proyek Inovasi

    Seleksi proposal TEY belum berhenti sampai dengan tahap 25 besar proposal terbaik. Pada tahap selanjutnya, 25 proposal terpilih akan mendapatkan pendampingan dari para ahli di bidang lingkungan sampai komunikasi.

    Beberapa proposal juga akan mendapatkan kunjungan langsung oleh manajemen Toyota Indonesia, sehingga dapat mengimplementasikan dan merealisasikan proposal dalam bentuk karya terbaik.

    TEY ke-13 tidak hanya menyelenggarakan kompetisi proposal inovasi perbaikan lingkungan hidup saja, namun juga mengadakan side competition yang dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA dan sederajat dari seluruh wilayah Indonesia. Dalam side competition ini para peserta dapat mengikuti pop-writing competition maupun creative video competition.

    Dijelaskan sejauh ini tercatat lebih dari 400 peserta dari 200 sekolah yang sudah melakukan registrasi untuk popwriting competition sedangkan pendaftar creative video competition saat ini sudah tercatat lebih dari 100 peserta dari 96 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Program TEY ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website toyotaecoyouth.com untuk detail persyaratan dan tahapan pendaftaran secara lebih lengkap.

    25 Proposal Terbaik Kompetisi TEY Ke-13

    Sumatera

    1. SMA Negeri 1 Simanindo, Sumatera Utara Pengembangan tepung protein berbahan dasar ikan predator.

    2. SMA Negeri Unggul Seribu Bukit, Aceh Inovasi energi alternatif dari sisa panen kopi.

    3. SMA Negeri 2 Painan, Sumatera Barat Penggunaan drone untuk udara bersih dalam pengiriman barang.

    4. SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan, Bengkulu Pemanfaatan limbah non organik untuk bahan baku material konstruksi jalan.

    5. SMA Negeri 1 Karimun, Kepulauan Riau Diversifikasi produk gulma air untuk ecopackaging.

    6. SMA Negeri 2 Gido, Sumatera Utara Pengelolaan limbah pertanian menjadi energi alternatif dan kantong ramah lingkungan.

    7. SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Sumatera Utara Pemanfaatan limbah kepiting untuk energi alternatif.

    8. SMA Negeri 2 Sekayu, Sumatera Selatan Pemanfaatan biostimulan untuk aktifitas pertambangan.

    Jawa

    9. SMK Texar Klari Karawang, Jawa Barat Pemanfaatan teknologi IoT untuk penghemat energi.

    10. SMK Negeri 1 Mojokerto, Jawa Timur Pemanfaatan sisa hasil panen persawahan menjadi alat pembersih wajah.

    11. SMA Negeri 1 Blora, Jawa Tengah Pemanfaatan potensi alam sebagai bahan dasar pembangkit listrik untuk masyarakat.

    12 SMA Negeri 41 Jakarta, Jakarta Kreatifitas pemanfaat limbah berbahaya untuk membantu mengatasi banjir.

    13 SMA Negeri 2 Pacitan, Jawa Timur Perancangan dan pembuatan alat pengolahan sisa limbah domestik dan organik lainnya menjadi bahan bermanfaat.

    14 SMA Negeri 2 Ngadirojo, Jawa Timur Pemanfaatan energi alam untuk memproduksi komoditas pertanian dan turunannya.

    15 SMA Negeri 3 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Innovasi bahan bekas papan sebagai bahan bangunan untuk daerah rawan gempa.

    16 SMKN 5 Surabaya, Jawa Timur Pendiversifikasian manfaat daun untuk pertanian dan ecofuel.

    17 SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Jawa Barat Biota air untuk energi terbarukan dan peningkatan kualitas air.

    18. SMK PGRI Telagasari, Jawa Barat Pemanfaatan teknologi energi alternatif untuk pengairan sawah

    Bali

    19. SMA Negeri 1 Bangli, Bali Pemanfaatan sisa canang (persembahan masyarakat Hindu) yang berguna untuk energi alternatif.

