Jenis Media: Otomotif

  • Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual, Ini Spesifikasinya

    Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual, Ini Spesifikasinya

    Jakarta

    PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia resmi menjual 60 unit mobil Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara pada acara pelantikan presiden dan wakil presiden tanggal 20 Oktober lalu. Ini spesifikasi mobil edisi terbatas tersebut.

    Mercedes-Benz kerap jadi kendaraan pilihan untuk acara kenegaraan dan para pemimpin di Indonesia. Tarik garis ke belakang, merek asal Jerman itu menjadi mobil pertama di Indonesia dimiliki oleh Sultan Pakubuwono ke-X pada tahun 1894, hanya berselang delapan tahun setelah Carl Benz menciptakan mobil pertama di dunia. Sejak itu, Mercedes-Benz secara konsisten digunakan dalam acara kenegaraan, dikenal karena teknologi, desain, serta simbol kemewahan dan status yang melekat.

    “Kami bangga dengan sejarah Mercedes-Benz di Indonesia. Hubungan kami yang erat dengan kebutuhan kenegaraan, menegaskan komitmen kami untuk terus menghadirkan inovasi terbaik dan memperkuat posisi kami di industri otomotif Indonesia,” kata CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Roelof Lamberts.

    60 unit Mercedes-Benz S 450 President Edition resmi dijual Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Nantinya 60 unit mobil Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara ini akan dipasarkan dengan nama S-Class President Edition. Secara umum, spesifikasinya identik dengan tipe S 450 4Matic baru. Namun ada beberapa ciri khas yang melekat di S-Class President Edition dan menjadi pembeda.

    S 450 President Edition dilengkapi emblem ‘President Edition’ di bagian pintu bagasi belakang, menggantikan emblem 4Matic. Selain itu, ada bantal khusus di sandaran kepala kursi baris depan dan kursi baris belakang dengan logo ‘President Edition’.

    Setiap pembelian unit juga disertai kartu titanium certificate of authenticity, sebagai bukti keaslian kendaraan edisi terbatas, dan buku ‘President Edition: Pushing Boundaries, Mercedes-Benz Legacy’. Buku ini mengisahkan perjalanan Mercedes-Benz sebagai mobil kepresidenan di Indonesia.

    Untuk detail spesifikasi lainnya, mobil ini memiliki dimensi panjang 5.289 mm x lebar 1.954 mm x lebar 1.945 x tinggi 1.503 mm. Di interiornya, mobil ini memiliki ruang yang lapang dengan ukuran headroom lebih luas 1.070 mm (depan), 974 mm (belakang), legroom 1.051 mm (depan), dan 1.115 mm (belakang).

    Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Menunjang kenyamanan, bagian kursi mengusung desain tiga lapis seperti pola berlian dari material Nappa ekslusif. Selain itu, terdapat kursi pijat pada barisan belakang yang terpasang hingga 19 motor dengan 10 program pijat dengan efek pijatan santai dengan kehangatan seperti prinsip batu panas.

    S-Class ini menawarkan kemewahan bagi para pengendaranya. Tersedia lima layar OLED untuk mengontrol fungsi kenyamanan kendaraan. Selain itu, ada sistem infotainment bernama Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Salah satu identitas MBUX merupakan MBUX Interior Assist dengan nama asisten kontrol suara ‘Hey Mercedes’.

    Sementara dari sektor dapur pacunya, seri S 450 dibekali mesin M256, Six-Inline (bensin) dengan transmisi 9G-Tronic Automatic, berkapasitas 2.999 cc, dan starter alternator EQ Boost 48-volt yang mampu memuntahkan tenaga 367 dk di 5.500 – 6.100 rpm dengan tambahan tenaga EQ Boost 22 dk, dan torsi 500 Nm di 1.600 – 4.500 rpm.

    Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Di atas kertas, mobil ini bisa melaju dari titik nol ke 100 km/jam selama 5,1 detik. Top speed-nya mencapai 250 km/jam. Sedang konsumsi bahan bakarnya, 9,6 liter per 100 kilometer.