    Kalimantan

    20. SMA Negeri 2 Tarakan, Kalimantan Utara Peningkatan pemanfaatan limbah kerang untuk penyubur tanaman.
    21. SMA Negeri 5 Balikpapan, Kalimantan Timur Inovasi pengubah air laut menjadi air layak konsumsi.

    Sulawesi

    22. SMA Negeri 21 Makassar, Sulawesi Selatan Memaksimalkan potensi buah beracun untuk bahan bakar ramah lingkungan.
    23. SMA Negeri 9 Manado, Sulawesi Utara Pemanfaatan limbah pohon untuk tempat pembawa barang

    Papua

    24. SMA Negeri 3 Merauke, Papua Selatan Penggunaan ampas dan kohe yang efisien bentuk dan ukuran untuk pertanian.
    25. SMK Negeri 1 Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya Eksplorasi sampah anorganik untuk bahan pembangunan jalan.

    (lth/rgr)

  • Sudah Ada yang Beli, Berapa Harga Truk Listrik Fuso eCanter?

    Sudah Ada yang Beli, Berapa Harga Truk Listrik Fuso eCanter?

    Jakarta

    PT Yusen Logistics Indonesia (YLI) menjadi konsumen pertama yang membeli dan mengoperasikan truk listrik Fuso eCanter di Tanah Air. Lantas, berapa harga kendaraan komersial ramah lingkungan tersebut?

    Sebagai catatan, sejak pertama diluncurkan hingga sekarang, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum mengumumkan harga pasti untuk Fuso eCanter. Sebab, nominalnya sangat beragam, tergantung kebutuhan yang diminta konsumen.

    “Jadi memang sampai sekarang kami memiliki strategi harga eCanter ini tergantung kebutuhan konsumen. Artinya, ada beberapa paket yang mereka mau dan kita harus provide itu,” ujar Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Bocoran harga Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski demikian, Aji memastikan, harga dasar untuk Fuso eCanter tembus Rp 1 miliaran. Namun, sekali lagi, dia tak bisa mengungkap angka pastinya.

    “Jadi kalau soal harga, sebelum dipaketkan, belum termasuk paket, bisa kita sampaikan bahwa itu mungkin di atas Rp 1 miliar. Tapi soal berapa tepatnya, itu tadi tergantung kebutuhan dan fungsi,” tuturnya.

    “Termasuk dengan apabila mereka butuh charger, bagaimana proses pembayarannya, apa betul-betul rental atau butuh operating risk dan beli langsung. Itu tergantung konsumen,” kata dia menambahkan.

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menariknya, PT KTB membolehkan konsumen personal atau instansi untuk menjajal lebih dulu Fuso eCanter sebelum benar-benar membelinya. Aji mengatakan, sudah ada lima perusahaan selain YLI yang sedang melakukan uji coba dan komitmen membeli kendaraan listrik tersebut.

    Fuso eCanter meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Truk listrik tersebut masih berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) dari Jepang.

    Fuso eCanter menggunakan baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 KM dengan GVW sebesar 6 ton. Kendaraan tersebut punya wheelbase atau jarak sumbu roda 3,4 meter dan torsi besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal

    (sfn/rgr)

  • Jelang Seri Akhir MotoGP, Bagnaia Kasih Wanti-wanti Ini ke Jorge Martin

    Jelang Seri Akhir MotoGP, Bagnaia Kasih Wanti-wanti Ini ke Jorge Martin

    Jakarta

    Jelang seri pamungkas MotoGP di Barcelona, Bagnaia memberikan pesan khusus buat Jorge Martin yang jadi kandidat kuat juara dunia. Begini katanya.

    Jorge Martin unggul 24 poin atas Francesco Bagnaia. Langkah Martin untuk merengkuh titel juara dunia MotoGP pertamanya pun terbuka lebar. Bila menang di Sprint Race seri pemungkas Barcelona, Martin dipastikan jadi juara dunia musim ini tanpa memandang hasil balapan hari Minggu.

    Bakal balapan di ‘kandang’ sendiri, tentu jadi keuntungan bagi Martin. Meski begitu, sang rival utama, Bagnaia, mewanti-wanti rasa grogi yang bakal menghantui calon juara dunia itu.

    “Untuk Jorge, pastinya akan sulit karena ini pertama kalinya dia bertarung untuk kejuaraan dunia. Jadi saya tahu rasanya, dan saya pikir dia akan melakukan semaksimal mungkin tapi kadang grogi itu membuat Anda jadi lebih agresif dan membuat kesalahan,” tutur Bagnaia dilansir Crash.

    “Jadi untuk saat ini, satu-satunya hal yang saya bisa lakukan adalah terus berusaha menang dan berharap,” lanjut rider Ducati Lenovo itu.

    Sepanjang musim ini, Bagnaia memenangi lebih banyak seri pada balapan utama. Bermodalkan hal itu, rider binaan akademi VR46 itu cukup percaya diri masih bisa meraih juara untuk yang ketiga kalinya.

    “Kita akan coba. Kami tahu seberapa kuat saya di Barcelona pada Juni, tapi sekarang akan sedikit tricky karena kondisinya saya pikir akan dingin dan mudah melakukan kesalahan,” ujarnya.

    “Jadi sangat penting untuk tetap kalem dan berusaha mencegah melakukan kesalahan, berusaha untuk menang di kedua balapan dan lanjut seperti ini. Itulah satu-satunya cara untuk bisa menang,” tutup Bagnaia.

    Sebagai tambahan, Bagnaia menorehkan 10 kemenangan di balapan hari Minggu. Torehan ini pula yang membuatnya bersanding dengan nama-nama seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Marc Marquez yang mencatatkan 10 kemenangan dalam satu seri.

    Bagnaia juga tercatat empat kali naik ke podium di luar podium pertama. Total poin yang dikumpulkan Bagnaia pada balapan utama itu sebanyak 345 poin. Sementara itu Martin baru tiga kali menang di hari Minggu. Namun dia lebih banyak berdiri di podium di luar juara pertama, yaitu sebanyak 11 kali. Namun itu belum cukup membuat Martin unggul, total poin yang ditorehkan Martin di balapan utama adalah 321 poin.

    Di Sprint Race lain ceritanya. Poin Martin unggul jauh ketimbang Bagnaia. Martin tujuh kali finis di podium pertama Sprint Race musim ini. Sementara sembilan sisanya podium di luar juara satu. Dia juga tercatat hanya dua kali gagal finis di Sprint Race. Dari balapan singkat itu, Martin sudah menorehkan 164 poin.

    Sedangkan Bagnaia, baru enam kali juara Sprint Race. Tiga lainnya, Bagnaia finis di podium di luar juara satu. Pebalap jebolan VR46 Academy Riders itu juga tercatat lima kali gagal finis di Sprint Race. Alhasil poin yang dikumpulkan baru 116 poin. Keunggulan Martin di Sprint Race itu mencapai 48 poin.

    Berkaca dari statistik tersebut, Martin memang terlihat lebih konsisten. Secara total, dia lebih jarang gagal finis ketimbang Bagnaia. Rider berkebangsaan Spanyol itu empat kali gagal finis. Dua kali gagal finis di Sprint Race dan dua kali tak menuntaskan balapan di hari Minggu. Bagnaia justru tercatat lebih sering gagal finis. Total rider Ducati Lenovo itu delapan kali gagal finis, di balapan utama lima kali dan Sprint Race tiga kali.

    (dry/rgr)

  • Jadwal Sopir-Wajib Check Up Unit per Tiga Bulan

    Jadwal Sopir-Wajib Check Up Unit per Tiga Bulan

    Jakarta

    Sahat’s Transport jadi perusahaan divisi transportasi yang dimiliki orang Indonesia. Tidak gampang untuk bisa menjalankan bisnis di Jepang, selain izin trayek yang susah, pun jadwal sopirnya harus memperhatikan aspek keselamatan.

    Ikmal, perwakilan Sahat’s Trans menyebut perusahaannya sekarang bergerak di bidang penyediaan kebutuhan transportasi di Jepang, terutama Hi-Ace, Fuso Rosa (Micro Bus), dan Isuzu Gala (Big Bus).

    Nah, Ikmal menyebut jam istirahat pada transportasi darat khususnya pengemudi bus ini perlu jadi perhatian khusus.