    Kendaraan spesial ini akan tersedia untuk publik dalam edisi terbatas dan dipasarkan melalui jaringan dealer resmi Mercedes-Benz di Indonesia. Mobil ini juga akan ditampilkan pada acara Gaikindo Jakarta Autoweek (GJAW) mulai 22 November hingga 1 Desember, yang bertempat di ICE-BSD City.

    Mesin Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/din)

  • Lorenzo Digaji Kecil, Singgung Habis Manis Sepah Dibuang di Ducati

    Lorenzo Digaji Kecil, Singgung Habis Manis Sepah Dibuang di Ducati

    Jakarta

    Jorge Lorenzo mengingat kariernya bersama Ducati dengan perasaan campur aduk. Salah satunya membantah gaji jumbo saat pindah dari Yamaha.

    Lorenzo menyangkal asumsi orang-orang yang mengira dia telah menandatangani kontrak jutaan dolar dengan merek Italia tersebut.

    Dalam wawancara yang ditayangkan di podcast ‘I Have a Plan’, mantan pebalap Spanyol itu menjelaskan bahwa waktunya di Ducati bukan demi uang.

    Lorenzo membantah digaji 15 juta dollar per tahun. “Kontrak satu juta dolar yang, pada kenyataannya, 15 persen lebih banyak dari apa yang diperoleh di Yamaha,” kata Lorenzo.

    “Perubahan ini bukan tentang uang, seperti yang dipikirkan sebagian orang. 15 persen itu tidak mengubah hidup saya. Itu lebih menjadi motivasi,” kata dia lagi.

    Lorenzo bilang kurangnya kepercayaan diri tim menjadi pemicu keputusannya berpindah tim.

    Kembali ke masa lalu, Lorenzo bergabung dengan Ducati pada tahun 2017, setelah meraih tiga gelar juara dunia bersama Yamaha.

    Kehadiran Lorenzo tentunya punya ekspektasi tinggi bagi Ducati, namun faktanya lebih menantang dari yang diperkirakan. Lorenzo tanpa kemenangan dan kesulitan adaptasi. Ini adalah pertama kalinya bagi Lorenzo sejak 2005, Lorenzo menyelesaikan satu musim di kategori premier tanpa naik podium teratas.

    Meski secara angka tidak buruk-buruk amat, dia bisa meraih tiga podium dan peringkat ketujuh pada klasemen akhir 2017.

    Pebalap Spanyol itu bisa meraih kemenangan pertama untuk Ducati usai juara di Mugello, Italia pada 2018. Lorenzo kembali kompetitif usai mencetak dua kemenangan lain (Catalunya, Austria) serta sekali finis kedua di Brno, Republik Ceko.

    Saat lagi bagus-bagusnya, nasib nahas dialami Lorenzo setelah jatuh dan cedera di Aragon. Cedera tambahan yang diterimanya di Buriram, membuat juara dunia lima kali itu absen di empat balapan berikutnya dan gagal memberikan perpisahan sempurna di Valencia usai finis ke-12.

    Tiga kemenangan, tujuh podium, dan empat pole dalam 31 start menjadi tanda karier Lorenzo selama bersama Ducati.

    Meski meraih kesuksesan tersebut, Ducati sudah mengambil keputusan tidak memperbarui kontrak bersama Lorenzo. Ducati memilih bertaruh pada Danilo Petrucci, yang akhirnya menjadi penggantinya di tim resmi.

    “Ducati kehilangan kesabaran setelah satu setengah tahun tanpa hasil. Mereka tidak mempercayai saya lagi.Mereka bahkan tidak menawari saya satu juta euro padahal kontraknya saat itu adalah dua belas. Mereka lebih menyukai pilot seperti Petrucci. Saya bahkan tidak mendapat tawaran,” kata Lorenzo.

    Lorenzo lalu memulai bab baru dalam kariernya bersama Honda Repsol. Performanya bersama Honda merosot, rider 31 tahun itu diusik masalah cedera sejak awal musim, Lorenzo tidak bisa memenangi sekalipun balapan. Akhirnya Lorenzo pensiun dari MotoGP.