    “Jam kerja sopir tidak boleh nyopir lebih dari 12 jam per hari, setelah nyupir harus istirahat minimal 9 jam baru boleh nyopir lagi,” kata Ikmal.

    Sebab jika pengemudi kurang istirahat yang cukup, bisa jadi menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Dan hal ini akan membahayakan pengguna jalan dan penumpang di dalam bus itu sendiri.

    Bagaimana dengan Indonesia? Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno pernah menjelaskan bahwa waktu kerja sopir bus sudah diatur dalam pasal 90 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa:

    (1) setiap Perusahaan Angkutan Umum wajib mematuhi dan memberlakukan ketentuan mengenai waktu kerja, waktu istirahat, dan pergantian Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,
    (2) Waktu kerja bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum paling lama 8 (delapan) jam sehari,
    (3) Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum setelah mengemudikan Kendaraan selama 4 (empat) jam berturut-turut wajib beristirahat paling singkat setengah jam, dan
    (4) Dalam hal tertentu Pengemudi dapat dipekerjakan paling lama 12 (dua belas) jam sehari termasuk waktu istirahat selama 1 (satu) jam.

    Ikmal menyebut persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjalankan bisnis transportasi di Jepang adalah izin trayek. “Izin zonasi trayeknya juga ketat,” jelas dia.

    Sahat’s Trans juga membagikan momen kendaraan wajib dicek secara berkala ke dealer atau bengkel berlisensi. Semua bus harus kondisi prima, jika dalam audit ketahuan tidak melakukan check up maka sanksinya tidak boleh beroperasi selama 30 sampai 60 hari.

    “Setiap armada harus di-check up per 3 bulan sekali,” kata Ikmal.

    (riar/rgr)

  • Resmi! Dani Pedrosa Perpanjang Kontrak di KTM

    Resmi! Dani Pedrosa Perpanjang Kontrak di KTM

    Jakarta

    KTM resmi memperpanjang kontrak Dani Pedrosa. Pedrosa akan melanjutkan kerja samanya dengan merek Austria itu sebagai pebalap penguji untuk MotoGP 2025. Pedrosa menjadi sosok penting yang membantu mengembangkan proyek RC16 sejak dia bergabung dengan KTM pada 2019 lalu.

    Pedrosa akan memasuki musim ketujuhnya bersama KTM tahun depan. Diketahui, KTM sedang seret prestasi sejak dua musim belakangan ini. Kali terakhir KTM memenangi MotoGP adalah di Grand Prix Thailand 2022, itu pun dalam kondisi trek basah. Sementara di balap trek kering, kemenangan terakhir KTM diraih pada MotoGP Catalunya 2021.

    “Senang rasanya mengawali perjalanan kami (bersama) di tahun berikutnya,” bilang Pedrosa saat mengumumkan kontrak barunya di KTM, seperti dikutip dari Crash (12/11).

    “Kami tahu bagian mana yang perlu ditingkatkan, dan upaya pabrikan tidak berkurang sama sekali, dalam membuat motor terbaik bagi para pebalap untuk tampil di lintasan. Saya menantikan apa yang dapat kita lakukan pada tahun 2025 dan ide-ide yang akan muncul,” tambah pebalap Spanyol itu.

    Direktur KTM Motorsports, Pit Beirer, menambahkan, diperpanjangnya kontrak Pedrosa oleh KTM menandakan hubungan baik di antara keduanya. “Ini adalah keputusan yang jelas bagi kedua belah pihak dan itu merupakan pertanda baik dari hubungan dan kepercayaan yang kuat,” kata Beirer.

    “Kami benar-benar percaya pada apa yang Dani bawa ke program MotoGP kami di berbagai level, tak hanya di pengembangan KTM RC16 generasi berikutnya. Dan kontribusi ini sangat penting,” tambahnya.

    “Kami tahu perubahan yang kami inginkan akan terjadi dan dengan Dani sebagai bagian dari tim, perubahan itu akan terjadi lebih cepat,” bilang Beirer lagi.