    (riar/din)

  • Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Jakarta

    Hwasung banyak dipercaya oleh perusahaan jasa angkutan kargo dan logistik di berbagai negara. Produk mesin pendingin buatan Korea Selatan ini banyak digunakan oleh perusahaan produsen fresh food pada armada truknya untuk mengirim produk-produknya ke distributor.

    Director PT Hwasung Thermoindo Arif Suhardiman mengungkapkan alasan produk mesin pendingin Hwasung ini jadi andalan para perusahaan produsen fresh food. Menurutnya, mesin pendingin Hwasung di-desain agar bisa menyesuaikan dengan kondisi iklim suatu negara.

    “Hwasung Thermo mempersiapkan desain produknya itu sesuai dengan kondisi (iklim suatu negara). Mereka sudah persiapkan bukan hanya untuk iklim di Korea tapi juga negara-negara tropis,” ujarnya di Pameran SIAL Interfood, JIEXpo, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Bahkan, kata dia, berbagai produk Hwasung Thermo juga telah diekspor ke Saudi Arabia dan Uni Emirate Arab tepatnya Dubai yang kondisi iklimnya lebih panas dibanding Indonesia.

    “Mereka sudah ekspor ke area sana di mana temperaturnya sampai sekitar 45 derajat celcius, lebih jauh lebih panas dibanding di Indonesia. Jadi harusnya kalau dipakai di Indonesia dengan ambient temperatur kan mungkin plus 35 derajat semua udah disesuaikan untuk iklim tropis,” jelasnya.

    Selain itu, Arif menilai Hwasung di Indonesia memiliki layanan purnajual yang berkualitas. Hwasung menyiapkan spare part hingga layanan service yang lengkap di Indonesia bagi konsumennya.

    “Jadi di Indonesia ini kita sangat fokus kepada after sales kita, dari spare part, dari service, dari kualitas teknisi itu kita harus jaga supaya hasilnya bagus,” jelasnya.

    Sebelumnya, PT Hwasung Thermoindo mengenalkan dua produk terbaru di pameran SIAL Interfood 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIEXpo), Rabu (13/11). Kedua produk ini untuk mendukung industri fresh food yang semakin menggeliat di Tanah Air.

    Produk tersebut diberi nama Hwasung Wing HT-100 EV dan Hwasung ECO-100RT EV. Mesin pendingin HT-100 EV khusus digunakan untuk kendaraan listrik. Sementara ECO-100RT dapat digunakan pada kendaraan hybrid.

    “HT-100 EV wing type itu merupakan sistem pendingin yang dikhususkan untuk digunakan pada EV truk, di mana sistem ini akan dikonek langsung ke baterai dari pada truck itu sendiri, menggunakan sistem 350 Volt DC. Jadi, semua nanti kompresor, semua itu sudah menggunakan high voltage,” ujar Arif.

    “Kedua ECO-100RT, tipe ini sebenarnya by trip type, listrik dengan 12 volt dan 24 volt, bisa digunakan untuk truk-truk yang saat ini menggunakan solar engine dan bisa di charge juga. Jadi, mirip seperti plug-in hybrid,” jelasnya.

    (akd/ega)

  • Ada Jejak Rem-Kapas Rem Terbakar

    Ada Jejak Rem-Kapas Rem Terbakar

    Jakarta

    Ada jejak rem ditemukan di lokasi kecelakaan maut Tol Cipularang KM 92. Diketahui juga ada kampas rem terbakar karena overheat.

    Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkap fakta terbaru terkait kecelakaan di tol Cipularang KM 92. Aan menegaskan kecelakaan tersebut bukanlah kecelakaan beruntun, melainkan kecelakaan karambol. Saat kejadian, terungkap kondisi lintasan berair usai dilanda hujan besar.

    “Jadi kalau beruntun dari depan ke belakang, namun ini dari belakang ke depan. Kemudian setelah selesai olah TKP kemarin, di kilometer sebelum titik poin terjadinya kecelakaan di KM 92 +400, itu terjadi jejak rem. Ini masih dugaan, artinya kita harus mendalami jejak rem ini apakah dari kendaraan yang bersangkutan, karena bisa jadi jejak rem itu sudah lama. Kemudian kita sinkronkan dengan jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut,” kata Aan dikutip laman Korlantas Polri.

    Fakta lain yang terungkap juga ditemukan kampas rem yang terbakar lantaran adanya kampas rem terbakar karena overheat.

    “Kemudian kita juga masih harus mendalami bukti-bukti yang ada di TKP maupun di dashboard Jasa Marga untuk mengukur kecepatan maupun perilaku pengemudi pada saat sebelum kejadian,” lanjut Aan.

    Sebelumnya Aan juga mengungkap sopir truk menggunakan gigi tinggi di jalan menurun. Kala itu posisi persneling ada di gigi 4. Kondisi itulah yang diduga menjadi pemicu truk nyelonong hingga menyeruduk belasan kendaraan.

    “Namun sampai saat ini kami belum bisa menyimpulkan penyebab dari kecelakaan tersebut karena harus melakukan kajian. Kami harus merekonstruksi hasil olah TKP yang dilakukan kemarin. Mudah-mudahan dalam waktu cepat kita bisa menyimpulkan penyebab terjadinya peristiwa kecelakaan di KM 92,” pungkasnya.

    Di sisi lain, kecelakaan maut akibat rem blong sering kali terjadi. Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Instruktur & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kecelakaan akibat rem blong disebabkan oleh kompetensi sopir yang tidak paham dalam melakukan deselerasi di jalan menurun. Bahkan, peristiwa ini kerap terjadi akibat salah kaprah sopir truk yang menginginkan cuan.

    Jusri menduga, truk yang mengalami rem blong di Tol Cipularang itu melaju di turunan dengan kondisi transmisi netral. Namun, untuk mengurangi beban rem, sopir berusaha masuk gigi. Yang terjadi adalah, sopir truk hanya bisa masuk ke gigi 4 sesuai temuan Kakorlantas Polri.

    “Penggunaan service brake ini cukup rentan kecelakaan, takut ngunci, mereka berusaha engine brake tapi dari netral. Kalau netral dalam kecepatan tinggi misalnya 60-80 km/jam, susah masuk ke gigi 2 tuh. Apalagi truk nggak punya synchronize. Jadi yang dia masukin adalah masukin gigi 4 untuk mendapatkan engine brake,” ungkap Jusri.

    (dry/din)

  • Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Hwasung Thermo Kenalkan 2 Mesin Pendingin untuk Truk EV dan Hybrid

    Jakarta

    Perusahaan penyedia mesin pendingin untuk kendaraan niaga angkutan barang, PT Hwasung Thermoindo mengenalkan dua produk terbaru di pameran SIAL Interfood 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIEXpo), Rabu (13/11/2024).

    Kedua produk ini untuk mendukung industri fresh food yang semakin menggeliat di Tanah Air, sehingga perusahaan dapat menjaga kualitas produknya dengan layanan pengiriman yang menggunakan mesin pendingin.

    Director PT Hwasung Thermoindo Arif Suhardiman mengatakan produk tersebut diberi nama Hwasung Wing HT-100 EV dan Hwasung ECO-100RT EV. Mesin pendingin HT-100 EV khusus digunakan untuk kendaraan listrik. Sementara ECO-100RT dapat digunakan pada kendaraan hybrid.

    “HT-100 EV wing type itu merupakan sistem pendingin yang dikhususkan untuk digunakan pada EV truk, di mana sistem ini akan dikonek langsung ke baterai dari pada truck itu sendiri, menggunakan sistem 350 Volt DC. Jadi, semua nanti kompresor, semua itu sudah menggunakan high voltage,” ujar Arif.

    “Kedua ECO-100RT, tipe ini sebenarnya by trip type, listrik dengan 12 volt dan 24 volt, bisa digunakan untuk truk-truk yang saat ini menggunakan solar engine dan bisa di charge juga. Jadi, mirip seperti plug-in hybrid,” imbuhnya.

    Arif menambahkan mesin pendingin buatan Korea Selatan ini banyak digunakan oleh perusahaan produsen fresh food pada armada truknya di berbagai negara untuk mengirim produk-produknya ke distributor. Produk ini didesain agar dapat menyesuaikan kondisi iklim di berbagai negara.