    Sebagai informasi, Pedrosa telah tampil empat kali sebagai wildcard untuk KTM, termasuk tiga kali dalam dua musim terakhir. Untuk musim depan, belum ada informasi lebih lanjut, apakah Pedrosa mendapatkan kesempatan wilcard atau tidak.

    (lua/rgr)

  • Legenda MotoGP Kecewa Berat dengan Tim Pabrikan Honda

    Legenda MotoGP Kecewa Berat dengan Tim Pabrikan Honda

    Jakarta

    Kita sampai pada masa di mana Ducati dan tim pabrikan Eropa sangat mendominasi MotoGP. Namun sadar atau tidak, Honda dan tim pabrikan Jepang sempat merasakan hal yang sama di kejuaraan balap motor dunia.

    Tidak usah jauh-jauh ke era 90-an di mana Honda bersama Michael ‘Mick’ Doohan sangat mendominasi. Di tahun 2019 saja, empat dari lima pebalap pemuncak klasemen menggunakan motor pabrikan Jepang.

    Lalu semua berubah sejak 2020. Perlahan tim dengan motor rancangan insinyur Eropa mendominasi. Hingga kini di MotoGP musim 2024, peringkat 1 sampai 12 klasemen didominasi pebalap dengan motor pabrikan Eropa baik Ducati, KTM, hingga Aprilia.

    Sejumlah tokoh hadir dalam Kickstart Race MotoGP Mandalika di Jakarta. Legenda MotoGP Michael ‘Mick’ Doohan hingga Menparekraf Wishnutama hadir di acara itu. Foto: Agung Pambudhy

    Dilansir dari Crash, kondisi seperti ini membuat Legenda MotoGP, Mick Doohan kecewa. Ia merasa ada kemunduran dari pabrikan Jepang untuk bertarung di MotoGP.

    “Saya secara pribadi mempercayai bahwa pandemi membuat pabrikan Jepang mundur satu langkah, sementara pabrikan Eropa terus mengembangkan apapun baik itu di bagian elektronik motornya atau di bagian lain,” ujar Mick Doohan kepada Crash.

    Pebalap legendaris asal Australia ini membocorkan satu cara untuk membuat pabrikan asal Jepang, khususnya Honda, dapat kompetitif kembali di MotoGP. Cara tersebut bukan lah soal hal teknis atau pebalap, tapi soal mind-set atau pola pikir.

    “Mereka akan kembali kepada kejayaannya, tapi mereka harus mengganti pola pikir,” ujar Doohan.

    “Yamaha terlihat seperti sudah di jalur yang tepat untuk mencapai yang terbaik di musim depan dan saya berharap Honda juga akan menggunakan jalur yang tepat juga,” lanjutnya.

    Pebalap senior Aleix Espargaro akan mejadi test rider Honda Racing Corporation di MotoGP 2025 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Perlu diingat bahwa Honda Racing Corporation (HRC) akan menggunakan jasa Aleix Espargaro sebagai test rider mereka. Peran Aleix menjadi vital sebab ia akan turut mengembangkan motor balap tim pabrikan Honda musim depan.

    HRC bahkan ‘membajak’ Romano Albesiano dari Aprilia untuk menjadi Direktur Teknis tim mereka untuk musim depan. Peran Albesiano tentu sangat penting bagi kesuksesan tim asal Jepang ini.

    “Kehadiran Aleix sebagai test rider adalah langkah yang baik,” ujar Doohan.

    “Mereka tentu butuh seseorang yang cepat dan dapat mengerti apa yang motor butuhkan untuk lebih cepat lagi dan terus ‘maju’ ke depan,” tutup Doohan.

    (mhg/dry)

  • Geely Pelajari Harga Mobil yang Pas untuk Bersaing di Pasar Indonesia

    Geely Pelajari Harga Mobil yang Pas untuk Bersaing di Pasar Indonesia

    Wuxi

    Geely akan kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia. Produsen mobil asal China itu masih mempelajari harga yang bersaing untuk produknya.

    Pada kuartal I tahun 2025, Geely akan comeback ke Indonesia. Sebelumnya, mereka pernah hadir di Indonesia pada 2011-2017.