    Foto: Rahmat Khairurizqi

    “Hwasung Thermo mempersiapkan desain produknya itu sesuai dengan kondisi (iklim suatu negara). Mereka sudah persiapkan bukan hanya untuk iklim di Korea tapi juga negara-negara tropis,” jelasnya.

    Bahkan, kata dia, berbagai produk Hwasung Thermo juga telah diekspor ke Saudi Arabia dan Uni Emirate Arab tepatnya Dubai yang kondisi iklimnya lebih panas dibanding Indonesia.

    “Mereka sudah ekspor ke area sana di mana temperaturnya sampai sekitar 45 derajat celcius, lebih jauh lebih panas dibanding di Indonesia. Jadi harusnya kalau dipakai di Indonesia dengan ambient temperatur kan mungkin plus 35 derajat semua udah disesuaikan untuk iklim tropis,” jelasnya.

    Sebagai informasi, PT Hwasung Thermoindo merupakan sole distributor dari mesin pendingin Hwasung untuk market Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 2014. PT Hwasung Thermoindo menyediakan solusi pendingin untuk transportasi produk-produk yang memerlukan pendinginan baik untuk aplikasi Freezer (beku) atau Chiller (dingin).

    (akd/ega)

  • Banyak yang Belum Tahu, Ini Jalur Penyelamat untuk Antisipasi Rem Blong

    Banyak yang Belum Tahu, Ini Jalur Penyelamat untuk Antisipasi Rem Blong

    Jakarta

    Kecelakaan akibat rem blong terus terjadi. Pengelola jalan sebenarnya sudah menyiapkan mitigasinya dengan menyiapkan infrastruktur berupa jalur penyelamat.

    Pada kecelakaan maut truk rem blong di Cipularang KM 92 hari Senin lalu, dalam video yang beredar di media sosial, truk tersebut melaju sangat kencang di lajur kanan. Truk itu juga melewati jalur penyelamat di sisi kiri.

    “Ada faktor jalan juga, tapi kan tidak bisa kita kendalikan. Nah kecelakaan itu terjadi jika kita tidak tahu bahaya dan mengendalikan risikonya. Jalannya sudah ada, nah antisipasinya ya dari pengemudinya. Apalagi cuaca sekarang hujan,” kata instruktur safety driving di Rifat Drive Labs (RDL) dan Road Safety Commission Ikatan Motor Indonesia (IMI) Erreza Hardian kepada detikOto, Selasa (12/11/2024).

    “Pengelola (jalan) sudah menjelaskan, di jalan itu banyak rambu dan sudah ada yang disebut jalan ‘memaafkan’ karena tersedia titik pengereman darurat yang menanjak. Hanya saja banyak pengemudi memacu kencang, makin kencang makin nggak kelihatan rambu atau peringatannya,” ujar Reza yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Pelatihan di Perkumpulan Keamanan dan Keselamatan Indonesia (KAMSELINDO).

    Dilansir dari berbagai sumber, jalur penyelamat memiliki fungsi vital sebagai peredam laju kendaraan jenis apa pun, mulai dari roda empat hingga truk bermuatan besar. Biasanya, jalur penyelamat digunakan untuk kendaraan yang mengalami rem blong saat melewati jalanan menurun.

    Kontur jalur penyelamat ini sengaja dibuat kasar, bergelombang dan menanjak. Hal tersebut bertujuan untuk menjebak atau mengunci laju kendaraan saat terjadi masalah rem blong atau tidak berfungsi dengan baik.

    Keberadaan jalur penyelamat terbilang sangat penting sebagai fasilitas forgiving road atau keselamatan pasif pada jalan. Soalnya, jalur ini punya peran penting dalam menurunkan tingkat fatalitas jika terjadi kecelakaan.