    Tapi yang kali ini, Geely lebih optimis. Dengan teknologi yang dibawa, Geely yakin akan bisa bersaing apalagi dengan moto ‘safety is luxury’ alias keselamatan adalah kemewahan yang menjadi DNA Geely. Mobil listrik SUV yang akan menjadi andalan Geely.

    Di Indonesia saat ini, sudah ada beberapa brand asal China di industri mobil listrik. Harga pesaing Geely di pasaran ada di rentang Rp 400 juta sampai Rp 500 juta.

    Brand Director Geely Auto Indonesia, Yusuf Anshori –yang akrab disapa Ori, mengaku masih melakukan studi mendalam untuk menentukan harga jual.

    “Kami masih studi karena memang kami dari tim produk masih melakukan kajian-kajian lagi untuk terkait harga. Sebab kita masih ada beberapa tahap untuk melakukan pengetesan di Indonesia, nah maka dari itu terkait harga akan kita beritahu saat acara peluncuran,” kata Ori dalam wawancara kepada pewarta termasuk detikOto di Wuxi, China.

    Menatap peluncuran, layanan dealer dan after sales pun tengah disiapkan Geely. Ori menyebut tahun pertama masih akan cuma ada di Jawa.

    “Untuk after sales untuk dealer segala macam, tentu saja kami sudah mulai dari tahap sekarang sudah mulai tahap kerjasama dengan partnership. Jadi memang mungkin di bulan depan sudah bisa umumkan untuk diler-diler yang sudah jadi bagian dari Geely. Jumlah akan dikasih tahu bulan depan. Berapa kotanya belum tahu. Tapi di tahun awal 2025 akan ada 10 diler. Untuk saat ini masih di pulau Jawa,” kata Ori lagi.

    (cas/dry)

  • Kenali Ciri-ciri Injektor Motor Rusak dan Penyebabnya

    Kenali Ciri-ciri Injektor Motor Rusak dan Penyebabnya

    Jakarta

    Sepeda motor modern kini kebanyakan menggunakan sistem injeksi bahan bakar (fuel injection). Salah satu komponen pentingnya adalah injektor yang mengatur penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar agar tetap efisien.

    Jika injektor rusak, maka bisa menyebabkan sejumlah masalah karena proses pembakaran akan terganggu. Simak artikel ini untuk mengetahui ciri-ciri injektor motor rusak lengkap dengan penyebabnya.

    Ciri-ciri Injektor Motor Rusak

    Berikut ini ciri-ciri injektor motor rusak yang harus diwaspadai, seperti dikutip dari situs Federal Oil:

    1. Boros Bahan Bakar

    Injektor yang kotor membuat penyemprotan bahan bakar tidak merata. Padahal untuk menghasilkan tenaga yang optimal dari mesin dibutuhkan campuran bahan bakar dan udara yang seimbang.

    Akibatnya, mesin harus bekerja lebih keras untuk mengolah bahan bakar untuk menggerakkan komponennya.

    2. Getaran Mesin Semakin Terasa

    Injektor motor yang rusak akan menyumbat aliran bahan bakar. Proses pembakaran yang tidak sempurna membuat mesin bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga. Akibatnya getaran mesin akan semakin terasa.

    3. Idle Tidak Stabil

    Idle adalah kondisi saat mesin menyala tapi dalam keadaan berhenti. Jika pada posisi ini mesin terasa tidak stabil atau tidak wajar, mungkin ada masalah dengan penyemprotan bahan bakar dalam keadaan diam.

    Ketika motor digunakan untuk berjalan, injektor yang rusak atau kotor akan membuat mesin bekerja tidak optimal. Beberapa cirinya adalah akselerasi berkurang, kehilangan daya, atau mesin tidak responsif seperti biasanya.

    5. Suara Mesin Kasar

    Jika detikers mendengar suara kasar dari mesin, misalnya mendesis atau ketukan yang tidak normal, mungkin penyebabnya ada pada injektor. Hal ini bisa disebabkan karena injektor rusak yang membuat penyemprotan bahan bakar bermasalah.