    Rata-rata jalur penyelamat punya ketinggian sekitar enam meter, memiliki panjang 20 meter, lebar tiga meter, serta letaknya berada di sebelah kiri jalan. Nah, emergency safety area itu sudah dibangun pada sejumlah ruas jalan tol utama di Indonesia, salah satunya di tol Cipularang. Biasanya, menjelang jalur penyelamat, terdapat rambu yang terpasang sebagai informasi kepada pengemudi yang mungkin mengalami rem blong.

    (rgr/din)

  • Bikin Orang Ogah Bayar Pajak, Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Habis Segini

    Bikin Orang Ogah Bayar Pajak, Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Habis Segini

    Jakarta

    Biaya bea balik nama kendaraan bekas menjadi pemicu masyarakat enggan membayar pajak. Pasalnya, biaya bea balik nama itu berkali-kali lipat lebih tinggi dari pajaknya.

    Pembeli kendaraan bekas seringkali merasa diberatkan dengan keberadaan bea balik nama. Seperti diketahui, balik nama kendaraan dilakukan untuk memudahkan saat perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang membutuhkan KTP asli pemilik kendaraan.

    Jika tak balik nama, pemilik kendaraan baru harus meminjam identitas pemilik kendaraan sebelumnya. Tidak masalah sebenarnya, namun yang banyak terjadi pemilik kendaraan lama enggan meminjamkan identitasnya. Di sisi lain, mengurus balik nama membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal inilah yang memicu banyak masyarakat yang tak melakukan perpanjangan STNK dengan membayar pajak kendaraannya.

    “Kenapa sih orang nggak bayar pajak? Bukan orang Indonesia nggak patuh pajak, maunya enak. Bukan nggak patuh, balik namanya mahal, pak. Mobil balik nama 30 juta, pajaknya 6 juta. Coba balik nama di-nol-in akhirnya bayar pajak semua kan,” terang Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus saat berbincang dengan detikOto belum lama ini.

    Untuk diketahui, biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) berbeda tergantung jenis dan harganya. Besaran pajak sekitar 1% dari harga beli kendaraan.

    Itu artinya, untuk mobil seharga Rp 400 juta, biaya BBNKB akan sekitar Rp 4 juta. Itu belum termasuk biaya-biaya lain yang dibutuhkan untuk administrasi. Seperti pendaftaran, pembuatan STNK baru, biaya TNKB, dan pembuatan BPKB baru.

    Untuk itu, bea balik nama kendaraan bekas diusulkan dihapus supaya masyarakat lebih taat bayar pajak. Saat ini, salah satu wilayah yang sudah menghapus BBN 2 adalah Jakarta. Kebijakan itu sudah berlaku sejak 23 Oktober 2024. Namun demikian kata Yusri, tak cukup Jakarta saja yang dibebaskan BBN2. Supaya masyarakat patuh membayar pajak, maka kebijakan sejatinya harus dilakukan serempak di semua daerah.

    “Tapi kan kita maunya serempak di Indonesia, Jakarta mau mutasi ke Papua, Papua juga BBN2 udah nol jadi nggak bayar dong kalau balik nama ke sana kita mutasi. Biar serempak se-Indonesia. Tapi kan ini masalah PAD (Pendapatan Asli Daerah) nih, pakai Pergub,” lanjut Yusri.

    Bila masyarakat taat membayar pajak kendaraannya kata Yusri, maka kebijakan penghapusan data kendaraan tak perlu dilakukan. Seperti diketahui, dalam Undang-undang no.22 tahun 2009 pasal 74 ayat 2 dijelaskan data kendaraan bisa dihapus bila pajaknya tak dibayarkan dua tahun berturut-turut setelah STNK mati (total 7 tahun). Data kendaraan yang sudah dihapus itu tak bisa didaftarkan lagi. Dengan demikian, kendaraan tidak sah digunakan di jalan.

    “Kalau bayar pajak semua pasal 74 nggak berlaku, nggak ada yang dihapus dong, jadi nyambung semua nih,” pungkas Yusri.

    (dry/din)

  • Bus ‘Pantura’ di Jepang Juga Pakai Sopir dari Indonesia

    Bus ‘Pantura’ di Jepang Juga Pakai Sopir dari Indonesia

    Jakarta

    Sahat’s Trans menjadi perusahaan transportasi di Jepang yang didirikan orang Indonesia. Ternyata sopir bus yang mengemudikan armada Sahat’s Trans juga berasal dari Indonesia.

    Perwakilan Sahat’s Trans, Ikmal menyebut perusahaan ini menjadi bagian dari Sahat International Co, Ltd, yang bergerak di bidang penyediaan kebutuhan transportasi di Jepang, terutama Hi-Ace, Fuso Rosa (Micro Bus), dan Isuzu Gala (Big Bus).

    “Kalau supirnya kita ada 8 orang, 6 WNI dan 2 orang Jepang,” kata Ikmal kepada detikOto.

    Kantor pusatnya berlokasi di Sapporo, Hokkaido, dan memulai bisnis transportasi pada tahun 2015. Perusahaan ini milik warga negara Indonesia di Jepang yang didirikan pada tahun 2008.

    Pada pertengahan tahun 2018, perusahaan Sahat`s Trans mulai membuka cabang baru di Chiba, Tokyo, untuk meningkatkan jangkauan layanan.

    Sahat’s Trans juga menyebut setiap armadanya dilengkapi dengan Safety Bus License dan pengemudi yang mampu berbahasa Indonesia.

    Bagaimana syarat menjadi sopir bus di Jepang? seperti diketahui sopir bus di Jepang memerlukan Surat Izin Mengemudi kelas 2 khusus, selain Surat Izin Mengemudi Kelas 1 biasa. Hal ini mungkin sulit diperoleh bagi warga negara asing karena SIM kelas 2 ini hanya berbahasa Jepang.

    “WNI-nya yang sudah punya SIM B2 umum versi Jepang,” kata Ikmal.

    Ikmal menyebut salah satu persyaratan lain jika ingin menjadi sopir bus adalah lulus Japanese-Language Proficiency Test (JLPT).

    “Harus fasih berbahasa jepang minimal level JLPT N3, lulus check kesehatan fisik dan check kesehatan mental,” tambahnya lagi.

    Sebelumnya bus Sahat’s Trans viral lantaran menyajikan slogan pulang malu tak pulang rindu wara-wiri di Jepang.

    Ternyata tidak gampang untuk bisa menjalankan bisnis di Jepang, selain izin trayek yang susah, pun jadwal sopirnya harus memperhatikan aspek keselamatan.

    Ikmal menyebut jam istirahat pada transportasi darat khususnya pengemudi bus ini perlu jadi perhatian khusus.

    “Jam kerja sopir tidak boleh nyopir lebih dari 12 jam per hari, setelah nyupir harus istirahat minimal 9 jam baru boleh nyopir lagi,” kata Ikmal.

    Sebab jka pengemudi kurang istirahat yang cukup, bisa jadi menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Dan hal ini akan membahayakan pengguna jalan dan penumpang di dalam bus itu sendiri.

    (riar/din)

  • Prabowo Lebih Sering Pakai Maung MV3, Mercedes-Benz S 680 Guard Jadi Cadangan

    Prabowo Lebih Sering Pakai Maung MV3, Mercedes-Benz S 680 Guard Jadi Cadangan

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto bakal lebih sering menggunakan mobil buatan PT Pindad, Maung MV3 Garuda Limousine, sebagai kendaraan operasionalnya. Kendati begitu, mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S 680 Guard akan tetap mengawal setiap iring-iringan mobil Presiden Prabowo.

    Diketahui, Prabowo kali pertama memperkenalkan Maung MV3 Garuda Limousine pada acara pelantikannya sebagai presiden RI 2024-2029, tanggal 20 Oktober lalu. Prabowo meng-endorse MV3 Garuda Limousine sebagai mobil SUV buatan bangsa dengan kemampuan antipeluru seperti mobil-mobil kepresidenan pada umumnya.

    Meski akan lebih sering menggunakan mobil buatan industri dalam negeri itu, Prabowo akan tetap memasukkan mobil kepresidenan S 680 Guard dalam iring-iringannya. Mobil tersebut bahkan sudah diubah warnanya dari hitam menjadi putih sesuai warna kegemaran Prabowo.