    6. Asap Knalpot Hitam

    Ciri-ciri injektor motor rusak lainnya adalah munculnya asap knalpot yang berwarna hitam. Warna hitam muncul akibat kontaminasi kotoran dan endapan dengan bahan bakar.

    Hal tersebut membuat gesekan di dalam ruang pembakaran, sehingga kotoran akan terbakar dan membuat asap knalpot berwarna hitam pekat. Biasanya asap kotor disertai bau yang tidak enak.

    Penyebab Injektor Motor Rusak

    Agar tidak bermasalah, detikers harus mengetahui penyebab injektor rusak agar bisa mencegahnya. Berikut penyebab injektor motor rusak yang dilansir dari laman Suzuki:

    1. Injektor Jarang Diservis

    Servis motor harus dilakukan secara rutin. Salah satu yang dikerjakan adalah membersihkan kotoran injektor. Jika jarang diservis, maka residu bahan bakar akan menumpuk dan mengganggu semprotan injektor.

    2. Bensin Kotor atau Tercemar

    Kualitas bensin atau bahan bakar juga berpengaruh. Beberapa hal yang mengotori atau mencemari bahan bakar adalah kotoran, air, dan zat asing lainnya. Hal ini dapat menyumbat injektor.

    3. Filter Bahan Bakar Kotor

    Filter bahan bakar yang tersumbat kotoran membuat aliran bahan bakar ke injektor terganggu, sehingga injektor akan kekurangan pasokan bahan bakar. Akibatnya, mesin menjadi tersendat atau mati.

    4. Sering Pakai Aditif Bahan Bakar

    Jika detikers sering menggunakan bahan aditif bahan bakar, maka perlu hati-hati. Jika zat aditif ini tidak sesuai atau sering dipakai, maka bisa meninggalkan residu yang merusak injektor.

    5. Tekanan Bahan Bakar Tidak Stabil

    Pompa bahan bakar atau regulator tekanan bahan bakar yang rusak juga akan mempengaruhi injektor. Jika tekanan terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka injektor akan bekerja tidak optimal.

    6. Sistem Pendingin Kurang Optimal

    Suhu mesin tidak boleh terlalu panas karena bisa merusak berbagai komponen mesin, termasuk injektor. Suhu terlalu panas bisa disebabkan sistem pendingin yang rusak.

    7. Kerusakan Solenoid atau Katup Injektor

    Solenoid yang rusak atau sudah aus bisa menghambat pembukaan katup injektor. Jika katup tidak membuka dan menutup dengan benar, semprotan bahan bakar menjadi tidak pas dan membuat proses pembakaran tidak sempurna.

    8. Kerusakan Kabel dan Konektor Injektor

    Terakhir, kemungkinan penyebabnya adalah masalah kabel dan konektor ke injektor yang rusak, terlepas, atau mengalami korsleting. Jika terjadi, hal tersebut membuat sinyal dari ECU ke injektor terganggu.

    Itulah tadi ciri-ciri injektor motor rusak dan penyebabnya. Dengan mengetahuinya, detikers bisa mencegah kerusakan pada injektor.

    (row/row)

  • Diduga Rem Blong, Begini Status Uji Berkala Truk Maut Cipularang

    Diduga Rem Blong, Begini Status Uji Berkala Truk Maut Cipularang

    Jakarta

    Truk penyebab kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 pada Senin kemarin diduga mengalami rem blong. Bagaimana status uji berkala truk tersebut?

    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Irjen Pol Risyapudin Nursin mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dan investigasi bersama Korlantas Polri dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk meneliti penyebab terjadinya kecelakaan. Penyebab pasti kecelakaan tersebut masih menunggu hasil investigasi.

    “Namun untuk mengetahui secara pasti penyebab kecelakaan secara menyeluruh kita menunggu hasil investigasi dari KNKT,” kata Risyapudin dikutip dari keterangan tertulisnya.

    Status uji berkala truk penyebab kecelakaan maut itu bisa dicek di Aplikasi Mitra Darat. Truk tempelan dengan nomor polisi B 9440 JIN tersebut memiliki status uji berkala yang masih berlaku hingga tanggal 18 Maret 2025. Truk tersebut dinyatakan lulus uji berkala di Dishub Kabupaten Tangerang dan berlaku sampai 18 Maret 2025.