    Mercedes-Benz S 680 Guard Foto: Dok. Mercedes-Benz

    “Pak Prabowo sudah mencanangkan bahwa beliau akan lebih banyak menggunakan Maung Garuda untuk setiap kegiatannya. Biasanya untuk Mercy ikut di rangkaian, di bagian belakang, jadi cadangan,” bilang Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Sejauh ini pihak Sekretariat Negara selaku penanggung jawab mobil kepresidenan, belum mengajukan permintaan mobil kepresidenan terbaru kepada Mercedes-Benz. Artinya, Presiden Prabowo akan menggunakan mobil Mercedes-Benz warisan Presiden ketujuh RI, Joko Widodo.

    “Karena tradisi dari tahun ke tahunnya kan seperti itu, kayak kemarin Pak Jokowi masih menggunakan warisan mobil dari Pak SBY. Setelah Pak Jokowi selesai, mobil tersebut jadi milik Sekretariat Negara, jadi penggunaannya tentu diatur oleh mereka, tentu jika diperlukan bisa juga digunakan oleh presiden yang baru (Prabowo),” jelas Kariyanto.

    Kariyanto menambahkan, mobil kepresidenan bisa dipakai dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun asal perawatannya rutin. “Mobil-mobil dari zaman Pak SBY itu sebenarnya juga masih bisa dipakai, terus kendaraan Pullman yang buat tamu-tamu negara juga masih bisa dipakai. Jadi sepanjang perawatan prima, rutin, sampai 15-20 tahun pun masih bisa dipakai,” terang Kariyanto.

    (lua/din)

  • Pengunjung Meningkat, Transaksi IMOS 2024 Diklaim Tembus Rp 70 M!

    Pengunjung Meningkat, Transaksi IMOS 2024 Diklaim Tembus Rp 70 M!

    Jakarta

    Panitia akhirnya mengumumkan jumlah pengunjung dan transaksi di Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2024. Mereka mengklaim, pameran khusus roda dua tersebut dihadiri lebih banyak pengunjung dibandingkan edisi sebelumnya.

    Pameran yang berlangsung selama lima itu didatangi 98.791 pengunjung atau naik 3,7 persen dibandingkan IMOS 2023. Sementara jumlah transaksinya diklaim mencapai Rp 70 miliar!

    “Kami sangat mengapresiasi upaya para peserta yang telah menampilkan model dan teknologi terkini dari industri sepeda motor Indonesia, sehingga menarik pengunjung datang dan meramaikan pameran IMOS tahun ini,” ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman melalui keterangan resmi.

    “Kehadiran dan partisipasi mereka tidak hanya menunjukkan minat tinggi terhadap dunia otomotif roda dua, tetapi juga menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan kendaraan yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan,” tambahnya.

    Honda ICON e: dan CUV e: di IMOS 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Bukan hanya angka transaksi dan pengunjung, pameran dengan tema Riding Green and Safe Journey for a Better Life itu juga mencatat kesuksesan di sektor lain, mulai dari jumlah test ride yang mencapai 2.500 trips hingga safety riding course yang diramaikan ratusan pengunjung.

    “Tahun ini beberapa program berhasil menarik perhatian pengujung yang antusias berpartisipasi langsung, mulai dari kompetisi mini moto GP dengan total partisipasi 300 pengujung, hingga penyelenggaraan safety riding course yang mencatat sebanyak 150 partisipan,” kata Sigit Kumala selaku Ketua Penyelenggara IMOS 2024.

    Yamaha di IMOS 2024 Foto: Ridwan Arifin/detikcom

    Sebagai catatan, pameran IMOS 2024 berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada 30 Oktober hingga 3 November 2024. Meski tak banyak peluncuran produk baru, namun skala pameran tersebut lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    Merek yang terlibat juga lebih banyak. Ada Honda, Yamaha, TVS, Suzuki, Kawasaki, Royal Enfield, Royal Alloy dan Harley Davidson. Selain merek konvensional, ada juga merek EV seperti ALVA, Electrum, Horwin, ION Mobility, Polytron, V Move, Volta dan ZPT.

    (sfn/din)