    Risyapudin mengimbau perusahaan angkutan untuk memastikan betul kendaraan dalam kondisi layak dan sesuai standar keamanan. Selain itu, yang tidak kalah penting ialah wajib menyediakan pengemudi yang memiliki izin resmi dan memenuhi kompetensi.

    “Apabila terjadi kecelakaan akibat kelalaian pengemudi, ia dapat dikenai sanksi hukum atau denda sesuai dengan yang tercantum pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ucapnya.

    Selain itu, Risyapudin memaparkan perlunya langkah tindak lanjut untuk menyikapi peristiwa tersebut. Dirjen Perhubungan Darat akan mengumpulkan asosiasi pengusaha angkutan barang untuk menindaklanjuti kejadian ini.

    “Kita akan segera mengumpulkan seluruh Asosiasi Pengusaha Angkutan Barang beserta seluruh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti kejadian ini dan sebagai langkah mitigasi terjadinya kejadian berulang,” ungkapnya.

    Di samping itu, ia menuturkan akan melakukan sidak terhadap fasilitas Uji Berkala Kendaraan Bermotor yang ada di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor di wilayah Jabodetabek.

    “Kami akan bersama-sama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan di beberapa lokasi akan lebih gencar melakukan inspeksi keselamatan pada truk angkutan barang,” ujarnya.

    (rgr/dry)

  • 60 Unit Mercedes-Benz Bekas Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual

    60 Unit Mercedes-Benz Bekas Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual

    Jakarta

    PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia resmi menjual 60 unit mobil Mercedes-Benz S450 bekas tamu negara di acara pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, pada 20 Oktober 2024 lalu. Mobil tersebut bakal dipasarkan secara terbatas dengan nama Mercedes-Benz S 450 President Edition.

    “Mobil tersebut sebanyak 60 unit kami jadikan limited edition, kami menyebutnya sebagai S-Class President Edition. Tentu kami akan memberikan sentuhan-sentuhan spesial pada kendaraan tersebut supaya berbeda dari yang lain,” bilang Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, di Wisma Habibie & Ainun, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    60 unit Mercedes-Benz S450 President Edition resmi dijual Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Kariyanto menjelaskan, Mercedes-Benz S 450 President Edition ini punya keistimewaan dari sisi historis, sebab bekas digunakan oleh para tamu negara pada acara pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029. “Bahkan kemarin juga ada calon konsumen yang minta unit bekas dipakai Sultan Brunei Darussalam,” bilang Kariyanto.

    Untuk membedakannya dengan versi standar, Inchape memberikan beberapa identitas yang menjadi ciri khas. Salah satunya adalah emblem ‘President’ di pintu bagasi bagian kiri. “Sebelumnya pakai tulisan ‘4Matic’, kami ubah menjadi ‘President’,” terang Kariyanto lagi.

    Selanjutnya geser ke bagian interior, hal lain yang bikin beda adalah adanya penambahan bantal di kursi depan dan kursi baris kedua dengan signature khusus, berupa bordir tulisan ‘President Edition’. “Selain itu, kami berikan buku (sejarah mobil kepresidenan) ini dan titanium card sebagai sertifikat keaslian mobil limited edition ini,” ujarnya.

    60 unit Mercedes-Benz S450 President Edition resmi dijual Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Yang menarik, harga Mercedes-Benz S 450 President Edition ini bakal dibanderol lebih murah dari varian standar S 450 4Matic yang punya harga sekitar Rp 2,9 miliar. Menurut Kariyanto, pengurangan harga ini tak lepas dari status Mercedes-Benz S 450 President Edition sebagai mobil bekas.

    “Karena mileage-nya (kilometernya) sudah berjalan sedikit, jadi memang ada potongan harga. Tapi berapakah besarannya? Itu tergantung masing-masing dealer, mereka yang akan mengolah. Tapi yang jelas, harganya akan berkurang sedikit (dari versi standar),” ungkap Kariyanto.

    Aksesoris eksklusif buat para calon konsumen Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/rgr)